IMPLIKASI PEDAGOGIK DARI TEORI KOGNITIFISME Oleh : 1) Nama (NIM ) 2) 3) 4) 5) 6) Latar Belakang Teori belajar kognitif diartikan sebagai

suatu aktifitas mengetahui, memperoleh, mengorganisasikan dan menggunakan pengetahuan. Penekanan utamanya yaitu pada perbendaharaan pengetahuan pribadi peserta didik yang mencakup ingatan jangka panjang. Perhatian uatama psikologi ini adalah pada upaya memahami proses individu mencari, menyeleksi dan mengorganisasikan serta penyimpanan informasi tersebut. Ada tiga jenis teori kognitifisme yakni 1. Teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget 2. Teori kognisi sosial yang dikemukakan oleh L. S. Vygotsky 3. Teori pemrosesan informasi

Isi
Implikasi Pedagogik dari Teori Kognitivisme Teori Belajar Piaget Piaget merupakan salah satu pioner konstruktivis, ia berpendapat bahwa anak membangun sendiri pengetahuannya dari pengalamannya sendiri dengan lingkungan. Dalam pandangan Piaget, pengetahuan datang dari tindakan, perkembangan kognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini peran guru adalah sebagai fasilitator dan buku sebagai pemberi informasi.

Pengalaman – pengalaman belajar yang sesuai dikembangkan dengan memperhatikan tahap fungsi kognitif dan jika guru penuh perhatian terhadap Pendekatan yang digunakan siswa untuk sampai pada kesimpulan tertentu. perkembangannya dapat disimulasi. Menurut Piaget. Piaget menekankan bahwa pengajaran pengetahuan jadi ( ready made knowledge ) anak didorong menentukan sendiri pengetahuan itu melalui interaksi spontan dengan lingkungan. perkembangan kognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif berinteraksi dengan lingkungannya. Menurut Piaget. 3) memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Walaupun penalaran tidak dapat diajarkan secara langsung. tidak sekedar kepada hasilnya. 4) mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi. yaitu bagaimana anak secara aktif mengkontruksi pengentahuannya. . Dalam kelas. 2) mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar. barulah dapat dikatakan guru berada dalam posisi memberikan pengalaman yang dimaksud. Oleh karena itu guru harus melakukan upaya untuk mengatur aktivitas di dalam kelas yang terdiri dari individu – individu ke dalam bentuk kelompok – kelompok kecil siswa daripada aktivitas dalam bentuk klasikal.Piaget menjabarkan implikasi teori kognitif pada pendidikan yaitu 1) memusatkan perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak. menurut teori Piaget pengalaman-pengalaman fisik dan manipulasi lingkungan penting bagi terjadinya perubahan perkembangan. khususnya berargumentasi dan berdiskusi membantu memperjelas pemikiran yang pada akhirnya memuat pemikiran itu menjadi lebih logis. namun pertumbungan itu berlangsung pada kecepatan berbeda. pertukaran gagasan – gagasan tidak dapat dihindari untuk perkembangan penalaran. Pengetahuan datang dari tindakan . Teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh dan melewati urutan perkembangan yang sama. Sementara itu bahwa interaksi sosial dengan teman sebaya. Guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada hasil tersebut.

Menurut Hunt. dan anak-anak didorong untuk menemukan untuk dirinya sendiri melalui interaksi spontan dengan lingkungan. 3. . antara lain kemampuan berpikir konservasi. Penerimaan terhadap perbedaan individu dalam kemajuan perkembangan. 4. Dalam kelas Piaget penyajian materi jadi (ready made) tidak diberi penekanan. tidak sekedar pada hasilnya dan mengutamakan peran siswa dalam kegiatan pembelajaran serta memaklumi adanya perbedaan individu dalam kemajuan perkembangan yang dapat dipegaruhi oleh perkembangan intelektual anak. guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada jawaban tersebut. seperti yang dikutip oleh Woolfolk (2009) siswa tidak boleh dibuat bosan oleh pekerjaan yang terlalu mudah atau dibiarkan tertinggal oleh pengajaran yang tidak mereka pahami. Memfokuskan pada proses berfikir atau proses mental anak tidak sekedar pada produknya.Pembelajaran dilakukan dengan memusatkan perhatian kepada berfikir atau proses mental anak. Pengenalan dan pengakuan atas peranan anak-anak yang penting sekali dalam inisiatif diri dan keterlibatan aktif dalam kegaiatan pembelajaran. Teori dasar perkembangan kognitif dari Jean Piaget mewajibkan guru agar pembelajaran diisi dengan kegiatan interaksi inderawi antara siswa dengan benda-benda dan fenomema konkrit yang ada di lingkungan serta dimaksudkan untuk menumbuh-kembangkan kemampuan berpikir. 2. Di samping kebenaran jawaban siswa. Disekuilibrium harus dijaga benar-benar pas untuk mendorong pertumbuhan. Tidak menekankan pada praktek-praktek yang diarahkan untuk menjadikan anakanak seperti orang dewasa dalam pemikirannya. teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh anak berkembang melalui urutan perkembangan yang sama namun mereka memperolehnya dengan kecepatan yang berbeda. Inti dari implementasi teori Piaget dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut : 1.

Kelebihan dan kekurangan Implikasi Pedagogik dari Teori Kognitivisme Pada hakekatnya teori kognitif adalah sebuah teori pembelajaran yang cenderung melakukan praktek yang mengarah pada kualitas intelektual peserta didik. Aspek positifnya adalah kecerdasan peserta didik perlu dimulai dari adanya pembentukan kualitas intelektual (kognitif). maka guru harus mengerti cara berfikir anak. 3. tetapi sebaliknya menanyakan bagaimana anak itu memberi jawaban yang salah. Oleh sebab itu guru penting sekali agar tidak menghukum anak-anak untuk jawaban yang salah. namun pertumbuhan itu berlangsung pada kecepatan yang berbeda. tetapi mereka memberi tugas khusus yang dirancang untuk membimbing para siswa menemukan dan menyelesaikan masalah sendiri. Konsekuensinya proses pembelajaran harus lebih memberi ruang yang luas agar siswa mengembangkan kualitas intelektualnya. Pendidikan disini bertujuan untuk mengembangkan pemikiran anak. Ditambah cara berfikir anak kurang logis dibanding dengan orang dewasa. Teori kognitif juga memiliki kelebihan yang harus diperhatikan dalam praktek pembelajaran. Anak belajar paling baik dengan menemukan (discovery). artinya ketika anak-anak mencoba memecahkan masalah. Secara umum proses pembelajaran harus didasarkan atas asumsi umum: . Meskipun teori ini memiliki berbagai kelemahan. 2. Memaklumi akan adanya perbedaan invidual dalam hal kemajuan perkembangan. guru tidak meninggalkan anak-anak belajar sendiri. Artinya di sini adalah agar pembelajaran yang berpusat pada anak berlangsung efektif. dan diberi pengertian tentang kebenarannya atau mengambil langkah-langkah yang tepat untuk untuk menanggulanginya. Teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh melewati urutan perkembangan yang sama. penalaran merekalah yang lebih penting daripada jawabannya. bukan sebaliknya anak yang beradaptasi dengan guru.Berikut ini adalah implikasi teori Piaget dalam pembelajaran: 1.

Secara sederhana. kesan. Proses pembelajaran adalah realitas kultural. lupa bukanlah peristiwa hilangnya item informasi dan pengetahuan dari akal kita. Metode pembelajaran tidak dilakukan secara monoton. Penekanan ini terjadi karena beberapa sebab. Keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar amat dipentingkan. Karena item informasi yang baru secara otomatis menekan item informasi yang telah fenomena 3. lupa dapat terjadi karena sebab gangguan konflik antara item-item informasi atau materi yang ada dalam system memori siswa. • • • • Penyebab lupa Lupa (forgetting) ialah hilangnya kemampuan untuk menyebut atau memproduksi kembali apa-apa yang sebelumnya telah kita pelajari. metode yang bervariasi merupakan tuntutan mutlak dalam proses pembelajaran. Kedua. a. Pembelajaran harus memperhatikan perbedaan individual siswa. yaitu: 1. lupa dapat terjadi pada seorang siswa karena sebab adanya tekanan terhadap item yang telah ada baik sengaja maupun tidak. Karena item informasi yang akan direproduksi (diingat kembali) itu tertekan ke alam . Pengembangan materi harus benar-benar dilakukan secara kontekstual dan relevan dengan realitas kehidupan peserta didik. dan sebagainya) yang diterima siswa kurang menyenangkan. sehingga ia dengan sengaja menekannya hingga ke ada. Faktor-faktor penyebab lupa Pertama. tanggapan. Gulo (1982) dan Reber (1988) mendefinisikan lupa sebagai ketidakmampuan mengenal atau mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialami. faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.• • • Proses pembelajaran adalah suatu realitas sistem. Dengan demikian. Karena item informasi (berupa pengetahuan. alam jadi ketidaksadaran/alam sama dengan bawah sadar retroactive 2. Belajar memahami akan lebih bermakna dari pada belajar menghafal.

Kelima. Banyak ragam kiat yang dapat dicoba siswa dalam meningkatkan daya ingatannya. Keempat. adalah sebagai berikut: Over learning Over learning (belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. dan geger otak akan kehilangan ingatan ata item-item informasi yang ada dalam memori permanennya. antara lain pembacaan teks Pancasila pada setiap hari Senin memungkinkan ingatan siswa Extra terhadap teks study Pancasila lebih kuat. Kiat mengurangi lupa dalam belajar Kiat terbaik untuk mengurangi lupa adalah dengan cara meningkatkan daya ingat akal siswa. time . Menurut asumsi sebagian ahli. kecanduan alcohol. Reber (1988). b.bawah sadar dengan sendirinya lantaran tidak pernah dipergunakan Ketiga. lupa dapat terjadi karena sebab perubahan sikapdan minat siswa terhadap proses dan situasi belajar tertentu. Over learning terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respon tersebut dengan cara di luar kebiasaan. Jadi. menurut law of disuse (Hilgard & Bower 1975). Seorang siswa yang terserang penyakit tertentu seperti keracunan. lupa dapat terjadi karena sebab materi pelajaran yang telah dikuasai tidak pernah digunaakan atau dihafalkan siswa. dan Anderson (1990). Banyak contoh yang dapat dipakai untuk over learning. antara lain menurut Barlow (1985). meskipun seorang siswa telah mengikuti proses belajar-mengajar dengan tekun dan serius. lupa tentu saja dapat terjadi karena sebab perubahan urat syaraf otak. materi yang diperlakukan demikian akan masuk ke alam bawah sadar atau mungkin juga bercampur aduk dengan materi pelajaran baru. tetapi karena sesuatu hal sikap dan minat siswa tersebut menjadi sebaliknya (seperti karena ketidaksenangan terhadp guru) maka materi pelajaran itu akan mudah terlupakan.

yakni sejenis teknik mnemonic yang menggunakan komponen-komponen yang sebelumnya telah dikuasai sebagai pasak (paku) pengait memori baru. Penataan ini direkayasa sedimikian rupa dalam bentuk daftar-daftar item materi sehingga mudah untuk dihafalkan. yang paling menonjol adalah sebagaimana terurai di bawah ini: Singkatan. Misalnya langit-bumi. panas-api.wordpress. dan seterusnya. misalnya dari satu jam menjadi dua jam waktu belajar. Kiat ini dipandang cukup strategis karena dapat melindungi memori dari kelupaan. http://creative04. System kata pasak (peg word system).Extra study time (tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi aktivitas belajar. Kata komponen pasak ini dibentuk berpasangan yang memiliki kesamaan watak (baik itu warna. Pembuatan singkatan-singkatan ini seyogianya dilakukan sedemikian rupa sehingga menarik dan memiliki kesan tersendiri.com/2010/01/30/faktor-faktor-penyebab-lupa-dalam-belajardan-kiat-mengatasinya . rasa. yakni terdiri atas huruf-huruf awal nama atau istilah yang harus diingat siswa. Mnemonic device Mnemonic device (muslihat memori) yang sering juga hanya disebut mnemonic itu berarti kiat khusus yang dijadikan “alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam system akal siswa. misalnya dari sekali sehari menjadi dua kali sehari. Muslihat mnemonic ini banyak ragamnya. Penambahan frekuensi belajar berarti siswa meningkatkan kekerapan belajar materi tertentu. Penambahan alokasi waktu belajar materi tertentu berarti siswa menambah jam belajar. Clustering Clustering (pengelompokkan) ialah menata ulang item-item materi menjadi kelompok-kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti bahwa item-item tersebut memiliki signifikansi dan lafal yang sama atau sangat mirip. merah-darah. dan seterusnya).

. karena ini akan menciptakan isyarat pengingatan kembali yang lemah. Represi (repression) adalah proses mental yang secara otomatis akan menyembunyikan informasi yang mengganggu perasaan atau yang menimbulkan kekhawatiran. ada banyak hal yang akan terlupakan setelah membaca. ke dalam ingatan bawah-sadar dimana informasi tidak dapat diingat kembali tanpa disengaja. Setelah seseorang selesai melihat cerita kecelakaan yang menyedihkan di televisi. maupun pemikiran yang banyak sekali. Saat menjelang tidur di malam hari dia justru teringat kembali pengalaman kecelakaan tragis yang pernah dialaminya beberapa tahun lalu yang sebenarnya telah dia lupakan. Berikut ini adalah rangkuman sejumlah penyebab mengapa orang melupakan sesuatu.Mengapa kita melupakan sesuatu? Jika kita diminta menjelaskan sesuatu yang terjadi hari ini. • Isyarat Pengingat Lemah. Tapi walau berjam-jam kita membaca buku. kegiatan. percakapan. Isyarat pengingatan kembali informasi merupakan sarana pengingat mental yang diciptakan dengan membentuk gambaran mental yang kuat atau dengan menciptakan keterkaitan antara informasi baru dan informasi lama yang telah diketahui. Pemahamanan yang baik akan menyebabkan penyimpanan informasi yang efektif dengan isyarat pengingatan kembali yang kuat. kita akan mampu mengingat secara teliti kejadian. Lupa adalah ketidakmampuan untuk mengenali kembali. • Represi Ingatan. Namun karena suatu hal yang terlupakan ini dapat kembali keluar ke dalam ingatan sadarnya. Informasi yang dijejal-jejalkan ke dalam ingatan atau sesuatu yang telah menjadi kebiasaan menyebabkan seseorang menjadi gampang melupakannya. sehingga penyimpanan informasinya pun menjadi tidak kuat dalam ingatannya. mendapatkan kembali atau mengingat kembali informasi yang telah disimpan atau masih disimpan di dalam ingatan (memori) dalam jangka waktu yang lama. ingatan (memori) kemudian akan berusaha menekan dan melupakan cerita kecelakaan menyedihkan itu. Penyimpanan informasi dalam ingatan tidak tergantung pada berapa lama mengingatnya namun seberapa baik pemahamannya.

ketika pertama kali sadar. Kita tidak mampu mengingat kembali sesuatu hal disebabkan terjadinya distorsi ingatan (memori) karena adanya bias (salah prasangka atau kecenderungan awal) atau suggestibility (kurangnya kemampuan mengidentifikasi). tetapi karena informasi baru dan informasi lama menimbulkan kebingungan dan kemudian mengganggu pengingatannya kembali. Ketidakmampuan mengingat sebagian informasi tidak berarti bahwa informasi tersebut sudah tidak berada lagi dalam ingatan (memori). Misalnya saja.• Interferensi Informasi. daripada yang baik. seseorang terjatuh dan terjadi benturan pada kepalanya kemudian pingsan sebentar dan sadar kembali. dan kemudian sebagian informasi terlupakan karena adanya gangguan informasi yang saling memengaruhi. maka terdapat kemungkinan yang lebih besar informasi-informasi ini saling bercampur-aduk. berarti bahwa pengingatan kembali sebagian informasi terganggu atau terhalangi oleh informasi lainnya yang berkaitan satu sama lain. setelah pelaku kejahatan yang sebenarnya dibuktikan dengan uji . Sedangkan retroactive interference adalah informasi baru menghalangi atau mengganggu informasi lama. Saling-mempengaruhi (interference). Jika mengemudikan kendaraan. benturan pada kepada dapat menyebabkan kerusakan terhadap ribuan syaraf yang membentuk jaringan komunikasi otak. dia mungkin berkata “Apa yang telah terjadi?” Dia tidak mampu mengingat kembali apa yang telah terjadi karena adanya benturan pada kepalanya sehingga menyebabkan amnesia. • Amnesia. Jika terdapat banyak hal yang harus diingat pada hari yang sama. bisa terjadi sementara atau permanen. Amnesia. • Distorsi. bias terjadi pada suami atau istri yang telah bercerai biasanya banyak mengingat kejadian atau hal yang buruk. salah satu penyebab untuk melupakan. atau mengalami trauma psikologis yang berat. anesthesia umum. Tergantung pada tingkat keparahannya. Sedangkan suggestibility terjadi ketika korban kejahatan salah mengenali pelaku kejahatan. adalah hilangnya ingatan seseorang setelah terjadinya benturan atau kerusakan pada otaknya atau setelah mengalami sakit. mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Proactive interference terjadi jika informasi lama menghalangi atau mengganggu informasi baru.

Cengage Learning. Frekuensi fenomena ini meningkat seiring dengan makin bertambahnya usia seseorang. © 2011. Pertimbangan pertama adalah kebenaran dimana objektivitas ditujukan pada kebenaran sebagai landasan tetap yang menjadi pola dasarnya. misalnya judul lagu. ketika anda tidak berusaha mengingatnya. orang menjadi lupa dan salah dalam mengingat sesuatu.DNA. Namun pada saat yang lain. Canada) ******************************* Landasan Penelaahan Ilmu Kegiatan keilmuan dan pengembangan ilmu memerlukan dua pertimbangan. tetapi tetap saja tidak mampu mengingatnya? Itu namanya. kesusilaan dan kegunaannya.San Diego State University & Haig Kouyoumdjian . Pertimbangan kebenaran dan nilai kemanusiaan sangat berpengaruh pada penentuan tujuan ilmu pengetahuan dan kegiatan ilmiahnya. Karena bias dan sugestibility. Pernahkan anda berusaha keras mengingat-ingat sesuatu. dengan mengesampingkan pertimbangan nilai metafisik yang lain seperti nilai etik. Mereka berprinsip ilmu pengetahuan harus bebas nilai. nama orang atau sebutan sesuatu itu. malah teringat judul lagu. pandangan ilmuwan dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Penelitian menunjukkan bahwa fenomena ini sebenarnya nyaris bisa terjadi pada setiap orang di dunia ini. Pertimbangan kedua adalah nilai kemanusiaan yang merupakan dasar. Berdasarkan kedua pertimbangan ini. yang seringkali tidak disadarinya karena adanya distorsi ingatan. Rod Plotnik . (Disarikan dan diterjemahkan dari “Introduction fo Phychology”. 2008 Wadsworth. Prinsip tentang ilmu pengetahuan yang bebas nilai akan menjadikan kebenaran sebagai satu-satunya . nama orang atau sebutan sesuatu. Ilmu Harus Bebas Nilai Para ilmuwan yang hanya menggunakan satu pertimbangan yaitu kebenaran. Tip-of-the-Tongue Phenomenon (fenomena ujung lidah).Mott Community College. latar belakang dan tujuan dari kegiatan keilmuan.

CA Van Peursen. dan hal ini dinilai dengan ukuran pembenaran fakta-fakta. Ilmu Harus Taut Nilai Para ilmuwan yang memandang sangat perlu dimasukkannya pertimbangan nilai-nilai etik. Aktivitas ilmu diarahkan untuk melihat kebenaran. Diantara pandangan ini Francis Bacon mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan adalah kekuasaan.ukuran bagi seluruh kegiatan ilmiah. lebih lanjut dijelaskan mengenai tujuan ilmu bahwa tujuan yang sah dan senyatanya dari ilmu-ilmu adalah sumbangan terhadap hidup manusia dengan ciptaanciptaan dan kekayaan baru. Ciri-ciri dan langkah-langkah dari metode ilmiah memang harus ditaati oleh para ilmuwan. Bacan. Carl G. sehingga hasil hasil dan tujuan yang ingin dicapai juga tetap mencerminkan ciri-ciri pokoknya. Victor Reisskop. Sedangkan Victor Reisskop berpandangan bahwa tujuan pokok ilmu bukan pada penerapan. Hempel dan Paul Oppenheim. Beberapa pandangan ilmuwan yang berprinsip bahwa ilmu harus bebas nilai adalah Jacob Bronowski. tujuan ilmu ialah mencapai pemahaman-pemahaman terhadap sebab dan kaidah-kaidah tentang proses ilmiah. Pada garis besarnya tujuan pokok ilmu pengetahuan adalah merupakan kaidah-kaidah baru atau penyempurnaan kaidah-kaidah lama tentang dunia kealaman. Maurice Ritcher. yaitu bersifat empirik. Diantara pandangan ini Jacob Bronowski mengemukakan tujuan pokok ilmu adalah mencari sesuatu yang benar tentang dunia. Sedangkan menurut CA Van Peursen mengemukakan . Peluang untuk memasukkan pertimbangan nilai-nilai lain diluar nilai kebenaran dalam kegiatan ilmiah memang tidak dimungkinkan. Pertimbangan nilai etik bagi ilmu pengetahuan harus dilakukan demi kepentingan kemanusiaan. Beberapa pandangan ilmuwan yang berprinsip bahwa ilmu pengetahuan harus taut nilai adalah Francis Bacon. Myrdal. Mereka berpendapat bahwa ilmu pengetahuan harus taut nilai. kesusilaan dan kegunaan untuk melengkapi pertimbangan nilai kebenaran.

Metode ilmiah merupakan landasan tetap yang menjadi kerangka pokok. pertimbangan nilai etik dan kemanfaatan tidak dimaksudkan untuk mengubah ciri-ciri metode ilmiah. Pasti menyenangkan sekali. Tidak perlu dengan tangga. Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM. (Disarikan dari buku Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan. dan ilmu dinamik sebagai pedoman. atau bahkan berada di dalamnya. Itu tanaman buah dalam pot (tabulampot). Kedua pandangan "Ilmu Harus Bebas Nilai" dan "Ilmu Harus Taut Nilai" tidak berarti saling bertentangan. teknik dan etik. dengan galah atau bahkan memanjatnya. Mudah ditempatkan dimana saja karena tinggi pohon hanya + 2 meter dan mudah dipindahkan di tempat yang diinginkan. melainkan untuk menjamin kepentingan kemanusiaan dalam pengembangan ilmu. Serasa berada di kebun buah. berbagai tanaman buah ada di sekitar anda. tinggal petik saja. Pengembangan ilmu pengetahuan memerlukan dua pertimbangan dari segi ilmu statik tentang ciri sistem yang tercermin dalam metode ilmiah. asas-asas yang perlu diperhatikan oleh para ilmuwan dalam kegiatan ilmiahnya. . Yang pertama kebenaran harus menjadikan kebenaran sebagai satusatunya ukuran bagi seluruh kegiatan ilmiah. Penerbit Liberty Yogyakarta) ******************************* Merawat Tabulampot Bayangkan ketika anda duduk di teras depan rumah atau patio belakang rumah. sedangkan pertimbangan nilai menjadi latar belakang kegiatan ilmiah yang merupakan pertimbangan metafisik.pandangan bahwa dalam meninjau perkembangan ilmu pengetahuan secara menyeluruh tidak lepas dari tiga membahasan yaitu teori pengetahuan. Dalam jangkauan tangan anda. Dan ketika ingin memakan buahnya yang telah matang. Pertimbangan metafisik mencakup nilai kebenaran yang menjadi ukuran pokok bagi ilmu pengetahuan yang meliputi nilai kebaikan dan nilai keindahan kejiwaan. Sedangkan yang kedua. Tanaman buah itu tepat di ujung teras atau patio anda.

Membuat tanaman dalam pot ini agar berbuah lebat. Secara spesifik. • Pemilihan Bibit. Pemupukan dilakuan secara berkala 3 bulan atau 6 bulan sekali. • Penyiraman. srikaya. • Pengemburan & Penyiangan. • Penggantian Media & Pot. Pemadatan biasanya terjadi karena penyiraman. sawo. Waktu penyiraman yang baik adalah pada pagi hari atau sore hari ini. belimbing. kedondong. Pilih bibit yang cocok dengan daerah anda. sinar matahari. tidak berbeda dengan tanaman di lapangan. Dari semua jenis tabulampot. Karakter dan jenis tanaman perlu diketahui. Musim panas perlu penyiraman sehari sekali. • Pemupukan. rambutan. mangga. apakah tanaman tersebut cocok di dataran tinggi atau dataran rendah. dan delima. tetapi pupuk pupuk anorganik seperti NPK umumnya masih diperlukan. atau keduanya. kondisi lingkungan dan perlakuan lainnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Pastikan bibit tanaman yang ditanam merupakan bibit yang baik. Pot yang . pengairan. jeruk. kelengkeng. Untuk tetap produktif selama tumbuhnya. ada yang menyebutkan pohon yang paling mudah ditanam adalah mangga dan jambu air. merawat tabulampot harus memperhatikan beberapa faktor agar tanaman bisa tumbuh subur dan berbuah lebat.Tanaman yang bisa ditanam dalam pot semakin banyak jenisnya. tetapi dimedia tanamnya sebagai tempat akar tanaman. Perlakuannya justru lebih mudah karena beberapa kebutuhan hidup tanaman seperti pemupukan. Sepertinya masih banyak lagi. Beberapa diantaranya adalah jambu. Jangan menyiram tabulampot hanya di daun. Penggeburan bisa dilakukan dengan alat pengeruk kecil dan hati-hati jangan sampai merusak agar dan batangnya. Terutama di musim kemarau penyiraman sangat diperlukan. media tanam perlu diperbaharui untuk menjaga kesuburan dan kegemburannya. Walau media tanam telah menggunakan pupuk kandang misalnya. Usahakan tanah media tanam tidak memadat dan tidak ada tanaman rumput atau pengganggu lainnya. Pemupukan dilakukan pada awal musim hujan atau awal musim kemarau sekitar 3 sendok makan sekali pemberian.

******************************* Buatlah Jadi Sederhana Jika kesederhanaan adalah keutamaan. tetapi lebih pada cara penyampaian secara jelas dan mudah dimengerti.sudah tidak sesuai dengan besar tanaman harus diganti dengan ukuran yang sesuai. Apalagi jika bibitnya berasal dari okulasi yang bisa berbuah kurang dari setahun. gunakan rumus "139". Jenis tanaman kini semakin banyak yang bisa dipotkan. Tabulampot menjadi pilihan favorit karena lebih cepat berbuah. Sebaiknya menggunakan bahan pengendali hama organik. 1 batang utama dipelihara pada ketinggian 80-100 cm. bukan menunjukkan ketidakmampuan berpikir kompleks. Idealnya. (Dirangkum dari "Kunci Membuahkan Tabulampot" Redaksi Trubus. Disamping untuk menjaga ketinggiannya. dan 9 cabang sekunder terpilih sepanjang 30-50 cm. dan menjaga keseimbangan cabangnya. Kemampuan memberi jawaban singkat atas pertanyaan rumit merupakan ketrampilan. pembentukan tajuk baru. Untuk menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit. Menanam tanaman buah dalam pot semakin nge-trend sekarang. 3 cabang primer terpilih sepanjang 30-50 cm. semakin banyak pula penjual dan hobiies tanaman ini. • Pengendalian Hama. Republika 200708 "Tip Membuat Tabulampot Rajin Berbuah"). Karena sosoknya yang pendek dan tidak terlalu rindang. keindahannya.okezone. • Pemangkasan. pemangkasan dilakukan untuk merapikan tanaman. Kenali hama dan penyakit tanaman dan gunakan anti hama dan penyakit yang tepat. Artinya. Tabulampot bermanfaat karena buahnya. tabulampot menjadi cocok dihadirkan di halaman yang luas maupun yang sempit. pemanfaatan ruang dan penghijauan lingkungan. mengapa kita membuatnya menjadi rumit? Menjalani kesederhanaan termasuk mampu menyampaikan sesuatu secara sederhana. bisa dilakukan penyemportan anti hama secara rutin. Dengan bervariasinya tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot.com "Merawat Tanaman Buah dalam Pot". http://lifestyle. .

Orang lain dapat merasakan perbedaan antara orang yang "terpaksa" melakukan sesuatu. Jangan memasang tujuan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Karena pertanyaan terkadang hanya butuh jawaban singkat "ya" atau "tidak". Bersikap tulus. 4. 5. gunakanlah itu. Berbicara secara normal. beritahulah mereka yang perlu. tetapi kadang mengganggu. Lakukan sesuatu dengan ketulusan kemauan. "Kalau dari sisi anda apa yang akan anda lakukan?" Ini mungkin efektif. Saat banyak berbicara. mungkin kita akan bingung mengenai posisi kita saat berbicara. bukannya dibebani dengan memasang standar lebih tinggi. Maksud pembicaraan harus dipahami. 7. 8. jangan menundanya sampai minggu depan. Berkata. "Saya tidak tahu". Memberitahukan pikiran anda. Jika anda mempunyai alasan kuat. atau orang lain memerlukan sesuatu dari anda. Jangan terlalu diplomatik dan bombastis. "Saya tidak tahu. Memberi jawaban. 6. Kredibilitas anda akan meningkat. Satu dalih populer dalam pembicaraan yaitu bertanya balik ke penanya. Beritahukanlah keadaan sebenarnya.1. Bersikap tenang. Jangan memberikan begitu banyak alasan mengapa sesuatu harus dikerjakan atau dianggap penting. Terlalu banyak berbicara menunjukkan disorganisasi cara berpikir seseorang. 9. dengan orang yang "mau" melakukan itu. Sederhanakanlah tujuan dengan pengukuran standar keberhasilan yang mampu dicapai. . Jika memang kita melakukan pekerjaan besar. saya akan mencari jawabnya" lebih baik daripada mengarang jawaban tetapi tidak menjawab pertanyaan. Membuat sederhana berarti menyingkatnya menjadi beberapa paragraf saja. Bertindak cepat. Berkata. Jangan bertanya: "Apa tujuan hidup anda yang mengarah ke perkembangan individual?" Bertanyalah: "Apa yang diperlukan untuk bisa lebih baik?" 2. Bersikap konsisten. Mereka yang bekerja diatas standar perlu diberi penghargaan. Jika anda perlu mengerjakan suatu pekerjaan. Berpegang pada alasan yang benar. 3. Lakukan sekarang juga.

"Viewpoint" Training Magazine. bagaimana hidup dan kerja dengan integritas. Melalui intuisi kita belajar apa yang baik bagi kita. Semakin hidup kita dipenuhi dengan informasi. (Terinspirasi dari artikel aslinya "Keep It Simple" teknik pelatihan. Kita bisa menjadi lebih produktif. semakin penting nilai gunanya dan apa tujuannya daripada informasi itu sendiri. Informasi jadi semakin murah dan semakin singkat siklusnya dari hari ke hari. kreatif. Orang yang sederhana akan mengajarkan banyak hal secara biasa. Pada abad silam manusia menjadi terbiasa menggunakan logika daripada intuisi. komunikasi dan kreativitas seseorang. justru seringkali kita perlu menjalani kesederhanaan. dan bahagia jika kita rileks dan membiarkan intuisi kita mengalir. Kita perlu penjelasan ketrampilan berpikir baru yang dibutuhkan saat ini. sementara orang yang rumit harus mengadakan rapat besar untuk membahasnya atau mengirimkan email tentang pengajuan sesuatu dengan alasan yang panjang lebar. Orang yang intuitif cenderung lebih bersemangat dan selalu demikian karena mampu . sedangkan intuisi melibatkan dalamnya tingkat pengetahuan seseorang. dan bagaimana mengekspresikan diri yang terbaik. terlepas dari realitas maupun pengkondisian sosial dan kultural. Sean. Minneapolis: Lakewood Publications. kemudian menyarankan perlunya menerapkan strategi perkembangan secara independen. Kecerdasan emosional melibatkan luasnya bidang ketrampilan. Intuisi meliputi proses mendengarkan secara mendalam. Sehingga pengetahuan-diri menjadi semakin berharga sepenuhnya. ******************************* Mempertajam Intuisi Di luar kecerdasan emosional terdapat kecerdasan intuitif yang setara akal sehat. kompleks dan mega-tekonologi informasi ini.Di era yang serba spesialisasi. sumber: Morrison. Kita perlu menyeimbangkan kembali demi mengurangi tindakan dan kekhawatiran kita yang tidak produktif. Abad ke-21 memerlukan pikiran pada medan multidimensional. Buatlah menjadi sederhana. January 1999).

Kita biasanya dapat melihat peristiwa yang telah terjadi dimana sebenarnya telah ada “peringatan awal”. Jika anda sudah terbiasa. Berikut adalah cara memberdayakan intuisi anda: 1. Kemudian ajukan pertanyaan yang belum diketahui jawabannya. Jika anda harus membuat keputusan sesuatu. 4. dengarkan suara hati dan intuisi diluar fakta yang ada. Berlatihlah mengajukan pertanyaan ya dan tidak. Bermeditasi. hal yang buruk menimbulkan keraguan dan perasaan negatif. Tidak masalah bagaimana anda memulainya! Mengabaikan intuisi seringkali merugikan dan disesalkan. dan itu tidak sulit.menjaga keadaan yang menopang semangat kreatif. Gunakan latihan intuisi mini. Kabar baiknya adalah anda bisa berlatih untuk menggunakan intuisi anda dengan lebih baik. Belajarlah menjawab ya dan tidak dengan cepat. Pahami pikiran dan perasaan anda. Telusuri semua hal yang mungkin: Hal yang baik memberikan kekuatan semangat. Mereka mendengarkan seluruh cerita. namun kita mengabaikannya. Bacalah kembali setelah beberapa minggu dan pikirkan apakah tulisan itu berkaitan dengan apa yang terjadi pada kehidupan anda. 3. Buat keputusan berdasarkan fakta intuitif. atau kapan harus bertanya lebih lanjut karena sesuatu yang mendasari bersuara lebih keras daripada kata-kata. 2. baik yang diceritakan maupun yang tidak diceritakan. Pilihlah cara bermeditasi yang cocok bagi anda. Tentu saja diperlukan latihan. Tuliskan pemahaman dan gagasan yang muncul dengan sendirinya. . Orang yang lebih mampu memahami intuisi adalah pendengar yang lebih baik. berarti anda telah berlatih secara efektif. Mereka lebih mampu mencermati saat ada bagian yang tidak sesuai karena ada informasi yang hilang atau berbenturan. 5. Catat intuisi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful