Kurikulum Dan Pembelajaran - Presentation Transcript 1. PENGEMBANGAN KURIKULUM TEORI DAN PRAKTEK Prof. Dr.

NANA SYAODIH SUKMADINATA 214 HALAMAN PT REMAJA ROSDA KARYA OLEH: FITRI RAHMAWATI 20080211005 II A PENDIDIKAN EKONOMI KUNINGAN, MARET 2010 2. BAB I KONSEP KURIKULUM Konsep kurikulum dari masing-masing teori pendidikan: 1 Pendidikan Klasik 2 Pendidikan Pribadi 3 Teknologi Pedidikan 4 Pendidikan Interaksional 3. Refleksi Pada bab ini dibahas mengenai perspektif kurikulum baik dari segi konsep atau teori , pada dasarnya konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktek pendidikan. Kurikulummempunyai hubungan yang sangat erat dengan teori pendidikan. Suatu kurikulum disusun dengan mengacu pada beberapa teori kurikulum. Ada beberapa teori pendidikan yaitu : pendidikan klasik, pendidikan pribadi, pendidikan interaksional, dan teknologi pendidikan. 4. BAB II TEORI KURIKULUM Teori-Teori Ilmu Pengetahuan Sosial Teori-Teori Ilmu Pendidikan Teori-Teori Administrasi Teori-Teori Kurikulum Teori-Teori Bimb. & Kons. Teori-Teori Pengajaran Teori-Teori Evaluasi

Dimana landasan fisikologis mrmbahas mengenai apa.5. 6. Menerntukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. PERKEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM Perkembangan masyarakat Perubahan pola pekerjaan Perubahan peranan wanita Perubahan kehidupan keluarga Perkembangan Ilmu pengetahuan Nilai sosial Budaya Spiritual Intelektual material Perubahan pada sistem dan isi pendidikan . Teori-Teori Administrasi Teori-Teori Administrasi Refleksi Pada bab ini akan diuraikan apa. 7. khususnya pentingnya dasar-dasar teoritis dalam pengembangan suatu kurikulum. siapa. Apa isi dan bagai mana pendidikan tersebut sedangkan landasan psikologis membahas mengenai bagaimana perilaku seseorang dalam interaksi dengan lingkungannya BAB IV LANDASAN SOSIAL-BUDAYA. Pada bab ini dibahas mengenai landasan filosofis dan psikologis. mengapa dan bagaimana teori . 8. Teori merupakan suatu sistem pernyataan yang menjelaskan serangkaian hal BAB III LANDASAN FILOSOFIS DAN PSIKOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM Apakah yang menjadi tujuan pendidikan? Siapa pendidik dan terdidik? Apa isi pendidikan? Bagaimana proses interaksi pendidikan tersebut? Landasan Filosofis Metode dalam psikologi perkembangan Teori perkembangan Psikologi perkembangan Landasan Psikologis Psikologi belajar Refleksi Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan.

Dengan pendidikan kita mengharapkan manusia yang lebih bermutu.BAB VI ANATOMI DAN DESAIN KURIKULUM Tujuan Bahan ajar Strategi mengajar Media mengajar Komponen-Komponen Kurikulum Dimensi horizontal Dimensi vertikal Desain Kurikulum Subject centered design .Refleksi Pada bab ini menguraikan bagaimana model konsep kurikulum diterapkan dari beberapa teori pendiddikan. Anak-anak berasal dari masyarakat.BAB V MACAM-MACAM MODEL KONSEP KURIKULUM Macam-macam model konsep kurikulum : Kurikulum Subjek Akademis Pendidikan Klasikal Isi pendidikan 1 Peserta didik Kurikulum Humanistik Pendidikan Pribadi 2 Kurikulum Rekonstruksi Sosial Interaksi dan Kerjasama Pendidikan Interaksional 3 Pendidikan Klasikal Teknologi dan Kurikulum Isi pendidikan 4 11. 12. Refleksi Kehidupan masyarakat merupakan landasan dan sekaligus acuan bagi pendidikan. mengerti.Perkembangan Teknologi 9. mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Misalnya kurikulum subjek akademis digunakan pada teori pendidikan klasikal dimana dalam kurikulum ini yang dibahas mengenai isi dari pendidikan tersebut berbeda dengan kurikulum humanistik digunakan pada teori pendidikan pribadi dimana yang lebih di prioritaskan adalah peserta didiknya. dan mampu membangun masyarakatnya yang disesuaikan pula oleh perkembangan masyarakat didikuti perkembangan ilmu dan teknologi pula 10.

BAB VII PROSES PENGAJARAN Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengajaran. Ada tiga desain kurikulum yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.strategi mengajar.Refleksi Kurikulum membentuk desain yang menggambarkan pola organisasi dari komponen-komponen kurikulumseperti tujuan. Proses pengajaran yang efektif tidak lahir begitu saja tetapi harus dipelajari. guru. evaluasi pengajaran. dipersiapkan dan dilatih. 16.BAB VIII PENGEMBANGAN KURIKULUM Prinsip Umum Prinsip Khusus Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum A Administrator pendidikan. dan para ahli Pengembangan Kurikulum B Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum Perguruan tinggi. Dalam proses pengajaran ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu keseimbangan antara isi dan proses. 14. media mengajar. dan kesiapan belajar agar proses pengajaran dapat berjalan secara efektif. bahan ajar. masyarakat. isi kurikulum. sehingga harus teliti dalam pembuatan desain kurikulum yang akan digunakan. yaitu: Keseimbangan antara isi dan proses 1 Isi kurikulum 2 Proses belajar 3 Kesiapan belajar 4 Minat dan motif belajar 5 15. orang tua.Learner centered design Problems centered design 3 Pola Desain Kurikulum 13. penyempurnaan pengajaran. sitem nilai C The Administrative Model The Grass Roots Model Beauchamp’s System The Demonstration Model Emerging Technical Model Taba’s Inverted Model .Refleksi Pada bab ini memberikan pegangan tentang bagaimana proses pengajaran secara efektif. proses belajar.

BAB IX EVALUASI KURIKULUM Komponen-komponen kurikulum yang di evaluasi Konsep kurikulum Isi kurikulum : analisis pengetahuan baru yang ada Situasi pendidikan : penilaian secara rinci tentang lingkungan belajar Organisasi kurikulum : perhatian besar pada struktur dan sekuens belajar Hasil belajar siswa dan prosen pembelajarannya Desain dan implementasi kurikulum Kemampuan dan unjuk kerja guru Kemampuan dan kemajuan siswa Sarana. tidak mudah untuk menjadi seorang guru yang profesional karena guru merupakan pendidik. pembimbing belajar. administrator pendidikan. 21. sumber-sumber belajar. guru-guru.Lanjutan . 18. fasilitas.BAB X GURU DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM Guru sebagai pendidik profesional Guru sebagai pembimbing belajar Peranan guru dalam pengembangan kurikulum yang bersifat sentralisasi Peranan guru dalam pengembangan kurikulum yang bersifat desentralisasi Masalah pendidikan guru Standarisasi pendidikan guru Pendidikan guru berdasarkan kompetensi 22. . Model-Model Evaluasi Kurikulum Evaluasi model penelitian 1 Evaluasi model objektif 2 Model campuran multivariasi 3 20. selain prinsip ini dalam mengembangkan kurikulum banyak pihak-pihak yang secara terus menerus turut terlibat dalam pengembangan kurikulum yaitu. dan orang tua.Refleksi Pada bab ini memberikan gambaran bagi calon-calon guru mengenai apa yang akan dihadapi ketika kelak menjadi guru. . dll 19.Refleksi Beberapa prinsip dalam pengembangan kurikulum diklasifikasikan ada dua yaitu prinsip umum dan prinsip khusus. . berperan juga dalam pengembangan kurikulum..Refleksi Bab ini memberikan tekanan tentang perana evaluasi kurikulum dalam penentuan kebijaksanaan danpengembangan kurikulum secara komperhensif.Dll Model-Model Pengembangan Kurikulum D 17.

harus jelas standarisasi pendidikan guru. karena guru berperan dalam pengembangankurikulum yang akan membawa peserta didik kearah yang lebih baik 23.sehingga pendidikan guru pun harus diperhatikan.Sekian dan Terima kasih FITRI RAHMAWATI 20080211005 ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful