BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelian barang merupakan salah satu hal yang penting dalam aktifitas perusahaan untuk menunjang kelancaran kinerja suatu dunia usaha. Selain bertugas mencari barang yang berkualitas bagus dengan harga yang murah, departemen general affais juga berperan aktif untuk mencari dan memilih supplier yang tepat, agar pembelian barang yang dibeli memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat mempermudah dalam pekerjaan sehari-hari. Sistem pembelian barang pada PT EMBLEM ASIA dalam menjalankan usahanya terkadang sering ditemukan permasalahan yang disebabkan oleh terbatasnya sistem informasi yang berkaitan dengan masalah pembelian barang. Program aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Excel. Dimana menurut pandangan penulis program ini masih kurang tepat sehingga perlu adanya suatu program baru yang bilamana bisa melengkapi kekurangan dari program yang sudah ada sebelumnya. Para pemakai (user) menginginkan program aplikasi yang mudah digunakan, mengingat banyaknya jumlah item-item atau jenis barang yang akan dibeli terkadang terjadi keterlambatan kedatangan barang dari supplier dan kesalahan item barang yang dikirim oleh supplier.

Untuk memperjelas penulisan. tepat dan akurat untuk menentukan rencana dan strategi yang telah ditetapkan.1 2 Perkembangan teknologi dan ilmu sekarang ini.maka penulis tertarik untuk membuat judul “PROGRAM APLIKASI PERSEDIAAN BARANG PADA PT EMBLEM ASIA CIBITUNG DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6. Untuk mengatasi solusi tersebut. Identifikasi Masalah Pada PT. maka dengan menggunakan Program Aplikasi Pembelian Barang dengan Visual Basic 6. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut. Dan perumusan masalah ini antara lain : . maka perlu dirumuskan. B.0”. serta ketatnya persaingan pasar maka perusahaan memerlukan Program Aplikasi yang cepat. Emblem Asia permasalahan pendataan persediaan barang masih menggunakan sistem manual sehingga pendataan barang masih kurang akurat dan terperinci.0 dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam pengumpulan data dan agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Bekasi 17520. Bagaimana dengan sistem manual yang digunakan selama ini. analisis proses hanya dibatasi pada ruang lingkup masalah yang difokuskan pada objek PT.3 Pembatasan Masalah Dalam pengembangan sistem informasi perusahaan. Emblem Asia yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100 Jl. dengan analisis proses diawali pada bulan Juli 2011 meliputi : 1. Bali I Blok T-3 Cibitung. dapat mengetahui sisa stok barang yang ada? 3 2. Bagaimana jika barang yang dikirim oleh costumer salah.1. kemudian dikembalikan/retur? 1. Batasan masalah yang saya buat disini adalah : mencakup Persediaan Barang Alat Tulis Kantor yang biasanya ditangani oleh .

Agar penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat selama mengikuti kuliah di Sekolah Tinggi Informasi dan Komputer Pranata Indonesia.4. Emblem Asia.0. Emblem Asia dengan menggunakan data base Visual Basic 6. Melakukan analisis dan perancangan dalam pengembangan sistem informasi pada PT. .departemen general affairs pada PT. order barang. 4 1.4 Tujuan dan Manfaat Penulisan 1.1 Tujuan Penulisan Adapun tujuan yang hendak dicapai dengan adanya penulisan ini. b. penerimaan barang. adalah sebagai berikut : a. mencakup pengecekan stok barang yang ada. Memberikan kesempatan penulis untuk mengembangkan daya kreatifitas yang dimiliki dalam perkembangan ilmu komputer. 2.

antara lain : a.2 Manfaat Penulisan Manfaat dari penulisan penelitian ini. Emblem Asia dapat membantu mempermudah pencapaian maju serta lancarnya dalam pekerjaan sehari-hari seluruh karyawan / karyawati b. Penggunaan sistem informasi persediaan barang pada PT. untuk mendukung sistem informasi perusahaan.4.1. 1.5 Teknik Pengumpulan Data Dalam penulisan Tugas Akhir ini. analisis menggunakan metode penelitian. Memberikan sumbangan pemikiran dari pemecahan masalah yang dihadapi dengan harapan dapat membantu dijadikannya acuan pertimbangan dalam menyusun sistem informasi serta pengambilan kebijaksanaan ditahun-tahun mendatang dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. diantaranya : .

2 Interview Analisis melakukan interview langsung kepada staff general affairs yang menangani laporan pemakaian kendaraan operasional pada PT.1.5.5.5. 6 1.1 Observasi Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi pada departemen general affairs. Emblem Asia di tempat.5. dengan cara penulis melakukan pengamatan langsung terhadap suatu kegiatan yang sedang dilakukan.2 Studi Pustaka Analisi memperoleh data-data dari hasil penelitian dengan cara mempelajari dan membaca buku yang berhubungan dengan ruang lingkup permasalahan guna menunjang keberhasilan tugas akhir ini.1. 1.1 Studi Lapangan diantaranya: 1. Selain itu analisis juga mencari data-data dari .1.

Emblem Asia masih menggunakan sistem manual yaitu: Jika stok barang habis maka staff general affairs mengecek satu per satu di Gudang ATK kemudian membuat / mencatat daftar list barangbarang apa saja yang habis dengan menggunakan form Purchase Request setelah itu menelepon costumer untuk pemesanan barang- . 7 BAB II SISTEM YANG BERJALAN 2.1 Permasalahan-permasalahan Sistem yang digunakan saat ini dalam Persediaan Barang alat-alat tulis kantor pada PT. dan lain-lain.berbagai artiket di internet seperti mesin pencari google.

1Waktu Tabel 2. Permasalahannya jika barang yang dikirim tidak sesuai pesanan.barang yang habis terpakai. jumlah barang yang di pesan kurang dari yang terlah di order/pesan. 8 2.1 T A B E L P E N J A D W A L A N P E N E L IT IA N T A H U N 2 0 1 1 No K in e rja I 1 PERENCANA AN 2 A N A L IS A S IS T E M 3 P E R A N C A N G A N / D E S IG N 4 C O D IN G 5 T E S T IN G 6 DOKUM EN 7 IM P L E M E N T A S I & IN S T A L A S I K O M P U T E R JU LI II III BULAN A G U S TU S S E P TE M B E R II III IV I II III IV I O K TO B E R II III IV IV I . Maka dari itu penulis ingin memperbaiki permasalahan yang ada dengan menggunakan sistem yang baru yaitu: VisualBasic 6. Dan jika barang yang di pesan salah . kemudian jika barang sudah datang dan sampai staff general affairs mengecek barang-barang apakah semua barang lengkap dan jumlahnya sesuai pesanan tidak kurang.2.2 Waktu dan Lokasi Penelitian 2. Jika sudah oke maka barang diterima dengan baik dan siap digunakan.0 agar dapat mempermudah dalam pekerjaan sehari-hari. harus di kembalikan / retur.

1994. diantaranya : Benua Asia : Malaysia.0”. Thailand. . Jepang. Jogiyanto : “Analisis dan Disain”. Emblem Asia terletak di Kawasan MM2100 Jl. Jakarta. E-Book. Abdi Widya. 1993.2 Lokasi PT. Jakarta.2. Washington. H. Bandung.0. Singapura. 2003. India.2. Vietnam. Fax : 021.M. Andi Offset.898 0319. Microsoft Corporation. Elex Media Computindo. Merupakan Perusahaan Milik Asing (PMA) yang berbentuk Manufaktur memproduksi Plastik Roll Nylon Film. Indonesia. Emblem Asia mencakup Benua Asia dan Oceania. Filiphina. Harpiandi : “Pemrograman Database dengan ADO Menggunakan Visual Basic 6. Pakistan. Yogyakarta. 2000. 1999. Costumer dari PT. Telp : 021 – 898 0318 (hunting). Bali I Blok T-3 Cibitung Bekasi 17520. Uni Emirat Arab Benua Oceania : New Zealand. Taiwan. Australia DAFTAR PUSTAKA Adi Kurniadi : “Pemrograman Microsoft Visual Basic 6”. Francesco Balena : “Programming Microsoft Visual Basic 6. Elex Media Computindo. Aris K : “Pesan-pesan Kesalahan Harddisk”.

T. & Servicing IBM PCs & Compatibles”. Jakarta. Agus J. Dinastindo Adiperkasa Internasional.. Data Personal NPM Nama : 109082630084 : Nita Juwita Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta. 1994. : ”Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak”. Suryanudin. 1992.T. M. Julian Moss : “Upgrading. 05 Mei 1987 Jenis Kelamin Agama Status Perkawinan Jenjang Program Studi : Perempuan : Islam : Belum Menikah : Diploma tiga (D3) Komputer : Manajemen Informatika . 2002 v DAFTAR RIWAYAT HIDUP A. S. Andi Offset. Jogiyanto : “Pengenalan Komputer”. M. Jakarta. Bandung.. Maintaining.M.H. M. Yogyakarta. Jakarta. 1993. STT Widyatama. 2001. Farid Azis : “Pemrograman Sistem Pakar”.0”. Alam : “Manajemen Database dengan Microsoft Visual Basic versi 6. Elex Media Komputindo. Mita Anggraini. M. Elex Media Computindo. S. Danang Junaedi.T.

212B Rt.com. Cibitung .Emblem Asia. Pendidikan Jenjang SD SMP SMA PT Nama Sekolah/Kampus SDN Bekasi Jaya Indah I SLTPN 3 Bekasi SMK Karya Guna 2 STMIK Pranata Indonesia Akuntansi Manajemen Informatika Jurusan Tahun Lulus 1999 2002 2005 s/d sekarang C.April 2004 : PKL pada PT. 01 Maret 2007 – sekarang : General affairs staff pada PT.12 Jui 2006 : App.Alamat Rumah : Jl. Maret 2004 .cweet@ymail. Bali I Blok T-3 Cibitung Bekasi 17520 Telepon Email : 021 898 0318 (hunting) : nta.com vi B. Gaya Motor. Jl. 13 Juli 2005 .Kawai NIP. Sunter 2. Qc pada PT. nita@emblem-asia. Pengalaman Kerja: 1.010/09 Duren Jaya – Bekasi Timur 17111 Telepon Handphone Pekerjaan Jabatan Alamat Kantor : 021 8835 9205 : 0819 089 62622 / 021 9737 6937 : Karyawati : General Affairs Staff : Kawasan Industri MM2100. Sukabumi 2 Blok D1 No. Ejip Cikarang 3.

22 Juli 2011 Nita Juwita vii . Bekasi.Demikian daftar riwayat hidup ini dibuat dengan sebenarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful