Hasil laporan kunjungan museum di Jakarta

Laporan
Di buat guna memenuhi tugas pelajaran sejarah Tahun pelajaran 2011-2012

Nama : Sri Purwati Kelas : XII IPA. SMA Perguruan Rakyat 1 2011-2012

untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya laporan ini.Pd selaku kepala sekolah SMA Yayasan Perguruan Rakyat yang telah memberikan ijin melaksanakan kunjungan ke museum. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.Pd selaku guru mata pelajarn dan pemimbing. Ibu Hj. S.laporan ini di susun dalam rangka memenuhi tugas sejarah. Yusmita Yusuf. Walaupun Laporan ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca. 2. . Bapak-bapak pemandu museum yang telah memberikan banyak informasi 5. Dalam menyusun hasil laporan ini. Oleh karena itu. penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada : 1.Kata pengantar Puji dan syukur kita panjatkan kepada kehadirat tuhan yang maha esa yang memberikan rahmat sehingga saya dapat menyelesaikan hasil laporan mengenai kunjungan ke museum di jakarta. Laporan ini memuat tentang hasil pengamatan langsung ke berbagai museum di Jakarta. Ibu Rasmiwati S. Orang tua tercinta yang selalu mendukung. Hasil laporan ini berjudul kunjungan ke museum di jakrta yang semua data-datanya adalah kami kumpulkan dari obyek tersebut. 3. mendoakan dan memberikan bantuan baik moril maupun materil 4. penulis banyak memperoleh bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Orang tua yang telah membantu Penulis menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini jauh dari sempurna.

Pd Rasmiwati S.Pd Wali Kelas Dra. Yusmita yusuf.Ratmawita . S.Lembar pengesahan Kunjungan ke museum di Tahun ajaran 2011-2012 jakarta Oleh: Ikrar Ramiadji Afrianto Di sahkan oleh : Kepala Sekolah Sma Perguruan Rakyat 1 Guru mata pelajaran Hj.

serta mengetahui perbendaharaan bendabenda sejarah Indonesia jaman dahulu. Sejarah Singkat Monumen Pancasila Sakti Monumen Pancasila Sakti dibangun di atas areal tanah seluas 9hektar di Jakarta Timur.Bab 1 Pendahuluan Latar Belakang Sebenarnya latar belakang dibuatnya buku ini adalah sebagai laporan dari hasil kunjungan study saya ke berbagai museum di jakarta. Pasukantersebut berjumlah 3.momen tersebut sebagai bekal pengetahuan bagi generasi penerus kelak. Indonesia memiliki banayak museum bersejarah yang mengabadikan momen. Ada beberapa museum bersejarah di Jakarat antara lain: 1. terletak di Kelurahan Lubang Buaya. Selain itu laporan ini saya buat untuk menunjukkan keseriusan saya terhadap Perkembangan sejarah kota Jakarta. Museum Fatahillah atau museum Sejarah Jakarta A. Jakarta sebagai ibukota Indonesia tentunya memiliki tempat-tempat bersejarah salah satunya adalah museum.Kecamatan Cipayung. daerah ini merupakan bekas kebun karet di pinggir kompleks Lanud Halim Perdana Kusuma. Lubang Buaya adalah empatyang di kuasai oleh PKI untuk tempat member latihan kemiliteran kepadapara anggota pasukan untuk mempersiapkan penberontakan. Selain itu pula latar belakang saya mengunjungi museum di jakarta untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan saya mengenai detil perkembangan kota Jakarta mulai dari jaman penjajahan sampai dengan sekarang. Monumen Pancasila sakti 2. saya berharap semoga buku ini dapat membantu anda para pembaca untuk mengenal Jakarta lebih dalam kembali. Saya melakukan kunjungan ke museum tersebut untuk memenuhi tugas sejarah saya. Museum Bersejarah di Jakarta Dengan latar belakang dari berbagai adat istiadat serta kisah sejarah yang panjang. Museum Plokamator 3.700 orang yang terdiri dari Pemuda .

Menentukan para Perwira TNI yang akan menjadi sasaran. 3.Gerwani.000 orangyang terdiri dari Gerwani. B. Unuk memperingati kembalinya Pancasila sebagai Dasar Negara danberakhirnya masa pemerintahan Komunis. BTI. PKI mengadakan rapat rahasia aau rapat tertutup sampai 16kali yaitu 10 kali di hadiri oleh oknum ABRI. Untuk menghargai jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila. BTI. maka rakyat dan TNI dengan semangat yang berjuangdemi kembalinya Pancasila sebagai dasr Negara kita. 6. dan Lekra. 1. Berkat perjuangan -perjuangan rakyat Indonesia yang gigih dan berkat Tuhan Yang MahaEsa. . yaitut .1. Pelaksanaan Pembangunan Monumen Pancasila Sakti Ada beberapa hal yang perlu diketahui oeh para pembaca.Sobi.3. PKI dalam mendirikan Negara Komunis tidak berhasil. D. C. Untuk memperkenalkan Monumen Pancasila Sakti ini kepada duniainternasional secara keseluruhan sebagai salah satu obyek pendidikan. keputusan yang diambil yaitu . Untuk memberonak. Memilih Letkol Untung sebagai Komando Gerakan. Untuk mengabadikan peristiwa sejarah Lubang Buaya´.4. Tujuan Pembangunan Monumen Pancasila Sakti Pemerintah RI dalam rangka memperingati jasa para pahlawanrevolusi.3 Menurut para pemuka dan petinggi Negara Monumen PancasilaSakti diharapkan mampu sebagai alat untuk mewariskan nilai -nilai yangluhur atas perjuangan bangsa Indonesia terhadap generasi penerus. Pemuda Rakyat. Mngingatkan kepada kita agar teap waspada terhadap bahayaKomunis. dan Lekra yang di Pimpin oleh Gatot Sutrisno di bawahnaungan PKI. 4. Sebagai tempat educatif. D. 5. Pandangan Umum Menurut Pembesar-pembesar Pemerintah RI Serangkaian peristiwa pemberontakan G30S/PKI adalahmerupakan peristiwa yang sangat berat dan banyak memakan korbanpada waktu mempertahankan Pancasila supaya tidak di ubahkedudukannya. inspiratif.2. dan rekreatif. 2. Pada tahap berikutnya PKI melakukan usaha -usahamembentuk angkatan V yaitu kesatuan bersenjata yang terdiri atas buruhdan tani. Mengadakan Gerakan sukarela PKI yang diikuti oleh 37.Aidit Ketua PKI memerintahkan kepada Biro khusus PKIagar melakukan rencana gerakan untuk memukul Angkatan Darat.rapat terakhir diadakan padatanggal 9 Okober 1965 di Jalan Pramuka No. antara lain . Dari sikap yangdiambil pemerintah Indonesia juga mempunyai tujuan khusus.Rakyat. maka di bangun Monumen Pancasila Sakti. Dalamrangk pembangunan Monumen Pancasiala Sakti ada beberapa tingkatanyang harus di prhatikan.N. 317 Jakarta. Menamakan gerakan dengan nama 30 September.

Pembangunan Monumen Pancasila Sakti tersebut diresmikan padatanggal 1 Oktober 1981 oleh Presiden Suharto. missal keadaanlingkungan yang kotor bias dibersihkan.PerencanaanPerencanaan pembangunan Monumen Pancasila Sakti tidak semata-mata karena keinginan membangun saja.penghargaan. F. Dengansegera embangunan Monumen Pancasila Sakti segera dilaksanakandengan dibangunnya monument tersebut. Seelah keluar dari areasumur terdapat pelataran yang luas yaitu elataran Monumen PancasilaSakti. maka segala yang dilaksanakan embangunan tidak akan sia -sia. Pelaksanaan PembangunanKeadaan sudah berubah. Pelaksanaan pembangunan dilaksanakan secara gotongroyong. E. lingkungan juga sudah bersih.tongkat komando. Di sebelah kanan monument di gunakan sebagai pembawa jenasahpahlawan revolusi dengan menggunakan kendaraan yang ada di pelataran itu. teapi harus memilikiperencanaan sehat. Pembangunan atasprakarsa Bapak Nugroho Susanto. D.a. Di sebelah kiri lapangan upacara terdapat pintu gerbang untuk masuk ke sumur tua dan rumah-rumah yang di gunakan PKI untuk menyiksa dan membunuh pahlawan revolusi.Perencanaan ini dilakukan oleh pembesar Indonesia. embangunan tersebut menyajikanantara lain . 3. Diaroma yang dapat dilihat dari segala arah. Keadaan Lingkungan atau Pelataran Keadaan pelataran Monumen Pancasila Sakti ini luas. Peninggalan Perumahan Pemberontakan PKI . akan mengugah hati nuranirakyat yang polos.b. sehngga keadaan lingkungantidak terjadi menyeramkan. Ahmad Yani menuding kea rah Sumur tua yang mempunyailambag atau arti bahwa agar sumur tua itu jangan sampai terulangkembali atau juga dapat di artikan seandainya para pahlawan itu masihhidup maka mereka akan menuntut kejadian tersebut. Dalam pembangunan Monumen Pancasila Sakti digambarkanLetjen. matang dan penuh tanggung jawab dengan segaladaya piker. Di sebelahterdapat pelataran sebagai tempat upacara pada hari peringatan KesaktianPancasila. Relief atau benda bersejarah pahlawan revolusi yang berupa baju. Keguaan Monumen Pancasila Sakti Bagi Bangsa Indonesia dan BagiBangsa Lain di Dunia Pembangunan Monumen mempunyai du kegunaan yaitu kegunaankhsus ang mempunyai arti manfaat bagi bangsa Indonesia dan kegunaanumum yang berarti manfaat untuk bangsa-bangsa lain di dunia. dan bukti kekejaman PKI. PendanaanSetelsh perencanaan itu di musyawarahkan dan mencapai mufakatmaka segala yang dilaksanakan perlu pendanaan.

H. adapun tempat yang digunakan untuk menyiksa dan membunuh. Tanggal 1Oktober 1965 PKI melakukan emberontakan ke 2 yang di pimpin Letkol. yaitu sebagai tempat pembagi tugas atausebagai tempat pos komando oleh PKI. Disebelah kanan terdapat 3 buah rumah yangdigunakan PKI untuk menyiksa dan membunuh para perwira AD. yang digunakan untuk menyiksa danmembunuh para perwira tinggi AD. Bagian Sumur Setelah para Perwira tinggi AD dijemput secara paksa maka PKImembawa ke suatu tempat untuk disiksa. Kita dapatmelihatnya sekarang dengan jelas karena sumur tua itu sudah dibangununtuk mengngat kekejaman dan keganasan PKI. Mereka berdiri sangat gagah dan menggambarkan siapberkorban demi tegaknya keadilan. Di atas patung para pahlawan revolusiterdapat Burung Garuda. Para perwira inggi AD yangdibunuh PKI lalu disembunyikan di dalam sumur tua.2. Rumah I milik Bapak Harjono. . Rmah III milik Ibu Amroh.Di Desa ³Lubang Buaya´ ada iga buah rumah dan sebuah sumur tua yang di pergunakan PKI sebagai basis pembantaian. G.H. Monument inidibuat besar sehingga pengunjung dapa melihat dari jauh tujuh pahlawanrevolusi tersebut.anggal 37 Oktober 1965 Lubang Buaya digunakan PKI menembunyikan ke 7 mayatJendral AD yang diculik sampai sekarang sumur itu sudah dibangundengan bagus. adalah :1. Betapa kejamnya PKI karenaperwira itu dimasukan ke sumur ang sangat sempit dan dalam.3. Rumah II milik Baak Sueb. Disebelah kana terdapat pohon magga. di bawah monument terdapat relief yang menggambarkan tenteng zaman pemberontakan PKI. Monumen Para Jenderal Yang Dibunuh PKI Monumen para Jenderal yang dibunuh PKI erdapat di sebelahkanan sumur Lubang Buaya. Di sebelah kiri terdaat pohon mangga dan sebelah depanterdapat rumah milik Bapak Harjono yang di gunakan PKI untuk menyiksa dan membunuh perwira AD. Waktu itu Sumur di timbun dengan tanah dan sampah serta di timbuni pohon pisang.Untung serta di tandai gugurnya ara Perwira AD yang di anggap sebagaipenghalang untuk mencapai tujuan. yang digunakan para pemberontak untuk daur umum memenuhi segala kebutuhan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful