P. 1
Soal Psikotes Penalaran Logis

Soal Psikotes Penalaran Logis

|Views: 462|Likes:
Published by Ryant Huda

More info:

Published by: Ryant Huda on Nov 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2014

pdf

text

original

http://abstrak.forum-otomotif.web.id/_karir.php?_karir=contoh-psikotes-9-kuantitatif http://abstrak.

forum-otomotif.web.id/_karir.php?_karir=contoh-psikotes-7-penalaranlogis2 Latihan Psikotes - Kemampuan Penalaran Logis (2)
Latihan psikotes kemampuan Penalaran Logis ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan berpikir logis, yaitu mencari kebenaran sesuai dengan fakta serta silogisme. Dalam hal ini, sesuai dengan informasi yang ada/diberikan. Dalam dunia kerja sangat diperlukan kemampuan tersebut, khususnya menghendaki adanya aktifitas yang mengutamakan kecakapan dalam berpikir logis dan metodis. Petunjuk Soal : Pilihlah satu jawaban paling tepat berdasarkan beberapa informasi singkat yang diberikan. Kemudian, kotak di depan nomor soal, diisi dengan huruf a, b, c, atau d sebagai pilihan jawaban anda. Kerjakan yang mudah terlebih dulu dengan cepat dan teliti. Waktu yang diberikan cukup lama, yaitu 40 menit. Bila waktunya sudah 40 menit, segera berhenti. Selanjutnya silakan klik "Lihat Hasilnya (Kunci Jawaban)", dan anda akan mengetahui nilai/hasilnya, serta jawaban yang SALAH dan BENAR. (new). --- Selamat Berlatih --BukanAw al

Lihat Hasilnya (Kunci Jaw aban)

Silakan isi kotak2 di bawah ini dengan huruf a, b, c, atau d 1. Semua wisatawan selalu mengunjungi kota yang memiliki kesenian daerah. Kota Cibinong (Bogor) memiliki banyak kesenian daerah. Jadi : a. Hanya beberapa wisatawan mengunjungi Kota Cibinong (Bogor) b. Sebagian wisatawan tidak mengunjungi Kota Cibinong (Bogor). c. Semua yang mengunjungi Kota Cibinong (Bogor) adalah wisatawan. d. Semua wisatawan selalu mengunjungi Kota Cibinong (Bogor). 2. Semua guru adalah pegawai negeri; Sebagian guru adalah penulis. Manakah yang tak cocok dengan pernyataan di atas? a. Sebagian penulis adalah pegawai negeri b. Sebagian pegawai negeri adalah guru. c. Sebagian penulis adalah guru. d. Semua penulis adalah pegawai negeri. 3. Semua musim berlangsung selama tiga bulan. Sebagian musim terasa dingin. Jadi : a. Semua musim yang terasa dingin berlangsung selama tiga bulan. b. Tidak semua musim berlangsung tiga bulan. c. Semua musim terasa dingin dalam tiga bula. d. Sebagian musim tidak berlangsung selama tiga bulan. 4. Tidak ada tananaman sayur yang bisa tumbuh di padang pasir. Kaktus bukan tanaman sayur. Jadi : a. Kaktus bukan tananam padang pasir. b. Kaktus bisa tumbuh di padang pasir.

Semua siswa mempersiapkan diri dan mendapat nilai baik. Sebagian buah yang berulat rasanya manis 9. c. d. Semua siswa mempersiapkan diri. Sebagian buah yang telah masak berulat b. . Sebagian buah yang manis berulat c. Sebagian siswa tidak mempersiapkan diri dan tidak mendapat nilai baik. Semua buah yang telah masak berulat d. b. Semua buah yang manis berulat.c. a. Semua mahasiswa yang belajar pasti lulus ujian. Semua kaktus hanya tumbuh di padang pasir. Jadi : a. 10. Sebagian sungai yang memiliki aliran deras menuju ke laut. Jadi: a. d. Tidak mungkin toko Bintang menjual ikan tawar minggu yang lalu. c. Sebagian mahasiswa belajar dan lulus ujian d. Semua ikan yang ibu beli di pasar kemarin adalah ikan laut. Semua Harimau adalah pemakan daging. Sebagian binatang pemakan daging d. e. Semua aliran sungai yang deras akan menuju ke laut. Sebagian binatang adalah Harimau. c. Semua pemakan daging adalah Harimau b. d. Mungkin kemarin Ibu mau membeli ikan tawar dari toko Bintang. Semua aliran sungai menuju ke laut. Sebagian sungai memiliki aliran deras. Semua siswa diminta mempersiapkan diri untuk ulangan. Jadi : a. Semua mahasiswa yang tidak belajar tidak lulus ujian 6. 5. 8. Sebagian buah yang telah masak rasanya manis. Jadi : a. c bukan jawaban yang benar 7. Jadi : a. Tidak ada kaktus yang tumbuh di padang pasir. Sebagian siswa tidak mempersiapkan diri tapi mendapat nilai baik. Sebagian siswa mendapat nilai baik dalam ulangan. b. Jadi : a. Sebagian Harimau adalah pemakan daging c. Semua ikan yang pernah dijual di toko Bintang hanya ikan laut. Semua mahasiswa belajar dan lulus ujian c. Sebagian mahasiswa yang lulus ujian ternyata tidak belajar. d. Semua mahasiswa belajar b. Kemarin Ibu hanya membeli ikan laut dari toko Bintang. Sebagian ikan laut yang ibu beli di pasar kemarin berasal dari toko Bintang. Semua ikan yang dijual di toko bintang kemarin adalah ikan laut. Beberapa sungai yang memiliki aliran deras tidak menuju ke laut b. Sebagian aliran sungai yang tidak menuju ke laut beraliran deras.

Toko Aneka Adalah langganan para petani. b. Hari kamis yang lalu Sukarjo membeli radio di toko Aneka. Tidak ada orang di luar kampung yang menjahitkan pakaian pada Pak Dimin . Tak ada yang benar 17. N bukan U. Sebagian anak pandai memainkan gitar. Andi selalu diberi hadiah barang-barang mahal. Semua orang akan tidak bahagia. Sebagian bayi minum ASI dan diberi makanan tambahan. Anak yang pandai bernyanyi belum tentu dapat bermain suling. Semua bayi minum ASI. Sebagian anak pandai bernyanyi. 12. a. jadi : a. Sebagian A bukan B adalah U. d. Dasi adalah barang mahal.. bukan B. maka. Andi diberi hadiah dasi oleh Maya. Sudah lebih dari satu bulan Pak Dimin tidak keluar dari kampungnya. b. Jadi. d. 14.. dan U adalah A. a. bermain gitar. Jadi : a. c. c. 13. Sebagian orang akan berbahagia. Anak yang pandai meniup suling tentu pandai bernyanyi. a. dan meniup suling. Kebanyakan petani membeli radio transistor. Sebagian bayi diberi makanan tambahan. Semua anak pandai bernyanyi. Kebanyakan radio yang dijual di toko Aneka adalah radio transistor. c. Beberapa hari yang lalu ia terkena influenza sejak minggu yang lalu hingga sekarang. b. Semua A adalah U bukan B. Sebagian A adalah N. Jadi : . b. c. Anak yang pandai bermain gitar tentu pandai bernyanyi. Sukarjo adalah anak seorang petani. Jadi : a. Tak ada hadiah yang tidak mahal. Maya selalu memberi hadiah barang-barang mahal. Banyak orang dari kampung itu menjahitkan pakaian padanya.. Sukarjo adalah langganan toko Aneka c. Semua A bukan N bukan B. Jadi : a. Bayi yang minum ASI biasanya diberi makanan tambahan. d. Tak semua orang tidak mengerti bahagia. Sebagian anak yang bermain gitar juga meniup suling.. Jika tidak benar dikatakan "bahwa semua orang tentu berbahagia".11. Sukarjo pernah membeli batu baterai di toko Aneka d. Dasi pemberian Maya mahal. 16. bukan N. d. Bayi yang diberi makanan tambahan harus minum ASI. d. Sebagian A bukan U. b. Semua N. Tidak semua orang mengerti bahagia. B. c. 15. Sukarjo membeli radio transistor di toko Aneka b. Semua A adalah N bukan U. Semua bayi minum ASI dan diberi makanan tambahan.

Jika ayam goreng disajikan maka buah-buahan juga disajikan. tetapi tidak melebihi tarif maskapai Ular. Jika ayam goreng tidak disajikan maka nasi goreng juga disajikan d. Bola lampu 20 watt buatan luar negeri lebih mahal dari lampu bolam 20 watt buatan dalam negeri. Lampu neon 20 watt lebih terang dari lampu bolam 20 watt. b. Jika nasi goreng tidak disajikan maka buah-buahan tidak disajikan. . b. Jika ayam goreng disajikan maka buah-buahan juga disajikan. bougenvilku pernah tumbuh. a. Bunga merupakan bagian makhluk hidp. Jika buah-buahan tidak disajikan maka nasi goreng tidak disajikan.. Tarif maskapai burung dari kota A ke kota B lebih mahal daripada maskapai Rusa. Jadi : a. Aku memiliki bunga bougenvil. Pak Dimin mendapat bibit penyakit menular di kampungnya d. Lampu yang lebih terang atau lebih tahan lama harganya lebih mahal. Maskapai yang dipilih olek Pak Ali dalam dua penerbangan tersebut. Jadi : a. Rusa dan Burung 21. manakah yang tidak berhubungan dengan dua pernyataan tersebut? a. Dalam suatu perjamuan makan. Kak Dirman Toba memiliki bunga bougenvil merah. dari kota A ke kota B dilanjutkan dari kota B Ke kota C. Pak Ali menghemat biaya perjalanan dari kota A ke kota C. Lampu neon 20 lbih mahal dari lampu bolam 1000 watt. Dikampungnya Pak Dimin hanya terjangkit penyakit menular 18.b.. 19. Dari pilihanpilihan berikut. Wisatawan asing yang memiliki paspor adalah wisatawan Belanda. Burung dan Ular c.. Jadi. Pada masa lalu. 22. d. d. c. Pak Dimin terserang penyakit influenza c. Semua makhluk hidup akan mati. Semua wisatawan asing memiliki paspor. a. Lampu neon 20 watt lebih mahal dari lampu bolam 20 watt. jika di sajikan nasi goreng maka ayam goreng juga disajikan. b. Lampu neon 20 watt buatan luar negeri lebih mahal dari lampu neon 20 watt buatan dalam negeri.. c. Rute perjalanan tersebut harus dilakukan dengan dua kali penerbangan. Rusa dan Ular d. Tarif maskapai Ular dari kota B ke kota C kurang dari tarif maskapai burung tetapi sama dengan tarif maskapai Rusa. Ular dan Rusa b. Bougenvilku kelak akan mati. Lampu neon buatan dalam negeri lebih murah dari lampu bolam buatan luar negeri. Sebagian wisatawan asing berpaspor Belanda. c. 20.

Jadi : a. Semua wisatawaan asing berpaspor Belanda. Semua boneka wati adalah pemberian ibunya d. akan lulus dengan nilai baik. Semua kendaraan menggunakan BBM. Jadi : a. Semua sepeda memiliki lampu. Semua sepeda motor menggunakan bensin b. d. Tini tidak dibutuhkan di PT. Otak sapi lebih mahal dari otak kambing c. Lampu merah bagian perlengkapan semua sepeda. Tidak ada kesimpulan yang benar 24. Otak kambing lebih mahal dari daging sapi. b. Sebagian wisatawan asing tidak berpaspor Belanda. Anak wanita yang masih kecil selau diberikan mainan boneka oleh ibunya. Sebagian mobil menggunakan bensin d. Tidak semua lampu sepeda berwarna merah. Yang berpaspor Belanda pasti wisatawan. Tini dibutuhkan di PT. Jadi : a. Wati punya banyak boneka di rumahnya. . a. Semua siswa yang lulus dengan baik tidak suka bermain. Aneka bukan tamatan SMA. b. c. Jadi : a. c. Tini tamatan SMA dan melamar bekerja di PT. Tenaga yang dibutuhkan di PT. Harga daging ayam lebih mahal daripada daging sapi.b. c. Siswa yang tidak suka bermain. otak kambing lebih mahal dari daging kerbau d. kakak dan adiknya Wati adalah laki-laki semua. Aneka c. Aneka. Jadi : a. Aneka b. 23. c. b. Semua kendaraan menggunakan bensin 25. Semua mobil menggunakan bensin c. Harga daging sapi lebih mahal daripada daging kerbau. Semua sepeda memiliki lampu merah. Ana lulus dengan nilai baik. Otak ayam lebih mahal dari daging ayam b. kakak Wati tidak sering dibelikan boneka oleh ibunya. Tamatan SMA belum tentu mahasiswa. Tidak ada hubungan antara kelulusan dengan frekuensi bermain. Daging ayam lebih mahal dari otak kambing 26. 28. Sebagian sepeda memiliki lampu berwarna merah. Tidak ada kesimpulan yang benar 27. Tini bukan mahasiswa d. Sebagian lampu berwarna merah. Ana adalah siswa yang tidak suka bermain. Kakak dan adik Wati tidak suka boneka. d.

Tamatan SMA dari semua jurusan boleh mengikuti ujian masuk Fakultas Kedokteran UI. penjualannya melebihi target. Semua sarjana jurusan Indonesia lancar berbicara bahasa Indonesia. d. 32.. 31. Dia diterima di UI. Dewi d. Sebagian besar yang lulus ujian masuk Fakultas Kedokteran UI berasal dari jurusan IPA. Jadi : a. Pak Yanto bekerja dibagian produksi selama 6 tahun. d. Sementara guru adalah Kepala Sekolah. Sementara sarjana adalah Kepala Sekolah c. Semua Kepala Sekolah adalah sarjana. b. b. Dewi adalah staf tata usaha yang sering pergi berbelanja pada jam kerja. Pak Harun adalah satpam yang sangat disiplin. ia sudah bekerja selama 7 tahun. Sunaryati adalah sarjana jurusan Jerman. Ada polisi yang tidak berbadan tegap c. Sebagian polisi adalah polisi lalu lintas. Sebagian polisi lalu lintas berbadan tegap. Jadi : a. 33. Endang sangat rajin masuk kerja. Dia diterima di UI. Tidak semua sarjana sastra menguasai bahasa Prancis.. Mungkin Sumarto tidak diterima di salah satu fakultas di UI. ia adalah karyawan tata usaha dan telah bekerja selama 4 tahun. Sunaryati mungkin tidak lancar berbicara bahasa Perancis. Semua guru adalah sarjana.d. . 29. b. Jadi : a. Polisi lalu lintas pasti berbadan tegap b. Gelar pegawai teladan sebaiknya diberikan kepada siapa ? a. Pak Harun b. Jadi. Sumarto adalah tamatan SMA jurusan IPS. berprestasi. seorang karyawan harus rajin bekerja. Tidak mungkin Sumarto diterima di Fakultas Kedokteran UI. Mungkin Sumarto diterima di Fakultas Kedokteran UI. Sementara Kepala Sekolah adalah guru. Sunaryati lancar berbicara bahasa Jerman. Sementara guru adalah sarjana. ia baru bekerja 3 tahun. d. Untuk bisa terpilih menjadi pegawai teladan di sebuah pabrik mobil. Hanya Ana yang lulus dengan nilai baik. Sumarto lulus ujian masuk Fakultas Ilmu-ilmu Sosial UI. Sementara Yeni bekerja dibagian pemasaran. Pak Yanto c. sering izin karena merasa kurang sehat. dan telah bekerja selama 5 tahun. Semua polisi pasti polisi lalu lintas. c. Tidak semua sarjana sastra Prancis lancar berbicara bahasa Prancis. Yeni 30. a. Tahun lalu ia berhasil menangkap seorang pencuri sepeda motor milik karyawan. Semua polisi berbadan tegap. dan sudah bekerja minimal 5 tahun.

Sebagian besar siswa SMA X kaya dan pandai. Olahragawan yang baik bersifat sportif dalam bertanding. Semua asiswa yang pandai adalah siswa SMA X. 34. Semua siswa SMA X pandai. Pejabat dan mahasiswa tidak miskin dan tidak dapat di bohongi. Sebagian besar siswa SMA X berasal dari keluarga kaya. Maka . Jadi. Sementara ahli bahasa adalah sarjana b. Abdullah Hasan mungkin bukan olahragawan yang baik b. Sebagian besar siswa yang kaya dan pandai adalah siswa SMA X. Jadi : a. Tidak dapat ditarik kesimpulan. 38. Mahasiswa tidak miskin. Jadi : a.. c. b. b.c. d. Sarwono bukan insinyur sipil. c. Sarwono adalah sarjana sastra c. Orang yang sportif belum tentu olahragawan. d. Sementara dosen adalah adalah ahli bahasa. Semua ahli bahasa adalah sarjana 37. Jadi : a. Abdullah Hasan bersifat sportif dalam bekerja c. Sebagian siswa SMA X kaya dan kurang pandai. Jadi : a. Sarwono pandai dalam matematika 39. 35.. Kera tidak mungkin akan mati. Sunaryati mungkin lancar berbicara bahasa Jerman. Tidak semua binatang yang berekor dapat memanjat. c. b. d.. Abdullah Hasan adalah pegawai Bank Andalas. Kera dalah binatang yang berekor... Semua insinyur sipil pandai matematika. Semua dosen adalah sarjana. Tidak ada kesimpulan yang benar d. Sementara ahli bahasa adalah dosen d. Kera akan mati. Sementara sarjana adalah dosen c. Seorang juara belum tentu sportif dalam bertanding. Kera tidak dapat memanjat pohon. Kera dapat memanjat pohon. Sarwono tidak pandai dalam matematika b. Abdullah Hasan adalah juara tinju kelas ringan. Semua pejabat tidak miskin. Semua makhluk hidup akan mati. Sunaryati tidak mungkin lancar berbicara bahasa Jerman. d. Pejabat tidak dapat dibohongi. Abdullah Hasan bukan olahragawan yang baik . Semua mahasiswa tidak dapat dibohongi. Bank Andalas mempunyai pegawai yang sportif d. Semua binatang adalah makhluk hidup. a. a. 36.

co.id.net.co. ptn-pts.ptkpt.id. Semua ilmuwan tidak suka membaca. seyogyanya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas. Cangkok.id. pekerjaan. Walaupun tidak suka membaca Ilham memiliki wawasan yang luas.co. CV..co. Membaca tidak menambah wawasan seorang ilmuwan. Ilham seorang ilmuwan yang tidak suka membaca. ggkarir. kerja. ggiklan. Gilland Ganesha. Yayasan KPT. . indonesia-info. GigaFarm. b. Bila anda meng-copy atau memperbanyak latihan soal psikotes ini. BukanAw al Lihat Hasilnya (Kunci Jaw aban) Sumber : Singo Group Co.co. Semua ilmuwan selalu memiliki wawasan yang luas. c.com. CV. d.40.com.kpt.com.id.ptkpt. lowongankerja. PT.net. CV. laris. dsb.biz. SingoFarm. Indragung. Jadi : a. gilland-ganesha. flamboyan.com.id.org.net. beasiswa. Flamboyan. Cangkok.net. Ilham seorang ilmuwan yang tidak suka memiliki wawasan luas.net. bursa-kerja. indragung. Laris. lowongan-kerja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->