P. 1
Makalah Manajemen Perbekalan Iim

Makalah Manajemen Perbekalan Iim

|Views: 1,318|Likes:

More info:

Published by: Imamnursyihab Itoeiim on Nov 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2015

pdf

text

original

MAKALAH MANAJEMEN PERBEKALAN PEMELIHARAAN LOGISTIK MANAJEMEN PERBEKALAN

Makalah Ini Dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Perbekalan

Disusun Oleh :
1. 2.

Lina Hartini Setyaningsih Wita Retno Lukitasari

7101409014 7101409058

3. Imam Nur Syihab 4. Siti Mukarromah 5. Kristining Tyas 6. Agung Surya Tama

7101409028 710140 710140 710140

FAKULTAS EKONOMI UNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

tidak siap pakai pada waktu dibutuhkan. penampilan barang yang tidak sesuai dengan umur barang. asal penempatannya. Tentu gejala-gejala dan tanda tanda seperti ini harus dikurangi. jelas selain akan menghambat aktivitas dan produktivitas kerja organisasi itu sendiri. Kerusakan tersebut mungkin disebabkan karena barang yang sudah out of date atau mungkin kurangnya perawatan. Latar Belakang Masalah Banyak kita temukan berbagai kerusakan logistik baik di perusahaan berorientasi provit atau non provit. Perlu dikembangkan pola kesadaran dalam menjaga dan merawat serta diimplementasikan dalam pengelolaan dan pengurusan perbekalan tersebut. yakni setiap personel baik pada tingkat manajemen maupun petugas operasional yang terlibat dalam pengelolaan dan pengurusan perbekalan. Kebenaran anggapan ini kiranya akan mudah kita dapati di beberapa institusi dengan melihat adanya perbekalan yang telah dimiliki organisasi yang tidak terawat. Berkaitan dengan kegiatan pemeliharaan perbekalan telah berkembang suatu anggapan bahwa pemeliharaan perbekalan jauh lebih sulit daripada pengadaan perbekalan.2011 BAB I PENDAHULUAN A. kegiatan pemeliharaan perbekalan harus mendapat perhatian sebagaimana mestinya bagi setiap organisasi. juga merupakan satu sumber pemborosan bagi organisasi. bahkan dihapuskan dalam setiap organisasi karena apabila hal ini dibiarkan. Pemeliharaan diartikan sebagai kegiatan untuk memlihara atau menjaga fasilitasi/peralatan dan mengadakan perbaikan atau penyesuaian penggantian yang diperlukan agar terdapat suatu keadaan operasional produksi yang memuaskan sesuai dengan apa yang direncanakan. ataupun umur pemakaian barang tidak mencapai batas waktu yang optimal. kecuali memang pemeliharaan perbekalan tersebut pada tahap tertentu harus ditangani oleh unit kerja tertentu yang secara teknis memang lebih menguasai. . kegiatan pemeliharaan perbekalan tidak mungkin diserahkan semuanya pada unit kerja tertentu ataupun pihak eksternal. kotor. Dengan demikian. Penting ditekankan pula bahwa kegiatan pemeliharaan perbekalan merupakan kewajiban bagi setiap personel dalam setiap organisasi. berserakan. Dengan demikian.

3.B. Untuk mengetahui ruang lingkup dan konsep pemeliharaan logistik secara umum. Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di apotek sekaran secara umum. Tujuan 1. Untuk mengetahui sistem pemeliharaan di appotek sekaran. . Rumusan Masalah 1. 2. 3. Bagaimana ruang lingkup dan konsep pemeliharaan logistik di apotek sekaran secara umum ? 2. Bagaimana sistem pemeliharaan di apotek sekaran ? Permasalahan apa yang terdapat di apotek sekaran khususnya dalam pemeliharaan logistik ? C.

.BAB II PERMASALAHAN Barang-barang perbekalan/perlengkapan kantor baik yang ada di dalam gudang maupun yang ada pada unit pemakai harus selalu dipelihara agar selalu siap untuk digunakan dan juga untuk memperpanjang usia pemakaian dalam rangka menghemat anggaran kantor.

BAB III TEORI DAN PEMBAHASAN A. Contohnya: mesin printer jika mengalami kerusakan dan tidak bisa diservis di kantor bisa dibawa ke pusat perbaikan di lain tempat. Pemeliharaan barang dapat disesuaikan dengan kriteria berikut : 1. Ada dalam pemakaian Selalu digunakan sesuai prosedur. Ada dalam gudang/persediaan Dilakukan dngan cara meletakkan sesuai dengan kondisi barang dan selalu terkontrol setiap waktu jika perlu diberikan pengaman dari hal-hal yang dapat merusakkan barang. 4. Contohnya: barang yang terbuat dari logam seperti. Contohnya: lampu listrik atau kran air harus dimatikan jika kita tidak membutuhkan lagi. Menurut Jenis Barang a. Contohnya: komputer prosedur penggunaannya (menghidupkan dan mematikan) harus sesuai dan dibersihkan secara rutin juga matikan sambungan listrik jika sudah tidak digunakan lagi. Menurut Kurun Waktu . Teori B. Barang bergerak (bisa dipindahkan) Dirawat sesuai prosedur dan jika terjadi kerusakan dan tidak teratasi dapat dibawa keluar kantor untuk di servis oleh ahlinya. dibersihkan dan diletakkan secara aman. meja atau lemari disemprot bahan anti karat. 3. Menurut Tempat Barang a. b. Pembahasan Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memelihara barang-barang logistik kantor. b. Barang Tetap (tidak bisa dipindahkan) Digunakan secara baik dan sesuai prosedur.

membersihkan dan menggunakan sesuai prosedur. permasalahan yang kami temukan adalah tidak adanya penataan obat-obatan secara khusus yang ditetapkan oleh apotek tersebut. obat keras. b. Pencegahan (preventif) Perawatan Berkala (tenaga terdidik) Pemeliharaan oleh tanaga ahli terdidik dan khusus Pemeliharaan oleh Unit Pemeliharaan Tertentu Rehabilitasi (Assembling) C. . semester atau tahunan. tidak adanya pemisahan antara obat bebas. Jawaban Permasalahan Penyimpanan obat dengan cara yang benar membantu menjaga kondisi obat tetap dalam keadaan yang baik atau tidak rusak. Penataan obat-obatan tidak teratur. Ikuti petunjuk penyimpanan pada label kemasan obat Biasanya pada label kemasan obat akan tertulis petunjuk.a. triwulan. jauh dari panas. Selasa (10/10/2011). antara lain simpan obat dalam wadah tertutup pada suhu kamar. Cleveland Clinic merekomendasikan cara penyimpanan obat yang benar. yaitu: 1. juga dapat menghindarkan kesalahan penggunaan obat oleh orang yang salah. dan obat narkotika. dan cahaya langsung. obat psikotropika. obat bebas terbatas. Selain itu. serta jauhkan dari pembekuan. Seperti dikutip dari MedicineNet. misalnya anak-anak. Pengutaraan Masalah Sesuai dengan hasil observasi yang kami lakukan di Apotek Sekaran. kelembaban. Spot Light 1. Rutin (perawatan sehari-hari) dengan cara meletakkan secara aman. Contohnya: mesin tik atau mesin kantor yang lain di cek kelayakannya/diperbaiki secara berkala setiap 3 bulan sekali. 2. Berkala (perawatan berdasarkan kurun waktu) misalnya: bulanan.

2. Simpan obat dalam wadah asli dengan tutup yang tertutup rapat Bagaimana pun juga wadah asli dari obat yang berasal dari pabrik sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat menyimpan obat dengan baik. Pembuangan obat-obatan yang sudah kadaluwarsa dan obat-obatan yang sudah tidak diperlukan lagi dapat mencegah . Sisa obat-obatan yang diperoleh dengan resep dokter dari pengobatan terdahulu jika sudah tidak diperlukan lagi. 4. Pil organizer merupakan tempat penyimpan obat untuk mencegah atau mengurangi kesalahan penggunaan obat oleh pasien. meliputi: a. Kasus keracunan obat pada anak. pastikan semua obat dapat mudah diidentifikasi Pil organizer. 3. 7. Kasus obat tertelan pada anak karena anak ingin coba-coba. namun karena berada dalam jangkauan anak sehingga terjadi kesalahan dosis. Dinginkan obat hanya jika pada label kemasan obat tersebut tertulis demikian Bentuk obat-obat tertentu. b. Menyimpan obat dalam pil organizer harus dilakukan dengan teliti. sehingga juga menghindarkan kasus keracunan obat pada anak. Pil organizer biasanya dibuat dengan kompartemen untuk setiap hari dalam seminggu. 6. Obat yang memang diindikasikan untuk anak. Pastikan semua obat yang disimpan aman dari jangkauan anak Menyimpan obat jauh dari jangkauan anak-anak sangat penting karena dapat menghindarkan kesalahan penggunaan obat tertentu oleh anak. untuk melacak obat-obatan yang memang sudah kadaluwarsa. Hindari meninggalkan obat di kamar mandi. atau pil kontainer. c. agar tidak terjadi kesalahan penggunaan obat. atau kotak khusus pil digunakan untuk menyimpan obat sesuai dengan dosis yang dijadwalkan untuk seseorang. Buanglah obat yang sudah kadaluwarsa atau obat yang sudah tidak diperlukan lagi Sangat perlu untuk mengecek lemari penyimpan obat secara berkala. mobil. Kesalahan penggunaan obat dewasa yang digunakan pada anak. Jika menggunakan pil organizer. sebaiknya juga dibuang. atau di tempat yang lembab dan terlalu panas. 5. seperti supositoria memang harus disimpan dalam lemari pendingin.

BAB IV PENUTUP 1. Saran . Kesimpulan 2.

com/2011/10/tips-menyimpan-obat.blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://adie-ck.html .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->