P. 1
Daftar Istilah Pada Konstruksi Beton

Daftar Istilah Pada Konstruksi Beton

|Views: 48|Likes:
Published by codut

More info:

Published by: codut on Nov 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2011

pdf

text

original

Guruku Belajar Blog

Kumpulan bahan pelajaran anak SMK Bangunan http://handokokdw.web.id

DAFTAR ISTILAH PADA KONSTRUKSI BETON

1. Acuan (bekisting) adalah suatu sarana pembantu struktur beton untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa ataupun posisi yang direncanakan. 2. Agregat adalah material granular, misalnya pasir, kerikil, batu pecah dan kerak tungku besi, yang dipakai bersama-sama dengan suatu media pengikat untuk membentuk suatu beton semen hidraulik atau adukan. 3. Agregat Ringan adalah agregat yang dalam keadaan kering dan gembur mempunyai berat 1100 kg/m3 atau kurang. 4. Agregat Halus adalah pasir alam sebagai hasil desintegrasi ‘alami’ bantuan atau pasir yang dihasilkan oleh inustri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir terbesar 5,0 mm. 5. Agregat Kasar adalah kerikil sebagai hasil desintegrasi ‘alami’ dari bantuan atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir antara 5-40 mm. 6. Adukan adalah campuran antara agregat halus dan semen portland atau sembarang semen hidrolik yang lain dan air. 7. Angker adalah media untuk mengikat dalam suatu sambungan beton pracetak. 8. Bahan Tambahan adalah suatu bahan berupa bubukan atau cairan, yang dibubuhkan kedalam campuran beton selama pengadukan dalam jumlah tertentu untuk merubah beberapa sifatnya. 9. Beton adalah campuran antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa bahan tambahan membentuk masa padat. 10. Beton Bertulang adalah beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan yang tidak kurang dari nilai minimum, yang disyaratkan dengan atau tanpa prategang, dan direncanakan berdasarkan asumsi bahwa kedua material bekerja bersama-sama dalam menahan gaya yang bekerja. 11. Beton-Normal adalah beton yang mempunyai berat isi 2200- 2500 kg/m3 menggunakan agregat alam yang dipecah atau tanpa dipecah yang tidak menggunakan bahan tambahan. 12. Beton Praktekan adalah beton bertulang yang telah diberikan tegangan dalam untuk mengurangi tegangan tarik potensial dalam beton akibat beban kerja. 13. Beton Pracetak adalah elemen atau komponen beton tanpa atau dengan tulangan yang dicetak terlebih dahulu sebelum dirakit menjadi bangunan. 14. Beton Ringan Struktur adalah beton yang mengandung agregat ringan yang mempunyai berat isi tidak lebih dari 1900 kg/m3. 15. Beton Polos adalah beton tanpa tulangan atau mempunyai tulangan tetapi kurang dari ketentuan minimum.

page 1 / 3

21. ch_client = "manojt". tetapi bersirip. Kabel adalah susunan material yang digunakan dalam media penarikan beton pratekan. 18.com/ads/ads1. Tulangan adalah batang baja berbentuk polos atau defon atau pipa yang berfungsi untuk menahan gaya tarik pada komponen struktur. Berat Jenis adalah perbandingan antara berat dan volume suatu material (misalnya: beton). ch_alternate_ad_url = "http://www. ch_height = 250. kecuali bila secara khusus diikut sertakan. ch_color_text = "#333333". ch_client = "handokokdw". Segregasi adalah pengelompokan agregat yang homogen pada adukan beton. Sengkang adalah tulangan yang digunakan untuk menahan tegangan geser dan torsi dalam suatu komponen struktur. ch_width = 300. 27. Deking adalah beton tahu untuk pedoman ketebalan beton. Dowel adalah material penghubung antara 2 (dua) komponen struktur. ch_color_site_link = "#164675". 20. Perancah (Scaffolding) adalah suatu struktur (kerangka) sebagai (1) sarana kerja bagi pekerja untuk melakukan tugas pada ketinggian tertentu dan (2) penyangga acuan beton yang berfungsi mencegah terjadinya perubahan posisi acuan dari posisi yang telah ditentukan 26.Guruku Belajar Blog Kumpulan bahan pelajaran anak SMK Bangunan http://handokokdw. Konstruksi Batu adalah pasangan batu yang berfungsi sebagai elemen konstruksi dengan kekuatan tekan > 100 kg/cm2. CGS adalah standar internasional terkecil dalam ukuran metrik (dalam sentimeter). ch_sid = "Chitika Default". Mks adalah standar internasional terbesar dalam ukuran metrik (meter). tidak termasuk tendon prategang. ch_color_title = "#164675". 29. dimana agragat kasar terpisah dengan agregat halus. ch_type = "mpu". ch_width = 300. 24. ch_type = "mpu".php?size=300x250". 30. ch_color_border = "#B0C9EB".ch_color_title = "#164675". ch_sid = "Chitika Default". 25. Faktor Air Semen (Fas) adalah perbandingan antara jumlah semen dan air pada beton.php?size=300x250&kwds=NVHJbsIwEL33 K0Y%2BtRJCDYWqNadEdEFpoSLpB0yCFdw4TmR7Dgjx7x1DuFizvmWMciFPXs6lqEodxNLL5FW KD3LUEmTK4B86yEzfxNaCp1bK1zGez6TIqRvIoIUKD%2FwO13GO0GILxXcOGdqGLNrLhhTDyP H0LMUqfS%2FTHayLcv2VfsJPukoh326KcvebF2vI3srtZiQdbqSz5EWKZAppTcxyX6lW%2B6Bt8wC4 R4MH8ISBwEcRyHq6Cm3MA9sJ5KBSobdAXGu5a2sVWOe16BXvatgr2zA0u2eICffi7AQcDQgYkAZ in73XXsORvcFeO8aJftFO72YsrXGqwXAT1GFQTqOBhvH4Vm4CnfZo7JH1odectzzQasNk45VqDF4s USbypOVj%2FBI%2BV97biw0mzqJgsTyf%2FwE%3D". ch_color_bg = "#FFFFFF". ch_height = 250. terbuat dari batang tulangan.com/ads/ads1. atau berukir. 19.web. page 2 / 3 . ch_color_bg = "#FFFFFF". 28. kawat baja atau jaring kawat baja las polos atau deform. ch_color_text = "#333333". 17. Tulangan Polos adalah batang baja yang permuakaan sisi luarnya rata tidak bersirip atau berukir. ch_color_site_link = "#164675". Tulangan Deform adalah batangan baja yang permukaan sisi luarnya tidak rata.thulasidas. ch_color_border = "#B0C9EB". Konstruksi Beton adalah beton yang berfungsi sebagai elemen konstruksi 23. 22. biasanya disebut ‘tendon’.id 16.thulasidas. ch_alternate_ad_url = "http://www.

web.org) .id Easy AdSense by Unreal Tweet page 3 / 3 Powered by TCPDF (www.Guruku Belajar Blog Kumpulan bahan pelajaran anak SMK Bangunan http://handokokdw.tcpdf.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->