PENANGANAN HASIL PERIKANAN

Pokok Bahasan

: Penanganan

Hasil

Perikanan

Di

Tempat Pengolahan Sub Pokok Bahasan : 1. Prinsip Perikanan 2. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menangani hasil perikanan Penanganan Hasil

Tujuan Pembelajaran Khusus Setelah mempelajari materi Penanganan Hasil Perikanan ini, peserta diharapkan dapat menjelaskan dan melakukan prinsip penanganan hasil perikanan dengan baik dan benar..

5

enzim tetap bekerja. antara lain oleh enzim dan bakteri. Ikan yang tertangkap dan mati. Pada saat ikan mati. Meskipun ikan telah mati. Bakteri adalah jasad hidup yang sangat kecil. insang dan lendir / permukaan kulit. dan menyebabkan ikan menjadi 6 . bakteri berkembang dengan pesat. Prinsip Penanganan Hasil Perikanan Ikan merupakan bahan makanan yang sangat cepat dan mudah membusuk. sehingga daging ikan menjadi lembek. yaitu isi perut. Enzim adalah katalis biologis yang membantu reaksireaksi kimia yang terjadi dalam tubuh ikan sewaktu ikan hidup. terdapat dalam 3 tempat pada tubuh ikan. busuk. Proses pembusukan ikan yang begitu cepat disebabkan karena banyak hal. esok harinya sudah tidak begitu enak. dan 2 – 3 hari kemudian sudah tidak dapat dikonsumsi lagi karena busuk.A. dan enzim ini terdapat dalam daging dan isi perut ikan terutama pada alat-alat pencernaan. kali ini enzim bekerja bukan tidak lagi menguntungkan tetapi memecah protein ikan. jika dibiarkan begitu saja.

kucing. Tangani ikan secara bersih. menangani ikan harus penanganan ikan.Untuk mencegah pembusukan. Ruangan harus dibersihkan sebelum maupun sesudah digunakan. maka sangat efektif bila kedua penyebab pembusukkan pada ikan ini (yaitu enzim dan bakteri) disingkirkan dan mencegah penyebab lain yang datang dari luar ikan itu sendiri. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menangani ikan Dalam menangani ikan sebelum dilakukan pengolahan. Demikian juga Caranya adalah dalam prinsip-prinsip menerapkan mempertahankan kesegaran ikan sepanjang mungkin dengan memperlakukan ikan sebagai 7 . dan lain-lain. Tangani ikan pada kondisi yang dingin (pada suhu rendah) 2. lalat. B. perlu diperhatikan kebersihan agar ikan tidak mudah terkontaminasi baik oleh mikroorganisme. bahan kimia ataupun oleh hewan perusak dan pembawa penyakit seperti tikus. yaitu : berikut : 1. Tangani ikan secara cermat dan hati-hati. 4. Tangani ikan secara cepat 3.

lain. 2. Segera tangani ikan secara cepat. 8 . 4. Bersihkan peralatan yang akan digunakan. isi perut. tulang. Karena pada kondisi bersih. Karena pada kondisi yang dingin pembusukan bisa terhambat atau bahkan mati. bakteri sebagai penyebab kondisi atau suhu rendah. Bersihkan tempat dan ruangan yang akan digunakan untuk mengolah ikan. Prosedur menangani ikan sebelum diolah : 1. dll). cermat dan hati-hati dengan membuang bagian-bagian yang tidak akan digunakan (insang. Simpan ikan pada tempat yang dingin. 3. atau pada Lingkungan kerja harus tetap dijaga dalam suhu rendah. dapat mencegah perkembangan dari mikroorganisme yang merupakan penyebab pembusukan.peralatan yang akan digunakan harus dalam keadaan bersih. saat seperti mengerjakan pekerjaan yang membersihkan bumbu-bumbu yang akan digunakan dalam mengolah ikan.