TUJUH KEAJAIBAN DUNIA Tujuh Keajaiban Dunia biasanya menunjuk ke Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Pencetus awal daftar ini adalah Antipater Sidon, yang membuat daftar struktur dalam sebuah puisi (sekitar 140 SM). "Aku telah melihat tembok Babilonia yang agung yang di atasnya terbentang jalanan untuk kereta-kereta perang, dan patung Zeus di Alfeus, dan taman-taman gantung, dan Kolosus Matahari, dan karya besar yang membangun piramida-piramida tinggi, serta kuburan yang besar dari Mausolus; namun ketika aku melihat rumah Artemis yang menjulang ke awan-awan, yang lain itu semuanya kehilangan keindahannya, dan aku berkata, 'Tengoklah, selain Olympus, Matahari tidak pernah lagi melihat apapun yang sedemikian agung.'" (Antipater, Greek Anthology IX.58) Sejarawan Herodotus, orang pintar Callimachus dari Kirene (± 305 SM - 240 SM), teknisi Filon dari Bizantium telah membuat daftar yang lebih awal namun tulisan-tulisan ini tidak ada yang terselamatkan, kecuali hanya sebagai referensi.

Tujuh Keajaiban Dunia Kuno

Enam Set Tujuh Keajaiban Ada beberapa pertentangan di antara sumber mengenai Tujuh Keajaiban Dunia, dan dengan alasan yang cukup baik. Setiap zaman telah menambah beberapa pencapaian dan penemuan, memberikan kita banyak keajaiban untuk dilihat dan dikagumi. Banyak orang beranggapan ada enam set keajaiban dunia. 1. Keajaiban Dunia Kuno 2. Keajaiban Dunia Pertengahan 3. Keajaiban Dunia Alami 4. Keajaiban Dunia Bawah Air 5. Keajaiban Dunia Modern 6. Keajaiban Dunia Baru

1. Keajaiban Dunia Kuno Dengan Pharos Aleksandria, berasal dari zaman pertengahan. Menurut daftar Antipater tertulis Tembok Babylon dan bukan menara lampu. Dalam urutan sesuai huruf: 1. Piramida Giza - dipakai sebagai makam untuk Firaun Mesir Khufu, Khafre, dan Menkaure, sekarang Mesir. Dibangun pada dinasti ke-4 Mesir (± 2575- 2465 SM) 2. Taman Gantung Babilonia - dibuat oleh Nebukadnezar II, sekitar abad ke-8 SM-abad ke-6 SM, sekarang Irak. 3. Patung Zeus - berada di Olympia, dipahat oleh pemahat Yunani Fidias, ± 457 SM sekarang Yunani. 4. Kuil Artemis - 550 SM, di Efesus, sekarang Turki. 5. Mausoleum Mausolus - makam Mausolus, satrap Persia, Caria, dibuat pada tahun ± 353-351 SM, di kota Halicarnassus, sekarang Bodrum, Turki. 6. Kolosus di Rodos - patung Helios yang sangat besar, dibuat sekitar tahun 292-280 SM oleh Chures, sekarang Yunani. 7. Mercusuar Iskandariyah - mercusuar dibangun sekitar tahun 270 SM di pulau Pharos dekat Alexandria pada masa pemerintahan Ptolemeus II oleh arsitek Yunani Sostratus, sekarang Mesir.

Tujuh Keajaiban Dunia Kuno Piramida Agung Giza Taman Gantung Babilonia Patung Zeus di Olympia Kuil Artemis di Efesus Mausoleum Mausolus Kolosus di Rodos Mercusuar Iskandariyah .

2. Pelabuhan Rio de Janeiro 4. Cina) 7. Mount Everest 5. Northern Lights 6. Katakombe Kom el Shoqafa 2. Keajaiban Alam Sama dengan daftar keajaiban dunia lainnya. Volkano Paricutín 7. Setelah beberapa abad sebuah konsensus muncul dalam bentuk daftar Tujuh Keajaiban Pertengahan: 1. Great Barrier Reef 3. menghilangkan yang lama dan menggantikannya dengan "yang baru dibuat" sementara kisah mereka menyebar. Colosseum 3. Hagia Sophia 5. Grand Canyon 2. Keajaiban Dunia Pertengahan Setelah keruntuhan peradaban kuno. Stonehenge (Skotlandia. Menara porselen Nanjing (Nanjing. Britania Raya) 3. Air terjun Victoria . tidak ada kesepakatan akan daftar tentang keajaiban dunia alam. Menara miring Pisa 6. Salah satu dari daftar keajaiban dunia alami disusun oleh CNN: 1. Tembok Besar China 4. ingatan akan keajaiban dunia kuno yang hancur perlahan menghilang. Kaum cerdik-pandai dan filsuf meninjau ulang dan menulis kembali daftar keajaiban.

Menara CN (Toronto. Terowongan Channel (Britania Raya dan Perancis) 2. keajaiban di bawah ini bisa berada di dalam laut. Keajaiban Modern Banyak orang sudah menyusun daftar keajaiban dunia modern (Sekarang).4. Dam Itaipu (Brazil dan Paraguay) 6. Deep-Sea Vents 3. 5. 6. Empire State Building (New York. atau dikelilingi oleh perairan. di bawah permukaan laut. 7. Proyek Delta/Proyek Zuiderzee (Belanda) 7. Jembatan Golden Gate (San Francisco. Amerika Serikat) 4. 1. Daftar yang paling umum adalah: 1. AS) 5. Kanada) 3. Karang Penghalang Belize 2. Keajaiban Bawah Air Meskipun keajaiban dunia bawah laut adalah keajaiban dunia alami dan tidak dibuat oleh manusia. 4. Terusan Panama (Panama) . Kepulauan Galapagos Karang Penghalang Besar Danau Baikal Laut Merah Utara Palau 5.

Colosseum Kesenangan. Mexico Patung Kristus Penebus Penerimaan. Italy . Keajaiban Dunia Baru Sebuah proyek tentang 7 keajaiban dunia secara luas dipilih berdasarkan suara terbanyak. Dialog Granada. Kamboja Chichen Itza Pemujaan. disusun secara alfabet dan dengan simbol yang diasosiasikan adalah sebagai berikut: Keajaiban Simbol Lokasi Gambar Acropolis Peradaban. Spanyol Angkor Wat Keindahan. Demokrasi Athena.6. Yunani Alhambra Harga Diri. Penderitaan Roma. Keterbukaan Rio Brazil de Janeiro. Suaka Angkor. Adapun 21 finalis keajaiban dunia baru. Pengetahuan Ilmu Yucatán.

Perancis Tembok Besar Tiongkok Perlindungan. Kemajuan Paris. Rusia . Menerus Terus Republik Cina Rakyat Hagia Sophia Keyakinan. Keluarbiasaan Pulau Chili Paskah. Penghormatan Istanbul. Simbolik Moskow. Lapangan Merah. Turki Biara Kiyomizu Kejelasan. Menara Eiffel Tantangan. Ketenangan Kyoto. dan Katedral Saint Basil Pertahanan. Jepang Kremlin.Moai Misteri.

Khayalan Füssen. New York City. Perú Istana Neuschwanstein Fantasi. Mesir Patung Liberty Kemurahan Harapan hati. Dedikasi Cuzco. Keabadian Kairo.Machu Picchu Komunitas. Jerman Petra Teknik. Amerika Serikat . Perlindungan Yordania Piramid Giza Ketidakpunahan.

terletak di Republik Rakyat Cina. Taj Mahal. 万里长城. Peru 5. pinyin: Chángchéng). Cina Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (hanzi tradisional: 長城. Patung Kristus Penebus. Machu Picchu. Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Cina 2. Meksiko 6. karena satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih ada) 1. India 8. juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Sepanjang 10. Tembok Raksasa Cina . Tembok Besar Tiongkok. Mesir (Kandidat Kehormatan. Italia 7. Colosseum. Pada tahun 1987.000 Li (萬里長城. Chichén Itzá. Petra. Yordania 3. hanzi sederhana: 城. Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia.Pada tanggal 7 Juli 2007 terpilih 7 keajaiban dunia baru dengan suara terbanyak yaitu: 1. bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Brasil 4. Piramid Agung Giza. Tembok Besar Tiongkok.

Sebelumnya istilah tersebut tidak ditemukan. umumnya dikutip dari berbagai catatan sejarah. setelah investigasi secara akurat oleh pemerintah Republik Rakyat Cina. pembangunan tembok adalah salah satu bagian terpenting dalam sejarah arsitektur bangsa Cina. yakni untuk membatasi wilayah-wilayah perkotaan dan perumahan. setelah tembok panjang dibangun oleh Ming. bermakna "tembok yang panjangnya 10 ribu li".221 SM) untuk menahan serangan musuh dan suku-suku dari utara Cina. Namun.851 km.  Pra-Qin Sebelum periode Dinasti Qin. pembangunan tembok raksasa paling awal dilakukan pada Zaman Musim Semi dan Gugur (722 SM-481 SM) dan Zaman Negara Perang (453 SM. barulah dikenal istilah "changcheng" (长城. Berdasarkan bukti tertulis yang bisa diterima umum.850 km. Dinasti Han dan Dinasti Ming. Istilah Tembok Raksasa Cina dalam Bahasa Mandarin adalah "wanli changcheng". sebagian besar rupa tembok raksasa yang berdiri pada saat ini merupakan hasil dari periode Ming. Proyek tersebut juga telah menemukan bagian-bagian tembok lain yang panjangnya 359 km. tapi merupakan kumpulan temboktembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Cina utara. parit sepanjang 2232 km.Tembok Raksasa Cina tidak panjang terus menerus. Menurut pengukuran. Negeri-negeri yang tercatat . Berbagai teori mengapa tembok besar didirikan antara lain sebagai benteng pertahanan. Pada tahun 2009. pada dasarnya Tembok Raksasa Cina dikonstruksikan mayoritas pada periode Dinasti Qin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tembok Raksasa Cina lebih panjang daripada rentang yang saat ini diketahui. Sejarahnya. batas kepemilikan lahan. Rentang rata-rata Tembok Raksasa Cina adalah 5000 km. "tembok besar" atau "tembok panjang"). Badan Survei dan Pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat Cina melakukan penelitian untuk menghitung ulang panjang Tembok Raksasa Cina. diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8. Pada tanggal 18 April 2009. Pada masa sekarang istilah ini resmi digunakan. Menurut catatan sejarah. serta pembatas alami seperti perbukitan dan sungai sepanjang 2232 km. panjang keseluruhan tembok mencapai 8. penanda perbatasan dan jalur komunikasi untuk menyampaikan pesan.

proyek renovasi dan pembangunan bagian-bagian tembok lama dilaksanakan selama 20 tahun menambah panjang tembok secara keseluruhan menjadi 1000 km. Yan. Dalam periode-periode berikutnya. bangsa Hun terpecah menjadi 2 bagian. Pintu gerbang paling timur dinamakan Shanhaiguan dan pintu gerbang paling barat dinamakan Jiayuguan. . Setelah pengaruh Hun melemah. Pembangunan yang memakan waktu 9 tahun memerlukan biaya mahal dan mengorbankan rakyat jelata. Setelah itu. tembok raksasa bertambah panjang. Wei dan Zhao. Tenaga kerja yang jadi korban mencapai jutaan jiwa sehingga negara menjadi lemah. Kebencian rakyat pada kerja paksa tersebut memicu kemarahan petani yang berontak menggulingkan Dinasti Qin. Qi. Mulai tahun 39 M. saat Kaisar Han Wudi berkuasa (140 SM-87 SM). utara dan selatan. atas perintah Guang Wudi. Jendral Meng Tian mengumpulkan tenaga kerja sebanyak 300 ribu orang untuk menyambungkan tembok-tembok sebelumnya sebagai garis pertahanan. Pada periode pertama Han. tembok besar Cina dibagi ke dalam 9 distrik militer yang dilengkapi bentengbenteng pertahanan dan pintu gerbang untuk mengawasi daerah perbatasan. diperbaiki dan dimodifikasi. pembangunan tembok tidak dilanjutkan.  Dinasti Ming Pada masa Dinasti Ming (1368-1644). setelah menaklukkan bangsa Mongol. tembok raksasa berfungsi sebagai pelindung kawasan barat dari Bangsa Hun yang mengancam rakyat Cina.berkontribusi dalam konstruksi pertama antara lain negeri Chu. dengan catatan panjang 5. Bangsa Hun utara berhasil ditundukkan oleh Han sementara bagian selatan berdamai.  Dinasti Han Tahun 127 SM.650 km. tembok raksasa dari periode sebelumnya dikonstruksikan kembali. Pada saat itu. pembangunan tembok raksasa tidak dilanjutkan. Pada masa ini. Di atasnya dibuat jalan sebagai jalur transportasi. pembangunan tembok raksasa ditinggalkan karena Cina sudah mempunyai kekuatan militer yang besar. jendral Ma Cheng memulai kembali proyek pembangunan tembok besar.  Dinasti Qin Pada tahun 220 SM di bawah perintah Kaisar Qin Shi Huang. Setelah itu.

Bagian luar terbuat dari batu bata besar atau batu granit. lonjong dan persegi. Chenglou atau menara gerbang (城楼): pintu untuk keluar masuk perbatasan. struktur ini dibuat di tiap bagian tembok raksasa dengan material local. di padang rumput atau gurun terbuat dari tanah liat. Gerbang dinamakan sesuai dengan nama celah. Merupakan salah satu bagian tembok besar terpenting. Chengqiang atau tembok pertahanan (城墙). Di atas tembok dapat dilalui penunggang kuda. dalam tembok atau dibangun terpisah untuk mengintai musuh. Tersusun dari: 1. Di sisi tembok terdapat tembok pelindung berbentuk persegi sebagai tempat untuk mengawasi dan berlindung. Bagian dalam terbuat dari tanah kuning atau campuran batu-batu kerikil. Di daerah pegunungan. 3. dengan tinggi maksimal 10 meter. Menara suar di tembok Mutianyu  Pintu gerbang (celah) Struktur pintu gerbang berfungsi sebagai benteng pada posisi-posisi penting. tersusun dari batu bata. Wangcheng: tembok kecil di luar tembok besar yang berfungsi sebagai pelindung pintu gerbang. yakni tipe yang dibangun di atas tembok. 2. . Bentuk bisa bulat. sebagai tempat keluarnya pasukan saat menyerang musuh. Terdapat 3 jenis menara suar.Arsitektur  Menara suar Menara suar atau fenghuotai (烽火台) digunakan untuk menyampaikan pesan militer dengan cara membuat sinyal asap pada siang hari dan api pada malam hari untuk memberitahukan adanya gerak-gerik musuh.

hanya dibangun satu buah nuqiang untuk menghemat bahan. Jika tembok raksasa melintasi sisi gunung curam. jalur kuda:jalan setapak di sebelah menara pengintai yang bisa dilewati penunggang kuda untuk mencapai bagian atas tembok. Rata-rata tinggi tembok 23-26 kaki. Fungsinya menghubungkan menara suar. Doukou ini masih dilapisi oleh lapisan tembok lagi sebagai pelindung. memberi kesempatan untuk menyerang dengan cepat. 4. Pada daerah-daerah strategis dibuat lebih tinggi. Bagian-bagian penting di tembok: 1. Pintu Gerbang Shanhaiguan  Tembok Tembok merupakan badan utama arsitektur tembok raksasa. Dibangun untuk melindungi tentara dan kuda di atas tembok. Pada saat melintasi gunung atau daerah dengan bentuk tidak rata dibuat serendah mungkin untuk menghemat bahan dan tenaga. Luocheng: tembok kedua untuk melindungi wengcheng. 3. 2. tembok pelindung di sisi atas struktur tembok. menara pengintai dan pintu gerbang menjadi sebuah garis pertahanan. quanmen: pintu melengkung di bagian dalam tembok sebagai jalan masuk ke atas tembok. . duokou (垛口) tembok bercelah untuk mengintai. nuqiang (女牆). 5.4. Ketinggiannya tergantung pada bentuk dataran. Parit dan saluran air dalam untuk memperlambat gerakan musuh.

Karena pembangunannya selalu membutuhkan sumber daya yang banyak. tahan beban dan lebih efektif dalam waktu yang cepat. Namun. Baru pada zaman Dinasti Ming. Batu masih dipakai. tembok dibuat dari tanah yang digemburkan dan jika melewati padang gurun.Bagian Tembok Raksasa Badaling Material Material yang digunakan untuk membuat tembok raksasa beda-beda sesuai periode dinasti. baru pada pertengahan periode dinasti tersebut batu bata berkualitas diproduksi. . Batu bata lebih baik daripada tanah atau batu kerikil karena lebih ringan. teknologi pembangunan tembok sudah lebih maju. terutama untuk fondasi. Pada masa Dinasti Qin. Sebelum batu bata ditemukan. Adukan batu kapur dengan beras ketan efektif sebagai semen yang dapat merekatkan batu bata. mudah ditembus dan cepat hancur. pinggiran luar dan dalam gerbang dikarenakan lebih kuat daripada batu bata. bahan tanah dan batu seperti masa sebelumnya masih umum digunakan. Pada masa itu struktur benteng belum didirikan. teknologi belum maju. batu dan kayu. karena mahal. Pada saat membangun di tanah datar. Pada masa Dinasti Tang. Beberapa bagian tembok hanya terdiri dari gundukan batu-batu besar. Namun. Saat melewati gunung. sehingga material yang digunakan adalah tanah atau tanah campur kerikil. tembok besar dibuat dari tanah. batu bata sudah diproduksi. para pekerja memanfaatkan bahan-bahan yang seadanya. Tembok dari bahan ini rapuh. bahan yang digunakan adalah rerumputan campur pasir dan ranting-ranting pohon conifer. Pada masa Dinasti Han. batu gunung akan digunakan. hanya terbatas pada gerbang kota dan tembok yang dekat.

Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan.2. Yordania Petra (dari πέτρα petra. "batu" dalam bahasa Yunani. Terdapat terowongan air dan bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota. Suku Nabatean membangun Petra dengan sistem pengairan yang luar biasa rumit. bahasa Arab: ‫ . sehingga mencegah banjir mendadak. Didirikan sembilan tahun sebelum Masehi sampai dengan tahun ke-40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'. Reruntuhan Kota Romawi dan Benteng Batu Petra Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba. Kota ini didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.ال ب تراء‬al-Bitrā) adalah sebuah situs arkeologikal di Yordania. sebuah lembah bercadas di Yordania. terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba. Petra. Mereka juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengangkat air. Terdapat juga sebuah teater yang mampu menampung .

berkembangnya dunia perdagangan membuat suku Nabatean memberanikan diri mulai ikut dalam perdaganan dunia.4. Sebenarnya. Istana Makam Hellenistis yang memiliki tinggi 42 meter masih berdiri impresif di sana. di mana pun mereka berada. Mereka dikenal sebagai suku pengembara yang berkelana ke berbagai penjuru dengan kawanan unta dan domba. Mereka lalu memanfaatkan posisi tempat tinggal mereka yang strategis itu sebagai salah satu rute perdagangan dunia. Kini. sistem hidrolik dan beberapa bangunan utamanya hancur menjadi puing.000 orang. Sekitar tahun 700 M. Letak yang strategis untuk mengembangkan usaha dan hidup. Untuk mempertahankan kemakmuran yang telah diraih. serta aman untuk melindungi diri dari orang asing itulah alasan suku Nabatean memutuskan untuk menetap di wilayah batu karang Petra. rempahrempah. Pada tahun 106 Masehi. sehingga peran jalur perdagangannya melemah. dan gading yang antara lain berasal dari Arab bagian selatan dan India timur. Dushara disembah berdampingan dengan Allat. Di akhir abad ke-4 Sebelum Masehi. asal usul suku Nabatean tak diketahui pasti. dulu adalah ibukota suku Nabatean. Warga Petra awal adalah penyembah berhala. Mereka sangat mahir dalam membuat tangki air bawah tanah untuk mengumpulkan air bersih yang bisa digunakan saat mereka bepergian jauh. salah satu rumpun bangsa Arab yang hidup sebelum masuknya bangsa Romawi. Suku Nabatean akhirnya bisa menjadi para saudagar yang sukses. Yordania. mereka memungut bea cukai dan pajak kepada para pedagang setempat atau dari luar yang masuk ke sana. Rute perdagangan dunia mulai tumbuh subur di bagian selatan Yordania dan selatan Laut Mati. Namun belakangan. dengan berdagang dupa. yang disembah dalam bentuk batu berwarna hitam dan berbentuk tak beraturan. kota ini dipadati puluhan ribu warga sehingga berkembang menjadi kota perdagangan karena terletak di jalur distribusi barang antara Eropa dan Timur Tengah. Kotanya Suku Nabatean Petra yang bisa ditempuh sekitar 3-5 jam perjalanan darat dari kota Amman. Romawi mencaplok Petra. dewi Bangsa Arab kuno. Sehingga. mereka bisa membuat galian untuk saluran air guna memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih. Petra pun perlahan menghilang . Pada awalnya Petra dibangun untuk tujuan pertahanan. Dewa utama mereka adalah Dushara (Dzu as-Shara/Dusares}. Suku Nabatean akhirnya berhasil membuat kota internasional yang unik dan tak biasa.

Johann Burckhardt memasuki kota itu dengan menyamar sebagai seorang muslim. Gunung Harun paling sering dikunjungi orang. adalah situs purbakala. Barulah pada tahun 1812. Para pengunjung percaya. Di abad ke-14 Masehi.350 meter dari permukaan laut. Al-Khazneh Dikelilingi Gunung Petra di Yordania.dari peta bumi saat itu dan tinggal legenda. Nabi Harun meninggal dan dimakamkan oleh Nabi Musa. Legenda Petra pun meruak kembali di zaman modern. Inilah kawasan tertinggi di areal ini yang disebut Gunung Harun (Jabal Harun) atau Gunung Hor atau El-Barra. Di sini ada gunung setinggi 1. Petra dikelilingi gunung. di puncak Jabal Harun inilah. dikenang sebagai simbol teknik dan pertahanan. Harun tiba di wilayah Yordania sekarang ketika . sebuah masjid dibangun di sini dengan kubah berwarna putih yang terlihat dari berbagai area di sekitar Petra. petualang Swiss.

Petra sempat menjadi 'kota yang hilang' selama lebih dari 500 tahun (lost city). dan sebuah pedestal yang melambangkan dunia. dan pada abad ke-14. Romawi pernah menguasai wilayah ini. yang menghadap ke kota. selain kaum Yahudi dan Kristiani. 3. dan menjadi simbol kebanggaan kota. Hanya penduduk lokal (suku Badui) di wilayah Arab yang mengenalnya. Brasil. Arsitektur di Petra pun terpengaruhi arsitektur Romawi. Islam hadir. Pada 600 Masehi di Petra dibangun gereja. Di abad ke-1 Sebelum Masehi. Nabi Muhammad pernah berkunjung ke gunung ini bersama pamannya. Saat itu. Usul kedua untuk sebuah markah tanah yang besar berupa patung di gunung itu dibuat pada 1921 oleh Keuskupan Agung Rio de Janeiro. yang kemudian sama sekali dilupakan pada 1889. Kerajaan Nabataea yang kaya dan kuat. dengan undang-undang yang mewajibkan pemisahan gereja dari negara. Tangan patung ini yang terbuka dilihat banyak orang sebagai tanda dari kehangatan penduduk Brasil. Patung Kristus Penebus. ketika Brasil menjadi republik. . Tahun 100-an Masehi. Saat berusia 10 tahun. Abad ke-7 Masehi. Akhirnya patung Kristus Sang Penebus dengan tangan yang terbuka yang dipilih. Brasil Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro. makam Nabi Harun di Jabal Harun menjadi tempat keramat dari umat Islam. Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca.mendampingi Nabi Musa membawa umatnya keluar dari Mesir dari kejaran Raja Fir'aun. Keuskupan Agung mengorganisir sebuah acara yang disebut Semana do Monumento ("Minggu Monumen") untuk menarik para penyumbang. Di masa itulah dibangun kuil agung. Putri Isabel tidak menanggapi gagsan itu. yang kebanyakan berasal dari Katolik Brasil. ketika imam Katolik Pedro Maria Boss meminta dana dari Putri Isabel untuk membangun sebuah monumen keagamaan yang besar. menjangkau wilayah Damaskus di utara dan Laut Mati di selatan. Gagasan untuk membangun sebuah patung yang besar di puncak Corcovado telah muncul sejak pertengahan 1850-an. Petra telah didiami sekitar 30 ribu penduduk. Rancangan-rancangannya dipertimbangkan untuk "Patung Kristus" termasuk sebuah representasi dari salib Kristen. Setelah Perang Salib di abad ke-12. Patung ini menjadi simbol umat Kristen. sebuah patung Yesus dengan bola dunia di tangannya.

350 m diatas permukaan laut. Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Pada bulan September tahun 2007. ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Machu Picchu. tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru. sekitar 70 km barat laut Cusco. . Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru. Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu. Bangunan utamanya adalah Intihuatana. sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2. dan Ruangan Tiga Jendela. juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400. Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham dari situs tersebut pada awal abad 20. Sejak itu. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional. Peru Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua. tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Kuil Matahari. Dibangun pada sekitar tahun 1450.000 pada tahun 2003). Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro 4. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911.

Chichen Itza dibangun sekitar 800 tahun sebelum masehi. dan bangunan Seribu Tiang. Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). Menurut buku budaya suku Maya dari Chilam Balam. Situs peradaban Maya di Meksiko ini. Candi Chac Mool. Chichén Itzá. Itza merupkan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan. Namun versi lain mengatakan. Candi Chac Mool.Di candi Chichen Itza terdapat dua cenotes . dan bangunan Seribu Tiang. Suku Maya hanya menempatinya selama 200 tahun. terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia hasil pilihan 100 juta orang via email dan sms (layanan pesan singkat) yang diadakan oleh Swiss Foundation.Pemandangan Machu Picchu 5. kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 Masehi. Candi Chichen Itza merupakan peninggalan arkeologi suku Maya yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). pada 7 Juli 2007. Meksiko Chichén Itzá adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. kemudian mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche.

Kuil Kukulkan berupa piramid bertangga. Peran sumur itu begitu penting karena di Semenanjung Yukatan tidak terdapat sungai. Di tengah-tengah berdiri candi El Castilo (Istana) yang selesai direnovasi. Atap-atap kayu. Permainan 'pok ta pok' yakni melemparkan bola melewati sebuah lingkaran di dinding 7 meter di atas tanah. suku Indian Maya yang mendiami kota itu mempersembahkan jade. Di puncak terdapat jalan masuk menuju ruangan Mahkota Batu Jaguar Raja Kukulkan. Kapten dari tim yang pertama kali berhasil menembakkan bola akan dipenggal kepalanya sebagai persembahan untuk dewa-dewa. yang dicat merah dan bintik-bintik hijau lumut. Konon. . undak-undakan candi tertutup bayangan. mulai membangun berbagai kuil yang menyerupai piramid. Kukulkan merupakan Dewa Ular Berambut jelmaan dari Quetzalcoatl. Di Chichen Itza ini juga terdapat sebuah lapangan permainan yang mirip dengan permainan bola basket masa kini. Dengan demikian. keramik. kemudian bersama-sama suku Toltec. Bentuknya piramid. Chichen Itza berkembang menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi kebudayaan Maya. Pada tahun 1221. Salah satu kuil terbesar yang didirikan adalah Kukulkan. sampai penakluk Spanyol datang. dan bahkan manusia untuk dimasukkan dalam sumur itu. Konon. Kompleks candi ini cukup luas dan tiap candi saling terpisah dengan yang lainnya. Solo. Pada saat itu di siang hari.(sumur alami) yang dijadikan tempat menaruh korban persembahan. Setiap tanggal 21Maret dan 23 September antara siang dan malam sama lamanya. Nama Chichen Itza pun berarti di bibir mata air rakyat dalam bahasa Indian setempat. Berdasarkan legenda Maya. pasar dan kuil-kuil ksatria dibumihanguskan. pemberontakan pecah. hanya atapnya tumpul. Chichen Itza didirikan raja suku Toltec bernama Quetzalcoatl yang datang ke Semenanjung Yukatan bersama pasukannya. Persembahan itu diberikan saat kekeringan melanda. Persembahan kadang-kadang berupa gadis-gadis muda untuk dimasukkan hidup-hidup ke dalam sumur itu. Dengan demikian. Saat itu suku Maya sudah berdiam di daerah tersebut. Kedua candi ini seperti saudara kembar. Di setiap sisi piramid segi empat itu terdapat anak tangga menuju puncak. Satusatunya sumber air ketika kekeringan melanda adalah dari sumur-sumur itu. Melihat candi El Castilo mengingatkan kita pada candi Sukuh di Karanganyar. periode puncak dari Chichen Itza merupakan campuran kebudayaan Toltec dan Maya.Keistimewaan candi El Castilo adalah undak-undakan menuju atas candi. Chichen Itza merupakan simbol pemujaan dan ilmu pengetahuan. dengan teras-teras. Kekuasaan atas Yukatan pun berpindah ke Mayapan.

Di sekitar kompleks candi ditemukan pula delapan patung Chac Mool. Namun hari berikutnya pada waktu yang sama akan tampak seolah-olah ular itu turun undak-undakan. Candi Chichen Itza. namun juga suku Zapotek. di tempat inilah sering diadakan upacara korban. Korbannya terdiri dari macan tutul (Jaguar). seolah-olah ada banyak ular naik candi. Masih di kompleks Chichen Itza terdapat dua tembok yang sama tingginya. Patung berbentuk manusia dengan posisi duduk menengadah. kura-kura. Menurut uskup Landa. Bahkan kadang korbannya juga manusia. ayam kalkun. Di sekitar kompleks candi terdapat patung yang bernama Red Jaguar. Arena di antara dua tembok itu dipakai suku Maya untuk bermain bola. mengingat di sekitar daerah itu tumbuh pohon karet. Meksiko . Dimungkinkan bola itu dibuat dari karet.Sehingga mata kita tertipu. Kedua tanggannya sedang memegang sesaji dan kepalanya menoleh ke arah kiri. anjing atau semua jantung binatang. Tak hanya suku Maya yang senang bermain bola. Chac Mool untuk memuja dewa hujan.

6. patung itu telah dileburkan untuk digunakan kembali. Patung Colossus dibuat ulang sebagai pengganti Nero sebagai perumpamaan dari Sol dewa matahari. Di Itali. dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun. Italia Colosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator. Coloseum juga disebut sebagai Flavian Amphitheatre yang tidak diketahui siapa yang memberi nama itu. Italia Nama dari Coloseum seperti pada di atas diambil dari nama sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m. yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus. Roma. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre. Colosseum. Di waktu pertengahan tahun. Situs ini terletak di kota kecil di Italia. Colosseum. Kolosseum dirancang untuk menampung 50. Selain diambil dari nama Coloseum. Seorang ahli mengatakan bahwa sejak patung itu terbuat dari tembaga. Colosseum didirikan berdekatan dengan sebuah istana megah yang sebelumnya dibangun Nero. patung colossus telah menghilang. Colossus. dibangun oleh Vespasian. Dio Cassius seorang ahli sejarah .000 orang penonton. Coloseum diberi nama il colosseo tapi bahasa Roma lainnya menggunakan nama le colisée dan el coliseo untuk menyebutkan Colosseum. dengan menambahkan mahkota matahari. yang bernama Domus Aurea yang dibangun sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64 M. yang termasuk salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan. Rekonstruksi Colosseum dimulai dari perintah Raja Vespasian tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M.

dan pertarungan antara gladiator (munera). Bagian paling bawah (immum) digunakan untuk para orang kaya. pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena. Bentuk elips atau bulat dari Koloseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m. diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Colosseum. yang boleh membawa kursi sendiri. tempat penyimpanan harta juga berada di tingkat ini. di bagian kayu (maenianum secundum in legneis) adalah tempat yang strukturnya dari kayu di paling atas bangunan. di bagian atasnya lagi (summum). panjang 188 m. Tempat duduk di Koloseum dibagi menjadi tingkatan-tingkatan yang berbeda berdasarkan status sosial dalam masyarakat Romawi. eksekusi tahanan (noxii). yang dikhususkan untuk para bangsawan Roman. Di Colosseum pada saat itu adalah tempat penyelenggaraan sebuah pertunjukan yang spektakuler. . Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m. Sampai sekarang pun.5 ha membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas.mengatakan bahwa ada sekitar 9000 hewan buas yang telah terbunuh di 100 hari sebagai perayaan peresmian dan pembukaan Colosseum tersebut. pada tempat ini memberikan pemandangan yang terbaik dilihat dari arena. digunakan untuk rakyat jelata. Nama-nama beberapa senator masih dapat dilihat dari ukiran pada batu yang menjadi tempat duduknya. Kemudian pada tingkat yang sama dengan platform yang lebih luas merupakan podium khusus untuk para senator Roman. yaitu sebuah pertarungan antara binatang (venetaiones). Koloseum masih dikatakan sebagai stadion yang hebat dan spektakuler. Dan yang terakhir. Koloseum merupakan hasil karya yang sangat hebat. Podium utama di yang terletak di bagian utara dan selatan untuk Kaisar dan keluarganya. Selama ratusan tahun itu. pertarungan antara tahanan dan binatang. Selanjutnya pada tingkat ketiga adalah maenianum secundum yang dibagibagi lagi menjadi tiga bagian. Lantai dari arena Colosseum tertutupi oleh pasir untuk mencegah agar darah-darah tidak mengalir kemana-mana. Tempat itu merupakan tempat untuk berdiri saja yang digunakan untuk para wanita rendahan. terdapat tempat istirahatnya. lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2. Pada tingkat berikutnya disebut maenianum primum. Tempat itu dikatakan sebagai stadium yang hebat dan spektakuler dikarenakan oleh bentuk dan struktur dari Koloseum itu. dan tertutup oleh pasir.

Koloseum telah diperbaiki di tahun 238 dan permainan gladiator berlanjut sampai umat kristen secara berangsur-angsur menghentikan permainan tersebut karena terlalu banyak memakan korban jiwa. Di tahun 1749. Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis binatang sampai pada tahun ke 524. Peter’s Basilica dan kediaman khusus palazzi. Di tahun 2000 ada sebuah protes keras di Itali dalam rangka menentang penggunaan hukuman mati untuk negaranegara di seluruh dunia (di Italia. keluarga Roman. Pada abad 16 dan 17. Paus Benediktus XIV melarang untuk menggunakan Koloseum sebagai tempat penambangan. Disana juga disediakan jebakan-jebakan berupa pintu jebakan yang digunakan untuk mencegah masuknya hewan-hewan buas yang tidak direncanakan ke arena dan untuk menjaga tempat penyimpanan senjata di dalam koloseum tersebut. Di Abad pertengahan. Koloseum masih digunakan sampai tahun 217. penduduk lokal mengganti warna Koloseum di malam hari dari putih menjadi emas dengan menggunakan penerangan berupa lilin dan lampu neon sampai pada saat dimana seluruh dunia menghapuskan tindakan penghukuman mati itu. . Banyak batu marmer digunakan untuk melapisi dan membangun kembali bagian-bagian Koloseum yang telah rusak karena terbakar. ada sebuah bentuk dari pemeliharaan Koloseum. hukuman mati dihapuskan pada tahun 1948). Dua gempa bumi di tahun 442 dan 508 menyebabkan kerusakan yang parah pada bangunan tersebut. meskipun telah rusak kebakaran karena disambar petir. Koloseum rusak sangat parah akibat gempa bumi lagi yakni pada tahun 847 dan 1349 dan dijadikan sebagai benteng dan sebuah gereja juga didirikan disana. dua tingkat jalur bawah tanah yang saling berhubungan berupa terowongan dan kurungan dimana para gladiator dan binatang ditempatkan sebelum pertarungannya dimulai. Beberapa demonstran memakai tempat di depan Koloseum. Sejak saat itu.Setelah 2 tahun Koloseum digunakan sebagai tempat pertunjukan. sebagai sebuah isyarat menentang kapitalis tersebut. Anak termuda Vespasian yang bernama Domitian memerintahkan untuk mengkonstruksikan area bawah tanah (hypogeum). keluarga-keluarga Roman menggunakan Koloseum sebagai tempat pengambilan batu marmer untuk konstruksi bangunan St.

Dengan bumbung. anak Jahangir. Sebanyak 43 jenis batu permata. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. anak ke-14 mereka. India Tāj Mahal (bahasa Urdu: ‫ . Pembuatan Taj Mahal memakan masa selama 22 tahun. . termasuknya yaitu berlian. Shah Jahan. kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. tukang emas. Italia 7. India. Shah Jahan memerintahkan Ustad Ahmad membuat bangunan ini.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang batu. dan pengukir yang termasyhur dari seluruh dunia. Arjumand Banu Begum. topaz dan nilam telah digunakan untuk memper indah Taj Mahal. serta seni mozak yang indah. Taj Mahal merupakan salah satu dari Tujuh keajaiban di dunia. kristal. Ustaz Ahmad mengumpulkan 20. Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taj Mahal. kubah dan menara yang buat dari marmer putih. jed.لحم جات‬Hindi: महल) adalah sebuah monumen yang terletak di Agra. sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya. Pada 1631 istri keduanya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum.Colosseum. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān. juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.

Piramid Agung Giza. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir. Juga ditemukan sebuah kota. Salah satu dari piramida-piramida kecil itu menyimpan makan ratu Hetepheres (ditemukan pada tahun 1925). Khufu (Χεωψ. . Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM.Taj Mahal. termasuk sebuah pemakaman. Piramida ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu. karena satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih ada) Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu. dan sebuah piramida "satelit" yang lebih kecil lagi. Piramida Agung Giza adalah bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil). toko-toko roti. dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan. Lebih banyak lagi bangunan dan kompleks ditemukan oleh Proyek Pemetaan Giza. Mesir (Kandidat Kehormatan. adik. India 8. pabrik bir. berupa lintasan yang ditinggikan. dan istri Sneferu serta ibu dari Khufu. dan sebuah kompleks peleburan tembaga.

Piramida Khafre. salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung. Piramid Agung Giza. yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya. dan beberapa meter lebih jauh ke barat daya adalah Piramida Menkaure. atau Hemiunu. Hemon. penerus Khafre. Wazir Khufu. Mesir .Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil. Perkiraan waktu penyelesaian Piramida ini disepakati sekitar tahun 2560 BC. dipercaya sebagai arsitek dari Piramida Agung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful