P. 1
Analisis Lingkungan

Analisis Lingkungan

|Views: 43|Likes:
Published by Nano Viand

More info:

Published by: Nano Viand on Nov 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

BAB II ANALISIS LINGKUNGAN

Tujuan Analisis Lingkungan : untuk menilai lingkungan organisasi secara keseluruhan. Baik faktor-faktor yang berada diluar organisasi maupun yang berada didalam organisasi yang semuanya mempengaruhi kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Peran/Fungsi Analisis Lingkungan : - Policy – Oriented Role : Peran analisis yang berorientasi pada kebijakan manajemen atas dan bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan memberikan informasi bagi manajemen tingkat atas tentang kecenderungan utama yang muncul dalam lingkungan. - Integrated Strategic Planning Role : Peran ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan membuat manajemen tingkat atas dan manajer divisi menyadari

Manajemen Strategik

1

lingkungan organisasi dikategorikan ke dlm 2 bagian besar yaitu : 1. .segala isu yang terjadi di lingkungan perusahaan yang memiliki implikasi langsung pada proses perencanaan. Peran ini berorientasi pada masalah tertentu dalam perusahaan yang menjadi target utama. Struktur Lingkungan : Secara umum.Functional – Oriented Role : Peran ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan menyediakan informasi lingkungan yang member perhatian pada efektivitas kinerja fungsi organisasi tertentu. Lingkungan Eksternal : lingkungan yang berada diluar organisasi 2. Lingkungan Internal : lingkungan yang berada di dalam organisasi Manajemen Strategik 2 .

Lingkungan Industri (Industry Environment) Ancaman pendatang baru Pemasok (supplier) Pembeli (customer) Produk substitusi Pesaing (competitor) Manajemen Strategik 3 . Lingkungan Umum (General Environment) Faktor sosial Faktor politik & hukum Faktor teknologi Faktor demografi 2.Lingkungan Eksternal : Faktor ekonomi 1.

POLITIK PEMERINTAHAN Pemasok HUKUM Subtitusi EKONOMI PERUSAHAAN Pesaing Pendatang Baru ALAM TEKNOLOGI SOSIAL Pembeli Gambar Lingkungan Perusahaan Manajemen Strategik 4 .

Kekuatan-Kekuatan yg Mempengaruhi Persaingan Industri : (M.produknya unik Manajemen Strategik 5 . Persyaratan modal (capital requirement) Biaya peralihan pemasok (switching cost) : biaya yang harus dikeluarkan pembeli bilamana berppindah dari produk pemasok tertentu ke produk pemasok lainnya. Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrances) Hambatan untuk memasuki industri (entry baarier) : Skala ekonomi (economics scale) : skala ekonomi menghalangi masuknya pendatang baru dengan cara memaksa mereka untuk masuk pada skala besar.didominasi oleh sedikit perusahaan .E Porter) a. Akses ke saluran distribusi Kebijakan pemerintah b. Diferensiasi produk (product differentiation) : diferensiasi produk menciptakan hambatan masuk dengan memaksa pendatang baru mengeluarkan biaya yang besar untuk mengatasi kesetiaan pelanggan yang ada. Kekuatan Tawar Menawar Pemasok Terjadi jika : .

Tingkat Rivalitas diantara Pesaing yang ada Manajemen Strategik 6 .pembeli memperoleh laba kecil d.c.membeli dlm jumlah besar . Tekanan dari Produk Substitusi e. Kekuatan Tawar Menawar Pembeli Terjadi jika : .produk standard .

Subtitusi Tekanan persaingan datang dari usaha-usaha pasar (pesaing) untuk merebut pasar (konsumen) Pemasok Persaingan antar penjual dalam satu industri Pembeli Tekanan persaingan datang dari pendatang baru yang potensial merebut pasar (konsumen). kasus Mie Sedap dan Indomie Pendatang Baru Potensial Gambar Five-Forces Model of Competition. diambil dari Porter (1979) Manajemen Strategik 7 .

Sumberdaya (resources) 2. Menentukan relevansi dari tingkatan lingkungan Manajemen Strategik 8 .Bahwa organisasi/perusahaan tdk berdiri sendiri . Kompetensi Inti (core competence) Pentingnya Analisis Lingkungan : .Pengaruh lingkungan yg rumit dan kompleks dapat mempengaruhi banyak bagian berbeda dari sebuah perusahaan Prosedur Pelaksanaan Analisis Lingkungan : 1.Lingkungan Internal : 1. Kapabilitas (capability) 3.

Umum .Internal .Tabel Hubungan Antara Ukuran Organisasi & Relevansi Tingkatan Lingkungan Organisasi Perusahaan Multinasional Tingkat Relevansi Tinggi Sedang Rendah .Umum . Tugas utama dari manajemen adalah menentukan isu mana yang strategis dan mana yang bukan Manajemen Strategik 9 .Umum .Industri .Umum .Industri . baik faktor di dalam maupun diluar perusahaan yang memiliki pengaruh pada kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.Industri .Internal .Internal . Menentukan tingkat relevansi dari strategic issues Strategic issues adalah faktor lingkungan.Internal .Industri .Umum .Internal .Industri Perusahaan Nasional Skala Besar Perusahaan Nasional skala Sedang Perusahaan Kecil Perusahaan Sangat Kecil 2.

Menerapkan teknik-teknik analisis lingkungan Terdapat berbagai macam teknik yg dapat digunakan oleh manajemen perusahaan untuk melakukan analisis lingkungan. (SWOT Analysis) b. Biasanya analisis ini terjadwal per semester dalam suatu review. ada 3 bentuk utama : Irregular Scanning Systems : system ini digunakan jika terjadi krisis lingkungan dimana focus utamanya ditujukan pada hal-hal yang sudah terjadi. Manajemen Strategik 10 . Ditekankan untuk mengatasi krisis jangka pendek.3. Continuous Scanning Systems : Sistem ini secara konstan memonitor komponen lingkungan. Environment Scanning. Beberapa diantaranya : a. Regular Scanning Systems : Sistem ini menjalankan analisa regular atas lingkungan yang signifikan. External Factor Evaluation (EFE) matrix dan Internal Factor Evaluation (IFE) matrix.

Didukung manajemen tingkat atas secara terus menerus 4. 2. Dilaksanakan oleh analis lingkungan yg mengerti keahlian yg dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli strategi.c. Manajemen Strategik 11 . Environmental Forecasting : teknik ini merupakan proses penentuan kondisi-kondisi apa yang mungkin muncul dalam lingkungan organisasi pada masa yang akan datang. Berkaitan secara konseptual & praktek dengan operasi perencanaan. Evaluasi Proses Analisis Lingkungan 1. 3. Mampu memberikan tanggapan terhadap kebutuhan informasi pihak manajemen tingkat atas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->