P. 1
RPP smster 1

RPP smster 1

|Views: 90|Likes:
Published by Ficha Nastiti

More info:

Published by: Ficha Nastiti on Nov 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2011

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolahan Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu : SMA PGRI I Semarang : Fisika

: XI /I : 12 x 45 menit (5 pertemuan)

Standar kompetensi Mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan mekanika klasik sistem diskret (partikel). Kompetensi dasar Mendeskrepsikan karakteristik gerak melalui analisis vektor. Indikator : Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus dengan menggunakan vektor Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor . Tujuan Pembelajaran Setelah melakukan pembelajaran peserta didik diharapkan dapat : menurunkan persamaan perpindahan, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus menentukan besar vektor perpindahan, kecepatan, percepatan pada gerak lurus Menentukkan hubungan x-t,v-t, dan a-t melalui grafik dan analisis kalkulus diferensial dan integral menurunkan persamaan kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor menentukan besar vektor kecepatan, percepatan pada gerak melingkar menganalisis besaran pada gerak parabola dengan menggunakan vektor menentukan besar kecepatan dan koordinat posisi benda yang melakukan gerak parabola Materi Pokok Kinematika Gerak Partikel pada gerak Translasi terdiri atas: Persamaan Posisi Persamaan Kecepatan Persamaan Percepatan Persamaan Gerak Lurus Gerak Parabola Gerak Melingkar Metode, dan Pendekatan Pembelajaran Metode Pembelajaran yang digunakan adalah eksperimen, tanya-jawab, ceramah, diskusi informasi, pemberian tugas kelompok dan mandiri. Strategi Pembelajaran : Pertemuan ke-1 Kegiatan awal :

Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru mengajukan pertanyaan tentang vektor posisi, misalnya bagaimana menyatakan posisi sebuah titik pada koordinat kartisius. Guru membagi kelompok Kegiatan inti : Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang vektor posisi Melakukan percobaan gerak pada sistem kordinat sambil melakukan tanya jawab tentang posisi Elaborasi Tiap kelompok mendiskusikan tentang vektor posisi, vektor kecepatan, kecepatan sesaat, dan kecepatan rata-rata. Tiap kelompok mendiskusikan hubungan posisi dengan kecepatan melalui analisis kalkulus diferensial dan integral serta metode grafik Peserta didik melakukan presentasi dan melakukan diskusi klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan hasil diskusi yang benar. Guru memberikan soal Pertemuan ke-2 Kegiatan awal : Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru mengajukan pertanyaan tentang kecepatan dan percepatan Guru membagi kelompok Kegiatan inti : Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang percepatan, vektor posisi Melakukan percobaan gerak pada sistem kordinat sambil melakukan tanya jawab tentang posisi Elaborasi Tiap kelompok mendiskusikan percepatan, percepatan rata-rata dan percepatan sesaat Tiap kelompok mendiskusikan hubungan posisi, kecepatan dan percepatan melalui analisis kalkulus diferensial dan integral Peserta didik melakukan presentasi dan melakukan diskusi klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi Kegiatan Akhir

kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak rotasi Tiap kelompok mendiskusikan hubungan posisi dengan kecepatan sudut melalui analisis kalkulus diferensial dan integral Tiap kelompok mendiskusikan karakteristik khusus gerak melingkar berubah beraturan yang memiliki berbagai bentuk percepatan seperti percepatan sudut. Guru memberikan soal Pertemuan Ke-4 Kegiatan awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran Guru membagi kelompok Kegiatan inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Gerak melingkar Melakukan percobaan gerak melingkar pada sistem koordinat Elaborasi Tiap kelompok mendiskusikan karakteristik khusus gerak melingkar berubah beraturan yang memiliki berbagai bentuk percepatan seperti percepatan sudut.Guru menegaskan hasil diskusi yang benar. percepatan sentripetal. percepatan tangensial dan percepatan total Peserta didik melakukan presentasi dan melakukan diskusi klasikal Konfirmasi Peserta didik menyampaikan refleksi hasil pembelajaran . percepatan sentripetal. percepatan tangensial dan percepatan total Peserta didik melakukan presentasi dan melakukan diskusi klasikal Konfirmasi Peserta didik menyampaikan refleksi hasil pembelajaran Kegiatan akhir Guru menegaskan hasil diskusi yang benar. Guru memberikan soal Pertemuan ke-3 Kegiatan awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru membagi kelompok Kegiatan inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Gerak melingkar Melakukan percobaan gerak melingkar pada sistem koordinat Elaborasi Tiap kelompok mendiskusikan merumuskan posisi sudut.

Guru memberikan soal Pertemuan ke-5 Kegiatan awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Kegiatan inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang gerak parabola Elaborasi Peserta didik mendiskusikan tentang perpaduan GLBB dan GLBB Peserta didik mendiskusikan bentuk persamaan gerak dan persamaan kecepatan dari gerak parabola. Posisi sebuah benda yang dilempar vertikal ke atas dinyatakan dengan persamaan y = 40t –5t2. Posisi mula-mula partikel adalah r1 = (4i + 3j) cm. Peserta didik merumuskan tinggi maksimum dan jarak tempuh terjauh Konfirmasi Peserta didik menyampaikan refleksi hasil pembelajaran Guru memberikan beberapa contoh penyelesaian soal tentang gerak parabola. Kecepatan awal dan tinggi maksimum yang dicapai benda adalah … 5 m/s dan 40 m D) 40 m/s dan 80 m 10 m/s dan 80 m E) 80 m/s dan 160 m 20 m/s dan 40 m 3. Percepatan dan persamaan posisi benda tersebut adalah … ..Kegiatan akhir Guru menegaskan hasil diskusi yang benar. Panjang perpindahan posisi partikel tersebut adalah. . dimana y dalam meter dan t dalam sekon.. Kegiatan akhir Guru menegaskan hasil diskusi yang benar. Guru memberikan soal Pertemuan Ke-6 Ulangan Harian Alat dan sumber Belajar : Sumber : Buku paket dan buku penunjang. Penilaian : Teknik : Penugasan dan tes tertulis Bentuk : Ter tertulis Jenis : 1. Sebuah benda bergerak vertikal ke atas dengan persamaan kecepatan v = (20 – 10t) m/s. Kemudian partikel itu menempati posisi r2 = (7i – j) cm. 2 cm D) 5 cm 3 cm E) 8 cm 4 cm 2.

2 sekon D) 8 sekon 4 sekon E) 10 sekon 6 sekon 7. 7 rad D) 10 rad 8 rad E) 12 rad 9 rad 11. kecepatannya 16 rad/s. 1 rad/s D) 4 rad/s 2 rad/s E) 5 rad/s 3 rad/s 10. maka lama waktu peluru di udara adalah … . Sebuah peluru ditembakkan dan bergerak dengan lintasan parabola. 10 rad D) 16 rad 12 rad E) 20 rad 14 rad 9.Posisi suatu partikel yang bergerak rotasi dinyatakan dengan bentuk persamaan θ = (3t2 – 6t + 10) rad. Beda ketinggian pada kedua sisi saluran adalah 20 cm. Partikel tersebut akan berhenti setelah berputar sejauh … . Jika pada saat t = 0 s. Posisi sudut sebuah materi pada suatu piringan dinyatakan dengan persamaan θ = (t2 +2t + 5) rad. maka kecepatan awal minimal anjing agar tidak jatuh ke dalam selokan adalah … 4 m/s D) 10 m/s 5 m/s E) 20 m/s 8 m/s 6. 0 D) 2 ¼ E) 4 ½ 5.Sebuah piringan CD mula-mula dalam keadaan diam.–10 m/s2 dan y = (10t – 5t2) m D) 10 m/s2 dan y = (20t – 5t2) m –10 m/s2 dan y = (20t – 5t2) m E) 20 m/s2 dan y = (10t – 5t2) m 10 m/s2 dan y = (10t – 5t2) m 4. Gambar di atas menunjukkan seekor anjing yang akan melompati sebuah selokan air yang lebarnya 2 m. Jika g = 10 m/s2. Percepatan sudut sebuah roda yang sedang berputar memenuhi persamaan α = (½ t – 4) rad/s2. Posisi sudut roda pada saat t = 2 s adalah … . agar titik tertingginya sama dengan titik terjauhnya. dan g = 10 m/s2. maka kecepatan sudut pada saat t = 4 s adalah … . 2 rad/s D) 5 rad/s 3 rad/s E) 6 rad/s 4 rad/s 8. Dalam sebuah tendangan bebas permainan sepak bola. Sebuah roda berputar dengan persamaan ω = (2t + 4) rad/s. Nilai tan α adalah … . maka bola harus ditendang dengan sudut elevasi α . Jika titik tertinggi yang dicapai bola adalah 20 m. Setelah berputar selama 1 . Kecepatan sudut rata-rata dari t = 0 s sampai t = 2 s adalah … .

Percepatan sudut yang dialami CD adalah. kecepatan sudutnya menjadi 240 rad/s..menit.Sebuah benda berputar dengan kecepatan sudut 10 rad/s dan memiliki percepatan radial 6 m/s2.. kemudian diperlambat sehingga kecepatannya menjadi 20 rad/s.. 6 rad D) 12 rad 60 rad E) 120 rad 600 rad 13.. maka percepatan totalnya adalah … A) 2 m/s2 D) 10 m/s2 B) 4 m/s2 E) 12 m/s2 C) 6 m/s2 14.. 2 rad/s2 D) 40 rad/s2 4 rad/s2 E) 60 rad/s2 6 rad/s2 12.Sebuah roda berputar dengan kecepatan sudut 40 rad/s. A) 10 putaran D) 25 putaran B) 15 putaran E) 30 putaran C) 20 putaran Semarang.. Piringan tersebut telah berputar sebanyak … . Jika besar perlambatannya adalah 10 rad/s2. September 2010 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran NIP. maka besar sudut yang telah ditempuh roda tersebut adalah … .Sebuah piringan hitam berputar 60 putaran per menit.. Jika jari-jari putaran benda 8 cm.. Kemudian diperlambat akhirnya berhenti setelah berputar selama 30 sekon.. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolahan : SMA PGRI I Semarang ..

Indikator Menganalisis Hubunagan antara gaya grafitasi dengan massa benda dan Jaraknya Menghitung Resultan gaya grafitasi pada benda titik dalam suatu system Membandingkan percepatan grafitasi dan kuat medan grafitasi pada kedudukan yang berbeda Menganalisis gerak Planet dalam Tata Surya berdasarkan Hukum Keppler Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menganalisis Hubungan antara gaya grafitasi dengan massa benda dan Jaraknya Peserta didik dapat menghitung Resultan gaya grafitasi pada benda titik dalam suatu system Peserta didik dapat membandingkan percepatan grafitasi dan kuat medan grafitasi pada kedudukan yang berbeda Peserta didik dapat menganalisis gerak Planet dalam Tata Surya berdasarkan Hukum Keppler Materi Ajar Hukum Newton tentang grafitasi Gaya grafitasi antar partikel Kuat medan grafitasi dan percepetan grafitasi Grafitasi antar Planet Hukum Keppler Metode Pembelajaran Diskusi informasi Langkah-langkah Pertemuan ke – 1 Kegiatan Awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yangakan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru menanyakan definisi hukum Newton tentang gravitasi Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi hukum Newton tentang gravitasi Elaborasi .Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu : Fisika : XI /I : 12 x 45 menit (5 pertemuan) Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan kateraturannya dalam cakupan Mekanika benda titik Kompetensi Dasar Menganalisis Keteraturan Gerak Planet dalam tata surya berdasarkan Hukum Newton.

Peserta didik mendiskusikan hukum Newton tentang gravitasi secara klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang hukum Newton tentang gravitasi Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke – 2 Kegiatan Awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yangakan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru menanyakan Gaya grafitasi antar partikel Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Gaya grafitasi antar partikel Elaborasi Peserta didik mendiskusikan Gaya grafitasi antar partikel secara klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang Gaya grafitasi antar partikel Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke – 3 Kegiatan Awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru menanyakan Kuat medan grafitasi dan percepetan grafitasi Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Kuat medan grafitasi dan percepetan grafitasi Elaborasi Peserta didik mendiskusikan Kuat medan grafitasi dan percepetan grafitasi secara klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang Kuat medan grafitasi dan .

percepetan grafitasi Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke – 4 Kegiatan Awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru menanyakan Grafitasi antar Planet Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Grafitasi antar Planet Elaborasi Peserta didik mendiskusikan Grafitasi antar Planet secara klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang Grafitasi antar Planet Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke – 5 Kegiatan Awal Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Guru menanyakan Hukum Keppler Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mencari informasi tentang Hukum Keppler Elaborasi Peserta didik mendiskusikan Hukum Keppler Secara klasikal Konfirmasi Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang Hukum Keppler Guru memberi tugas latihan soal Sumber Pembelajaran Buku Fisika yang relevan Penilaian Teknik : test Bentuk : test tertulis .

September 2010 Mengetahui KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolahan Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMA PGRI I Semarang : Fisika : XI /I : 12 x 45 menit (5 pertemuan) .00 m/s2 9.Instrumen : percepatan gravitasi di puncak mount everest yang tingginya 8848 meter di atas permukaan bumi adalah 9.99 m/s2 Semarang.55 m/s2 9.77 m/s2 9.22 m/s2 9.

Langkah Pembelajaran Pertemuan – 1 Kegiatan awal Salam pembuka Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pertemuan hari ini Kegiatan Inti Eksplorasi Menugaskan peserta didik untuk mencari pengertian elastisitas. regangan. regangan dan geseran beserta contohnya dalam diskusi kelompok Peserta didik mempersentasikan berdasarkan data . Indikator Mendiskripsikan karakteristik gaya pada benda elestis percobaan( grafiks) Mengidentifikasi modulus elastistisitas dan konstanta pegas Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan Menganalisis susunan pegas seri dan parallel Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menunujukkan perbedaan bahan elestis dengan bahan tak elastis Menyebutkan contoh-contoh bahan elestis dan bahan tak elastis Menunjukkan bahwa bahan elastis mempunyai batas elastisitas Menjelaskan pengertian modulus young Menghitung modulus young suatu kawat Menghitung besar konstanta elastisatas pegasa Menunjukkan bermacam-macam susunan pegas Merumuskan besra energi potensial Materi Pembelajaran Hukum Hooke dan Elastisitas Metode Pembelajaran Dirrect Intruction Cooperative Learning Langkah .Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar Menganalisi pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan. mampatan dan geseran Memberi contoh benda elastis dan tak elastis Elaborasi Peserta didik berdiskusi tentans pengertian elastisitas.

tegangan . mampatan dan gesesran Pertemuan ke-2 Kegiatan Awal Salam pembuka Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik melakukan percobaan untuk menentukan konstanta pegas Menghitung konstanta pegas dengan grafiks Menghitung konstanta pegas secara matematik Elaborasi Peserta didik berdiskusi hasil percobaan dari masing –masing kelompok Mempersentasikan Konfirmasi Mengambil kesimpulan dari hasil diskusi Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep yang benar tentang hokum hooke Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke-3 Kegiatan awal Salam Pembuka Menelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai Mengingatkan kembali konsep dan rumus susunan parallel dan seri pada hambatan.Konfirmasi Peserta didik meringkas hasil diskusi Kegiatan akhir Guru menegaskan konsep benar tentang elastisitas regangan. Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik melakukan percobaan pegas susunan seri dan pralel Peserta didik mengitung besar k seri dan k parallel Elaborasi Dengan diskusi kelompok siswa menemukan rumus untuk mengitung k susunan pralel dan seri Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentsikan hasil nya Konfirmasi Peserta didik membuat kesimpulan Kegiatan Akhir Guru menegaskan konsep dan rumus yang benar tentang susunan pegas parallel dan seri Memberi tugas latiahan soal .

statif Sumber belajar :Buku Fisika. beban berkait .k x dengan energipotensial pegas dan memberi latihan soal Elaborasi Peserta didik lain mengoreksi pekerjaan temannya dan mengoreksi pekerjaan sendiri Peserta didik mengerjakan soal energi potensial pegas Konfirmasi Kegiatan Akhir Guru memberi penegasan mana yang benar dan mana yang masih kurang betul ALAT / BAHAN /SUMBER BELAJAR Alat / bahan : pegas. lks PENILAIAN Tehnik : unjuk kerja dan tes tertulis Bentuk Insntrumen : No Nama Peserta didik Persiapan Pelasanaan absen 1 Tes tertulis : pilihan ganda .mistar .Pertemuam ke-4 Kegiatan awal Salam Pembuka Memeriksa sekilas PR. issay dsb Contoh Instrumen Hasil/laporan Semarang. apakah peserta didik telah mengerjakan atau tidak Kegiatan Inti Eksplorasi Peserta didik mengerjakan tugas ke depan secara bergiliran Guru memberi konsep hubungan F. September 2010 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolahan Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu : SMA PGRI I Semarang : Fisika : XI /I : 12 x 45 menit (5 pertemuan) Standar Kompetensi Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik .

amplitude dan simpangan getaran yang pernah dipelajari di SMP Pertemuan Inti Eksplorasi Peserta didik melakukan percobaan untuk menunjukkan getaran dengan pegasdan bandul Peserta didik meragakan dan menhitung periode. Peserta didik membuat grafik hubungan massa m dan kuadrat periode T2 Peserta didik membuat grafik hubungan antara panjang tali l dengan periode serta panjang tali l dengan kudrat periode T2 Ebalorasi Peserta didik mempresentaiksn dan diskusi hasil percobaan Konfirmasi Guru mempertegas konsep frekuensi. kecepatan dan percepatan getaran Materi Pembelajaran Gerak getaran Metode Pembelajaran Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1 dan 2 Pertemuan awal Salam pembuka Guru secara diskusi mengingatkan kembali istilah-istilah periode.Kompetensi Dasar Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran Indikator Mendiskripsikan karakteristik gerak getaran pada pegas Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan Menganalisis gaya . periode. simpangan dan ampiltudo Guru memberi rumus periode pada ayunan sederhana dan periode pada getaran pegas . kecepatan dan percepatan pada gerak getaran Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : menunjukkan macam-macam getaran mengukur tetapan pegas dengan dasar getaran mengukur percepatan gravitasi bumi disuatu tempat menentukan besar simpangan.frekuensi.simpangan. frekuensi .amplitude dan simpangan.

lks Penilaian Bentuk Tehnik No absen 1. Alat/Bahan/Sumber Belajar Alat / bahan : statif. Nama Peserta persiapan didik Pelaksanaan Laporan Jumlah nilai Semarang. bandul .tali. 2 3 Contoh Instrumen : : unjuk kerja dan tes tertulis .Kegiatan akhir Guru memberi tugas latihan soal Pertemuan ke -3 dan 4 Kegiatan awal Salam pembuka Dengan Tanya jawab mengigatkan kembali konsep periode dan frekuensi getaran pada pegas dan ayunan sederhana. kecepatan dan percepatan secara mataematik (rumus) Guru memberi contoh soal Guru memberi latiahan soal Proses Elaborasi Peserta didik mencoba mengerjakan soal-soal latihan Peserta didik mengerjakan dipapan tulis Proses Konfirmasi Peserta didik mengoreksi pekerjaan temannya dan dirinya sendiri Kegiatan akhir Guru menegaskan untuk mengoreksi pekerjaan yang sudah benar dan menunjukkan letak keslahan kalau ada. Guru memberi tugas latihan dan tugas untuk mataeri berikutnya. penggaris neraca Sumber belajar : buku fisika. Kegiatan Inti Proses Eksplorasi Guru memberi informasi cara menentukan besar simpangan . stopwatch. pegas. September 2010 Mengetahui .

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester : SMA PGRI I Semarang : Fisika : XI/1 .

tugas kelompok Skenario Pembelajaran Pertemuan ke – 1 Kegiatan Awal Memberi pertanyaan pada peserta didik jika kita mendorong dinding dengan gaya tertentu dinding tetap diam . dan perpindahan Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : .Merumuskan konsep usaha. Bagaimana perbandingan usaha yang dilakukan peserta didik ? Memberi pertanyaan pada siswa bgaimana perbedaan usaha dalam kehidupan sehari-hari dengan usaha dalan fisika . energi kinetik. gaya. perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik Indikator - Mendeskripsikan hubungan antara usaha. energi potensial (gravitasi dan pegas). dan energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial . diskusi dan informasi.Menerapkan prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika gerak melalui diskusi kelas Materi Ajar Usaha dan energi Konsep usaha Hubungan usaha dan energi kinetik Hubungan usaha dengan energi potensial Hukum kekekalan energi mekanik Metode Pembelajaran Demonstrasi.Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (3pertemuan) Standar Kompetensi Mengalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika Kompetensi Dasar Menganalisis hubungan antara usaha. sementara saat kita mendorong kursi dengan gaya yang sama kursi akan bergerak .

Ep .Ep dan Em Mendiskusikan pengertian energi kinetik.energi kinetik dan energi mekanik Elaborasi Melakukan percobaan sederhana (bandul ayunan/mainan anak) untuk memperoleh informasi tentang Ek. gaya dan perpindahan Peserta didik menentukan besar usaha oleh berbagai gaya Peserta didik menjelaskan hubungan antara energi potensial.Memberikan pertanyaan singkat tentang berbagai bentuk energi Menyampaikan indikator dan kompetensi yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran Kegiatan Inti Eksplorasi Membagi peserta didik dalam kelompok kerja untuk mendiskusikan konsep Usaha untuk gaya searah perpindahan maupun membentuk sudut Merumuskan energi potensial. energi potensial dan energi mekanik beserta contohnya Konfirmasi Peserta didik mendapat informasi tentang konsep usaha Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara usaha. energi kinetic dan energi mekanik dari demontrasi Kegiatan Akhir Guru memberi kesimpulan dan penekanan bagian-bagian yang essensial Memberikan tes akhir untuk mengetahui ketercapaian kompetensi Pertemuan ke – 2 Kegiatan Awal Guru memberikan pertanyaan tentang hubungan antara usaha dan energi kinetik Meminta peserta didik menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari Kegiatan Inti Eksplorasi Mendiskusikan beberapa contoh pemecahan masalah Memberikian kesempatan beberapa peserta didik untuk menampilkan hasil temuan pemecahan masalah Elaborasi Mendemonstrasikan dengan peraga sederhana usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik Peserta didik mengamati demonstrasi tentang energi potensial dengan berbagai lintasan Peserta didik mendiskusikan hasil demonstrasi Peserta didik memperoleh informasi tentang energi potensial grafitasi Peserta didik memperoleh informasi tentang energi potensial pegas Peserta didik memperoleh informasi tentang energi kinetic Konfirmasi Peserta didik menyelesaikan masalah tentang energi potensial grafitasi.

Sebuah truk beserta isi massanya 2 ton dalam keadaan beergerak dengan kecepatan . : Essy : Instrumen : Sebuah gaya sebesar 6 N bekerja pada sebuah balok bermassa 10 kg secara horizontal selama 4 sekon.pegas dan Ek Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dan memberi tugas rumah Pertemuan ke – 3 Kegiatan Awal Memotivasi peserta didik guru mendemonstrasikan gerak pemain ski di atas permukaan bersalju yang pada umumnya memanfaatkan proses perubahan Ep menjadi Ek Kegiatan Inti Eksplorasi Dari demonstrasi guru peserta didik menggali tentang gerakan yang dilakukan penari hubungannya dengan perubahan energi Peserta didik menyebutkan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari alatalat atau permainan yang menerapakan hubungan antara usaha dan Ep dan hokum kekekalan energi mekanik Elaborasi Peserta didik berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara usaha dan Ek Peserta didik berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara usaha dan Ep Peserta didik berdiskusi tentang bentuk hokum kekekalan energi mekanik Konfirmasi Peserta didik menyelesaikan masalah tentang usaha yang berhubungan dengan Ek dan Ep Peserta didik menyelesaikan masalah tentang Hukum kekekalan Energi Mekanik Kegiatan Akhir Guru memberi kesimpulan dan memberi tugas SUMBER ALAT DAN BAHAN Buku Fisika PENILAIAN Tehnik Bentuk Jenis : tes tertulis. hitung Ek akhir yang dimiliki balok.

. Hitung energi kinetic truk tersebut sebelum direm dalam Joule ! Berapa jarak yang masih dapat ditempuh truk akan berhenti..kecepatannya ialah .tetap 72 Km/jam. Maka pada saat benda tepat samapai di B . 104 N. September 2010 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran . Semarang.. dihutng mulai saat pengereman ! Suatu benda dilepas di A dari bagian dalam suatu talang licin yang berupa ¼ lingkaran AB dengan jari-jari = 5 m (g = 10 m/s2).. Tiba-tiba direm dengan gaya tetap F = 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->