P. 1
makalah penjas

makalah penjas

|Views: 412|Likes:
Published by ach_baihaqi

More info:

Published by: ach_baihaqi on Nov 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah.

Tuhan semesta alam yang telah memberikan kita kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani kepada kita , sehingga kota masih bias berdiri, melihat keindahan alam dan menghirup udara segar. Dan banyak lagi nikmat lain yang terhitung jumlahnya meskipun seluh air di jadikan tinta, seluruh ranting-ranting di jadikan pensil maupun penanya, dan seluruh dedaunan dijadikan kertas-kertas. Yang semua itu di gunakan untuk menghitung nikmat Allah. Yang sekian banyak, niscaya semua tidak akan cukup. Oleh karena itulah kita wajib mensyukuri segala nikmat-Nya tersebut agar kita termasuk kedalam orang-orang yang di beri nikmat yang banyak dan orang-orang yang beriman, dan bukan sebagai hamba-Nya yang kufur dan mendapat siksaan-Nya yang amat pedih di akhirat kelak. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperoleh banyak informasi mengenai perkembangan sistem pendidikan nasional yang menjuru kepada perkembangan pendidikan jasmani dan olah raga modern. Makalah ini disusun dari informasi yang di ambil dari berbagai nara sumber sehingga sehigga lebih banyak ilmu yang dapat disajikan kepada pembaca. Didalam penyusunan makalah ini penyusun mendapat banyak rintangan, baik itu berasal dari diri penyusun sendiri maupun dari luar. Namun atas berkah dan Allah semata, akhirnya makalah ini terselesaikan. Makalah ini berisikan tentang perkembangan ilmu pendidikan di Indonesia yang di khususkan kepada pendidikan jasmani dan kesehatan. Sehingga pembaca dapat memperoleh ilmu maupun informasi seputar dunia pendidikan yang tengah marak dewasa ini. Kemudian setelah itu penyusun berterima kasih kepada bapak heru supriyanto selaku guru penjaskes SMA N 2 Karimun yang mengajar dikelas X.2 yang telah memberi kesempatan dan kepercayaannya kepada kami untuk membuat dan menyelesaikan makalah ini. Sehingga kami memperoleh banyak ilmu, informasi dan pengetahuan selama kami membuat dan menyelesaikan makalah ini. Setelah itu penyusun berharap agar makalah ini berguna bagi pembaca maskkipun terdapat banyak kesalahan di dalamnya. Akhir kata penyusun meminta maaf sebesarbesarnya kepada pihak pembaca maupun pengoreksi jika terdapat kesalahan dalam penulisan, penyusunan maupun kesalahan lain yang tidak berkenan di hati pembaca maupun pengoreksi, karna penyusun hingga saat ini masih dalam belajar. Oleh karena itu penyusun mohon kritik dan sarannya demi kemajauan bersama.

Minggu, 04 april 2010 Penyusun Heru patma ari bowo

...6 Isi BAB 1.............. Permasalahan olahraga indonesia di era globalisasi Kemunduran presatasi olahraga indonesia era SBY.......... Pendidikan jasmani Pandangan terhadap pendidikan jasmani.....................10 Sejarah olahraga Indonesia......8 BAB 2....................................................................16 Pesan dan kesan..................................................................................3 Daftar isi……………………………………………………………..9 Pandangan Indonesia..............17 Daftar pustaka........................................9 Pandangan tradisional...........................................................18 ...................... Pendidikan Pengertian pendidikan...................................................................................4 Pendahuluan……………………………………………………….........14 Penutup Kesimpulan.....................DAFTAR ISI Pembukaan Judul…………………………………………………………………..............5 Latar belakang .....................13 BAB 4...........................................................................................................................................................9 Pandangan modern...................................................................................................................... Solusi permasalahan Saatnya kita berbenah diri...............................................................................................................................................................................................................7 Pandangan terhadap pendidikan...............................................11 BAB 3...................................................................................1 Kata pengantar………………………………………………………................

semakin mewarnai event dan industri olahraga dunia. Apalagi dengan diberlakukannya perdagangan bebas asean-china atau asean-china free trade area. raket. Apalagi aplikasi internet. sesuai dengan standar olimpiade. kecil. industri alat olahraga dalam negeri utamanya. industri peralatan olahraga china mampu melakukan strategi diferensiasi untuk bersaing dengan industri yang sudah memiliki nama besar. Tak bisa dimungkiri lagi. antara lain. dan menengah. negeri ini harus bisa mengembangkan riset dan industri peralatan olahraga. zhejiang. dan perahu karet. penerapan teknologi. entitas industri. Standar olimpiade Sekitar 70 persen struktur industri peralatan olahraga china dipasok dari provinsi guangdong. sepatu roda dan papan seluncur (skateboard). dibutuhkan riset dan inovasi teknologi. seperti raket dan bola. Tantangan pengembangan olahraga masa depan diwarnai dengan kemampuan suatu bangsa melakukan riset dan teknologi di bidang olahraga. Struktur industri kecil dan menengah yang selama ini memproduksi peralatan olahraga harus segera dibenahi dengan menginjeksi bantuan permodalan. Pemerintah china sedang berupaya agar desain dan produk peralatan olahraga. . terutama yang berasal dari bahan komposit. Meskipun prestasi olahraganya secara nasional belum menggembirakan. Penting bagi negeri ini mengembangkan infrastruktur sistem informasi olahraga (sport information system) berbasis web service yang bisa digunakan oleh organisasi olahraga. Jenis alat olahraga yang diekspor dari china. akan menghadapi serbuan produk murah dari china. bola. peralatan golf. perlengkapan olahraga air. Entitas industri di negeri itu terus didorong untuk memproduksi peralatan olahraga menggunakan hasil riset tentang material untuk alat-alat olahraga. peralatan olahraga musim dingin. khususnya e-commerce. Untuk memperkuat struktur industri peralatan olahraga domestik. dan proses bisnis yang lebih efektif. Ada baiknya entitas industri di negeri ini belajar dari keberhasilan china mengekspor peralatan olahraga ke amerika dan eropa. dan jiangsu. Riset dan teknologi tersebut juga akan menumbuhkan industri olahraga serta melakukan banyak eksperimen tentang peralatan olahraga. yang tergolong usaha mikro.PENDAHULUAN Selain untuk membangun karakter bangsa. dan masyarakat.Selain itu. olahraga sudah menjadi entitas industri yang memiliki nilai tambah signifikan. konvergensi teknologi informasi dan komunikasi telah mentransformasikan praktik dan manajemen olahraga. Nilai ekspor itu tumbuh hingga dua di*** selama lima tahun terakhir.

dan sudah cukup kita di perbudak oleh bangsa jepang dan sekarang kita dijajah oleh orng-orang dari bangsa kita sendiri. Oleh karena itu kewajiban kitalah sebagai generasi muda untuk meluruska pemikiranpemikiran orang. Indonesia. Tetapi dngan semangat keizen mereka bangun Negara mereka. puluhan tahun dijajah oleh belanda. Dulu sebagian kita di bunuh apabila kita tidak menuruti perintah. Kemiskinan. Ibu pertiwi kita telah lama diinjak-injak oleh bangsa portugis. Dan sekarang Negara jepang tidak kalah hebatnya dengan Negara-negar maju seperti amerika serikat. tetapi penjajahan saat ini lebih menyakitkan jika di bandingkan dengan penjajahan oleh bangsa jepang sekaligus. tetapi itu hanya membantu hanya sekitar 20% saja. Sebenarnya masalah pokok negar kita adalah masalah pendidikan. Jika kita lihat Negara jepang. mafia-mafia hokum yang meraja lela membuat hidup kita tidak jauh beda dengan masa waktu dijajah dulu. mereka kejar ketertinggalan mereka dengan tertlebih dahulu membangun generasi-generasi muda.orang terdahulu dengan membangun bangsa kita dengan pendidikan. Padahal di era globalisasi ini ditekankan untuk berpendidikan tinggi. Negara kita lebih memusatkan pikiran kepada orang-orang yang duduk santai di ruangan ber AC di bandingkan generasi muda yang terbengkalai. tapi Negara kita blum merdeka sepenuhnya. tetapi kita tidak mempardulikan nasib teman-teman kita yang tidak mampu. Negara matahari terbit itu telah di bom atom oleh sekutu sehingga tanahnya tidak dapat ditanami oleh tanaman apapun. tetapi sekarang lebih sadis lagi. Tamatan SMA saja hanya bisa bekerja sebagai penjaga took-toko pembelanjaan saja. ketidak adilan. meski rumput sekalipun karma dahsyatnya dentuman bom atom tersebut. Hanya dana sisa dari itu diberikan kepada rakyat-rakyat kita yang tidak mampu yang kurang dari 1% dari anggaran itu. mungkin hanya bisa mengangkut semen sebagai kuli bangunan. uang yang seharusnya kita miliki di ambil oleh mereka yang jahat sehingga kita bisa mati kelaparan. apalagi hanya tamatan SMP atau dibawahnya. Kesalahan kita yang hanya memberikan pendidikan kepada orang-orang kaya dan mampu. kita di bunuh dengan cara yang lebih kejam dari itu semua. Meskipun sekarang pemerintah kita telah memberikan dana BOS untuk warga yang tidak mampu untuk bisa sekolah. Meski sistem penjajahan sekarang lebih sembunyi-sembunyi dan secara baik-baik. Itu semua terbukti dengan miliyaran uang rupiah setiap bulannya diberikan dengan mudah kepada mereka.LATAR BELAKANG Indonesia memang telah merdeka dari penjajahan. Dan 80% lainnya dibebeankan kepada orangtua murid dan biaya bos itu hanya sebatas 9 tahun atau hanya sebatas tamat SMP. . Padahal masalah generasi muda merupakan masalah ynag palinng pokok dan besar di Negara kita. korupsi.

. Setiap siswa diberi kebebasan untuk memilih materi pembelajaran yang diinginkannya dan memperoleh pelatihan dari bidang kejuruan yang berbeda-beda. Atau mungkin pula diterjemahkan secara sederhana sebagai pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan utamanya adalah penguasaan materi pembelajaran secara mendalam dan bahkan jika mungkin sampai tuntas. Seseorang belajar dengan cara melakukan. kelas. termasuk oleh ahli yang berbeda pula. Morse (1964) membedakan pengertian pendidikan ke dalam istilah pendidikan liberal (liberal education) dan pendidikan umum (general education). di perjalanan. Tujuan utamanya adalah mencapai perkembangan individu secara menyeluruh sambil tetap memperhatikan perkembangan perilaku intelektual dan sosial individu sebagai produk dari belajarnya (child centered). pengertian pendidikan seperti ini dipandang bersifat tradisional. mendefinisikan pendidikan sebagai “rekonstruksi aneka pengalaman dan peristiwa yang dialami dalam kehidupan individu sehingga segala sesuatu yang baru menjadi lebih terarah dan bermakna. termasuk program untuk siswa yang mempunyai kelambanan dalam perkembangannya. John Dewey. lapangan olahraga. tempat bermain. dan oleh karena itu. Lebih jauh definisi tersebut mengandung arti bahwa pendidikan seseorang terdiri dari segala sesuatu yang ia lakukan dari mulai lahir sampai ia mati. dan siswa yang memiliki cacat fisik atau mental. Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kata kuncinya adalah melakukan atau mengerjakan. Pemikiran pendidikan seperti ini sudah tidak bisa lagi diterapkan dalam konteks pendidikan jasmani sekarang ini. 1 PENDIDIKAN 1. Pendidikan dapat terjadi di perpustakaan.BAB. pendidikan modern lebih bersifat memperhatikan pelakunya dari pada bidang studi atau materinya. Pembelajaran secara individual pada dasarnya merupakan pembelajaran untuk semua siswa. istilah ini lebih sering diartikan secara berbeda dari masa ke masa. mengalami gangguan emosional. Definisi ini mengandung arti bahwa seseorang berpikir dan memberi makna pada pengalaman-pengalaman yang dilaluinya. Namun demikian. Pengertian pendidikan Istilah “Pendidikan” merupakan kata yang tidak asing lagi untuk hampir setiap orang. Ia mengatakan bahwa pendidikan liberal lebih berorientasi pada bidang studi dan menekankan penguasaan materinya (subject centered). Seseorang mungkin menerjemahkan pendidikan sebagai sebuah proses latihan. Orang lain mungkin menerjemahkannya sebagai sejumlah pengalaman yang memungkinkan seseorang mendapatkan pemahaman dan pengetahuan baru yang lebih baik. seorang pendidik yang mempunyai andil besar dalam dunia pendidikan. 2. Kebanyakan sekolah sekarang ini menganut filsafat modern. Sementara itu. atau di rumah. pandangan terhadap pendidikan Pendidikan pada jaman sekarang lebih banyak menekankan pada pengembangan individu secara total.

pandangan terhadap pendidkan jasmani • Pandangan tradisional Pandangan pertama.Dengan kata lain pendidikan pada jaman sekarang ini lebih menekankan pada pengembangan individu secara utuh. yaitu jasmani dan rohani (dikhotomi). atau penyelaras pendidikan rohani manusia. . BAB. 2 PENDIDIKAN JASMANI 1. Para guru mencoba membantu setiap individu untuk belajar memecahkan masalahmasalah baik emosional maupun fisikal yang dihadapi oleh setiap siswa. penyeimbang. maka keragaman tersebut pada umumnya sama seperti pandangan terhadap pendidikan di atas. koordinasi. Pandangan ini menganggap bahwa Pendidikan Jasmani hanya semata-mata mendidik jasmani atau sebagai pelengkap. dan keterampilan sosialnya. Apabila kita cermati lebih jauh. Beberapa pengertian Pendidikan Jasmani yang diperoleh tersebut disusun dalam redaksi yang beragam. Pengajar tidak hanya memperhatikan perolehan akademisnya akan tetapi juga kemampuan bicara. atau juga sering disebut pandangan tradisional. Dengan kata lain Pendidikan Jasmani hanya sebagai pelengkap saja. Para guru mungkin sering menemukan atau mendengar pengertian Pendidikan Jasmani dari berbagai sumber. menganggap bahwa manusia itu terdiri dari dua komponen utama yang dapat dipilah-pilah.

Di Amerika Serikat. memperhebat keterampilan fisik. dan pendidikan jasmani mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan tersebut. Selain dari itu. mengemukakan. Pandangan holistik ini. Pada saat itu Pendidikan Jasmani dipengaruhi oleh “progressive education”. Namun tidak bisa dipungkiri sport terus tumbuh dan berkembang menjadi aktivitas fisik yang merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Pendidikan Jasmani adalah pendidikan yang mengaktualisasikan potensi-potensi aktivitas manusia berupa sikap. Kenyataan menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Jasmani ini cenderung mengarah kepada upaya memperkuat badan. tindak . Pendidikan Jasmani lebih berperan sebagai “medicine” (obat) daripada sebagai pendidikan. salah satu contoh definisi Pendidikan Jasmani yang didasarkan pada pandangan holistik ini dikemukakan oleh Jawatan Pendidikan Jasmani (sekarang sudah dibubarkan) yang dirumuskan tahun 1960. Siedentop (1990). Manusia adalah kesatuan dari berbagai bagian yang terpadu. dan harus dilakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan definisi tersebut. dan karya yang diberi bentuk. Pandangan Pendidikan Jasmani berdasarkan pandangan dikhotomi manusia ini secara empirik menimbulkan salah kaprah dalam merumuskan tujuan. para pengajar Pendidikan Jasmani lebih banyak dibekali latar belakang akademis kedokteran dasar (medicine). yaitu pada akhir abad 19. Misalnya. Oleh karena itu Pendidikan Jasmani tidak hanya berorientasi pada jasmani saja atau hanya untuk kepentingan satu komponen saja. sering juga pelaksanaan Pendidikan Jasmani ini justru mengabaikan kepentingan jasmani itu sendiri. terutama melalui pengalaman gerak. Pendidikan Jasmani modern yang lebih menekankan pada pendidikan melalui aktivitas jasmani didasarkan pada anggapan bahwa jiwa dan raga merupakan satu . • Pandangan indonesia Di Indonesia. terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Definisi Pendidikan Jasmani dari pandangan holistik ini cukup banyak mendapat dukungan dari para ahli Pendidikan Jasmani lainnya. dan arah menuju kebulatan pribadi sesuai dengan cita-cita kemanusiaan. Oleh karena itu. Doktrine utama dari progressive education ini menyatakan bahwa semua pendidikan harus memberi kontribusiterhadap perkembangan anak secara menyeluruh. yang menganggap sport tidak sesuai di sekolah-sekolah. isi. Definisi yang relatif sama. pada awalnya kurang banyak memasukkan aktivitas sport karena pengaruh pandangan sebelumnya. pandangan holistik ini awalnya dipelopori oleh Wood dan selanjutnya oleh Hetherington pada tahun 1910. program pelaksanaan. sebagai berikut. dan penilaian pendidikan. hingga akhirnya mendorong timbulnya pandangan modern. atau kemampuan jasmaniahnya saja.Pada saat itu. menganggap bahwa manusia bukan sesuatu yang terdiri dari bagian-bagian yang terpilah-pilah. Pada periode ini Pendidikan Jasmani diartikan sebagai pendidikan melalui aktivitas jasmani (education through physical). Pendidikan Jasmani didefinisikan sebagai pendidikan gerak dan pendidikan melalui gerak. • Pandangan pendidikan modern Pandangan modern. Pendidikan Jasmani merupakan bagian dari program pendidikan umum yang memberi kontribusi. atau sering juga disebut pandangan holistik. juga dikemukakan oleh Pangrazi dan Dauer (1992) sebagai berikut.

siswa disosialisasikan ke dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan berolahraga. • 1951 o PORI melebur ke dalam KOI. top organisasi olahraga sebagai pelaksana teknis cabang olahraga yang bersangkutan. Oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila banyak yang meyakini dan mengatakan bahwa Pendidikan Jasmani merupakan bagian dari pendidikan menyeluruh. KOI sebagai badan pembantu DAGI dalam hubungan internasional. • 1952 o KOI diterima menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tanggal 11 Maret. • 1962 o Pemerintah membentu Departemen Olahraga (Depora) dengan menteri Maladi. Oleh karena sifat anak-anak yang selalu dinamis pada saat mereka tumbuh dan berkembang. • 1947 o Organisasi olahraga membentuk Komite Olympiade Republik Indonesia (KORI) dengan Ketua Sri Sultan Hamengkubuwono IX. • 1959 o Pemerintah membentuk Dewan Asian Games Indonesia (DAGI) untuk mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games IV 1962. Pandangan ini memandang kehidupan sebagai totalitas. tidak hanya mendidik jasmani atau tubuhnya saja. Oleh karena itulah. Melalui Pendidikan Jasmani. adalah anak secara keseluruhan yang harus kita didik. dimana pikiran. 2 . Oleh karena itu dapatlah dikatakan bahwa Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. perolehan keterampilan dan perkembangan lain yang bersifat jasmaniah itu juga sekaligus sebagai tujuan. • 1961 o Pemerintah membentuk Komite Gerakan Olahraga (KOGOR) untuk mempersiapkan pembentukan tim nasional Indonesia.kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan. mengemukakan hal serupa dari sudut pandang yang lebih spesifik. dan tindakannya selalu berubah-ubah. maka perubahan satu element sering kali mempengaruhi perubahan pada eleman lainnya. sejarah olahraga indonesia • 1946 o Top organisasi olahraga membentuk Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) di Solo dengan Ketua Widodo Sosrodiningrat. o KORI berubah menjadi Komite Olimpiade Indonesia (KOI). • 1964 . Wall dan Murray (1994). dan sekaligus memiliki potensi yang strategis untuk mendidik. masa anak-anak adalah masa yang sangat kompleks. perasaan. Namun demikian.

jabatan Sekretaris KOI dirangkap oleh Sekjen KONI M.F. o Induk organisasi olahraga membentuk KONI pada 31 Desember dengan Ketua Umum Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Nama KONI tetap dipertahankan dan tidak diubah menjadi KON. Jabatan Ketua KOI kemudian dirangkap oleh Ketua Umum KONI Sri Sultan Hamengkubuwono IX. • 2007 o Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 16. Siregar. o Presiden Soeharto membubarkan Depora dan membentuk Direktorat Jendral Olahraga dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. tetapi tidak dapat berfungsi karena tidak didukung oleh induk organisasi olahraga berkenaan situasi politik saat itu.F. KONI ibarat sekeping mata uang dua sisi yang ke dalam menjalankan tugasnya sebagai KONI dan ke luar berstatus sebagai KOI. • 2005 o Pemerintah dan DPR menerbitkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan memecah KONI menjadi KON dan KOI. • 1965 o Sekretariat Bersama Top-top Organisasi Cabang Olahraga dibentuk pada tanggal 25 Desember. KOI. 3 Tahun 2005. Siregar dan Sekretaris KOI Soeworo. semua organisasi KOGOR. Sejak itu dalam AD/ART KONI yang disepakati dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas). dan 18 Tahun 2007 sebagai peraturan pelaksanaan UU No. 17. . o Sri Paku Alam VIII mengundurkan diri sebagai Ketua KOI. • 1966 o Presiden Soekarno menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 143 A dan 156 A Tahun 1966 tentang pembentukan KONI sebagai ganti DORI. o KONI menyelenggarakan Musornas Luar Biasa (Musornaslub) pada 30 Juli yang membentuk Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan menyerahkan fungsi sebagai NOC Indonesia dari KONI kepada KOI kembali. o • 1967 o Presiden Soeharto mengukuhkan KONI dengan Keputusan Presiden Nomor 57 Tahun 1967. mengusulkan mengganti DORI menjadi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang mandiri dan bebas dari pengaruh politik. top organisasi olahraga dilebur ke dalam DORI.o Pemerintah membentuk Dewan Olahraga Republik Indonesia (DORI). IOC kemudian mengakui KONI sebagai NOC Indonesia. o KOI diketuai oleh Sri Paku Alam VIII. o Soeworo meninggal. dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI M.

. 2 atw 3.toh Presiden Habibie. minggu berganti bulan. Padahal bukan itu yg dpt mengangkat Prestasi Olah Raga suatu bangsa tp perhatian dlm bentuk pembinaan dr usia kecil hingga menjaga atlit berprestasi utk tetap berprestasi hingga kaderisasi atlit2 yg baru utk dibikin berprestasi. padahal th 2001 atw 2003 peringkat qt msh bs berada di no. Perhatian Pemerintah hanya bersifat seremonial belaka. Gelar Thomas Cup yg trakhir qt rebut th 2002 ga prnah qt dapatkan lg. Oleh: Gungde Ariwangsa . bukan krn Pemerintah.* * * * * * * * * * * * * * * CINTA OLAHRAGA INDONESIA . Peringkat qt di Pesta Olah Raga Sea Games (Asia Tenggara). peresmian dll.BAB 3 PERMASALAHAN OLAHRAGA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI • Kemunduran Prestasi Olah Raga Indonesia Era SBY ________________________________________ Prestasi Olah Raga Indonesia 3 th terkahir ini sungguh memprihatinkan!!! Gak ada gelar / juara yg ditorehkan Atlit2 Indonesia di kancah Internasional bahkan di level Asia Tenggara sekalipun. menonton pertandingan. Jangan bilang kesulitan krn Anggaran yg ga cukup. Lantas apakah fungsi Kementerian Olah Raga yg dibentuk Pemerintah SBY? Kelihatannya cm utk bagi2 kekuasaan belaka terbukti dgn diangkatnya kader PKS (Adhyaksa Dault) yg ga berkompeten dlm bidang Olahraga. ga berbuat / bekerja. Boleh dikatakan posisinya sudah seperti pengemis yang terus mengharapkan belas kasihan. Asian Games (Asia) & Olympiade udah jauh ditinggalkan Thailand. Kalaupun ada atlit yg berprestasi sperti Chris John & Taufik Hidayat itupun mrk yg emang berbakat & didukung orng2 yg profesional. Singapore bahkan Vietnam. Intinya pemerintah skrg ini hanyalah pemerintah yg OMDO. memberikan hadiah uang. bulan pun berganti tahun dan bahkan tahun pun terus bergulir namun pemerintah tetap menganggap olahraga sebagai anak tiri yang dibiarkan hidup menggelandang di jalanan.. bahkan tanpa membentuk kementerian Olahraga skalipun prestasi Indonesia jauh lbih baik di zaman ketiga Presiden terdahulu. Boleh saja hari telah berganti minggu. bahkan masuk final pun luar biasa sulitnya. Malaysia. Gusdur & Megawati jg mengalami masalah yg sama. melepas & menyambut atlit. misal..SUNGGUH mengenaskan nasib dunia olahraga Indonesia dalam perjuangan untuk mengusik kepedulian pemerintah.

dominasi kita di cabang olahraga bulu tangkis juga semakin terancam. Setidaknyaitu tercermin dari posisi Indonesia di SEA Games Manila tahun 2005 lalu yang boleh dikatakan sebagai kegagalan. Tim SEA Games pun pulang ke Jakarta dengan kepala tertunduk karena kegagalan itu. Daya pikir. andaikata saja pembinaan olahraga kita bagus. Bahkan. Pada Olimpiade Athena 2004. . Dalam event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Indonesia hanya mampu meraih 50 medali emas saja. kita masih belum banyak bisa bicara. dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Perunggu lainnya diraih oleh Flandy Limpele/Eng Hian untuk ganda putra. Kita memang mesti berkaca ke RRC. Mengandung arti bahwa untuk membentuk mental yang sehat dibutuhkan kondisi fisik atau raga yang kuat. kreativitas. Padahal targetnya adalah mendapatkan 69 keping emas. Indonesia hanya bisa meraih 1 emas dan 2 perunggu. kita pastilah bisa mendapatkan medali Olimpiade lebih dari satu. Itu juga dari cabang olahraga yang secara tradisional menjadi kebanggaan kita yaitu bulu tangkis. Prestasi olahraga kita di ajang persaingan antarbangsa saat ini memang tidak terlalu menggembirakan. Dalam SEA Games Manila ada 348 medali emas yang diperebutkan. Bahkan sejumlah kalangan menyebutnya berada dalam kondisi kritis. Secara luar biasa. Yunani. Haruslah diakui bahwa di luar cabang bulu tangkis. dan inovasi bangsa akan terpacu bilamana prestasi olahraga kita juga tinggi. Selain itu. dengan kemajuan pesat dari China dan Malaysia. Indonesia hanya mengikuti 217 nomor pertandingan saja. Taufik Hidayat meraih emas dari nomor tunggal putra dan Soni Dwi Kuncoro meraih perunggu. China melejit melampaui Rusia dan Jepang untuk menempati posisi Runner-Up di bawah Amerika Serikat. Setahun sebelumnya pada Olimpiade Athena 2004 di Athena. Padahal.BAB 4 SOLUSI PERMASALAHAN • SAATNYA KITA BERBENAH DIRI Men Sana in Corpore Sano. yang sayangnya saat ini masih belum menggembirakan. negeri tirai bambu itu muncul sebagai kekuatan dahsyat dalam olahraga di tingkat dunia.

maka pembinaan atlet muda berbakat harus terarah. dan ajang SEA Games digelar di Vietnam beberapa bulan lagi. minimnya biaya pembinaan hingga kepengurusan organisasi olahraga yang kurang profesional. sampai akhirnya mencapai kemenangan. Pertanyaannya sekarang. Kita ingat dulu saat PB PASI dipimpin oleh pengusaha Bob Hasan. Dari penelitian yang ada. bila prestasi olahraga kita sangat buruk maka citra bangsa juga akan jatuh. terkadang bukanlah orang yang sudah lama menggeluti olahraga tersebut. Menurut Toho. Yang jelas. meski tidak harus diidentikkan dengan spesialisasi. pembinaan olahraga harus dimulai dari sekolah. Karena kerap kali. Yang terakhir ini patut mendapatkan perhatian kita semua. . Kesempatan untuk melakukan kompetisi diperluas. Selama ini pembinaan atlet-atlet muda kita tidak terarah. Untuk mencapai prestasi yang bagus diperlukan suatu kerja keras semua stake holder di bidang olahraga. bila hendak mencapai target kebangkitan dunia olahraga Indonesia tahun 2011 . tidak berjenjang apalagi berkelanjutan. Mulai dari faktor pembinaan yang kurang berjalan sebagaimana mestinya. Indonesia sendiri harus puas menempati peringkat ke 48 dari 202 negara yang berpartisipasi di Olimpiade itu. Apa yang disampaikan oleh Prof Toho benar adanya. berada di peringkat berapakah Indonesia nanti? Prestasi Olahraga Indonesia baik di tingkat ASEAN maupun di ajang Olimpiade yang masih belum mampu bicara banyak hendaknya patut menjadi renungan kita bersama. pengurus itu mampu dari aspek menanggung biaya organisasi.12 tahun untuk melahirkan atlet berprestasi. yang dimulai dengan latihan-latihan yang sifatnya fun. Yang lebih menonjol adalah. Padahal sudah lama kita ketahui bahwa atlet berprestasi itu lahir dari pembinaan jangka panjang. dan pencarian bibitbibit unggul berbagai cabang olahraga mesti diintensifkan. Olimpiade selanjutnya digelar di Beijing tahun depan. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Prof Toho Cholik Mutohir dalam sebuah Seminar Internasional tentang Keolahragaan di ITB Bandung.Bahkan China nyaris menggusur AS sebagai Juara Umum karena medali emas yang diperoleh hanya berbeda tiga medali. diperlukan 8 . berbanding China yang memperoleh 32 medali emas. sebab di sekolah bibit-bibit olahragawan berbakat muncul. Pendidikan olahraga usia dini itu penting. Spesialisasi harus dimulai dengan berjenjang. beberapa waktu yang lalu mengatakan perlunya dilakukan pembinaan olahraga secara berkesinambungan. Negeri ini sesungguhnya memiliki bibit atlet-atlet tangguh yang cukup besar. atau Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang menjadi Ketua Umum PB PBSI. Menurutnya. Tampaknya itu semua dilatarbelakangi banyak faktor. karenanya terasa agak aneh juga begitu minimnya prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atlet nasional kita. pengurus sebuah organisasi olahraga. AS meraih 35 medali emas.

Selama ini. terkhususnya dalam bidang pendidikan jasmani. Kita sebagai generasi muda berkewajiban untuk mempertahankan kegemilangan pendidikan indonesia. sekolah harus menjalin kerja sama dengan klub-klub. . kita berkewajiban untuk mengembangkan dan mempertahankan pendidikan jasmani. Selain berguna dalam bidang akademik. Demi mengembalikan martabat indonesia dimata dunia. Apalagi olahraga di sekolah bukanlah untuk prestasi melainkan untuk memenuhi kurikulum semata. yang belum menguasai dan belum mempunyai sertfikat untuk melatih. KESIMPULAN Mengingat bahwa pendidikan jasmani merupakan salah satu pendidikan yang berperan penting dalam kehdupan kita. pendidikan pelatih menjadi amat penting. atlet muda berbakat gagal meraih prestasi karena mereka diraih oleh guruguru olahraga. Karena itu di masa mendatang. Oleh karenanya. terkususnya di indonesia. pendidkan jasmani juga berguna demi pencapaiaan kesehatan yang maksimal.

• Kepada pihak pemerintah.mengembangkan dan mengembalikan nama baik indonesia dalam bidang pendidikan jasmani dimata dunia yang selama ini terpuruk dan mengalami kemerosotan. sebagai generasi muda berkewajiban untuk mempertahankan. sebaiknya lebih memperhatikan lagi tentang permasalhan yang menimpa pendidikan jasmani dinegeri kita .PESAN DAN KESAN • Mengingat bahwa pendidikan jasmani sangat berperan dalam kehidupan kita.

pendidikan • CINTA OLAHRAGA INDONESIA .Read More / Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz .DAFTAR PUSTAKA • Diposkan oleh MGMP PENJASKOR di 22:32 Label: hakekat. jasmani.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->