Pendahuluan Tujuan Tujuan dari penulisan ini adalah mahasiswa dapat menjelaskan tentang Timor Leste yang terdiri

dari : a. Ancaman Komunis di Asia Tenggara pasca perang Vietnam b. Integrasi Timor – Timur ke wilayah RI sebagai propinsi ke-27 c. Jajak pendapat di Timor- Timur 1999

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat. Antara Timor Timur dan Timor Leste Timor Timur memiliki banyak nama sejalan dengan perjalanan panjang sejarah yang memilukan hingga sekarang menjadi negara merdeka yang kita kenal dengan Republik Demokrasi Timor Leste. Masa penjajahan Portugis yang berlangsung lebih dari empat abad, menghadiahi Timor Leste berbagai nama bersejarah yang memiliki arti tersendiri bagi Timor Leste. Dahulunya, negara yang berada di bagian paling timur Indonesia ini dinamai Timor Portugis saat kependudukan Portugis. Portugis bahkan memberi julukan Provincia Ultramania yang bermakna Propinsi Sebrang Lautan yang merupakan bagian dari Portugal Raya namun tidak menanggalkan perlakuannya terhadap Timor sebagai negara jajahan. Dunia mengenal Timor Leste dengan East Timor yang merupakan rujukan bahasa inggris dari Timor Timur (bahasa Indonesia dan Melayu) yang memiliki arti sama yakni “timur”. Sedangkan rakyat Timor Leste sendiri menyebut negaranya dengan Timor Lorosae yang disesuaikan dengan bahasa daerah Timor Leste yakni bahasa Tetun yang juga berarti “timur”.

pada mulanya misi portugis adalah untuk menyiarkan agama katolik. Belanda dan Portugis menyepakati sebuah perjanjian yang bernama “Senteca Arbitral” isi dari perjanjian ini adalah untuk berbagi kekuasaan atas Pulau Timor sisi barat untuk Belanda (menjadi Timor Barat).Oleh karena itu. kemudian merambah ke dunia perdagangan karena banyak berlimpahnya kayu cendana. Kekuasaan penjajahan Portugis itu diperkuat dengan adanya pengangkatan Anthonio Coelho Guerreiro menjadi gubernur Portugis pertama di Timor Leste pada tahun 1701.Timor Timur lebih bernuansa keindonesiaan. Namun kenyataannya 40 ribu sampai 60 ribu penduduk Timor Portugis tewas. termasuk daerah Oe Cusse. Perjalanan sejarah yang panjang selama hampir lima abad untuk mendapatkan status sebagai negara merdeka dan menjadi Republik Demokrasi Timor Leste yang diakui seluruh dunia. Namun dalam nuansa politis dan mengingat kondisi Timtim sekarang ini. Jatuhnya korban jiwa penduduk sipil disebabkan oleh adanya keberadaan tentara sekutu di Timor Portugis yang bertujuan untuk mengantisipasi penggunaan Pulau Timor oleh Jepang sebagai pangkalan militer untuk menyerang Australia. Batugade dan lain-lain. Lifao. jika dilihat selintas antara Timor Timur dan Timor Leste tak banyak perbedaan antara keduanya. sebaliknya Timor Leste berarti Timor Timur (Timtim). Pada tahun 1913. Kedudukannya berada di Lifao. sisi Timur untuk Portugis (dinamakan Timor Portugis). Sedangkan Timor Leste lebih menyiratkan identitas Timor. Antonio de Melo e Castro menunjuk Simao Luis sebagai penguasa Timor. Pada tahun 1665 Raja Muda Portugis yang berkedudukan di India. Pada tahun 1652. Hal ini membuat Portugis semakin terdesak. Serangan Jepang ke Timor terjadi pada 19 Februari 1942. kedua kata menyiratkan arti yang berbeda. Sejarah Timor Leste Portugis mulai menginjakkan kaki di Timor Leste sekitar tahun 1520-an. . Seharusnya Timor Portugis menjadi daerah netral karena Portugis tidak ikut serta dalam perang tersebut. Pada era Perang Dunia II rakyat Timor Portugis tak bisa mengelak dari keganasan perang. Timor Timur berarti Timor Leste. ditambah dengan adanya perlawanan dari rakyat yang dilancarkan di mana-mana seperti yang terjadi di Dili. Belanda mulai mengimbangi dominasi Portugis di Timor.

dengan dipimpin oleh Arnaldo dos Reis Araujo seorang penduduk asli Timor Portugis. kadang disertai dengan adanya kekerasan yang berakibat jatuhnya korban masyarakat sipil. Pada pertengahan tahun 1975. Peperangan di tiga negara sekaligus ini menguras keuangan dan militer Portugal. Portugis bergabung dengan negara-negara Eropa yang lain dalam asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (European Free Trade Association). Partai Buruh (Trabalhista) dan Asosiasi Demokratik untuk Integrasi Timor Leste dengan Australia (ADITLA).Proses Integrasi dengan Indonesia Hingga pada tahun 1960-an. Fretilin dan UDT sempat membangun aliansi untuk memperjuangkan visi kemerdekaan demi melawan program integrasi dengan Indonesia yang diperjuangkan Apodeti dan agen-agen rahasia Indonesia. dapat terlihat dari keterlibatan para aktivis ini dalam gerakan perjuangan kemerdekaan di negara koloni Portugis di Afrika. Portugis mengalami masa-masa kegoncangan politik dan ekonomi karena perang bertahun-tahun menghadapi gerakan kemerdekaan di Angola. Pada waktu itu. GuineaBissau dan Mozambik. muncul pula beberapa kelompok kecil seperti Asosiasi Putera Pejuang Timor/Klibur Oan Timor Aswain (KOTA). Para kepala desa dan mayoritas penduduk yang berada dekat perbatasan dengan Indonesia cenderung mendukung kelompok ini. Indonesia belum memiliki perangkat perundangan yang mengatur tentang daerah otonomi. Namun karena Fretilin terlalu sering melakukan fait accompli terhadap UDT dan pengaruh orang-orang komunis yang . Pengaruh golongan kiri yang cukup besar mendorong kelompok ini berganti nama menjadi Front Revolusi Kemerdekaan Timor Timur atau Frente Revolucionaria do Timor-Leste Independence (FRETILIN). pertentangan antar kelompok politik semakin tajam. Asosiasi Rakyat Demokratik Timor/Associacao Democratica Timorense (APODETI) yang didirikan pada tanggal 27 Mei 1974. Pemimpinnya bernama Fransisco Xavier do Amaral. Pada era ini juga. Hal tersebut mendorong kelompok militer berhaluan kiri MFA (Movimento das Forcas Armadas) mengusung ide dekolonialisasi daerah jajahan secara bertahap. Persaingan kelompok-kelompok ini dalam memperoleh pengikut. Di samping ketiga kelompok politik di atas. berdasarkan pada peraturan PBB tentang dekolonialisasi daerah jajahan. Kelompok politik ini memiliki visi untuk berintegrasi dengan Indonesia namun sebagai daerah yang memiliki otonomi tersendiri. Perkembangan kerjasama ekonomi di Eropa yang lebih menjanjikan ketimbang investasi di daerah koloni membuat perhatian Portugal ke daerah koloninya berkurang.

obat. Isi proklamasi tersebut menyatakan tentang keinginan bersatu atau berintegrasi dengan Republik Indonesia. terdapat juga sukarelawan . Fretilin selalu menolak maksud damai dan jalan tengah yang diberikan partai gabungan. Bahkan Australia yang diharap . Disamping itu juga ada ancaman serangan militer besar-besaran dari Indonesia. Negara-negara lainpun tidak ada yang mengakui. Oleh karena itu. Dalam pasukan gabungan ini.obatan. pengusaha gagal dan tahanan. . Praktis tidak ada keuntungan ekonomi berarti yang diberikan propinsi ini pada induknya (Portugis). gabugan keempat partai itu meningkatkan perjuangannya untuk menghancurkan Fretilin yang bertindak sewenang-wenang dan kejam. Sehari sesudahnya. Setelah Fretilin memproklamasikan berdirinya Republik Demokrasi Timor Timur yang merdeka pada tanggal 28 November 1975. kecuali tempat buangan dan pelarian bagi orang-orang: politisi. Sesudah Proklamasi Balibo. Akhirnya pada tanggal 28 November 1975 Fretilin mendeklarasikan secara sepihak kemerdekaan Timor Timur.sukarelawan Indonesia yang tergerak hatinya untuk membantu rakyat Timor Timur yang tertindas.mengkhawatirkan di tubuh Fretilin. Seolah-olah propinsi ini hanya diberi kesempatan hidup tanpa mampu berkembang. perpecahan aliansi dan permusuhan antara Fretilin dan UDT membawa Timor Portugis dalam perang saudara. mulailah pergolakan antara partai gabungan dan Fretilin semakin memanas. Fretilin memperoleh kemenangan besar dari perang saudara ini karena mendapat dukungan dari sebagian besar personil militer Portugis yang merupakan orang Timor. KOTA dan Trabalhista mencetuskan proklamasi tandingan. pakaian. gabungan Apodeti. Deklarasi ini dilakukan karena kekosongan pemerintahan akibat keengganan dan kekhawatiran pemerintah Portugis di Pulau Antaro kembali ke Dili untuk mengambil alih kontrol keadaan setelah perang saudara berakhir dan dimenangkan Fretilin. Padahal. pemimpinpemimpin partai tersebut bertemu di Balibo pada 30 November 1975 untuk menandatangani “Proklamasi Balibo”. UDT. seharusnya pemerintah Portugislah yang menolong rakyat Timor timur. Pemerintah Indonesia tidak dapat melarang kehendak dari para relawan tersebut yang bertindak secara sukarela.harapkan juga tidak mau mengakuinya. Menghadapi tindakan sepihak Fretilin ini. Hal ini disebabkan karena saat terjadi perang saudara. Pemerintah Indonesialah yang berperan besar dalam membantu rakyat Timor Timur dengan menampung puluhan ribu pengungsi dengan menyediakan makanan. tempat tinggal dan lain sebagainya. Rakyat menolak proklamasi yang bersifat sepihak itu.

Hasil pembanguna disamping positif juga berdampak negative. pemerintah RI mengeluarkan UU No. Fretilin yang keras kepala dipimpin oleh Regerio Labato tidak pantang menyerah dan memilih bertahan hingga akhir dipusat pertahanan Fretilin di Aileu. Timor Portugis diberikan kemerdekaannya. Akibat pesatnya kemajuan pendidikan. Untuk menyukseskan pembangunan dilancarkan operasi territorial. Yang disusul dengan pengajuan petisi integrasi yang disampaikan kepada pemerintah RI pada 7 juni 1976’ sebagai realisasi petisi tersebut.dan kurangnya lapangan pekerjaan. Masalah merdeka atau integrasi untuk Timor Timur ditimbulkan karena peristiwaperistiwa di Portugal.Tanggal 5 Desember 1975 adalah saat menjelang jatuhnya kota Dili.yang dipimpin Antonio de Spinola. Pemerintah Portugal yang baru memulai memodernisasikan ekonominya dan menarik kembali secara berangsur-angsur dari jajahan di Afrika dan Asia. namun pada akhirnya dapat dijebol oleh pasukan gabungan dan kota Dili dapat dijatuhkan pada tanggal 7 Desember 1975. Pada waktu itu. Mereka menuntut pemerintah agar disediakan lapangan kerja yang memadai. komandan pasukan gabungan mengeluarkan seruan yang isinya meminta agar pihak Fretilin menyerah sebelum dihancurkan. Ketika penguasaan Timor Portugis dilepaskan pemerintah Portugal.Timur dengan Republik Indonesia.000 orang meningkat menjadi 124.Revolusi Anyelir. penduduk mota Dili yang pada tahun 1976 berjumlah 25.urbanisasi meningkat pesat.DPR Timor. Aparat keamanan . sebelah selatan Dili. 7/1976 yang mengesahkan penyatuan Timor-Timur ke dalam Negara Republik Indonesia tanggal 17 Juli 1976. Pada tanggal 15 Oktober 1950 terjadi insiden antar siswa sekolah dengan aparat keamanan menurunkan spanduk yang menolak Pancasila. Portugal mengalami pergolakan politik sepanjang tahun 1974. Pada 8 Oktober 1996 kelompok anti-integrasi menngunakan sekolah sebagai tempat melancarkan aksi-aksinya.Timur yang beranggotakan 30 orang bersidang dengan acara tunggal mengenai integrasi Timor.setelah Timor-Timur menjadi bagian wilayah RI pemerintah mencurahkan perhatiannya untuk membangun provinsi ini dari pelbagai macam ketinggalan dengan provinsi lain. Masa Integrasi Timor-Timur di wilayah Indonesia Pada 3 Mei 1976. Pada tanggal 25 April 1974 pemerintah Caetano digulingkan revolusi militer.248 orang pada tahun 1991. jumlah angkatan kerja yang tidak tertampung semakin meningkat setiap tahunnya.

Pada saat itu terjadi kerusuhan yang sangat luar biasa di kota Dili. Sekalipun operasi keamanan yang dilakukan ABRI secara berangsur-angsur berhasil. yang masih diakui oleh PBB secara legal sebagai penguasa administrasi Timor Timur. Dari orang-orang yang berdemonstrasi di kuburan. Pada saat prosesi tersebut memasuki kuburan. bendera Merah putih yang berkibar didepan sekolah diturunkan. seorang pelajar ilmu politik dan aktivis HAM berbasis di Australia.pada tanggal 28 Oktober 1991. Amy Goodman dan Allan Nairn. Rencana ini dibatalkan setelah Jakarta keberatan karena hadirnya Jill Joleffe sebagai anggota delegasi itu.Timur secara umum telah kondusif.keamanan di Timor. 382 terluka. Para pemrotes. menampilkan gambar pemimpin kemerdekaan Xanana Gusmao. yang diam-diam membuat rekaman untuk Yorkshire Television di Britania Raya. Pemuda pro integrasi membalas dan terjadi perkelahian di kkompleks gereja Montea. yang ditembak mati oleh pasukan Indonesia sebulan sebelumnya. Dalam prosesi pemakaman.dipukul dan senjatanya di rampas. dan terekam dalam pita video oleh Max Stahl. para mahasiswa menggelar spanduk untuk penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan. 271 tewas.Timur masih terpecah antar kelompok pro integrasi dan anti integrasi. mengadakan aksi protes mereka terhadap pemerintahan Indonesia pada penguburan rekan mereka. dan 250 menghilang.selama . pasukan Indonesia mulai menembak. yang telah diinformasikan oleh pihak Indonesia dan melakukan penggeledahan bugil terhadap para juru kamera itu ketika mereka tiba di Darwin. Joleffe adalah seorang wartawan Australia yang dipandang mendukung gerakan kemerdekaan Fretilin. kebanyakan mahasiswa.yaitu terjadinya Insiden Santa Cruz (juga dikenal sebagai Pembantaian Santa Cruz) adalah penembakan pemrotes Timor Timur di kuburan Santa Cruz di ibu kota Dili pada 12 November 1991. Kamal Bamadhaj. Video tersebut digunakan dalam dokumenter First Tuesday berjudul In Cold Blood: The Massacre of East Timor. Sebastião Gomes. ditayangkan di ITV di Britania pada Januari 1992. Mereka memberikannya kepada seorang wanita Belanda untuk menghindari penangkapan dan penyitaan oleh pihak berwenang Australia. Para mahasiswa telah mengantisipasi kedatangan delegasi parlemen dari Portugal. Salah satu yang meninggal adalah seorang warga Selandia Baru.masyarakat Timor. Para juru kamera berhasil menyelundupkan pita video tersebut ke Australia. Pembantaian ini disaksikan oleh dua jurnalis Amerika Serikat.

Amerika Serikat menjadikan Indonesia benteng dari pengaruh komunis di Asia Tenggara. Komunisme dan Timor Timur Di kawasan Asia Tenggara sendiri pengaruh komunis meluas setelah Vietnam Selatan jatuh ke tangan kaum komunis.salah satunya yang di sebutkan diatas d. Berpegang pada ideologi Pancasila yang indoktrinatif.Timur mengalami banyak kesengsaraan dikarenakan terjadi perang saudara yang sangat panjang. Negara-negara di Asia Tenggara seperti Laos. Portugal yang memiliki koloni di Timor Portugis selalu mencurigai Indonesa memiliki ambisi teritorial untuk menggabungkan Timor Portugis dalam wilayah Indonesia karena ada pemikiran bahwa Timor Portugis adalah milik Indonesia baik secara kultural. Birma. dalam 10 tahun kemudian. Pemikiran inilah yang akhirnya mengemuka sebagai pertimbangan dalam keputusan invasi Indonesia terhadap Timor Portugis. karena Soekarno cenderung dekat dengan Blok Komunis Soviet-Cina. Selain itu Indonesia sangat tergantung dengan sekutu Baratnya dalam bidang politik dan ekonomi.rakyat Timor. Kekhawatiran terhadap kemungkinan dominasi komunis di Asia Tenggara ini hanya bisa diatasi dengan menyingkirkan Soekarno dari kekuasaan. pengaruh kelompok kiri dalam pemerintahan Portugal yang dikendalikan oleh MFA (Movimento das Forces Armadas) menjadi kekhawatiran Indonesia. dan Kamboja telah terkena dampak meluasnya pengaruh komunis di kawasan semenanjung Indocina. kecenderungan serupa nampaknya terlihat dalam dukungan politis MFA kepada kelompok Fretilin dan bergabungnya tiga aktivis kiri yang pernah terlibat di gerakan kiri di Afrika semakin .Timur masuk wilayah Indonesia. Setelah pergantian Soekarno ke Soeharto. sehingga Indonesia harus memperlihatkan keseriusannya dalam membendung perluasan pengaruh lawan-lawan ideologis sekutu Baratnya di kawasan Asia Tenggara.Orde Baru menghadapi ancaman nyata komunisme pasca jatuhnya Vietnam Utara di tangan kaum komunis. Sedangkan kekuasaan selanjutnya jatuh pada Soeharto yang membuka hubungan mesra dengan Blok Liberal AS. kebijakan anti. Sedangkan. Karena kegagalan Amerika Serikat dalam mengatasi komunis di Vietnam dan efek domino yang telah muncul dari peristwa tersebut. historis dan geografis.komunisme dan pelarangan segala sesuatu yang berasal dari China mulai dilancarkan.Timor. Hal ini merupakan ancaman ideologis terbesar setelah penumpasan PKI 10 tahun sebelumnya. Perang Dingin telah membawa dampak besar pada perebutan pengaruh di berbagai kawasan di dunia dan munculnya sentimen kemerdekaan di daerah-daerah jajahan.

Howard mendorong agar Indonesia melepaskan Timtim. Namun demikian sikap Australia itu tidak konsisten. Sejak PM John Howard berkuasa dan terjadinya gejolak reformasi di Indonesia sehingga berada pada posisi lemah dalam tawar menawar diplomatik. Saat itu kecenderungan Fretilin jelas condong ke kubu sosialis sehingga mencemaskan negaranegara Barat terutama Amerika Serikat dan Australia. Tidak terpikirkan bahwa berakhirnya Perang Dingin telah membuat Indonesia berada dalam posisi rawan.memperkuat ideologi yang dipegang Fretilin. Kekacauan terjadi setelah jajak pendapat membuat Australia terlibat lebih jauh dengan menekan PBB agar mengijinkan tentaranya masuk Timor timur yang saat itu masih sah wilayah Indonesia. Sejak awal Australia memahami alngkah ayng diambil Indonesia untuk menggabungkan kawasan berpenduduk sekitar satu juta itu kedalam negara kesatuan RI. Presiden BJ Habibie tak sadar terpengaruh gagasan Howard yang dilontarkan bulan Desember 1998. Bahkan secara eksplisit mengakui kedaulatan Indonesia atas Timor timur. Australia jelas berkepentingan agar Timor timur ini juga tidak jadi sumber instabilitas kawasan Asia Tenggara yang jadi zona penyangga keamanannya dari serangan utara. Restu negara besar karena iklim Perang Dingin mengharuskan soal Timor timur segera diselesaikan agar tidak membawa instabilitas kawasan Asia Tenggara. Makalah ini akan menganalisa kepentingan politik dan ekonomi Australia dengan Timor timur sehingga jajak pendapat rakyat Timor timur akhirnya memilih lepas dari Indonesia. Masuknya Indonesia ke Timor Timur memang telah menimbulkan masalah sejak tahun 1975. hubungan Indonesia dan Australia Keterlibatan Australia dalam masalah Timor Timur sudah ada sejak wilayah ini dinyatakan jadi bagian Republik Indonesia. . Adanya gerakan kiri yang selalu diidentikkan dengan komunis adalah halyang selalu menjadi ancaman ideologis bagi Indonesia. Habibie pada bulan Januari 1999 menyatakan Timtim akan diberi dua pilihan otonomi luas atau menolaknya sehingga bisa memilih melepaskan diri dari Indonesia. Perang Dingin telah membuka jalan bagi Indonesia untuk menyatukan wilayah yang rusuh dan dinyatakan Fretilin sebagai daerah yang merdeka.

Sikap ini dilandasi oleh kepentingan jangka panjang Australia terhadap Timtim dan Indonesia. Puncak pengakuan itu adalah disepakatinya pembagian Celah Timor berdasarkan ketentuan yang disepakati kedua pihak oleh Menlu Ali Alatas dan Menlu Gareth Evans. Puncaknya. posisi Australia sangat menguntungkan. politik maupun ekonomi. Oleh karena itu pada masa awal Australia seperti “memihak” Indonesia dengan mengakui batas-batas wilayah di daerah Timor timur. Australia juga menilai dengan pendekatan ke Timor timur pengaruhnya di wilayah berpenduduk 800. Di tengah krisis ekonomi yang melanda negara-negara Asia. Suara pro dan kontra tentang kebijakan Australia terhadap Indonesia datang silih berganti.000 jiwa ini.Kepentingan Politik Isu Timor timur sejak lama telah menjadi bagian dari politik dalam negeri Australia. Negeri Kangguru tersebut. Kepentingan politik Australia yang paling kentara terhadap Timor timur. Australia seolah-olah ingin membalas kesalahan masa lalu dengan mengakui eksistensi Indonesia di Timor timur yang sampai tahun 1998 tidak diakui PBB. pertama-tama adalah menghindari tidak melebarnya konflik di Timtim pada masa tahun 1970-an itu menjadi ancaman bagi wilayah Australia. menghendaki Timor timur stabil sehingga hubungan politik RI-Australia tidak terganggu. Mereka mulai menyatakan bahwa Timor timur untuk jangka panjang harus merdeka. Bahkan hampir-hampir dikatakan bahwa Keating itu adalah salah seorang sahabat Indonesia ditengah masyarakat Australia yang kritis terhadap kekuasaan Presiden Soeharto. Terhadap Timor timur. pada masa PM Paul Keating kebijakan Australia terhadap Indonesia sangat dekat. Namun dengan hadirnya PM John Howard sikap Australia berubah total. diharapkan bisa menanamkan . Pengaruh Australia di Timor timur ini seperti halnya pengaruh Australia di Papua Niugini melebarkan lingkungan pengaruh politiknya yang dianggapnya sudah layak diperbesar. termasuk Indonesia. Secara eksplisit adanya pengaturan batas laut di wilayah yang kaya minyak itu menjadikan Australia negara yang pertama mengakui eksistensi Indonesia atas Timor timur . Krisis ekonomi tidak menyebar ke Australia sehingga ketika posisi negara Asia lemah. negeri ini berada dalam kondisi sehat baik militer. Australia mulai mengubah kebijakannya atas Timor timur dengan dasar bahwa otonomi luas harus diberikan kepada Timor timur sebelum merdeka penuh.

Di dalam wawancara dengan Brenchley dari The Bulletin itu.Doktrin ini adalah politik regional yang bersandar pada pandangan politik internasional Australia yang ingin menjadi wakil atau ‘deputy’ penjaga keamanan dan perdamaian di kawasan ini. Dengan intervensi militer ke Timor timur. doktrin itu merupakan pedoman politik luar negeri Australia. sasarannya adalah negara-negara Asia. b) untuk menjamin kehidupan nilai yang menjadi pedoman benar/salah dalam kebijakan dan perilaku kebijakan luar negerinya di kawasan ini. Terjemahannya. ciri istimewa dan memiliki tempat istimewa ini dihubungkan Howard dengan ‘nilai’ yang dimiliki Australia yang harus dipertahankan dan dipromosikan di kawasan ini. Howard menyebutkan peranan Australia di Timor timur sebagai contoh kebijakannya. Menurut Ismet Fanany dalam tulisannya Doktrin Howard dalam Konteks Sejarah. Yang dinobatkan sebagai ‘ketua’-nya adalah Amerika Serikat. berbagai reaksi dari kawasan Asia dan di Australia sendiri. Di antara inti dan dasar pemikiran tersebut. a) Australia adalah bangsa Eropa yang karenanya punya special characteristics dan occupies a special place di kawasan Asia. Dengan demikian. kalau perlu dengan menggunakan senjata.Kepentingan Australia terhadap Indonesia adalah melakukan unjuk kekuatan politik atas Timor timur.Sikap Australia paling akhir ini dapat dilihat dari “Doktrin Howard” yang kemudian direvisi sendiri. Howard menunjuk Australia sebagai wakil Amerika Serikat dalam peranannya sebagai ‘polisi’ internasional di kawasan ini. Akses terhadap energi ini tak bisa disangkal menjadi pendorong semangat Australia campur . seperti dikatakan Greg Sheridan dalam The Australian 24 September lalu. Inti dan dasar pemikiran Doktrin Howard ini telah mengundang. Australia mengirim pesan kepada Jakarta tentang kemampuan diplomatiknya yang berskala global. Australia akan memasuki setiap daerah di kawasan ini. memaksakan wawasan demokrasi dan hak asasi manusia yang dianutnya. Howard menjelaskan doktrinnya dalam wawancara dengan Fred Brenchley dalam majalah The Bulletin edisi 28 September 1999. Kepentingan Ekonomi Dibalik sikap Australia itu terdapat keinginan menguasai sumber minyak di perbatasan. Australia dapat menggolkan rencananya untuk memaksa masuk ke Timor timur di bawah payung PBB. Dengan pendekatan kepada Amerika Serikat dan Eropa. termasuk Indonesia tentunya.

tangan dalam menangani gejolak di Timor timur pasca jajak pendapat. Sampai sekarang dari 41 sumur yang telah dibor di zona kerja sama. ditaksir punya cadangan minyak 400 juta barel. melainkan punya kepentingan bisnis yang dikemas dengan wadah humanis. hal pertama yang dilakukan sebelum terjun ke Timor timur adalah meminta maaf dan memberi referendum kepada suku Aborigin yang nasibnya mirip dengan suku Indian di Amerika Serikat. tiga trilyun kubik gas alam dan 370 juta barel cairan (kondensat dan LPG). Ia menilai.000 km persegi zona kerja sama menjadi tiga wilayah. kelayakannya relatif kecil. mencanangkan akan beroperasi penuh mulai tahun 2002. Australia mau membantu Timor timur bukan untuk membalas jasa rakyat Timor timur yang pernah membantu mencegah invasi ke Australia saat Perang Dunia II. Australia. “Kalau Australia memang pejuang hak-hak asasi manusia dan humanis tulen. Mudrajad Kuncoro. keterlibatan Australia tak lepas dari isu klasik money and power.Australia tahun 1989 menyetujui pembagian 62. Dua zona lainnya dibagi secara tidak merata yang masing-masing negara secara terpisah diberi hak mengatur dan menguasainya. Mudrajat menulis. BHP telah menjual sahamnya di BayuUndan dan Elang kepada Phillips sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan Australia ini. kesepakatan Celah Timor (Timor Gap) yang ditandatangani Indonesia . dalam diskusi 22 Oktober 1999 menjelaskan. Belanda sudah aktif di wilayah Celah Timor ini. Di Ladang Bayu-Undan. dan perusahaan tambang Australia. kerja sama perusahaan AS Phillips Petroleum Co. tulis Mudrajad. sekitar 10 ditemukan cadangan migas. Menurut Mudrajad. Secara ekonomis. Menurut Mudrajad. Menurut Oil & Gas Joournal edisi 1999. di ladang Bayu-Undan. sejumlah perusahaan Amerika.. Minyak yang dilukiskan sangat besar kandungannya di perbatasan Timtim-Australia merupakan aset penting bagi perkembangan ekonomi masa depan negeri Kangguru. Kabar terakhir. Wilayah joint development merupakan wilayah yang berada di tengah dan terbesar dimana kedua negara berhak mengontrol eksplorasi dan produksi migas. kandidat PhD University of Melbourne. Sebagai contoh. Broken Hill Propietary (BHP Ltd. . cadangan hidrokarbon ini dinilai paling kaya di luar Timur Tengah dan merupakan ladang minyak terbesar Australia di luar selat Bass. Namun kandungan gas dan hidrokarbon tidak bisa diabaikan.

Portugal lalu berusaha merebut kembali wilayah Timor timur yang dikuasai Indonesia dengan mendorong penentuan nasib sendiri rakyat Timor timur. Tahun 1991. “Perjanjian itu dirancang untuk mendapatkan minyak Tim tim yang melebihi kepentingan lainnya. Jajak Pendapat di Timor. Oleh karena itu Australia berusaha menyelamatkan kekayaan alam itu dengan memberikan jasa keamanan di Timor timur di bawah payung PBB.000 tewas. perilaku Portugal itu juga dimotivasi oleh ketamakan serupa yang dilakukan Australia terhadap sumber minyak. Dari reaksi rakyat Australia terhadap gejolak di Timor timur itu dibenarkan Australia melaksanakan kebijakan luar negerinya dengan mendorong tentaranya masuk Timor timur. Portugal mengadukan Australia ke Pengadilan Internasional karena menandatangani perjanjian Celah Timor bulan Desember 1989. Beams mengutip pernyataan Portugal yang menyebutkan.Saat ini Phillips baru mencari pelanggan atas rencananya membangun jaring pipa gas bawah laut dari Bayu-Undan ke Darwin. wilayah utara Australia. Nick Beams dalam World Socialist Web Site (1999) menyebutkan pula kepentingan Australia akan minyak. Baik kepentingan politik maupun ekonomi menjadi dasar bagi langkah baru Australia terhadap Timor timur. Ia menyebutkan awal 1990 kepentingan Portugal bangkit kembali ke Timtim setelah ditemukan cadangan minyak yang nilainya diperkirakan antara 11 sampai 19 milyar dollar AS. Hanya kerakusan (Australia) seperti itu dapat menjelaskan pengakuan secara de jure aneksasi oleh kekuatan yang memakan korban 100.Timur Jajak pendapat Timor timur berakar dari kekerasan yang terus menerus dilakukan oleh . Celah Timor yang sudah dieksplorasi dan diperkirakan mengandung cadangan minyak yang kaya menjadi andalan Australia di masa datang. Australia menjadikan isu Timor timur menjadi perhatian publik Australia. Namun Beams juga melihat. Sedangkan kepentingan Australia yang berdimensi ekonomi didorong oleh kebutuhan menemukan sumber energi baru.

muncul badan organisasi di bawah naungan PBB yang bertugas mengkoordinir serta menyelenggarakan jajak pendapat ini. terjadi pertentangan dari pihak Timor Timur (sekarang Timor Leste) untuk mendesak pemerintahan Republik Indonesia (RI) agar segera melepaskan wilayah Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). ditujukan dalam rangka penyelesaian konflik yang terjadi di Timor-Timur. Kemudian. Dalam jajak pendapat ini. beberapa hasil yang diperoleh dengan kondisi . Tidak hanya warga sipil meninggal. namun korban meninggal banyak dari pihak Fretilin. Dan ketika jajak pendapat ini akan dilangsungkan. semua warga Timor-timur mengikutinya. J.militer Indonesia. Dalam jajak pendapat ini. sehingga memicu peran internasional untuk menanggapi hal ini sebagai suatu permasalah internasional yang perlu diselesaikan di bawah naungan PBB. diketahui terdapat 3 anggota yang ikut serta. Sekaligus mahasiswa melakukan demo. Badan Organisasi ini kemudian dikenal dengan United Nations Mission in East Timor (UNAMET). dan PBB yang dibentuk pada tanggal 5 Mei 1999 di New York. Dari tanggal 5 Mei 99 tersebut. dan sayangnya aksi brutal Indonesia ini kemudian terekam dalam kamera salah satu jurnalis dan tersebar secara internasional. dicatat seorang mahasiswa meninggal dan dimakamkan di Santa Cruz. kebebasan. diketahui bahwa kondisi awal yang terjadi adalah keadaan yang dialami di daerah Timor-Timur mengalami suatu kompleksitas yang cukup tinggi. Baik warga yang sedang berada di Timor-Timur maupun yang berada di belahan dunia lainnya. Dan ketika jajak pendapat dilangsungkan pada tanggal 30 Agustus 1999. Dalam salah satu demo tersebut. terjadi pada masa pemerintahan Presiden B. Ketika memahami jajak-pendapat di tahun 1999 ini. jumlah pemilihnya adalah 451. Melihat situasi domestik Indonesia yang melemah. Habibie. akhirnya beberapa pemuda sering mengadakan demo di banyak tempat menuntut keadilan. Dalam perjanjian ini. Jajak pendapat pada tahun 1999. Untuk dapat memastikan sistematika jajak pendapat ini dilakukan. Adanya reformasi mengakibatkan presiden Soeharto jatuh. merupakan sebuah titik awalan untuk mengetahui apakah Timor-Timur tetap menjadi bagian dari Indonesia atau tidak. antara lain Portugal. militer Indonesia serta merta menembaki para demonstran. dan kemerdekaan Timor timur dari agresivitas. Jajak pendapat ini dikeluarkan karena. Indonesia. yang memungkinkan keadaan timor-timur berada dalam kondisi yang aman.792 jiwa. pada tanggal 11 Juni 1999. mengakibatkan beberapa jurnalis asing tewas. ada krisis dimensional sosial ekonomi. semua ikut serta dalam mengikuti jajak pendapat ini. yakni sebagai tempat latihan militer.

yang beranggapan bahwa status Timor-Timur memang mengalami kontroversi yang perlu dipertanyakan berdasarkan asal-usul sejarahnya apakah memang telah diakui oleh Internasional sebagai suatu kesatuan dari Republik Indonesia atau tidak.com/2010/01/12/pln-ri-indonesia-dan-timor-timur-easttimor/ di unduh pada tanggal 11 Mei 2o11 http://timorlestemerdeka.wordpress. Terdapat 344.388 jiwa atau 21.5% warga Timor-Timur menyetujui dan mendukung status otonomi dan tetap berada dalam bagian NKRI. Hal ini menyebabkan MPR ragu-ragu untuk mencabut Ketetapan MPR No.5 % warga Timor-Timur menolak otonomi dan menginginkan kemerdekaan. namun tetap menjadi NKRI atau menolak status otonomi.com/doc/24378282/BAB-I di unduh pada tanggal 11 Mei 2011 http://frenndw. dan pembentukan Tim Penyelidik Internasional oleh Komisi Tinggi HAM PBB. VI Tahun 1978 tentang Pengukuhan Pengintegrasian Timor Timur ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. terkait jajak pendapat tersebut yang menyetujui untuk merdeka. Ketika pasca jajak pendapat itu usai dan diketahui hasilnya. Hal ini kemudian didesak oleh Solidaritas untuk Penyelesaian Damai Timor Leste (SOLIDAMOR). digelarnya pasukan Interfet.apakah masyarakat Timtim menyetujui status otonomi. kondisi yang ada ketika itu justru mengalami perkembangan berbagai macam antara lain. dan hasil dari jajak pendapat tersebut adalah sebagai berikut: 1. reaksi masyarakat terhadap Interfet khususnya dari Australia. mendapati bahwa hasil ini menjadi suatu yang harus segera dilakukan karena rakyat Timor-Timur menginginkan kemerdekaan negara Timor-Timur. banyaknya ribuan pengungsi.scribd.com/fretilin-dan-timor-leste/ di unduh pada .wordpress. yang berarti Timtim merdeka dari Indonesia.580 jiwa atau sekitar 78. Terdapat 94. dan beberapa pendapat mereka yang menyatakan bahwa secara keseluruhan masyarakat Timor-Timur. Hal ini menimbulkan keragu-raguan dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh MPR ketika itu. Daftar Pustaka http://www. 2.

tanggal Djoened. Sejarah Nasional Indonesia VI 2001.Jakarta : Balai Pustaka HUBUNGAN INDONESIA-AU0STRALIA TERHADAP TIMOR LESTE KELOMPOK 2 .Marwati dkk.

Disusun oleh Geri taofiq N (4415077197) Indri Mudianti (4415077163) Prince Niru (4415077 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful