1. Jelaskan pengertian demokrasi !

Jawab: Demokrasi ialah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat sebagaimana hal tersebut dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. (hal 55) 2. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat Convensi ? Jawab: sifat-sifat Convensi yakni 1. merupakan kebiasaan yang berulang kali dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara. 2. tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar dan berjalan sejajar diterima oleh seluruh rakyat 4. bersifat sebagai pelengkap, sehingga memungkinkan sebagai aturan-aturan dasar yang tidak terdapat dalam Undang-Undang Dasar. 3. Sebutkan unsur-unsur suatu negara ! Jawab: Unsur-unsur suatu negara ialah adanya wilayah atau daerah territorial yang sah, adanya rakyat di dalam wilayah tersebut, memiliki pemerintahan yang sah diakui dan berdaulat. Bagaimana pengertian demokrasi Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 ? Jawab: Mengandung pengertian bahwa rakyat adalah sebagai unsur sentral, yang harus mendapatkan pembinaan dan pengembangan kemudian ditunjang oleh adanya orientasi baik pada nilai-nilai yang universal yakni rasionalisasi hukum dan perundang-undangan juga harus ditunjang norma-norma kemasyarakatan yaitu tuntutan dan kehendak yang berkembang dalam masyarakat. 5. Mengapa setiap negara harus mempunyai konstitusi ? Jelaskan ? Jawab: Karena konstitusi berisikan aturan-aturan untuk menjalankan suatu organisasi pemerintahan negara yang di dalamnya termasuk kesepakatan politik negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan dan distibusi maupun alokasi. Apa bila negara tidak memiliki konstitusi maka suatu organisasi pemerintahan tidak dapat berjalan dan negara mengalami kemudorotan dimana negara akan tidak stabil. 6. Sebutkan empat unsur pokok untuk berdirinya negara hukum (rechsstaat) menurut Friederich J. Stahal ? Jawab : terdapat 4 unsur pokok untuk berdirinya suatu negara hukum (rechsstaat) yaitu: (1) hak-hak manusia; (2) pemisahan atau pembagian kekuasaaan untuk menjamin hak-hak itu; (3) pemrintahan berasarkan peraturanperaturan; dan (4) peradilan dalam perselisihan (Muhtaj, 2005: 23) 7. Wawasan nusantara memiliki wadah yang mempunyai tiga komponen, sebutkan ? Jelaskan !

3.

Letal geografis negara sangat berpengaruh besar pada aspek-aspek kehidupan nasional Indonesia yang perwujudan wilayah ini menyatu dalam kesatuan politik. empirisme yang mendasarkan atas kebenaran fakta empiris. dan pertahanan keamanan 2.Jawab : Wawasan nusantara sebagai wadah yang mempunyai 3 komponen yaitu: 1. ekonomi. (hal 136) 1. Sebutkan dan jelaskan ideologi-ideologi yang ada di dunia ? 1. Dalam pengertian inilah manusia menurut paham liberalisme memiliki potensi dan senantiasa berjuang untuk keentingan . sosial budaya. liberalisme paham yang berkembang dari akar-akar rasionalisme yaitu paham yang mendasarkan rasio sebagai sumber kebenaran tertinggi. Baik laut maupun selat serta dirgantara di atasnya yang merupakan satu kesatuan ruang wilayah. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik dan merupakan negara hukum. 3. (2) kekuatan apa yang harus dimiliki suatu bangsa dan negara sehingga ia selalu mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. yang di dalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan(Usman. (3) ketahanan atau kemampuan bangsa untuk tentang jaya.2003: 5). tata kelengkapan organisasi wujud tata kelengkapan organisasi adalah kesadaran politik dan bernegara yang harus dimiliki oleh rakyat yang mencakup partai politik. materialisme yang meletakkan materi sebagai nilai tertinggi. meskipun mengalami berbagai gangguan. wujud wilayah batas ruang lingkup wilayah nusantara ditentukan oleh lautan yang ada didalamnya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling d hubungkan oleh dalamnya perairan.(hal 147) 2. hambatan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar. mengandung makna keteraturan(regular) dan stabilitas. tata inti organisasi Tata ini organisasi Indonesia berdasarkan pada UUD 1945 yang menyangkut bentuk dan kedaulatan negara. semua lapisan masyrakat dapat mewujudkan demokrasi secara kontitusional berdasarakan UUD 1945 dan dasar filsafat pancasila dalam kegiatan bermasyarakat. golongan dan organisasi masyarakat. kekuasaan pemerintahan dan sistem perwakilan. kalangan pers serta seluruh aparatur negara. serta individualisme yang meletakkan nilai dan kebebasan individu sebagai nilai tertinggi dalam segala aspek masyarakat dan negara. Apa yang melatarbelakangi ketahanan nasional suatu bangsa secara kenseptual ? Jawab : secara kenseptual ketahanan nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh: (1) kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. berbangsa. dan bernegara.

dirinya sendiri maka hal ini hal ini akan menghasilkan potensi konflik. etnis atau kelompok yang mendasarkan pada suatu agama. Atas dasar inilah maka sebenarnya komunisme adalah ideologi yang anti demokrasi dan anti hak asasi. Gerakan-gerakan politik yang mendasarkan pada ideologi keagamaan lazimnya sebagai suatu reaksi atas ketidakadilan. perdamaian ketertiban abadi dan keadilan sosial serta anti penjajahan bangsa satu terhadap bangsa lainnya karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan. sehingga hak asasi itu hanya diukur berdasarkan kepentingan kelas proletar. yang ada hanyalah hak asasi yang berpusat pada hak kolektif. Sehingga manusia harus membuat pelindungan bersama. Dalam melakukan politik luar negeri Indonesia menjunjung tinggi akan perdamaian dan keadilan sosial dalam berpolitik dengan negara-negara lain karena bangsa Indonesia merupakan bangsa anti penjajahan dimana menjunjung tinggi kemerdekaan dan perdamaian bangsa sesuai dengan pembukaan UUD 1945 Mengapa masyarakat Indonesia memandang masa demokrasi liberal lebih baik daripada masa reformasi ! Jelaskan ? Karena menurut pandangan masyarakat pada jaman demokrasi liberal itu harga barang bahan pangan stabil dimana kesejahteraan rakyat dapat dikatakan tercapai sehingga negara dikatakan jauh lebih aman karena tingkat tindakan kriminal ditekan atau pengontrolan pemerintah yang sangat tegas. 3. 3. penindasan serta pemaksaan suatu bangsa. manusia akan menjadi ancaman bagi manusia lainnya. negara pada hakikatnya merupakan alat untuk mencapai tujuan individu dan dalam kepentingan inilah kemudian manusia secara bersama-sama menyelenggarakan dan mengatur negara sebagai lembaga kemasyarakatan dan kelembagaan kemanusiaan 2. Karena adanya sentralisasi kekuasaan terhadap presiden yang membawa dampak . Negara menurut liberalisme harus tetap menjamin kebebasan individu. komunisme paham komunisme dalam memandang hakikat hubungan negara dengan agama meletakkan pada pandangan filosifinya yaitu materialisme dialektis dan materialisme historis. Namun didalam sistem pemerintahannya masa demokrasi liberal melenceng dari penerapan UUD 1945. ideologi keagamaan secara keseluruhan ciri bahwa ideologi keagamaan senantiasa mendasarkan pemikiran. Hakikat kenyataan tertinggi adalah materi sehingga menurut komunisme hak-hak asasi individual tidak ada. Apa yang melandasi politik luar negeri Indonesia ? Jelaskan ! Jawab : politik luar negeri Indonesia yang berlandaskan pada UUD 1945. cita-cita serta moralnya pada suatu ajaran agama tertentu. yaitu melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.

(2) berhak terhadap pekerjaan dan kehidupan yang layak.kewengangan yang dimiliki presiden tidak ada yang membatasi. Namun kenyataannya hak-hak tersebut hanya dapat terpenuhi untuk sebagian kalangan saja khususnya untuk kalangan menengah ke atas. (4) kewajiban taat dan tunduk pada hukum yang berlaku. (4) berhak mendapatkan pendidikan. . Apakah kewajiban warga negara telah terpenuhi dan juga sebaliknya apakah hak-hak warga negara telah terpenuhi dalam kehidupan realita saat ini ? Jawab: dapat diketahui hak warga negara yakni. (1) mendapat perlindungan hukum. (2) membayar pajak retribusi yang ditetapkan pemerintah. Kewajiban warga negara yakni. Dan tentunya menimbulkan dampak peningkatan tindakan kriminal. Warga negara mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap negara dan sebaliknya warga negara juga mempunyai hak-hak yang harus diberikan dan dilindungi oleh negara. Sedangkan pada masa reformasi sistem pemerintahan berjalan secara demokrasi dan kekuasaan tertinggi ada pada rakyat namun pada jaman sekarang pemerintah tidak dapat memberikan hak-hak yang dimiliki rakyat secara maksimal sehingga mengakibatkan kemiskinan dan kesejateraan tidak merata. (3) bebas memeluk agama. (3) mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. 4. (1) berperan dalam membela negara atau mempertahankan kedaulatan negara. berkumpul mengeluarkan pendapat. (5) ikut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar dapat berkembang kearah lebih baik. sedangkan kewajiban sebagai warga negara sebagaian dapat terpenuhi sehingga hal ini mengakibatkan kewajiban dan hak warga negara tidak seimbang. hal ini terjadi mungkin karena faktor pendidikan atau pengetahuan mereka sehingga mereka dapat mengetahui dasar untuk menuntuk hak mereka. (5) hak yang sama dalam berserikat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful