P. 1
ALAT INDRA MANUSIA

ALAT INDRA MANUSIA

|Views: 615|Likes:
Published by Satriari Theywayu

More info:

Published by: Satriari Theywayu on Nov 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

MIN

SEC

MIN

SEC

MIN

SEC

MIN

SEC

MIN

SEC

OM SWASTIASTU

PGSD

ALAT INEDRA MANUSIA

PENDAHULUAN PEMBAHASAN

PENUTUP

ALAT INDERA MANUSIA

PENDAHULUAN
Lingkungan sekitar dapat kita rasakan Karena memiliki Alat indera

Panca indera

Mata

Telinga

Hidung

Manusia memiliki 5 alat indera

Bagian tubuh yang menerima rangsang untuk diteruskan ke otak, untuk ditanggapi

Lidah

Kulit

Harus dipelihara dengan baik

HOM E

PEMBAHASAn
ALAT INDERA MANUSIA

MATA (INDERA PENGLIHA T)

TELINGA (INDERA PENDENGA R)

HIDUNG (INDERA PEMBAU )

LIDAH (INDERA PENGECA P)

KULIT (INDERA PERABA )

ALAT INDERA MANUSIA E

HOM

MATA (INDERA PENGLIHAT)
Mata adalah indra penglihat. Bentuk mata seperti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak di dalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Bagian Luar Mata
1. Alis Mata:  mencegah masuknya keringat ke dalam mata. 2. Kelopak Mata:  melindungi mata dari benda-benda asing, misalnya debu dan asap. 3. Bulu Mata:  melindungi mata dari cahaya yang terlalu menyilaukan. 4. Kelenjar Air Mata:  terdapat pada kelopak mata bagian atas, yang menghasilkan air mata dan berguna untuk membasahi kornea, menjaga mata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.

ALAT INDERA MANUSIA

Bagian Dalam Mata
1. Kornea, berfungsi untuk

meneruskan cahaya yang masuk ke mata. 2. Lapisan sklera, berfungsi untuk menerima rangsang berupa

cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam. 3. Iris, berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya

yang masuk ke mata.

ALAT INDERA MANUSIA

Bagian Dalam Mata
4. Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya nmenuju retina. 5. Retina atau selaput jala, berfungsi untuk menangkap bayangan benda yang dilihat. 6. Lensa Mata, berfungsi untuk meneruskan dan mengumpulkan cahaya atau bayangan benda agar jatuh tepat di retina. 7. Otot mata, berfungsi untuk menggerakkan bola mata. 8. Saraf mata, berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang diterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat di otak.

9. Cairan bola mata, berfungsi untuk memberi bentuk pada mata.

ALAT INDERA MANUSIA

Cara Kerja Mata

Cahaya dipantulkan oleh benda ditangkap oleh kornea melalui pupil lensa retina bayangan otak kesan melihat

ALAT INDERA MANUSIA

Kelainan pada Mata

Rabun Jauh (Miopi) Tidak dapat melihat suatu benda dengan jelas apabila jaraknya jauh. Rabun Dekat (Hipermetropi) Tidak dapat melihat benda kecil di dekatnya. Rabun Tua (Presbiopi) Tidak dapat melihat benda yang letaknya jauh maupun dekat. Buta Warna Tidak dapat melihat benda secara jelas pada waktu senja hari. Rabun Senja (Hemerolopi) Tidak mampu membedakan warna-warna tertentu. ALAT INDERA MANUSIA

Memelihara Kesehatan Mata
    

Mengusahakan untuk makan makanan yang mengandung vitamin A. Jangan membaca di bawah penerangan yang terlalu redup atau terlalu terang. Saat membaca, jarak tulisan dengan mata diusahakan sekitar 30 cm. Jangan membaca buku atau menonton televisi sambil berbaring. Hindarkan mata dari kotoran atau debu dengan cara memakai kacamata.
ALAT INDERA MANUSIA E
HOM

TELINGA (INDRA PENDENGAR)
Telinga merupakan indra untuk mendengar. Telinga kita hanya mampu mendengarkan suara yang berfrekuensi antara 20–20.000 getaran per detik (Hertz/Hz). Selain sebagai indra pendengar, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya
Bagian Luar 1. Daun telinga :  membantu memusatkan suara yang masuk ke lubang telinga. 2. Lubang telinga :  menyalurkan suara ke selaputINDERA MANUSIA ALAT gendang telinga.

Bagian Tengah
1. Selaput gendang telinga:  menangkap suara dari lubang telinga. 2. Tulang-tulang pendengaran:  meneruskan getaran suara. 3. Saluran eustashius:  mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian Dalam

Rumah siput :  penerima getaran suara dari tulang pendengaran. Pada rumah siput terdapat sel saraf ke otak. Tiga Saluran Setengah Lingkaran:  alat keseimbangan. Sakulus dan Utrikulus:  terletak dibawah ketiga saluran setengah lingkaran merupakan alat keseimbangan.
ALAT INDERA MANUSIA

Cara Kerja Telinga

ALAT INDERA MANUSIA

Kelainan pada Telinga
Ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan bunyi atau suara.

Tuli

Congek

Keluarnya cairan berbau busuk dari telinga akibat terjadi radang pada telinga bagian dalam.

ALAT INDERA MANUSIA

Memelihara Kesehatan Telinga
 

Membersihkan telinga dengan teratur. Apabila terjadi infeksi bagian telinga tengah akibat kena tusukan benda tajam atau kemasukan air, maka segera periksakan ke dokter. Bila ada suara memekakkan telinga segera tutup kedua lubang telinga agar gendang telinga tidak rusak. Jangan mengorek-ngorek telinga terlalu dalam.
HOM

ALAT INDERA MANUSIA E

HIDUNG (INDERA PEMBAU)

Hidung adalah indera yang digunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Hidung berfungsi sebagai indra pembau dan sebagai jalan pernapasan.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya
 

Lubang Hidung Rongga Hidung  Selaput Lendir dan Bulu Halus: berguna untuk menyaring kotoran yang masuk hidung bersama dengan udara pernapasan.  Sel-sel reseptor atau ujung-ujung saraf pembau.
ALAT INDERA MANUSIA

Cara Kerja Hidung

ALAT INDERA MANUSIA

Kelainan pada Hidung
1. Pilek: tersumbatnya saluran pernapasan. 2. Polip: tumbuhnya daging di dalam rongga hidung. 3. Rusaknya saraf pembau akibat cedera pada kepala. Memelihara Kesehatan

Hidung
  

Membersihkan hidung secara rutin. Menutup hidung saat berada pada lingkungan yang kotor. Jangan memasukkan benda-benda kecil ke dalam hidung.
ALAT INDERA MANUSIA E
HOM

LIDAH (INDERA PENGECAP)
Lidah adalah alat indera yang berfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda-benda yang masuk ke dalam mulut. Lidah dapat merespon berbagai jenis dan macam rasa seperti rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-Bagian Lidah dan Fungsinya
Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil (Papila). Pada bintil-bintil tersebut terdapat ujung-ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsang rasa makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut.

ALAT INDERA MANUSIA

Cara Kerja Lidah

ALAT INDERA MANUSIA

Kelainan pada Lidah

Sariawan: mengakibatkan lidah memerah dan tampak terluka.

Memelihara Kesehatan Lidah

 

Menghindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Menyikat lidah saat menggosok gigi agar kotoran pada lidah hilang. Makan makanan yang mengandung vitamin C.
ALAT INDERA MANUSIA E
HOM

KULIT (INDERA PERABA)
Kulit adalah alat indera yang mampu menerima rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lain sebagainya. Kulit berfungsi untuk melindungi bagianbagian tubuh sebelah dalam kita dari pengaruh luar. Kulit juga berfungsi mengatur suhu tubuh dan sebagai indra peraba.
ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya
1. Epidermis (Lapisan Terluar Kulit)
- Kulit Ari: mencegah masuknya bakteri dan menguapnya air dari tubuh. - Lapian Malpighi: sel-sel yang aktif membelah diri. 2. Dermis (Lapisan di Sebelah Dalam Epidermis) - Kelenjar Keringat - Pembuluh Darah - Kelenjar minyak - Saraf - Akar Rambut - Reseptor Indra Ieraba 3. Hipodermis (Lapisan Kulit Paling Dalam) Mengandung banyak jaringan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh.

ALAT INDERA MANUSIA

Bagian-bagian Kulit

ALAT INDERA MANUSIA

Cara Kerja Kulit

ALAT INDERA MANUSIA

Kelainan Pada Kulit
1. Jerawat : penyakit yang timbul akibat ketidakseimbangan hormon dan kulit yang kotor. 2. Panu : disebabkan oleh jamur yang menempel di kulit. 3. Kadas : nampak di kulit sebagai bulatan putih bersisik.

ALAT INDERA MANUSIA

Memelihara Kesehatan Kulit
Mandi dua kali sehari.  Mencuci tangan dan kaki sebelum tidur secara teratur.  Makan makanan yang banyak mengandung vitamin E.

HOM E

ALAT INDERA MANUSIA

PENUTUP
SIMPULAN Alat indera manusia ada lima yang disebut dengan panca indera.      Mata adalah indera penglihatan. Telinga adalah indera pedengar. Hidung adalah indera pembau. Lidah adalah indera pengecap. Kulit adalah indera peraba.

Panca indera harus dipelihara/dirawat dengan baik agar panca indera kita selalu sehat.
ALAT INDERA
HOM MANUSIA E

ALAT INDERA MANUSIA

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->