KELIMPAHAN UNSUR-UNSUR DIALAM DAN SIFAT UNSUR GAS MULIA D I S U S U N OLEH : KELOMPOK i Cornella silitonga Finny firlie

Aprilia Elfredo

Kelas : XII IA 1 sma SMA METHODIST LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012

KELIMPAHAN UNSUR di ALAM

argon.secara komersial alumunium di buat dari bauksit. Bahan–bahan alam yang mengandung unsure atau senyawa tertentu dalam kadar relative besar disebut mineral.rasa).neon.dan tembaga merupakan unsure bebas.seperti alumunium dan timah terdapat di bintan dan bangka.platina.warna.sulfat.emas terdapat di seluruh Indonesia.nikel terdapat di soroako.kalsium.besi terdapat di cilacap.• keberadaan unsur.belerang.unsur di kulit bumi Dialam terdapat 90 jenis unsur dan sisanya merupakan unsur buatan.nitrogen.karbondioksida dan lainnya.  Ada beberapa unsur yang merupakan kandungan mineral utama dalam air laut yaitu:klorida.dan radon terdapat sebagai unsure bebas. Begitu juga dengan unsur nonlogam yaitu oksigen. • SIFAT-SIFAT UNSUR Sifat sifat unsure dibedakan atas sifat fisis dan sifat kimia. Pada unsur gas mulia seperti helium. • kelimpahan unsure-unsure dikulit bumi yaitu:  kelimpahan unsur-unsur dalam kulit bumi.natrium.Sebagian besar unsur khususnya logam terdapat sebagai deposit di bawah permukaan tanah. Pada gas mulia tidak terdapat satupun senyawa alami.Sulawesi selatan.bau. unsur yang paling melimpah ialah oksigen kemudian silicon dan alumunium.sehingga bauksit merupakan contoh bijih alumunium.krypton. Selain itu unsur logam seperti emas .perak.kekerasan. Mineral yang secara komersial digunakan sebagai sumber logam disebut bijih.  Sifat fisis menyangkut penampilan (wujud.xenon.Sebagian dari unsur tersebut merupakan unsur bebas .dan karbon merupakan unsure bebas juga.kalor jenis).titik didih.serta sifatsifat yang tidak melibatkan pengubahan zat itu menjadi zat lain (jari-jari atom.di Indonesia terdapat logam yang cukup melimpah.magnesium.titik leleh.argon.tetapi lebih banyak yang berupa senyawa. Alumunium dan bauksit merupakan dua contoh mineral alumunium . tembaga terdapat di papua.oksigen.dan kalium. Suatu senyawa atau unsur diperoleh dari mineral yang tersedia.ada beberapa unsure sebagai komposisi udara bersih dan kering seperti:Nitrogen. .Sumber komersial dari oksigen dan nitrogen adalah udara .akan tetapi tidak semua mineral dapat digunakan sebagai sumber komersial untuk unsurnya.

6 -246. yaitu XePtF 6 .4 -185.45 -71 -62 1040 9. GAS MULIA Gas mulia adalah unsur-unsur golongan VIIIA (18) dalam tabel periodik (Helium .2 -268.30 -111.78 Xe 54 8 1.78 Kr 36 8 1. seorang ahli kimia dari Kanada berhasil membuat senyawa xenon. Tidak ditemukan satupun senyawa alami dari gas mulia.Argon . setelah pada tahun 1962.89 Rn 86 8 1. Para ahli zaman dahulu yakin bahwa unsur-unsur gas mulia benar-benar inert. dan afinitas elektronnya yang sangat rendah.daya oksidasi.10 -157.Xenon.2 -153.178 . Pendapat ini dipatahkan.8 -108. Sejak itu.0 2080 -120 0. Kestabilan gas mulia dicerminkan oleh energi ionisasinya yang sangat besar. Sifat kimia berkaitan dengan reaksi-reaksi yang dapat dialami zat tersebut (kereaktifan.daya reduksi. Menurut Lewis.73 Nomor atom Elektron valensi Jari-jari atom (Ǻ) Titik leleh (0C) Titik didih (0C) Energi ionisasi (kj/mol) Afinitas electron (kj/mol) Kerapatan (g/L) 2 2 0. Sifat Fisis Gas Mulia • Data Fisis Unsur Gas Mulia He Data Fisis Ne 10 8 0.50 -272. kestabilan gas mulia tersebut disebabkan konfigurasi elektronnya yang terisi penuh. Gas Mulia disebut mulia karena unsurunsur ini sangat stabil.9 1520 -96 1.Kripton . berbagai senyawa gas mulia berhasil dibuat.900 Ar 18 8 0.65 -248.  Pada bagian ini akan dibahas sifat-sifat unsur Gas Mulia.95 -189.9 2640 -48 0.4 1350 -96 1.1 1170 -77 5.sifat asam dan sifat basa). Neil Bartlett.Neon.

Sedangkan energi pengionnya berkurang. sehingga semakin mudah ditarik oleh atom lain.dapat terangkum sikap fisis Gas Mulia. Sifat-sifat kimia Gas Mulia  Kereaktifan gas mulia akan berbanding lurus dengan jari-jari atomnya.  Kesimpulan Gas mulia merupakan unsur gas pada suhu kamar dan mendidih hanya beberapa derajat di atas titik cairnya. Perhatikanlah data energi ionisasinya yang besar sehingga untuk dapat melepas sebuah elektron (untuk dapat membentuk ion) diperlukan energi yang besar.sehinga seluruh unsur gas mulia berwujud gas. jadi kereaktifan gas mulia akan bertambah dari He ke Rn hal ini disebabkan pertambahan jari-jari atom menyebabkan daya tarik inti terhadap elektron kulit luar berkurang. hal ini didukung kenyataan bahwa gas mulia di alam selalu berada sebagai atom tunggal atau monoatomik.  Dengan elektron valensi yang sudah penuh. Rn) sudah dapat berreaksi dengan unsur yang sangat elektronegatif seperti Flourin dan Oksigen.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2007/Roni%20Sudra%20jat/materi %203. Dan bilangan oksidasi yang di atas adalah bilangan oksidasi yang sudah di ketahui hingga sekarang. Ar tidak memiliki nilai keelektronegatifan. titik leleh serta titik didih gasnya mulanya bertambah seiring bertambahnya nomor atom. hingga sekarang gas mulia periode 3 ke atas (Ar.org/wiki/sifat kiam • • • .wikipedia. Ar. Hal ini dapat dilihat dari harga afinitas elektron yang rendah. Kr.  Kestabilan unsur-unsur golongan gas mulia menyebabkan unsur-unsur gas mulia sukar membentuk ion. Daftar Pustaka http://kimia. massa atom. Dari data-data di atas kita bisa lihat bahwa nomor atom. atom-atom gas mulia sangat sukar untuk bereaksi. Sedangkan untuk He. Kr. artinya sukar untuk melepas elektron. Xe dan Rn. entalpi peleburan dan entalpi penguapan selalu bertambah dari He ke Rn. Xe.org/wiki/Kategori:Sifa Id. Beberapa dari sifat tersebut mengalami kenaikan karena gaya london terutama pada entalpi peleburan dan entalpi penguapan.• Dari data fisis tersebut.wikipedia. jari-jari atom. Tetapi gas mulia adalah unsur yang tidak reaktif karena memiliki konfigurasi elektron yang sudah satbil. Oleh sebab itu. Sedangkan energi ionisasi mengalami penurunan dari He ke Rn. unsur gas mulia sangat sukar untuk menerima elektron. semakin keatas semakin kecil) sehingga elektron terluar relatif lebih tertarik ke inti atom. titik beku. titik didih. Elektron valensi gas mulia sudah memenuhi kaidah Duplet untuk He dan kaidah Oktet untuk Ne.upi.yaitu:  Titik didih dan titik leleh unsur-unsur gas mulia lebih kecil dari pada suhu kamar. Jari-jari.  Jari-jari atom unsur-unsur golongan gas mulia sangat kecil (dalam satu golongan. Tetapi bukan berarti gas mulia tidak dapat berreaksi.html Id. Ne. massa jenis.

• www.com .dostoc.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful