P. 1
Proses Pembuatan keramik

Proses Pembuatan keramik

|Views: 6,461|Likes:
Published by Ponco Nuriman II

More info:

Published by: Ponco Nuriman II on Nov 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2014

pdf

text

original

http://id.wikipedia.org www.wordpress.

com

Pencampuran dan pengadukan bertujuan untuk mendapatkan campuran bahan yang homogen/seragam. Kritis. Pengolahan bahan Tujuan pengolahan bahan ini adalah untuk mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi badan keramik plastis yang telah siap pakai. Proses membuat keramik adalah rangkaian proses yang panjang yang didalamnya terdapat tahapan-tahapan kritis. yaitu: 1. kesalahan di tahapan awal proses akan mengasilkan produk yang kurang baik juga. akan menghasilkan produk yang baik juga. dengan cara manual ataupun masinal. Demikian sebaliknya. Pengolahan bahan dapat dilakukan dengan metode basah maupun kering. Pengurangan ukuran butir dapat dilakukan dengan penumbukan atau penggilingan dengan ballmill. 2008 by mazgun Membuat keramik memerlukan teknik-teknik yang khusus dan unik.Proses Pembuatan Keramik Posted on September 26. pengadukan (mixing). dimana hasil campuran bahan yang berwujud lumpur dilakukan proses lanjutan. Ukuran butir biasanya menggunakan ukuran mesh. Penyaringan dimaksudkan untuk memisahkan material dengan ukuran yang tidak seragam. karena tahapan ini paling beresiko terhadap kegagalan. Hal ini berkaitan dengan sifat tanah liat yang plastis dimana diperlukan ketrampilan tertentu dalam pengolahan maupun penanganannya. Pengadukan dapat dilakukan dengan cara manual maupun masinal dengan blunger maupun mixer. Proses awal yang dikerjakan dengan baik. Ukuran yang lazim digunakan adalah 60 – 100 mesh. pencampuran. maupun yang lainnya. Pengurangan kadar air dilakukan pada proses basah. Membuat keramik berbedadengan membuat kerajinan kayu. logam. yaitu pengentalan untuk mengurangi jumlah . dan pengurangan kadar air. Tahap-tahap membuat keramik Ada beberapa tahapan proses yang harus dilakukan untuk membuat suatu produk keramik. penyaringan. Didalam pengolahan bahan ini ada proses-proses tertentu yang harus dilakukan antara lain pengurangan ukuran butir. Tahapan proses dalam membuat keramik saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

forming (pembentukan). teknik putar (throwing).air yang terkandung sehingga menjadi badan keramik plastis. tetapi menggunakan bantuan cetakan/mold yang dibuat dari gipsum. Dibandingkan dengan keteknikan yang lain. Secara singkat tahap-tahap pembentukan dalam teknik putar adalah: centering (pemusatan). produk keramik tidak dibentuk secara langsung dengan tangan. disimpan dalam wadah tertutup. Keramik dibentuk diatas sebuah meja dengan kepala putaran yang berputar. Tahap terakhir adalah pengulian. Pembentukan dengan teknik cetak Dalam keteknikan ini. coning (pengerucutan). . teknik pilin (coiling). Proses ini dapat dilakukan dengan diangin-anginkan diatas meja gips atau dilakukan dengan alat filterpress. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk melatih jari-jari agar terbentuk ’feeling’ dalam membentuk sebuah benda keramik. Pembentukan Tahap pembentukan adalah tahap mengubah bongkahan badan tanah liat plastis menjadi benda-benda yang dikehendaki. vas. Massa badan keramik yang telah diuli. refining the contour (merapikan). Keunggulan dari teknik cetak ini adalah benda yang diproduksi mempunyai bentuk dan ukuran yang sama persis. Pembetukan tangan langsung Dalam membuat keramik dengan teknik pembentukan tangan langsung. mangkok. sehingga keteknikan ini menjadi semacam icon dalam bidang keramik. guci dan lainlain. teknik ini mempunyai tingkat kesulitan yang paling tinggi. Pembentukan dengan teknik putar Pembentukan dengan teknik putar adalah keteknikan yang paling mendasar dan merupakan kekhasan dalam kerajinan keramik. ada beberapa metode yang dikenal selama ini: teknik pijit (pinching). rising (membuat ketinggian benda). Berbeda dengan teknik putar atau pembentukan langsung. 2. Karena kekhasannya tersebut. Teknik cetak dapat dilakukan dengan 2 cara: cetak padat dan cetak tuang (slip). kemudian diperam agar didapatkan keplastisan yang maksimal. dan teknik cetak (casting). dan teknik lempeng (slabbing). Benda yang dapat dibuat dengan keteknikan ini adalah benda-benda yang berbentuk dasar silinder: misalnya piring. Meja putar dapat berupa alat putar manual mapupun alat putar masinal yang digerakkan dengan listrik. Alat utama yang digunakan adalah alat putar (meja putar). Ada tiga keteknikan utama dalam membentuk benda keramik: pembentukan tangan langsung (handbuilding). Seseorang tidak begitu saja langsung bisa membuat benda keramik begitu mencobanya. Pengulian dimaksudkan untuk menghomogenkan massa badan tanah liat dan membebaskan gelembung-gelembung udara yang mungkin terjebak. Pada teknik cetak padat bahan baku yang digunakan adalah badan tanah liat plastis sedangkan pada teknik cetak tuang bahan yang digunakan berupa badan tanah liat slip/lumpur.

dan menambahkan efek-efek tertentu sesuai keinginan. maka tahap selanjutnya adalah pengeringan. Oleh karena itu kecermatan dalam melakukan tahapan demi tahapan sangat diperlukan untuk menghasilkan produk yang memuaskan. keras. yang mengakibatkan penyusutan mendadak. Secara umum tahap-tahap pembakaran maupun kondisi api furnace dapat dirinci dalam tabel. Untuk benda-benda keramik berglasir. Kesemua proses dalam pembuatan keramik akan menentukan produk yang dihasilkan. Pembakaran biskuit sudah cukup membuat suatu benda menjadi kuat. Untuk benda-benda kecil-sedang pelapisan glasir dilakukan dengan cara dicelup dan dituang. dan hilang berat (weight loss). dan (3) air yang terserap pada permukaan partikel hilang. . atau dikuas. pada tahap awal benda keramik diangin-anginkan pada suhu kamar. supaya lebih kedap air. sampai akhirnya partikel-partikel saling bersentuhan dan penyusutan berhenti. 4. kedap air. (2) Air dalam pori hilang tanpa terjadi susut. pengeringan dengan sinar matahari langsung atau mesin pengering dapat dilakukan. Selama pembakaran. atmosfer tungku dan tentu saja mineral yang terlibat (Magetti. Tujuan utama dari tahap ini adalah untuk menghilangkan air plastis yang terikat pada badan keramik. untuk benda-benda yang besar pelapisan dilakukan dengan penyemprotan. dan kuat. Setelah tidak terjadi penyusutan. menguap. disemprot. Pembakaran biscuit Pembakaran biskuit merupakan tahap yang sangat penting karena melalui pembakaran ini suatu benda dapat disebut sebagai keramik. Ada beberapa parameter yang mempengaruhi hasil pembakaran: suhu sintering/matang. pembakaran biskuit merupakan tahap awal agar benda yang akan diglasir cukup kuat dan mampu menyerap glasir secara optimal. Pengeringan Setelah benda keramik selesai dibentuk. Tahap-tahap ini menerangkan mengapa harus dilakukan proses pengeringan secara lambat untuk menghindari retak/cracking terlebih pada tahap 1 (Norton. Pembakaran Pembakaran merupakan inti dari pembuatan keramik dimana proses ini mengubah massa yang rapuh menjadi massa yang padat. Proses yang terlalu cepat akan mengakibatkan keretakkan dikarenakan hilangnya air secara tiba-tiba tanpa diimbangi penataan partikel tanah liat secara sempurna. keras. Benda keramik biskuit dilapisi glasir dengan cara dicelup. badan keramik mengalami beberapa reaksi-reaksi penting. dituang.3. 1975/1976). 1982). Pengglasiran Pengglasiran merupakan tahap yang dilakukan sebelum dilakukan pembakaran glasir. Pembakaran dilakukan dalam sebuah tungku/furnace suhu tinggi. hilang/muncul fase-fase mineral. 5. Ketika badan keramik plastis dikeringkan akan terjadi 3 proses penting: (1) Air pada lapisan antarpartikel lempung mendifusi ke permukaan. Fungsi glasir pada produk keramik adalah untuk menambah keindahan. Untuk menghindari pengeringan yang terlalu cepat. Biskuit (bisque) merupakan suatu istilah untuk menyebut benda keramik yang telah dibakar pada kisaran suhu 700 – 1000oC.

Jual Pernak Pernik Keramik. juga air atau piring datar besar bisa juga Anda manfaatkan untuk mempercantik tata meja. Jual Pernak Pernik. Jual Kerajinan Keramik. Misalnya putih. pembuatan keramik. cuci peralatan makan keramik dengan air sabun yang hangat. Suvenir Keramik untuk memperoleh informasi tenrang keramik. Jual Pernak Pernik. jug air bisa dipakai untuk vas. Suvenir Keramik. silakan klik Jual Suvenir Keramik. peralatan makan dari bahan ini juga memiliki keragaman pola yang cantik. Jual Pernak Pernik Keramik. Jual Suvenir Keramik. Jual Pernak Pernik. Misalnya mangkuk besar bisa dipakai untuk buah segar. Pernak Pernik Keramik) saat ini sudah berkembang dan lebih variatif. keramik murah.tips tentang keramik dapat anda temukan pada Jual Suvenir Keramik. ubin keramik Peralatan makan(mis : Pernak Pernik. Jual Kerajinan Keramik. Pilih warna-warna netral yang mudah dipadu padan. Pernak Pernik. Lap hingga kering dan usahakan jangan menumpuk terlalu banyak. Perhatikan juga koleksi taplak dan serbet yang sudah Anda miliki. pasang keramik. Jual Pernak Pernik Keramik. Pastikan juga cukup ada ruang untuk mengambil atau menata karena keramik berlapis ini mudah sekali retak.com. Pernak Pernik Keramik. Sebelum memilih. Jual Souvenir Keramik. Pastikan pada pembuatnya. cokelat terracota atau biru tua dan hitam. ada baiknya cek dahulu warna dominan pada koleksi peralatan makan yang sudah Anda miliki. motif keramik. keramik indonesia. Kerajinan Keramik. Pilih yang lapisannya halus. Jual Souvenir Keramik. berikut tipsnya. Temukan informasi mengenai Souvenir Keramik. Selain murah. Jual Kerajinan Keramik. Peralatan dari keramik bisa dipadukan dengan keramik halus. kerajinan keramik. Jual Souvenir Keramik.Tips Merawat Perabotan Keramik Filed under: Artikel — wino @ 11:31 Tags: bahan keramik. Agar tahan lama. tidak banyak berpori-pori agar bahan makanan tidak mudah terserap atau ‘mengendap’ pada lapisannya. Khusus untuk peralatan makan yang besar seperti mangkuk sayur. untuk memilih dan merawat peralatan keramik(cth Pernak Pernik. Suvenir Keramik dan Suvenir & Souvenir Keramik: Jual Pernak Pernik & Kerajinan Keramik Jakarta pada 88db. Peralatan makan keramik lapisan atau glazuur yang melapisi peralatan tersebut harus benar-benar aman untuk makanan. . keramik lantai. kriya keramik. Dengan cara ini peralatan baru bisa dengan mudah dipadukan. Salah satu peralatan makan yang banyak digemari adalah yang berasal dari bahan keramik. Pernak Pernik Keramik) Anda agar tetap bagus. Nah.

. Akhirnya kita telah bisa membersihkan sendiri tanpa menggunakan jasa kristalisasi. Lakukan langkah pembersihan ini secara perlahan dan sedikit di tekan sampai lantai keramik bersih. Gunakan belimbing wuluh yang sudah matang dan berkadar asam tinggi. Anda tidak usah gundah gulana. Jangan menggunakan air sewaktu menggosok belimbing wuluh di permukaan lantai keramik. Tujuannya agar kristalisasi lantai semakin maksimal. Buah ini memiliki rasa yang asam sekali.kapanlagi. Langkah terakhir lap dengan kain basah atau kering. pabrik keramik. Diamkan selama 10 menit agar kadar asamnya bekerja. sabun colek dan sarung tangan plastik. pembuatan keramik. Anda juga bisa melakukan poles teraso dengan belimbing ini. dsb). ubin keramik Jika lantai keramik Anda saat ini terkena noda yang sulit dibersihkan. Gosok terus sampai noda terangkat. Baik di lantai. • Saat membersihkan noda di lantai. kadar asamnya sudah berkurang. Sedangkan belimbing yang masih muda kadar asamnya belum terlalu tinggi. Anda bisa melakukan poles marmer / keramik agar menjadi kinclong lagi. cepat dan mudah dilakukan. sehingga Anda tidak harus datang ke jasa restorasi keramik agar kinclong lagi. lengkapi juga dengan sikat plastik atau sikat gigi. dinding maupun perabotan yang terbuat dari keramik. Belimbing wuluh lebih sering digunakan sebagai pelengkap bumbu makanan dan sayuran. Gunakanlah belimbing wuluh untuk membersihkannya (kristalisasi lantai.com/ Comments (0) 30 December 2008 Tips / Cara Membersihkan Keramik Filed under: Artikel — wino @ 13:34 Tags: genteng keramik. lantai marmer. Gunakanlah bagian daging belimbing wuluh untuk digosokkan ke permukaan keramik secara merata. Jika perlu tambahkan sabun pembersih untuk hasil optimal. Semoga bermanfaat. harga keramik. Dengan demikian kita telah berusaha melakukan “poles marmer” atau bahasa duluya “poles teraso” mini • • • • Jangan menggunakan belimbing wuluh yang masih terlalu muda dan terlalu tua. Vertikal atau horisontal. Belimbing yang terlalu tua. sehingga mampu menghilangkan noda. Lalu gosok menggunakan sikap plastik gerakan satu arah. Belimbing sayur ini memang berkadar asam tinggi. Bagian nat keramik bersihkan dengan sikat gigi. motif keramik. marmer granit. Trik ini murah. harga marmer. sebab air akan mengurangi kadar asam. Lakukan terus seperti ahli jasa restorasi lantai. lap kering atau basah. keramik beton.http://woman. selain menggunakan belimbing wuluh. tapi tidak terlalu tua.

Definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal. keras. dan sebagainya. (Yusuf. Kurangnya beberapa elektron bebas keramik membuat sebagian besar bahan keramik secara kelistrikan bukan merupakan konduktor dan juga menjadi konduktor panas yang jelek.Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam lingkungan termal dan kimia dibandingkan elemennya. kwarsa. Kamus dan ensiklopedi tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar. Keramik secara umum mempunyai kekuatan tekan lebih baik dibanding kekuatan tariknya. • ihat pula [sunting] Klasifikasi keramik Pada prinsipnya keramik terbagi atas: . porselin. Secara umum strukturnya sangat rumit dengan sedikit elektron-elektron bebas. genteng. Di samping itu keramik mempunyai sifat rapuh. Tetapi saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat. ball clay. dan air. komposisi kimia dan mineral bawaannya. dan kaku. Oleh karena itu sifat keramik juga tergantung pada lingkungan geologi dimana bahan diperoleh. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah felspard. seperti gerabah. kaolin. 1998:2).

sifat lainya adalah tahan suhu tinggi. hal ini dapat kita lihat pada keramik jenis tradisional seperti barang pecah belah. sebagai contoh keramik tradisional yang terdiri dari clay. [sunting] Keramik halus Fine ceramics (keramik modern atau biasa disebut keramik teknik. techical ceramic) adalah keramik yang dibuat dengan menggunakan oksida-oksida logam atau logam. Pembuatan Keramik Industri by Inra Sumahamijaya on 13/03/09 at 9:06 am | No Comment | Print article | Email article Keramik industri dibuat dari bubuk yang telah diberi tekanan sedemikian rupa kemudian dipanaskan pada temperatur tinggi. dll. dan campuran sintering antara keramik dengan logam. Keramik tradisional seperti porcelain. pasti keramik mudah pecah. coba jatuhkan piring yang terbuat dari keramik bandingkan dengan piring dari logam. keperluan rumah tangga (tile. seperti: oksida logam (Al2O3. kekuatan tekan tinggi. seperti kuarsa. komponen turbin. semikonduktor. walaupun sifat ini tidak berlaku pada jenis keramik tertentu. ubin (keramik lantai) dan tembikar dibuat dari bubuk yang terdiri dari berbagai material seperti tanah liat (lempung). Akan tetapi. keramik engineering seperti keramik oksida mampu tahan sampai dengan suhu 2000 C. kaolin. Penggunaannya: elemen pemanas. talc. sifat ini merupakan salah satu faktor yang membuat penelitian tentang keramik terus berkembang. kendi. MgO. terutama jenis keramik hasil sintering. dan untuk industri (refractory). Yang termasuk keramik ini adalah: barang pecah belah (dinnerware).dll). (Joelianingsih. gerabah dan sebagainya.[sunting] Keramik tradisional Keramik tradisional yaitu keramik yang dibuat dengan menggunakan bahan alam. . dan pada bidang medis. ZrO2. 2004) [sunting] Sifat Keramik sifat yang umum dan mudah dilihat secara fisik pada kebanyakan jenis keramik adalah britle atau rapuh. engineering ceramic. silika dan faldspar. flint dan feldfar tahan sampai dengan suhu 1200 C. bricks). gelas. advanced ceramic.

Ketika objek tersebut telah mengeras. Proses ini digunakan untuk membuat pipa keramik. bubuk keramik didinginkan dan mengeras sesuai dengan bentuk cetakan. injection molding. Karena prosesnya yang kontinu. Tekanan tersebut membuat bubuk keramik menjadi lapisan solid keramik yang berbentuk seperti cetakan. Pada proses pemanasan. 1. cetakan dibuka dan bagian keramik dipisahkan. A. bubuk dengan tingkat kemurnian tinggi dan berukuran sekitar 1 mikrometer (0. keramik dipanaskan pada tungku (furnace) dengan temperatur antara 1000 sampai 1700 C.sebagian besar keramik industri dibentuk dari bubuk kimia khusus seperti silikon karbida. Densifikasi Proses densifikasi menggunakan panas yang tinggi untuk menjadikan sebuah keramik menjadi produk yang keras dan padat. bubuk keramik dituangkan pada cetakan dan diberi tekanan. 3. keramik kemudian dipanaskan dengan proses yang dikenal dengan nama densifikasi (densification) agar material yang terbantuk lebih kuat dan padat. Extrusion. Metode ini menggunaan piston untuk menekan bubuk keramik melalui pipa panas masuk ke cetakan. B. setelah terbentuk dan didinginkan. Pressure Casting. ubin dan bata modern. pressure casting. Pada proses ini. Kemudian endapan tadi disaring dan bubuk material keramik dipanaskan untuk menghilangkan impuritis dan air. Slip Casting adalah proses untuk membuat keramik yang berlubang. Material yang digunakan untuk membuat keramik ini biasanya digali dari perut bumi dan dihancurkan hingga menjadi bubuk. sedikit wax (lilin) biasanya ditambahkan untuk meekatkan bubuk keramik dan menjadikannya mudah dibentuk. Proses ini menggunakan cetakan dengan dinding yang berlubang-lunagng kecil dan memanfaatkan daya kapilaritas air. keramik dipotong pada panjang tertentu. Extrusion adalah proses kontinu yang manama bubuk keramik dipanaskan didalam sebuah tong yang panjang. Terdapat baling-baling yang memutar dan mendorong material panas tersebut kedalam cetakan. 2. Setelah dibentuk. Bubuk tersebut dapat menjadi bentuk yang berbeda-beda dengan beragam proses pembentukan (molding). Pada cetakan tersebut. 4. Pembentukan Setelah pemurnian. Proses ini digunakan untuk membuat objek yang kecil dan rumit.0001 centimeter). Plastik juga dapat ditambahkan untuk mendapatkan kelenturan dan kekerasan tertentu. alumina dan barium titanate. dan extruction. Setelah dibentuk. Tujuan dari proses pemanasan . Proses pemadatan ini menyebabkan objek keramik menyusut hingga 20 persen dari ukuran aslinya. Slip Casting. Produsen seringkali memurnikan bubuk ini dengan mencampurkannya dengan suatu larutan hingga terbantuk endapan pengotor. Proses pembentukan ini diantaranya adalah slip casting. partikel-partikel bubuk menyatu dan memadat. Injection Molding. Hasilnya.

semikoncuktor. kompor gas. Butiran uranium termasuk keramik yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Porous alumina dapat berikatan dengan tulang dan jaringan tubuh. silikon nitrida maupun karbida dapat digunakan untuk saluran pada rotorturbocharger diesel temperatur tinggi dan Gas-Turbine Engine. Penggunaan teknik tersebut berkaitan dengan sifat dari bahan keramik yakni tanah liat yang elastis. Sebagai superkonduktor adalah senyawa berbasis tembaga oksida. Keramik dengan campuran semen dan logam digunakan untuk pelapis pelindung panas pada pesawat ulang-alik dan satelit. Setiap . Keramik tipe zirconias. mesin pengering. biomedis. Kegunaan keramik beragam disesuaikan dengan kemampuan dan daya tahannya. Keramik yang digunakan adalah jenis enamel. mesin cuci. Kegunaan Keramik Industri Keramik dinilai dari propertinya. Keramik dengan properti yang berbeda dapat digunakan pada aerospace. Keramik Biomedical jenis porous alumina digunakan sebagai implants pada tubuh manusia. Keramik sebagai semikonduktor adalah barium titanate (BaTiO3) dan strontium titanate (SrTiO3). pembentuk dan penghancur logam. konstruksi bangunan. Keramik dengan properti elektrik dan magnetik dapat digunakan sebagai insulator. konduktor dan magnet. Beberapa contoh penggunaan keramik industri: • • • Peralatan yang dibuat dari alumina dan silikon nitrida dapat digunakan sebagai pemotong. dan industri nuklir.ini adalah untuk memaksimalkan kekerasan keramik dengan mendapatkan struktur internal yang tersusun rapih dan sangat padat. Keramik sebagai insulator adalah aluminum oksida (AlO3). Peralatan rumah tangga yang menggunakan pelapisan enamel ini diantaranya adalah kulkas. Keramik juga digunakan sebagai coating (pelapis) untuk mencagah korosi. • • • • • Teknik Pembuatan Keramik Posted on 09 March 2009 by admin Didalam pembuatan keramik memerlukan teknik-teknik khusus. Butiran ini dibentuk dari gas uranium hexafluorida (UF6). Keramik berbasis feldspar dan tanah liat digunakan pada industri bahan bangunan.

Jika anda ingin membuat keramik yang bentuknya simetris(bulat. Kesalahan pada salah satu proses bisa berakibat fatal. yakni hasil akhir keramik tidak sesuai dengan yang dinginkan. . teknik putar adalah yang paling tepat untuk digunakan. guci atau vas tanpa ornamen.teknik memiliki tahapan-tahapan proses yang saling berkaitan. Teknik pijat memerlukan waktu relatif lama jika dibandingkan dengan teknik cetak dan juga hasilnya kemungkinan tidak seragam jika menggunakan teknik pijit. Sedangkan Jennie Lee sering menggunakan teknik putar ketika dia mengajari muridnya. Teknik coil (lilin pilin) b. Teknik slab(lempengan) d. Teknik tatap batu / pijat c. silindris) dan bervariasi seperti gentong. misalnya keramiknya pecah atau berubah bentuk ketika dilakukan proses pembakaran. karena kebanyakan karya seniman bentuknya tidak simetris dengan bentuk yg lebih bebas sesuai dengan keinginan. Teknik putar banyak digunakan oleh para pengarajin di sentra keramik tradisional. berbeda dengan teknik cetak yang sudah mempunyai pola paten sehingga kita bisa membuat keramik dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat. Pada dasarnya ada 5 macam dalam teknik pembuatan keramik. Teknik cetak Penjelasan masing-masing teknik pembuatan keramik akan kami bahas di artikel berikutnya Penggunaan teknik pembuatan keramik dipengaruhi oleh tujuan dari pembuatan keramik. Teknik Putar e. yakni : a. misalnya anda ingin membuat keramik untuk souvenir dalam jumlah yang sangat banyak maka teknik cetak adalah yang paling pas jika dibanding menggunakan teknik pijat. Ponimin salah satu seniman keramik yang menguasai teknik pijat yang sudah diakui kualitasnya di luar negeri. mungkin karena relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan teknik pijit. biasanya menggunakan alat putar tangan(hand wheel) atau alat putar kaki(kick wheel). Pada umumnya para seniman keramik atau penggemar keramik menggunakan teknik slab(lempengan) atau teknik pijat untuk membuat karya-karya keramik mereka.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->