Instrumen Evaluasi Diri Sekolah*) (EDS

)
*) atau madrasah

1. STANDAR ISI
Komponen 1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan Indikator
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. 1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

1.2.

Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Instrumen EDS Tahun 2011

41

1.

ISI

1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. Bukti-Bukti Fisik Buku Kurikulum Sekolah, yang terdiri dari a. Buku I, uraian program sekolah b. Buku II, siabus dan RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

1. Tim Pengembangan Kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menyusun Buku Kurikulum Sekolah mengacu kepada panduan yang di susun BSNP.

2. Dalam penyusunan Kurikulum Sekolah meibatkan kepala sekolah, Pendidik, dan Tokoh Masyarakat

Tahapan Pengembangan
Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP. Kurikulum sekolah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan. Kurikulum sekolah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP.

Rekomendasi:
Sekolah kami perlu bimbingan daam mengembangkan kurikulum agar sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

Instrumen EDS Tahun 2011

41

Tahap ke-4

v

Tahap ke-3

Tahap ke-2

Tahap ke-1

1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan
1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Bukti-Bukti Fisik Buku Kurikulum Sekolah, yang terdiri dari c. Buku I, uraian program sekolah d. Buku II, siabus dan RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kurikulumsekolahdisusundenganmempertimbangkankarakterdaerah,kebutuhansosialmasyaraka, danusiapesertadidik. 63% guru menyusunkurikulumberdasarkankebutuhanpadasiswa 47% guru menyusunkurikulumyang mempertimbangkanisukeanekaragamanbudaya Kurikulumsekolahbelummempertimbangkanusiapesertadidik Tahapan Pengembangan Tahap ke-4
Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.

Tahap ke-3
Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.

v

Tahap ke-2

Tahap ke-1
Kurikulum sekolah kami disusun belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran.

Rekomendasi:
Sekolah kami perlu memfasilitasi pengembangan kurikulum yang mempertimbangkan kebutuhan siswa dan keanekaragaman budaya.

Instrumen EDS Tahun 2011

41

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kurikulum sekolah memuat 16 Mata pelajaran.1. serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan. Penambahan jadwal pengayaan dan jadwal remedial harus disesuaikan dengan waktu yang ada. rencana program remedial. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu.1. Bukti-Bukti Fisik  KTSP dokumen 1  Silabus.3. Memaksimalkan minggu efektif agar bisa menghasilkan produk yang maksimal. Kurikulum memuat rencana program remedial dan pengayaan terhadap peserta didik Tahapan Pengembangan v Tahap ke-4 Tahap ke-3 Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. 41 . Muatan Lokal dan Pengembangan diri Ada Penambahan jam pelajaran perminggu menjadi 41 jam pembelajaran Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 45 menit Minggu efektif dalam satu tahun (2 semester) adalah 37 minggu. sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.1. 2. dan pengayaan bagi siswa. Tahap ke-1 Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Kurikulum sudah sesuai dan relevan 1. Instrumen EDS Tahun 2011 Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik. Tahap ke-2 Struktur kurikulum sekolah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.  RPP. Rekomendasi: 1.

Bukti-Bukti Fisik Rencana program pelayanan siswa Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah melaksanakan bimbingan dengan mencari minat dan bakat siswa. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 1. Sekolah melayani siswa dalam mengahadapi keusulitan belajar Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik.2.2. Tahap ke-1 Sekolah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik. baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.1. 41 . Rekomendasi: Sekolah kami perlu meningkatkan kembali pelayanan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.1. Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambu-ngan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 1. KIR. 41 . Siswa melaksanakan latihan sesuai jadwal yang telah diatur dalam program kerja. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikulernya. Bukti-Bukti Fisik Rencana program ekstrakurikuler. paskibra. Pembinaan rohis.1. Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah melaksanakan bimbingan dengan mencari minat dan bakat siswa. Sekolah membutuhkan Penembahan kegiatan ekstrakurikuler agar peserta didik dapat berkembang secara maksimal Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. Mengevaluasi segala kegiatan yang telah dilaksanakan dan dibuat rencana tindak lanjutnya. marawis. olah raga. 2.2. v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.2.2. Tahap ke-1 Sekolah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik. dan tari saman dan pembiasaan rutin Tadarus dan Tahfizh Qur’an. Rekomendasi: 1 Sekolah telah melaksanakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi pengembangan diri peserta didik. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. evaluasi dan rencana tindak lanjut.

STANDAR PROSES Komponen 2. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar Indikator 2. 2. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.2. bakat.2.1. 2. 2. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. potensi. dan penutup.2.1. norma. latar belakang budaya.1.1.4.4. buku referensi. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif. gaya belajar.3.2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL). inspiratif. kreatif. menyenangkan. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2. 2.2. nilai-nilai. tahap intelektual. serta mendapatkan konfirmasi.2.1.3. motivasi belajar. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah. menyenangkan. kemampuan awal. dan lingkungan peserta didik.1. 2. buku pengayaan. buku pengayaan.4. Guru menggunakan buku panduan. inspiratif. kecepatan belajar. inti.3. 2. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI).2. menantang dan memotivasi peserta didik Instrumen EDS Tahun 2011 2.1. kemampuan sosial. dan panduan KTSP.2. Siswa dapat mengakses buku panduan. 2. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 41 . kebutuhan khusus. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. RPP memperhatikan perbedaan gender. dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan. buku referensi. minat. 2. emosional. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif.

PROSES 2. SKL. Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Silabus kami telah sesuai dengan SI. dan panduan KTSP. dan panduan KTSP. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan. dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah. dan penilaian hasil pembelajaran. Tahap ke-1 Silabus kami belum sesuai dengan SI. SKL.1. 2. dan panduan KTSP. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar 2. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI). Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2. Bukti-Bukti Fisik Silabus semua mata pelajaran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik - Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Silabus kami telah sesuai dengan SI.1.5.5. v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI. SKL.1. 2. 41 . SKL.5. Rekomendasi Instrumen EDS Tahun 2011 . Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.Semua guru sudah memiliki silabus mengacu pada pedoman berdasarkan : Standar Isi (SI) Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).2.2. dan panduan KTSP.1. pelaksanaan.

Setiap guru melalukan review silabus semua mata pelajaran di mgmp tingkat sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 41 .1.

2. Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.1.2. Bukti-Bukti Fisik Dokumen Pengembangan Silabus semua mata pelajaran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik - 47 % guru kami sudah melalukan pengembangan silabus secara mandiri Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik. Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok. Sekolah melakukan pengembangan silabus secara berkelompok setiap mata pelajaran di mgmp tingkat sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 Tahap ke-3 v Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 .1. Rekomendasi: 1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar 2.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

41 . Sekolah melaksanakan IHT penyusunan RPP Berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan mereview secara berkala. Tahap ke-1 Guru tidak sendiri.2.2. 26 % guru kami sudah melaksanakan pengelolaan kelas sec ara efektif dan Kegiatan Pembelajaran Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. 47 % guru kami sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkan 2. Bukti-Bukti Fisik RPP setiap mata pelajaran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2. 47 % guru kami sudah melaksanakan pembelajaran dengan metode PAKEM 3. v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsipprinsip perencanaan pembelajaran. Instrumen EDS Tahun 2011 RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. menyusun RPP Rekomendasi: 1.1.2.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

Bukti-Bukti Fisik 63 % guru kami sudah menyusun RPP dengan memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada siswa 47 % guru kami sudah menyusun RPP dengan mengabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 63 % guru kami sudah menyusun RPP dengan memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada siswa 47 % guru kami sudah menyusun RPP dengan mengabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya - Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 RPP memperhatikan perbedaan gender. norma. gaya belajar. nilainilai. motivasi belajar. dan lingkungan peserta didik. dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para Tahap ke-3 RPP memperhatikan perbedaan gender. bakat.2. emosional. norma. kemampuan sosial. gaya belajar. emosional. kemampuan awal.2. RPP memperhatikan perbedaan gender. Tahap intelektual. kebutuhan khusus. minat. kemampuan sosial.2. bakat. minat. Instrumen EDS Tahun 2011 41 . RPP memperhatikan perbedaan gender. kemampuan awal. v Tahap ke-2 Tahap ke-1 RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik. motivasi belajar. minat. potensi. kemampuan awal. latar belakang budaya. tahap intelektual. kecepatan belajar.2. Tahap intelektual. kecepatan belajar. bakat. latar belakang budaya. nilai-nilai. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2. kemampuan awal. emosional. kebutuhan khusus. latar belakang budaya. kemampuan sosial. latar belakang budaya. potensi. dan lingkungan peserta didik. kebutuhan khusus. kecepatan belajar. gaya belajar. nilainilai. potensi. kebutuhan khusus. motivasi belajar. kecepatan belajar. norma.

Rekomendasi: 1.ahli. Sekolah mengundang pengembangan SBM pengawas pembina untuk melakukan pembinaan tentang implementasi Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

Sekolah mengundang pengembangan SBM. serta dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE) dan materi lain dari e-library sekolah 41 . Tahap ke-1 Siswa sekolah kami menggunakan sumber yang dimiliki sendiri. Siswa dapat mengakses buku panduan. pengawas pembina untuk melakukan pembinaan tentang implementasi Instrumen EDS Tahun 2011 Siswa sekolah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan sekolah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar sekolah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang.1.3.2. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah Bukti-Bukti Fisik Sumber belajaran setiap mata pelajaran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sebagian kecil guru belum dapat menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar Tahapan Pengembangan v Tahap ke-4 Tahap ke-3 Siswa sekolah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan sekolah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar sekolah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang. buku pengayaan. Tahap ke-2 Siswa sekolah kami menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan sekolah selama pelajaran berlangsung. serta dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE). buku referensi.3. hanya belajar Rekomendasi 1. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 2.

buku referensi. Sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan dimana buku teks pelajaran cukup untuk satu siswa satu buku 2. buku pengayaan. Sekolah kami perlu mensosialisasikan tentang buku-buku yang ada di perpustakaan untuk dapat dipergunakan sebagai sumber belajar oleh semua siswa dalam proses belajar mengajar 2.2. Modul pengayaan yang disusun oleh guru mata pelajaran. Sebagian kecil guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar 1. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Buku-buku paket yang ada di perpustakaan. Guru-guru kami menggunakan buku panduan. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. Guru menggunakan buku panduan. Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada bukubuku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah dengan melibatkan siswa. 2. Guru memanfaatkan buku panduan atau buku referensi dan sumber lain sebagai pedoman proses pembelajaran 3. buku pengayaan. buku referensi.3. 3.2. Sekolah kami perlu mengadakan pembinaan kepada guru mata pelajaran agar dapat lebih memanfaatkan sumber belajar yang ada di perpustakaan dan di lingkungan sekitarnya. Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran. namun hanya pada mata pelajaran tertentu. Rekomendasi 1. Hasil survey dari study kasus di SMA Bandung Lautan Api. Instrumen EDS Tahun 2011 Tahap ke-3  Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 .3 Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 2.

Internet bisa dijadikan referensi bahan ajar Instrumen EDS Tahun 2011 41 .3.

inspiratif. dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di sekolah lainnya. inspiratif. 7.4. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif. menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. inti. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif. Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 . dan penutup. 47 % guru melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP dan menggunakan metode yang inspiratif dan menantang 2. 26 % guru mengelola kelas secara efektif 3. inspiratif. 63 % guru menyusun RPP dan memperhatikan kebutuhan siswa 4. Hasil supervise klinis yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas 3.  Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami belum konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusunnya. 100 % guru memberikan respon positif terhadap pendapat siswa dan selalu menciptakan hubungan baik antara guru dan siswa. menantang dan memotivasi peserta didik 2. Hanya 47 % guru mengajar dengan menggabungkan pendekatan sistematis dan mempertimbangkan isu keanekaregaman dan lintas budaya. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif. Siswa dan guru memiliki keinginan berprestasi tapi hanya 47 % pendidik selalu memberikan penguatan terhadap hasil peserta didik dan selalu memberikan penghargaan kepada siswa. 5. 6.4. Hasil wawancara oleh siswa terkait dengan pembelajaran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif. 79 % guru memberikan penjelasan tambahan diluar jam sekolah. menyenangkan.1.2. kreatif. dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan. Bukti-Bukti Fisik 1. RPP setiap mata pelajaran yang dibuat oleh semua guru 2. inspiratif. Tahap ke-3 Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif. inspiratif. menyenangkan. menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. menyenangkan.

2. Bukti-Bukti Fisik 1. inspiratif. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif. Sekolah kami perlu bimbingan pengembangan dan pembuatan RPP dan implementasinya supaya guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan siswa dan mengajar dengan pendekatan sistematis menantang dan menyenangkan. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. kreatif. elaborasi dan konfirmasi kepada siswa di sekolah kami. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. Perlu supervisi dan pengawasan serta pembinaan yang menyeluruh dari kepala sekolah dan para pengawas pembina.4.4. Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses Tahap ke-3 Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi.  Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami belum memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. melaksanakan proses pembelajaran dengan melakukan eksplorasi dan elaborasi. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. RPP yang dibuat guru. serta mendapatkan konfirmasi di setiap Instrumen EDS Tahun 2011 41 .2. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. serta mendapatkan konfirmasi. 47 % guru kami baru melakukan eksplorasi. 2.1. 2. menantang dan memotivasi peserta didik 2. serta mendapatkan konfirmasi. menyenangkan.

KKM .1. 2. pelaksanaan.Menginformasikan Rubrik penilaian Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik RPP sudah sesuai dengan acuan BSNP namun jarang di kaji ulang setiap tahunnya Semua guru memiliki silabus sesuai dengan standar BSNP tapi jarang di kaji ulang setiap tahunnya Semua guru melaksanakan perencanaan penilaian secara berkala namun hanya sebagian guru yang mereviu untuk di jadikan acuan untuk kemajuan hasil belajar siswa Baru sebagian guru yang melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP dan metode pembelajaran yang interaktif.5.Naskah Soal .Laporan Hasil Konseling .LHBS . 2. inspiratif dan menyenangkan. Hasil pembelajaran siswa kelas XII melebihi standar ketuntasan belajar Nasional.Kisi-kisi Soal . Bukti-Bukti Fisik .Kunci Jawaban . dan Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu saja. Sekolah kami perlu bimbingan dari pihak terkait dalam hal ini mengenai metode pembelajaran yang interaktif. Rekomendasi: 1. pelaksanaan.pembelajaran.RPP Silabus . namun rata-rata nilai raport di bawah standar Nasional Sekolah melaporkan hasil penilaian setiap mata pelajaran kepada orang tua siswa Sekolah juga melaporkan hasil bimbingan konseling terhadap orang tua siswa Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2.5. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan. Instrumen EDS Tahun 2011 41 . dan penilaian hasil Tahap ke-3 Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan. dan penilaian hasil pembelajaran. Sekolah kami perlu mengadakan pembinaan kepada guru-guru untuk dapat menggukan metode interaktif dalam proses pembelajaran. pelaksanaan. pelaksanaan. proses pembelajaran. dan penilaian hasil  Tahap ke-2 Tahap ke-1 Proses pembelajaran di sekolah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan.

Guru memilikinsilabus sesuai mata pelajaran berdasarkan standar isi. Soal dan perangkat penilaian. media atau alat-alat pembelajaran 9. Hasil evaluasi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.pembelajaran termasuk program tindak lanjut.5. RPP 8. pembelajaran. Pengembangan dari standar kompetensi silabus menjadi sebuah pedoman kegiatan mengajar 8. Kegiatan evaluasi 12. 10. hasil evaluasi dan tindak lanjut. Bukti-Bukti Fisik 1.5. lingkungan dalam sekolah 11. Hasil pengembangan diri dan bukti evaluasinya 4. Bahan ajar 9. Disusun dari silabus disesuaikan dengan alokasi jadwal waktu mengajar 6. Hubungan dengan lingkungan dan sekolah. Rekomendasi: 1. SK dan jadwal mengajar untuk guru 2. Lingkungan belajar 11. Program Pembelajaran satu tahun 7. Jadwal kegiatan ekstrakurikuler. Silabus setiap mata pelajaran 5. Menggunakan panduan penyusunan Kurikulum dari BNSP direvis setiap tahun 3. Program Pembelajaran Semester 6. standar kompetensi lulusan dan KTSP 5. Arsip SK mengajar dan jadwalnya 2. Disusun dari silabus disesuaikan dengan alokasi waktu mengajar dari program semester 7. bimbingan konseling dilengkapi dengan rencana program. Sarana Belajar 10. Sekolah mengadakan rapat koordinasi dengan TPK dan semua guru untuk menyamakan persepsi dan proses pembelajaran agar sesuai dengan acuan 2. penilaian hasil pembelajaran. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2. Sekolah perlu melaksanakan sepervisi dan evaluasi pada tiap tahap proses pembelajaran 2.2. Revisi 1 tahun pembuatan Kurikulum Sekolah 3. Diambil dari buku paket. analisis da nilai Daftar nilai guru dan raport Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Bukti ruangan sekolah dan kelengkapannya. 4. perustakaan dan laboratorium.

teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik. Perlu meningkatkan nilai siswa dengan sistem pembelajaran yang didukung oleh sarana dan prasarana. Perlu adanya pengkajian dari hasil pembuatan KTSP. Peningkatan kemampuan guru dalam pembalajaran yang lebih interaktif.  Tahap ke-2 Tahap ke-1 Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran hanya dilakukan oleh pengawas. inspiratif untuk memotivasi peserta didik. Rekomendasi: 1. Tahap ke-3 Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas. Instrumen EDS Tahun 2011 41 .Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah. silabus dan RPP 2. 3. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti.

3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Komponen 3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan Indikator 3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. 3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. 3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. 3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. 3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. 3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

Instrumen EDS Tahun 2011

41

3.
3.1.

KOMPETENSI LULUSAN
Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. Bukti-Bukti Fisik Rekapitulasi hasil ujian nasional Buku induk Data pennelusuran lulusan Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • 70 % Hasil belajar siswa belum mencapai target yang ditetapkan pada KKM nasional untuk seluruh mata pelajaran dari seluruh tingkat • 100 % siswa lulus dalam ujian nasional dengan rata-rata nilai ujian 6.25 dan melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran

Tahapan Pengembangan Tahap ke-4
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.

Tahap ke-3

Tahap ke-2
Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten.

Tahap ke-1
Hasil belajar peserta didik masih di bawah SKL.

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.

Rekomendasi:

Sekolah perlu untuk melakukan penguatan motivasi siswa untuk lebih percaya diri dan memiliki kompetensi serta harapan yang tinggi dalam berprestasi melalui proses kbm

Instrumen EDS Tahun 2011

41

• Prestasi akademik siswa mengalami kemajuan dari tahun ke tahun ditandai dengan diterimanya lulusan di perguruan tinggi negeri

Instrumen EDS Tahun 2011

41

3.1.

Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. Bukti-Bukti Fisik Grafik kunjungan dan peminjaman buku perpustakaan RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sebagian besar peserta didik memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar dan memanfaatkan perpustakaan. 50 % kegiatan belajar sudah melibatkan peserta didik dengan analisis dan pemecahan masalahmasalah kompleks.

-

Tahap ke-4
Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka.


Peserta menjadi mandiri.

Tahap ke-3
didik kami mampu pembelajar yang

Tahap ke-2
Sebagian peserta mampu menjadi yang mandiri. didik kami pembelajar

Tahap ke-1
Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Rekomendasi:
. SEKOLAH PERLU LEBIH MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA PESERTA DIDIK UNTUK MENGEMBANGKAN BERPIKIR LOGIS, KRITIS, ANALITIS, DAN KREATIFITAS

Instrumen EDS Tahun 2011

41

Tahapan Pengembangan

Bukti-Bukti Fisik Program. serta mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun. Peserta didik belum memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.1. evaluasi. Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. dan RTL dari ekskul dan bk Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab melalui kegiatan ekskul • Siswa memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab melalui kegiatan ekskul • Siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya melalui kegiatan ekskul • 25 % guru telah terbiasa memberikan pembiasaan terhadap siswa untuk memperoleh pengalaman dalam mengapresiasikan karya seni dan budaya melalui kegiatan dan pemajangan karya siswa Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.1.3.3. Sebagian peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Rekomendasi: Sekolah perlu untuk terus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan ekskul serta terus membiasakan siswa untuk mengungkapkan pendapat dengan santun dan jelas Instrumen EDS Tahun 2011 √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 Tahapan Pengembangan . Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan 3.

dan perhatian kepada orang lain. dan tindak lanjut tentang program ekstrakulikuler dan bimbingan konseling  RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah telah mengembangkan kurikulum melalui muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu kewirausahaan dan pengembangan diri yang disesuaikkan dengan kebutuhan peserta didik. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. toleransi. Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas. kerja keras.3. toleransi. yaitu ekstrakurikuler (pembinaan ROHIS. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3. Rekomendasi: Sekolah perlu untuk membina siswa untuk terjun langsung dalam kegiatan riil yang melibatkan siswa dalam masyarakat agar lebih membangun kepribadian dalam ruang lingkup yang lebih luas Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahapan Pengembangan . KIR. marawis dan tari saman). paskibra. evaluasi. kejujuran. Bukti-Bukti Fisik  KTSP  Rencana program. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas. kejujuran. akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin. serta memahami tentang disiplin. dan perhatian kepada orang lain. Tahap ke-1 Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah. olahraga. kerja keras.2. 100 % guru membiasakan pemberian respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik Semua guru selalu menciptakan hubungan baik antara peserta didik dengan sesama peserta didik lainnya Semua siswa diperlakukan dengan hormat dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama siswa - Tahap ke-4 Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di sekolah dan di tengah masyarakat luas. pembiasaan rutin (tadarus.2. tahfidz qur’an).1.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3. Sekolah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik. Bukti-Bukti Fisik  Rencana program. Sekolah kami hanya menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. Rekomendasi: Sekolah perlu untuk membina potensi dan minat peserta didik untuk dapat bias mengembangkan rasa estetika selain keterampilan Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 .2.3. Sekolah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengahtengah masyarakat.2. dan tindak lanjut tentang program ekstrakulikuler dan bimbingan konseling Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik - Sekolah sudah membiasakan siswa melakukan tadarus rutin Sekolah menyediakan berbagai ekstra kulikuler yang diminati peserta didik Tahapan Pengembangan Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan. evaluasi.

Rekomendasi: Sekolah perlu untuk membina potensi dan minat peserta didik untuk dapat bias mengembangkan rasa estetika selain keterampilan Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 .3. Semua siswa berprilaku sesuai dengan norma yang berlaku dan menerapkan ajaran agama dalam kehidupan secara konsisten 2. Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari.2. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama.2. Bukti-Bukti Fisik  Rencana program. dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. budaya. Potensi dan minat 80% siswa telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3. dan tindak lanjut tentang program ekstrakulikuler dan bimbingan konseling Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. evaluasi. Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tahapan Pengembangan Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat.3.

1.2. Kualifikasi pendidik memenuhi standar 4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Komponen 4.3.2. Jumlah pendidik memenuhi standar.2. 4.2.1. 4. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar 4.3.1.1. Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai Indikator 4. Kompetensi pendidik memenuhi standar 4. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar 4. 4.3.4. Instrumen EDS Tahun 2011 41 Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai .2.1.2.1.

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 4. dan 2 pengembangan diri Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Jumlah pendidik di sekolah kami sangat memadai untuk memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Jumlah pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Tahap ke-1 Jumlah pendidik di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Mempertahankan guru yang sudah ada Instrumen EDS Tahun 2011 Jumlah pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan 41 . sedangkan jumlah Mata pelajaran sebanyak 16 mp. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4.1. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.4. 1 muatan lokal.1. Jumlah pendidik memenuhi standar.1. Bukti-Bukti Fisik Data pendidik dan tenaga kependidikan tertera di profil sekolah Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Jumlah guru sebanyak 19 orang.

Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. Tahap ke-2 Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Tahap ke-1 Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Sekolberesihanah kami membutuhkan 1 orang laboran.1. Tahap ke-3 Sekolah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. laboran komputer. 1 orang penjaga sekolah.4. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 1 orang konselor Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. 1 orang pesruruh. pustakawan. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Tenaga administrasi 6 orang.2. dan 1 orang petugas k Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4.1.

Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Kualifikasi pendidik di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Bukti-Bukti Fisik Profil sekolah.4. instrument.2.1. Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kualifikasi pendidik memenuhi standar. Rekomendasi: Sekolah kami belum melaksanakan program kompetensi tenaga pendidik agar memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai mengikuti diklat atau pelatihan agar memperoleh sertifikat sebagai kepala sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 √ Tahap ke-1 . 5. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.2 % guru belum memiliki kualifikasi pendidikan minimal Semua guru sudah sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan Tahapan Pengembangan Sekolah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik.2. da n isi wawancaea Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kepala sekolah S1 tapi belum bersertifikat kepala SMA dari lembaga yang berwenang.

4.lum memiliki pengalaman dan belum bersertifikat kepala laboratorium. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar. Tidak memiliki teknisi komputer Tidak memiliki laboran IPA Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. Tahap ke-2 Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan √ Tahap ke-1 Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kepala administrasi tidak memenuhi kualifikasi pendidikan yang relevan Kepala administrasi tidak memiliki sertifikat tenaga administrasi Pelaksan urusan administrasi tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan Pelaksan administrasi keuangan sesua dengan kualifikasi pendidikan Pelaksana urusan sarana dan prasarana sesuai dengan kualifikasi pendidikan Hubungan sekolah sesuai kualifikasi pendidikan Pelaksna administrasi persuaratan relevan Pelaksana urusan administrasi kesiswaan relevan Pelaksna urusan kurikulum relevan Penjaga sekolah tidak relevan Kepala perpustakaan sessuai tai tidak memiliki sertifikat pengelola perpustakaan Tenaga khusus konselor tidak ada Tenaga laboratorium komputer sesuai dengan pendidikan tetai be.2. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4.2.2. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Tahap ke-3 Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Rekomendasi: Sekolah kami memerlukan 1 orang laboran IPA. 2. Penyusunan RAPBS serta visi dan misi melibatkan kepala sekolah. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. 1 oorang pesuruh. Lima orang guru mengelola kelas secara efektif mulai dari mengatur tempat duduk sesuai dengan karakter pembelajaran sampai memajang karya siswa 8. dokumen kurikulum. tenaga kependidikan. 4. Rekomendasi: Guru harus mereview silabus dan RPP Instrumen EDS Tahun 2011 41 . laporan keuangan. Guru memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran 10. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Tahap ke-1 Kompetensi pendidik di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. Bukti-Bukti Fisik RKAS. komite sekolah dan membuat program supervisi ( manajerial). Sekolah memberikan subsidi silang terhadap siswa tidak mampu (sosial) 5. Adanya laporan keuangan. pendidik. laporan evaluasi diri Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.3. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. dan 1 orang petugas kebersihan. Guru memperlihatkan empati. laporan evaluasi diri (kepribadian/keterbukaan) 6.Guru melaporkan hasil penilaian kepada orang tua siswa Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik.3. simpati dan akrab kepada siswa 9. Guru tidak mereview silabus dan RPP 7. Sekolah mengambangkan koperasi sekolah (kewirausahaan) 3.1. Kepala sekolah melaksnakan dan menindaklanjuti program supervisi pembelajaran (supervisi) 4. Kompetensi pendidik memenuhi standar.

Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar Bukti-Bukti Fisik Laporan penilaian prestasi kerja Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Adanya laporan hasil bimbingan dan konseling kepada orang tua siswa Tahapan Pengembangan Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik.2.4. Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 √ Tahap ke-1 . Sebagian besar siswa mengunakan perpustakaan sebagai sumber belajar 2.3.3. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

dan lainnya. dan lainnya. Rekomendasi: Tahap ke-2 Sekolah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan. SARANA DAN PRASARANA Sarana sekolah sudah memadai 5. 5. persyaratanuntuksistemventilasi.8 m2 Rasio minimum luas lahan terhadap peserta didik( m2 / pesertadidik ) Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami belum memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan. persyaratan untuk sistem ventilasi. 1 R. 41 .BK 8 m2.5.1. danlainnya. jumlah ruangan. Tahap ke-4 Sekolah kami memilikibangunangedung yang ukuran.1.Sekolah kami perlu perubahan ruangan sesuai dengan SPM 22.OSIS 8 m2.8 m2 TahapanPengembangan Tahap ke-3 Sekolah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan.TU dan Guru 64 m2. 1 Lab. persyaratan untuk sistem ventilasi.1. jumlah ruangan. 1 ruang perpus 24m2. jumlah ruangan. 32 m2. UKS 16 m2. ventilasi. 6 jamban dan gudang 4 m2. 1 tepat ibadah 64 m2. persyaratan untuk sistem ventilasi. Sekolahmemenuhistandarterkaitdenganukuranruangan. 1 R. v Tahap ke-1 1.Lab. R.IPA 64 m2. koridor dgn pencahayaan dan tempat bermain olah raga 450 m2 . dan lainnya.Komp. Bukti-Bukti Fisik Luas lahan 414 m2 Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Ruang Kepsek 24 m2. Jadi sisa ruangan untuk kelas adalah 106 m2 dibagi 6 ruangan sama dengan 17. jumlahruangan. 1 R. dankelengkapanlainnyamelebihi ketentuandalamSNP. 1 R.666 idealnya adalah 22.

Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar 5. Sarana sekolah sudah memadai Instrumen EDS Tahun 2011 41 .2.3.2.2. 5.5. 5.1. persyaratan untuk sistem ventilasi.1.1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA Komponen Indikator 5. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.1.2.2. Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran. 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik 5. dan lainnya. jumlah ruangan.1.1. Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan. 5.

agar dapat lebih meningkatkan mutuproses pembelajaran. Sementara Rasio minimum luas lantai bangunan ideal terhadap peserta didik (bangunan satu lantai) adalah 6. Rekomendasi: Luas bangunan 106 m2 idealnya hanya untuk 4 ruangan. Tahap ke-3 Sekolah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. Dengan jumlah siswa 145 maka luas lahan persiswa yaitu 0. Sekolahmemenuhistandarterkaitdenganjumlahpesertadidikdalamrombonganbelajar.2.5.8 TahapanPengembangan Tahap ke-4 Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam SNP. Tahap ke-2 Sekolah kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.73. Bukti-Bukti Fisik Ada 6 rombel dengan jumlah siswa 145 Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Luas ruangan 6 kelas yaitu 106 m2. Jadi sekolah kami memerlukan perubahan ukuran ruangan yang sesuai dengan rasio minimum luas lantai. √ Tahap ke-1 Sekolah kami belum memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. Sarana sekolah sudah memadai 5.1. Jadi sekolah membutuhkan 2 RKB Instrumen EDS Tahun 2011 41 .1.

1.3. perpustakaan. dan lingkungan belum dapat terpenuhi secara lengkap. Sarana sekolah sudah memadai 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran. 41 . Jumlah Buku teks cukup untuk satu siswa satu buku sesuai dengan rasio minimum. √ Tahap ke-1 Rekomendasi: • Menambah dan melengkapai alat dan sumber belajar. laboratorium dan lingkungan sebagai sumber belajar TahapanPengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki alat dan sumber belajar yang melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkanmutu proses pembelajaran. Tahap ke-3 Sekolah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP. Mengadakan kegiatan pembinaan dan motifasi terhadap guru dan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar.1. Sementara guru dan siswa belum sepenuhnya memiliki kesadaran dalam memanfaatkan perpustakaan. Bukti-Bukti Fisik • • • • • Papan tulis Buku teks Buku pengayaan Buku referensi Laboratorium Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Jumlah papan tulis sesuai dengan rombel.5. Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami belum memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM. Tahap ke-2 Sekolah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM. Laboratorium.

2. harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti. Instrumen EDS Tahun 2011 Pemeliharaanbangunan di sekolah kami dilaksanakansecararutinmelebih iwaktu yang ditetapkandalam SNP dancatatanpemeliharaantereka mdenganbaik. keterbukaan dan keteladanan) • Anggaran pemeliharaan masuk RAPBS TahapanPengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Pemeliharaanbangunan di sekolah kami dilaksanakansecaraberkalasesua idenganSNP.2. kekeluargaan. kebersihan. kesehatan. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik 5. Rekomendasi: Melaksanakan.ketertiban. dan mempertahankan etos budaya sadar yang ada di sekolah. 41 . Bukti-Bukti Fisik • • Program pemeliharaan Program 9K Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • Program Pemeliharaan bangunan jangka pendek satu tahun sekali (pengecatan) • Melakukan program 9K (keamanan. memaksimalkan. Tahap ke-1 Pemeliharaan bangunan di sekolah kami tidak dilaksanakan secara rutin. Sebagian gedung sekolah kami di bawah standar. Tahap ke-2 Pemeliharaan bangunan di sekolah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan.1.kerindangan.keindahan.5.

kenyamanan program sekolah berwawasan lingkungan.5. indah. Melaksanakan dan memaksimalkan program kemanan. • Jalan menuju sekolah mudah diakses karena mudah dijangkau dengan transportasi umum. Bangunan di sekolah kami amandannyamanuntuksemuape sertadidikdanmemberikemudaha nkepadapesertadidik yang berkebutuhankhusus. Sekolah dalamkondisi terpelihara dan baik 5. • Kondisi bangunan baik dan nterpelihara dengan baik dan bangunan gedung dilengkapi dengan penangkal petir • Sekolah dalam keadaan bersih dan memiliki pembuangan akhir 1. minimum jangka 5 tahun. agar sekolah menjadi lebih bersih.tempatsampahcuk up. rindang dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik Instrumen EDS Tahun 2011 41 . tertib. Rekomendasi: 1. dapatmerasakankeamanandank enyamanandalamsetiapbangun an yang ada. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.memiliki TPAS dangedungdilengkapipen angkalanpetirdantransfor tasiumummudahdijankau TahapanPengembangan Tahap ke-4 Setiap orang yang datangkesekolah kami. Program Pemeliharaanbangunandi lakukansetiap 1 sekalitahunberupapengec atandan Program 9 K 2. Tahap ke-1 Sebagian bangunan di sekolah kami masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • Sekolahmemilikiprogranperbaikan / pemeliharaansaranadanprasarana.2.2. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Bangunan yang ada di sekolah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus. Kondisibangunanbaikdan bersih. sehat. • Sekolahmelaksanakanperbaikan / pemeliharaansaranadanprasaranapadakurunwaktu 5 tahunterakhir. selainwargasekolahtermasuk yang berkebutuhankhusus. termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus.2.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

2. kemitraan.2. 6.3. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan Indikator 6. 6.2.4.6. keterbukaan. menilai kinerja. partisipasi.1.1.3. STANDAR PENGELOLAAN Komponen 6.3.3.2.1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra) 6.1. Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.1. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian.2.5. efisien dan dapat dipertanggungjawabkan 6. dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar 6.2. dan akuntabilitas. Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien. 6. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid 6.1.3. efektif. 6.4.5. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan. 6.4. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur. dan dapat diakses 6. Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan 6. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional 6. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6.2.2.5.1. Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif.1. Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan. Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar 6.

Sekolah belum melakukan revieuw visi misi secara berkala 2. Bukti-Bukti Fisik 1.2. Sekolah mensosialisasikan visi misi pada semua warga sekolah dan masyarakat sekitar 3.6.1 STANDAR PENGELOLAAN Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak 6.1.6. Sekolah merumuskan dan menyusun visi misi dengan melibatkan kepse.1. Sekolah memiliki dokumen visi misi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. kondisi dan kebutuhan sekolah.tendik. Tahap ke-2 Sekolah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga sekolah. Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.komite sekolah. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan secara buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi.6.1 Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah 6. sekolah memasang visi misi pada hampir di setiap sudut gedung dan di dalam kelas belajar 2. 6. Tahap ke-3 Sekolah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga sekolah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan. 6.6. Sekolah perlu melakukan review Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis. 1.ortu dan warga masyarakat dekitar 2. Rekomendasi: 1. Tahap ke-1 Sekolah kami belum memiliki visi dan misi yang jelas yang dirumuskan bersama oleh warga sekolah.

pendidik dan tenaga kependidikan. Bukti-Bukti Fisik 1.2. partisipatif.1. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah secara mandiri. kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga sekolah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan sekolah. partisipasi. kemitraan. pihak yayasan. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak 6.  RKS yang disusun distujui oleh unsur sekolah. Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri.1. Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 .6. RKS disyahkan Dinas 3. partisipatif. dan akuntabilitas. Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian. kolaboratif dan akuntabel Sekolah kami belum mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah. Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah secara mandiri. RKS memilki persetujuan Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik  Penyusunan RKS disusun oleh kepala sekolah. kemitraan. partisipatif. kolaboratif dan akuntabel. Memilki RKS 2. dan Dinas  Sekolah memiliki program yang rutin dilaporkan kepada Dinas  Sekolah menyusun RKS yang dijadikan dasar penyusunan RKAS sebagai implementasi rencana kerja tahunan  Sekolah memiliki Program kerja/Pengelolaan yang dapat dilihat melalui Blog 3. keterbukaan.

Pihak sekolah perlu memaksimalkan potensi warga sekolah dan melibatkan turut serta mengembangkan pengelolaan sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

1. Tahapan Pengembangan Tahap ke-3 Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M. seolah perlu mengadakan pelatihan bagi tenaga administrasi Instrumen EDS Tahun 2011 41 .2.2. yang berbasis analisis EDS/M dan di update secara berkala.2. RAPBS yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan yayasan 2. Rekomendasi: 1. Pengelolaan keuangan berjalan dengan rapih Bukti-Bukti Fisik 1. RAPBS yang dibuat merujuk pada peraturan pemerintah dan yayasan 2. Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. 6. Tahap ke-2 Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS. Tahap ke-1 Sekolah kami memiliki dokumen rencana kerja tahunan namun belum memiliki renstra. sekolah perlu mengadakan rapat perencanaan RAPBS dengan pihak-pihak terkait 2. 4. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan. keuangan dilengkapi dengan bukti pngeluaran yang sah Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk dokumen renstra dan RKS. Rencana kerja sekolah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.

Sekolah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder sekolah dalam rapat dinas.3. Rekomendasi sekolah perlu mengadakan rapat rencana kerja secara berkesinambungan Instrumen EDS Tahun 2011 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 . Sekolah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder sekolah dalam berbagai kesempatan dan online di situs sekolah.2. Bukti-Bukti Fisik rapat kerja penyusunan rencana kerja Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah mensosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak-pihak terkait tentang rencana kerja untuk peningkatan dan perbaikan yang berkelanjutan 5. misalnya kepada dinas pendidikan atau ketua yayasan. Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan. Rencana kerja sekolah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.2.2. 6. Sekolah kami belum mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder sekolah.

Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal sekolah.3. Standar Kompetensi Lulusan.3.6. Tahap ke-2 Rencana kerja tahunan sekolah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra) Bukti-Bukti Fisik Sekolah mempunyai RKAS Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Pelaksanaan RKAS yang telah dirumuskan dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah Tahap ke-4 Rencana kerja tahunan sekolah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6. Standar Kompetensi Lulusan. Standar Proses dan Standar Penilaian. Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite sekolah dan sudah tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku kepentingan. Tahap ke-1 Sekolah belum memiliki Rencana kerja tahunan sekolah dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan sesuai dengan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan. Tahap ke-3 Rencana kerja tahunan sekolah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi. Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite sekolah namun belum tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan. Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 6.2. Standar Kompetensi Lulusan. Tahapan Pengembangan .

6.3. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku kepentingan. Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar. Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Tahap ke-2 Sekolah kami melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang sekolah dan belum melibatkan warga sekolah. Tahap ke-1 Sekolah kami belum melakukan evaluasi diri secara berkala dan berkelanjutan. Bukti-Bukti Fisik Sekolah mempunyai laporan evadir Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah melaksanakan evadir sekolah secara berkala 7. Tahap ke-3 Sekolah kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar.3.2. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6.Sekolah perlu menyusun rencana kerja tahunan secara berkesinambungan.

Tahap ke-3 Sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. menilai kinerja. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.3. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur.3. Tahap ke-2 Sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah namun belum didasarkan pada hasil evaluasi diri sekolah. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6.Sekolah melakukan evadir dengan melibatkan disdik dan para pemangku kepentingan 6.3. Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Tahap ke-1 Sekolah kami belum mampu menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah kearah peningkatan hasil belajar. dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. Bukti-Bukti Fisik Sekolah memiliki program peningkatan kompetensi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah menfasilitasi pendidik dan tendik dalam meniongkatan kompetensi 8.

Sekolah menindaklanjuti sesuai dengan program yang telah dibuat Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

4. Telepon. Kotak Saran Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Stakeholder mudah mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah Sekolah memiliki petugas pelayanan informasi dan data pengelolaan sekolah Sekolah belum memiliki websekolah. Mendorong pemanfaatan fasilitas yang tersedia melalui media pembelajaran. efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Rekomendasi: Sekolah harus mempunyai sistem pengelolaan data secara online pada website sekolah.6. Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif. Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif. Tahap ke-1 Pengelolaan data di sekolah kami belum berbasis ICT sehingga belum efektif dan efisien. dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website sekolah. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Pengelolaan data di sekolah kami berbasis ICT namun masih menggunakan program office yang sederhana dan belum berbasis website. Papan Pengumuman.4. Semua fasilitas yang tersedia belum dimanfaatkan secara optimal Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif. Bukti-Bukti Fisik Blog Sekolah.1. 41 . efisien. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid 6. efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Kotak Saran • • Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • Stakeholder mudah mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah Sekolah memiliki petugas pelayanan informasi dan data pengelolaan sekolah Sekolah membuat dan melaporkan laporan data pengelolaan sekolah bulanan secara rutin atau informasi yang diminta dinas Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami akses informasi yang terbaru sekolah dan berkepentingan diakses secara website sekolah. Telepon. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid 6. menyediakan dengan data bagi warga pihak yang serta mudah online melalui v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah kami menyediakan akses informasi untuk warga sekolah namun belum ditunjang oleh sistem pembaharuan data.6. efektif. Papan pengumuman.4. dan dapat diakses. Rekomendasi: Sekolah harus membuat website sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien. Bukti-Bukti Fisik Blog sekolah. Tahap ke-1 Sekolah kami belum menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga sekolah. Sekolah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.2.

Sekolah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. Rekomendasi: Sekolah harus mempromosikan PTK Instrumen EDS Tahun 2011 Tahap ke-3 v Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 . Bukti-Bukti Fisik Program peningkatan kompetensi PTK Program Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah memfasilitasi dalam peningkatan kompetensi PTK Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektifitas kinerja.5.6. Sekolah kami kurang memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan 6.1. Sekolah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya.5.

Rekomendasi: Sekolah membuat program supervisi disesuaikan dengan standar nasional Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional. instrumen supervisi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kepala Sekolah membuat dan melaksanakan program supervisi serta menindaklanjutinya secara rutin dan berkala Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan.2. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan 6. program tindak lanjut. v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik.5. 41 . Tahap ke-1 Sekolah kami belum melakukan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan secara berkala.5. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional Bukti-Bukti Fisik Program supervisi.6.

Pemberian penghargaan Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah membuat pembagian tugas untuk pendidik.6. tenaga kependidikan dan siswa Sekolah memberikan reward kepada guru mata pelajaran UN yang memperoleh nilai tertinggi Tahapan Pengembangan Warga sekolah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis serta kegiatan pengembangan sekolah pada umumnya. Warga sekolah kami belum terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah 6.6.1. Warga sekolah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis. Bukti-Bukti Fisik Pembagian tugas. Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis. Rekomendasi: Sekolah harus membuat job description yang rinci dan jelas Sekolah membentuk TPS Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 .6. Warga sekolah terlibat langsung hanya pada kegiatan akademis.

AD/ART.6. Rekomendasi: Komite Sekolah harus diberi kesempatan untuk lebih brerkreasi dalam keterlibatan pengelolaan non akademis di sekolah Instrumen EDS Tahun 2011 v Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 41 .6.6. Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah 6. Bukti-Bukti Fisik Memiliki Komite Sekolah (Struktur organisasi . Sekolah kurang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.2. Sekolah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. Rencana kerja dan kegiatan Komite Sekolah) Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Rencana Kerja sekolah disosialisasikan kepada orang tua (komite sekolah) Sekolah menjalin kemitraan dengan komite sekolah dalam kegiatan nonakademik Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan kesempatan untuk berkreasi. Sekolah kami sama sekali tidak melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah. 7.3.1.1.2. .1.3. Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.2.1.2.3. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Instrumen EDS Tahun 2011 Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya 7. STANDAR PEMBIAYAAN Komponen 7.7.3. Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat. efisien. 7.2. pemerintahan provinsi. dan akuntabel. Sekolah menjamin kesetaraan akses 7.1. dan pemerintahan kabupaten/kota 7. 7.1. 7. Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan 7.2.3. Sekolah memelihara hubungan dengan alumni. Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri 41 7. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan.4.2. 7.1.2.1. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar Indikator 7.

1. dan pemerintahan kabupaten/kota Bukti-Bukti Fisik RKAS/RAPBS AD/ART LEMBAGA Program Kegiatan Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik . dan pemerintahan kabupaten/kota. pemerintahan provinsi. Tahap ke-1 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada Peraturan Pemerintah. Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah. Rekomendasi: .Sekolah menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan .6. pemerintahan provinsi.1.1.Sekolah membuat Rencana Kerja Tahunan  Tahap ke-4 Tahap ke-3 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait.Sekolah mempertahankan penyusunan RAPBS Instrumen EDS Tahun 2011 Tahapan Pengembangan 41 . Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 6. Tahap ke-2 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah. PEMBIAYAAN 6.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

Sekolah kami perlu menyusun program penjalinan kerjasama dengan Du-Di Instrumen EDS Tahun 2011 41 . Pendidik.1.1. Penyususnan RAPBS melibatkan Kepala Sekolah. Bukti-Bukti Fisik RAPBS Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik . Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.2. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan serta Dunia Usaha dan Dunia Industri.RAPBS dirumuskan merujuk pada PP dan Peraturan Yayasan.  Tahap ke-3 Tahap ke-2 Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan Tahap ke-1 Perumusan RAPBS belum melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan Rekomendasi: . Komite Sekolah. Tenaga Pendidikan.7.

Pemeriksaan buku kas (umum/pembantu) secara periodik oleh petugas yang berwenang . Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. efisien. Tahap ke-1 Penyusunan rencana keuangan sekolah belum dilakukan secara transparan.Setiap transaksi keuangan (penerimaan dan pengeluaran) disertai dengan buku yang sah • • • Dokumen RKAS/RAPBS Dokumen LPJ setahun Dokumen Pembukuan Tahapan Pengembangan  Tahap ke-4 Tahap ke-3 Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan.Melaksanakan pembukuan keuangan sekolah . efisien dan akuntabel.7. Rekomendasi: . Tahap ke-2 Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah berusaha dilakukan secara transparan.3. efisien.Sekolah mempertahankan menyusun rencana keuangan sekolah yang dilakukan secara transparan. efisien dan akuntabel kepada masyarakat dan Pemerintah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik . efisien dan akuntabel.1.1. efisien dan akuntabel. dan akuntanbel Instrumen EDS Tahun 2011 41 . dan akuntabel.

Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Tim Sekolah menyusun RAPBS yang akan disebarkan kepada peserta rapat Membuat dn menyebarkan undangan rapat Membuat blanko daftar hadir rapat Membuat notula rapat Membuat Berita Acara Hasil Rapat • • • • • Dokumen RKAS/RAPBS Undangan Rapat Daftar Hadir Peserta Rapat Notula Rapat Berita Acara Tahapan Pengembangan  Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.1. tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan. Rekomendasi: .4. Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.Sekolah mempertahankan pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 . Sekolah belum membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.7.1.

RAT . Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri Bukti-Bukti Fisik .Mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orangtua yang mampu membantu sekolah Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Tahap ke-2 Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan pra-sarana sekolah untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum mengimplementasikannya. Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya 7.2.Mengembangkan Koperasi Sekolah .1. Instrumen EDS Tahun 2011 41 . • Sekolah harus menyelenggarakan kegiatan yang dapat menghasilkan dana • Sekolah mengidentifikasi sumber dana dan donatur • Sekolah menyusun proposal penggalian dana .  Tahap ke-1 Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan. Tahap ke-3 Sekolah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah. Rekomendasi: • Sekolah harus menyusun pengembangan kewirausahaan.7.2.MoU Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik .AD/ART Koperasi Sekolah .

Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha. Kami belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan dunia industri setempat.7.2. khususnya orangtua yang mampu untuk membantu sekolah kami. Dunia Industri dan kelompok masyarakat setempat yang membantu sekolah kami dalam hal pembiayaan. Rekomendasi: • Sekolah mengidentifikasi Du-Di yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility) • Sekolah menyusun proposal penggalian dana .2. Dunia Industri dan kelompok masyarakat. Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat. Bukti-Bukti Fisik Tidak ditemukan Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Belum mengadakan kerjasama dengan Du-Di Tahapan Pengembangan  Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha. Hubungan kami dengan Dunia Usaha. • Sekolah melakukan aksi kegiatan dengan melibatkan Du-Di • Melakukan kerjasama dengan beberapa Dunia Usaha Dan Industri (Du-Di) Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 . Dunia Industri dan kelompok masyarakat harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka.2. Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya 7.

Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

Kami memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan. Rekomendasi: • Sekolah harus membentuk memiliki wadah / organisasi alumni • Sekolah harus menyusun program kegiatan yang melibatkan alumni Instrumen EDS Tahun 2011 41 .2.3.  Tahap ke-3 Tahap ke-2 Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu sekolah tetapi bukan dalam hal pembiayaan Tahap ke-1 Kami belum menyimpan catatan alumni sekolah kami. Bukti-Bukti Fisik Pendataan alumni Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Sekolah mendata alumni yan melanjutkan ke perguruan tingi Sekolah bekerjasama dengan sebagian alumni dalam membantu ekskul sekolah Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Kami memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya. Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya 7. Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.7.2.

- Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah mampu melayani siswa dari tingkatan sosial ekonomi namun belum dapat melayani siswa yang berkebutuhan khusus. Sekolah menjamin kesetaraan akses 7. 41 .3. pengurangan/pembebasan biaya pendidikan dan pemberian bea siswa Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik. Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Rekomendasi: Sekolah masih perlu melibatan dana masyarakat Instrumen EDS Tahun 2011 Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. antara lain dalam bentuk keringan biaya pendidikan.1. Tahap ke-1 Sekolah belum mampu melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.7.3.Yayasan (Sekolah) memberikan subsidi silang terhadap siswa yang kurang mampu. Bukti-Bukti Fisik Subsidi Silang Pembebasan Biaya bagi yang tidak mampu Beasiswa Prestasi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik .

2. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Bukti-Bukti Fisik Buku Kas Umum Pembebasan Biaya bagi yang tidak mampu Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Yayasan (Sekolah) memberikan subsidi silang terhadap siswa yang kurang mampu. antara lain dalam bentuk keringan biaya pendidikan. Rekomendasi: Sekolah masih perlu mencari dana dari sumber dana untuk pembiayaan subsidi silang dan pembebasan biaya bagi siswa kurang mampu Instrumen EDS Tahun 2011 41 Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 . Sumbangan orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik. pengurangan/pembebasan biaya pendidikan Tahapan Pengembangan  Kami mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya. Sumbangan orangtua dan biaya kegiatan sekolah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua. Sekolah menjamin kesetaraan akses 7.3.3. tetapi sekolah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik. Kami merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua dan menerapkan prinsip subsidi silang.7.

Instrumen EDS Tahun 2011 8.1. Guru melaksanakan penilaian secara berdasarkan rencana yang telah dibuat.3. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.1.2. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN Komponen Indikator 8.3.1.2. Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.2. bentuk.8. teratur 8. 8. Guru menyusun perencanaan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian berdampak pada proses belajar 8. Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.2. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8.2. Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka 8.4.1. 8.3.1.3.1. 41 .1. terhadap 8. 8. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. Guru menerapkan berbagai teknik.1. 8.2.

1. 41 . yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai. Kisi-kisi soal .100% menerapkan berbagai teknik dan jenis penilaian 2.8. Naskah soal 3. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.1 Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. rublik penilaian 5. KKM Instrumen EDS Tahun 2011 Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Guru-guru kami menyusun Guru-guru kami menyusun Sebagian Guru-guru kami rencana penilaian dan mengembangkan menyusun perencanaan terhadap hasil belajar perencanaan penilaian untuk penilaian berdasarkan peserta didik terhadap mencapai kompetensi kompetensi dasar dan pencapaian kompetensi peserta didik. kunci jawaban 4. standar kompetensi. Rekomendasi: - Tahap ke-1 Guru-guru kami melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik tanpa membuat perencanaan penilaian yang jelas terlebih dahulu.1 Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8.

Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami Guru-guru kami memberikan Guru-guru kami memberikan Guru-guru kami tidak menginformasikan silabus informasi kepada peserta informasi kepada peserta memberikan informasi mata pelajaran yang didik mengenai kriteria didik hanya KKM saja diawal kepada peserta didik didalam-nya memuat penilaian termasuk KKM semester. penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. mata pelajaran dan kondisi sekolah. Sekolah perlu mengadakan IHT untuk merevieu atau mengkaji penentuan KKM setiap semester / tahun dengan memperhatikan karakteristik peserta didik.2 Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).1. Instrumen EDS Tahun 2011 41 .8. mengenai kriteria penilaian. mata pelajaran dan kondisi sekolah pada awal semester. 2. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. dalamnya memuat semua guru di sekolah kami menginformasikan rubrik penilaian dan KKM kepada rancangan dan kriteria siswa. Silabus mata semua guru di sekolah kami menyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan pelajaran yang di diujikan tetapi jarang dikaji/direvieu setiap semester / tahun. Rekomendasi: 1. rancangan dan kriteria yang disusun. Hasil wawancara dengan guru dan siswa. termasuk KKM. penilaian pada awal semester.

UAS.UKK. Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.3 Guru melaksanakan Bukti-Bukti Fisik 1.Jadwal dan hasil Ulangan Harian.UN 41 . tapi didik secara berkelanjutan sesuai dengan rencana yang sebagian besar tidak sesuai dan mengembangkannya telah dibuat pada silabus dengan rencana penilaian berdasarkan rencana yang dan RPP. Mid semester.8.UKK.UKK dan Ujian Nasional sesuai dengan Kalender pendidikan Instrumen EDS Tahun 2011 Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 V Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami Guru-guru kami selalu Guru-guru kami Guru-guru kami tidak menilai menggunakan berbagai melaksanakan penilaian dan melaksanakan penilaian atau memonitor kemajuan jenis metode untuk menilai memantau kemajuan belajar terhadap peserta didik peserta didik sesuai rencana. telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. kemajuan belajar peserta peserta didik secara berkala secara periodik.Mid semester . yang telah disusun.UAS.UN penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat. Sekolah kami memerlukan Kepastian Kalender Pendidikan YANG AKURAT untuk membuat Jadwal kegiatan untuk Ulangan Harian.1. semua guru melaksanakan ulangan harian untuk mengukur pencapaian kompetensi 2.Sekolah melaksanakan kegiatan Mid semester.UAS. Rekomendasi: 1.

1. Bukti-Bukti Fisik • Instrumen penilaian yang digunakan guru • Hasil wawancara guru dan siswa terkait dengan sistem penilaian Rekomendasi: Sekolah kami perlu mengembangkan bentuk penilaian yang lebih berkualitas lagi.8. 41 Tahapan Pengembangan . Instrumen EDS Tahun 2011 Guru-guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik. bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala.4 Guru menerapkan berbagai teknik. bentuk. dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

1 Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. Tahap ke-2 Tahap ke-1 Setiap guru menyampaikan Guru tidak selalu hasil Evaluasi mata pelajaranmemberikan masukan dan serta hasil penilaian setiap komentar mengenai peserta didik kepada Kepala penilaian yang mereka sekolah pada akhir semester lakukan pada peserta didik.2 Penilaian berdampak pada proses belajar 8. dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Instrummen penilaian 100% guru telah memberikan masukan dan komentar pada hasil penilaian untuk yang telah dinilai perbaikan kepada peserta didik dibagikan kepada peserta didik Instrumen EDS Tahun 2011 Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Semua guru kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan berkala.8.2. 41 . Rekomendasi: Tahap ke-3 Guru-guru kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester.

disusun. Rekomendasi: 1. diskusi.  16% guru kami menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan penugasan.2. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik • Rubrik penilaian dan  47% guru kami mereviu tingkat kemaju an semua peserta didik pada akhir KKM semester • Hasil Tes. belajar yang mereka peroleh dan terlibat dalam penetapan target pembelajaran. dan  100% guru kami melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik kerja kelompok. unjuk menyusun / melaksanakan rencana tindak lanjut.2 Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran. kerja. observasi. 2. 41 . Sekolah kami perlu system manajemen informasi pengolahan penilaian.8. dan melaporkan hasilnya kepada orang tua penilaian untuk meningkatkan keefisiensian dalam meningkatkan kompetensi guru dalam sistem penilaian Instrumen EDS Tahun 2011 Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Tahap ke-3 Guru-guru kami Guru-guru kami selalu memberikan kesempatan menggunakan hasil kepada semua peserta penilaian peserta didik didik untuk memberikan dalam mereview rencana pendapat terhadap hasil pembelajaran yang telah pencapaian kemajuan disusun. Sekolah kami perlu menyelenggarakan IHT untuk √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Hasil tes digunakan sebagianHasil tes di sekolah kami guru-guru kami untuk tidak selalu berpengaruh merencanakan perbaikan pada perbaikan program bahan pembelajaran pembelajaran yang telah selanjutnya.

kepada orang tua/wali masing peserta didik peserta didik dalam bentuk secara berkala sesuai laporan pendidikan.  SMA BLA melaporkan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada Dinas Pendidikan kabupaten/kota.  SMA BLA melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.  SMA BLA rnenerbitkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan Ijazah setiap peserta didik / Peserta Ujian Nasional dan diserahkan pada Wali Murid Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Sekolah kami Sekolah kami Sekolah kami membuat Sekolah kami membuat menyampaikan laporan menyampaikan laporan laporan hasil penilaian laporan kepada orangtua semua hasil penilaian hasil penilaian mata kepada orangtua secara berupa hasil penilaian akhir peserta didik kepada pelajaran untuk semua rutin dan sistematis dalam di setiap akhir semester.1 Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan. orangtua dan kelompok mata pelajaran bentuk laporan pendidikan. baik.  Guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat baik.3 Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka 8. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Buku Laporan Pendidikan  100 % Guru di SMA BLA melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap Buku Laporan Pribadi akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai SKHUN prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan Ijazah kompetensi utuh. mendiskusikannya secara pada setiap akhir semester mendetail untuk masing.  SMA BLA melaporkan hasil kelulusan ujian sekolah dan UN kepada Dinas Pendidikan sesuai dengan kreteria kelulusan yang ditentukan sekolah. atau kurang baik.8. Instrumen EDS Tahun 2011 41 .3.

dengan kesepakatan Rekomendasi: Instrumen EDS Tahun 2011 41 .

Pembagian Laporan Hasil Belajar Siswa dan Bimbingan Konseling Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Sekolah kami membuat Sekolah kami menjalin Sekolah kami belum Sekolah kami belum laporan berkala pada kemitraan dengan orangtua memberi kesempatan melibatkan orangtua secara orangtua mengenai dalam meningkatkan berdiskusi untuk aktif dalam membantu anak pencapaian hasil belajar pencapaian hasil belajar membangun kerja sama mereka belajar di rumah. Pelaksanaan 5. Hasil pelaksanaan perbaikan dan pengayaan dilaporkan kepada orang tua siswa perbaikan dan 6. KKM 4. kemajuan anak mereka serta mengajukan usulanusulan peningkatan hasil belajar peserta didik. 2. Pembagian Ijazah dan SKHUN untuk peserta didik kelas akhir 3.Instrumen EDS Tahun 2011 8. peserta didik dan siswa.2 Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Semua guru menyusun KKM dan disosialisasikan kepada peserta didik.3. dengan orangtua agar menawarkan kesempatan membantu anak mereka untuk mendiskusikan belajar di rumah. Rekomendasi: 41 . Pembagian LHBS oleh sekolah tiap semester pengayaan 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful