P. 1
BOM

BOM

|Views: 489|Likes:
Published by impurnomo

More info:

Published by: impurnomo on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2014

pdf

text

original

Home » Perancangan Teknik Industri » Apa itu BILL OF MATERIAL (Pengertian Cara membuat BOM

)

Apa itu BILL OF MATERIAL (Pengertian Cara membuat BOM)

BILL

OF

MATERIAL

(BOM)

Definisi Bill of Material Bill of Material (BOM) adalah definisi produk akhir yang terdiri dari daftar item, bahan, atau material yang dibutuhkan untuk merakit, mencampur atau memproduksi produk akhir. BOM terdiri dari berbagai bentuk dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. BOM dibuat sebagai bagian dari proses desain dan digunakan oleh manufacturing engineer untuk menentukan item yang harus dibeli atau diproduksi. Perencanaan pengendalian produksi dan persediaan menggunakan BOM yang di-hubungkan dengan master production schedule, untuk menentukan release item yang dibeli atau diproduksi. Untuk praktikum kali ini, digunakan format BOM dengan tabel yang kolomkolomnya memuat informasi mengenai: 1. Part Number (nomor part), 2. Description (nama part dan keterangan lain yang perlu dicantumkan), 3. Quantity for Each Assembly (kuantitas part untuk setiap satu produk jadi), 4. Unit of Measure (unit ukuran part), dan 5. Decision (keputusan untuk membeli atau memproduksi part tersebut). Bila ditinjau dari komponen-komponen penyusun produknya, BOM dibedakan menjadi dua macam: Single Level Bill of Material dan Multilevel Bill of Material. Single Level Bill of Material Format sederhana dari BOM disebut sebagai Single Level Bill of Material. Contoh Single Level BOM dapat dilihat pada Tabel 1.

penulisan setiap level ditandai dengan format penulisan Part Number sesuai dengan Tabel 4.html#ixzz1bElArVya . Read more: http://mohamadrivani.Multilevel Bill of Material Single Level Bill of Material tidak cukup untuk menggambarkan produk yang memiliki subassembly. Multilevel Tree berupa “pohon” dengan beberapa level yang menggambarkan struktur produk. Contoh Multilevel Tree dicantumkan pada Gambar 4.blogspot.com/2011/08/apa-itu-bill-of-materialpengertian. Produk akhir berada pada level 0 (nol). dan nomor level bertambah untuk level-level di bawahnya. digunakan Multilevel Tree dan Multilevel Bill of Material. Untuk produk dengan subassembly. Pada Multilevel Bill of material. contoh Multilevel Bill of Material dicantumkan pada Tabel 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->