P. 1
Kumpulan Soal Dan Jawaban Jaringan Komputer Dan Programming [www.digizoneku.com]

Kumpulan Soal Dan Jawaban Jaringan Komputer Dan Programming [www.digizoneku.com]

|Views: 2,632|Likes:
Published by Bimo Adi Pradono
www.digizoneku.com 1. Apa itu interpreter dan compiler dan apa bedanya? mereka adalah program yang mengolah source code. bedanya compiler hanya mengubah source code tersebut menjadi bahasa binary yang eksekusinya dilakukan diwaktu yang berbeda, sedangkan interpreter mengubah source code menjadi bahasa mesin untuk kemudian langsung dieksekusi. 2 Apa itu PHP? Termasuk interpreter atau compiler? PHP adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan pada aplikasi berbasis web. PHP tergolong interpreting


N.B
- Info cara mencegah dan mengobati berbagai penyakit (www.herbanesia.com)
- info cara tambah tinggi badan, max usia 35th (www.smarttaller.com)
- info cara turun berat badan (www.dietsehat911.com)
- layanan internet cepat tanpa batas, tanpa quota, full speed 24/7 (www.digizoneku.com)
- agen pulsa murah all operator (www.digizonecell.com)
www.digizoneku.com 1. Apa itu interpreter dan compiler dan apa bedanya? mereka adalah program yang mengolah source code. bedanya compiler hanya mengubah source code tersebut menjadi bahasa binary yang eksekusinya dilakukan diwaktu yang berbeda, sedangkan interpreter mengubah source code menjadi bahasa mesin untuk kemudian langsung dieksekusi. 2 Apa itu PHP? Termasuk interpreter atau compiler? PHP adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan pada aplikasi berbasis web. PHP tergolong interpreting


N.B
- Info cara mencegah dan mengobati berbagai penyakit (www.herbanesia.com)
- info cara tambah tinggi badan, max usia 35th (www.smarttaller.com)
- info cara turun berat badan (www.dietsehat911.com)
- layanan internet cepat tanpa batas, tanpa quota, full speed 24/7 (www.digizoneku.com)
- agen pulsa murah all operator (www.digizonecell.com)

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bimo Adi Pradono on Nov 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

www.digizoneku.com 1. Apa itu interpreter dan compiler dan apa bedanya?

mereka adalah program yang mengolah source code. bedanya compiler hanya mengubah source code tersebut menjadi bahasa binary yang eksekusinya dilakukan diwaktu yang berbeda, sedangkan interpreter mengubah source code menjadi bahasa mesin untuk kemudian langsung dieksekusi. 2 Apa itu PHP? Termasuk interpreter atau compiler? PHP adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan pada aplikasi berbasis web. PHP tergolong interpreting language. 3. Apa beda Apache dengan WAMP atau XAMPP? Apache adalah program yang bertindak sebagai web sever. Sedangkan WAMP atau XAMPP adalah program yang mengumpulkan aplikasi2 terkait serer menjadi satu. Beberapa diantara program tersebut adalah Apache sebagai web server, PHP sebagai web based programming, dan MySQL sebagai database server. 1. Struktur dasar pemrograman PHP adalah embedded script. bagaimana cara PHP dapat diintegrasikan kedalam HTML ? --> dengan penambahan tanda <? dan ?> 2. MUlai pada veri berapakanh PHP menggunakan OOP? versi 4 1.Jelaskan apa yang anda ketahui tentang HTML dan XML dan berikan contoh sederhana jawaban : -HTML,Hyper Text Markup Language -Bahasa markup yang didesain untuk menampilkan data yang mempunyai fokus tentang bagaimana data ditampilkan -contoh : <html> <body> <h1>My First Heading</h1> <p>My first paragraph.</p> </body> </html>

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com

-XML,eXtensible Markup Language -Bahasa markup yang didesain untuk pertukaran & penyimpanan data antar sistem -contoh : <?xml version="1.0"?> <note> <to>Pandu</to> <from>Fayruz</from> <heading>Reminder</heading> <body>Don't forget me this weekend!</body> </note> 2. Kebanyakan orang Indonesia melihat kemajuan teknologi internet sebagai sebuah peluang bisnis dibandingkan dengan potensinya sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Hal tersebut wajar-wajar saja melihat bahwa perkembangan internet tidak dapat dipisahkan dari majunya industri komputer dan telekomunikasi untuk menunjang kebutuhan bisnis. Namun kalau dicermati lebih lanjut, sebenarnya banyak sekali aspek-aspek dari internet yang dapat dimanfaatkan untuk menangani beberapa permasalahan yang ada di Indonesia. Berikan contoh penerapan teknologi internet sebagai sarana untuk menangani permasalahan sosial yang ada di Indonesia, dan apa saja manfaat yang bisa diberikan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. jawaban : semua jawaban adalah benar. ===================== 1. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 7 lapisan OSI! Model Referensi OSI (Open System Interconnection) merupakan salah satu standar protokol jaringan yang menggambarkan fungsi, tujuan, dan kerangka kerja suatu struktur model referensi logis dalam sistem komunikasi. Model referensi ini terdiri dari tujuh lapisan, yaitu:

1. Lapisan fisik (Physical Layer) Lapisan ini merupakan lapisan paling bawah (dasar) yang bertugas mengendalikan dan mengatur semua hal yang berhubungan dengan masalah transport data, seperti: a. menentukan karakteristik kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan;

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com b. mentransfer dan menentukan bagaimana bit-bit data dikodekan; c. menangani interkoneksi fisik (kabel), mekanikal, elektrikal, dan prosedural.

2. Lapisan Keterkaitan Data (Data Link Layer) Pada lapisan ini paket data yang ingin dikirim akan berbentuk frame. Fungsi lapisan ini adalah menentukan protokol untuk pertukaran frame data yang lewat melalui kabel. Dengan kata lain, lapisan ini menganani hal yang berhubungan dengan pengambilan dan pelepasan paket data dari dan ke kabel, deteksi, dan koreksi kesalahan, serta pengiriman ulang data.

3. Lapisan Jaringan (Network Layer) Lapisan ini tugasnya adalah merutekan paket data ke tujuan yang seharusnya, mengendalikan operasi subnet, mengatasi semua masalah yang terjadi pada jaringan sehingga jaringan yang berbeda dapat saling terinterkoneksi.

4. Lapisan Transport (Transport Layer) Lapisan ini akan menerima data dari lapisan sesi, memecahnya menjadi potongan data yang lebih kecil, lalu meneruskannya ke lapisan jaringan. Selain itu, lapisan ini juga berfungsi untuk menjamin agar data dapat diterima di sisi penerima dengan benar.

5. Lapisan Sesi (Session Layer) Lapisan sesi ini mengijinkan para user untuk menetapkan session dengan user yang lainnya.

6. Lapisan Presentasi (Presentation Layer) Lapisan ini akan menterjemahkan struktur data yang telah direpresentasikan. Selain itu, pada lapisan ini juga terjadi kompresi data, enkripsi, deskripsi, dan konversi data.

7. Lapisan Aplikasi (Application Layer) Lapisan ini fungsinya menyediakan akses aplikasi ke jaringan dan terdiri dari bermacam-macam protokol. 2. Apa yang dimaksud dengan HTML5? Berikan contoh website yang menggunakannya! HTML5 merupakan lompatan dunia website karena HMTL5 memiliki perubahan pada orientasi berbasis dokumen menjadi orientasi berbasis aplikasi. Pada HTML5 ini integrasi konten aplikasi dan multimedia pada web akan dilakukan dengan lebih baik. Kita tidak memerlukan plug-in aplikasi karena pembangunan proses integrasi dapat dilakukan secara langsung dengan tag-tag baru pada yang ada pada HTML5. Contohnya tag “” dan <”video”> yang memungkinkan kita secara langsung menampilkan konten audio dan video dalam website kita, tanpa plug-in. Perubahan-perubahan lain juga dapat ditemukan pada ranah elemen markup dan scritp API. Pemutar video di situs Youtube juga telah mengadopsi fitur HTML5.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com 3. Apa yang dimaksud dengan web service? Berikan contohnya! Web service adalah sebuah sofware aplikasi yang tidak terpengaruh oleh platform, yang menyediakan method-method yang dapat diakses oleh network. Dan juga akan menggunakan XML untuk pertukaran data. Contoh penggunaan web service adalah pada situs jejaring sosial, seperti facebook dan twitter. Yang mampu memberikan layanan web seperti sebuah aplikasi. 4. Jelaskan tentang TCP dan UDP! TCP (Transmission Control Protocol) adalah protocol yang connection-oriented, yang berarti komunikasi yang melewatinya membutuhkan handshaking untuk mengatur koneksi end-to-end. Koneksi dapat dibuat dari client ke server, dan kemudian banyak data dapat dikirimkan melalui koneksi itu. TCP memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut: Terpercaya: TCP mengatur pesan acknoweledegment, retransmission, dan timeout. Jika hilang ditengah jalan, server akan meminta kembali bagian yang hilang. Di TCP, tidak ada data yang hilang atau dalam beberapa kasus timeouts, koneksi didrop. Terurut: Jika dua pesan dikirimkan sepanjang koneksi, satu demi satu, pesan yang pertama akan mencapai aplikasi penerima pertama. Ketika paket data tiba di urutan yang berbeda, layer TCP menahan data selanjutnya sampai data yang baru saja datang dapat di urutkan kembali dan dikirimkan ke aplikasi. Heavyweight: TCP meminta tiga paket hanya untuk mensetup socket, sebelum beberapa data aktual dapat dikirimkan. Ini mengatur koneksi, reliability, dan congestion control. Ini adalah protocol transport yang besar yang didesain di atas IP. Streaming: Data dibaca sebagai “stream”, dengan tidak membedakan dimana satu paket berakhir dan yang lain dimulai. Paket mungkin dipisah atau digabungkan ke dalam data streams yang lebih besar atau lebih kecil secara acak. UDP (Unit Datagram Protocol) adalah protocol connectionless message-based yang lebih sederhana. Di protocol connectionless, tidak ada cara yang dibuat untuk koneksi end-toend. Komunikasi dicapai dengan mengirimkan informasi satu arah, dari source ke destination tanpa mengecek untuk melihat apakah tujuan masih ada, atau apakah koneksi disiapkan untuk menerima informasi. Paket UDP melewati jaringan dalam unit-unit yang berdiri sendiri. Ciri-ciri UDP adalah: Tidak terpercaya: Ketika pesan dikirimkan, tidak dapat diketahui apakah akan sampai tujuan. Paket dapat hilang di jalan. Tidak ada konsep acknoweledgment, retransimission, dan timeout. Tidak terurut: Jika dua pesan dikirimkan ke penerima yang sama, urutan sampainya tidak dapat diprediksi. Lightweight: Tidak ada pemesanan pesan, tidak ada pelacakan koneksi, dll. Layer transport yang kecil yang didesain di atas IP.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com Datagrams: Paket yang dikirimkan secara individu dan dijamin akan utuh jika sampai. Paket-paket memiliki batas-batas yang pasti, dan tidak dipisah dan dibagi ke dalam data stream yang ada. 5. Jelaskan tentang URI dan URL! Uniform Resource Identifier (URI) adalah sebuah string dari karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah nama atau sumber di Internet. Memungkinkan identifikasi seperti interaksi dengan representasi sumber daya melalui jaringan (biasanya di World Wide Web) spesifik menggunakan protokol. URL singkatan dari Uniform Resource Locator , adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar - di Internet. URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. ====================== Pertanyaan :
1. Bagaimana memulai dan mengakhiri sebuah script php? 2. Bagaimana menampilkan tulisan “hello world” menggunakan php? 3. Tentukan mana yang salah dari script berikut : <?php function add($x,$y) { $total=x+y; return ; } echo ‘1 + 16 = " . add(1,16); ?>

Jawab :
1. Dengan awalan dan akhiran seperti berikut : <?php ...... ?> 2. <?php Print(“hello world”); ?>

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com
3. – tidak ada variabel yang dikembalikan - Setiap penggunaan variabel pada php menggunakan tanda $. - Penampilan string bisa menggunakan ‘..’ atau “..” akan tetapi tidak bisa di gunakan bersamaan seperti ‘...”.

1. Sebutkan contoh-contoh bahasa pemrograman untuk aplikasi web yang dapat berjalan di server! Jawab : PHP, ASP, ASP.NET, dll.. (javascript server side?) 2. Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin mengatur bahwa jika dalam suatu database ada data yang ingin kita hapus, kemudian data lain yang mempunyai relasi dengan data tersebut terhapus?

Jawab : Kita menggunakan engine InnoDB. Idealnya kita menggunakan InnoDB jika tingkat kerumitan dari relasi database kita sangat kompleks. PERTANYAAN:

1. Deskripsikan apa yang terjadi pada browser dan server ketika sebuah URL halaman HTML diketikkan pada address field browser lalu tombol enter ditekan.

2. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang: a) Web Based Application b) CSS c) Server Side Programming

3. Jelaskan maksud kode PHP berikut: a) include('Connections/koneksi.php'); b) mysql_select_db($database_koneksi, $koneksi);

JAWABAN:

1. Misalkan kita ingin membuka http://www.google.co.id/intl/id/about.html.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com

-Browser akan membagi URL tersebut menjadi tiga bagian: 1) Protocol ("http") 2) Nama server (”www.google.co.id”) 3) Direktori dan file name (”/intl/id/about.html”)

-Browser akan berkomunikasi dengan Domain Name Server (DNS) untuk menerjemahkan nama server “www.google.co.id” menjadi Alamat IP yang digunakan untuk melakukan koneksi ke server komputer.

-Browser kemudian menghubungi komputer server pada alamat IP pada port 80. -Setelah protokol HTTP, browser mengirimkan permintaan (GET) ke server, meminta file “http://www.google.co.id/intl/id/about.html”.

-Kemudian server akan mengirim HTML teks ke web browser.

-Browser akan membaca tag HTML dan merendernya agar dapat dilihat pada layar monitor.

2. a) Web Based Application adalah aplikasi yang dapat diakses melalui internet atau jaringan lain. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai software yang di-host dalam lingkungan browser (seperti Java applet) atau ditulis dalam bahasa pemrograman yang didukung oleh browser (seperti JavaScript yang dipadu dengan HTML) dan memerlukan browser untuk mengeksekusinya.

b) CSS atau Cascading Style Sheet merupakan dokumen yang menyediakan aturan style dan formatting untuk mengatur tampilan halaman yang ditulis dalam HTML atau XHTML. CSS juga berguna untuk memisahkan web content dari informasi formatting dan presentasi web page. c) Server Side Programming adalah teknologi web di mana request dari user dipenuhi dengan menjalankan script pada srver untuk menghasilkan web page yang dinamik. Biasanya ini digunakan pada web site yang interaktif dan membutuhkan koneksi ke database.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com

3. a) include('Connections/koneksi.php'); Kode di atas adalah perintah untuk mengikutsertakan file koneksi.php yang berada dalam folder/direktori Connections agar dapat dijalankan dalam sebuah file. Dari nama file-nya (koneksi.php), biasanya file ini diikutsertakan apabila koneksi ke database diperlukan dalam eksekusi sebuah file.

b) mysql_select_db($database_koneksi, $koneksi); Perintah ini menyeleksi database mana yang perlu diaktifkan pada server yang diidentifikasikan oleh koneksi $koneksi. $koneksi adalah variabel yang menyatakan koneksi ke database sedangkan $database adalah nama database yang ingin diaktifkan. Soal
1. Apa itu web service dan sebutkan fungsinya ? 2. Sebutkan alasan mengapa digunakannya web service (3)! 3. Sebutkan 3 arsitektur web service dan jelaskan fungsinya!

Jawab
1. Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan Fungsi : - sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service 2. 3 alasan digunaknnya web service - Web service dapat digunakan untuk mentransformasikan satu atau beberapa bisnis logic atau class dan objek yang terpisah dalam satu ruang lingkup yang menjadi satu, sehingga tingkat keamanan dapat ditangani dengan baik. - Web service memiliki kemudahan dalam proses deployment-nya, karena tidak memerlukan registrasi khusus ke dalam suatu sistem operasi. Web service cukup diupload ke web server dan siap diakses oleh pihak-pihak yang telah diberikan otorisasi. - Web service berjalan di port 80 yang merupakan protokol standar HTTP, dengan demikian web service tidak memerlukan konfigurasi khusus di sisi firewall. 3. - Service Provider: Berfungsi untuk menyediakan layanan/service dan mengolah sebuah registry agar layanan-layanan tersebut dapat tersedia. - Service Registry: Berfungsi sebagai lokasi central yang mendeskripsikan semua layanan/service yang telah di-register

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com
- Service Requestor: Peminta layanan yang mencari dan menemukan layanan yang dibutuhkan serta menggunakan layanan tersebut. 1. Sebutkan minimal 2 kelebihan yang ditawarkan oleh HTML 5 : a. Kode yang lebih bersih dan jelas , contoh : <!doctype html> b. Syntax yang lebih semantic c. Offline storage yang memungkinkan sebuah website berjalan secara offline mode d. Dengan adanya Tag <video> dapat memainkan video dalam browser tanpa bantuan plugin . e. Tag <audio> dapat memainkan video dalam browser tanpa bantuan plugin . f. Dengan geolocation API , browser dapet mengakses lokasi pengguna . g. Bersifat backward – compatibility dengan versi sebelumnya 2. Sebutkan definisi dari framework :

framework adalah koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.
1. Ada berapa macam tipe data dalam PHP? Sebutkan Jawab : Ada 9 a. Integer b. Boolean c. Double d. String e. Object f. Array g. Nool h. Nill i. Resource 2. Apakah yang dimaksud dengan AJAX? Berikan penjelasan, cara kerja dan contoh aplikasi yang menggunakan AJAX Jawab : AJAX : Asynchronous JavaScript and XML. AJAX memperkenankan pages untuk terupdate dengan mengganti sejumlah kecil update data dengan yang ada di server, yang berarti memungkinkan untuk mengupdate bagian dari page web tanpa refresh/reloading.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com
Contoh : Gmail, Youtube, Facebook tabs (Notofication, Message, dll tanpa harus merefresh page).

Apa yang dimaksud dengan Web Server? adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Apa yang dimaksud dengan PHP? PHP / Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.[2][3] PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. Apa yang dimaksud dengan MySQL? MySQL adalah sebuah perangkat lunak database management system SQL atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. Apa yang dimaksud dengan HTML? HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Apa yang dimaksud dengan XML? XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

Bimo Adi Pradono

www.digizoneku.com
1. Apakah perbedaan antara InnoDb dan MyIsam? 2. Apa yang dimaksud dengan web service? 3. Sebutkan salah satu cara membuat form dinamis?

1. Innodb dan myisam adalah 2 storage utama mysql, ada beda yang jelas dari nama ISAM : Indexed sequencial Access Method, yaitu storage yang mengutamakan akses dan terindex, MyISAM akan sangat powerful untuk data yang besar tapi terpisahpisah, karena kurang mendukung relasional database. Sedangkan InnoDB memberikan fasilitas Relsional, sehingga memudahkan dalam pengorganisasian, pada myisam perintah query untuk data yang terelasi akan sangat panjang. 2. Web Service adalah suatu system yang dikembangkan untuk mendukung operasi antar mesin yang berbeda platform dalam jaringan. Contohnya adalh pengembangan API. 3. Salah satu caranya adalah menggunakan java script. Dengan membuat script yang menyisipkan sebuah tag form html pada dokumen Html setiap kali dipanggil.

Missal :
<script language="JavaScript" type="text/JavaScript"> counter = 0; function action() { counterNext = counter + 1; document.getElementById("input"+counter).innerHTML = "<p>Masukkan Data <input type='text' name='data[]'></p><div id=\"input"+counterNext+"\"></div>"; counter++; } </script>

Dengan demikian Tag akan bertambah setiap kali fungsi dipanggil.

Bimo Adi Pradono

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->