P. 1
Arti Wirausaha

Arti Wirausaha

|Views: 112|Likes:
Published by jimmy_geos

More info:

Published by: jimmy_geos on Nov 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

arti wirausaha

Written by harland firman agus Saturday, 14 May 2011 17:59 - Last Updated Wednesday, 22 June 2011 14:16

 

Apa itu kewirausahaan? Kewirausahaan atau Entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 oleh Ekonom Perancis, sebenarnya banyak sekali definisi kewirausahaan, tetapi dari semua definisi tersebut menuju ke arah yang sama. Salah satunya menurut Richard Cantilon . Menurutnya entrepreneur adalah “ Agent who buys means of production at certain prices in order to combine them ”. Kata kunci dari pengertian kewirausahaan adalah :

* Proses penciptaan nilai

* Kreatifitas dan inovasi

* Pengelolaan, kepuasan dan laba

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses kemanusiaan yang menghasilkan kepuasan dan laba jangka panjang dengan cara mengelola dan menciptakan sebuah nilai barang. Jadi, sebuah proses kewirausahaan dapat dikenali dari elemen-elemen diatas. Sementara itu, pelaku kewirausahaan (entrepreneurship) adalah wirausaha (entrepreneur) atau wiraswasta.

Yang melatarbelakangi pemikiran tentang wirausahawan ini yaitu pada jaman dahulu sebelum ada pendidikan kewirausahaan, ada pendapat bahwa kewirausahaan dan wirausaha disebabkan semata-mata oleh bakat. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ternyata menjalankan proses kewirausahaan dan menjadi wirausaha itu bisa diajarkan. Tentunya akan menjadi kelebihan tersendiri jika seseorang memiliki bakat yang biasanya kita sebut ‘bakat dagang’ dan sejenisnya. Tetapi dalam prakteknya, menjalankan proses kewirausahaan berati bekerja. Bukan hanya masalah bakat apalagi keberuntungan. Proses terjadinya kewirausahaan bisa diringkas menjadi beberapa langkah berikut :

1/2

arti wirausaha
Written by harland firman agus Saturday, 14 May 2011 17:59 - Last Updated Wednesday, 22 June 2011 14:16

BAKAT + MENTAL + KETERAMPILAN + LINGKUNGAN + TRIGGERING EVENT

Jadi bakat memang perlu, tapi bakat saja tidak cukup jika tidak memiliki mental yang kuat, keterampilan, dukungan lingkungan dan apa yang disebut sebagai triggering event. Jadi, secara ideal proses terjadinya kewirausahaan adalah adanya suatu bakat terpendam dalam diri seseorang yang mempunyai mental kuat, yang kemudian belajar secara terus menerus sehingga memiliki keterampilan, memiliki lingkungan yang mndukung kegiatan dan mendapatkan momen pemicu yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk berwirausaha.

2/2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->