Tata nama dan Sifat-sifat Alkohol

Posted on 04 August 2011.

Alkohol: Tata nama dan Sifat-sifat Alkohol
Alkohol digunakan dalam berbagai produk, seperti kosmetik, obat kumur, parfum, bahan bakar, dan cairan desinfektan untuk tangan. Dalam industri, alkohol dapat dibuat melalui proses fermentasi menggunakan alat yang disebut fermentor.

Ada dua cara pemberian nama alkohol, yaitu:
Alkanol - Untuk alkanol yang tidak bercabang, tulis terlebih dahulu urutan nomor C yang mengikat OH, kemudian diikuti nama (bahasa Yunani) jumlah rantai atom C dengan diakhiri dengan akhiran -ol. - Untuk alkanol yang bercabang, tulis terlebih dahulu nomor dan nama cabang. kemudian urutan nomor C yang mengikat -OH, dan diikuti nama jumlah rantai atom C dengan diakhiri dengan akhiran -ol. Alkali alkanol Dengan menyebutkan nama alkilnya diikuti kata alkohol.

Sifat-sifat alkohol
Sifat fisik: berwujud cair, mudah larut dalam air, titik didihnya relatif tinggi. Sifat kimia: - Dapat bereaksi dengan logam aktif (Mg. Na. K. AI) menghasilkan gas hidrogen. - Dapat bereaksi dengan asam karboksilat membentuk ester (reaksi esterifikasi) dan air. - Dapat bereaksi dengan PX3. PX5, dan SOX2 (X = F, CI, Br, I) menghasilkan alkil halida (R-X). - Dapat bereaksi dengan asam halida (HX) membentuk alkil halida (R – X). - Jika alkohol dipanaskan bersama H2SO4 pekat, terjadi reaksi dehidrasi (pelepasan molekul air). - – Pada suhu 130° – 140°C menghasilkan eter (2 molekul alkohol melepaskan 1 molekul air). - – Pada suhu 170° – 180°C menghasilkan alkena (1 molekul melepaskan 1 molekul air). - Dapat terbakar dengan mudah menghasilkan banyak energi sehingga alkohol banyak digunakan untuk bahan bakar.

Pembuatan alkohol
Metanol (CH3OH) Dibuat dengan mereaksikan gas CO dengan H2 dan menggunakan katalis Cr2O3 pada suhu 350°C tekanan 200 atm.

Hal ini menyebabkan meningkatnya pengharapan akan nilai-nilai kehidupan.Minuman keras . Dapatkah Anda sebutkan contoh penerapan ilmu Kimia yang dapat Anda temukan sehari-hari? 1. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu Kimia Farmasi. Anda tentu telah mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam yang meliputi Fisika. Bidang Kesehatan Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. telah terjadi kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang kehidupan. ilmu Kimia merupakan dasar dari revolusi biologi molekular yang membahas tentang bagaimana kontrol genetik dapat terjadi pada makhluk hidup. Saat ini juga banyak ditemukan peralatan dari bahan polimer dan keramik sebagai ganti dari peralatan kayu dan logam.Bahan bakar Penerapan ilmu Kimia di berbagai bidang Posted on 04 August 2011. dan Kimia. Geologi. Farmasi. Ilmu Kimia berhubungan dengan banyak ilmu lain seperti Biologi.Etanol (C2H5OH) Dibuat dengan reaksi fermentasi (peragian) karbohidrat (amilum) dari beras. Di SD dan SMP. Zaman dahulu. Sebagai contoh. Proses kimia dapat Anda temukan di alam ataupun di laboratorium. Obat dibuat berdasarkan basil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. orang mengendarai kuda.Antiseptik . keledai. pengendalian penyakit. dan peningkatan produksi pangan menjadi hal yang sangat penting. atau unta sebagai alat transportasi.Bahan plastik Bahan peledak . Contohnya. Pada tingkat SMA ini. sifat. Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi. Anda akan mempelajari ilmu Kimia lebih dalam.Kosmetik . Obatobatan. . populasi manusia di muka bumi telah mengalami peningkatan sebesar lima kali lipat. Akibatnya. mulai ditemukan pula alat transportasi modern. Dengan ditemukannya bahan bakar dari minyak bumi. seperti kendaraan bermotor dan pesawat terbang. Semua perubahan dan penemuan tersebut tidak terlepas dari Kimia. dan Lingkungan. atau kentang. Biologi. gandum. Kegunaan alkohol Alkohol banyak digunakan sebagai: . Bahan-bahan tersebut diproduksi oleh pabrik untuk mendapatkan material dengan sifat-sifat yang berbeda dari material alami.Pelarut . singkong. Penerapan ilmu Kimia Sejak tahun 1800. dan perubahan zat.

Bidang Hukum Pemeriksaan alat bukti kriminalitas oleh tim forensik menggunakan ilmu Kimia di dalamnya. Fosil yang ditemukan dapat ditentukan usianya dengan radioisotop karbon-14. dan fotosintesis merupakan proses kimia yang dipelajari dalam Biologi. Bagian tubuh manusia seperti rambut dan darah dapat diperiksa struktur DNA-nya. detergen. Penggunaan pupuk dan pestisida yang benar dapat meningkatkan produktivitas pertanian yang menguntungkan produsen dan konsumen. 3. Bidang Pertanian Ilmu Kimia berperan penting dalam bidang pertanian. protein. metabolisme. pernapasan. digunakan pestisida. Petani menggunakan pupuk untuk meningkatkan kesuburan tanah dan memberi nutrisi yang diperlukan tanaman. Struktur DNA setiap individu akan berbeda sehingga dapat digunakan untuk identifikasi seseorang.etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat-dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran. Ilmu Kimia ikut berperan dalam memproduksi kebutuhan pangan. cat. Tahukah Anda yang dimaksud radioisotop? 6. kayu. Untuk mempelajari hal tersebut diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa. Pustaka Artikel Penerapan ilmu Kimia di berbagai bidang Praktis Belajar Kimia Oleh Imam Rahayu Artikel Terkait . 2. 5. Hal ini berguna untuk membuktikan tindak kejahatan seseorang. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia. Ilmu Kimia juga berperan dalam industri zat warna. Proses pencernaan makanan. ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. peranan ilmu Kimia sangat jelas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas hidup memerlukan efektivitas dan efisiensi dalam berbagai bidang. Semen. seperti karbohidrat. Bidang Arkeologi Penentuan usia fosil yang bisa dilakukan saat ini merupakan salah satu hasil penerapan ilmu Kimia. Dalam hal ini. masyarakat memerlukan segala pemenuhan kebutuhan yang semakin praktis. bahan pembersih. Bidang Biologi Proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup membutuhkan penjelasan Kimia. 4. lemak. Untuk membantu peningkatan kualitas hidup tersebut. Bidang Industri Penerapan ilmu Kimia di bidang industri. Penerapan ilmu Kimia dalam berbagai bidang merupakan perwujudan dari hasil penelitian yang terus dilakukan oleh para peneliti untuk menghasilkan bahan atau barang yang lebih baik dan berguna. dan vitamin. pipa PVC. enzim. dan beton dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Adapun untuk menanggulangi hama dan penyakit tanaman. dan sektor industri lainnya. Mesinmesin benar di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. sabun. obat-obatan.

melibatkan masyarakat di daerah pengaliran sungai dala. Penggunaan zat adiktif dan psikotropika dalam jangka waktu lama dapat merusak kesehatan. mendermakan harta benda untuk kebaikan Islam dan umat Islam. termasuk mengkonsumsi zat adiktif dan psikotropika. ekonomi. Penggunaan non-medis biasanya untuk kesenangan penggunanya. . termasuk mengkonsumsi zat adiktif dan psikotropika. harus diingat bahwa zat-zat tersebut dapat menimbulkan kecanduan. Hal ini dapat menyebabkan seseorang selalu mencoba hal-hal yang barn..  Pancasila sebagai Paradigma Reformasi Pancasila sebagai paradigma juga berada pada posisi pembangunan nasional yang meliputi segenap bidang kehidupan. • Kurangnya pengetahuan mengenai bahaya zat adiktif dan psikotropika.  Tujuan pendidikan program Diploma III Keperawatan dan Ners Tujuan program Diploma III Keperawatan adalah menghasilkan lulusan yang mampu:1. pemakaiannya yang melebihi batas (overdosis) dapat mengakibatkan kematian. bahkan mengancam jiwa penggunanya. Buku dan Budaya Baca Sejarah mencatat seperti terdokumentasikan dalam buku Books That Changed The World bagaimana buku-buku hebat seperti karya Albert Enstein. Hubungan yang tidak harmonis dalam keluarga dapat mendorong seseorang untuk berpaling ke hal-hal negatif. Hal ini menyebabkan seseorang cenderung melarikan diri ke hal-hal negatif bila menghadapi masalah. Special Theory of Relativity.. Namun. mengubah pandangan kita tentan.  Pencemaran Perairan Darat Untuk mengatasi pencemaran air sungai telah dibuai peraturan tentang pemanfaatan sungai dan batas ambang pencemaran yang ditoleransi.. Zat-zat ini sering disalahgunakan untuk tujuan non-medis. dan pertahanan keamanan.. Lagi pula. Penyalahgunaan Zat Adiktif dan Psikotropika Kita telah mempelajari dampak negatif zat adiktif dan psikotropika. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari diri sendiri maupun dari keluarga dan lingkungan. Berikut beberapa contohnya: Faktor yang berasal dari diri sendiri: • Kurangnya keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. jihad juga bisa berarti memerangi hawa nafsu. Selain itu..  Makna Sejati Berjihad di jalan Allah Selain peperangan untuk menegakkan agama Islam dan melindungi orang-orang Islam. memberantas .. seperti politik. Penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika. dapat disebabkan oleh beberapa faktor.... sosial budaya. • Rasa ingin tahu yang sangat tinggi. juga di bidang ilmu p. seperti minuman keras dan obat-obatan terlarang.. Melaksanakan pelayanan keperawatan profesional dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijaksanaan umum pemer. Faktor yang berasal dari keluarga dan lingkungan: • Ketidakharmonisan dalam keluarga. Dampak negatif zat adiktif dan psikotropika Posted on 05 May 2011.

• Jangan pemah mencoba. Pengguna obat terlarang biasanya memulai dari keinginan untuk sekedar mencoba. Sekolah yang tidak menerapkan aturan tegas. Teman sejati tidak akan menjerumuskan kita untuk melakukan halhal yang tidak baik. niscaya akan dapat . seperti memakai obat terlarang. tidak disiplin. • Kondisi lingkungan sekolah yang tidak mendukung. • Masafah keuangan. atau kakak. • Lingkungan pergaulan yang kurang baik. Iman yang kuat menjadikan mental kita sehat sehingga tidak mudah tergoda untuk mengkonsumsi obatobatan terlarang. seperti ayah. Mereka bisa menjual barang pribadi atau mengambil milik orang lain. mata terlihat cekung. dan tatapan matanya kosong. maka katakan dengan tegas: “tidak” dan jangan pernah tergoda untuk mencobanya. maka sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya. Itu pun hams di bawah pengawasan ketat dari dokter yang berwenang. Mengingat besarnya bahaya penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika. • Infeksi penyakit. Kemudian. bibi. Masalah yang kita anggap berat sekali pun. Hal ini dapat disebabkan kesibukan masing-masing anggota keluarga sehingga kurang memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anggota keluarga yang lain. misalnya infeksi virus HIV (penyebab AIDS) dan hepatitis (penyakit kerusakan hati). maka ungkapkan kepada keluarga. Namun. dan tidak mendorong siswanya melakukan kegiatan positif berpotensi menjadi sasaran peredaran zat adiktif dan psikotropika. Hal ini tentu mendorong penggunanya untuk melakukan tindakan kriminal.• Kurang komunikasi dan kasih sayang dalam keluarga. jika kita ditawari obat-obatan terlarang. Beberapa masalah tersebut digambarkan sebagai berikut: • Pecandu akan kekurangan gizi karena obat tersebut mengurangi nafsu makan. di bawah ini ada beberapa tips: • Tingkatkan keimanan dan ketagwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penggunaan jarum suntik yang dilakukan oleh para pecandu secara bergantian dapat menimbulkan infeksi. ia mencoba lagi sehingga menjadi ketagihan. tidak segar. • Meningkatkan komunikasi dan menjaga hubungan yang harmonis dalam keluarga Jika kita sedang menghadapi suatu masalah. Penggunaan zat adiktif dan psikotropika dapat dilakukan untuk tujuan medis. Untuk itu. Dalam hal ini. Tubuh pecandu biasanya kurus kering. bila sudah kecanduan maka pengguna akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Obat-obatan yang dikonsumsi biasanya mahal. Seseorang yang sudah terlanjur menjadi pecandu zat adiktif dan psikotropika akan melakukan apa saja agar dapat mengkonsumsi obat yang mereka butuhkan. Untuk mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika. pengaruh lingkungan khususnya teman sangat menentukan. paman. Hal ini tenth menimbulkan masalah bagi dirinya dan orang lain. ibu. Bujukan dari teman yang menyalahgunakan zat adiktif dan psikotropika dapat menjerumuskan seseorang untuk ikut menyalahgunakan zat tersebut.

Aktivitas enzim tersebut dapat juga diinduksi oleh keadaan hiperoksia (Asikin. Isoflavon kedelai merupakan senyawa flavonoid. melalui reaksi seperti di atas maupun melalui peroksida organik yang terbentuk dalam oksidasi kolesterol dan asam lemak. gurumu yang akan melaporkannya kepada pihak yang berwajib. yaitu 16 U/g Hb. et al. Potensinya sebagai antioksidan diduga serupa dengan antioksidan quersetin.terpecahkan. Jika ada suatu masalah jangan sampai kita tergiur untuk mengkonsumsi obat terlarang. enzim glutation peroksidase bekerja pada membran fosfolipid yang teroksidasi sehingga dikenal juga sebagai hydroperoxide glutathione peroxidase. ester kolesterol. (2002) melaporkan bahwa aktivitas glutation peroksidase meningkat ketika sel hepatoma H4IIE dipapar dengan 300 mmol/l daidzein. et al. Pemakaian obat tersebut memang dapat membuat kita berhalusinasi sehingga kita bisa melupakan masalah tersebut. Enzim glutation peroksidase juga dapat langsung mereduksi hidroperoksida kolesterol. • Ikut mengawasi peredaran obat-obatan terlarang.403 mmol/det/mg menjadi 0. dan mengandung selenosistein pada sisi aktifnya. Aktivitas enzim glutation peroksidase mampu mereduksi 70% peroksida organik dan lebih dari 90% H2O2. Selanjutnya. Enzim glutation peroksidase bersama glutation reduktase (suatu flavoprotein) dan NADPH (yang diperoleh dari aktivitas glukosa-6 fosfat dehidrogenase pada HMP-shunt) merupakan bagian dari siklus redoks glutation yang berperan untuk mempertahankan kadar glutation. et al. . itu hanya untuk sementara waktu. Suplementasi isoflavon dengan kadar genistein tinggi. yaitu sebanyak 598 mg/kg pakan tikus selama 4 minggu pada tikus yang dilatih berlari ternyata meningkatkan aktivitas glutation peroksidase dari 0. aktivitas glutation peroksidase rendah karena terjadi defisiensi selenium. 2001). 2002). yaitu sebagai scavenger radikal bebas (Kameoka. Namun. Aktivitas enzim ini juga dapat diinduksi oleh antioksidan sekunder isoflavon. Dalam sitoplasma. 1999).412 mmol/det/mg protein RBC tikus (Chen. dan saluran pencernaan. itu hanya akan menambah masalah baru dan merusak diri kita. Sementara pada penderita alergi.. dan fosfolipid yang teroksidasi dalam membran sel. Tetapi ingat. maka sampaikan hal itu kepada gurumu. Enzim glutation peroksidase Posted on 16 February 2011. Enzim glutation peroksidase berperan penting dalam melindungi sel. Enzim glutation peroksidase yang ditemukan dalam sitoplasma tersebut merupakan tetramer. Kelainan pada siklus tersebut bermanifestasi pada penyakit anemia hemolitik. Berikut laporan dari beberapa peneliti tentang potensi antioksidan isoflavon yang berasal dari tanaman terhadap aktivitas glutation peroksidase. Pada penderita nekrosis hati dan penyakit degeneratif. Rohrdanz. Bila kamu mengetahui ada teman atau orang lain yang menggunakan obat terlarang. aktivitas glutation peroksidase sel darah merah meningkat 2 kali dibandingkan dengan kontrol. lipoprotein.. demikian juga aktivitas katalasenya. Enzim ini bersifat nukleofilik. Aktivitas enzim glutation peroksidase juga ditemukan dalam mitokondria. plasma. yang sangat mudah terionisasi dan mengakibatkan terlepasnya proton. Penggunaan obat terlarang tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

Delmas Beauvieaux. dengan gejala klinis. 1999).43%. (1996) melaporkan bahwa enzim glutation peroksidase mendekomposisikan H2O2 lebih kuat dibandingkan dengan enzim katalase. da.. karbohidrat 26. superoksida.. kejang sampai koma dengan umur kehamilan di atas 20 minggu. . dam peroksinitrit. Beberapa jenis virus tidak secara langsung merusak sel. Pemeriksaan. dengan cara merusak molekul hidrogen peroksida dan lipid hidroperoksida.55%. yang merupakan substrat enzim glutation peroksidase.. Hery Winarsi.. Artikel Terkait  Hipertensi Dalam Kehamilan (HDK) Hipertensi dalam kehamilan adalah komplikasi serius trimester kedua-ketiga. lemak 5. Glutation peroksidase intraseluler berpotensi mengubah. serat kasar 16. proteinuria.  Penderita Autisme Autis adalah gangguan perkembangan yang mencakup bidang komunikasi. radikal peroksil. radikal hidroksil. selalu diperlukan adanya substrat.. misalnya glutation. Bungkil kelapa adalah .Aktivitas glutation peroksidase plasma juga meningkat path 4 wanita dan 1 laki-laki yang mengonsumsi jus buah apel dan kismis yang mengandung quersetin selama 1 minggu (Young. Pustaka Antioksidan Alami Dan Radikal Oleh Dr. dan perilaku yang terjadi pada awal masa kanak-kanak. seperti: edema hipertensi. semakin besar kemungkinan t.. Quersetin adalah suatu senyawa flavonoid dalam sayuran atau buahbuahan yang memiliki potensi antioksidan. salah satunya melalui mekanisme Induksi imun respons.54%.  Patogenesis virus merusak jaringan sel Patogenesis virus merusak jaringan sel. molekul hidrogen peroksida dengan cara mengoksidasi glutation bentuk tereduksi (GSH) menjadi bentuk teroksidasi (GSSG). abu 17. dan air 10.  Pakan Itik Dari Bahan Baku Nabati Tepung Ampas Tahu Kandungan gizi tepung ampas tahu di antaranya pro¬tein 23. et al.... Potensi tersebut ditunjukkan oleh posisi gugus hidroksil yang dapat langsung menangkap radikal bebas. Istilah autis menggambarkan keadaan yang cenderung dikuasai oleh pi. Semakin bertambah usia seorang wanita.92%. Glutation bentuk tereduksi mencegah lipid membran dan unsurunsur sel lainnya dari kerusakan oksidasi.S. interaksi.03%. Bungkil Kelapa.  Kanker Payudara: Gejala... tetapi membentuk antigen baru yang terletak pada p. Agar enzim bisa bekerja.53%. dan Pencegahan Kanker payudara merupakan kanker nomor dua terbanyak yang menyerang wanita Indonesia dan menjadi pembunuh nomor satu wanita di dunia. et al. Flavonoid melindungi sel dari serangan senyawa oksigen reaktif seperti oksigen singlet. M.

9:80-.2.43/03./. $:502039.3:.703890393 .3.9./03 /02.3.9../..8 ..9.8841.803.

9.23:5.79073.94350748/. 5../.9.2033.9-07.39:880.8 :9.3/.9.7  224.9:8.3.80/.2.9.

/09.

2203./ 224.

/09.

8.3//:..03077.2574903#9:8 03 09.204./03.3948/...9:80-./..3948/.1.   841.3803.80-..36:078093 .434/ !490383. -0-.8 .207:5. 09. .807:5.   ..430/0..3..

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