P. 1
Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam

Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam

|Views: 291|Likes:

More info:

Published by: Inna Syahwina Agustina on Nov 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2015

pdf

text

original

Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam

Merupakan program untuk mencatat transaksi pinjaman, angsuran, simpanan, dan accounting pada koperasi simpan pinjam. Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam adalah sebagai berikut:             Mencatat data (master) pos, wilayah, petugas, anggota, jenis simpanan, jenis pinjaman. Mencatat transaksi simpanan. Mencatat transaksi pinjaman. Mencatat transaksi angsuran. Mencatat transaksi jurnal (GL). Cek saldo simpanan per anggota dan semua anggota. Cek saldo pinjaman per anggota dan semua anggota. Mencetak bukti transaksi seperti simpanan, pinjaman, dan angsuran. Pengaturan hak akses. Pembagian SHU. Laporan accounting: neraca percobaan, buku besar, neraca dan laba rugi. dan lain-lain

Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat mengharuskan perusahaan menjadi lebih memahami pengetahuan sistem informasi sebagai hal yang penting demi mempertahankan kalangsungan perusahaan. membuat manajemen berpikir untuk mencari solusi yang tepat untuk dapat melayani masyarakat dengan optimum.PENERAPAN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM “JASA” Agustus 2. memberikan perubahan yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. daya saing. 2008 I. Kospin Jasa mulai melakukan perubahan dalam bidang sistem informasi guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan meraih peluang pasar. LATAR BELAKANG Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan semakin kuatnya ekonomi global yang dimulai dengan munculnya internet. memperoleh bentuk dan aliran kerja baru. dan kemunculan perusahaan digital. menuju tingkat keberhasilan efisiensi. Proses transaksi manual telah ditinggalkan dan menggantinya dengan sistem yang sudah menggunakan komputer secara utuh. Tiada batas ruang dan waktu yang menghambat segala aktivitas. Dengan memperhatikan animo masyarakat yang tinggi terhadap Kospin Jasa dan jumlah nasabah yang semakin banyak. jaringan. dan profitabilitas. perlu mengikuti perkembangan dunia. dan kemungkinan juga bisa mengubah cara berbisnis. Sistem informasi dapat membantu perusahaan memperluas jangkauan sampai lokasi-lokasi yang jauh. Perubahan ke arah kemajuan ini membuat segalanya menjadi lebih mudah dan cepat. memenangkan persaingan. yang secara otomatis menjadikan transaksi menjadi lebih padat. dan berhasil dengan baik. baik yang kecil maupun besar. Komputer tidak hanya sekedar untuk membuat . dan telah mempunyai kantor di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah sebanyak 64 kantor. Sejak tahun 2004. menggunakan sistem informasi. transformasi perusahaan bisnis. Beberapa perubahan yang terjadi adalah transformasi masyarakat ekonomi dan industri kedalam layanan ekonomi berbasis pengetahuan dan informasi. Dunia bisnis pun mengalami banyak perubahan. dan teknologi internet untuk melakukan sebagian besar bisnis secara elektronik. Koperasi Simpan Pinjam “Jasa” yang telah berdiri sejak 13 Desember 1973 dan berpusat di Pekalongan. Semua jenis bisnis.

yaitu output yang dikembalikan ke anggota-anggta organisasi yang bersangkutan untuk mengevaluasi atau mengoreksi tahap input. perangkat input. Tempat penyimpanan primer menyimpan data dan instruksi program secara sementara selama pemrosesan. dan kendali. memproses. Pemrosesan mentransfer baris-baris masukan ke dalam suatu format yang lebih mengandung arti. penelitian masalah. koordinasi. dan menciptakan produk-produk baru. Output mengalihkan informasi yang diproses kepada orang-orang yang akan menggunakannya atau kepada aktivitas yang membutuhkannya. Sehingga segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan cepat. menyimpan. Perangkat Keras dan Infrastuktur Teknologi Informasi Komputer adalah perangkat fisik yang mengambil data sebagai input. mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kendali dalam suatu organisasi. I. sistem informasi dapat juga membantu para manajer dan karyawan untuk meneliti permasalahan. Sistem komputer terdiri dari unit pemrosesan utama (Central Processing Unit atau CPU). memvisualisasikan pokok-pokok yang kompleks. dan menghasilkan output informasi yang sudah diproses. mentransformasi data tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Sebagai tambahan terhadap pendukung pengambilan keputusan. namun sudah membantu proses transaksi sampai dengan laporan. 1. dan menciptakan produk baru atau jasa. 1.laporan. dan perangkat komunikasi. dan output. Sistem informasi membutuhkan umpan balik. perangkat output. wadah penyimpan primer. Tiga aktivitas dalam suatu sistem informasi menghasilkan informasi yang diperlukan oleh organisasi untuk membuat keputusan. Input menangkap atau mengumpulkan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternalnya. mengendalikan operasi. pengolahan. sementara perangkat penyimpanan sekunder (cakram TINJAUAN PUSTAKA . Aktivitas tersebut adalah input. wadah penyimpan sekunder. Pengertian Sistem Informasi Suatu sistem informasi dapat didefinisikan secara teknis sebagai satuan komponen yang saling berhubungan dengan mengumpulkan (atau mendapatkan kembali).

Sistem operasi merupakan manajer kepala dari sistem komputer. Teknologi penyimpanan sekunder yang penting adalah cakram magnetik. komputer tunggal telah digantikan dengan komputer jaringan agar bisa menjalankan banyak tugas. dan biasanya merupakan kompuer kecil. pita magnetik) menyimpan data dan instruksi program jika tidak digunakan selama pemrosesan. Kedua-duanya ada pada jaringan. Sebagian besar informasi yang digunakan oleh aplikasi komputer disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder yang letaknya diluar area penyimpanan primer. Komputasi klien/server membagi proses antara “klien” dan “server”. workstation. menjadwalkan . Tidak seperti pada penyimpanan primer. pada penyimpanan sekunder tidak mudah hilang. mengkonversi data elektronik yang dihasilkan oleh sistem komputer dan menampilkannya dalam bentuk yang bisa dimengerti orang. Perangkat input. Dalam pemrosesan paralel. Dewasa ini. cakram optik.magnetik dan optik. Penyimpanan sekunder digunakan untuk penyimpanan data relatif dalam jangka waktu lama di luar CPU. Server menyediakan jasa bagi klien. atau laptop. Perangkat komunikasi bertindak sebagai koneksi antara komputer dan jaringan komputer. Untuk mempercepat pemrosesan. Kebalikannya. dapat menghubungkan beberapa prosessor agar bekerja secara simultan untuk satu tugas. Sistem operasi mengalokasikan dan menugaskan beragam sumber sistem. beberapa CPU memecah tugas menjadi beberapa bagian kecil dan mengerjakannya secara simultan/bersamaan. namun masing-masing mesin diarahkan untuk menjalankan fungsi yang paling sesuai untuknya. adalah pemrosesan yang dijalankan oleh satu komputer besar. Bus adalah jalur-jalur rangkaian eektronik untuk menghantarkan data dan sinyal antar beragam bagian pada sistem komputer. Penggunaan beberapa komputer yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi untuk perosesan disebut pemrosesan terdistribusi. Satu bentuk pemrosesan terdistribusi yang banyak digunakan adalah komputasi klen/server. Klien menjalankan fungsi poin-pemasukandari pengguna. pemrosesan terpusat. dan pita magnetik. mengkonversi data dan instruksi kedalam bentuk elektronik sebagai input bagi komputer. Perangkat output. Server biasanya berfungsi khusus untuk menyimpan dan mengolah data serta fungsi back-end yang tidak bisa dilihat oleh pengguna seperti mengelola aktifitas jaringan.

Kecenderungan umum dalam perangkat lunak dewasa ini dalah kemudahan penggunaan dan bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi. bahasa pemrograman yang penting adalah COBOL. penyimpanan virtual. Terdapat banyak bahasa pemrograman dan peranti perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi. LINUX. dan mengendalikan perangkat input dan output. Dalam LAN. C++. atau dipasang hanya pada satu komputer server untuk semua aplikasi pada jaringan. Sistem operasi jaringan bisa dipasang pada tiap komputer dalam jaringan. dan hubungan-hubungan telekomunikasi. Beberapa sistem operasi yang ada diantaranya adalah Windows XP. Windows 98/ME. Server menentukan siapa yangakan mendapatkan akses dan sekuensinya. memonitor aktivitas sistem komputer. C. Sistem operasi juga mengkoordinasi penjadwalan kerja dalam beragam wilayah komputer sehingga bagian-bagiannya bisa bekerja dalam waktu bersamaan. Kemampuan sistem operasi seperti menjalankan beberapa program secara bersamaan. DOS. Sebagian besar LAN menghubungkan perangkat-perangkat yang berlokasi di radius 2. Windows. program apa yang sedang dijalankan. Windows 2000. Sistem operasi ini . Untuk aplikasi bisnis. Sistem operasi menyediakan lokasi dalam memori utama untuk menyimpan data dan program. dan melacak segala bentuk akses ke sistem yang tidak dikenal. OS/2. UNIX. server bertindak sebagai pustakawan yang menyimpan program dan data untuk pada pengguna jaringan.penggunaansumber-sumber komputer dan tugas-tugas komputer. Keduanya meningkatkan produktivitas programer profesional dan memungkinkan pengguna akhir untuk bekerja secara langsung dengan sistem infoemasi. berbagi-waktu. dan melakukan beberapa pemrosesan secara bersamaan. Local Area Network (LAN) merupakan jaringan lokal yang menghubungkan sumber-sumber lokal.NET server. Akhirnya. Windows CE. memungkinkan komputer untuk menangani banyak pengguna dan tugas yang berbeda secara bersamaan. Kemampuan LAN juga ditetapkan oleh sistem operasi jaringan (NOS). dan sebagian besar perangkat itu adalah PC. dan Visual Basic. LAN membutuhkan saluran komunikasi sendiri dan sering dikendalikan dan dioperasikan oleh kelompok pengguna akhir atau departemen dalam sebuah perusahaan. sistem operasi bertugas melacak tiap tugas yang dikerjakan komputer dan siapa yang sedang menggunakan sistem.000 kaki. Mac OS.

dan merespons secara cepat perubahan pasar dan pelanggan. maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem. Novel NetWare. mengkoordinasi aktivitas kerja perusahaan. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).NET Server. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat. Hubungan Sistem Informasi dengan Bisnis Sebagian besar sistem informasi membantu orang (manajer) untuk mengambil keputusan. I. Dengan menggunakan data perusahaan yang lebih akurat yang disediakan oleh sistem enterprise dan infrastruktur teknologi informasi baru. File-file data dapat disimpan pada server. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail & chat. analisis. Untuk . 1. PENERAPAN SISTEM INFORMASI 1. penyimpanan.      File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol. Bila salah satu client/server terhubung dengan modem. sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan. Keuntungan jaringan LAN adalah :    Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing). dan penyediaan akses kepada data dari beragam sumber untuk membantu para pengguna mengambil keputusan secara lebih baik. Marupakan sebuah keharusan yang tidak dapat ditawar lagi. INFRASTRUKTUR SISTEM INFORMASI Kepuasan pelanggan merupakan sesuatu hal yang harus dicapai oleh Kospin Jasa dalam pelayanannya. yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.mengarahkan dan mengelola komunikasi pada jaringan dan mengkoordinasi sumbersumber jaringan. Microsoft Windows. sistem ini bisa mendukung butiran-butiran keputusan secara lebih baik untuk menuntun perusahaan. Sebagian sistem informasi merepresentasikan aplikasi-aplikasi kecerdasan bisnis yang berfokus pada pengumpulan.

Dalam pelayanannya. Jaringan LAN Jaringan LAN yang dibangun ditujukan untuk membawa informasi dari klien ke server atau sebaliknya secara cepat dan tepat. 1. Setiap transaksi yang telah dijurnal. Komputer server dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows. teller. tanpa adanya kesalahan melalui media komunikasi tertentu. secara keseluruhan Kospin Jasa telah menggunakan sistem komputerisasi secara keseluruhan. OUTPUT YANG DIHASILKAN . secara otomatis disimpan dan diproses oleh komputer server sehingga bagian lain yang membutuhkan data dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat. Komputer Server Komputer server digunakan untuk untuk menyimpan dan mengolah data serta fungsi back-end yang tidak bisa dilihat oleh pengguna seperti mengelola aktifitas jaringan. maka proses entry (pemasukan) data menjadi lebih mudah. 1. Setiap bagian dengan masing-masing komputer klien dapat dengan mudah melakukan transaksi atau entry data sesuai dengan bagiannya masing-masing. Komputer Klien Setiap karyawan diberikan fasilitas satu buah komputer klien untuk melakukan transaksi atau pelayanan. tagihan luar kota. Setiap komputer klien menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP. 1. Jaringan LAN dilengkapi dengan Hub atau switch. administrasi rekening. maka diperlukan sebuah proses pelayanan yang cepat dan mudah. Sebuah sistem informasi yang memadai sangat dibutuhkan. pinjaman. Diperlukan sistem informasi yang terintegrasi. pembukuan. transfer uang. mulai dari pelayanan pelanggan (customer service). SISTEM ENTRY DATA (INPUT) Dengan menggunakan sistem operasional yang dimiliki Kospin Jasa. Komputer server hanya digunakan oleh bagian IT. 1.mendukung tercapainya hal di atas. 1.

tercatat dalam jurnal listing masing-masing ID. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan saat melakukan pengecekan atau kontrol pada setiap transaksi yang dibuku. Simpanan Haji berikut jatuh tempo masing-masing. outstanding tagihan masuk. Output yang dihasilkan berupa daftar saldo termasuk mutasi tiap nasabah. 1. daftar tagihan masuk. laporan administrasi rekening. Buku Tabungan Koperasi (Takop) Setiap nasabah yang memiliki rekening Tabungan Koperasi mendapat laporan mutasi rekening tabungan yang dapat dicetak sewaktu-waktu. dapat langsung diakses oleh bagian yang lain. Laporan Tagihan Luar Kota Meliputi rincian transaksi taguhan. 1. Semua output yang diperoleh tersebut dicetak dan disimpan dalam CD. outstanding tagihan keluar. Simpanan Pundi Arta Jasa. daftar tagihan keluar.Hasil yang diperoleh dari proses pemasukan data yang dilakukan oleh masingmasing bagian. laporan tagihan luar kota. 1. Mutasi Rekening Harian/Giro Laporan rekening harian/giro seperti halnya tabungan koperasi. Simpanan Safari. 1. . Laporan Transfer/Kiriman Uang Meliputi rincian kiriman uang. 1. Jurnal Listing ID Setiap bagian/personel yang melakukan transaksi. berjangka. kemudian dilaporkan ke kantor pusat baik laporan harian maupun bulanan. laporan keuangan dan laporan pinjaman. secara otomatis tercatat dalam laporan. Daftar Saldo Deposito Meliputi daftar saldo deposito HarKop. laporan transfer uang. Setiap transaksi bagian lain yang melibatkan transaksi tabungan. 1.

pendapatan SHU). outstanding pinjaman. KUALITAS INFORMASI Dengan sistem informasi yang diterapkan di Kospin Jasa. 1. Laporan Pinjaman Di dalam laporan pinjaman meliputi laporan realisasi pinjaman. Laporan Pembukuan Laporan pembukuan meliputi neraca. HAMBATAN DAN SOLUSI PENERAPAN SISTEM INFORMASI Hambatan yang dihadapi oleh Kospin Jasa dalam penerapan sistem informasi adalah : 1. Selama 34 tahun keeksistensian Kospin Jasa di Indonesia. Komputer server mampu menyimpan data dengan baik dan kapasitas yang besar dan mengolahnya sehingga mampu diakses dan digunakan oleh komputer klien dengan sistem jaringan LAN tersebut. Sistem informasi yang diterapkan dengan menggunakan jaringan LAN dengan komputer server dan klien yang ada. proses operasional menjadi lebih cepat dan mudah. titipan disposisi. pasiva. sehingga beberapa transaksi yang melibatkan kantor lain membutuhkan waktu yang lebih banyak. biaya. Belum menggunakan fasilitas internet. 4. 1. jumlah nasabah terus mengalami peningkatan dan perkembangan usaha yang semakin maju. 2. Laporan Administrasi Rekening Meliputi rincian transaksi administrasi rekening. Proses pengiriman data ke kantor pusat membutuhkan waktu yang lebih lama. 1. 3. mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah/konsumen serta mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. outstanding. Kesiapan sumberdaya manusia untuk menggunakan sistem yang lebih baik. Sistem operasional yang diterapkan oleh Kospin Jasa masih offline. laporan tunggakan pinjaman. . 1.1. aktiva.

mudah. Yogyakarta : Andi. telah dirintis dan segera diterapkan sistem Online agar proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah baik intern kantor cabang maupun dengan kantor cabang lainnya. Hal ini didukung dengan adanya sistem operasi yang dimiliki Kospin Jasa. PENUTUP Sistem informasi memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan. data atau informasi yang diinput mangsung terproses dan langsung dapat diakses oleh komputer klien. termasuk dalam bidang bisnis.Salah satu upaya yang sekarang sedang dirintis dan dalam waktu yang tidak lama lagi. Laudon. C. Kospin Jasa akan menerapkan sistem Online sehingga proses transaksi akan menjadi lebih cepat. J. DAFTAR PUSTAKA Laudon. komputer klien. K. Dengan infrastruktur yang dimiliki. Sistem Informasi Manajemen. Dengan menggunakan komputer server. 2005. berbiaya rendah. Untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal. . Kospin Jasa sebagai koperasi terbaik se-Indonesia telah menerapkan sistem informasi dalam usaha bisnisnya. yaitu sistem transaksi Kospin Jasa. P. I. jaringan LAN. Laporan yang dihasilkan dari setiap transaksi dan bagian telah memenuhi standar yang ditetapkan dan memenuhi kepuasan pelanggan/nasabah. setiap transaksi yang dilakukan menjadi lebih cepat dan mudah.

.07 3/48 & &  . $  $. 3/48 3/48 %807.

25:.320325..:7.35.  4...8 %07/.85747./.5.280-:.3 503:3.3-08..3507.73.:/5.38..3 8:2-07 8:2-074.3./.3.9-.9.340889024507.507:8.5425:907/../.07-0793/.8..350393.39507.8-838 -...38073/03/..993 0/:.20757410843.03/07:3..3-.8../.8.8.3/.83 .:39:5./0.2./:3.. 5.3:2:2/.38:3/03.3.3.7203:-:3.8.5:89.3.70.3202:33.3..2033.3:.9:425:907807. .3-8.502747.9:3.  $  0.342:3.0947  207:5.2.2../.80-.. 503:3.5.73.3 80:0383.9 507.3203:-:3.8.3 $89024507.8./5.7..3/.5..502747.38890231402..3  $ $8902 4507. $0-.808/.9./909.3:39:20302-.5.8.34.3/4507.5..8/7.9..8 &39:.9.73..3.5.340 04254503:3.02:/.3 .9.7507.5.3 574/:9.:/05.73.99:.3-08.      /. 80.9..3-8.!  202-:9:.8...3 $07.3507.8.3 507.393..3.35747..9.3/.9:3.3.3.3.73.502747.3503:3.73.3. /..3 .2.9:3.3.3..  02.3/.38.3.3'8:.-.07203039:.3..85..7:39:-007../.2/.2507..790203/.380-.2  807./.3203/...7..07:39:802:.3 -074.9. -.8803/7/.8.8./:8 .3/.

/.73  0 10/.:.3.73.38.9.23  O O O O O 0/.880:79..3203447/3..88:2-07 8:2-07.5.9.70 .5.9/.73.32:/./.7.9/825.07 0:39:3./..8507:8....3 . O O O !079:.3573907/.3 .7484193/48 %$07..320304.2.3./.3897:9:747.7802:.73  !02.340802:..:. .9 -07/.73.9/-:.808/.0.07 803.42:3.30:.7./.039203:7:949478. 0$.8.3/03..7.310/.3/.5..9.3/.3803.8/.5.203.9/.35.7802:./.3/.807.3 4.009.907.7.5.85.7.9/.9.3/.039 !73907$..

8:/.7.2.

8.9/43974  !74808-.0807.8.  42:3.3. ./0-2:/./8.:.9  ./.203.7:8425:907203.05.3.90.40..30 2.7.9:.:5/.07/..9.5..039.7..80.3203:3.5.9/..9  #0840.8.39.3.9.3/.3/.3/03.

3.350.3$890231472.3.3 .28:2-07:39:202-..33907309.30-.7..250.:39:203:39:3 507:8.3    !#!$$% #$   #$%#&%&#$$% #$ 05:.807.9.3207:5.0..07907:-:3/03.39/.8.350.2- 05:9:8..5.3838 $0-./.9.7:5.35030/.9:.3 203447/3.7.820705708039.7-07.20.3 50325.8.507:8.3.3.7.3 1...33..7.8.404853.3203:3.8 ../.8/03.7..3..324/02 2.73.3 80.35.7:8.07 :39:203.5.73.3-08.38890231472.3 $0-.88 /.897:9:79034431472..203./.5..3 425:9075.305:9:8..05.7:8/.:7. &39: .3 /80/..3 -838...78890231472.3808:..34088902039075780/..3.3/.9..380.802:./.80.9.2-05:9:8.39:47.8202-.7/. /..0--.8080.503:3.503:25:./.3 /.0--.3. .:80-.320708543880.3317..3.. 03.3/.9 507:-.203/::3-:97./.39:5.:20372.8-.3-0714:85..807.07/.9203.8..3.3 -:97.380-:.....5.808 05.7: 889023 -8.9/9.8.3.3.507:8.9.:24/02    :-:3.9.8.5.9.3 2.

9.33.3.3:.808:.3 97./.3.80507920304. 80..8.9.05.597.8.3.9..3 .34853..:894207807.5.3.. 1:38-.3203:3.080:7:.3/24853.3202-:9:./23897.3.080:7:.8890231472.9.07 /03.8 70033 97.83 425:90703/.8 .3.:50.08.3/03.9.919. 80..3 /.3 425:907807.38.:89.7484193/48!    425:907$07.703 0807.8 2:.32:/.9 203./0-2:/.7484193/48    ./:73.750.5/03.:..38.3/. .98/825.8079.3 /.83 2.9.8 2.9.5.340-.8./.388902 425:9078.07 425:907807.203:3.3889024507.3905.3.3:39:202-..:0397/.32034./..89079039: .940503:3.88.390./.90.749.73...3  .3    425:90703 $09.32:/.843.3/03.3:3/9::.32./..7.7..5..0 9007 9.7.. /.250.07/:3.07..9 /.3 .3.203.3 $09./507:.8/.3:39::39:20325.8.83 $09.38890231472.880.33.: 20/.9    &%!&%$ .7.425:90703:39:20..320.2.3/-07.57480850.3 -./:3..42:3.9.8..07.3% 425:907807.3/-.89.32:/. 2.-8.574808 0397 502.:80-.5425:90703203:3.9:-:.:.397.5.3.9/.3/. 03/.9.80.83 2...31472.3889024507.3..39/.39073907.8./.07803..8.73.5-.. $09.8 .3.8.7.38..9/03.9/-:9:.3889024507.3 507:.38107:.2..8083.3.203/::3907.350..4942.8.3.3202.35. $0-:..3.3 502-::..3:-.31.-.05..3 53.3/57480840425:907807.380-:.05.9 9.73.20.8:.    $$%%#% !&%  03../03..73./03..5/03./.3.3..

8203/.38107:.38..98907..7 $25.547.3/.19.547. $25.09..-:3.9/.45  $09.89.3.3.30:./.83 2.78.9:902542.3  $02:.3$..9/.19.7574808502. $25.-:3.-.83 2..745 -07.9.870033 .353.8.8.397.8.3/.83-.39475:8./49072.19./23897.-:3.5.320270033%.3.9.53.9./4054894 05:9/.547.3 80.-.2 02:/. .3/.78.3 !:3/79.547.7.-:3.3/.9: $09.:.3 /.53.547.5.83    ::%..3402.7.3    :9..9.3/.30.89.3.8 -.8700339.3..3 -07:5.320-./4/054894.3:.3.3/825..5.80840-.7.3.09.4:95:9.7$.547. .3 2:9.3.3/5074090780-:9/.3 .3.597..397.8:.3.8:2:9.3    .:5:3-:.2 .3.3.547.749.34507.547.3.8.9./..3 /.2.34507.4942.3 .8#0033.8 %.38:3/.3.9-..3/.8.3  :95:9.38.3.3/50740/.547.32.-07:9.9: .39..80.1.

7.3.74 .370033.547.

3.3.5-.893 $09.34507..9.74805079.-:3.8    :73.

 05:973.8.83 2.7  4:989.:..8: /.79.2:73.3%7.38.7    ...38.83 .30:.320.597.3.397.19.3/39.397.749.3%.38.9/..:.:439745.9..30:..3/39.38.89.19.32.547.8 907.8:/.893 2.38107..3 5030.79.920.3/2.3:39:202:/..0.8: 4:989.809.9.547.:.3 /..3/-::    .5078430./.32.3:..

3 05:973.372.3  .3:..72.3&.

870033 4:989.  .353.3..2.38.3!02-::.3!3..2.3 /.34592.3 .38890231472.3/907.853.5.2.    .547..547.3/23897.3 .. 2.3/4853.547.3/3 995.370.2.547.25:202-07. 5.3502-::..3 50.397.-.8. 503/..8#0033 05:973.3205:9307.2.3.8.3205:9.3    &%$ #$ 03.8.547..353.547.5.3$& -.3/3 53.8.547.9.39:3./23897..05.. ..3/85488    .3 4:989.2.3./.9.8.8.

25:-078.3.  .5.8.9..3 .3/03./3/4308.3:8.3.3/907.30- -.31./.3/.05.. -0-07.39475:8.9..3802..7/.8.3.38890231472.843.38.:39:203:3.390780-:9 $0.0.3/907../.3.203.73.907:8203.3/03.3. 425:907807.97.2.3947.2..3.5.25033.2.841130 803.843.340 425:90703/03. 5748084507.73. :2.:300889038.320-.9:.    0:2203:3.303./.3/.8 .5.3203:3.30-.    !7480850372.808/.8.32:/.388902..3.2.9202-:9:.30--..25:/.89.5.5.3.388902.38:2-07/.07/.3/..   $89024507.3404853.3 02-.:    %$ &$!#!$$% #$ ./.9.5404853..2.438:2038079.3.5.-.8.83907309    08.3 4853.072..32034./ 0-.3/03.3.0:.2.3:8.3-.3/:3.3 50702-.3-08.9.25:20325.250307.3/.3425:907807.3202-:9:.33.8.3./03.9/.9.89.2-.9./.8.32.3 ..803. $890231472.9:.8.

3/2  809.20203:89.8.9/.703/.8.380/.8.320203:05:.38890231472.3/..38:3907574808/.3-838 4853.897:9:7./.3/35:92.05.80 3/4308.80-.280.2:8.2-/.8.3507.350..82020.3425:907807.38:3/.3/.390.597..3 /.57480897.597.9/.7809.8. .350393/.3/.3.3203:3.320307.547.9:.3/.8500/:5..  03..3.84853. -07-.8.8/..388902 330803.5. .2.05.9.07 425:90703 .7.80840425:90703  .7. 4853.8. .8.3  9072..3/. 20307...32:/..3-..38./0-.73.4507.3317.9::5. 03..3.8907-.38.380.9.3/24853.$...3.8.90.8.3./0-.39/.3/7398/..5.38.9 2:/.8.5.: 31472.3 203..3..-8383.8/.38.    !&%&! $890231472.5.:.3 /909.3 .3//::3/03..8:/.3/.9:8890297..889024507.2.3203.

/7398/.350.3947...8.:5:3/03.38007.3 ./0-.:/43   .  %#!&$% .3 .32.79.9202-07. &39:/.0203 4.:/43 !    $890231472.3947.3.5.3./907.-.30-4592.3.8 203..8.39073.5.-.9/.757480897.38.05.3.388902 330. 90.-..33.32:/..-.3/   .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->