P. 1
MAKALAH

MAKALAH

|Views: 219|Likes:
Published by Cim' Cimot

More info:

Published by: Cim' Cimot on Nov 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2014

pdf

text

original

MAKALAH

ILMU PENDIDIKAN PROGRESIVISME, REKONTRUKSIONALISME, ESENSIALISME DAN PERENSIALISME

Disusun oleh: NAMA: SUSANTI

STIKIP PGRI PACITAN

Apabila demikian.ketrampilan dan kemampuan berkomunikasi. yaitu lembaga pendidikan yang disebut sekolah umum dan lembaga pendidikan yang disebut madrasah atau perguruan agama. sedangkan bagi manusia.PENDAHULUAN Kondisi perkembangan abad terkini menghendaki adanyanya suatu sistim pendidikan yang kompreshensif dan representative. karena pendidikan merupakan usaha melestarikan dan mengalihkan serta menstransformasikan nilai nilai kebudayaan dalam segala aspeknya dan jenisnya kepada generasi penerus.sekalipun dalam masyarakat yang masih terbelakang. tetapi lebih ditentukan oleh instink. Telah beredar pemahaman di kalangan masyarakat tentang adanya dualisme pendidikan. pengetahuan. hampir tidak ada kelompok manusia yang tidak mengunakan pendidikan sebagai alat pembudayaan dan meningkatkan kualitasnya. untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Dalam sejarah umat manusia. Meskipun dikotomi menjadikan pendidikan islam terbelah tetapi bagaimanapun konsep filosofis pendidikan islam. belajar berarti rangkaian kegiatan menuju pendewasaan guna menuju kehidupan yang lebih berarti. Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia yang sekaligus membedakan manusia dengan hewan. adalah berpangkal tolak pada hablun min Alloh dan hablun minannas juga hablun minal alam hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Oleh karena itu berbagai pandangan yang menyatakan bahwa pendidikan itu merupakan proses budaya untuk mengangkat harkat dan martabat manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan manusia. Karena perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap. kecerdasan. maka pendidikan memegang peranan exixtensi dan perkembangan manusia. . Hewan juga ”belajar”.

kalau tidak pendidikan akan ketinggalan zaman. Tapi era terkini berkata lain berbagai corak model pendidikan menjadi terbelah dengan berbagai alirannya. Didikan dan ajaran islam mereka berikan denga perbuatan. yang kelak dikenal dengan pendidikan non formal. Dalam setiap perdagangan yang mereka lakukan setiap ada kesempatan mereka memberikan pendidikan dan ajaran agama islam. maka upaya pendidikan disuatu bangsa selalu memiliki hubungan yang siknifikan dengan rekayasa bangsa tersebut di masa datang. maka pendidikan harus selalu ditumbuh kembangkan secara sistematis oleh para pengambil kebijasanaan yang berwenang di republik ini. Banyak pakar pendidikan mengklasifikasikan sebagai mana yang akan sedikit dikaji sebagai berikut. . Sebagai mana dalam sejarah perkembangan pendidikan islam tersebar lewat perantara para pedagang sekaligus mereka juga berda’wah menyampaikan ajaran ajaran islam. Oleh karena itu. Anak-anak dididik dengan ajaran agama sejak kecil dalam keluarganya. sebab pendidikan selalu dihadapkan pada perubahan baik perubahan zaman maupun perubahan masyarakat. Sementara usaha-usaha pendidikan agama di masyarakat. dengan contoh dan tiru tauladan. PERMASALAHAN Pada awalnya metode pendidikan islam dilaksanaan secara informal. System pendidikan islam informal ini.Mengingat pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi setiap manusia. Negara. maupun pemerintah. dengan demikian tertariklah penduduk negeri hendak memeluk agama islam. terutama yang berjalan dalam lingkungan keluarga sudah diakui kemapuannya dalam menanamkan sendi sendi agama dalam jiwa anakanak. Berangkat dari kerangka ini. ternyata mampu menyediakan kondisi yang sangat baik dalam menunjang keberhasilan pendidikan islam dan memberi motifasi yang kuat bagi umat islam untuk menyelengarakan pendidikan agama yang lebih baik dan lebih sempurna. mau tidak mau pendidikan harus didesain mengikuti irama perubahan tersebut. Sopan santun ikhlas amanah jujur adil menghormati adapt istiadat.

Progresivisme Progressivisme mempunyai konsep yang didasari oleh pengetahuan dan kepercayaan bahwa manusia itu mempunyai kemampuan-kemampuan yang wajar dan dapat menghadapi masalah yang menekan atau mengecam adanya manusia itu sendiri. . harus praktis dalam melihat segala sesuatu dari segi keagungannya. naturalisme. karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. nativisme. terutama dalam kehidupan adalah tetap survive terhadap semua tantangan hidup manusia. Aliran Progressivisme mengakui dan berusaha mengembangakan asas Progressivisme dalam semua realitas.PEMBAHASAN Aliran-aliran pendidikan telah dimulai sejak awal hidup manusia. pemikiran-pemikiran tentang pendidikan telah dimulai dari zaman Yunani kuno sampai kini. Aliran-aliran klasik yang dimaksud adalah aliran empirisme. Di dalam kepustakaan tentang aliran-aliran pendidikan. dan konvergensi. baik yang timbul pada zaman dahulu maupun pada zaman sekarang. Oleh karena itu bahasan tersebut hanya dibatasi pada beberapa rumpun aliran klasik. Berhubungan dengan itu progressivisme kurang menyetujui adanya pendidikan yang bercorak otoriter. Sampai saat ini aliran aliran tersebut masih sering digunakan walaupun dengan pengembangan-pengembangan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman Aliran-aliran Klasik dalam Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Pemikiran Pendidikan di Indonesia A.

warga-warga negara yang mempunyai tujuan mengubah secara radikal wajah masyarakat masa kini.B. Tujuan pendidikan rekonstruksionis adalah membangkitkan kesadaran para peserta didik tentang masalah sosial. dan mengajarkan kepada mereka keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Sekolah-sekolah rekonstruksionis berfungsi sebagai lembaga utama untuk melakukan perubahan sosial. Tugas sekolah-sekolah rekonstruksionis adalah mengembangkan ”insinyur-insinyur” sosial. . Teori Pendidikan Rekonstruksionisme a. Rekontruksionalisme Rekonstruksionisme berasal dari bahasa inggris Reconstruct yang berarti menyusun kembali. maka melalui lembagai dan proses pendidikan. 3. ekonomi dan politik dalam masyarakat. 2. maka dari itu rekonstruksionisme berusaha mencari kesepakatan semua orang mengenai tujuan utama yang dapat mengatur tata kehidup manusia dalam suatu tatanan baru seluruh lingkungannya. ekonomi dan politik yang dihadapi umat manusia dalam skala global. Tujuan Pendidikan 1. Rekonstruksionisme ingin merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang sama sekali baru. Dalam konteks filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern.

Metode pendidikan Analisis kritis terhadap kerusakan-kerusakan masyarakat dan kebutuhan-kebutuhan programatik untuk perbaikan. dan perlu berlatih keras untuk menjadi insinyur-insinyur sosial yang diperlukan untuk membangun masyarakat masa depan. Pengajar Guru harus membuat para peserta didik menyadari masalahmasalah yang dihadapi umat manusia. Guru harus terampil dalam membantu peserta didik menghadapi kontroversi dan perubahan. mambatu mereka merasa mengenali masalah-masalah tersebut sehingga mereka merasa terikat untuk memecahkannya. d. Dengan demikian menggunakan metode pemecahan masalah. Guru harus menumbuhkan berpikir berbeda- . Pelajar Siswa adalah generasi muda yang sedang tumbuh menjadi manusia pembangun masyarakat masa depan. yang termasuk di dalamnya masalahmasalah pribadi para peserta didik sendiri. Struktur organisasi kurikulum terbentuk dari cabang-cabang ilmu sosial dan proses-proses penyelidikan ilmiah sebagai metode pemecahan masalah. analisis kebutuhan. ekonomi. dan program-program perbaikan yang ditentukan secara ilmiah untuk aksi kolektif. e.b. Kurikulum Kurikulum berisi mata-mata pelajaran yang berorientasi pada kebutuhan-kebutuhan masyarakat masa depan. Kurikulum banyak berisi masalah-masalah sosial. dan politik yang dihadapi umat manusi. c. dan penyusunan program aksi perbaikan masyarakat.

1971) teori pendidikan rekonstruksionisme ada 5 yaitu: a. . c.beda sebaga suatu cara untuk menciptakan alternatif-alternatif pemecahan masalah yang menjanjikan keberhasilannya. dan pendidikan itu sendiri dikondisikan oleh kekuatan budaya dan sosial. d. dan untuk menyesuaikan kebutuhan dengan sains sosial yang mendorong kita untuk menemukan nilali-nilai dimana manusia percaya atau tidak bahwa nilai-nilai itu bersifat universal. b. Pendidikan harus di laksanakan di sini dan sekarang dalam rangka menciptakan tata sosial baru yang akan mengisi nilai-nilai dasar budaya kita. dan cara bagaimana guru dilatih. Meninjau kembali penyusunan kurikulum. struktur administrasi. f. isi pelajaran. dan sosial masyarakat modern. metode yang dipakai. sekolah. Guru harus menyakini terhadap validitas dan urgensi dirinnya dengan cara bijaksana dengan cara memperhatikan prosedur yang demokratis e. Masyarakat baru harus berada dalam kehidupan demokrasi sejati dimana sumber dan lembaga utama dalam masyarakat dikontrol oleh warganya sendiri. Cara dan tujuan pendidikan harus diubah kembali seluruhnya dengan tujuan untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan krisis budaya dewasa ini. Anak. Menurut Brameld (kneller. dan selaras dengan yang mendasari kekuatan-kekuatan ekonomi.

yang memenuhi tuntutan zaman D. Perbedaannya yang utama ialah dalam memberikan dasar berpijak pada pendidikan yang penuh fleksibilitas. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresif. Esensialisme pertama-tama muncul dan merupakan reaksi terhadap simbolisme mutlak dan dogmatis abad pertengahan. Idealisme dan realisme adalah aliran filsafat yang membentuk corak esensialisme. Esensialisme Esensialisme adalah pendidikan yang di dasarkan kepada nilainilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. kekal atau selalu. di mana serta terbuka untuk perubahan. disusunlah konsep yang sistematis dan menyeluruh mengenai manusia dan alam semesta. Parenialisme Perenialisme merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang jelas.C. karena itu timbul pada zaman itu. Perenialisme berasal dari kata perennial yang berarti abadi. Esensialisme muncul pada zaman Renaissance dengan ciriciri utama yang berbeda dengan progresivisme. Jalan yang ditempuh oleh kaum perenialis adalah dengan . Dengan demikian Renaissance adalah pangkal sejarah timbulnya konsep-konsep pikir yang disebut esensialisme. esensialisme adalah konsep meletakkan sebagian ciri alam pikir modern. akan tetapi tidak lebur menjadi satu dan tidak melepaskan sifatnya yang utama pada dirinya masing-masing. Perenialisme menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktrin tertentu. Dua aliran ini bertemu sebagai pendukung esensialisme. Maka.

Program pendidikan yang ideal harus didasarkan atas paham adanya nafsu. Mohammad Noor Syam (1984) mengemukakan pandangan perenialis. kukuh pada zaman kuno dan abad pertengahan. Plato. Beberapa pandangan tokoh perenialisme terhadap pendidikan: 1. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan ideal. dengan menggunakan kembali nilai nilai atau prinsip prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kuat. kemauan. Perkemhangan budi merupakan titik pusat perhatian pendidikan dengan filsafat sebagai alat untuk mencapainya ( Aristoteles) 3. Tujuan utama pendidikan adalah membina pemimpin yang sadar akan asas normative dan melaksanakannya dalam semua aspek kehidupan . bahwa pendidikan harus lebih banyak mengarahkan pusat perhatiannya pada kebudayaan ideal yang telah teruji dan tangguh. serta kestabilan dalam perilaku pendidik.jalan mundur ke belakang. Pendidikan adalah menuntun kemampuan-kemampuan yang masih tidur agar menjadi aktif atau nyata. dan akal (Plato) 2. Pandangan perenialisme tentang pendidikan Kaum perenialis berpandangan bahwa dalam dunia yang tidak menentu dan penuh kekacauan serta mambahayakan tidak ada satu pun yang lebih bermanfaat daripada kepastian tujuan pendidikan. (Thomas Aquinas) Tokoh-tokoh Perenialisme 1.

Ia menganggap penting pembentukan kebiasaan pada tingkat pendidikan usia muda dalam menanamkan kesadaran menurut aturan moral 3. . Seorang guru bertugad untuk menolong membangkitkan potensi yang masih tersembunyi dari anak agar menjadi aktif dan nyata KESIMPULAN Pendidikan islam dengan berbagai model dan corak metode aliranya harus berupaya membangun pendidikan yang relevan dan bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat islam Indonesia. Thomas berpendapat pendidikan adalah menuntun kemampuan-kemampuan yang masih tidur menjadi aktif atau nyata tergantung pada kesadaran tiap-tiap individu. menyelenggarakan pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.2. Thomas Aquinas. pendidikan yang demokratis dan profesional. berusaha mengurangi peran pemerintah dalam implementasi pendidikan dan merampingkan birokrasi pendidikan sehingga lebih fleksibel dalam pelaksanaan pendidikan. Konsep pendidikan islam senantiasa terus berkembang dan menghendaki pembaruan yang disesuaikan dengan irama perkembangan dan kemajuan peradapan serta persoalan-persoalan yang dihadapai umat manusia. Aristoteles.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->