P. 1
Pengertian Hari Kiamat

Pengertian Hari Kiamat

|Views: 1,361|Likes:
Published by Pandu Timur

More info:

Published by: Pandu Timur on Nov 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Nama : Muhammad Galih N No: 26 Kelas: IX E

1. Pengertian Hari Kiamat Hari Kiamat adah hari berakhirnya kehidupan di seluruh makhluk di muka bumi ini. Iman kepada hari akhir berarti mempercayai bahwa kehidupan di dunia ini akan berakhir suatu saat nanti dan yang hanya mengetahui hari kiamat hanyalah Allah SWT. Hari kiamat dibedakan menjadi 2 yaitu: 1. Kiamat Sughra (Kiamat kecil), yaitu perisiwa hancurnya sebagian dari alam ini Contoh: Gunung meletus 2. Kiamat kubra (Kiamat Besar), yaitu peristiwa hancurnya alam semesta ini dan musnahnya seluruh makhluk di seluruh dunia Firman Allah:

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al Hasyr 18)

Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya. Banyak terjadi pembunuhan Munculnya nabi-nabi palsu Banyak terjadi bunuh diri Banyak bencana Banyak kebodohan Zina dan minuman keras merajalela Sepuluh tanda-tanda kiamat yang disebutkan Rasulullah saw. 7. 6. 5. Sepuluh tanda itu ialah: 1. 3. Brazilia dan negara-negara Amerika Latin 9. 3. Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China. 2. akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. 8. 10. hinggakan ramai orang yang akan terpedaya dengan seruannya. Gempa bumi di Semenanjung Arab. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir. Gempa bumi di Barat. iaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Argentina. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar.. dalam hadis ini adalah tanda-tanda kiamat yang besar-besar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico. Gempa bumi di Timur. Tanda-tanda hari kiamat Tanda-Tanda Kiamat Kecil: 1. Tsunami di Aceh. 5. 4..B. 2. Dabbah-Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa. 4. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan meragut keimanan. . 6.

6. . Yaumul Mahsyar. Yaumul Bazrah. turunnya Isa bin Maryam alaihissalam. tempat terakhir pembalasan manusia. hari dibangkitkan manusia di dala kubur. Yaumul Hisab. yaitu jalan yang harus dilewatin manusia yang menghubungkan antara Padang Mahsyar dengan surga. yaitu penantian di alam kubur. Surga dan neraka. binatang. 5. Yaumul Hisab. Bagi yang beriman akan masuk surga dan bagi yang tidak beriman akan masuk neraka. bersabda: “Tidak akan terjadi hari qiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. 7. sekali di timur. yaitu penimbangan amal manusia. terbit matahari dari tempat tenggelamnya. Shirat. 8. Peristiwa yang terjadi setelah kiamat Peristiwa yang terjadi setelah kiamat: 1. 4. tiga kali gempa bumi. yang dibawahnya terdapat neraka. Syafa’at yaitu pertolongan yang diperoleh oleh orang beriman. Ya’juj dan Ma’juj. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap. yaitu hari perhitungan amal manisia hidup di dunia. C. 2. Yaumul Ba’ats.Lalu Nabi saw. Dajjal. 3. Islam dan iksan. sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia kepada Padang Mahsyar mereka”. yaitu hari dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar setelah dibangkitkan dari kubur. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan baik ketika di dunia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->