HARI KIAMAT DAN PERISTIWA - PERISTIWANYA

KARYA TULIS Untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran agama yang diberikan oleh P. Mukit, S.Ag.

Oleh : Kelompok Ikram Kelas : IX D

SMP NEGERI 2 PASURUAN TAHUN AJARAN 2008/2009

1

Nashich Mas’udi Maulidya Yustrianawati Regita Leily R. Mukit. Oleh : Ahmad Alamsyah Firman Ali Hilmy Bahy Hakim M.HARI KIAMAT DAN PERISTIWA .Ag. S. Rizki Aminulloh (01) (11) (12) (21) (23) (27) (28) SMP NEGERI 2 PASURUAN TAHUN AJARAN 2008/2009 2 .PERISTIWANYA KARYA TULIS Untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran agama yang diberikan oleh P.

penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. Akhirul akalam. Penulis 3 . Dalam penyelesaian karya tulis ini. Untuk itu. Tujuan penulisan Karya Tulis ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu Bapak Drs. Atas saran dan kritikannya. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini belumlah sepenuhnya sempurna. penulis ucapkan terima kasih. Abdul Mukit. Karya tulis ini juga membahas respon manusia atas fenomena hari kiamat sehingga penulisan karya tulis ini juga bertujuan untuk mengingatkan kita akan hari kiamat dan agar kita lebih bertaqwa kepada Allah swt karena hari kiamat bisa datang kapan saja tanpa kita sadari. Karya tulis ini membahas tentang hari kiamat yang akan dihadapi oleh semua manusia setelah kehidupan dunia ini hancur. saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan. penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya tulis ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis sehingga Karya Tulis yang berjudul “Hari Kiamat dan PeristiwaPeristiwanya” ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana. Semoga bermanfaat.

7). Allah swt.. Apakah hari kiamat itu ? 2. Semua amalan-amalan kita di dunia akan dipertanggung jawabkan di akhirat nanti dan kita akan diberi balasan sesuai amalan-amlan kita di dunia. Agar masyarakat lebih percaya kepada hari kiamat dan masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat denga menjalankakan amal-amal yang baik dan lebih bertaqwa kepada Allah swtt. Walaupun swt telah memberi banyak bukti tentang adanya hari kiamat nantinya tetapi masih banyak orang yang tidak percaya akan hari kiamat.1). Hari kiamat pasti akan datang seiring dengan bejalannya waktu dan siapapun tidak akan tahu kapan hari kiamat tersebut akan datang kecuali. kita harus mempercayainya karena percaya kepada hari kiamat adalah salah satu dari keenam rukun iman. Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanya sementara dan akhirat adalah kehidupan yang kekal abadi setelah kehidupan dunia hancur Oleh karena itu.BAB I PENDAHULUAN 1. Balsan yang diterima bagi orang-orang suka beramal baik di dunia ? Rumusan masalah dalam penelitian karya ilmiah ini adalah sebagai berikut: 4 .2 Rumusan Masalah 1. Balasan yang diterima bagi orang-orang yang mendustakan hari akhir ? 5. Hari kiamat adalah hari dimana semua umat manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali sesuai firman Allah swt di dalam Al-qur’an (Al Hajj. Orang yang tidak percaya adanya hari kiamat adalah orang yang tidak beriman atau orang kafir. Ciri-ciri orang yang mendustakan hari akhir ? 4. penulis mengangkat tentang kehidupan di akhirat sesuai dengan petunjuk-petunjuk di Al-qur’an dalam karya ilmiah ini. 1. Peristiwa-peristiwa apakah yang terjadi pada hari kiamat itu ? 3.1 Dasar Pemikiran Hari kiamat merupakan hari setelah umat seluruh umat manusia di bumi ini meniggal dunia dan seluruh isi bumi ini digoncangkan dengan goncangan dahsyat sehingga bumi ini hancur (Az-Zalzalah.

3. 2. tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 5 .3 Tujuan Penelitian 1. Sejalan dengan rumusan masalah di atas. Untuk meningkatkan iman dan taqwa.1. Untuk mengetahui ciri-ciri orang yang mendustakan hari akhir dan menjauhkan diri dari ciri-ciri tersebut. Untuk mengetahui kronologi hari kiamat menurut petunjuk-petunjuk di Alqur’an.

Matahari tidak terbit dari timur dan tenggelam di barat. Al Muzammil. pecah berantakan. Air tidak mengalir dari tempat yang tinggi tetapi sebaliknya. Langit yang menaungi bumi sehingga makhluk hidup bisa bernafas dari terlindung dari sengatan matahari. bintang-bintang berjatuhan lautan meluap. Gunung-gunung tidak lagi menjadi tiang pancang bumi tetapi menjadi pemecah bumi yang sangat dahsyat. orang yang tidak beriman atau kafir akan dimasukkan ke dalam neraka karena keingkarannnya. Manusia akan hidup di alam ini untuk selama-lamanya. manusia akan merasakan amal yang ditanamnya di dunia. Kemudian matahari digulung. (Az Zumar: 68. Allah swt akan membalas dengan surga. mereka akan dibangkitkan kembali setelah terompet dibunyikan untuk kedua kalinya. Tetapi manusia bukan lagi hidup di alam dunia dunia.1-5). Disinilah datangnya penyesalan bagi seseorang atas apa yang telah diperbuatnya ketika di dunia.BAB II RUMUSAN MASALAH A. Akan tetapi. Orang yang beriman tapi beramal jelek akan dihukum terlebih dahulu di neraka sebelum dimasukkan ke dalam surga (Al Baqarah. Di alam akhirat. Hukum alam tidak berjalan sesuai dengan kodratnya. waktunya sudah terlambat hingga tidak ada lagi waktu untuk terlambat. Manusia yang hidup di dunia beriman dan beramal baik. Hari kiamat akan ditandai oleh ditiupnya terompet yang disebut sangkakala untuk pertama kali oleh malaikat Israfil (Al Qariah. Di alam Akhirat inilah kehidupan abadi dimulai. Setelah semua makhluk hidup mati. Alam Akhirat tidak dimulai dari kelahiran baru. Pada hari itu semua makhluk hidup akan mati. Apakah hari kiamat atau hari akhir itu ? Hari kiamat atau hari akhir adalah hari dimana para manusia seperti anai-anai beterbangan dan gunung-gunung seperti bulu-bulu yang dihambur-hamburkan menurut surat Al-Qariah. Mereka memasuki kehidupan alam Akhirat atau alam pasca dunia. Alam Akhirat merupakan kelanjutan kehidupan dunia. Pada saat ini semua manusia akan hidup kembali. Pada hari itu tidak seorang pun manusia yang mampu mengatasi kejadian yang luar biasa tersebut. Artinya orang yang hidup di dunia selanjutnya akan hidup di alam Akhirat. 18). Sebaliknya. 6 . kecuali Allah swt. 281).

Az-zumar : 68. kecuali siapa yang dikendaki Allah swt. dan bintangbintang berjatuhan (Q. dipersilahkan untuk memasuki surga dan mereka hidup kekal di dalamnya.B. Lalu orang-orang yang beriman dan beramal sholeh.S. Bahkan amal perbuatan sekecil biji sawi (atom) pun tak luput dari perhitungannya serta tetap diberi balasan yang setimpal.7).S. Di Padang Mahsyar ini.S. seluruh manusia bergegas menuju Padang Mahsyar untuk menerima catatan amal perbuatannya. Al-Muzammil : 18). Asy-Syu’araa’ 90-91). Allah swt menghisab (menghitung) dan menimbang seluruh amal baik dan buruk manusia dengan timbangan yang seadil-adilnya untuk menerima keadilan dan balasannya masing-masing. bahkan manusia yang tidak sedang mabuk. Lalu. yang menandai awal dari kehancuran alam semesta ini beserta isinya tanpa kecuali. Pada hari itu. At-Takwiir : 1. sampai-sampai lalailah semua wanita yang sedang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya. Setelah dibangkitkan. orang-orang beriman merasa gembira dan ceria karena mereka akan mendapatkan berbagai keni’matan surga yang telah Allah swt janjikan kepada setiap hamba-Nya yang bertaqwa. lautan meluap.S.S. seperti yang terdapat pada Q. Setelah serangkaian peristiwa kehancuran alam semesta berakhir. matahari digulung.S. Namun orang-orang yang mendustai pertemuan dengan-Nya pada hari kiamat. didekatkanlah surga kepada orang-orang mukmin dan diperlihatkan neraka kepada orang-orang kafir (Q. takut dan menyesal karena tidak sempat beriman ketika hidup di dunia dulu. berputus asa 7 .S. untuk mempertanggung jawabkan seluruh amalnya saat ia masih hidup. Setelah menerima buku catatannya. Pada saat itu. akan menerimanya dangan tangan kiri (Q. malaikat Israfil meniupkan sangkakala pertama. sedangkan baagi mereka yang ingkar. langit pun terpecah-pecah (Q. sejak dari Nabi Adam hingga manusia terakhir yang meninggal.Al Qari’ah : 4-5). Bagi mereka yang beriman dan yang beramal shaleh. orang-orang yang menerima buku amalannya dengan tangan kiri merasa sedih. Peristiwa-perisriwa yang terjadi pada hari kiamat Hari kiamat adalah suatu kejadian yang sangat dahsyat. Al-Hajj : 2). gunung-gunung dan manusia berhamburan seperti bulu dan anai-anai (Q. Namun sebaliknya. Al-Waqiaah 8-9). Mereka dibangkitkan dengan bermacam-macam kondisi sesuai dengan perbuatan yang ia lakukan di dunia. Karena dahsyatnya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat. malakat Israfil pun meniup sangkakala yang kedua untuk menandai peristiwa dibangkitkannya seluruh umat manusia.2. mereka akan menerima catatan amal perbuatannya dangan tangan kanan. terlihat begitu mabuk (Q. Maka matilah semua yang ada di dunia ini.

Balasan yang diterima bagi orang-orang yang mendustakan hari akhir Setiap amalan yang dilakukan di dunia pasti akan menerima balasannya. dan sebagainya.” Padahal orang-orang yang berdosa itu. tidak menyenagkan. Maka dari itu. Ciri-ciri orang yang mendustakan hari kiamat atau hari akhir Dalam surah At Takasur ayat 1. sesungguhnya orang-orang kafir telah diberi ganjaran terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Al Maun. Adapula orang yang mengerjakan sholat tapi. Itulah ciri-ciri orang yang serakah. mereka duduk diatas dipan-dipan sambil memandang. Bagi Allah swt taubat mereka akan sia-sia karena Allah swt tidak akan menerima taubat mereka. dan tidak melaksanakan perintah Allah swt. orang-orang yang beriman menertawaan orangorang kafir.dan apabila mereka melihat orang-orang mu’min. Ternasuk amal jelek yang telah diperbuat selama di dunia. Mereka hanya berpuasa agar dilihat orang dan berharap mendapat pujian orang saja. Karena itu temapt ini tidak nyaman. Apabila orang-orang yang berdosa itu kembali kepada kaumnya. kemuliaan. mereka kembali dengan gembira. takabur. anak pinak. (QS Az Zalalah : 8) Pada saat itu banyak orang menyesal karena mereka tidak banyak berbuat kebajikan pada saat mereka hidup di dunia. tidak ada pengaruh apa-apa terhadap mentalnya. mereka mengatakan. C. maka sekecil apapun amal yang diperbuat. ia masih menerima siksa neraka. 4-6) Sesungguhnya orang-orang yang berdosa adalah mereka yang dulunya di dunia menertawakan orang-orang yang beriman. Sebagai balasan bagi mereka Allah swt akan menempatkan mereka di tempat yang dinamakan neraka. hendaklah kita menjauhkan diri dari ciri-ciri orang yang mendustakan hari akhir. pengikut. Pada hari kiamat semua amal manusia di dunia akan di hisab atau akan dihitnung. untuk disiksa sebagai balasan atas perbuatannya. Neraka adalah tempat penyiksaan bagi orang-orang yang banyak berbuat dosa. sangat 8 . pasti akan menerima balasannya. mereka tidak pernah merasa puas terhadap harta yang mereka miliki. serta orang-orang yang mendustakan hari akhir. D.karena tidak syafa’at bagi mereka dari berhala-berhala yang mereka sembah dulu dan mereka digiring memasuki neraka. Akan tetapi semua penyesalan itu sudah terlambat bagi Allah swt. Allah swt menjelaskan bahwa manusia telah dilalaikan oleh perlombaan memperbanyak harta. Mereka mengerjakan sholat hanya dengan fisiknya tapi. “Sesungguhnya mereka itu benar-benar orang-orang yang sesat.

Ada yang disiram dengan air panas.(QS An-Nisa’ : 140) Begitulah gambaran betapa pedihnya dan beratnya siksaan yang diterima oleh orang-orang yang ringan timbangan amal (kebaikannya). Akan tetapi. dipukul dengan tongkat besi yang besar. musyrik. dan munafik.. Shad:49. Fathir: 33) Di dalamnya ada mata air yang yang mengair. (Al Bayyinah: 7-8. perutnya disobek dengan celurit sampai ususnya terburai. di dalamnya mereka bertelekan di atas dipan-dipan sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu. Balasan Allah swt. 9 . sebagaimana Allah menyuruh Nabi Muhammad saw. Misalnya neraka Jahanam yang merupakan dasar neraka diperuntukkan bagi orang-orang kafir. Di neraka mereka hanya didapati orang-orang yang disiksa dengan berbagai ragam penyiksaan. dan permadani-permadani yang terhampar. mulutnya dimasuki bubur timah. Jenis-jenis neraka tersebut diperuntukkan bagi orang-orang kafir atau orang-orang yang berdosa sesuai dengan jenis atau besarnya dosa yang dilakukan dan tidak diampuni Allah. QS Al Waqi’ah : 42-44) Neraka terdiri atas beberapa tingkatan. kemudian disusul semua amal baik manusia diperhitungkan pada yaumul hisab. Hanya orang yang beriman saja yang pada saatnya nanti akan ditolong Allah karena keimanannya. Saqar. Balasan bagi mereka yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan serta mereka yang berada di sisi tuhannya adalah surga `Adn yang mengalir di dalamnya sungai – sungai yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka. Hal ini merupakan balasan yang setimpal dari perbuatan yang silakukan semsa hidup di dunia. Penghuni neraka hanya bisa berteriak minta tolong. Hawiyah. dan Wail. sisetrika. Di dalamnya juga ada takhta-takhta yang ditinggikan.(QS Al Ghasyiyah : 6-7. dengan besi yang membara. kelaminnya situsuk. Jahim. Agar menyampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.menyengsarakan jiwa dan raga. Setelah itu amal-amal baik itu akan mendapatkan balasan yang setimpal dan adil dari Allah swt. dan lain-lain penyiksaan yang sangat luar biasa menyakitkan. tidak ada seorang pun yang mampu menolongnya. Tingkatan neraka diantaranya adalah neraka Jahanam. Dan pada sisi mereka ada bidadari – bidadari yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya. E. tak ada sedikit pun amal baik yang tidak mendapatkan balasan. Sa’ir. terhadap amal baik tentu balasan yang menyenangkan dan memuaskan. dan bantalb-antal sandaran yang tersusun. Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir. dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera. dan gelas-gelas yang terletak di dekatnya. Kemudian mereka diberi perhiasan dan gelang – gelang dari emas dan mutiara. Balsan yang diterima bagi orang-orang suka beramal baik di dunia Setelah selesai perhitungan mengenai shalatnya.

(As Shaafat: 40-49. mereka tiada disentuh oleh azab neraka dan tidak pula mereka berduka cita. (Yasin: 55-58) 10 . berbahagialah kamu! Maka masukilah sarang ini sedang kamu kekal di dalamnya”. Kepada mereka diucapkan “salam” sebagai selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang. ) Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang – senang dalam kesibukan mereka. Al Ghasiyah:1-16) Dan Allah SWT. serta mendapat buah – buahan dari berbagai yang mereka ingini. Dan mereka mengucapkan: “ Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janjiNya kepada kami dan telah memberi kepada kami tempat ini sedang kami diperkenankan menempati tempat dalam surga dimana saja yang kami kehendaki”. Mereka dan isteri – isteri mereka berada dalam tempat yang teduh dan bertelekan di atas dipan – dipan. melainkan mereka dibawa ke dalam surga berombong – rombongan. Di sisi mereka ada bidadaribidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya. Di surga itu memperoleh apa saja yang mereka inginkan. Apabila mereka sampai ke sarang itu sedang pintu –pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga – penjaganya: “Kesejahteraan dilimpahkan atasmu. sedap rasanya bagi orang – orang yang meminumnya. 73-74. (Az Zumar: 61..Warnanya putih bersih. seakan – akan mereka adalah telur burung unta tersimpan dengan baik. menyelamatkan orang – orang yang bertaqwa karena kemenangan mereka. Maka surga itulah sebaikbaiknya balasan bagi orang-orang yang beramal. Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tidak mabuk karenanya. Mereka menuju ke dalam naungan yang teduh dan sekitar mata – mata air. Al Mursalat: 14-50.

kita bisa mengintrospeksi diri. serta berusaha untuk selalu menghindari segala perbuatan yang tidak baik dan sia-sia. Bagi para pembaca. 11 . Oleh karena itu. Allah swt. sudah siapkah diri kita bertemu dengan Sang Pencipta. yaitu sebagai bahan bacaan yang dapat penambah iman dan taqwa serta wawasan kita tentang hari kiamat.BAB III PENUTUP 3. 2 Saran Diharapkan telah membaca karya tulis ini. 1 Kesimpulan 3. dilarang merusak maupun menyalahgunakan karya tulis ini. pada hari kiamat nanti? Amal perbuatan apa saja yang akan kita bawa di hari pertemuan tersebut? Oleh karena itu.. sebaiknya karya tulis ini digunakan sebagaimana semestinya. marilah kita memperbanyak amal ibadah.

Ayo Belajar Agama Islam Jilid 3 Untuk SMP kelas 3. M. 2005. Agama Islam Penyejuk Qalbu. Jakarta : Erlangga Supardi. 2004. Jakarta : Yudhistira 12 . H.DAFTAR PUSTAKA Nasikhin.M.