P. 1
Budi Utomo

Budi Utomo

|Views: 371|Likes:
Published by Wielda Auliea

More info:

Published by: Wielda Auliea on Nov 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Budi Utomo (ejaan Soewandi: Boedi Oetomo) adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr.

Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Digagaskan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

[sunting] Budi Utomo
Pada hari Minggu, 20 Mei 1908, pada pukul sembilan pagi, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA, Soetomo menjelaskan gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah Air ada di tangan mereka. Maka lahirlah Boedi Oetomo. Namun, para pemuda juga menyadari bahwa tugas mereka sebagai mahasiswa kedokteran masih banyak, di samping harus berorganisasi. Oleh karena itu, mereka berpendapat bahwa "kaum tua"-lah yang harus memimpin Budi Utomo, sedangkan para pemuda sendiri akan menjadi motor yang akan menggerakkan organisasi itu. Sepuluh tahun pertama Budi Utomo mengalami beberapa kali pergantian pemimpin organisasi. Kebanyakan memang para pemimpin berasal kalangan "priayi" atau para bangsawan dari kalangan keraton, seperti Raden Adipati Tirtokoesoemo, bekas Bupati Karanganyar (presiden pertama Budi Utomo), dan Pangeran Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman.

[sunting] Perkembangan
Budi Utomo mengalami fase perkembangan penting saat kepemimpinan Pangeran Noto Dirodjo. Saat itu, Douwes Dekker, seorang Indo-Belanda yang sangat properjuangan bangsa Indonesia, dengan terus terang mewujudkan kata "politik" ke dalam tindakan yang nyata. Berkat pengaruhnyalah pengertian mengenai "tanah air Indonesia" makin lama makin bisa diterima dan masuk ke dalam pemahaman orang Jawa. Maka muncullah Indische Partij yang sudah lama dipersiapkan oleh Douwes Dekker melalui aksi persnya. Perkumpulan ini bersifat politik dan terbuka bagi semua orang Indonesia tanpa terkecuali. Baginya "tanah air" (Indonesia) adalah di atas segala-galanya. Pada masa itu pula muncul Sarekat Islam, yang pada awalnya dimaksudkan sebagai suatu perhimpunan bagi para pedagang besar maupun kecil di Solo dengan nama Sarekat Dagang Islam, untuk saling memberi bantuan dan dukungan. Tidak berapa lama, nama itu diubah oleh, antara lain, Tjokroaminoto, menjadi Sarekat Islam, yang bertujuan untuk mempersatukan semua orang Indonesia yang hidupnya tertindas oleh penjajahan. Sudah pasti keberadaan perkumpulan ini ditakuti orang Belanda. Munculnya gerakan yang bersifat politik semacam itu rupanya yang menyebabkan Budi Utomo agak terdesak ke

belakang. Kepemimpinan perjuangan orang Indonesia diambil alih oleh Sarekat Islam dan Indische Partij karena dalam arena politik Budi Utomo memang belum berpengalaman. Karena gerakan politik perkumpulan-perkumpulan tersebut, makna nasionalisme makin dimengerti oleh kalangan luas. Ada beberapa kasus yang memperkuat makna tersebut. Ketika Pemerintah Hindia Belanda hendak merayakan ulang tahun kemerdekaan negerinya, dengan menggunakan uang orang Indonesia sebagai bantuan kepada pemerintah yang dipungut melalui penjabat pangreh praja pribumi, misalnya, rakyat menjadi sangat marah. Kemarahan itu mendorong Soewardi Suryaningrat (yang kemudian bernama Ki Hadjar Dewantara) untuk menulis sebuah artikel "Als ik Nederlander was" (Seandainya Saya Seorang Belanda), yang dimaksudkan sebagai suatu sindiran yang sangat pedas terhadap pihak Belanda. Tulisan itu pula yang menjebloskan dirinya bersama dua teman dan pembelanya, yaitu Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo ke penjara oleh Pemerintah Hindia Belanda (lihat: Boemi Poetera). Namun, sejak itu Budi Utomo tampil sebagai motor politik di dalam pergerakan orang-orang pribumi. Agak berbeda dengan Goenawan Mangoenkoesoemo yang lebih mengutamakan kebudayaan dari pendidikan, Soewardi menyatakan bahwa Budi Utomo adalah manifestasi dari perjuangan nasionalisme. Menurut Soewardi, orang-orang Indonesia mengajarkan kepada bangsanya bahwa "nasionalisme Indonesia" tidaklah bersifat kultural, tetapi murni bersifat politik. Dengan demikian, nasionalisme terdapat pada orang Sumatera maupun Jawa, Sulawesi maupun Maluku. Pendapat tersebut bertentangan dengan beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Budi Utomo hanya mengenal nasionalisme Jawa sebagai alat untuk mempersatukan orang Jawa dengan menolak suku bangsa lain. Demikian pula Sarekat Islam juga tidak mengenal pengertian nasionalisme, tetapi hanya mempersyaratkan agama Islam agar seseorang bisa menjadi anggota. Namun, Soewardi tetap mengatakan bahwa pada hakikatnya akan segera tampak bahwa dalam perhimpunan Budi Utomo maupun Sarekat Islam, nasionalisme "Indonesia" ada dan merupakan unsur yang paling penting.

Budi Utomo adalah organisasi pergerakan modern yang pertama di Indonesia dengan
memiliki struktur organisasi pengurus tetap, anggota, tujuan dan juga rencana kerja dengan aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. Budi utomo pada saat ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu STM yang memiliki siswa yang suka tawuran, bikin rusuh, bandel, dan sebagainya. Biasanya anak sekolah tersebut menyebut dengan singkatan Budut / Boedoet (Boedi Oetomo). Pada artikel kali ini yang kita sorot adalah Budi Utomo yang organisasi jaman dulu, bukan yang STM.

Budi Utomo didirikan oleh mahasiswa STOVIA dengan pelopor pendiri Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memajukan Bangsa Indonesia, meningkatkan martabat bangsa dan membangkitkan Kesadaran Nasional. Tanggal 20 Mei 1908 biasa diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Sebagai suatu organisasi yang baik, Budi Utomo memberikan usulan kepada pemerintah Hidia Belanda sebagai mana berikut ini : 1. Meninggikan tingkat pengajaran di sekolah guru baik guru bumi putera maupun sekolah priyayi. 2. Memberi beasiswa bagi orang-orang bumi putera. 3. Menyediakan lebih banyak tempat pada sekolah pertanian. 4. Izin pendirian sekolah desa untuk Budi Utomo. 5. Mengadakan sekolah VAK / kejuruan untuk para bumi putera dan para perempuan. 6. Memelihara tingkat pelajaran di sekolah-sekolah dokter jawa. 7. Mendirikan TK / Taman kanak-kanak untuk bumi putera. 8. Memberikan kesempatan bumi putra untuk mengenyam bangku

Lebih memajukan pendidikan kaum priyayi dibanding rakyat jelata. namun tujuan organisasi Budi Utomo tidak maksimal karena banyak hal. Tidak mengadakan kegiatan politik. Bahasa belanda lebih menjadi prioritas dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Kelurga R. 5. 7.T. Terbatas wilayah jawa dan madura. Tirtokusumo yang menjabat sebagai Bupati Karanganyar sebagai ketua. 4. . 2. yakni : 1. Keluarga anggota-anggota dari golongan mahasiswa dan pelajar. 3.T. Bidang utama adalah pendidikan dan kebudayaan. 4. pengaruh golongan priyayi yang mementingkan jabatan lebih kuat dibandingkan yang nasionalis.pendidikan di sekolah rendah eropa atau sekolah Tionghoa . Pemerintah Hindia-Belanda mengesahkan Budi Utomo sebaga badan hukum yang sah karena dinilai tidak membahayakan. Bupati-bupati lebih suka mendirikan organisasi masing-masing. 3.Belanda. Kongres pertama budi utomo diadakan di Yogyakarta pada oktober 1908 untuk mengkonsolidasikan diri dengan membuat keputusan sebagai berikut : 1. Mengalami kesulitan dinansial 2. 6. Tirtokusumo lebih memperhatikan kepentingan pemerintah kolonial daripada rakyat. Mengangkat R.

M. tetapi yang dimaksud dengan bumi putera adalah warga pribumi yang pada zaman dahulu dianggap sebagai warga tingkat rendah dibanding warga ras eropa. perlu ada ideologi gerakan. Tirtoadisuryo pada tahun 1909 dengan tujuan untuk melindungi hak-hak pedagang pribumi Muslim dari monopoli dagang yang dilakukan untuk pedagang-pedagang besar Tionghoa. dan lain-lainnya. India dan Arab. Mengapa demikian? Karena pada saat itu pedagang-pedagang tersebut lebih maju usahanya daripada pedagang Indonesia dan keadaan itu sengaja diciptakan oleh Belanda.Keterangan : Bumi Putera adalah bukan bank atau lembaga keuangan bisnis lainnya. arab. Organisasi Serikat Islam pada awalnya merupakan perkumpulan pedagang-pedagang Islam. Tentu Anda ingin tau kira-kira apa corak organisasi SDI ini? SDI merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian rakyat sebagai dasar penggeraknya. Di bawah pimpinan H. Tujuan perkumpulan ini adalah untuk menghimpun para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan para pedagang asing seperti pedagang Tionghoa. cina. Sebagai ikatan solidaritas dan lambang kelompok. Adanya perubahan sosial menimbulkan kesadaran kaum pribumi. Kemudian tahun 1911 di kota Solo oleh Haji Samanhudi didirikan organisasi dengan nama Sarekat Dagang Islam (SDI). Organisasi ini dirintis oleh R. Samanhudi perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh dan akhirnya pada tahun 1912 oleh pimpinannya yang baru yaitu Haji Omar Said Cokroaminoto namanya diubah .

Hal ini ada kaitannya dengan kongres SI ke-6 tahun 1921 tentang perlunya disiplin partai.menjadi Sarekat Islam. Apa alasan pengubahan nama tersebut? Hal ini dilakukan agar organisasi ini tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi. Akibat keragaman cara pandang diantara anggota partai.terangan menentang kebijakan-kebijakan pimpinan Sarekat Islam. Si merah berlandaskan Sosialisme Komunisme. Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan. Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik. Setelah pemerintah memperbolehkan berdirinya partai politik. Paham sosialis ini disebarkan oleh Sneevlet yang mendirikan organisasi ISDV (Indische Sosialistische Democratische Vereeniging). Gubernur Jendral Idenburg menolak. persahabatan dan tolong. Pecahnya SI terjadi setelah Semaun dan Darsono dikeluarkan dari organisasi. diantaranya Partai Islam Indonesia dipimpin Sukiman. SI berubah nama menjadi Partai Sarekat Islam (PSI). Pada tahun itu juga PSII menggabungkan diri dengan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI).menolong diantara muslim. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Tujuan utama SI 1913 adalah engembangkan perekonomian. Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. mengapa begitu? Karena SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Karena tujuannya yang jelas itulah PSI ditambah namanya dengan Indonesia sehingga menjadi Partai Serikat Islam Indonesia (PSII). PSII pecah menjadi beberapa partai politik. Dengan perubahan waktu akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916. pada waktu diajukan sebagai Badan Hukum. seorang harus memilih antara SI atau organisasi lain tujuannya agar Si bersih dari unsur-unsur komunis. PSSI Kartosuwiryo. . SI berubah menjadi partai politik dan mengirimkan wakilnya ke Volksraad tahun 1917. tapi juga dalam bidang lain seperti politik. Tujuan SI mencapai kemajuan rakyat yang nyata dengan jalan persaudaraan. SI sebagai organisasi besar akhirnya terpecah setelah disusupi oleh orang-orang yang telah dipengaruhi oleh paham sosialis. SI akhirnya mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan Budi Utomo dan mulai disusupi aliran Revolusioner Sosialis. Pada kongres PSI tahun 1927 menyatakan bahwa tujuan perjuangan adalah mencapai kemedekaan nasional. PSSI Abikusno dan PSI sendiri. tapi dalam kegiatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Hal ini menyebabkan SI pecah menjadi SI putih yang dipimpin oleh HOS Cokroaminoto dan SI merah yang dipimpin Semaun. Mereka menyebar luaskan ajaran sosialis dan terang. Perpecahan itu melemahkan PSII dalam perjuangannya. SI berkembang pesat.

Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam. awalnya Gubernur Jendral Idenburg menolak. nama SDI diubah menjadi Sarekat Islam (SI). tapi dalam kegiatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Demikian pula.S. 4. di Surabaya H. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat. Mengembangkan jiwa dagang. Jika ditinjau dari anggaran dasarnya. Tjokroaminoto kemudian dipilih menjadi pemimpin. dengan tujuan awal untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim (khususnya pedagang batik) agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa. Tjokroaminoto mendirikan organisasi serupa tahun 1912.M. Pada tahun 1912. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi. persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. pedagang-pedagang tersebut telah lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Indonesia lainnya. Organisasi ini dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada tahun 1905. SDI merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian rakyat sebagai dasar penggeraknya. perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh. Pada saat itu. Tirtoadisuryo mendirikan lagi organisasi semacam itu di Buitenzorg. Pada waktu SI mengajukan diri sebagai Badan Hukum. 3. Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik. Tjokroaminoto masuk SI bersama Hasan Ali Surati. R. oleh pimpinannya yang baru Haji Oemar Said Tjokroaminoto. tapi juga dalam bidang lain seperti politik. Pada tahun 1910. 2. Seiring dengan perubahan waktu. Tirtoadisuryo pada tahun 1909 mendirikan Sarekat Dagang Islamiah di Batavia.O. Setelah pemerintah memperbolehkan berdirinya .Sarekat Dagang Islam Organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) pada awalnya merupakan perkumpulan pedagang-pedagang Islam. Samanhudi. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan. yang kelak kemudian memegang keuangan surat kabar SI. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha. akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916. dan mengubah nama SDI menjadi Sarekat Islam (SI). Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. Kebijakan yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Hindia-Belanda tersebut kemudian menimbulkan perubahan sosial karena timbulnya kesadaran di antara kaum pribumi. Hidup menurut perintah agama. seorang keturunan India. Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim. SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Di bawah pimpinan H. Utusan Hindia. dapat disimpulkan tujuan SI adalah sebagai berikut: 1. 5.

membantu anggotanya yang mengalami kesulitan ekonomi serta mengembangkan kehidupan relijius dalam masyarakat Indonesia. 5. Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam. Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik. nama SDI diubah menjadi Sarekat Islam (SI). Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim. [sunting] Kongres-kongres awal Kongres pertama diadakan pada bulan Januari 1913. oleh pimpinannya yang baru Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan.partai politik. . Hadir para anggota dari Kaliwungu. tapi juga dalam bidang lain seperti politik. Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi. awalnya Gubernur Jendral Idenburg menolak. dan Mlaten. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha. Peterongan. Pada waktu SI mengajukan diri sebagai Badan Hukum. akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916. Jika ditinjau dari anggaran dasarnya. Pada tahun 1912. Dalam kongres ini Tjokroaminoto menyatakan bahwa SI bukan merupakan organisasi politik. persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. Mengembangkan jiwa dagang. 4. Seiring dengan perubahan waktu. tapi dalam kegiatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. 2. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat. dapat disimpulkan tujuan SI adalah sebagai berikut: 1. Hidup menurut perintah agama. Setelah pemerintah memperbolehkan berdirinya partai politik. SI berubah menjadi partai politik dan mengirimkan wakilnya ke Volksraad tahun 1917. serta anggota Asosiasi Staf Kereta Api dan Trem (VSTP)[1] Semarang. SI berubah menjadi partai politik dan mengirimkan wakilnya ke Volksraad tahun 1917. SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. [sunting] Sarekat Islam Potret bersama rapat Sarekat Islam di Kaliwungu. dan bertujuan untuk meningkatkan perdagangan antarbangsa Indonesia. 3.

2. Kongres ketiga diadakan pada tanggal 29 September hingga 6 Oktober 1918 di Surabaya. 3. Pemimpin cabang memiliki pengaruh yang kuat untuk menentukan nasib cabangnya.J. Sedangkan HOS Tjokroaminoto pada mulanya adalah penengah di antara kedua kubu tersebut. kemudian mulai disusupi oleh paham sosialisme revolusioner. SI akan melakukannya sendiri di luar parlemen. . Centraal Sarekat Islam (CSI) sebagai badan koordinasi pusat memiliki kekuasaan yang lemah. Sedangkan SI Merah (Semaoen. tetapi karena paham yang mereka anut tidak berakar di dalam masyarakat Indonesia melainkan diimpor dari Eropa oleh orang Belanda. [sunting] Masuknya pengaruh komunisme SI yang mengalami perkembangan pesat. SI merah berlandaskan asas sosialisme-komunisme. SI Putih (H. Suryopranoto. Sehingga mereka menggunakan taktik infiltrasi yang dikenal sebagai "Blok di dalam". Dalam kongres ini Tjokroaminoto menyatakan jika Belanda tidak melakukan reformasi sosial berskala besar. dalam hal ini Semaoen adalah ketua SI Semarang. Paham ini disebarkan oleh H. sehingga usahanya kurang berhasil. Dengan usaha yang baik. Akibat kemiskinan yang semakin diderita rakyat semenjak Politik Pintu Terbuka (sistem liberal) dilaksanakan pemerintah kolonialis sejak tahun 1870 dan wabah pes yang melanda pada tahun 1917 di Semarang. Hal ini menyebabkan SI pecah menjadi "SI Putih" yang dipimpin oleh HOS Tjokroaminoto dan "SI Merah" yang dipimpin Semaoen. Adapun faktor-faktor yang mempermudah infiltrasi ISDV ke dalam tubuh SI antar lain: 1. Darsono) berhaluan kiri berpusat di kota Semarang. Tan Malaka.M Sneevliet yang mendirikan organisasi ISDV (Indische Sociaal-Democratische Vereeniging) pada tahun 1914. hasil panen padi yang jelek mengakibatkan membumbungnya harga-harga dan menurunnya upah karyawan perkebunan untuk mengimbangi kas pemerintah kolonial mengakibatkan dengan mudahnya rakyat memihak pada ISDV. Pada mulanya ISDV sudah mencoba menyebarkan pengaruhnya. Peraturan partai pada waktu itu memperbolehkan keanggotaan multipartai. dan Alimin Prawirodirdjo. mereka berhasil menyusup ke dalam tubuh SI oleh karena dengan tujuan yang sama yaitu membela rakyat kecil dan menentang kapitalisme namun dengan cara yang berbeda. Hal ini dikarenakan tiap cabang SI bertindak sendiri-sendiri. Abdul Muis. Semaoen juga memimpin ISDV (PKI) dan berhasil meningkatkan anggotanya dari 1700 orang pada tahun 1916 menjadi 20. mereka berhasil memengaruhi tokoh-tokoh muda SI seperti Semaoen. mengingat pada mulanya organisasi seperti Boedi Oetomo dan SI merupakan organisasi non-politik. Akibat dari Perang Dunia I. Darsono. Alimin. Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo) berhaluan kanan berpusat di kota Yogyakarta. Agus Salim.Kongres kedua diadakan pada bulan Oktober 1917.000 orang pada tahun 1917 di sela-sela kesibukannya sebagai Ketua SI Semarang.F. 4.

Anggota SI harus memilih antara SI atau organisasi lain. Perpecahan itu melemahkan PSII dalam perjuangannya. PSII Abikusno. SI Merah berganti nama menjadi "Sarekat Rakyat". Hal ini dikhawatirkan oleh PKI sehingga Tan Malaka meminta pengecualian bagi PKI. Pada kongres PKI bulan Maret 1923. Darsono membalas kecaman tersebut dengan mengecam beleid (Belanda: kebijaksanaan) keuangan Tjokroaminoto. Saat itu anggota-anggota PSI dari Muhammadiyah dan Persis pun turut pula dikeluarkan. Fachruddin. PKI memutuskan untuk menggerakkan SI Merah untuk menandingi SI Putih. Tjokroaminoto lebih condong ke SI haluan kanan (SI Putih). Dalam kongres Tjokroaminoto memusatkan tentang peningkatan pendidikan kader SI dalam memperkuat organisasi dan pengubahan nama CSI menjadi Partai Sarekat Islam (PSI). Keputusan mengenai disiplin partai diperkuat lagi dalam kongres SI pada bulan Februari 1923 di Madiun. Di samping itu Agus Salim mengecam SI Semarang yang mendukung PKI. dengan tujuan agar SI bersih dari unsur-unsur komunis. Namun usaha ini tidak berhasil karena disiplin partai diterima dengan mayoritas suara. Karena tujuannya yang jelas itulah PSI ditambah namanya dengan Indonesia sehingga menjadi Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII). Oleh karena itu. Pada saat kongres SI Maret 1921 di Yogyakarta.Jurang antara SI Merah dan SI Putih semakin melebar saat keluarnya pernyataan Komintern (Partai Komunis Internasional) yang menentang cita-cita Pan-Islamisme. di antaranya Partai Islam Indonesia dipimpin Sukiman. H. [sunting] Partai Sarekat Islam Indonesia Pada kongres PSI tahun 1929 menyatakan bahwa tujuan perjuangan adalah mencapai kemedekaan nasional. [sunting] . SI Semarang juga menentang pencampuran agama dan politik dalam SI. Pada tahun itu juga PSII menggabungkan diri dengan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI). dan PSII sendiri. PSII pecah menjadi beberapa partai politik. Akibat keragaman cara pandang di antara anggota partai. Hal ini ada kaitannya dengan desakan Abdul Muis dan Agus Salim pada kongres SI yang keenam 6-10 Oktober 1921 tentang perlunya disiplin partai yang melarang keanggotaan rangkap. PSII Kartosuwiryo. [sunting] Penegakan disiplin partai Pecahnya SI terjadi setelah Semaoen dan Darsono dikeluarkan dari organisasi. Wakil Ketua Muhammadiyah mengedarkan brosur yang menyatakan bahwa Pan-Islamisme tidak akan tercapai bila tetap bekerja sama dengan komunis karena keduanya memang bertentangan. Pada tahun 1924. karena disiplin partai tidak memperbolehkannya.

Tjipto pun ditangkap. yaitu E.F. Hal ini disebabkan adanya keganjilan-keganjilan yang terjadi (diskriminasi) khususnya antara keturunan Belanda totok dengan orang Belanda campuran (Indo). Perlu diketahui bahwa E.E Douwes Dekker dilahirkan dari keturunan campuran. IP menggunakan media majalah Het Tijdschrifc dan surat kabar De Expres pimpinan E. penolakan dikeluarkan oleh Gubernur Jendral Idenburg sebagai wakil pemerintah Belanda di negara jajahan. kekuatan.Indische Partij adalah partai politik pertama di Hindia Belanda.M. ayah Belanda. Indische Partij merupakan satu-satunya organisasi pergerakan yang secara terang-terangan bergerak di bidang politik dan ingin mencapai Indonesia merdeka. Hal ini disadari benar karena jumlah orang Indo sangat sedikit. Tjipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara. yang membuat rekan dalam Tiga Serangkai. Didirikan oleh tiga serangkai. R. yang berdasarkan golongan indo yang makmur. berdiri tanggal 25 Desember 1912. Tujuan dari partai ini benar-benar revolusioner karena mau mendobrak kenyataan politik rasial yang dilakukan pemerintah kolonial. berisi tentang kekhawatiran.E Douwes Dekker sebagai sarana untuk membangkitkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Cipto Mangunkusumo yang dimuat dalam De Expres tanggal 26 Juli 1913 yang diberi judul Kracht of Vrees?. Indische Partij. Saat itu pemerintah Belanda akan mengadakan peringatan 100 tahun bebasnya Belanda dari tangan Napoleon Bonaparte (Perancis). Douwes Dekker. Adalah suatu yang kurang pas di mana suatu negara penjajah melakukan upacara peringatan pembebasan dari penjajah pada suatu bangsa yang dia sebagai penjajahnya. Selain itu juga disadari betapa pun baiknya usaha yang dibangun oleh orang Indo. Pada tahun 1913 mereka diasingkan ke Belanda.M. Tujuan Indische Partij adalah untuk membangunkan patriotisme semua indiers terhadap tanah air.F. Suwardi Suryaningrat ditangkap. Alasan penolakkannya adalah karena organisasi ini dianggap oleh pemerintah kolonial saat itu dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan bergerak dalam sebuah kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda. Maksudnya adalah untuk mengganti Indische Bond yang merupakan organisasi orang-orang Indo dan Eropa di Indonesia. IP sebagai organisasi campuran menginginkan adanya kerja sama orang Indo dan bumi putera. merupakan partai pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia.F. maka diperlukan kerja sama dengan orang bumi putera agar kedudukan organisasinya makin bertambah kuat. Douwes .E. Akibat dari tulisan itu R. Tindakan ini terlihat nyata pada tahun 1913. ibu seorang Indo. Partai ini berusaha didaftarkan status badan hukumnya pada pemerintah kolonial Hindia Belanda tetapi ditolak pada tanggal 11 Maret 1913. Dr. Suwardi Suryaningrat menulis artikel bernada sarkastis yang berjudul Als ik een Nederlander was (Andaikan aku seorang Belanda). dan ketakutan. tidak akan mendapat tanggapan rakyat tanpa adanya bantuan orang-orang bumiputera. Hal yang ironis ini mendatangkan cemoohan termasuk dari para pemimpin Indische Partij. Menyusul sarkasme dari Dr. Perayaan ini direncanakan diperingati juga oleh pemerintah Hindia Belanda. Kecaman-kecaman yang menentang pemerintah Belanda menyebabkan ketiga tokoh dari Indische Partij ditangkap. Douwes Dekker mengkritik dalam tulisan di De Express tanggal 5 Agustus 1913 yang berjudul Onze Helden: Tjipto Mangoenkoesoemo en Soewardi Soerjaningrat (Pahlawan kita: Tjipto Mangoenkoesoemo dan Soewardi Soerjaningrat).

E Douwes Dekker ditangkap lagi dan dibuang ke Suriname. Pada saat pembentukannya. Suwardi Suryaningrat terjun dalam dunia pendidikan. dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara. "Soeara Merdeka". Para . Kelompok ini berhasil mendapatkan pengikut di antara tentara-tentara dan pelaut Belanda yang ditempatkan di Hindia Belanda. yaitu SDAP (Partai Buruh Sosial Demokratis) dan SDP (Partai Sosial Demokratis). dan yang menjauhkan diri dari ISDV. Pada 1917 ISDV mengeluarkan penerbitannya sendiri dalam bahasa Melayu. E.E. Pada akhir 1917. Pada saat itu.F. Pada tahun 1913 partai ini dilarang karena tuntutan kemerdekaan itu. ISDV tidak menuntut kemerdekaan Indonesia. Namun pada tahun 1914 Cipto Mangunkusumo dikembalikan ke Indonesia karena sakit. sebuah pangkalan angkatan laut utama di Indonesia saat itu. para tentara dan pelaut itu memberontak di Surabaya.000 orang. Dibentuklah "Pengawal Merah" dan dalam waktu tiga bulan jumlah mereka telah mencapai 3. Dalam perkembangannya. yaitu Partai Demokrat Sosial Hindia.F. Amerika Selatan. Para pemimpin ISDV dikirim kembali ke Belanda. ISDV yakin bahwa Revolusi Oktober seperti yang terjadi di Rusia harus diikuti Indonesia. Keanggotaan awal ISDV pada dasarnya terdiri atas 85 anggota dari dua partai sosialis Belanda. Pada 1917. mendirikan perguruan Taman Siswa. dengan nama Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) (atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda). kelompok reformis dari ISDV memisahkan diri dan membentuk partainya sendiri. yang aktif di Hindia Belanda [1] Pada Oktober 101 SM ISDV mulai aktif dalam penerbitan dalam bahasa Belanda. dan sebagian besar anggotanya berkumpul lagi dalam Serikat Insulinde dan Comite Boemi Poetera. Namun demikian. Henk Sneevliet pada 1914.Dekker dibuang ke Kupang. termasuk Sneevliet. Cipto Mangunkusumo dibuang ke Pulau Banda. E. Di bawah kepemimpinan Sneevliet. Editornya adalah Adolf Baars. Gerakan Awal PKI Partai ini didirikan atas inisiatif tokoh sosialis Belanda. Sedangkan Suwardi Suryaningrat dan E. dan membentuk sebuah dewan soviet.F. NTT sedangkan Dr. Di bawah pimpinan Sneevliet partai ini merasa tidak puas dengan kepemimpinan SDAP di Belanda. partai ini dengan cepat berkembang menjadi radikal dan anti kapitalis.E Douwes Dekker juga mengabdikan diri dalam dunia pendidikan dan mendirikan yayasan pendidikan Ksatrian Institute di Sukabumi pada tahun 1940. ISDV mempunyai sekitar 100 orang anggota. Para penguasa kolonial menindas dewan-dewan soviet di Surabaya dan ISDV. "Het Vrije Woord" (Kata yang Merdeka). Douwes Dekker baru kembali ke Indonesia pada tahun 1919. dan dari semuanya itu hanya tiga orang yang merupakan warga pribumi Indonesia.

pemimpin pemberontakan di kalangan militer Belanda dijatuhi hukuman penjara hingga 40 tahun. Soeara Ra’jat.000 orang ditahan. Banyak aktivis politik non-komunis yang juga menjadi sasaran pemerintahan kolonial. nama organisasi ini diubah menjadi Perserikatan Komunis di Hindia. dikirim ke Boven Digul. Rencana pemberontakan itu sendiri sudah dirancang sejak lama. salah satu tokoh utama PKI yang mempunyai banyak massa terutama di Sumatra. Pada 1924 nama partai ini sekali lagi diubah. Penolakan tersebut membuat Tan Malaka di cap sebagai pengikut Leon Trotsky yang juga sebagai tokoh sentral perjuangan Revolusi Rusia. Pada 1927 PKI dinyatakan terlarang oleh pemerintahan Belanda. meskipun dengan cara bergerak di bawah tanah. Karena itu. [sunting] Pembentukan Partai Komunis Pada awalnya PKI adalah gerakan yang berasimilasi ke dalam Sarekat Islam. Walau begitu. dengan alasan menindas pemberontakan kaum komunis. Sejumlah 1. Keadaan yang semakin parah dimana ada perselisihan antara para anggotanya. beberapa aksi PKI justru terjadi setelah pemberontakan di Jawa terjadi. Yakni di dalam perundingan rahasia aktivis PKI di Prambanan. Pemberontakan ini dihancurkan dengan brutal oleh penguasa kolonial. PKH adalah partai komunis pertama di Asia yang menjadi bagian dari Komunis Internasional. keanggotaan organisasi ini pun mulai berubah dari mayoritas warga Belanda menjadi mayoritas orang Indonesia. Yakni melarang anggotanya mendapat gelar ganda di kancah perjuangan pergerakan indonesia. ditambah dengan pekerjaan di kalangan Sarekat Islam. Beberapa orang meninggal di dalam tahanan.308 orang. ISDV terus melakukan kegiatannya. Semisal Pemberontakan Silungkang di Sumatra. Keputusan tersebut tentu saja membuat para anggota yang beraliran komunis kesal dan keluar dari partai dan membentuk partai baru yang disebut ISDV. . Setelah sejumlah kader Belanda dikeluarkan dengan paksa. Pada Kongres ISDV di Semarang (Mei 1920). terutama di Semarang dan Yogyakarta membuat Sarekat Islam melaksanakan disiplin partai. PKI mengumumkan terbentuknya sebuah republik. Ribuan orang dibunuh dan sekitar 13. sebuah kamp tahanan di Papua [2]. PKI kemudian bergerak di bawah tanah. [sunting] Pemberontakan 1926 Pada November 1926 PKI memimpin pemberontakan melawan pemerintahan kolonial di Jawa Barat dan Sumatra Barat. Rencana itu ditolak tegas oleh Tan Malaka. Henk Sneevliet mewakili partai ini pada kongresnya kedua Komunis Internasional pada 1920. Semaoen diangkat sebagai ketua partai. kali ini adalah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). Organisasi ini kemudian menerbitkan sebuah terbitan yang lain. umumnya kader-kader partai.

Tindakan kekejaman ini membuat rakyat marah dan mengutuk PKI. pemogokan. Uni Soviet.RI menjadi pihak yang dirugikan dengan semakin sempit wilayah yang dimiliki. Sejalan dengan peristiwa itu. pimpinan partai. tetapi pemerintah RI mampu bertindak cepat. [sunting] Peristiwa Madiun 1948 Artikel utama untuk bagian ini adalah: Peristiwa Madiun Pada 8 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948 pihak Republik Indonesia dan pendudukan Belanda melakukan perundingan yang dikenal sebagai Perundingan Renville. PKI mulai bergerak di antara mahasiswa-mahasiswa Indonesia di kalangan organisasi nasionalis. menculik dan membunuh lawan-lawan politik. Perhimpoenan Indonesia . Pada 1935 pemimpin PKI Moeso kembali dari pembuangan di Moskwa. Kini PKI bergerak dalam berbagai front. Di Belanda.Pada masa awal pelarangan ini. Ia terpaksa menyerahkan mandatnya kepada presiden dan digantikan kabinet Hatta. seperti misalnya Gerindo dan serikat-serikat buruh. terutama karena banyak dari pemimpinnya yang dipenjarakan. kabinet tersebut dijatuhkan pada 23 Januari 1948. Selanjutnya Amir Syarifuddin membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) pada 28 Juni 1948.Oleh karena itu. PKI berusaha untuk tidak menonjolkan diri. serta menggerakkan kerusuhan dibeberapa tempat. Jawa Timur. Madiun dapat diduduki kembali oleh TNI dan polisi. Panglima Besar Soedirman memerintahkan Kolonel Gatot Subroto di Jawa Tengah dan Kolonel Sungkono di Jawa Timur untuk menjalankan operasi penumpasan pemberontakan PKI. Uni Soviet. datanglah Muso seorang tokoh komunis yang sejak lama berada di Moskow. Dalam . Kelompok politik ini berusaha menempatkan diri sebagai oposisi terhadap pemerintahan dibawah kabinet Hatta. mengadu domba kesatuan-kesatuan TNI dan menjelek-jelekan kepemimpinan Soekarno-Hatta. Puncak aksi PKI adalah pemberotakan terhadap RI pada 18 September 1948 di Madiun. Pada 30 September 1948. kabinet Amir Syarifuddin diaggap merugikan bangsa. Namun Moeso hanya tinggal sebentar di Indonesia. Sebaliknya. Setelah itu. FDR bergabung dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) merencanakan suatu perebutan kekuasaan. perwira TNI. Dalam aksi ini beberapa pejabat. ia dan kawan-kawannya meningkatkan aksi teror. bahkan ia berhasil mengambil alih pucuk pimpinan PKI. Ia menggabungkan diri dengan Amir Syarifuddin untuk menentang pemerintah. untuk menata kembali PKI dalam gerakannya di bawh tanah. alim ulama dan rakyat yang dianggap musuh dibunuh dengan kejam. Beberapa aksi yang dijalankan kelompok ini diantaranya dengan melancarkan propaganda antipemerintah. Hasil kesepakatan perundingan Renville dianggap menguntungkan posisi Belanda. Tujuan pemberontakan itu adalah meruntuhkan negara RI dan menggantinya dengan negara komunis. mengadakan demonstrasi-demonstrasi. yang tak lama kemudian berada di dalam kontrol PKI [3]. Tokoh-tokoh pejuang dan pasukan TNI memang sedang menghadapi Belanda.

Partai ini memperoleh 39 kursi (dari 257 kursi yang diperebutkan) dan 80 dari 514 kursi di Konstituante. Pemerintahan yang disebut revolusioner ini segera menangkapi ribuan kader PKI di wilayah-wilayah yang berada di bawah kontrol mereka. Gerakan yang berbasis di Sumatera dan Sulawesi. Perjuangan melawan para kapitalis asing memberikan PKI kesempatan untuk menampilkan diri sebagai sebuah partai nasional. tak satupun di antara mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Di bawah Aidit. Pada bulan yang sama PKI memperoleh banyak kemajuan dalam pemilihan-pemilihan di beberapa kota. termasuk pemimpin-pemimpin muda seperti Sudisman. yang diikuti oleh tindakan-tindakan tegas terhadap PKI di Medan dan Jakarta. PKI memimpin serangkaian pemogokan militan. Pada Februari 1958 terjadi sebuah upaya koreksi terhadap kebijakan Sukarno yang mulai condong ke timur di kalangan militer dan politik sayap kanan. menguasai pimpinan partai pada 1951. . dan mendukung kebijakan-kebijakan anti kolonialis dan anti Barat yang diambil oleh Presiden Soekarno. Pada saat itu. PKI mengambil posisi sebagai partai nasionalis di bawah pimpinan D. Akibatnya.000 anggota pada 1950. Njoto dan Sakirman. [sunting] Pemilu 1955 Pada Pemilu 1955. PKI menempati tempat ke empat dengan 16% dari keseluruhan suara. kantor PKI di Jakarta diserang dengan granat. Pada September 1957. mengumumkan pada 15 Februari 1958 telah terbentuk Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Pada 3 Desember 1957. dengan organ-organ utamanya yaitu Harian Rakjat dan Bintang Merah. selain itu pembagian hasil bumi yang tidak merata antara pusar dan daerah menjadi pemicu. [sunting] Bangkit kembali Pada 1950. PKI mendukung upaya-upaya Soekarno untuk memadamkan gerakan ini. Lukman. Masjumi secara terbuka menuntut supaya PKI dilarang [5]. menjadi 165 000 pada 1954 dan bahkan 1.5 juta pada 1959 [4] Pada Agustus 1951. para pemimpin PKI kembali bergerak di bawah tanah untuk sementara waktu. Aidit dan kelompok di sekitarnya.operasi ini Muso berhasil ditembak mati sedangkan Amir Syarifuddin dan tokoh-tokoh lainnya ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Gerakan ini pada akhirnya berhasil dipadamkan. mulai menguasai perusahaan-perusahaan milik Belanda. Mereka juga menuntut agar pemerintah pusat konsisten dalam melaksanakan UUDS 1950. Pada Juli 1957. PKI memulai kembali kegiatan penerbitannya.000-5. PKI berkembang dengan sangat cepat.N. Penguasaan ini merintis nasionalisasi atas perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh asing. termasuk pemberlakuan Undang-Undang Darurat. Pada 1950-an. dari sekitar 3. Aidit. serikat-serikat buruh yang pada umumnya berada di bawah pengaruh PKI.

kongres ini berlangsung sesuai dengan jadwal dan Presiden Soekarno sendiri memberi angin pada komunis dalam sambutannya. PKI bergabung dengan pemerintah. PKI membalasnya dengan menanggapi konsep Nasakom secara positif. Dengan demikian peranan PKI sebagai mitra dalam politik Soekarno dilembagakan. Lembaga Kebudajaan Rakjat (Lekra) dan Himpunan Sardjana Indonesia (HSI). Dengan berkembangnya dukungan dan keanggotaan yang mencapai 3 juta orang pada 1965. diangkat menjadi menteri penasihat. Ketika gagasan tentang Malaysia berkembang. Menurut perkiraan seluruh anggota partai dan organisasi-organisasi yang berada di bawah payungnya mungkin mencapai seperlima dari seluruh rakyat Indonesia. Sebagian kelompok berhasil mencapai Malaysia lalu bergabung dalam perjuangan di sana. Aidit dan Njoto. Pada 1960. Pada Maret 1962. PKI maupun Partai Komunis Malaya menolaknya. sebuah gagasan yang dikemukakan oleh presiden Filipina. PKI menolak gagasan pembentukan Maphilindo dan federasi Malaysia. Namun demikian kebanyakan dari mereka ditangkap begitu tiba. pemerintah Malaysia. Pemuda Rakjat. PKI menjadi partai komunis terkuat di luar Uni Soviet dan RRT. Indonesia dan Filipina terlibat dalam pembahasan tentang pertikaian wilayah dan kemungkinan tentang pembentukan sebuah Konfederasi Maphilindo. Pada 1963. Gerwani. Namun demikian. Para pemimpin PKI. dan Komunisme. Pada bulan April 1962. Soekarno melancarkan slogan Nasakom yang merupakan singkatan dari Nasionalisme. militer berusaha menghalangi diselenggarakannya kongres PKI. Hal inilah yang membuat TNI AD merasa khawatir takut adanya penyelewengan senjata yang dilakukan PKI dengan "tentaranya". kemungkinan besar PKI ingin mempunyai semacam militer partai seperti Partai Komunis Cina dan Nazi dengan SS nya. seperti SOBSI (Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia). Agama. dan melihatnya sebagai sebuah front bersatu yang multi-kelas. Salah satu hal yang sangat aneh yang dilakukan PKI adalah dengan diusulkannya Angkatan ke-5 yang terdiri dari buruh dan petani. PKI menyelenggarakan kongres partainya. Barisan Tani Indonesia (BTI). [sunting] . Partai itu mempunyai basis yang kuat dalam sejumlah organisasi massa.Pada 1959. Diosdado Macapagal. Para anggota PKI yang militan menyeberang masuk ke Malaysia dan terlibat dalam pertempuran-pertempuran dengan pasukan-pasukan Inggris dan Australia.

Untuk mengerjakan bahan-bahan mentah. Partai politik klas buruh ini tidaklah hanya untuk memimpin perjuangan klas buruh guna perbaikan upah dan syarat-syarat kerja kaum buruh. suatu serikat buruh kereta-api yang militan ketika itu. imperialisme Belanda mendirikan pabrikpabrik. suatu perjuangan yang terbatas pada soal-soal sosial ekonomi. Pada tahun 1905 berdirilah serikat buruh kereta-api yang bernama SS-Bond (Staats-Spoor Bond).serikat buruh. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan gerakan buruh. Lahirnya klas proletar mendorong berdirinya organisasi serikat buruh. kesadaran yang masih terbatas untuk memperjuangkan nasibnya sendiri. Tetapi. melainkan untuk mengintensifkan penghisapan kolonial terhadap Rakyat Indonesia. Tingkat kesadaran klas buruh inilah yang mendorong berdirinya suatu partai politik. serikat buruh percetakan dan serikat buruh . sebab hanya dengan organisasi serikat buruh. Untuk menumbangkan sistim kapitalisme. klas buruh harus mempunyai partai politik. akan tetapi sampai dengan untuk . Di banyak tempat di Indonesia mulai berdiri serikat buruh . Dalam tahun 1908 berdirilah Perkumpulan Pegawai Spoor dan Trem (Vereniging van Spoor en Tram Personeel . klas buruh harus menjalankan perjuangan politik yang revolusioner.serikat buruh di pabrik-pabrik lainnya.VSTP). intelektual dan borjuasi Indonesia. Dengan demikian pengaruh kapitalisme menjadi merasuk ke dalam masyarakat Indonesia. tidaklah dapat diitumbangkan. yang merupakan sumber kemiskinan dan kesengsaraan bagi seluruh massa pekerja. yang mendorong lahirnya klas-klas baru dalam masyarakat Indonesia.serikat buruh ini merupakan sekolah-sekolah politik bagi massa kaum buruh. tingkat kesadaran yang elementer. nasib golongannya. yang membawa perubahan besar dalam kehidupan ekonomi dan sosial di Indonesia. yang merupakan alat untuk memperjuangkan cita-cita dan politik daripada klas buruh. tetapi baru pada tingkat kesadaran pertentangan antara mereka sebagai buruh-upahan terhadap majikannya itu sendiri yang memeras tenaganya. serikat buruh kereta-api.PKI ADALAH ANAK ZAMAN Penanaman kapital di Indonesia pada sejak akhir abad ke-XIX meningkat dengan cepat. untuk perbaikan upah dan syarat-syarat kerja. Serikat buruh . sistim kapitalisme. yaitu : Klas proletar. seperti serikat buruh pelabuhan. perjuangan serikat buruh adalah perjuangan yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan langsung daripada para anggotanya. Tetapi. membikin pelabuhan-pelabuhan dan jalan-jalan kereta-api. semuanya itu sekali-kali bukanlah untuk memajukan Indonesia. Klas buruh menghendaki suatu organisasi yang tidak hanya membatasi diri pada perjuangan serikat buruh. kesadaran politik dan orgarisasi klas buruh pun meningkat pula. Kesadaran yang diperoleh lewat aksi-aksi dan pemogokan-pemogokan belumlah mencapai tingkat kesadaran-klas yang sempurna.

Di dalam masyarakat modern. sesudah di Indonesia berdiri serikatburuh-serikatburuh dan Perkumpulan Sosial Demokratis Indonesia. yang terus menerus mengalami kegagalan. Kemenangan Revolusi Oktober Besar di Rusia itu telah membangkitkan kesadaran Rakyat-Rakyat jajahan. yaitu mereka yang memiliki alat-alat produksi. dan Rakyat Indonesia akan dapat mendirikan negara Indonesia yang bebas dan merdeka. sesudah Revolusi Oktober tahun 1917. IDEOLOGI PARTAI KOMUNIS Apakah ideologi itu? Ideologi adalah cita-cita dan pandangan-pandangan yang menyatakan kepentingankepentingan suatu klas. yaitu mereka yang tidak memiliki . Tujuannya ialah untuk menyebarkan Marxisme di kalangan kaum buruh dan Rakyat Indonesia. yaitu organisasi politik yang pertama daripada kaum Marxis Indonesia. Pada bulan Mei tahun 1914 di Semarang telah berdiri Perkumpulan Sosial-Demokratis Indonesia (Indiskhe Sociaal Democratiskhe Vereniging -. memberi keyakinan kepada Rakyat Indonesia. Klas buruh. PKI adalah anak zaman yang lahir pada waktunya. masyarakat kapitalis. Jadi Partai Komunis Indonesia lahir dalam zaman imperialisme. sejak PKI berdiri. Klas kapitalis. suatu organisasi politik yang menghimpun intelektual-intelektual revolusioner bangsa Indonesia dan Belanda. Lahirnya PKI bukanlah suatu hal yang kebetulan. Lahirnya PKI merupakan peristiwa yang sangat penting bagi perjuangan kemerdekaan Rakyat Indonesia. bahwa imperialisme Belanda pasti dapat digulingkan. Pecahnya Revolusi Oktober di Rusia tahun 1917 sangat berpengaruh pada proletariat Indonesia.merombak susunan masyarakat yang memaksa seseorang yang tidak bermilik harus menjual tenaganya kepada kaum kapitalis. sesudah di Indonesia ada klas buruh. Perkumpulan Sosial-Demokratis Indonesia inilah yang pada tanggal 23 Mei tahun 1920 berubah nama menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). Lahirnya PKI dan perkembangannya tidaklah dapat dipisahkan dari pengaruh kemenangan Revolusi Oktober itu. melainkan suatu hal yang sesuai dengan perkembangan sejarah. Revolusi Oktober. Pemberontakan kaum tani yang tidak teratur dan bersifat perjuangan sedaerah atau sesuku dalam melawan imperialisme Belanda. yang tidak bekerja dan hidup dari menghisap kerja kaum buruh. pada pokoknya terdapat dua klas.ISDV). suatu hal yang wajar. menjadi diganti dengan perjuangan proletariat yang terorganisasi dan yang memimpin perjuangan kaum tani dan gerakan revolusioner lainnya.

Dengan menghisap kerja kaum buruh. itulah yang merupakan syarat-syarat pokok bagi perkembangan kapitalisme. tetapi tidak mendapat hasil yang cukup untuk hidup yang layak. bekerja keras pada kapitalis. dan menjalankan produksi secara kolektif. pada kemenangan-kemenangan dan kekalahan-kekalahannya. Hanya dengan persatuan di kalangan klas buruh dan massa Rakyat pekerja lainnya itulah. Partai Komunis adalah Partainya klas buruh. klas buruh harus bersatu dengan massa Rakyat pekerja lainnya. adalah merupakan ideologi daripada klas kapitalis. Klas buruh menaruh perhatian pada perjuangan-perjuangan untuk pembebasan Rakyat pekerja sedunia. Semua cita-cita dan pandangan-pandangan yang diwujudkan dalam perbuatan untuk mencapai kepentingan klas buruh merupakan ideologi klas buruh. bekerjasama dan mengadakan pembagian pekerjaan dengan mempunyai tanggungjawab perseorangan menurut pembagian pekerjaan masing-masing. dan membangkrutkan kapitaliskapitalis lainnya. Klas buruh bekerja di dalam pabrik-pabrik. Semuanya ini ditujukan untuk mempertahankan sistim penghisapan. Oleh karena itu. Bagaimana ideologi klas kapitalis? Klas kapitalis hidup dari menghisap kerja kaum buruh. Setiap anggota Partai Komunis harus memiliki ideologi klas buruh ini. semua cita-cita dan pandangan-pandangan yang ditujukan untuk mewujudkan kepentingan mengeduk laba sebanyak-banyaknya. klas buruh dapat membebaskan dirinya dan selanjutnya membebaskan seluruh massa Rakyat pekerja dari penghisapan kapitalisme. kapitalis yang satu harus bersaing melawan kapitalis-kapitalis lainnya. Untuk mendapat laba yang lebih banyak. dan dengan bersaing. Bagaimana ideologi klas buruh? Klas buruh tidak memiliki alat-alat produksi. . terpeliharalah kebiasaan kaum buruh untuk bersatu. bahwa setiap kemenangan atau kekalahan Rakyat pekerja dimana saja adalah berarti kemenangan atau kekalahan mereka sendiri. kepentingan untuk mempertahankan sistim penghisapan. Karena itu ideologi Partai Komunis adalah ideologi klas buruh. Dalam persaingan ini banyak kapitalis-kapitalis kecil jatuh bangkrut. untuk saling membantu.alat-alat produksi. Jadi kepentingan kapitalis ialah menghisap klas buruh. Untuk perkembangan diri klas buruh sendiri. Oleh karena itu kebahagiaan kapitalis didasarkan atas penderitaan dari berjuta-juta massa Rakyat pekerja. Dalam produksi yang maju di pabrik-pabrik. berorganisasi dan berdisiplin. Jadi kepentingan klas buruh ialah pembebasan semua Rakyat pekerja dari kapitalisme. di dalam klasnya sendiri. Mereka mengerti. Adanya klas kapitalis karena adanya klas buruh yang dihisap.

Bahwa semua badan pimpinan Partai harus memberi laporan pada waktu tertentu kepada organisasi Partai yang memilihnya. tidaklah sampai membikin klas proletar cukup kuat dan bersatu untuk melawan sistem kapitalisme. yaitu Marxisme-Leninisme terdapat suatu partai yang revolusioner. dan kecerdasan politik yang didapatnya dari organisasi-organisasi ini. Bahwa semua badan pimpinan Partai dari bawah sampai ke atas harus dipilih oleh anggota secara demokratis. Ini berarti. artinya harus ada teori perjuangan yang diinjeksikan ke dalam gerakan buruh itu. bahwa sentralisme dalam Partai itu dibangun atas dasar demokrasi. Hanya dengan adanya teori yang revolusioner. yang membikin terang sasaran perjuangannya dan bisa menyusun taktiktaktik perjuangannya. Tetapi untuk bisa menjadi barisan terdepan. jumlah tersedikit harus tunduk kepada jumlah terbanyak. Ada pula perkumpulan-perkumpulan pendidikan. Partai Komunis disusun berdasarkan prinsip sentralisme-demokratis. Akan tetapi kesadaran yang diperoleh buruh lewat perjuangan organisasi-organisasi ini. DASAR SENTRALISME-DEMOKRATIS Partai itu harus merupakan satu kesatuan politik dan kesatuan organisasi. adalah bentuk organisasi yang tertinggi yang paling berdisiplin. organisasi-organisasi pemuda.DASAR2 ORGANISASI PARTAI KOMUNIS Klas buruh mempunyai bermacam-macam organisasi perlawanan. Untuk itu harus ada partai politik dari klas proletar. dan demokrasi dalam Partai itu di bawah pimpinan yang dipusatkan. Partai Komunis. Semua organisasi adalah organisasi klas buruh yang meninggikan kesadaran klas buruh. Partai Komunis itu adalah barisan depan yang terorganisasi. untuk dapat memenuhi tugasnya. organisasi . c. Untuk memperoleh kebulatan dalam organisasi. Syarat-syarat pokok untuk dapat melaksanakan prinsip sentralisme-demokratis dalam organisasi ialah: a. Ada serikat buruh yang saban hari terlibat dalam pertempuran-pertempuran terhadap kapital. dan sekaligus merupakan pelaksanaan demokrasi yang tertinggi di dalam Partai. Bahwa setiap anggota Partai harus tunduk kepada putusan-putusan organisasi Partai dimana ia tergabung. b. Sentralisme-demokratis adalah prinsip organisasi Partai Komunis yang mengatur pemberian kekuasaan yang perlu pada badan-badan pimpinan Partai. Sebab itu. Teori itu adalah teori Marxisme-Leninisme. maka Partai klas buruh harus mempunyai dasar-dasar organisasi sebagai berikut : a. partainya klas proletar. menjadi organisasi yang tertinggi. Hanya partai yang semacam itulah yang mempersatukan semua organisasi-organisasi klas buruh lainnya dan memimpinnya. Ada organisasi koperasi kaum buruh yang dengan usaha sendiri meringankan beban dari anggotaanggotanya. dan lain-lain sebagainya. Kebulatan dalam politik dan kebulatan dalam organisasi adalah syarat mutlak bagi Partai Komunis.

Demokrasi semacam ini sama dengan liberalisme (semau-maunya). dan ini merupakan syarat untuk mencapai kemenangankemenangan di dalam setiap aksi. dari calon-anggota sampai fungsionaris-fungsionaris yang tertinggi. bahwa dengan mentaati aturan-aturan pabrik terdapat cara kerja dan . yaitu demokrasi yang berlebih-lebihan. TENTANG DISIPLIN Partai Komunis itu harus mempersatukan semua kekuatan dan organisasi-organisasi klas proletar. yang memberi pimpinan dengan baik kepada anggota dan massa Rakyat. Segi demokrasi akan mengembangkan inisiatif dan daya-cipta anggota Partai. Dari mana sumber disiplin yang kuat di dalam Partai Komunis? Kehidupan sehari-hari dari kaum buruh menjadi dasar daripada disiplin itu. disamping kesatuan politik dan kesatuan organisasi. Sebaliknya kaum buruh mengambil pelajaran yang berguna bagi perjuangannya dari peraturan-peraturan yang keras itu yaitu. b. harus selalu berhubungan erat dengan semua klas-klas pekerja lainnya. dan bisa tetap memelihara hubungan yang erat dengan massa Rakyat lainnya. Partai mempunyai kesatuan disiplin. d. Jadi sentralisme dan demokrasi di dalam Partai adalah merupakan satu kesatuan dari dua segi yang satu sama lain berjalinan. di dalam Partai hanya ada satu macam disiplin yang berlaku bagi semua anggota. Akan tetapi kekerasan disiplin borjuis itu bersifat mengancam dan menakut-nakuti. Bahwa disiplin Partai harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan putusan-putusan Partai harus dilaksanakan dengan tanpa syarat. Sentralisme tanpa demokrasi dapat menjurus kesewenang-wenangaan dan menekan daya-cipta anggota. Hanya dengan adanya kesatuan disiplin yang kuat ini Partai bisa tetap memelihara sifat memimpin. Artinya. dan harus bisa memimpin perjuangan Rakyat.Partai bawahan harus tunduk kepada organisasi Partai diatasnya dan segenap bagian daripada organisasi Partai harus tunduk kepada CC. Satu sama lain tak dapat terpisahkan. bisa tetap mempertahankan sifat berdiri sendiri dalam politik dan organisasi. Klas borjuis dengan peraturanperaturan yang berat di pabrik-pabrik mengajarkan disiplin pada kaum buruh. Segi sentralisme akan menjamin adanya satu pimpin yang memusat. Ini akan memperbesar kepercayaan massa anggota dan massa Rakyat kepada Partai. Prinsip sentralisme-demokratis ini harus dipahami dan harus dilaksanakan dalam kehidupan Partai sehari-hari oleh setiap anggota di semua tingkat organisasi Partai. di semua lapangan pekerjaan. Dengan begitu Partai merupakan satu kekuatan yang bulat. demokrasi yang tidak terpimpin. maka terjaminlah persatuan antara pimpinan Partai dengan anggota dan antara Partai dengan massa Rakyat. Dengan susunan organisasi Partai yang berdasarkan prinsip sentralisme-demokratis. Oleh sebab itu. tetapi demokrasi tanpa sentralisme. tanpa pimpinan yang memusat berarti ultrademokrasi. Segi demokrasi akan mendorong anggota Partai aktif memperbincangkan persoalanpersoalan yang dihadapi sehari-hari.

Bagi yang dikritik hendaknya suka menerima dengan ikhlas bantuan dari orang yang akan mengobati. kita harus selalu mengadakan tinjauan pada pekerjaan kita. terdapat hasil-hasil yang berkualitas tinggi dan pengaturan waktu yang rasional dan kerjasama yang harmonis. dan mempersatukan serta. PKI menentang sikap sombong. Untuk mengatasi kekurangan dan kesalahan. Dengan demikian pekerjaan kita menjadi terus maju. Hal-hal inilah yang dipelajari kaum buruh dan ditinggikan menjadi suatu. mempertinggi mutu dari pekerjaan. Kritik dan selfkritik perlu untuk memajukan Partai kita. ideologi kita makin hari makin tergembleng. . Maka timbullah kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan dalam pekerjaan. tidak bersifat mengancam. Oleh karena itu jika dalam menjalankan kritik dan selfkritik timbul saling mencurigai pasti tidak menguntungkan persatuan Partai dan harus ditentang. sikap yang tidak mau mengakui kesalahan-kesalahan dan takut kritik dan selfkritik". Mengapa kritik dan selfkritik perlu? Dalam perjuangan ada kalanya perhitungan kita tidak cocok dengan keadaan objektif.pembagian kerja yang effektif. kita membetulkan kesalahan dan mengikis kekurangan-kekurangan. untuk memelihara kemurnian ideologi proletar. melainkan bersifat mendorong. Bagi yang mengkritik hendaknya bersifat ingin mengobati "si sakit". pekerjaan yang akan datang lebih baik. Dengan demikian dapatlah dikoreksi pada waktunya semua kesalahan dan kekurangan-kekurangan dan dapat mendidik anggota dan kader Partai. disiplin sukarela. jika ia sungguh-sungguh mengemukakan kesalahannya tepat pada waktunya. kita harus mengingat beberapa hal sebagai berikut: kesalahan atau kekurangan itu hendaknya dianggap sebagai suatu penyakit yang perlu diobati. demikian pula hendaknya kita membersihkan pikiran-pikiran kita dan membetulkan ideologi kita setiap waktu. Bagaimana caranya menjalankan kritik dan selfkritik? Untuk menjalankan kritik dan selfkritik dengan tepat. untuk mendidik anggota supaya dengan belajar dari kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangan itu. Dengan kritik dan selfkritik. untuk memegang teguh garis politik dan organisasi. yang tidak bersifat menakutnakuti. atau menjalankan selfkritik tepat pada waktunya. Ibarat kita membersihkan rumah kita setiap hari. KRITIK DAN SELFKRITIK Konstitusi Partai menegaskan sebagai berikut : "PKI harus terus menerus memeriksa kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangannya dengan jalan mengadakan kritik dan selfkritik yang tajam. "Si sakit" akan bisa segera sembuh. c. Dengan menggunakan kritik dan selfkritik dalam meninjau pekerjaan itu.

Tanpa tanggungjawab perseorangan kita akan terjerumus dalam bencana dimana tidak ada orang yang bertanggungjawab. Masing-masing anggota kolektif melaporkan apa yang dikerjakan dan bagaimana caranya mengerjakannya. Dengan berkembangnya kecakapan perseorangan dari anggota-anggota kolektif itu. Karena itu pimpinan kolektif yang sedemikian itu adalah pimpinan kolektif yang realis.Dalam menjalankan kritik dan selfkritik ada kalanya tidak diperhatikan soal-soal pokok. PIMPINAN KOLEKTIF Jaminan untuk suksesnya pimpinan Partai atas massa ialah adanya cara kerja dan pimpinan kolektif. Karena itu cara pimpinan perseorangan adalah subjektif. tetapi terlibat pada soal yang kecil. dan setelah menjadi kesimpulan kolektif dijadikan pedoman dalam memberikan pimpinan. yang objektif. Janganlah dilupakan bahwa tugas terpenting daripada kritik dan selfkritik ialah menunjukkan kesalahan-kesalahan politik. dan semata-mata menguntungkan pendapat-pendapat perseorangan saja. yaitu anggota yang paling maju di antara anggota-anggotanya. Bagaimana cara mengembangkan kritik dan selfkritik? Adanya rapat-rapat periodik dan diskusi-diskusi periodik adalah sangat penting untuk senantiasa mengadakan tinjauan dalam pekerjaan dan untuk mengembangkan kritik dan selfkritik. dan harus ada orang yang bertanggungjawab kepada seluruh pekerjaan. Cara pimpinan perseorangan mengingkari pendapat-pendapat massa. Selain seorang kepala kolektif dipilih juga seorang atau . Cara kerja kolektif tidak berarti meniadakan tanggungjawab perseorangan. Cara pimpinan kolektif dilaksanakan dengan mengumpulkan pendapat-pendapat dari massa untuk disimpulkan. Rapat-rapat periodik itu harus teratur. Cara pimpinan kolektif berlawanan dengan cara pimpinan perseorangan. Apakah cara pimpinan kolektif itu menghilangkan perasaan perseorangan? Tidak! Partai Komunis menghargai perasaan perseorangan dan selalu berusaha mengembangkan kecakapan perseorangan. d. organisasi dan ideologi. Dalam setiap organisasi harus ada tanggungjawab perseorangan menurut pembagian kerja. Bagaimana cara melaksanakan pimpinan kolektif? Cara melaksanakan pimpinan-kolektif yaitu dengan mengadakan rapat-rapat periodik di dalam badan-badan kolektif. maka kualitas kolektif itu meningkat menjadi lebih tinggi. Masing-masing anggota kolektif harus mempersiapkan diri sebelum berapat. Tiap badan kolektif memilih kepala kolektif.

yang menyetujui Program dan Konstitusi Partai. anggota dapat selalu mengikuti kehidupan intern-Partai. ARTI DARI TERIKAT DALAM SALAH SATU ORGANISASI PARTAI Mengenai penerimaan menjadi anggota Partai. Syarat ini adalah penting bagi seorang yang mau menjadi anggota Partai. masuk dan bekerja aktif di salah satu organisasi Partai. bahwa seorang anggota Partai juga bersedia menyerahkan kepada Partai sebagian dari penghasilannya. maka anggota Partai bersikap menghargai dan menjunjung tinggi organisasi Partai. Program dan Konstitusi Partai adalah garis politik organisasi yang terpokok. karena persetujuan pada Program dan Konstitusi itu merupakan langkah penting ke arah kesatuan politik dan organisasi di dalam Partai. Kaum Komunis itu tidak mempunyai senjata lain kecuali organisasi! Anggota Partai harus membayar uang-pangkal dan iuran Partai. Setiap anggota Partai harus mentaati putusan Partai. Garis politik dan garis organisasi yang benar dan yang telah disetujui itu harus diperjuangkan. jika setiap orang Komunis bekerja berdasarkan cara pimpinan kolektif. putusan yang diambil dalam organisasi Partai. maka seseorang anggota dapat dengan aktif memperjuangkan garis politik dan garis organisasi Partai yang benar. harus diwujudkan. kehidupan politik dan organisasinya. persetujuan pada Program dan Konstitusi atau persetujuan pada garis politik dan organisasi saja belum cukup bagi orang yang mau menjadi anggota. SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN PARTAI a. Tetapi. Dengan mentaati putusan Partai itulah. Persetujuan seseorang pada Program dan Konstitusi Partai adalah persetujuan seseorang kepada garis politik dan organisasi Partai.lebih wakil-wakil kepala supaya dengan begitu periodik dan kolektif bisa selalu berjalan Partai akan lebih terkonsolidasi dan tambah besar pengaruhnya di kalangan massa. Setiap putusan Partai adalah putusan kolektif. Dimana tempat untuk memperjuangkannya? Dengan masuk dan bekerja aktif disalahsatu organisasi Partai. Ini membuktikan. . Akhirnya dengan mengunjungi rapat-rapat dan kursus-kursus serta membaca penerbitanpenerbitan Partai. Karena itu janganlah ada satu saja dari syarat-syarat keanggotaan itu yang dilalaikan. taat kepada putusan-putusan Partai. setiap anggota Partai Komunis dapat mengabdikan dirinya sepenuhnya kepada kepentingan Partai dan Rakyat. Dengan memenuhi syarat-syarat keanggotaan seperti tersebut di atas. membayar uang pangkal dan iuran Partai. dan dengan begitu terus-menerus berusaha untuk meningkatkan kwalitet keanggotaannya. Konstitusi menjelaskan sebagai berikut : "Yang dapat diterima menjadi anggota Partai ialah setiap warganegara yang telah berumur 18 tahun. mengunjungi rapat-rapat dan kursus-kursus Partai".

di dalam Konstitusi Partai ada disebut mengenai masa-pencalonan bagi seseorang.b. Rol dari para penanggung calon-anggota yang bersangkutan adalah penting sekali. Seorang anggota harus tidak merasa puas dengan hanya membatasi diri pada syarat-syarat minimum ini. sebab merekalah sebetulnya yang menjadi pelatih pertama dari calon-anggota. . setiap anggota Partai Komunis. taat kepada putusan-putusan Partai dan membayar uang-pangkal dan iuran Partai. mengunjungi rapatrapat dan kursus-kursus Partai serta membaca penerbitan-penerbitan Partai. Apa arti masa-pencalonan itu? Mengapa penerimaan menjadi anggota Partai diatur melalui masa-pencalonan? Mengapa orang tidak lalu terus diterima menjadi anggota? Pada pokoknya masa-pencalonan diperlukan untuk memberikan pendidikan permulaan tentang ideologi Komunis kepada calon-anggota. Sedikit banyaknya tergantung pada para penanggung inilah jadi tidaknya calon itu menjadi seorang Komunis yang baik. …. seharusnya tidak menjadi seorang anggota yang hanya memenuhi syarat-syarat minimum saja. pegawai-kantor dan kaum intelektual atau pekerja-merdeka. Dalam pada itu Partai menegaskan bahwa setiap orang yang sudah diterima menjadi calon-anggota.yaitu setiap warganegara yang telah berumur 18 tahun. c. tetapi mengenai hidup berorganisasi dan mengenai ideologi Komunisme ia harus terlebih dulu dilatih. dan juga untuk menjamin pengawasan oleh organisasi-organisasi Partai terhadap kualitas politik calon-anggota tersebut. Mengenai Program dan Konstitusi Partai pada umum sudah diketahui garis pokoknya oleh calon-anggota. Ini adalah syarat-syarat minimum yang harus dipenuhi oleh setiap anggota Partai. Lama masa-calon ditentukan oleh kedudukan sosial masing-masing orang.bekerja aktif disalahsatu organisasi Partai. dari seseorang hanya diperlukan memenuhi syarat-syarat keanggotaan seperti yang ditetapkan di dalam penerimaan menjadi anggota di atas -. pada saat penerimaan itu ia sudah menjadi anggota klas buruh. sudah menjadi anggota proletariat walaupun kedudukan sosialnya tidak sebagai buruh-upahan. Bagi kaum buruh. buruh-tani dan tani-miskin masa-calonnya lebih pendek daripada bagi tani-sedang. ARTI DARI MASA-PENCALONAN Sebelum seseorang dapat disahkan menjadi anggota Partai. TENTANG KEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA PARTAI Untuk menjadi anggota Partai Komunis. Kewajiban Partai terhadap para calon-anggota ialah berusaha agar para calon-anggota dapat ditingkatkan menjadi anggota tepat pada waktunya. Tetapi. yang menyetujui Program dan Konstitusi Partai.

Ini adalah jalan bagi setiap anggota untuk dapat senantiasa memperbanyak amalnya kepada Rakyat dan kepada revolusi. karena Partai tidak terpisah dari massa Rakyat. Konstitusi juga menekankan tentang kewajiban anggota Partai untuk sungguh-sungguh menjalankan disiplin Partai. lni mengandung arti bahwa kepentingan-kepentingan Partai Komunis adalah sama dengan kepentingan-kepentingan Rakyat dan bahwa tanggungjawab terhadap Partai adalah sama dengan tanggungjawab terhadap Rakyat. maka setiap anggota harus menggunakan hak-haknya ini dengan sebaik-baiknya. Mengkritik tiap fungsionaris Partai dalam rapat-rapat Partai.Oleh sebab itu mengenai kewajiban anggota Partai. Perwujudan dari kewajiban ini akan menjadikan Partai kita tak terkalahkan. dan dengan begitu sekaligus meninggikan kualitas keanggotaannya. mengkonsolidasi hubungan Partai dengan massa. bahwa anggota Partai wajib mengabdi kepada Rakyat banyak. Mengenai hak-hak anggota Partai. Konstitusi menekankan sebagai berikut: a. menentang kepuasan diri yang berlebih-lebihan. dan kesombongan karena mendapat hasil-hasil dalam pekerjaan. sampai kepada CC. mempelajari dan melaporkan tepat pada waktunya kehendak-kehendak massa kepada Partai serta menjelaskan politik Partai kepada massa. dan akhirnya akan memajukan Partai. Memilih dan dipilih di dalam Partai. . Tidak dapat disangsikan. Dalam Konstitusi ditentukan. Untuk mengembangkan demokrasi-intern Partai. c. bahwa pelaksanaan kewajiban ini akan membikin Partai Komunis menjadi Partai yang kuat dan bulat. d. melaksanakan dengan sungguhsungguh politik serta putusan-putusan Partai dan menentang segala sesuatu yang membahayakan kepentingan-kepentingan Partai. Konstitusi mewajibkan anggota untuk mempertinggi kesadarannya dan memperdalam pengertiannya tentang dasar-dasar daripada teori Marxisme-Leninisme. Tidak dapat disangsikan. b. bahwa ketentuan ini akan mendorong untuk membuka dan melenyapkan kekurangan-kekurangan dan kesalahankesalahan dalam pekerjaan Partai. Konstitusi Partai menekankan tentang kewajiban anggota Partai untuk mengembangkan kritik dan selfkritik dari bawah. Kewajiban lain dari setiap anggota ialah supaya menguasai garis pekerjaannya dan menjadi teladan dalam berbagai lapangan pekerjaan revolusioner. Ketentuan ini mendorong anggota untuk menguasai segi-segi pekerjaan dan mendorong untuk mengetahui hubungan pekerjaan dengan seluruh perjuangan revolusioner. Ambil bagian dalam diskusi-diskusi yang bebas dan luas tentang pelaksanaan politik Partai. mengemukakan kekurangan-kekurangan dan mengatasinya. Mengajukan usul-usul atau keterangan-keterangan kepada tiap organisasi Partai. ambil bagian yang aktif dalam kehidupan politik intern Partai dan dalam gerakan revolusioner di Indonesia.

Organisasi-basis Partai atau Resort Partai merupakan kesatuan Partai yang berhubungan langsung dengan anggota-anggota Partai dan yang bekerja langsung di tengah-tengah massa Rakyat. Oleh karena itu. terdiri dari sebanyak-banyaknya 7 orang anggota. Rapat-rapat anggota Resort dibagi dalam rapat-rapat Grup. Grup-grup ini melaksanakan putusan-putusan dari Resort. Grup-grup ini merupakan bagian daripada Resort. atau sebaliknya untuk menyampaikan putusan-putusan Recom supaya dipecahkan pelaksanaan putusan itu. militansi dari keseluruhan Partai sangat tergantung pada militansi daripada organisasi-basis Partai. Apa tugas organisasi-basis? Resort Partai harus melakukan pekerjaan propaganda dan organisasi di kalangan Rakyat untuk menjelaskan pendirian politik Partai dan putusanputusan organisasi Partai atasan. Berdasarkan ketentuan ini. Tugas lain dari Resort ialah untuk mengetahui dengan jelas hal-ihwal daripada anggota-anggotanya. Resort Partai berkewajiban membuka kedok musuh-musuh Rakyat yang bersembunyi di tengah-tengah Rakyat. perasaannya dan tingkat kesadaran politiknya. dan rapat-rapat Resort dihadiri utusan-utusan yang dipilih oleh rapat Grup. terutama pelajaran membaca-tulis (PBH) bagi anggota yang buta huruf. Di dalam Resort Partai dimana terdapat banyak anggota. Jadi bagaimanapun juga Grup tidak boleh menggantikan Resort sebagai organisasi-basis Partai. mengusulkan pensahan menjadi anggota Partai . Grup tidak boleh menghalanghalangi hubungan seorang anggota dengan Recom Partai. tetapi bagian yang tidak mempunyai hak untuk menentukan garis atau sikap politik. dimana terdapat paling sedikit 3 anggota Partai. sejarahnya. dari Grup menurut Konstitusi ialah: mempertimbangkan permintaan menjadi anggota dan setelah mengambil keputusan. dan membasmi mereka dengan bekerja-sama yang erat dengan Rakyat sekitarnya.ORGANISASI BASIS DARIPADA PARTAI Organisasi-basis Partai dibangun menurut tempat-tinggi atau kesatuan tempat-kerja. Selanjutnya tugas Resort ialah meninggikan tingkat kebudayaan dari anggota Partai dengan mengadakan pendidikan dan mengorganisasi pelajaran-pelajaran. Tetapi rapat Grup itu tidaklah bersifat menentukan politik melainkan mengumpulkan pendapat-pendapat anggota untuk diteruskan pada Recom. meneruskannya kepada Recom Partai. Tiap Grup memilih seorang Kepala Grup dan kalau perlu wakil Kepala. harus dibentuk Grup-grup yang anggotanya. Salah satu tugas penting. tetapi bisa juga mempunyai ratusan anggota. setelah masa-calon selesai. maka organisasi-basis bisa mempunyai hanya 3 anggota. ia merupakan jembatan yang menghubungkan massa Rakyat dengan badan-badan pimpinan Partai.

dan bahwa tanggungjawab terhadap Partai adalah sama dengan tanggungjawab kepada Rakyat". Ini berarti. yaitu yang merupakan bagian yang terbesar turut bergerak. yaitu garis massa klas proletar. Partai-partai borjuis dan tuan tanah berhubungan dengan massa Rakyat untuk mempertahankan penghisapannya terhadap massa. Garis massa daripada Partai tidak hanya merupakan garis politik dan organisasi bagi Partai. itu berarti bahwa bagian terbesar daripada massa belum bergerak. menerima dan menyampaikan permintaan berhenti sebagai anggota atau calon-anggota kepada rapat Resort dan memilih utusan untuk menghadiri rapat Resort. melainkan juga menjadi moral bagi setiap orang Komunis. Jadi menjalankan garis massa daripada Partai berarti bahwa garis politik dan garis organisasi Partai harus berasal dari massa dan kembali kepada massa. tani dan semua Rakyat revolusioner lainnya serta terus menerus mencurahkan perhatiannya untuk memperkuat dan meluaskan hubungan-hubungan ini. TENTANG GARIS MASSA DARIPADA PARTAI Apakah garis massa daripada Partai itu? Garis massa daripada Partai adalah suatu garis klas.kepada Recom. Tiap anggota Partai harus mengerti. Sebagian lagi merupakan elemen tengah. Bagi orang Komunis. apakah perkataan dan perbuatannya itu sesuai atau tidak dengan kepentingan yang terbesar dari massa Rakyat. Sebagian yang kecil merupakan elemen maju. Mereka mencari hubungan-hubungan dengan massa tidak untuk membantu memperjuangkan tuntutan massa melainkan untuk memerintah dan mencari jalan yang sebaik-baiknya guna memenuhi keinginan-keinginan menghisap klas borjuis. Kaum Komunis Indonesia harus mengadakan hubungan-hubungan yang luas dengan massa buruh. Sedangkan hubungan Partai Komunis dengan massa sudah dicantumkan dalam Konstitusi sebagai berikut "Kaum Komunis Indonesia harus mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk mengabdi kepada Rakyat. bahwa garis politik dan garis organisasi Partai itu harus selaras dengan kepentingan massa Rakyat. yang paling aktif. atau elemen pertama dan yang kedua saja yang bergerak. membantu . elemen yang pertama saja. Salah satu perbedaan yang penting antara Partai Komunis dengan partai-partai burjuis ialah terletak dalam hubungan masing-masing Partai itu dengan massa Rakyat. ukuran yang tertinggi untuk semua perkataannya seharusnya ialah. dan apakah perkataan serta perbuatannya disokong atau tidak oleh massa Rakyat yang luas. sedang bagian yang terbesar terdiri dari elemen yang pasif. Jika dalam suatu persoalan yang dihadapi oleh massa itu. Oleh sebab itu harus diusahakan supaya massa yang paling belakang itu. Setiap massa dapat dibagi atas tiga elemen dilihat dari sudut aktivitasnya. yang berdiri di antara aktif dan pasif. dan tidak akan banyak hasilnya. bahwa kepentingan mereka adalah sama dengan kepentingan-kepentingan Rakyat. Jadi melaksanakan garis massa berarti.

[3] Dalam masa pengadilan ini . Mr.Berganti nama dari Perserikatan Nasional Indonesia menjadi Partai Nasional Indonesia 1929 . Bandung. Soekarno turut pula bergabung dengan partai ini. Tjipto Mangunkusumo. mendorong elemen tengah hingga menjadi maju. Soepriadinata dan Maskun Sumadiredja 1930 .PNI dianggap membahayakan Belanda karena menyebarkan ajaran-ajaran pergerakan kemerdekaan sehingga Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan perintah penangkapan pada tanggal 24 Desember 1929. Sartono. Penangkapan baru dilakukan pada tanggal 29 Desember 1929 terhadap tokoh-tokoh PNI di Yogyakarta seperti Soekarno.elemen-elemen yang maju supaya bisa berangsur-angsur melahirkan pemimpinpemimpin. 1928 .Pengadilan para tokoh yang ditangkap ini dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1930. Setelah diadili di pengadilan Belanda maka para tokoh ini dimasukkan dalam penjara Sukamiskin.Didirikan di Bandung oleh para tokoh nasional seperti Dr. Gatot Mangkupraja. Mr Iskaq Tjokrohadisuryo dan Mr Sunaryo. dan selanjutnya mempertinggi kesadaran elemen ketiga atau yang terbelakang hingga melepaskan pasivitasnya dan turut bergerak. Selain itu para pelajar yang tergabung dalam Algemeene Studie Club yang diketuai oleh Ir. Partai Nasional Indonesia Propaganda PNI di tahun 1920-an • • • • 1927 .

• • • • • • • • Ir.PNI berubah nama menjadi PNI Marhaenisme dan diketuai oleh Sukmawati Soekarno. Mr. 1999 . • • • • • • • • Dr. 1933 . anak dari Soekarno. 1934 .Dipimpin oleh Supeni.PNI bergabung dengan empat partai peserta pemilu 1971 lainnya membentuk Partai Demokrasi Indonesia. Soekarno diganti oleh Mr. Sartono Mr Iskaq Tjokrohadisuryo Mr Sunaryo Soekarno Moh. 1955 .PNI memenangkan Pemilihan Umum 1955. Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende. Hatta dan Syahrir dibuang ke Bandaneira sampai dengan 1942. 1973 . 2002 . Hatta yang tidak setuju pembentukan Partindo akhirnya membentuk PNI Baru.Moh. 1998 . Hatta Gatot Mangkuprojo Soepriadinata . Ir. Sartono. Soekarno menulis pidato "Indonesia Menggugat" dan membacakannya di depan pengadilan sebagai gugatannya. Soekarno bergabung dengan Partindo.Ir. mantan Duta besar keliling Indonesia.PNI menjadi peserta pemilu 1999. [sunting] Tokoh-tokoh dan mantan tokoh-tokoh Foto para pendiri PNI yang merupakan arsip dari gedung Museum Sumpah Pemuda. 1931 . PNI didirikan kembali.[3] Moh.Pimpinan PNI. Flores sampai dengan 1942. Sartono kemudian membubarkan PNI dan membentuk Partindo pada tanggal 25 April 1931. Tjipto Mangunkusumo Mr.

dan Sujadi. struktur social masyarakat Indonesia akan kembali seperti sebagai mana mestinya. Selain di Bandung juga terbentuk cabang di Yogyakarta dan di Batavia. PNI pun mulai berkembang. Pada akhir tahun 1927 tercatat menjadi 3 cabang. atau memberi jalan untuk tercapainya suatu kemerdekaan. Di Surabaya sendiri PNI resmi berdiri pada 5 February 1928. dengan gerakan-gerakannya yang revolusioner pemerintah kolonial Belanda tidak akan memberikan. Pergerakan perjuangannya yang selalu revolusioner telah banyak menghimpun banyak kekuatan. J. Pada bulan April di kediaman Soekarno merencanakan pembentukan sebuah partai baru. Pertemuan 4 juli tersebut menetapkan Soekarno sebagai ketua dan anggaran-anggaran dasar keorganisasian. Pada Bulan mei 1929 anggota PNI . menanamkan kesadaran kepada mereka bahwaIndonesia adalah suatu bangsa. Seiring berjalannya waktu PNI pun makin melebarkan sayap eksistensinya. Pertemuan lain dilakukan oleh mereka pada 4 Juli 1927. mereka merencanakan rencana pembentukan sebuah partai baru dengan nama Partai Nasional Indonesia (PNI) secara terbuka. Tjipto Mangoenkoesoemo. banyak dilakukan pertemuanpertemuan yang membicarakan keadaan-keadaan social politik pada saat tersebut. membantu.• • • • • • • • • • • Maskun Sumadiredja Amir Sjarifuddin Wilopo Hardi Suwiryo Ali Sastroamidjojo Djuanda Kartawidjaja Mohammad Isnaeni Supeni Sanusi Hardjadinata Sarmidi Mangunsarkoro Awal mulanya kelahiran PNI ditandai dengan pembentukan kelompok-kelompok studi di Surabaya oleh Sutomo danBandung oleh Soekarno yang kemudian berkembang ke seluruh Jawa dan meluas lagi ke luar Jawa. dan tidak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda. Pada bulan Desember dibentuk juga sebuah panita di Surabaya untuk persiapan pembentukan cabang baru di kota tersebut. PNI yakin jikaIndonesia merdeka dan terlepas dari penjajahan maka susunan kehidupan. Tujuan tersebut bisa dipakai kalau kita bisa berdiri sendiri atau percaya pada diri sendiri. Tujuan pendirian kelompok-kelompok studi ini agar para pelajar Jawa dapat bersatu. Namun pertemuan ini hanya dilakukan secara tertutup. Dari kelompok-kelompok belajar tersebut. Masa dari anggotanyapun kian bertambah. PNI yakin. Sunaryo. Mereka yang hadir akan menjadi anggota panitia yang harus mempersiapkan kongres nasional secepatnya. Tujuan PNI adalah untuk mencapai Indonesia yang merdeka terlepas dari segala penjajahan. Terdapat orang-orang yang hadir pada waktu itu seperti Ishak. Tilaar.

dan lainnya. Serikat Selebes. [sunting] Sejarah Dr. salah seorang pendiri Budi Utomo. Jawa Tengah berusaha untuk menggabungkan antara PBI (Persatuan Bangsa Indonesia). sebaliknya pemerintah kolonial harus lebih bisa membendung gerakan-gerakan PNI. Jawa Timur.sampai pada jumlah 3. Pengaruh PNI semakin besar. Kenaikan ini sebagai akibat dari propaganda yang dilakukan dengansangat aktif sepanjang tahun.860 orang. Serikat Ambon. menjadi Partai Indonesia Raya atau Parindra. pada akhir tahun 1935 di kota Solo. Partai Indonesia Raya Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Parindra menganut azas cooperatie alias bekerja sama dengan pemerintah Hindia Belanda dengan cara duduk di dalam dewan-dewan untuk waktu yang tertentu. sebagai tanda berakhirnya fase kedaerahan dalam pergerakan kebangsaan. Serikat Sumatera. Isu akan dilancarkannya gerakan pemberontakan pada tahun 1930 menjadi alasan pemerintah untuk melakukan penggeledahan pdan penangkapan terhadap tokoh-tokoh PNI. Soetomo. [sunting] Tokoh . cari Foto para anggota Parindra sekitar tahun 1930-an Partai Indonesia Raya atau Parindra adalah suatu partai politik yang berdasarkan nasionalisme Indonesia dan menyatakan tujuannya adalah Indonesia Mulia dan Sempurna (bukan Indonesia Merdeka). Soetomo pada tahun 1930 di Surabaya. PBI sendiri merupakan klub studi yang didirikan Dr. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Budi Utomo. Pemerintah menilai PNI berbahaya bagi stabilitas social dan stabilitas politik Hindia Belanda. Untuk itu dilakukanlah berbagai upaya untuk melakukan tinadakan tegas terhadap tokoh-tokohnya.

Panji Soeroso dan Mr. Anggota ini sebagian besar terkonsentrasi di Jawa Timur. menjadi beambtenstaat(negara pegawai) yang memberi konsensi yang lebih baik kepada organisasi-organisasi yang kooperatif dengan pemerintah Hindia Belanda. yang disinyalir nama ini bertendensi dengan negara Jepang. Salah satu bukti kedekatan Parindra dengan Jepang yaitu ketika Thamrin meninggal dunia.600 orang. Soetomo meninggal pada bulan Mei 1938. anggotanya menjadi 11. Moehammad Hoesni Thamrin telah mengadakan kontak-kontak dagang dengan Jepang sehingga ia memainkan kartu Jepang ketika ia berada di panggung politik Volksraad. Pada tahun 1937. Ketika Dr. Pada akhir tahun 1938. Maka pada tanggal 9 Februari 1941. pemerintah Hindia Belanda menganggap Thamrin lebih berbahaya daripada Soekarno. Soesanto Tirtoprodjo.250 orang. kedudukannya sebagai ketua Parindra digantikan oleh Moehammad Hoesni Thamrin. Parindra memiliki anggota 4. seorang pedagang dan anggota Volksraad. rumah Moehammad Hoesni Thamrin digeledah oleh PID (dinas rahasia Hinda Belanda) ketika ia sedang terkena penyakit malaria.500 orang. R. Bukti lain adalah pembentukan gerakan pemuda yang disebut Surya Wirawan (Matahari Gagah Berani). Kegiatan Parindra ini mendapat semakin mendapatkan dukungan dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada saat itu. .Tokoh-tokoh lain yang ikut bergabung dengan Parindra antara lain Woeryaningrat. yang menggantikan de Jonge pada tahun 1936. Sebelum menjadi ketua Parindra. Dengan demikian Parindra digambarkan sebagai partai yang bekerjasama dengan pemerintahan Hindia Belanda di awal berdirinya. akan tetapi dicurigai di akhir kekuasaan Hindia Belanda di Indonesia pada tahun 1942 sebagai partai yang bermain mata dengan Jepang untuk memperoleh kemerdekaan. selang dua hari kemudian Muhammad Husni Thamrin menghembuskan napas yang terakhir. Karena aktivitas politiknya yang menguat dan kedekatannya dengan Jepang. Soekardjo Wirjopranoto. Partai Indonesia Raya diperkirakan memiliki anggota sebanyak 19. [sunting] Kegiatan Parindra berusaha menyusun kaum tani dengan mendirikan Rukun Tani. para anggota Parindra memberikan penghormatan dengan mengangkat tangan kanannya. menyusun perekonomian dengan menganjurkan Swadeshi (menolong diri sendiri). Pada bulan Mei 1941 (menjelang perang Pasifik). mendirikan Bank Nasional Indonesia di Surabaya. Gubernur Jenderal van Starkenborg memodifikasi politiestaat peninggalan de Jonge. van Starkenborg. serta mendirikan percetakanpercetakan yang menerbitkan surat kabar dan majalah. menyusun serikat pekerja perkapalan dengan mendirikan Rukun Pelayaran Indonesia (Rupelin).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->