BIODATA

  

Nama: SOFYAN AMIR NIP: 010 045 620

Tugas di luar Kalsel:  Prov. Irian Barat (1970-1971) Pelatihan di luar negeri:  Training Workshop for Trainers in Forest Fire Fighting (Brunei Darussalam 1999) Penghargaan Pemerintah:  Satyalancana Karya Satya 30 tahun Alamat:  Jl. Kayu Manis No. 15 Gatot Subroto Timur Banjarmasin (0511)-3251291 Status: Kawin (Putera 2 orang) Pengalaman JabatanStruktural al:  Kabid Perijinan BKPMD  Sekwilda Tk. II Tapin  Kabid Pemerintahan Tugub Wil. I  Kabid Sosbud Bappeda  Sekretaris BP-7  Kamawil Hansip Provinsi  Kepala Badan Kesbanglinmas Provinsi

Tempat/tgl lahir:  Kandangan, 5 September 1945 Pangkat:  Pembina Utama Madya (Gol. IV/d) tmt. 1-10-2001 Jabatan:  Widyaiswara Utama (tmt. 1-4-2003 SK Presiden RI No. 150/M Tahun 2003) Instansi:  Badan Diklat Daerah Prov. Kalsel Pendidikan terakhir:  IIP Jakarta (1976) Sebagai PNS: sejak 1 Mei 1965 Pendidikan penjenjangan:  Sepadya (1987)  Sespanas (1994)

 

 

DIKLAT PENJENJANGAN
ES. I ES. II ES. II ES. III ES. III ES. IV ES. IV STAF
10:43 PM Sofyan Amir

PIM I

PIM II

PIM III

PIM IV
2

PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

10:43 PM

Sofyan Amir

3

Siagian): “Suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakekat suatu masalah. pengumpulan fakta-fakta dan data. Sofyan Amir 4 . Keputusan (Sondang P. penentuan yang matang atas alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang paling tepat”.PENGERTIAN-PENGERTIAN (1)   10:43 PM Masalah: Tidak adanya keseimbangan antara yang harus dilakukan dengan adanya sekarang.

M. P. Hasibuan): “Suatu proses penentuan keputusan yang terbaik dari sejumlah alternatif untuk melakukan aktifitas-aktifitas pada masa yang akan datang”. Pemecahan Masalah: Tindakan perubahan untuk mendekatkan kondisi aktual. S. Sofyan Amir 5 10:43 PM . yaitu apa yang sesungguhnya terjadi kepada apa yang seharusnya terjadi.PENGERTIAN-PENGERTIAN (2)   Pengambilan Keputusan (Drs.

pemilihan alternatif keputusan untuk memecahkan suatu masalah dan pemilihan tindakan untuk mengantisipasi hambatan yang mungkin menghalangi terlaksananya pelaksanaan suatu keputusan.PENGERTIAN PMPK  10:43 PM Suatu proses pengidentifikasian masalah. pencarian penyebab suatu masalah. Sofyan Amir 6 .

POSISI DECISION MAKING MANAJEMEN ADMINISTRASI ORGANISASI LEADERSHIP DECISION MAKING 10:43 PM Sofyan Amir 7 .

STRATA PIMPINAN PIMPINAN ATAS TUJUAN STRATEGIK PIMPINAN MADYA TUJUAN OPERATIF PIMPINAN PELAKSANA SASARAN OPERASIONAL 10:43 PM Sofyan Amir 8 .

Sadar akan kelebihan dan kekurangan dirinya. Memahami perilaku bawahan.PIMPINAN YANG BAIK     Mengetahui sasaran/tujuan organisasi. Berkemampuan analisis. 10:43 PM Sofyan Amir 9 .

Berani mengambil keputusan. Berani mengambil resiko/tanggung jawab. 10:43 PM Sofyan Amir 10 .KEBERHASILAN PIMPINAN    Mampu memecahkan masalah.

CARA MENEMUKAN MASALAH  Menyelidiki masalah Hasil monitoring Pernyataan orang lain Peka terhadap masalah Sofyan Amir 11    10:43 PM .

Pemecahan secara trial and error.CARA PEMECAHAN MASALAH      Pemecahan masalah secara kebetulan. Sofyan Amir 12 10:43 PM . Pemecahan masalah berdasarkan metode ilmiah. Pemecahan berdasarkan pengalaman. Pemecahan secara spekulasi.

KERANGKA ANALISIS PEMECAHAN MASALAH        Identifikasi Masalah Klasifikasi Masalah Pemilihan Masalah Prioritas Mencari Akar Masalah Penyusunan/Pemilihan Alternatif Tindakan Pelaksanaan Monitoring-Evaluasi Sofyan Amir 13 10:43 PM .

ia harus mampu dan berani mengambil keputusan yang bersangkutan dengan hal setepat-tepatnya. Jadi barang siapa menghendaki adanya aktifitas-aktifitas tertentu.MENGAPA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENTING? (1)   Karena keputusan merupakan permulaan dari semua aktifitas manusia yang sadar dan terarah baik secara individual. Sofyan Amir 14 10:43 PM . kelompok maupun secara institusional.

sementara hari yang akan datang itu tidak menentu serta penuh dengan beraneka ragam resiko. Sofyan Amir 15 10:43 PM . efeknya akan berlangsung atau berguna pada hari yang akan datang.MENGAPA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENTING? (2)  Keputusan ditujukan untuk masa yang akan datang.

kurang memperhatikan data/fakta. tapi bila keputusan berhasil maka pimpinan cepat maju. Sofyan Amir 16 10:43 PM . diambil dalam keadaan darurat. kurang baik dan beresiko besar. Induced Decision: terlebih dulu analisa data/fakta. resiko relatif kecil. sangat baik karena logis/rasional.MACAM-MACAM KEPUTUSAN (1)   Auto Generated Decision: cepat.

Group Decision: keputusan diambil setelah dimusyawarahkan dengan orang lain.MACAM-MACAM KEPUTUSAN (2)   Individual Decision: keputusan tanpa mendapat saran/pertimbangan orang lain. 10:43 PM Sofyan Amir 17 .

  10:43 PM Sofyan Amir 18 . Penanggung jawabnya jelas.KELEBIHAN INDIVIDUAL DECISION  Keputusan diambil dengan cepat. Biaya relatif murah.

KELEMAHAN INDIVIDUAL DECISION     Terbatasnya kemampuan pembuat keputusan. Prestise manajer jatuh jika keputusan salah. Kurangnya pembinaan bawahan karena mereka tidak dilibatkan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pelaksanaan keputusan mengalami kesulitan karena bawahan kurang meresapinya. Sofyan Amir 19 10:43 PM .

Pembinaan cukup baik karena bawahan terbiasa dilibatkan dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Sofyan Amir 20 10:43 PM .KELEBIHAN GROUP DECISION (1)    Keputusan ditetapkan secara rasional/logis karena dibantu pikiran bawahan. Partisipasi bawahan akan lebih besar sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya.

Kecenderungan untuk bertindak otokrasi dapat dihindarkan.KELEBIHAN GROUP DECISION (2)    Inisiatif dan kemampuan penalaran para bawahan dapat dimanfaatkan oleh manajer. Para bawahan merasa dihargai. 10:43 PM Sofyan Amir 21 .

Wibawa dan prestise pemimpin kurang jika ternyata daya kemampuannya kurang.KELEMAHAN GROUP DECISION    Waktu dan biaya relatif lama/besar. Penanggung jawab keputusan kurang jelas. 10:44 PM Sofyan Amir 22 .

Sofyan Amir 23 10:44 PM . Menganalisa masalah tersebut. R. Mengevaluasi masing-masing alternatif. Terry)      Merumuskan masalah yang bersangkutan.PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN (G. Memilih alternatif yang akan menjadi keputusan yang akan dilaksanakan. Menetapkan sejumlah alternatif.

KAPAN MELIBATKAN ORANG LAIN? (1)
 

Jika keputusannya mempengaruhi setidaknya satu orang lain. Jika anda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilannya. Untuk mendorong penerimaan keputusan oleh orang lain, untuk mempertahankan kesatuan/semangat kerja kelompok atau untuk mendapatkan komitmen bagi pelaksanaan keputusan.
Sofyan Amir 24

10:44 PM

KAPAN MELIBATKAN ORANG LAIN? (2)
Untuk mendorong penerimaan keputusan oleh orang luar kelompok langsung anda (misalnya: manajemen atas) seandainya anda memerlukan dukungan mereka.  Untuk mendapatkan dukungan atau bantuan dalam pelatihan sehubungan dengan keputusan.  Untuk mengurangi resiko bahwa keputusan itu akan menyebabkan kegagalan.  Untuk meningkatkan kualitas Sofyan Amir 25 10:44 PM keputusan anda.

KAPAN TIDAK MELIBATKAN ORANG LAIN?
 

Jika keputusannya mempengaruhi diri anda. Jika tidak mempunyai waktu untuk berkonsultasi dengan orang lain dan harus mengambil keputusan segera. Jika anda sama cakapnya dengan orang lain untuk mengambil keputusan bersangkutan dan tidak ada alasan lain untuk melibatkan orang lain.
Sofyan Amir 26

10:44 PM

Berdasarkan intuisi.BASIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Sondang P. Appeal kepada kekuatan duniawi. Siagian) (1)      Appeal kepada kekuatan gaib. 10:44 PM Sofyan Amir 27 . Berdasarkan akal sehat. Berdasarkan logika murni.

Siagian) (2)  Berdasarkan metode ilmiah tetapi pada dasarnya banyak orang mengambil keputusan atas basis: • • • • Intuisi (suara hati) Fakta-fakta Pengalaman Kekuasaan Sofyan Amir 28 10:44 PM .BASIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Sondang P.

Keputusan bertahan relatif lama. Tanggung jawab si pengambil keputusan. Sofyan Amir 29 10:44 PM . Prestise dipertaruhkan dalam pengambilan keputusan. Keputusan perorangan dan keputusan kelompok sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan.HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (1)       Keputusan dapat menimbulkan masalah baru. Keputusan dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Keputusan diwarnai oleh latar belakang pendidikan. pengalaman dan wawasan serta kemampuan memprediksi ke depan. Sofyan Amir 30 10:44 PM .HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (2)     Keputusan bertujuan mencapai hasil yang baik dengan resiko yang kecil. Keputusan jarang selalu sempurna. Keputusan yang baik adalah keputusan yang logis. rasional dan berdasarkan fakta/data.

Diterima dan dipahami oleh pendukung organisasi. 4. 2. Sofyan Amir 31 10:44 PM . Rasional dan logis. inovatif dan melibatkan emosional. Pendekatan ilmiah dipadukan dengan pola pikir kreatif. 5. Berkaitan langsung dengan sasaran dan tujuan. 3. intuitif.KEPUTUSAN YANG BAIK 1. Dapat dilaksanakan.

Analisis masalah potensial: Apa yang dapat menghambat/menggagalkan rencana pelaksanaan keputusan Sofyan Amir 32 10:44 PM 1. Analisis keputusan: Keputusan atau tindakan mana yang harus kita pilih? 4. Analisis masalah: Mengapa hal itu terjadi? 3.PROSES PMPK Penilaian situasi: Apa yang sebenarnya terjadi? 2. .

PMPK MENURUT KEPNER-TREGOE ANALISIS PENILAIAN MASALAH SITUASI “Mengapa terjadi?” “Apa yang terjadi?” ANALISIS KEPUTUSAN “Mana yang harus dipilih?” ANALISIS MASALAH POTENSIAL “Apa yang akan Mengganggu rencana?” 10:44 PM Sofyan Amir 33 .

rasional dan ideal berdasarkan fakta.  Pada dasarnya tujuan keputusan sama yaitu untuk mencapai hasil sebaik-baiknya dengan resiko yang 34 10:44 PM sekecil-kecilnya. logis. data dan informasi dari sejumlah alternatif untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan dengan resiko yang kecil.Sofyan Amir  .KESIMPULAN Pengambilan keputusan adalah proses bagaimana menetapkan suatu keputusan yang terbaik. efektif dan efisien yang dilaksanakan pada masa mendatang.

3. 4. 2.LANGKAH-LANGKAH PENILAIAN SITUASI 1. • • • Mengenali kerisauan Memilah kerisauan Menentukan prioritas Menentukan langkah penanganan: Mencari penyebab Tinggal mengambil keputusan Tinggal menyiapkan tindakan antisipatif Sofyan Amir 35 10:44 PM .

Merumuskan masalah Membuat spesifikasi penyimpangan Mencari perbedaan dan perubahan Membuat daftar kemungkinan penyebab Menguji kemungkinan penyebab Sofyan Amir 36 10:44 PM . 5. 4.LANGKAH-LANGKAH ANALISIS MASALAH 1. 3. 2.

2. 3. 5.LANGKAH-LANGKAH ANALISIS KEPUTUSAN 1. Menyatakan tujuan pengambilan keputusan Menentukan kriteria atau persyaratan pemilihan Membuat/mengembangkan alternatif pilihan Mengevaluasi alternatif Mempertimbangkan resiko pemilihan Sofyan Amir 37 10:44 PM . 4.

4. 10:44 PM Menyatakan rencana/tindakan Membuat rencana awal Mengantisipasi masalah-masalah potensial Merinci masalah potensial Memperkirakan tingkat kemungkinan dan kegawatannya Memperkirakan kemungkinan penyebabnya Memilih tindakan pencegahan dan penanggulangan Menyempurnakan rencana awal Sofyan Amir 38 . 5. 7. 3.LANGKAH-LANGKAH ANALISIS MASALAH POTENSIAL 1. 6. 2. 8.

Berhati-hati sebelum beraksi.PIMPINAN YANG LEBIH… 1. 4. 3. Sofyan Amir 39 2. Seksama menjaga rencana. 10:44 PM . Jeli dalam mencari “Penyebab”. Obyektif dalam Memilih Alternatif.

42 Tahun 2004)   10:44 PM Sofyan Amir 40 .APARATUR HARUS…  Profesional Netral Akuntabel Pelayanan Prima (PP No.

PERANAN APARATUR PEMERINTAH  Administrator Motivator Keteladanan   10:44 PM Sofyan Amir 41 .

2% 27% 2.648.394.JUMLAH PNS MENURUT PENDIDIKAN (DESEMBER 2003) SD 125.343 3.191 8.007 985.723 9.8% 38.3% 100% 42 .5% 16.9% 0.005 Sofyan Amir 2.584 3.2% 1.423 56.5% 0.819 288.181 1.427 90.1% 7.297 586.4% SLTP SLTA D I D II D III D IV S 1 S 2 S 3 Jumlah 10:44 PM 103.

VISI INDONESIA BARU  Mewujudkan negara Indonesia yang bersatu. konstitusional dan penegakan hukum  Berperan dalam pergaulan antar bangsa . dan berdaulat.  Mempertahankan kemerdekaan  Mewujudkan kesejahteraan  Membangun bangsa dan watak bangsa  Demokratis. serta adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

TANTANGAN BANGSA (1)  Globalisasi ditandai: 1. 2. Kemajuan 3T. Pasar bebas. 3. . Persaingan bebas.

Merosotnya daya saing. dan pemberantasan KKN. . Stabilitas politik-keamanan dan disintegrasi bangsa. Makin berkurangnya SDA (rusaknya lingkungan). Menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Penegakan hukum. Rendahnya kualitas SDM. Swasembada pangan. Kesenjangan pembangunan kawasan barat dan timur. Merosotnya moral/etika (termasuk penyelenggara negara).TANTANGAN BANGSA (2)             Pemulihan krisis ekonomi/moneter. Ancaman bencana alam. Penanggulangan penduduk miskin dan pengangguran. kriminalitas.

26 juta ton Sisa produksi: 33 juta ton Konsumsi: 31.29 juta hektar Produksi padi: 58.70 juta ton Surplus: 1.(DIRJEN TANAMAN PANGAN)        TAHUN 2008 Jumlah penduduk: 227.78 juta jiwa Luas areal tanam: 12. susut dsb: 25.26 juta ton Benih.3 juta ton .

Negara paling tidak bahagia Zimbabwe.  Urutan 108 Inggris.  Urutan 172 Rusia.NEGARA/BANGSA BAHAGIA Riset New Economic Foundation:  Urutan 1 Vanuatu (Urutan ekonomi 207 dari 233 negara).  Urutan 23 Indonesia.  Urutan 150 Amerika Serikat. .

3 milyar Orde baru/reformasi sampai dengan 2006: $130 milyar (Rp1200 trilyun) Cicilan 30% APBN (APBN 2008: Rp854.29 trilyun) 2 tahun ke depan hutang bertambah $40 milyar    .HUTANG LUAR NEGERI  Orde lama: $6.

Merupakan suatu alat yang memuaskan untuk memutuskan tindakan-tindakan atas problem yang mempunyai pengaruh terbatas. Sofyan Amir 49 10:44 PM . 3. 2. Keputusan dapat diambil dalam jangka waktu yang singkat.KELEBIHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN INTUISI 1. Kecakapan decision maker dapat digunakan.

Dasar-dasar lain untuk mencapai suatu keputusan menjadi sangat minim dan mungkin juga tidak dihiraukan. 3. karena feeling bisa saja salah. Keputusan mungkin terbukti salah. Alat-alat untuk menggantikan keputusan tidak tersedia.KELEMAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN INTUISI 1. Sofyan Amir 50 10:44 PM . 2.

logis. 10:44 PM Sofyan Amir 51 . Merupakan dasar yang paling baik bagi keputusan yang diambil. 2. 3. Keputusan akan rasional. Keputusan secara relatif akan lebih mudah direalisasikan.KELEBIHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN FAKTA 1. ideal dan resikonya relatif kecil.

2. Biaya untuk mengambil keputusan relatif besar. 10:44 PM Sofyan Amir 52 .KELEMAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN FAKTA 1. Keputusan sering terlambat.

Sofyan Amir 53 2. Bagian-bagian terbaik dari latar belakang si pembuat keputusan dapat digunakan. 10:44 PM .KELEBIHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN PENGALAMAN 1. Keputusan yang didasarkan atas pengalaman dapat menggunakan pengetahuanpengetahuan praktis.

Bila pengalaman decision maker sangat terbatas maka keputusannya akan sangat sempit. 2. Keputusan berdasarkan atas pengalaman mungkin hanya dapat dilakukan atas kejadiankejadian yang ketinggalan zaman.KELEMAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN PENGALAMAN 1. Sofyan Amir 54 10:44 PM .

Bersifat resmi dan mengikat. 10:44 PM Sofyan Amir 55 . Mudah diterima. Mempunyai sumber-sumber asli. 3.KELEBIHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN KEKUASAAN/WEWENANG 1. 2.

KELEMAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDASARKAN KEKUASAAN/WEWENANG 1. Sofyan Amir 56 10:44 PM . sehingga pengertiannya mengenai faktor-faktor yang bersangkutan sangat kurang. Dapat menjadi sangat rutin dan memungkinkan suatu praktek otoriter yang tidak diinginkan. Keputusan itu mungkin dilakukan oleh seorang yang berada jauh diluar persoalan yang aktual. 2.

2.KEKUATAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN 1. 3. • • • • • • 10:44 PM Individu dalam organisasi Kelompok dalam organisasi Lingkungan organisasi: Sosial Ekonomi Budaya Politik Finansial Ideologi Sofyan Amir 57 .

Sehat diusia lanjut berarti bisa menikmati hidup di hari tua.TUA ITU PASTI. . SEHAT ITU PILIHAN    Tua adalah anugerah yang merupakan proses alamiah dalam perjalanan hidup dan bukan akhir dari segala-galanya. Yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana menjalani usia lanjut secara berkualitas.

14 AGUSTUS 2008)  BERTENGKAR BIKIN PANJANG UMUR Sebuah penelitian terhadap 192 pasangan di AS selama 17 tahun menyimpulkan bahwa bertengkar justru bagus buat kesehatan.(B. imbasnya umur bertambah panjang. Silahkan bertengkar kemudian bersama-sama cari solusinya. Sebaliknya jika ada problem tetapi dipendam bisa meningkatkan penyakit terkait stres seperti serangan jantung dan darah tinggi. POST. .

tidak merokok. POST. dan tidak minum alkohol Bikin diri anda bahagia .(B. 29 JUNI 2008) TIGA CARA PANJANG UMUR    Kreatif dalam bekerja Konsumsi sayuran/buah.

POLA/GAYA HIDUP SEHAT-BAHAGIA        SEDERHANA Realistik – apa adanya Sesuaikan keinginan dengan kemampuan Hidup hemat Suka menabung Mensyukuri nikmat Rukun rumah tangga .

UPAYAKAN HINDARI:  Tersangkut masalah hukum Tersangkut hutang Stress   .

MANFAATKAN WAKTU:  8 jam mencari nafkah 8 jam istirahat/tidur 8 jam beribadah   .

Di pra jabatan selalu bicara good governance. diskusi kada babunyi. tolong sikapi tentang pra jabatan. Tapi untuk peserta terbaik aja. jiwa pemimpin juga tidak terlihat karena tidak tampil memimpin. Pemilihan peserta terbaik mambari supan. Yang dipilih terbaik urang-urang yang guring aja di kelas. POST. ( (05117479xxx) . ada permainan pak.(LAYANAN PUBLIK B. 29 APRIL 2008) URANG YANG GURING AJA  Pak Gubernur.

Percayalah berbagai bentuk pungutan dengan dalih peningkatan mutu akan tetap jalan. pemalas.(B. Budaya dan sikap mental santai. dan asal melaksanakan tugas tanpa melakukan evaluasi. Dan materi menjadi . sebesar 100 persen tidak akan banyak membawa perubahan yang signifikan. 4 November 2008) Tidak Akan Berubah  Kenaikan gaji guru PNS yang sangat fantastis dan spektakuler. POST. kinerja guru akan tetap mewrnai carut-marut dunia pendidikan kita. maklum hati nurani dan akan sehatnya sudah mati.

MASALAH SAAT INI      Kenaikan harga pangan Kenaikan harga minyak Defisit APBN Tantangan ekspor-investasi Munculnya protes sosial .

#.

&7:9.33/4308.2-.3 378 &7:9.5.3 207.943 &7:9.3:.3#:8.7.39/.-. &7:9. 0.-0 .7 30.4:3/.4342.$ #8090.9: &7:9.$07.9 &7:9.304342 /.7...3'.

7:. 2.7 7/0-.2.&%&## 7/0.

./03.7 .3:9.25.2-.3  2.701472.3-079. 2.7 #5 97:3 .3 ! ! #5 97:3 9.:30/05.88.

9:.07 0.9.9/..9/:3.8..3/0..5..5.8 574-02 .3 :39:202:9:8.2.7: 907-.327  . .3 07:5.5.3202:.8432.383.3/.393/.3.3.3 :39:202:9:8.8432..38:.07 /.5.9:.9.9.32025:3.393/.503.8  $41...3 93/.3/0...2-/..!!&%&$ #$#%&$    05:9:8.9 0..

.7.:.9232/.5.9 .7 /.9/.9 ..3 9/.8.327  .7 ..8..3 2:33:.39. .3  $41. 1003 -8. .8..8.3:39:203.8:.3203.3./7.! !&%&$#$#%&$    05:9:8.703.9:39:203.32:33907-:98./8.90780/.305:9:8.9: 05:9:8.8. .

.910.3.7. /70.3  $41.8.3.327  . 48 /0.70.37.380.3 70843.70.843.3/.3/..2- 05:9:8./.!!&%&$ #$#%    07:5.91. 05:9:8.8.7.30-2:/.-.3-. 05:9:8..8.35..

91 -08.9 .327  .2-05:9:8.7   $41.:39:203.370.38073907.2-.! !&%&$#$#%  05:9:8..

5.9203:3.3//.2.9.327  .!!&%&$ #$#!  05:9:8.3   $41.3/.3907-.3 8502-:.3 50309.3 ..5.7...9/:3.8 503.7.3.8..98 .9.7-0.3 -.357..:...3.3 50309.:.:./.905:9:8.3/.3 50309.

8432.3 .3 0.3 0.8 0..2.3 2:33.2.503.07 .3/0.9.3-07/.3...3093.3 ..2...3.9/.3.3/0.5.33.3.3.9./.9 907-.9.8503.:.05:9:8.9 80259  $41.3.7././.2.!!&%&$ #$#!   05:9:8.07 8./..503.82.8.38.8432.327  .

!!&%&$ #$#&$.

8 0781.  :/.8:2-07 025:3.9    $41.327  . 025:3.3203.8:2-07 8:2-07./9072.97082/.

!!&%&$ #$#&$.

   .9:.3 .947 1.904947907 .3-07.3.:/:.39/../8./. 20303.3:9.1..38:./33.5.:.97:93/.3-078.947.327  .39:2:33/.947 20303.3 8.3.3  $41.9:7.3 05:9:8.3 202:33.33.1.9203.3.9:57.340 8047.503079.3. 803.750784.

/:/. /044 $41. !49 3.347.&% !#&!&%&$           3/..38...8 3:3.8 $48.247.8 04254/.38. 4342 :/.327  .247.38.38.

3-:. 203./.3.3:9-07...-07:..3.-.3:07.3.9/:8./.%&%&!$% $%%& ! %:. .780.3207:5..7..3574808 . ..79:..8 $0. /...2507..2.3507:/5078.79-8.2.2032..3/:5/....9/:5 /.3.7 /.9. .780....3.3:8./.3:980.5.

7.2.702:/..3-078.3 $.83.9.9 89708805079807.3503.:2:7-079.2.:320325:.3.9./.574-02909.3  2-.3.3907.3.2-8.5.50309.8.7 84:83. 8.5 /503/.3 -07903.55.39:3/.3/$ 80. ! $% &$%&$  #%#!&&# $0-:. -07903..3/. $0-.2.7:897:-.2.3-078.:8-:...93 .3.9080. -07903.9907...9.3-.3.702:/.2033.2-./.

3.:7. 438:288..91/.2-007. ! $% &  %#!&&# 70.

3/. .20744 /.3 9/. 9/...44 3/7.23:2.-:.-.

! .

3. $08:.5.&! $% $%  $# #0.9 #::37:2..25:.3033.3.203.89 .3/03.9. .9 $:../.3 /:502.302.-:3 038::732.

.::2 %078.3:9:9.&!# %078.3:92.8.3 $97088 .

2897.9. .1.73.2203...%%& .

/.9/:7 .2-07-. .

59039.    .44/ 4.502253:.-./0.907.9.:7.25202253 57.-.073..907-.7.3/5 907-.:-.2-.9.3:73.3508079.44/ 9/..:7..3.:-073:7 94438.3  !02.9.9..5:39:508079.907-.380.3.78:5.:-..3 .-.!& ! $% !#  &#&# !.3 :7.3 907-.3 5./.8 /8:8 .9.-:3 .-. .357.7.703.5072..380..25202253 57.3..9/.0 %.2.9. 9/./.

..3909. !07.8.3 2:9:.20..91.898/.3/.5..3 80.35.5033.93..8 /.39.:. 502.507:-. 03..-039:5:3:9.39..7:9 2.8.:7:!$.5 2039.:./.3.:2..02-07  %/....9 .7:9 2073.:07 80-08.503//.3909.  .7 5078039/..307:-. 202-.907203.3.:7:.93:7. -07-. ! $% 4.38.3 2.8.9./9:..3/.3..7:9/:3...8:/.20.5 2073.3 8509..39:.30.8 307.3.38.3.3.3831.3-....3.3 :/..8 9.32.3/03..2.33.39.

39.089.7.3.$$% 03..7. 0189! %..3.3 03.574908848. .23.:3.3.39.308547 %.5.8 :3.308547 3.3.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful