P. 1
Naskah Khutbah Idul Adha 1432 H

Naskah Khutbah Idul Adha 1432 H

|Views: 1,236|Likes:
Published by heri suhud kustoyo

More info:

Published by: heri suhud kustoyo on Nov 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

Naskah Khutbah Idul Adha 1432 H

TAUHID, PENGURBANAN DAN KEADILAN
Oleh :

Dr. KH. Ahmad Syafi’i Mufid, APU

PUSAT PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN ISLAM JAKARTA

(JAKARTA ISLAMIC CENTRE)
2011

Naskah Khutbah Idul Adha 1432 H

TAUHID, PENGURBANAN DAN KEADILAN
Diterbitkan oleh : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) Jl. Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara Telp. 021-441 3069 Fax. 021-4483 5349 www.islamic-center.or.id Penulis : Dr. KH. Ahmad Syafi’i Mufid, APU. Penyunting : Paimun A. Karim, Darmi AR, S. Ag, Marhadi Muhayar, Lc, MME Cover & Lay out : Paimun A. Karim 10 Dzulhijjah 1432 H / November 2011 M

2

TAUHID, PENGURBANAN DAN KEADILAN
Dr. KH. Ahmad Syafi’i Mufid, APU.

3

Dengan mengagungkan asma dan sifat Allah Allah kita berharap mendapatkan petunjuk untuk menemukan makna semua ibadah dalam perjalanan hidup sehingga kita dapat kembali 4 .Kaum Muslimin dan Muslimat Rahimakumullah. Allah SWT kita agungkan nama-Nya melalui tahlil. Hari ini kembali kita tunaikan shalat Idul Adha dan penyembelihan kurban.tahmid dan takbir.

shalat Idul Adha dan penyembelihan kurban pada hari ini tidak sekedar ritual tahunan. tetapi kita tetap dalam kebiasaan lama (habitus) yaitu mengabdi kepada kebendaan (materialisme) dan tidak segera kembali kepada Allah SWT. (Ilaahi anta maqshuudii wa ridhaaka mathluubii a`thini mahabbataka wa ma’rifataka). Allahu Akbar wa lillahilham Kaum muslimin rahimakumullah. tahmid. tanpa makna. shalat Idul Adha dan penyembelihan kurban terus berlangsung setiap tahun. era kita sekarang ini terdapat kecendrungan merosotnya aqidah dan akhlaq yang luar biasa. Kembali Kepada Tauhid Allahu Akbar. Bangsa 5 . mentauhidkan yang benar Esa yakni Allah SWT. tahlil. Allahu Akbar. Haji. dan keridhaan Allahlah yang kita cari dalam hidup ini. Dia-lah tujuan kita.kepada Allah melalui jalan yang lurus (shirath al mustaqiim)? Mudah-mudahan takbir.

diversifikasi investasi bisnis.Indonesia. Ribuan aparatur pemerintah terlibat manipulasi perencanaan dan penggunaan anggaran negara untuk kepentingan pribadi. dan gaya hidup. Wakil-wakil rakyat di semua tingkat terlibat percaloan. Lebih dari 150 orang kepala daerah provinsi. alih-alih melaksanakan fungsi kerasulan (profetik). ulama dan zu’ama juga mengalami degradasi peran. Para pemuka agama. sedang menderita sakit. Aparat penegak hukum juga mengalami masalah dan menderita penyakit yang sama. kabupaten dan kota yang menjadi tersangka korupsi dan bahkan sebagian besar telah terbukti dalam melakukan tindak pidana korupsi. Ketika orang-orang besar sudah silau dengan kemewahan terkait dengan pemilikan dan kemewahan rumah dan mobil. Rakyat meniru para 6 . tilawah. bagaimana dengan umat dan masyarakat kecil? Mereka juga melakukan hal yang sama. bangsa muslim terbedar di dunia. ta’lim al kitab wal hikmah. ulama cenderung mencari posisi duniawi. tazkiyah.

Untuk mendapatkan pekerjaan mereka rela menyuap. melanggar hukum agama dan pidana. Tidak! Tidak ada yang kekal kecuali Allah Swt. mau membayar upeti dan menggadaikan harga diri. Mereka mengira bahwa harta benda.pemimpinnya. yang penting bagaimana mendapatkan uang. tetapi sekali lagi karena uang. rela memilih pemimpin yang fasik. kehormatan dan kebesar duniawi itu kekal. 7 . Mereka lupa bahwa amanat itu akan dipertanggungjawabkan di hari akhirat. pendapatan dan fasilitas mereka menerima amanat besar. Halal dan haram tidak penting. Jika upaya untuk memperoleh pekerjaan halal juga susah. Sebetulnya mereka tidak memiliki kompetensi untuk sebuah pekerjaan atau jabatan. mereka mengambil jalan pintas dengan sadar.

sekali-kali tidak. Sayidina Ali KAW. Humazah. pernah meriwayatkan bahwa roh orang yang meninggal dunia mendatangi kerumunan anak. Roh pun kemudian menyapa harta benda yang ditinggalkannya. tidak. dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. dalam kitab Riyadhus Shalihin. Apa arti dialog ini wahai kaum muslimin? Apa arti semua ini? Pantaskah kita kaum muslimin mengikuti terus menerus sistem kebendaan (materialisme) 8 . cucu dan kerabat yang sedang berta’ziyah dan bertanya kepada mereka? Apa yang dapat kalian berikan kepada saya (roh orang meninggal) jawab roh keluarga yang hadir: “kami hanya dapat mengantarkanmu sampai ke kuburan”.104: 1-4).” ( Q. Apa yang dapat engkau berikan kepadaku wahai harta? Harta pun menjawab. ia akan dicampakkan ke dalam neraka Hutamah.“Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela. wahai roh. Yang mengumpulkan harta dan menghitunghitungnya. aku tidak dapat memberikan kepadamu kecuali sehelai kain kafan”.S.

Dari sinilah muncul istilah ”Idul Adha”.seperti ini? Bagaimana kita bisa kembali ke jalan Allah? Tidak ada jalan kebenaran. Hikmah Qurban Qurban menurut bahasa berasal dari kata bahasa Arab : “Qaaraba”. kecuali kita kembali “ meng-Esa-kan Allah” Tidak ada tuhan kecuali Allah! Visi utama kita adalah perjumpaan atau liqa Allah. Dengan demikian yang dimaksud dengan qurban atau udhhiyah adalah penyembelihan 9 . Menurut istilah. yuqaaribu. dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. qurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT. qurbaanan. Tidak ada cita-cita yang tinggi kecuali keinginan kembali kepada Nya (irji’ii ilaa rabbiki raadhiyatan mardhiyyah). Qurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama’ dari kata ”dhahiyyah” yaitu sembelihan pada waktu Dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah. wa qirbaanan” yang artinya “mendekatkan”.

Apa arti qurban bagi individu atau yang berqurban dan apa hikmah syariat qurban ini bagi umat manusia? Qurban adalah ritual atau ibadah yang sangat bermakna bagi penyucian jiwa individu dan qurban juga sekaligus sebagai perwujudan sikap kepekaan sosial terhadap sesama.S. Kalau kita perhatikan urut-urutan pelaksanaan rukun Islam maka qurban adalah ibadah yang menyertai pelaksanaan rukun Islam yang ke lima yakni ibadah haji. 10 . Al Shaaffat (37): 102-107). Q. qurban menempati posisi paling menentukan dari serangkaian religiositas umat muslim. yaitu tanggal 11. Oleh karena itu. 12 dan 13 Dzulhijjah. Kisah pengurbanan Ibrahim-Ismail.hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq. sungguh sangat menggetarkan semua jiwa hamba Allah.

sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu”. insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. 11 . kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu.(Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim. nyatalah kesabaran keduanya. Maka fikirkanlah apa pendapatmu”? Ia menjawab: ”Hai bapakku. Ibrahim berkata : ”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Dan Kami panggil dia: ”Hai Ibrahim.” Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya). Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Artinya iya. bagi orang-orang mukmin menyikapi firman-firman Allah tersebut tidak ada kata lain kecuali ”Sami’na wa atha’na”. Tentu saja. kesabaran menghadapi berbagai dinamika kehidupan.Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. qurban adalah ujian tentang ketulusan. qurban itu untuk menguji apa dan siapa dan sebenarnya yang menjadi orientasi atau tujuan hidup manusia. Allah lebih aku cintai ketimbang 12 . terutama perhatian dan kecintaannya kepada sesama manusia sebagai makhluk Allah. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar). Pertama. keikhlasan. Makna Qurban Kekinian dalam Konteks Allah SWT memberikan banyak pelajaran kepada umat manusia melalui syariat kurban. Apakah harta seperti ujian bagi anak-anak Adam (Habil dan Qabil) atau kecintaan kepada anak (ujian Ibrahim) dibanding dengan kecintaan kepada Allah SWT? Kedua.

”Apakah kalian sudah memberikan dagingnya kepada tetangga kita yang Yahudi? Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ”Jibril senantiasa berwasiat kepadaku 13 . bahwa keluarganya sedang menyembelih seekor domba. selalu peka terhadap penderitaan sesama mukmin dan juga kepada sesama umat manusia. satu bagian untuk tetangga dan teman. tetapi juga untuk non muslim. Solidaritas Islam ini tidak hanya untuk orangorang miskin dari kalangan muslim. Rasa kemanusian bagi orang mukmin ini berpangkal pada pengajaran Rasulullah SAW bahwa daging qurban itu dibagi dan didistribusikan menjadi tiga kategori. Tatkala daging domba sudah diserahkan kepadanya. Begitu juga sikap orang mukmin. dan satu bagian lagi untuk orang-orang miskin baik yang memintaminta maupun yang tidak meminta-minta.harta dan anak-anak kami. Abu Daud dan Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash. Satu bagian untuk keluarga yang berqurban. maka ia bertanya.

Semua umat manusia pada setiap zaman dan tempat mendapatkan ujian dan pelajaran yang sama. Ujian dan perintah Allah untuk berqurban ini berlaku abadi. Namun qurbannya bukan untuk Allah tetapi untuk kepentingan kehormatan dan pujian. Ketaqwaan adalah sikap mental dan perbuatan yang mengantarkan qurban kita diterima oleh Allah. kesombongan dan penginaan sesama. Kita tidak akan pernah paham dan mendapatkan keutamaan qurban kecuali telah tercerahkannya jiwa kita. hingga aku mengira dia akan menjadikannya sebagai ahli waris. Kalau kita sudah dapat berqurban dengan menyembelih binatang dengan niat dan sikap yang benar. Keikhlasan. Kekafiran dan kekotoran jiwa yang dialami oleh seseorang dapat juga mengantarkannya berkurban.tentang tetangga. kejujuran dan kesabaran membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaan-Nya. insya Allah kita akan bisa menyembelih hawa nafsu kita atau sifat-sifat kita 14 .

S. karena jalan itu menceraiberaikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa. Muslim). tangan kita menengadah ke langit memohon kepada Allah agar sifat-sifat buruk yang ada pada jiwa kita juga disembelih atau dipotong (H. “Inilah jalan yang lurus. maka ikutilah dia. Ibadah ini pada hakikatnya pembelajaran agar kita dapat terus menerus mengoreksi dan memperbaiki diri dengan cara mengikuti pengajaran Allah dan Rasul-Nya. dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan yang lain.” ( Q.yang tidak terpuji. Rasulullah mengajari kita agar berdoa tatkala darah menetes ke tanah. Oleh karena itu. Al An’am (6): 153 15 . selain takbir dalam penyembelian.R. Kaum muslimin mesti dapat belajar dari ibadah qurban.

Idealisme sulit ditemukan dan pragmatisme menjadi fenomena sehari-hari. Kalau dalam masyarakat. berbangsa dan bernegara bahkan dalam kehidupan beragama. Dan jika para pemimpin bangsa (eksekutif. Suara dan jeritan kaum fakir miskin dan rakyat jelata sudah tidak lagi diperhatikan. Allah berfirman: 16 . orang yang dipandang dan dihormati adalah mereka yang memiliki kekayaan berlebih. legislatif dan yudikatif) sudah berlomba-lomba memamerkan kekayaan dan kewewahan maka tunggullah azab Allah yang terus datang silih berganti. maka korupsi akan tumbuh subur. Merosotnya nilai-nilai ideal tidak saja dalam dunia bisnis tetapi juga dalam hidup bermasyarakat.Berat sekali ujian keimanan pada era global seperti sekarang ini. Tangisan bayi dan orang tua yang hidup sengsara sudah tidak didengar lagi.

Al Isra (17): 16). Juga firman Allah: “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri. Al An’am (6): 123). agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. Dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri. sedang mereka tidak menyadarinya (Q.”Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri pembesar-pembesar yang jahat. Maka sudah sepantasnya Berlaku terhadapnya Perkataan (ketentuan kami).S.” (Q. 17 .S. kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. Maka Kami perintahkan kepada orangorang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu.

tanah longsor. sosial dan moral sangat luar biasa yakni 18 . gempa Yogyakarta Mei 2006. Penderitaan disebabkan oleh bencana alam. gempa bumi di mana-mana dan kecelakaan kereta api. Menjelang akhir tahun 2010 kita juga diuji dengan banjir bandang di Wasior Papua Barat. Pada tahun 2011 bencana moral semakin terkuak dengan berbagai kasus sebagaimana yang telah kita lihat dan dengan dari berbagai media. terluka dan kehilangan harta benda serta kerusakan lingkungan yang luar biasa. Ratusan orang meninggal dunia. Gempa dan Tsunami di Mentawai dan Gunung Merapi yang meletus. lumpur Sidoarjo akibat Lapindo yang sampai sekarang belum bisa diatasi disusul banjir. gempa dan tsunami telah menghancurkan Aceh dan menelan korban ratusan ribu jiwa. pesawat terbang dan seterusnya.Bukankah negeri ini telah diuji dengan berbagai peringatan oleh Allah SWT melalui berbagai bencana alam? Sejak akhir Desember 2004. tsunami di Pangandaran dan sekitarnya.

pesimisme dan keputusasaan. agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Apa arti semua itu wahai bangsa Indonesia. memahami dan melakukan aksi untuk ”amar ma’ruf nahi munkar”. wahai kaum muslimin Indonesia? Firman Allah: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. 19 .S. Siapa peduli? Sedikit sekali yang mau merenungkan.” (Q. Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka. Ar Ruum ((30): 41).

tauhid (Laailaaha illallah). jabatan. Mengesakan Allah. kekuasaan dan kewenangan adalah amanat atau titipan. tidak disalahgunakan. Jalan Keadilan Kembali ke jalan yang benar. Walillaahi al hamd. harta benda. pangkat. Wajib disyukuri dan dijaga. Kita semua dilahirkan tidak memiliki apa-apa dan nanti akan kembali kepada Allah (mati) juga tidak membawa apa-apa. anak. segala pujian yang diberikan kepada kita pada hakikatnya adalah milik Allah. kehormatan. jabatan dan harta benda. 20 . adalah mengagungkan nama Allah (Allah Akbar) bukan mengagungkan kekuasaan.Kembali ke Jalan yang Benar. Ibadah qurban dan haji yang sedang kita dan saudara kita lakukan sekarang ini adalah ibadah atau ritual tahunan yang maknanya mengingatkan kembali kepada kita bahwa hidup adalah pengurbanan dan perjuangan. tidak memberhalakan materi. dan kebesaran duniawi. Apa yang kita miliki. isteri.

Habil. sifat-sifat ananiyah atau egoisme dibersihkan melalui ibadah haji dan menyembelih kurban. Ismail) bagaimana mereka berjuang dan berkurban untuk mendapatkan ridla Allah. kemudian hidup di akhirat. Qabil. Sarah. Ibrahim. dan persahabatan abadi kita jalin antar sesama muslim se dunia melalui ibadah haji. Haji dan kurban adalah syariat untuk pensucian jiwa. dibangkitkan kembali dan perhitungan amal baik serta jahat. Ibadah haji dan kurban sekali lagi mengingatkan kita terhadap kehidupan masa lalu (Adam. Kita tebar kepedulian sosial kita kepada sesama umat manusia melalui penyebarluasan daging kurban. surga atau neraka. Ibadah tersebut juga mengokohkan semangat kita untuk merenungkan apa arti kurban dan ibadah haji pada masa kini. kemudian lahir di dunia. membersihkan kotoran yang ada pada hati kita. keadilian dalam 21 . Itulah keadailan.Hidup di dunia merupakan rangkaian siklus perjalanan manusia yang panjang yang bermula dari Allah (alam azali). meninggal dan berada di alam kubur.

tahlil. 22 . marilah kita renungkan kembali firman Allah: . Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu. “Sungguh. dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri pada Allah). tasbih dan tahmid.perjumpaan manusia dengan sesamanya. Akhirnya. Dalam suasana Idul Adha yang demikian. Sungguh sangat tidak adil jika para pemimpin hanya memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa memenuhi kebutuhan rakyat dan masyarakat bangsa. kita kumandangkan takbir. dan keadilan manusia dengan Tuhannya. kita agungkan asma Allah. Begitu juga tidak adil jika manusia hanya mementingkan urusan jasadiyah. urusan debu dan tanah tanpa memberikan kebutuhan jiwa dan ruhaninya.

Al Kausar (108): 1-3).Sungguh. orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari Rahmat Allah). 23 .S.” (Q.

bahwa abad XV hijriyah sebagai abad 24 . berbudi luhur hilang dari pandangan. memuakkan dan memalukan. Korupsi. Kolusi dan Nepotisme yang kita ganyang pada awal reformasi tidak mati malahan menjadi-jadi. Kita nilai partaipartai mana yang benar-benar memperjuangkan kebaikan dan kesejahteraan rakyat.Khutbah Kedua Idul Adha 1432 H ini menyongsong akhir tahun 2011 yang berarti telah lewat satu dasawarsa dan 2 tahun bangsa Indonesia berjuang meluruskan kesalahan-kesalahan masa lalu. Sehari-hari kita disuguhi inforamsi yang menyedihkan. Karakter bangsa yang santun. Tidak lupa kita mesti melakukan koreksi diri dan jamaah. Kita juga terus menerus menilai para pemimpin dan pejabat mana yang ikhlas bekerja untuk bangsa dan negara dan mana yang hanya bicara. Memasuki tahun 1433 H dan tahun 2012 kita gunakan untuk melihat kembali wakil-wakil rakyat yang kita pilih dan duduk di lembaga legislatif.

untuk memanjatkan doa ke hadirat Allah SWT. suku Uigur di Cina.kebangkitan kembali Islam sudah berjalan lebih dari sepertignya. dan Mahaperkasa: 25 . Afganistan. Irak. Hadirin Jama’ah Shalat Id yang berbahagia Selanjutnya. Apa yang kurang dari perjuangan umat? Aqidah atau Tauhid memang merupakan faktor kunci. Mulai dari Philipina Selatan. marilah kita tundukkan kepala kita dengan segala kerendahan hati. Palestina. Somalia. sambil menengadahkan tangan kita. Suku Rongiya di Miyanmar. Jiwa dan semangat Tauhid sudah digeser dengan kepentingan duniawi. Thailand Selatan. Dzat Yang Mahakuasa. Umat Islam dibanyak negara masih mengalamai masalah. Rusia dan Eropa. serta Amerika yang selalu menempatkan mujahid sebagai teroris . Kita perlu mehasabah untuk tazkiyatun nafs. muslim Kasmir.

Kami sepenuhnya 26 . meminta ampunan-Mu. kami memohon pertolonganMu.Ya Allah. sekali-kali kami tidak akan mengkufuri-Mu.

hancurkanlah mereka.iman kepada-Mu. 27 . Kami mendambakan rahmat-Mu. Ya Allah. kalahkanlah pasukan kaum Kufar penjajah. Sesungguhnya adzab-Mu yang sungguh-sungguh ditimpakan kepada kaum Kufar itu juga pasti akan ditimpakan kepada yang lain. dan takut akan adzab-Mu. beribadah dan sujud. Ya Allah. Jadikanlah rencana jahat mereka itu sebagai pembawa kehancuran mereka. dan membunuhi para pembela-Mu. Kepada-Mulah kami berlari dan menuju. hanya kepada-Mulah kami mengabdi. Ya Allah. dan porak-porandakanlah kesatuan mereka. Inggeris dan sekutu mereka yang terlaknat. Ya Allah. adzablah orang-orang Kafir yang telah menghalangi jalan-Mu. dan berlepas diri dari siapapun yang durhaka kepada-Mu. kalahkanlah mereka. Amerika. cerai-beraikanlah persatuan mereka. mendustakan para rasulMu.

Ya Allah. Engkau muliakan siapasaja yang Engkau kehendaki. Maha Raja diraja. Engkau berikan kekuasaan kepada siapa saja yang Engkau kehendaki. Di dalam genggaman-Mulah seluruh kebaikan. dan hinadinakan siapa saja yang Engkau kehendaki. Engkau ambil kekuasaan dari siapapun yang Engkau kehendaki. Karena Engkaulah Dzat yang Maha Kuasa atas 28 .

dan Khilafah Rasyidah yang mengikuti sunnah Nabi-Mu. dan Engkau hinakan kekufuran dan seluruh anteknya. tolonglah kami. tolonglah saudara-saudara kami. kami memohon kepada-Mu negara Khilafah Rasyidah yang mengikuti sunnah Nabi-Mu. tolonglah siapasaja yang menolong kami. Ya Allah. Jadikanlah kami dan mereka sebagai para pejuang yang ikhlas untuk menegakkan syariah-Mu. duhai Dzat yang Maha Pengasih.segalanya. Dengannya Engkau muliakan agamaMu. duhai Sebaik-baik Penolong. Ya Allah. Dengan rahmatMu. 29 .

Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Allah Maha Besar. hanya untuk Allah segala pujian. 30 .LAFADZ TAKBIR ‘IDUL ADHA Allah Maha Besar. Allah Maha Besar.

Sungguh Allah Maha Besar. Allah Maha Besar. dan mengalahkan golongan-golongan lain dengan kekuatan-Nya sendiri. Tidak ada tuhan selain Allah. dengan mengikhlaskan beragama hanya untukNya. Tidak ada Tuhan selain Allah semata. meskipun orang-orang munafik membencinya. meskipun orang-orang musyrik membencinya. menolong hamba-Nya. Pujian yang banyak hanya untuk Allah dan Maha Suci Dia setiap pagi dan petang. kami tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya. Allah Maha Besar. memuliakan tentaranya. hanya untuk Allah segala pujian. 31 . yang telah memenuhi janji-Nya. meskipun orang-orang kafir membencinya. Tidak ada tuhan selain Allah.

1999-. 1997-. Belanda Karir & Pekerjaan : • Pengurus MUI Prov. 1978 •S2-Antropologi Univ.. 1991  S3-Antropologi Leiden University. DKI Jakarta.. 53 Bumi Bekasi Baru. Ahmad Syafi’i Mufid. KH. Bekasi : 021-8217769 / 0815986840 Riwayat Pendidikan : • S1-Syariah.. APU : Demak.BIODATA SINGKAT Nama TTL Alamat Telp/HP : Dr. DKI Jakarta. Pelabuhan Ratu No. Indonesia. 2010-2014 • Kepala Sekretariat BP dan Kepala Bidang Diklat BP Jakarta Islamic Centre. Hukum Islam IAIN Walisanga. 32 ... 4 Juli 1950 : Jln. 2005-2009 • Pengurus KODI Prov. Semarang. • Pengurus GUPPI Pusat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->