KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt atas berkat dan rahmat serta hadayahNya lah sehingga kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan makalah tentang “NAMA-NAMA OBAT BATUK” dalam mata kuliah farmakologi. Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengajar mata kuliah khusus Akademi Kebidanan Borneo Medistra yang ada diBalikpapan,Kalimantan Timur tahun ajaran 2011-2012. Adapun mengenai penyusunan makalah ini,kami mendapatkan data dari berbagai macam sumber termasuk dalam layanan internet,buku,dan dari bantuan beberapa rekan,dan alhamdulillah tidak mengalami kesulitan.Mengingat kemampuan yang terbatas,dan menyadari bahwa makalah ini begitu jauh dari kesempurnaan , maka kami mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat membangun dari rekan-rekan sekalian,guna perbaikan dan melengkapi daripada kesempurnaan tersebut. Dan tentunya,kami mengharapkan juga semoga makalah ini dapat

bermanfaat bagi banyak golongan dan terkhusus bagi seluruh mahasiswa kebidanan dimanapun berada.

Balikpapan,23 oktober 2011

Penyusun

flu) dimana sekresi hidung dan dahak merangsang saluran pernapasan. Sungguh menyiksa jika batuk sudah menyerang.  Ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk kering. karena batuk yang tak kunjung reda kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.  Gejala-gejala . terutama benda asing. asma. Bila terdapat benda asing selain udara yang masuk atau merangsang saluran pernapasan. Udara yang keluar dari paru-paru akibat batuk akan membuat segala sesuatu yang menghambat di saluran napas terbuang keluar. Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai keluarnya dahak. cairan. sehingga saluran napas menjadi bersih.BAB I PENDAHULUAN Sesungguhnya batuk bukanlah suatu penyakit. atau lendir. "Penyakit di saluran napas seperti influenza. tetapi mekanisme perlindungan tubuh khususnya saluran pernapasan untuk membersihkan jalan napas dari banda asing yang masuk. dan sebagainya. otomatis akan batuk untuk mengeluarkan atau menghilangkan benda tersebut.BATUK Batuk merupakan refleks yang terangsang oleh iritasi paru-paru atau saluran pernapasan. common cold. Batuk biasanya merupakan gejala infeksi saluran pernapasan atas (misalnya batuk-pilek. Karenanya. Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan keluarnya dahak dari batang tenggorokan. Batuk juga merupakan cara untuk menjaga jalan pernapasan tetap bersih. BAB II PEMBAHASAN A. radang paru. bisa menyebabkan peradangan sehingga terjadi rangsangan untuk mengeluarkan lendir yang lebih banyak daripada lazimnya. batuk juga terjadi akibat gangguan atau penyakit yang terjadi baik di saluran napas atas atau bawah maupun di paru. terkadang batuk justru diperlukan untuk membuang semua yang menghambat di saluran napas.

2. Alergi . 6.Masuknya benda asing secara tidak sengaja ke dalam saluran pernapasan . asap. jangan minum soda atau kopi. Infeksi Produksi dahak yang sangat banyak karena infeksi saluran pernapasan.Penyempitan saluran pernapasan misal pada asma  Hal Yang Dapat Dilakukan 1. TBC dan kanker paru-paru. yang mungkin disertai dengan pengeluaran dahak . Misal flu. 5.Pengeluaran udara dari saluran pernapasan secara kuat. Minum obat batuk yang sesuai 7. b.Mengalirnya cairan hidung ke arah tenggorokan dan masuk ke saluran pernapasan Misal : rinitis alergika. 4. Misal : debu. Pada bayi dan balita bila batuk disertai napas cepat atau sesak harus . Madu dan tablet hisap pelega tenggorokan dapat menolong meringankan iritasi tenggorokan dan dapat membantu mencegah batuk kalau tenggorokan anda kering atau pedih.Tenggorokan sakit dan gatal  Penyebab Batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain : a. bronkhitis. Hindari makanan yang merangsang tenggorokan (makanan dingin atau berminyak) dan udara malam. batuk pilek . cairan dan makanan .. dan penyakit yang cukup serius meskipun agak jarang yaitu pneumonia. Minum banyak cairan (air atau sari buah) akan menolong membersihkan tenggorokan. Dapat juga ditambahkan sesendok teh balsam/minyak atsiri untuk membuka sumbatan saluran pernapasan. Hirup uap air panas (dari semangkuk air panas) untuk mencairkan sekresi hidung yang kental supaya mudah dikeluarkan. Bila batuk lebih dari 3 hari belum sembuh segera ke dokter 8. Hentikan kebiasaan merokok 3.

Bromheksin  indikasi Mengencerkan lendir saluran napas. Gliseril Guaiakolat  indikasi Mengencerkan lendir saluran napas  Hal yang harus diperhatikan : Hati-hati atau minta saran dokter untuk penggunaan bagi anak dibawah 2 tahun dan ibu hamil. antitusif (penekan batuk) B. Obat Batuk Berdahak (Ekspektoran) A. ekspektoran (pengencer dahak) 2. diare dan perut kembung ringan  dosis - Dewasa : 1 tablet (8 mg) diminum 3 x sehari (setiap 8 jam) Anak : Di atas 10 tahun: 1 tablet (8 mg) diminum 3 kali sehari (setiap 8 jam) 5-10 tahun : 1/2 tablet (4 mg) diminum 2 kali sehari (setiap 8 jam C.  Kontra indikasi Konsultasikan ke dokter atau Apoteker untuk penderita tukak lambung dan wanita hamil 3 bulan pertama.  Efek samping Rasa mual. KLASIFIKASI OBAT BATUK 1.segera dibawa ke dokter atau pelayanan kesehatan. setiap 6 jam atau 8 jam sekali • Anak : 2-6 tahun : ½ tablet (50 mg) setiap 8 jam 6-12 tahun : ½ . Kombinasi Bromheksin dengan Gliseril Guaiakolat .  Obat Yang Dapat Digunakan Obat batuk dibagi menjadi 2 yaitu: 1.  Aturan pemakaian • Dewasa : 1-2 tablet (100 -200 mg).1 tablet (50-100 mg) setiap 8 jam B.

 Efek samping • Rasa mual. mulut kering. batuk karena flu & kelainan saluran pernapasan lainnya  Kontra indikasi Bayi prematur atau bayi baru lahir. tinitus (telinga berdenging tanpa rangsang dari luar). Vectrine Golongan generik  indikasi Meringankan gejala batuk berdahak yang menimbulkan rasa sakit atau batuk karena alergi.  Dosis - Dewasa : 3-4 kali sehari 1-2 sendok teh Anak usia >6thn : 3 kali sehari ½-1 sendok teh E. D. Adrylan syrup  Indikasi Batuk alergi & batuk berdahak. kembung ringan. indikasi Mengencerkan lendir saluran napas  kontra indikasi • Konsultasikan ke dokter atau Apoteker bagi anak di bawah 2 tahun.  Efek samping Gangguan pencernaan. • Konsultasikan ke dokter atau Apoteker bagi ibu hamil. diare.  Efek samping .  Kontra indikasi Hipersensitif terhadap komponen obat ini. mengantuk. sakit kepala. sulit buang air kecil. • Konsultasikan ke dokter atau Apoteker bagi penderita tukak lambung. Hamil dan menyusui.

rasa tidak enak pada ulu hati. iritasi saluran pencernaan. sedasi. wanita menyusui dan hipersensivitas. Asecrin  Indikasi : espektoran  Kontra indikasi : hepersensitivitas  Efek samping : mual.Mengantuk. Bisolvon elixir  Indikasi Bekerja sebagai mukolitik untuk meredakan batuk berdahak  Kontra indikasi Penderita yang hipersensitif terhadap Bromhexine HCI  Efek samping . Bidryl  Indikasi : meredakan batuk berdahak atau karena alergi  Kontra indikasi : penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal. pusing.  Dosis - Dewasa dan anak-anak 10 tahun 3x1 2 sendok takar atau 10 ml sirup atau satu kaplet. gangguan koordinasi. depresi nafas dan susunan saraf pusat (pada dosis sangat besar).5 ml sirup atau 2 x 1 ½ kaplet Anak kurang dari 2 tahun 3x1 ¼ sendok takar atau 1 ¼ ml sirup - G. bayi baru lahir dan prematur.  Dosis - Dewasa dan anak > 12 tahun 4x1 2 sendok takar sirup Anak 6-12 tahun 1 sendok takar - H. susah buang air besar. F.  Dosis - Dewasa : 10 3-4 kali sehari 2 sendok teh. Anak usia 6-12thn : 3-4 kali sehari 1 sendok teh. sekresi saluran nafas mengental. Anak 5-10 tahun 3x1 1 sendok takar atau 5 ml sirup atau ½ kaplet Anak 2-5 tahun 3x1 ½ sendok takar atau 2. meningkatnya transaminasi serum.

 Kontra indikasi - Penderita hipersensitif terhadap salah satu komponen obatini. vertigo.pusing  Dosis Dewasa : 2 sendok takar.Dewasa dan anak >10 tahun: 3 x 10 ml per hari . diare. tetapi biasanya ringan. 3 kali sehari Atau menurut peunjuk dokter - - J.Anak 5.batuk berdahak. berkeringat banyakdan ruam kulit. Anak 2-5 tahun: 2 x 5 ml per hari Inadryl syrup  Indikasi Batuk-batuk karena alergi. Terapi antibiotik ototoksik karena akan menimbulkan reaksi ototoksik  Efek samping Mengantuk. perasaan penuh di perut. 3 kali sehari Anak-anak 6-12 thn : 1 sendok takar.mual.mulutkering. wanita Hamil dan menyusui.reaksi alergi pada kulit.sedasi. Tidak boleh digunakan pada bayi baru lahir/prematur.retensi urin.  Kontra indikasi Hipersensitif terhadap komponen obat ini.  Efek samping . Pernah dilaporkan efek samping: sakit kepala.  Dosis .10 tahun: 3 x 5 ml per hari I.gangguan pencernaan. juga dapat terjadi kenaikan transaminase. Sanadryl DMP  Indikasi Meringankan gejala batuk berdahak yang menimbulkan rasa sakit atau batuk karena alergi. gangguan pencemaan.

Dekstrometorfan HBr (DMP HBr)  Indikasi Penekan batuk cukup kuat kecuali untuk batuk akut yang berat. jangan mengoperasikan mesin selama meminum obat ini -Konsultasikan ke dokter atau Apoteker untuk penderita asma.Mengantuk. pusing. sekresi saluran nafas mengental. susah buang air besar. gangguan koordinasi. 2 sendok teh Anak-anak 6-12 thn : 3-4 kali sehari 1 sendok teh 2.  Dosis - Dewasa : 3-4 kali sehari. Dextromethorphan merupakan antitusif non narkotik yang dapat meningkatkan ambang rangsang refleks batuk secara sentral  Kontra indikasi • Hati-hati atau minta saran dokter untuk penderita hepatitis • Jangan minum obat ini bersamaan obat penekan susunan syaraf pusat • Tidak digunakan untuk menghambat keluarnya dahak  Efek samping - Efek samping yang dialami ringan seperti mual dan pusing. ibu hamil. Dosis terlalu besar dapat menimbulkan depresi pernapasan -  Dosis • Dewasa : 10-20 mg setiap 8 jam • Anak : 5-10 mg setiap 8 jam • Bayi : 2.5-5 mg setiap 8 jam B. ibu menyusui dan bayi/anak. sedasi. Difenhidramin HCl  Indikasi Penekan batuk dan mempunyai efek antihistamin (antialergi)  Kontra indikasi -Karena menyebabkan kantuk. rasa tidak enak pada ulu hati. depresi nafas dan susunan saraf pusat (pada dosis sangat besar). Obat Penekan Batuk (Antitusif) A. .

hipotensi. - Dewasa atau 12 > keatas 2 sendok teh . reaksi hipersensitivitas. Anak 6-12 tahun 3x1 1 sendok takar atau 5 ml. gangguan tidur.  Kontraindikasi Hipersensitivitas. ruam kulit. gangguan tenggorokan dan flu.5 mg) setiap 6-8 jam C. rasa tidak enak di ulu hati. efek antimuskarinik seperti retensi urin. konstipasi.  Dosis Gunakan setiap 4 jam sesuai kebutuhan sampai 6 kali sehari.  Efek samping . mual. Ventusif  Indikasi : meringankan batuk karena alergi dan batuk tidak berdahak  Kontraindikasi : hipersensitivitas. berkeringat dingin. Vicks formula 44  Indikasi Meredakan batuk kering. bingung. pusing. mulut kering. paraestesia. disfungsi hepar. depresi.gangguan psikomotor. efek ekstrapiramidal. Efek Samping Pengaruh pada kardiovaskular dan SSP seperti : - Sedasi. wanital hamil dan menyusui bayi baru lahir. tremor. mengantuk. glaukoma. mialgia. reaksi fotosensitivitas. mulut terasa kering. konvulsi. - D. palpitasi dan aritmia. gangguan saluran cerna. pandangan kabur dan gangguan saluran cerna. gangguan darah.  Dosis - Dewasa dan anak > 12 tahun 3x1 2 sendok takar atau 10 ml. dan rambut rontok. sedasi. reaksi alergi.  Dosis • Dewasa : 1-2 kapsul (25-50 mg) setiap 8 jam • Anak : ½ tablet (12. sakit kepala. kelainan darah. asma bronchial. gangguan koordinasi. kegagalan pernafasan dan wanita hamil dan menyusui.

Seranganasmaakut. gangguan tidur. Kodein akan meningkatkan tonus otot polos (seperti otot intestinal. mulut kering. otot ginjal) terutama setelah pemberian dosis tunggal lebih dari 60 mg. Codipront tablet  Indikasi Pengobatan simtomatik batuk kering (non produktif) yang di sertai dengan keadaan alergi. sedang batuk kronik pada anak-anak umumnya merupakan gejala awal dari asma bronchial maka Codipront tidak boleh digunakan untuk sedasi pada kondisi batuk seperti ini.  Efek samping Mual dan muntah kemungkinan akan timbul pada permulaan pengobatan. Pada kasus individual dapat menimbulkan kenaikan berat badan. Ketergantungan setelah pemakaian dosis tinggi terutama pada penderita yang sensitif dapat menyebabkan gangguan koordinasi visio-motorik dan kapasitas visual.- 6-12 tahun 1 sendok teh. reaksi kulit ( kemerah-merahan ) sangat jarang terjadi. Pruritus. telinga berdengung (jarang diamati). Juga dapat menyebabkan depresi pernafasan dan euphoria. Anak 4-6 tahun ½ sendok teh E. . Koma Hipertrofi prostat dengan pembentukan residu resin Glaucoma sudutsempit Penyakit saluran pencernaan Wanita hamil atau menyusui Penggunaan untuk bayi dan anak : - Codipront tidak boleh digunakan pada anak kurang dari 2 tahun karena beresiko meningkatkan depresi pernafasan. Karena penggunaan kodein dikontraindikasikan pada penderita dengan serangan asma akut.  Kontraindikasi - Pasien hipersensitif terhadap bahan aktif dan bahan pembantu Gangguan pernafasan (gangguan fungsi pernafasan). dyspnoea.

- Reaksi hipersensitivitas pada pasien yang sensitif terhadap kandungan paraben (dalam sirup). - Sirup : Kecuali disebutkan lain dalam resep oleh dokter. Anak-anak diatas 14 tahun dan dewasa: 2 kali sehari 1 kapsul pada pagi dan sore hari. - Efek samping biasanya berkurang setelah pengurangan dosis dan biasanya dapat dicegah dengan pemberian yang hati-hati dan menyesuaikan dosisnya secara individual. edema pulmonal dapat terjadi pada pasien dengan gejala awal gangguan fungsi pulmonal. F.  Dosis - Kapsul : Menurut petunjuk dokter. emfisema paru-paru.5ml) : 1 sendok @5ml( 5.- Dosis tinggi atau kelebihan dosis dapat menyebabkan sinkope dan tekanan darah turun. Codein  Indikasi - Antitusif analgesik  Kontraindikasi Asma bronkial. trauma kepala. . diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari: Anak-anak: 2-4tahun 4-6tahun 6-14tahun : 1/2sendok @5ml( 2.0ml) : 2 sendok @5ml(10.0ml) : 3 sendok @5ml(15. alkoholisme akut. tekanan intrakranial yang meninggi. setelah operasi saluran empedu.0ml) Diatas 14 tahun dan dewasa - Obat sebaiknya diminum sebelum tidur.

4-6 kali sehari : anak Sebagai antitusif : Dewasa Anak6-12tahun Anak 2-6 tahun : : : 10-20 mg.6 jam sesuai kebutuhan.5 mg/kg BB. tiap 4 . muntah. pusing. 1 mg/kg BB perhari dalam dosis terbagi. maksimum 30 mg perhari. Sebagai antitusif tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun. depresi jantung dan syok. Hindari penggunaan dengan obat-obat penghambat mono amin oksidase (MAOI). tiap 4 .  Dosis . pusing. maksimum 60 mg perhari.6 jam. asma bronkhial. maksimum 60 mg perhari. tiap 4 . G. mengantuk.60 mg. glaukoma. gagal pernafasan. susah buang air besar. Dosis - Sebagai analgesik: Dewasa Anak: 30 .6 jam sesuai kebutuhan. 5-10 mg. 0. Wood’s peppermint antitusive syrup Golongan generic  Indikasi Pengobatan simtomatik batuk tidak berdahak yang disertai dengan alergi  Kontra indikasi Hamil. menyusui.  Efek samping - dapat menimbulkan ketergantungan mual.  Efek samping Muntah. sembelit depresi pernafasan terutama pada penderita asma.

gangguan koordinasi. Penggunaan obat tanpa . antihistamin dan ekspektoran.  Kontra indikasi Bayi baru lahir Ibu menyusui Hipersensitif terhadap obat ini. Minumlah obat sesuai anjuran.  Efek samping Mengantuk. pada waktu yang tepat dan sesuai jangka waktu pengobatan yang telah ditentukan. atau kebiasaan merokok pasien. "Misalnya orang yang batuk karena terangsang saluran napasnya terhadap alergan sehingga asmanya kambuh dengan gejala batuk. maka pengobatan pertamanya adalah dengan menghindari alergan tersebut. warna dahak yang dikeluarkan ketika batuk.- Dewasa dan anak usia >12 thn : 3 kali sehari 10ml Anak usia 6-12thn : 3 kali sehari 5ml H. Dokter juga akan menelusuri penyebab batuk lewat kelainan pada foto ronsen dada. sedasi. pusing. Benacol DTM  Indikasi Bekerja sebagai antitusif.  Dosis - Dewasa : 2 sendok takar (10 ml) 3 kali sehari. rasa tidak enak di ulu hati. sekresi saluran napas mengental. Anak 6-12 thn : 1 sendok takar (5 ml) 3 kali sehari BAB III PENUTUP & KESIMPULAN Pengobatan batuk sebaiknya diberikan berdasarkan penyebabnya.

html .com/Batuk-Juga-Harus-Diwaspadai-I49.petunjuk langsung dari dokter hanya boleh untuk penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas serta keadaaan atau masalah kesehatan yang ringan. Jika anda merasa obat yang digunakan tidak memberikan manfaat atau menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan hubungi segera tenaga kesehatan terdekat.Untuk menghindari kesalahan.com/index.farmasiku.Etiket pada wadah obat jangan dibuang karena pada etiket tersebut tertera cara penggunaan dan informasi penggunaan obat yang penting. Jauhi rokok dan asap rokok yang akan mengiritasi tenggorokan dan memperparah batuk. Bacalah cara pemakaian sebelum meminum obat juga tanggal kadaluarsanya.com/index. Baca aturan pakai dan kontra indikasi dalam pemakaian obat. Selain memberikan obat. penderita batuk sebaiknya banyak beristirahat dan mengonsumsi makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang lemah.dechacare. jangan meminum obat ditempat gelap. Pilihlah obat batuk yang sesuai dengan keadaan batuk anda dan dengan dosis yang tepat. DAFTAR PUSTAKA http://www.kimiafarmaapotek.php?target=categories&category_id=181&page=4 http://www. selain itu perbanyak asupan cairan untuk mencegah lapisan dalam tenggorokan agar tidak mengering serta membuat dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan. http://www. Jika anda menggunakan obat bebas atau bebas terbatas.Penggunaan obat bebas atau obat bebas terbatas tersebut tidak dimaksudkan untuk penggunaan secara terus menerus. ikutilah aturan yang tercantum pada kemasan kecuali disarankan lain oleh tenaga kesehatan.

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN BAB II PEMBAHASAN A. PENGERTIAN BATUK B. KLASIFIKASI BATUK DAN MACAM-MACAM OBATNYA BAB III PENUTUP DAN KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful