RANGKAIAN SERI DAN PARALEL

1. Tujuan Mengetahui karakteristik arus dan tegangan pada rangkaian seri dan paralel serta kombinasi seri paralel dari beberapa buah resistor. 2. Teori Singkat Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Rangkaian resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan symbol Ω (Omega).
A

R1 B R2 C R3 D E R4

Gambar 2.1 Rangkaian Seri 4 resistor Gambar 2.1 menunjukkan 4 resistor yang dirangkai secara seri. Hambatan pengganti rangkaian resistor tersebut adalah : RT = R1 + R2 +R3 + R4 dengan besarnya tegangan pada masing-masing resistor adalah :

Pada rangkaian seri, arus yang mengalir pada masing-masing resistor memiliki besar yang sama yaitu :

beda potensial di antara ujung-ujung resistor mempunyai besar yang sama. R1 R2 R3 R4 V R5 R6 R7 R8 Gambar 2.2 menunjukkan 2 resistor yang dirangkai secara paralel. Hambatan pengganti rangkaian resistor tersebut adalah : Dengan besarnya arus yang melewati setiap resistor adalah : Pada rangkaian paralel dengan 4 resistor. Hambatan pengganti rangkaian resistor tersebut dapat diketahui dengan menggunakan metode rangkaian seri dan paralel.1 Rangkaian Paralel 4 Resistor Gambar 2.3 menunjukkan 8 resistor yang dirangkai secara seri dan paralel (kombinasi).V R1 R2 R3 R4 Gambar 2. Percobaan . 3.

2.1 Alat dan Bahan a.1 dengan nilai R yang berbeda.2 Cara Kerja A R1 BB R2 C R3 D E R4 3.1 Rangkaian Seri Susunlah rangkaian seperti gambar 3. Power Supply DC b. catat dalam tabel berikut : No . R3. Resistor c. VOM d.1 Rangkaian Seri Gambar 3. Project Board 3. Ukur besar tegangan pada R1. . R2.3. V VR1 ukur VR2 ukur VR3 ukur VR4 ukur VR1 g VR2 g VR3 g VR4 hitun g hitun hitun hitun Hitung nilai tegangan maksimum dan minimumnya serta error masing-masing. dan R4 dengan range VOM yang sesuai.

R3. catat dalam tabel berikut : No .3 dengan nilai R yang berbeda. Ukur besar tegangan dan arus dari rangkaian di atas dengan range . dan R4 dengan range VOM yang sesuai.2 Rangkaian Paralel Susunlah rangkaian seperti gambar 3.2. Ukur besar arus pada R1. 3.3.2 Rangkaian Paralel V R1 R2 R3 R4 Gambar 3.2 dengan nilai R yang berbeda.3 Rangkaian Kombinasi R 1 R 2 R 3 R 4 V R 5 R 6 R 7 R 8 Gambar 3. R2.2. V IR1 ukur IR2 ukur IR3 ukur IR4 ukur IR1 g IR2 g IR3 g IR4 hitun g hitun hitun hitun Hitung nilai Arus maksimum dan minimumnya serta error masingmasing.3 Rangkaian Kombinasi Susunlah rangkaian seperti gambar 3.

.VOM yang sesuai. catat dalam tabel dan hitung nilai tegangan dan arus maksimum dan minimumnya serta error masing-masing.