P. 1
Modul_Senayan

Modul_Senayan

|Views: 115|Likes:
Published by n.wani

More info:

Published by: n.wani on Nov 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2011

pdf

text

original

Sections

  • 3.6 Z 39.50 SERVICE
  • 4.3 MENU MEMBER TYPE
  • 4.4 MENU IMPORT DATA
  • 4.5 MENU EXPORT DATA
  • 4.6 MEMBER CARD
  • 4.7 MEMBER CUSTOM FIELD
  • 5.1 MENU START TRANSACTION
  • 5.2 MENU QUICK RETURN
  • 5.4 MENU LOAN HISTORY
  • 5.5 MENU OVERDUED LIST
  • 5.6 MENU RESERVE
  • 6.1 MENU STOCK TAKE HISTORY
  • 6.2 MENU INITIALIZE
  • 6.3 MENU CURRENT STOCK TAKE
  • 6.4 MENU STOCK TAKE REPORT
  • 6.5 FINISH STOCK TAKE
  • 6.6 CURRENT LIST ITEMS
  • 6.7 STOCK TAKE LOG
  • 6.8 RESYNCRONIZE
  • 7.1.1 CUSTOM FIELD RECORD LIST
  • 7.1.2 TAMPILAN MULTIMEDIA
  • 7.1.3 TAMPILAN PDF STREAMING
  • 7.1.4 BOOLEAN LOGIC DI OPAC
  • 7.1.5 MEMBER AREA
  • 8.3 Tutorial Upgrade Aplikasi Perpustakaan Senayan
  • 8.4 Mengubah dan menambahkan informasi pada Library Information di
  • 8.5 Mengubah dan menambahkan informasi pada Help on Search
  • 8.7 Setting Barcode
  • 8.9 Mengaktifkan SLiMS sebagai service di Microsoft Windows

MATERI PELATIHAN SLiMS SENAYAN PERPUSTAKAAN UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA BEKERJA SAMA DENGAN FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN

TINGGI INDONESIA JAWA TIMUR

SURABAYA, 25 – 26 PEBRUARI 2011

1

BAB I INSTALASI SENAYAN LIBRARY INFORMATION MANAGEMENT SYSTEMS (SLIMS) Langkah-langkah untuk instalasi Portabel Senayan For Windows. 1. 2. 3. software senayan bisa di download lewat http://www.perpus.wima.ac.id klik lalu download portable senayan 3.14 Simpan file tersebut di direktori C:/ lalu ekstrak file sekaligus, cara mengekstrak tidak dimasukkan root folder. Caranya pilih file lalu klik kanan pilih “extract Here.” 4. Jika sudah di ekstrak otomasi akan terbentuk sebuah folder “psenayan”. Lalu dobel klik untuk masuk kedalam folder tersebut. 5. 6. Cari file yang namanya “Apache_Start.bat”kemudian aktifkan dengan cara melakukan dobel klik pada file tersebut. Akan muncul window konfirmasi bahwa servis Apache dan MySQL telah aktif. Sekarang aktifkan browser anda dan akses ke http://localhost. Sangat direkomendasikan menggunakan Firefox rilis stabil terbaru. Tidak direkomendasikan menggunakan Internet Explorer karena akan memunculkan efek tidak sehat pada mata anda. 7. Jika semuanya sudah berhasil di install dan tidak menemui masalah akan tampil web browser seperti tampak di depan.

2

BAB II OPERASIONAL MENU SYSTEM 3.1. SYSTEM CONFIGURATION (Konfigurasi Sistem) Form di sini dapat anda gunakan untuk melakukan pengubahan preferensi global aplikasi Senayan, seperti Library Name, Public Template (tampilan OPAC), Default Application Language, Admin Template (tampilan Admin), Number of Collections to Show in OPAC Result List (jumlah koleksi yang akan ditampilkan pada setiap halaman di OPAC), Show Promoted Titles at Homepage (menampilkan Judul dalam halaman awal), Disable/Enable Quick Return (untuk memperbolehkan pengembalian koleksi dengan metode cepat), Loan Limit Override (Pengabaian Batas Pinjam), Disable/Enable detail XML di OPAC, Disable/Enable hasil XML di OPAC, seting Allow (mengijinkan) atau Forbid (melarang) pengunjung/pengguna untuk mengunduh file attachment di OPAC, serta Session Login Timeout. Dalam menu ini pula, kita dapat melihat versi senayan yang kita gunakan. CONTENT MENU (Menu Konten) Menu ini digunakan untuk mengubah tampilan content aplikasi senayan. Secara de-fault, tampilan yang sudah ada dan dapat dimodifikasi dalam menu ini adalah: Home-page info, terletak di bagian depan OPAC -ketika di klik home-. Welcome to admin page, tampilan awal ketika masuk ke menu admin (Senayan Managemen Console). Help on usage, pada OPAC. Library Information, juga ada pada OPAC.

3

MODULES MENU (Menu Modul) Didalamnya terdiri dari Module List (melihat daftar module), search (mencari module), Edit dan Delete Modul serta Add New Module (menambah module). Untuk menambah module, folder modul yang sudah ada diletakkan dalam folder admin/ modules/. Kemudian klik Add New Modules, isikan informasi modul baru, yaitu: Module Name (nama modul), Module Path (path/letak modul), Module Description (deskripsi singkat modul), kemudian klik Save.

MENU SYSTEM USER (Pengguna Aplikasi Selain Administrator) Merupakan fasilitas untuk menentukan user yang dapat mengakses sistem sesuai dengan haknya masing-masing. User ini nantinya dapat melakukan Login sesuai dengan username dan password-nya masingmasing. Dalam menu ini terdapat beberapa fasilitas: Add New User (menambah user), Users List (melihat daftar user), Search (mencari user), Edit dan delete user. Untuk menambah user baru, klik Add New User, kemudian isikan Login Username, Real Name, Groups, Password.

MENU USER GROUPS (Kelompok Pengguna) Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan Groups dari User. Dalam User Groups ini anda bisa membuat pengelompokan User-user system anda serta memberikan hak baca (Read) atau Tulis (Write) pada modul-modul Senayan. Setiap User pada Senayan bisa bergabung ke lebih dari satu grup.

4

MENU HOLIDAY SETTING Merupakan fasilitas untuk menentukan hari-hari libur dimana perpustakaan tidak membuka pelayanan. Pendefinisian hari libur ini akan perpengaruh pada perhitungan hari kerja/buka aktif perpustakaan dan perhitungan denda. Ada dua jenis hari libur yang dapat didefinisikan dalam menu ini, hari libur rutin (senin s.d minggu) dan hari libur khusus (didefinisikan dengan tanggal, bulan dan tahun). Untuk Set Holiday, pustakawan tinggal memilih hari yang merupakan hari libur rutin. Sedangkan untuk Add Special Holiday, pustakawan dapat menentukan tanggal, bulan, tahun serta keterangan hari libur. Selain itu, special holiday juga dapat diseting dengan kisaran waktu libur (tanggal mulai sampai tanggal selesai libur). MENU BARCODE GENERATOR Masukkan kode-kode yang akan dibuat menjadi barcode pada kolomkolom yang ada dilayar. Tentukan ukuran barcode (Small, Medium, atau Big), kemudian klik tombol Generate Barcode. Maka barcode dapat dilihat dalam bentuk .html dan dapat dicetak dalam printer. Default encoding barcode yang digunakan adalah 128B. Anda dapat merubah encoding barcode ini pada file konfigurasi global Senayan, sysconfig.inc.php. Temukan baris yang tertulis: $sysconf ['barcode_encoding'] = '128B'; Ubah nilai 128B menjadi tipe encoding yang anda inginkan. Pastikan direktori images bisa ditulis oleh web server anda. Catatan: Karakter yang dapat diproses dalam Barcode Generator hanyalah kumpulan angka dan huruf.

5

dalam menu System log ini.inc. 6 . Cari baris yang tertulis: $sysconf ['mysqldump'] = '/usr/bin/mysqldump'.sql. Format file cadangan yang dibuat Senayan adalah . gantilah /usr/bin/mysqldump sesuai dengan letak mysqldump di komputer server. Untuk dapat membuat cadangan.sql dan diberi nama sesuai tanggal pembuatan. Ketika aplikasi Senayan ini sudah lama digunakan. perlu terlebih dahulu didefinisikan letak/path file mysqldump. MENU BACKUP DATABASE Merupakan fasilitas untuk membuat cadangan (backup) database Senayan. Caranya adalah dengan mengedit file sysconfig. Catatan : untuk melakukan backup ini. Message yang muncul dalam System Logs ini meliputi Siapa (User/Administrator). user database mysql harus mempunyai hak LOCK TABLES. Setelah path mysqldump tepat. diberikan fasilitas SAVE LOGS TO FILES.MENU SYSTEM LOGS Merupakan menu untuk melihat rekaman proses yang dilakukan oleh Senayan.php. klik Start New Backup maka Senayan akan membuat cadangan secara otomatis. pada pukul 12:31:06. dan kemudian kita bersihkan layar dengan klik CLEAR LOGS. Rekaman yang muncul adalah Time (waktu). Nama file cadangan di atas berarti: dibuat pada tanggal 1 bulan 5 tahun 2008. Oleh karena itu. misalnya: backup_20080501_123106. Proses ini akan menyimpan log yang ada. Location (lokasi -nama modul-). maka secara otomatis log proses kerja Senayan juga akan bertambah banyak. melakukan apa dan dari mana. dan Message (keterangan).

misal: koleksi digital) dan Skipped by Stock Take (tidak di proses dalam Stock Take) ● Collection Type Diisikan dengan tipe koleksi yang dimiliki perpustakaan. Publisher. Subject. ● Publisher* diisikan nama penerbit ● Supplier merupakan data suplier yang menjadi rekanan perpustakaan dalam mendapatkan koleksi. Reference 7 . Author. Language dan Frequency. Reserved). mengedit) data master file. Ada dua pilihan dalam Rules: No Loan Transaction (item tidak bisa dipinjam. Place. ● Author* Diisikan dengan nama pengarang dan jenis pengarang (pribadi atau kelompok) ● Subject* Diisikan dengan topik/subyek dari data koleksi yang kita masukkan. ● Location Diisikan kode lokasi dan nama lokasi penempatan koleksi ● Place* Diisikan dengan tempat terbit ● Item Status Diisikan dengan status item (Repair. menghapus.BAB III OPERASIONAL MENU MASTER FILE Master File digunakan untuk mengelola (menambah. Pada Item Status ini diisikan Item Status Code. Doc.On Loan. misal: Textbook. Item Status Name serta Rules. Dalam modul Master File kita dapat memasukkan data yang dapat digunakan sebagai master dalam entry data bibliografi. Data-data yang dapat kita definisikan dalam modul Master File ini adalah: ● GMD General Material Designation – Bentuk fisik koleksi atau media fisik tempat penyimpanan informasi. Data yang dapat diubah adalah: GMD.

Secara default Senayan mempunyai tiga label: New Title. Misal: Bahasa Indonesia. ● Label: Untuk memberikan informasi khusus tentang bibliografi. Bahasa Perancis. Author dan Subject selain dapat diisikan lewat Master File juga dapat diisikan saat mengisi data bibliografi. label dapat didefinisikan pada menu Master File. Bahasa Inggris. 8 . Favorite Title dan Multimedia. Bahasa Jawa dll. *) Publisher. Language Diisikan dengan bahasa yang digunakan oleh dokumen. ● Frequency: Diisi dengan kala/frekwensi terbit terbitan berseri.● Doc.

isian ini mengambil data dari Master File. ● ISBN/ISSN : Nomor ISBN atau ISSN ● Class: Nomor klasifikasi koleksi (DDC. UDC atau lainnya).BAB IV OPERASIONAL MENU BIBLIOGRAPHY (Bibliografi) Modul ini berisi menu Add New Bibliography (membuat data bibliografi/katalog baru). Item Barcodes Printing (mencetak item barcode) serta fasilitas Import dan Eksport Data. catatan serial yang dimiliki. melihat Item yang sedang dipinjam klik pada menu Checkout Items. Maka akan muncul layar seperti dibawah ini: Metadata yang harus kita isikan adalah: ● Title: Judul koleksi ● Edition: Pernyataan edisi ● Specific Detail Info: Berisi informasi khusus bibliografi. Selain itu. Item List (melihat daftar item/kopi koleksi). Jika field ini diisi. Class ini akan sangat berguna dalam proses Stock Take. Chekout Items (melihat daftar item yang sedang dipinjam). Menu Add New Bibliography Menu ini digunakan untuk menambah bibliografi baru. misalnya: skala pada peta. 9 . demikian pula jika kita ingin melihat daftar item klik pada Item List. pada modul ini juga dilengkapi dengan Labels Printing (mencetak label). Untuk melihat daftar bibliografi dilakukan dengan klik pada navigasi Bibliography List. Bibliographic List (melihat daftar bibliografi). ● Author: Pengarang ● GMD : General Material Designation (Jenis Koleksi) ● Frequency: Frekuensi terbitan berkala. maka data bibliografinya akan terdeteksi sebagai serial dan muncul di modul serial control. klik pada Add New Bibliography.

doc . atau file multimedia dari data bibliografi yang bersangkutan.csv.mp4 .avi .wmv .txt .gif .wma .ods . Data ini juga dapat diambil dari Master File ● Language: Pilihan bahasa dokumen ● Abstract/Notes: Catatan penting berkaitan dengan bibliografi ● Image: Gambar (biasanya sampul) yang menunjukkan identitas koleksi.ogg . File yang dapat diupload adalah file yang berekstensi .mpeg .rtf .pdf .odt .mvk .png .● Publisher: Nama Penerbit. maka nantinya senayan akan memutar secara streaming dengan program Flow-player dan tidak dapat diunduh. Jika yang diupload adalah file multimedia. maka file tersebut dapat didownload.xls .jpg .jpeg . Sedangkan jika file yang diupload adalah file non multimedia. diambilkan dari data yang ada pada Master File Publish ● Year: Tahun Terbit ● Publication Place: Tempat Terbit ● Collation: Kolasi/Deskripsi Fisik ● Series Title : Judul seri (jika ada) ● Call Number: Nomor Panggil Koleksi ● Topics : Topic/subyek.mp3 .odp .ppt .flv . 10 . Gambar ini akan muncul di OPAC File ● Attachment: Dapat diisi dengan file yang berkaitan dengan koleksi (misalnya hasil scan halaman daftar isi koleksi bersangkutan).

Cara menambah item ini adalah dengan klik pada Add New Item. apakah akan ditampilkan di halaman depan atau tidak. file dan gambar telah sukses di simpan. label dapat didefinisikan pada menu Master File. Letaknya dibawah field Detil Spesifik. 11 . Kode inilah yang merupakan kode unik yang mewakili tiap eksemplar koleksi. Jika berhasil maka sistem akan memunculkan informasi bahwa data bibliografi.Hide in OPAC: ● Show: Data Bibliografi bisa diakses melalui OPAC. Tambahannya adalah sebuah form dimana kita dapat memasukkan item. klik Save. Setelah data kita isikan. dapat diisikan URL yang sesuai dengan bibliografi. namun akan bertambah. ● Label: Untuk memberikan informasi khusus tentang bibliografi. Sedangkan Label harus didefinisikan di Master File dulu. Layar tidak akan berganti. Secara default Senayan mempunyai tiga label: New Title. Fitur Promote to Homepage berkaitan dengan konfigurasi Show Promoted Titles at Homepage yang ada pada Modul System Configuration. ● Hide: Data Bibliografi tidak dapat diakses melalui OPAC ● Promote in Homepage: untuk mengatur sebuah bibliografi. Tugas berikutnya adalah memasukkan Item. Pada label. Item dapat dipahami sebagai kopi dari koleksi dimana setiap item memiliki kode barcode (Item Code) yang unik. Favorite Title dan Multimedia.

Pemesanan) ● Order Date (Tanggal Pemesanan) ● Received Date (Tanggal Penerimaan) ● Supplier (Penyedia) ● Item Source (Sumber Perolehan) ● Invoice (Faktur) ● Invoice Date (Tanggal Faktur) ● Price (Harga) 12 . Panggil) ● Inventory Code (Kode Inventaris) ● Location (mengacu pada Master File) ● Shelf Location (Lokasi Rak) ● Collection Type (Tipe Koleksi) ● Item Status (Status Koleksi) ● Order Number (No.FORM PENAMBAHAN ITEM INI BERISI FIELD SEBAGAI BERIKUT: ● Title (Judul) ● Item code (Kode Koleksi) ● Call Number (No.

13 . pengarang. pilih field kemudian klik Search ● Setelah ditemukan. Title. Berikut langkah untuk mengedit atau menghapus bibliografi lewat menu Bibliographic List: ● Cari bibliografi yang akan diubah dengan mengetikkan judul pada Search Bibliografi. ● Aktifkan mode edit dengan klik icon Edit di pojok kanan bawah atau pojok kanan atas. check box data yang akan di hapus lalu klik Delete Selected Data atau klik icon edit (sebelah kiri judul) untuk mengedit. Informasi yang dimunculkan dalam menu ini adalah: Title. ISBN/ISSN. copies dan juga last update. Class. ● Muncul tampilan data bibliografi yang masih di disable. dan Last Update. ● Edit bagian yang perlu. ISSN/ISBN. Menu ini memungkinkan kita untuk dapat mengurutkan daftar berdasar title/judul. check box data yang akan di hapus lalu klik Delete Selected Data atau klik icon edit (sebelah kiri judul) untuk mengedit. Copies dan Last Update. MENU ITEM LIST (DAFTAR KOLEKSI) Menu ini digunakan untuk melihat item yang dalam database Senayan. Dengan menu ini dapat pula dilakukan proses edit dan hapus item. Dengan menu ini pula. Berikut langkah untuk mengedit atau menghapus item: ● Cari item yang akan diubah/hapus dengan mengetikkan judul atau item code pada kolom Search. Location. Informasi yang ada dalam menu ini adalah: Item Code. kemudian klik Save Change. Type. kemudian klik Search ● Setelah ditemukan.MENU BIBLIOGRAPHIC LIST (DAFTAR KATALOG) Menu ini digunakan untuk melihat data bibliografi yang sudah ada dalam database Senayan. bibliografi dapat dicari untuk di edit atau di hapus.

● Edit bagian yang perlu. kemudian klik Save Change. Aktifkan mode edit dengan klik icon Edit di pojok kanan bawah atau pojok kanan atas. 14 .● Muncul tampilan data item yang masih di disable.

blogspot. Sedangkan pada Psenayan YAZ sudah dipaketkan. Selain ISBN dan Title. Untuk penggunaan Z39. Loan Date (tanggal pinjam).50 dapat digunakan ISBN /ISSN.50 SERVICE dimana memungkinkan perpustakaan pengguna senayan untuk mengambil koleksi dari perpustakaan Library of Congress (http://loc. karena dengan ISBN /ISSN pencarian koleksi bisa lebih akurat. 15 . P2P Service memanfaatkan fasilitas xml yang telah ada di senayan untuk berbagi koleksi bibligrafi.MENU CHECKOUT ITEMS (DAFTAR KOLEKSI KELUAR) Menu ini memberikan informasi tentang item yang sedang dipinjam. Untuk efektifitas penggunaan Z39. kemudian Senayan akan mengambil data. Sebagai contoh ISBN=0-596-00108-8 AND TITLE=bazaar. GMD dan subject. bisa dibuka di http://dicarve. Detail installasi YAZ.50 library YAZ harus diinstall terlebih dahulu. 3. Jika sistem menemukan koleksi yang dicari. Pencarian pada P2P Service ini dapat menggunakan pencarian spesifik model Boolean. MENU P2P SERVICE Konsep dasar dari fitur ini adalah berbagi data bibliografi antar pengguna Senayan. Pustakawan cukup memasukkan judul. Due Date (tanggal kembali). maka akan ditampilkan. maka pustakawan dimungkinkan untuk memilih koleksi yang diinginkan kemudian save. Informasi yang ada dalam menu ini adalah Item Code. Selain YAZ port 7090 juga harus terbuka.com. Dalam menu ini dilengkapi juga dengan fasilitas pencarian dengan pendekatan item dan judul bibliografi. Member ID peminjam. pencarian detail dapat juga menggunakan author. Jika hasilnya lebih dari satu. pengarang atau ISBN/ISSN. isikan kata kunci dan pilih lokasi/url/perpustakaan yang dituju untuk pencarian.6 Z 39. Title.gov). Untuk penggunaan P2P Service ini. cukup dengan klik p2p service.

GMD."005."English".4/32-22 Elll". Edisi. Klasifikasi. Aaron>" . Publisher. "OReilly"."".id/download/docs/tutorial-athen2.4/32 2". Bahasa. Proses eksport akan menghasilkan file . secara lebih detail silakan baca pada manual konversi data dari Athenaeum ke Senayan dan dari SIPISIS ke Senayan. 925 p. Proses ini dapat dipahami sebagai pertukaran data. "<B00009><B00010>" 16 ."linux_in_a_nutshell. Tool ini dapat anda akses di http://senayan. Contohnya adalah sebagai berikut: "Linux In a Nutshell" .jpg".CA"."In a Nutshell". subyek.cvs. "2005"."Sebastopol. ISBN. "". Deskripsi Fisik. Catatan."005. 23 cm. Selain itu Tim Pengembang Senayan juga menyediakan tool online untuk konversi senayan. nama file File attachment.id/senayanconverter MENU EXPORT DATA Menu export data ini digunakan untuk mengambil data bibliografi dalam aplikasi Senayan."<Operating System><Linux><Computer>" . Stephen><Weber. barcode. Robert><Robbins.pdf. : ill.csv."<Siever.MENU IMPORT DATA Menu import data ini digunakan untuk mengambil data bibliografi dari luar senayan dalam format csv (atau dari database Senayan yang sudah di eksport dalam bentuk .csv). kemudian dimasukkan dalam program aplikasi Senayan. Judul Seri."Printed Book".go. nama file Image.diknas.senayan http://senayan. . Arnold><Figgins. Ellen><Love. "Fifth Edition" ."9780596009304" . Call Number. untuk kemudian dapat di masukkan dalam aplikasi senayan lainnya. Thn Terbit. Format .".id/download/docs/tutorial-isis2senayan. Manual konversi ini dapat anda peroleh di dan http://senayan.go. pengarang.diknas.go.diknas."xiv. Untuk petunjuk import data. Tempat Terbit. sedangkan proses import membutuhkan file dengan format .csv tersebut adalah berurutan sebagai berikut: Title.

Keterangan: (Proses Eksport Bibliography) ● Field Separator : untuk mendefinisikan pemisah antar field ● Field Enclosed with: mendifinisikan karakter pembuka/penutup ● Field Record Separator: Pemisah antar Record ● Number of Record to Export: Jumlah Record yang di Eksport ● Start From Record: Record pertama Proses Export dimulai Keterangan: (Proses Import Bibliography) ● File To Import: File yang akan di import. 17 . Caranya adalah dengan menyesuaikan format .csvnya.csv ke Senayan.csv dan sesuai dengan format . Artinya item akan menyesuaikan data bibliografi yang telah diimport lebih dahulu. Jika kegiatan ini dilakukan dari database Senayan yang satu ke Senayan yang lain. berekstensi .csv yang digunakan senayan (lihat contoh diatas) ● Field Separator: Pemisah antar field yang digunakan ● Field Enclosed with: Karakter pembuka/penutup field ● Number of Record to Import: Jumlah Record yang akan diimport ● Start from record: Record pertama Proses Import dimulai ITEM EKSPORT Format diatas daat dijadikan acuan jika ingin memasukkan data . maka item import dilakukan setelah bibliography import. ITEM IMPORT Item import digunakan untuk memasukkan data item ke database Senayan.

Sedangkan secara manual. Last up-date. ADD NEW MEMBER Fasilitas untuk menambahkan data anggota baru ke dalam sistem Senayan. 18 . Membership Type (Tipe Keanggotaan). maka kita dapat memperpanjang dengan mengklik menu EDIT. Membership Type. Pada daftar ini dilengkapi pula dengan fasilitas DELETE dan EDIT. Otomatis. nama kantor atau nama organisasi). E-mail. Member Name. Register Date (tanggal mendatar). Fax Number (Nomor Fax).Selain itu perpanjangan juga dapat dilakukan secara massal. yaitu: MENU VIEW MEMBER LIST Digunakan untuk melihat anggota yang telah terdaftar dalam sistem. Gender (Jenis Kelamin). Perpanjangan masa keanggotaan dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Informasi yang ditampilkan adalah Member ID. terhitung dari tanggal perpanjangan. dapat kita lakukan dengan checkbox EXTEND maka keanggotaan akan diperpanjang selama waktu yang ditentukan. Email. Member Name (Nama Lengkap Anggota). kemudian klik Extend Selected Member(s). Phone Number (Nomor Telepon). Data anggota yang dimasukkan adalah: Member ID (ID Anggota barcode/RFID-). Postal Code (Kode Pos). Address (Alamat rumah atau kantor).BAB VI OPERASIONAL MENU MEMBERSHIP Modul Membership digunakan untuk mengelola data anggota. Expiry Date (tanggal kadaluarsa). Di Menu ini terdapat beberapa menu. dapat dilakukan dengan editing Expiry Date. Caranya adalah dengan klik View Expired Member. Personal ID Number (Nomor ID Personal seperti no. Institution (nama institusi. Jika ada anggota yang keanggotaanya telah habis. Checkbox member yang akan di perpanjang.

Namun jika di uncheck. Di dalam jenis keanggotaan ini di tetapkan Loan Limit (batas eksemplar peminjaman).5 MENU EXPORT DATA Menu ini digunakan untuk mengambil data member didalam aplikasi senayan. Reserve (pemesanan). dan Upload Photo (File foto anggota).csv Contoh record data csv dari member ini adalah: 19 . Pada form ini pula. Membership Periode (lama keanggotaan). maka anggota yang bersangkutan tidak akan dapat melakukan sirkulasi. Fine Each Day (denda perhari). Dalam Expiry date terdapat Auto Set.KTP). jika auto set di check maka tanggal expired anggota akan dihitung berdasar Membership Type. maka Expiry date dapat ditentukan secara manual. 4. Hal ini dapat diterapkan sebagai sanksi kepada anggota yang melanggar peraturan perpustakaan 4. dan Overdue Grace Periode (Toleransi keterlambatan -dalam hari-). Loan Periode (lama pinjam). dan hasilnya adakah data dalam bentuk . Jika Pending Membership ini di check. maksud dari fasilitas ini.csv. Format data yang di import adalah . disediakan fitur Pending Membership. Reserve Limit (batas eksemplar pemesanan). meskipun masih aktif. 4.4 MENU IMPORT DATA Menu ini digunakan untuk mengambil data member dari luar aplikasi Senayan untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Senayan. dengan memilih tanggal Expirednya.3 MENU MEMBER TYPE Merupakan definisi jenis keanggotaan. Notes (Catatan singkat). Reborrow Limit (batas perpanjangan).

"99999" . "2009-12-25". ● Pada Custom Field 1 diisi sebagai berikut: 'dbfield' => 'status'. Nama. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: ● Buka file member_custom_fields. "Jakarta" . Member Type. 4. Barcode. "KTP No.php yang terletak di folder /admin/modul/membership ● Dalam file ini terdapat 5 custom field yang dapat digunakan. pada fitur ini pengguna senayan dapat menambahkan informasi (field) baru yang harus diisikan dalam informasi keanggotaan. Untuk menambahkan field baru.inc. "2008-12-25". // default value of field 20 ."0" . Maka custon 2-5 dihapus terlebih dahulu.com". // name of field in 'biblio' table in database. Cara mencetaknya sama dengan cara mencetak label atau barcode."Perpustakaan UWM" .jpeg" . 123". Informasi yang ada dalam kartu anggota ini adalah: ID. Custom field ini dapat dihapus atau dikurangi.7 MEMBER CUSTOM FIELD Serupa dengan Biblio Custom."M001" . // label of field in form 'type' => 'text'. make sure y 'label' => __('Status Pernikahan')."2008-12-25". // type of field 'default' => ~."Mahasiswa" . "Anggota Teladan tahun 2006" 4."" .6 MEMBER CARD Menu ini digunakan untuk mencetak kartu anggota. Foto (Jika ada) dan Identitas perpustakaan. "99999". Misalnya akan di tambah 1 field baru untuk informasi status pernikahan."99999" ."Bambang Kriscahyo" ."bambang kriscahyo@yahoo. "member_M001.

'max' => '50'. FOR FUTURE RELEASE USE 'width' => 50). maximum is 100 ● Berikutnya adalah menambahkan field/kolom status pada tabel member. 'checklist' or 'choice' 'indexed' => true. / NOT APPLICABLE YET. ● Hasil dari modifikasi ini adalah sebagai berikut (dapat dilihat pada add new member): 21 . // width of field in form for 'text' field type. // an array of data for 'dropdown'. // maximum character to enter in 'text' field type 'data' => false.

pertama harus diseting enable pada modul System. 22 . Expire Date (tanggal akhir keanggotaan) dan foto anggota. Mulai Senayan3-stable11. Fines (denda). Beberapa menu yang ada di dalamnya adalah: 5. Member Type (jenis keanggotaan). Mulai pada Senayan3-stable13 tersedia fitur cetak nota transaksi. CIRCULATION ● Modul ini dipakai untuk proses sirkulasi. Untuk aktivasi silakan lihat pada Modul System Configurations. Dalam Current Loans juga terdapat fasilitas untuk mengembalikan (Return) dan memperpanjang (Extend) peminjaman. Loan History (sejarah peminjaman yang dilakukan oleh anggota). dimungkinkan untuk menentukan tanggalpinjam dan kembali secara manual. Artinya. Untuk mengaktifkan fitur ini. maka semua proses transaksi tidak akan tercatat ke dalam sistem. Perintah mencetak akan muncul setelah pustakawan meng-klik Finish Transaction. Member ID (ID anggota). Current Loans (daftar peminjaman terkini). yaitu: Member Name (nama anggota). tanggal pinjam dan kembali dapat ditentukan dengan tidak berdasar konfigurasi pada Loan Rules. Dibawahnya terdapat tab Loans (untuk melakukan transaksi peminjaman). Lihat dokumentasi bagian System. Setelah Member ID dimasukkan. Member E-Mail (email anggota). maka akan muncul informasi anggota.5. Catatan: Setelah selesai melakukan proses peminjaman (Loans) dan Pemesanan (Reserve) jangan lupa untuk klik Finish Transaction. Register Date (tanggal mendaftar). Reserve (untuk kebutuhan pemesanan literatur). Tanpa menekan tombolFinish Transaction.1 MENU START TRANSACTION Untuk melakukan transaksi melalui Member ID (ID anggota).

Dalam menu ini pula disediakan fasilitas untuk mencetak daftar history peminjaman.2 MENU QUICK RETURN Untuk melakukan pengembalian dengan menggunakan Item Id. Batas Perpanjangan (Reborrow Limit). Collection Type. Member Name.3 MENU LOAN RULES Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan aturan peminjaman yang didasarkan pada Member Type. 23 . Periode Peminjaman (Loan Period). 5. GMD. Title. Aturan yang ditetapkan dalam fasilitas ini adalah Batas Jumlah Peminjaman (Loan Limit). Loan date. Item Code. Selain itu dimungkinkan pula untuk melakukan pencarian data history. Denda per Hari (Fine Each Day) dan Toleransi Keterlambatan (Overdue Grace Periode) Gambar 5. Data yang muncul terdiri dari Member ID. Gambar 5.4 MENU LOAN HISTORY Berisi data transaksi yang pernah dilakukan.4: QuickReturn 5.5: Loan Rules 5. Due date.Penentuan Loan dan Due date ini dapat dilakukan dengan meng-klik tanggal yang ingin kita ubah.

Item Code. Loan Date From. Due Date. Gambar 5. Fasilitas ini dapat di tampilkan dengan mengklik Show More Filter Options. Documen Title.Pencarian data history ini dilakukan berdasarkan Member ID/Member Name. Gambar 5.7: Loan Overdued 24 .6: Loan History 5.5 MENU OVERDUED LIST Merupakan fasilitas untuk mengetahui anggota-anggota dengan status terlambat. Title. Member Name. Dengan Menu ini pula kita dapat melakukan pencetakan dan pencarian data keterlambatan. Informasi yang ditampilkan dalam fasilitas ini adalah Member ID. Loan Date Until. Pencarian data keterlambatan dilakukan berdasarkan kategori Member ID/Member Name. lama keterlambatan. Loan Date From dan Loan Date Until. Loan Date.

Title. informasi yang ada dalam menu ini adalah: Item Code. Reserve Date Gambar 5. Member.5.6 MENU RESERVE Menu ini digunakan untuk melihat daftar koleksi yang sedang di pesan oleh anggota.8: Daftar Koleksi di Pesan dan Anggota Pemesan 25 .

peminjaman berdasar tipe koleksi. anggota yang sedang mempunyai pinjaman. ketiga jenis laporan ini dilengkapi dengan fitur cetak grafik berjenis Pie. peminjaman berdasar GMD. total anggota aktif. anggota yang tidak mempunyai pinjaman. rata-rata transaksi per hari. Informasi terse-but dapat diakses dengan menekan menu yang terdapat pada navigasi sebelah kiri. total item. total item yang berada di perpustakaan (tidak dipinjam). Menu tersebut: 7. Loan Report dan Membership Report). total judul berdasar GMD. 7.4 Customs Reccapitulations Menu ini menampilkan hasil rekapitulasi koleksi berdasar Classification. yaitu: total anggota yang terdaftar. Untuk mendapatkan Grafik ini cukup dengan klik Show in Chart/Plot yang muncul pada ketiga jenis laporan ini (Collection Statistic. Senayan juga telah mendukung rekap untuk klasifikasi yang bukan didasarkan pada angka desimal. total item yang sedang dipinjam. ada pengembangan untuk memudahkan pengguna senayan dalam membuat sebuah modul laporan baru. dan total peminjaman yang terlambat. 7.1 Collection Statistic Berisi informasi total judul koleksi. total anggota berdasar tipe anggota. Pilihan ini dapat kita tentukan dengan memilih filter rekapitulasi yang tersedia.html dan dapat dicetak dengan klik tombol Download Report Mulai Senayan3-stable14. 7. Terdiri dari: total peminjaman.2 Loan Report Berisi informasi seputar peminjaman. Laporan yang ada dalam tiga menu tersebut dapat diperoleh dalam format . Pada modul Report di Senayan3-Stable10 ini. total anggota yang tidak aktif dan daftar 10 (sepuluh) anggota teraktif. 26 .REPORTING Reporting Modul ini berisi informasi laporan kegiatan perpustakaan.3 Membership Report Berisi informasi keanggotaan. total transaksi peminjaman. Misalnya REF untuk referensi. Colection Type atau Language. GMD. total items berdasar tipe koleksi dan 10 (sepuluh) koleksi paling populer (paling banyak dipinjam).

Gender.inc. yaitu: berdasar Membership Type. Selain kelas 0-9. Colection Type dan Year. Pada file inilah modifikasi dan penambahan report bisa dilakukan. Item Code. Fasilitas filter ini dapat di sembunyikan dengan klik HideFilterOption 7. Classification. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. 7. Address. terdapat pula fasilitas filter. serta memfilter koleksi yang diinginkan.8 Loan by Classifcation Merupakan laporan peminjaman berdasar Klasifikasi. 7. dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Title/ISBN.Pada folder /senayan3.6 Items title List Berisi laporan/daftar item yang dimikili oleh perpustakaan.php . Fasilitas filter yang tersedia adalah: Title/ISBN. Classification. dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Title/ISBN. atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya.9 Member List Berisi laporan/daftar anggota perpustakaan.table10/admin/modules/reporting/custom/ terdapat file customs_report_list. title dan berapakali item tersebut dipinjam pada setiap bulannya. Fasilitas filter yang ada adalah: Title/ISBN. serta dapat ditentukan jumlah tampilan tiap halaman.5 Titles Berisi laporan/ daf tar judul yang dimikili oleh perpustakaan. Caranya dengan klik ShowMoreFilterOptions . 27 . Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya. Langage dan Location. Register Date From. Pada menu ini. Item Status. Author. Register Date Until. Item code atau Year. GMD. 7. Member ID/Member Name. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak.7 Item Usage Merupakan laporan yang menginformasikan item. Location. Item usage ini dapat pula difilter dengan Title/ISBN. pada laporan ini juga dimungkinkan pelaporan berdasarkan kelas 2X dan Non Decimal Class. Caranya dengan klik ShowMoreFilterOpt ions . Selain itu. Collection Type. Loan by Class ini dapat difilter dengan Class. Pada menu ini. 7.

Member data entry. disediakan pula filter yang memungkinkan kita melihat aktifitas dari tanggal awal sampai akhir (seperti yang ditentukan). Institution dan Visit date. Item data Entry. 7. atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya. dan jumlah kunjungan pada tiap bulan pada tahun yang ditentukan. Member Type. dan Circulation. Untuk memperakurat informasi. dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Member ID/Member Name.7. Informasi pada laporan ini berisi Member ID. Laporan ini berisi Member Type. Member Name. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak.13 Sta Activity Menu ini memperlihatkan aktifitas Staff perpustakaan yang mempunyai account di aplikasi Senayan. 7. Penentuan laporan berdasar tahun ini dapat dilakukan melalui Filter. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. 7. silakan lihat pada bagian Absen. Jadi dengan menu ini akan terlihat staff melakukan apa dan berapa kali.10 Loan List by Member Merupakan laporan yang berisi daftar koleksi yang masih di pinjam Anggota. 7. 28 . Bibliografy data entry. Informasi yang ditampilkan adalah Username.16 Visitor List Laporan ini berisi daftar nama anggota atau non anggota perpustakaan yang berkunjung ke perpustakaan. Caranya dengan klik Show More Filter Options 7.15 Visitor Statictic by day Merupakan laporan jumlah pengunjung berdasarkan hari. Penjelasan mengenai fitur absen. Pada menu ini.12 Overdued List Berisi laporan/ daf tar keterlambatan pengembalian anggota perpustakaan.14 Visitor Statistic Merupakan laporan yang berisi statistik pengunjung perpustakaan – yang melakukan pendataan pada saat masuk perpustakaan melalui fasilitas absensi–. Login Name.11 Loan History Berisi laporan/daftar sejarah peminjaman perpustakaan. 7.

17 Fines Report Merupakan laporan jumlah denda anggota perpustakaan berdasar hari.18 Due date Warning Fitur ini berisi informasi peminjam koleksi perpustakaan yang dalam 3 hari ini akan tepat pada batas peminjaman. 7. 29 .7.

STOCK TAKE Modul Stock Take merupakan fasilitas yang ada di Senayan untuk membantu para pustakawan melakukan kegiatan stock opname. Sesuaikan namanya dengan keinginan Anda.html yang berisi laporan Stock take yang pernah dilakukan. Report berisi link ke dokumen berbentuk . Report. Pada menu ini. Menu-menu yang terdapat pada modul ini adalah: 6. lalu masuk ke dalam menu current lost item sampai koleksi yang bersangkutan di cek pada proses stock take.1: Stock Take History 6. Gambar 6.2 MENU INITIALIZE Menu Initialize digunakan untuk memulai stock opname. ● Collection Type (Lihat panduan modul Master File –> Collection Type (di bawah Lookup Files)). Sub menu ini HARUS diisi.1 MENU STOCK TAKE HISTORY Berisi laporan stock opname yang telah dilakukan. semua koleksi kecuali yang sedang dipinjam (berstatus on loan) akan dianggap hilang. Ketika proses stock opname dimulai. 30 .6. Start Date. terdapat sub-sub menu: ● Stock Take Name Adalah nama dari kegiatan stock opname yang dilakukan. ● GMD (Lihat panduan modul Master File –> GMD (di bawah Authority Files)). Informasi dalam menu ini adalah: Stock Take Name. end Date.

Report berisi link ke dokumen berbentuk .● Location (Lihat panduan modul Master File –> Location (di bawah Authority Files)). ● Site/Placement Mengacu ke informasi item pada modul Bibliography. Ketika proses stock opname dimulai. Menu-menu yang terdapat pada modul ini adalah: 6. Gambar 6. apabila kita ingin melakukan stock op-name dengan kisaran class 100 s. Informasi dalam menu ini adalah: Stock Take Name. ● Classification Mengacu ke sub menu class pada modul Bibliography. Start Date.1 MENU STOCK TAKE HISTORY Berisi laporan stock opname yang telah dilakukan. 6.d. Apabila kisaran class yang kita lakukan stock opname hanya pada class 100.300. STOCK TAKE Modul Stock Take merupakan fasilitas yang ada di Senayan untuk membantu para pustakawan melakukan kegiatan stock opname. lalu masuk ke dalam menu current lost item sampai koleksi yang bersangkutan di cek pada proses stock take. misal. cukup masukkan 1* to 3*. semua koleksi kecuali yang sedang dipinjam (berstatus on loan) akan dianggap hilang. Report. Untuk penulisan class menggunakan wildcard (*). masukkan 1*.html yang berisi laporan Stock take yang pernah dilakukan.1: Stock Take History 31 . end Date.

Sesuaikan namanya dengan keinginan Anda. cukup masukkan 1* to 3*.2: Initialize Gambar 6. misal. Untuk penulisan class menggunakan wildcard (*). Pada menu ini. apabila kita ingin melakukan stock op-name dengan kisaran class 100 s.300. Sub menu ini HARUS diisi. ● Classification Mengacu ke sub menu class pada modul Bibliography.3: Proses Initialize 32 . ● Site/Placement Mengacu ke informasi item pada modul Bibliography.d. ● Collection Type (Lihat panduan modul Master File –> Collection Type (di bawah Lookup Files)). ● GMD (Lihat panduan modul Master File –> GMD (di bawah Authority Files)).6. masukkan 1*.2 MENU INITIALIZE Menu Initialize digunakan untuk memulai stock opname. ● Location (Lihat panduan modul Master File –> Location (di bawah Authority Files)). Gambar 6. Apabila kisaran class yang kita lakukan stock opname hanya pada class 100. terdapat sub-sub menu: ● Stock Take Name Adalah nama dari kegiatan stock opname yang dilakukan.

Gambar 6. yang berarti daftar item yang terlihat adalah yang distocktake oleh user yang bersangkutan. Caranya dengan memasukan nomor barcode koleksi tersebut pada kolom Item Code. Menu ini digunakan untuk mengembalikan status koleksi perpustakaan yang dianggap hilang oleh sistem.Setalah proses Initialize dilakukan.4: Current Stock Take 33 . Atau All User. yaitu menu Finish Stock Take. Pada menu ini. (Lihat gambar) 6. Stock Take Log. berarti daftar item yang distocktake adalah item yang distocktake oleh semua user yang melakukan stocktake. ke status exist (koleksi dinyatakan ada). terdapat fitur List stocktakes by: yang dapat dipilih Current User Only. Resyncronize. Current Lost Items.3 MENU CURRENT STOCK TAKE Menu itu adalah menu utama untuk melakukan stock take. Menu ini akan berfungsi apabila telah dilakukan proses Initialize. Pada stable11. maka menu current stoke take dan stock take re-port akan berfungsi sebagai menu untuk melakukan kegiatan stock take ditambah dengan adanya menu menu tambahan yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan stock take. item id (nomor barcode) koleksi menjadi acuan utama untuk mengubah status koleksi yang dianggap hilang menjadi exist (ada).

Bentuknya berupa laporan (report) yang memuat informasi tentang jumlah koleksi yang hilang. yang sedang dipinjam dan sebaginya. Didalam menu ini.6: Finish Stock Take 6. Gambar 6. Menu ini tidak berfungsi apabila proses Initialize belum dilakukan.5 FINISH STOCK TAKE Klik link ini apabila kita telah selesai melakukan stock opname. maka data item pada bibliography yang berada dalam Current Lost Item akan hilang.7: Current Lost Item 34 . Gambar 6.4 MENU STOCK TAKE REPORT Menu ini untuk melihat hasil dari kegiatan stocke take yang telah dilakukan.6 CURRENT LIST ITEMS Isi menu ini merupakan daftar dari koleksi yang dianggap hilang pada saat stock op-name selain koleksi yang dipinjam. tapi data bibliografinya masih tersimpan. terdapat sub menu Purge Lost Item.6. Apabila kita memberikan tanda cek pada Yes. 6.

7 STOCK TAKE LOG Fungsi menu ini adalah untuk mengetahui rekaman (Log) saat melakukan proses stock take Gambar 6.8 RESYNCRONIZE Menu ini digunakan untuk melakukan sinkronisasi data bibliografi yang diedit pada saat berlangsung kegiatan stock take dengan data bibliografi yang ada pada modul stock take.9: Resyncronize 35 .6.8: Stock Take Log 6. Tujuannya adalah ketika kita melakukan editing data bibliografi saat dilakukannya proses stock take. Gambar 6. perlu dilakukan resinkronisasi data. Klik tombol Resyncronize begitu perubahan data bibliografi sudah dilakukan. maka untuk menghasilkan perubahan pada data bibliografi yang terdapat di modul stock take.

memuat informasi Title (judul). Collection Type dan GMD. Indonesia. Untuk memperoleh ketepatan pencarian disediakan pula pilihan Location. yaitu Arab. merupakan sarana penelusuran yang diperuntukkan bagi user. GMD. Topics. Tampilan awal hasil pencarian bibliografi di dalam OPAC memuat gambar/image. but marks an act offaith in the continuity of humanity. Publish Year (tahun terbit). Edition. Call Number.7.php yang terletak pada folder lib. di berikan fasilitas untuk mengubah bahasa pengantar. Informasi pada Library Information dapat disesuaikan dengan perpustakaan/institusi terkait dengan mengedit file libnfo.php yang terletak pada folder lib. navigasi Library Information (informasi tentang perpustakaan). Advanced Search (pencarian canggih).) pada kolom yang tersedia. ISBN/ISSN dan khusus Subject. Collation. Classification. Tampilan Detail. Image (gambar) dan File Attachment yang dap-at diunduh. Sedangkan pada Advanced Search terdapat tiga kolom pencarian yaitu: khusus Title. Jerman dan Spanyol. pencarian dapat dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (judul.inc. Language (bahasa). Title. item tersedia dan item terpinjam). Pengarang. Topics dan Author memiliki fasilitas keterkaitan antar dokumen. subyek. Dalam OPAC ini pula. Publisher (penerbit). Opac (Online Public Access Catalog) The library is not only a diary of the human race. Pada Simple Search. OPAC Senayan telah mempunyai 5 bahasa pengantar. Author (pengarang).inc. Location. Publish Place (tempat terbit). khusus Author. Selain itu ditambah dengan tombol Detail (untuk melihat detail data bibliografi) dan XML (untuk mendapatkan format XML). OPAC dalam Senayan ini terdiri dari Simple Search (pencarian sederhana). Sementara untuk mengubah Help on Search. pengarang. Abstrac/Notes. –Vartan Gregorian OPAC ( Online Public Access Catalog). ISSN/ISBN. Availability (ketersediaan: berisi informasi total item. Series.. judul. Inggris. dilakukan dengan mengedit file help. navigasi Help on Search dan Librarian Login.. 36 . Jadi ketika kita klik Topics atau author dalam Detail OPAC maka akan muncul dokumen dengan topik atau pengarang yang sama.

2: Detail Opac 85 7.1 Opac (Online Public Access Catalog) 37 .Gambar 7.

Isi dari file ini adalah: // change "0" value to "1" to enable field / / $custom_fields[’edition’] = array(1. lang_mod_biblio_field_edition). –> untuk menampilkan ISBN $custom_fields[’collation’] = array(0.fl Gambar 11.inc. Jadi jika anda ingin mengubah tampilan yang disediakan. Penambahan ini dapat dilakukan dengan mengedit file custom_ frontpage_record. –> untuk menampilkan Seri $custom_fields[’call_number’] = array(1.1 CUSTOM FIELD RECORD LIST Pada Aplikasi Senayan stable 8 ini. –> untuk menampilkan edisi $custom_fields[’isbn_issn’] = array(0. lang_mod_biblio_field_call_number).1. lang_mod_biblio_field_isbn).4: Tampilan multimedia 7. lang_mod_biblio_field_edition). $custom_fields[’edition’] = array(0.php yang ada di template/ default/.php yang terdapat pada folder template OPAC.3 TAMPILAN PDF STREAMING 38 . berikut adalah contoh tampilan file .inc.2 TAMPILAN MULTIMEDIA File multimedia yang diupload pada modul Bibliografi akan ditampilkan pada modul OPAC senayan. ditambahi dengan fasilitas penampilan field record secara cuztomise. lang_mod_biblio_field_collation).1. –> untuk menampilkan call number Caranya adalah dengan mengubah angka 0 menjadi angka 1 7.7.1. –> untuk menampilkan Colasi $custom_fields[’series_title’] = array(0. lang_mod_biblio_field_series). dan anda menggunakan template default. anda harus mengedit file custom_front page_record.

serta melakukan penggantian password. Ketika anggota login. senayan mempunyai fitur Member Area.5 MEMBER AREA Mulai Senayan3-Stable12.1.7: Tampilan Menu Login Anggota 39 .Mulai Stable13. hasilnya adalah politik tanpa memunculkan politic. hasilnya adalah koleksi yang berjudul mapping dan pengarangnya dwikorita.1. Misalnya: subject top 0l it ik NOT politic . Pada proses pencarian dapat digunakan operator OR.4 BOOLEAN LOGIC DI OPAC Mulai Senayan3-stable10. Pada fitur ini anggota dapat melakukan login dengan menggunakan ID anggota dan password yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pustakawan sewaktu input data anggota. 7. Senayan telah mendukung tampilan dokumen lampiran dalam bentuk streaming. title=mapping AND author = dwikorita. Gambar 11. anggota dapat melihat koleksi yang dipinjam. 7. Untuk menampilkan dibutuhkan Flash Player pada browser yang digunakan. NOT dan AND. sistem pencarian di OPAC sudah mendukung logika boolean.

Gambar 11.8: Tampilan identitas Anggota yang Log-in 40 .

$box_height = 3. $card_photo_width =3. label.1. $barcode_items_per_row = 3.3. $card_page_height = 50.05. change to 0 if you dont want the title cutted $barcode_header_text = ”. $card_page_margin = 0. kartu anggota dan nota peminjaman Setting ukuran barcode dan label dapat dilakukan dengan melakukan editing file printed_settings. / / maximum characters in title to appear in each barcode. $include_header_text = 1.2. 41 .2.inc. $card_header_text = $sysconf [’library_name’]. / / keep empty if you want to use Library Name as a header text / / item barcode print settings /* measurement in cm */ $barcode_page_width = 50. / / change to 0 if dont want to use header in each label $header_text = ”. $items_per_row = 3.php yang terletak di /senayan3stable7/admin/admin_template/. $card_items_margin = 0. $barcode_page_height = 30. $card_box_height =6. / / change to 0 if dont want to use header in each barcode $barcode_cut_title = 50. $barcode_include_header_text = 1. $card_items_per_row = 2.2. $barcode_box_width = 7. $barcode_page_margin = 0. / / keep empty if you want to use Library Name as a header text / / member card print settings /* measurement in cm */ $card_page_width = 50. $card_photo_height =3.1. $page_margin = 0.TIPS DAN TRIK 8. $barcode_items_margin = 0. $box_width =8. $barcode_box_height =5. $page_height = 30. Pengaturan Ukuran barcode. $card_box_width = 11.1. $items_margin = 0. Dalam file ini akan didapatkan barisbaris kode sebagai berikut: / / label print settings /* measurement in cm */ $page_width = 50.

$receipt_color = ’#000’. $receipt_font = ’serif’.ini Pada baris 43 tuliskan script berikut: ft _min_word_len=3 1. $receipt_padding = ’5px’. dan mengubahnya sesuai selera anda. Kemudian pada “Create an Index on” isikan 1 dan klik Go. ?> Jika anda menginginkan setingan untuk barcode. $receipt_margin = ’5px’. $barcodegen_items_margin = 0.2: Penambahan Index MySql 42 ./ / barcode generator print settings $barcodegen_page_width = 29.2.ini yang terletak di /mysql/my. akan muncul tampilan sebagai berikut: Gambar 14.1: Menghapus index title_ft 1.2 Pencarian di OPAC dengan kata kunci minimal 3 huruf? 1. Klik tabel biblio. label dan kartu anggota berbeda pada tiap template.inc.7. Bukalah database Senayan dengan phpmyadmin 3. Buka file my. 2. $barcodegen_page_height = 21.05. $barcodegen_page_margin = 0. $receipt_border = ’1px dashed #000’.php ke dalam tiap template admin. Hapus baris tersebut dengan klik X. $receipt_header_fontSize = ’8pt’. Gambar 14. $barcodegen_include_border =0. /* Receipt Printing */ $receipt_width = ’15cm’. $receipt_fontSize = ’7pt’. $receipt_titleLength = 100. kemudian lihat bagian Indexes pada bagian bawah. maka anda dapat mengcopi file print_settings. Anda akan menemukan keyname title_ft dengan field title. 8. Kemudian simpan dan restart server mysql.

Contohnya jika kita telah menggunakan Senayan3-Stable1. Restart Mysql anda.Upgrade menggunakan phpmyadmin 43 . perlu diketahui pada tanggal 13 Maret 2008.3: Hasil Penambahan Index MySql Yang perlu anda ubah adalah: index name. Hingga saat ini Senayan yang telah dirilis hingga Stable10. berikut ini cara-cara melakukan upgrade secara teknis. . dan ingin meng-upgrade ke versi terbaru? berikut ini kami berikan tips dan trik untuk melakukan upgrade Senayan versi lama ke versi yang terbaru. Pertama. dan OPAC Senayan sudah dapat mencari dengan kata kunci 3 karakter. lalu muncul pertanyaan bagaimana jika kita telah menggunakan Senayan versi lama.1. index type dan Field Klik SAVE. Kedua. artinya lakukan upgrade dari Stable1 ke Stable2 terlebih dahulu. Banyak sekali perbaikan perbaikan bugs serta penambahan fitur dan modul di saat pertama kali rilis hingga saat ini. Senayan dirilis ke publik dan diberi nama pengembangannya Senayan3-Stable1. kemudian lanjut ke Stable3 dan seterusnya hingga ke Stable9.3 Tutorial Upgrade Aplikasi Perpustakaan Senayan Pada kali ini. tim Senayan Developer Community akan memberikan tips dan trik bagaimana melakukan upgrade penggunaan Senayan dari versi lama hingga versi terkahir. perlu diketahui upgrade Senayan harus dilakukan secara bertahap dan berurut. 8. Isilah kolom kosong diatas sehingga menjadi seperti berikut Gambar 14. maka untuk melakukan upgrade ke Senayan3 Stable9 harus dilakukan secara berurut sesuai dengan versi setingkat di atasnya.

pilih database senayan dengan cara mengklik nama databasenya. ketikkan alamat http : //localhost/phpmyadmin Figure 14.4: Membuka phpmyadmin masukan user name dan password anda. Figure 14. .7: Klik Browse cari file upgrade _st able 3. /upgrade/old_sql/.5: Pilih database senayan klik tab Import. file tersebut berada di path .6: Pilih tab import klik browse. (harus bertingkat). Figure 14.1. 44 . Figure 14..sql (jika anda menggunakan Senayan3-Stable2) dan cari file upgrade _stable4. buka browser.sql (jika anda menggunakan Senayan3Stable4).

8. sesuaikan konfigurasinya dengan sys c♦nf ig.php).inc.php yang ada di Senayan3-Stable 9.8: Pilih data untuk upgrade lalu klik Go. lalu lakukan editing ulang pada file sys c♦nf ig. Figure 14.php yang ada pada Senayan versi lama yang anda gunakan. Sesuaikan pula letak file mysqldump anda (letakknya juga di file sysc♦nf ig.php 45 .inc.sql. inc.Figure 14.9: Edit sysconfig.inc. ulangi langkah no 6 dan 7 sampai ke upgrade_stable10_patch1.

11: Tampilan Senayan Versi terbaru selamat mencoba.Copy dan paste images dan files yang ada pada Senayan versi lama (yang anda gunakan saat ini) ke Senayan versi terbaru.10: Copi folder FILE dan IMAGES Figure 14. 46 . Figure 14.

php atau english. Mulai PoEdit 47 .html#Country-Codes c.lang.inc. mulai Senayan3-stable9 dipindah pada menu System –> Content 8. bahasa Inggris dan bahasa Jerman. untuk bahasa Inggris. penambahan bahasa pengantar mulai menggunakan fungsi gettext dalam PHP untuk mengganti nilai constant dalam file bahasa sebelumnya (misalnya indonesia. Petunjuk berikut ini hanya memberikan pengantar kilat untuk menambahkan terjemahan bahasa di Senayan. Aplikasi ini tersedia dalam versi Window / Linux / Mac. Daftar kode-kode bahasa dapat dilihat di http://www.poedit.gnu. akan lebih baik jika bisa mengikuti secara konsisten.8.php).internationalappeal-part-ii/ 1. org/software/gettext/ manual/gettext . com/blog/features/webapps/give-your-webappinternational.net/ dan menginstalnya. mulai Senayan3-stable9 dipindah pada menu System –> Content 8.4 Mengubah dan menambahkan informasi pada Library Information di OPAC Tips ini. Langkah pertama adalah mengunduh program PoEDIT ● Unduh PoEdit dari http : //www.html#UsualLanguage-Codes dankode singkatanuntuknegara di http : //www. gnu. Membuat KATALOG untuk menciptakan terjemahan a. 2. Buka direktori senayan3 \ lib \ lang \ locale b. Meskipun tidak sangat diperlukan untuk menggunakan konvensi ini.appeal/dan di http://carsonif ied. Misalnya singkatan en_US: untuk Inggris / Amerika Serikat.org/software/gettext/manual/gettext. Untuk lebih lengkapnya penjelasan tentang membuat aplikasi banyak bahasa bisa ditemukan di http : //carsonif ied.6 Mengubah/Membuat bahasa Pengantar baru Sejak Senayan3-stable11. Buat folder menggambarkan “bahasa” dan negara terjemahan tersebut. com/blog/dev/give-yourweb-app. Senayan telah menyediakan tiga (3) bahasa yaitu bahasa Indonesia. Kini Default Application Language.5 Mengubah dan menambahkan informasi pada Help on Search Tips ini. Masuk ke dalam folder baru tadi dan membuat folder lain yang disebut: LC_MESSAGES d) Misalkan yang dibuat adalah id_ID.lang. Membuat Folder / Direktori baru “Bahasa” a. maka sekarang di direktori tadi terdapat sesuatu seperti id_ID / LC_MESSAGES 3.inc.

/./.... Memulai transalasi a. Setelah selesai pergi ke "File"> "Save" (atau tekan tombol kedua dari kiri) 5. 48 . Klik Menu "File"> "New Catalog" ● Tab "Project info": ● "Project Name and Version": (Opsional) Masukkan Senayan3 ● "Team": (Opsional) Masukkan nama Anda ● "Team’s email address": (Opsional) Masukkan email Anda ● "Language": Pilih bahasa yang anda ingin menerjemahkan ke ● "Country": Pilih negara untuk bahasa ● "Charset": Gunakan utf-8 ● "Source code charset": Gunakan utf-8 ● "Plural forms": Ini sedikit lebih rumit./. Sekarang mulai menerjemahkan setiap baris dengan mengkliknya dan memasuki terjemahan di bagian bawah jendela c. Menyajikan hasil terjemahan a) Buka file \ senayan3 \ lib \ lang \ localisation. s♦urcef♦rge . _ ( ’NAMA BAHASA INGGRIS’ ). (hanya titik) ● Tab "Kata kunci" ● Tambahkan dua baris: __ (Dua garis bawah) _ngettext c) Tekan ok dan menyimpan file di bawah senayan3 \ lib \ lang \ locale \ (YOUR LANGUAGE) \ LC_MESSAGES dengan nama messages . ’NAMANATIVE Bahasa’ ).. Untuk bahasa lain Anda dapat menemukan daftar kemungkinanbentukjamak di http: //translate. Pertama-tama Anda harus mengambil semua string yang akan diterjemahkan. Pergi ke "Catalog"> "Update from sources" (atau cukup klik tombol ketiga dari kiri di jendela utama) b./. plural = n! = 1.net/wiki/l10n/ pluralf♦rms ● "Base Path": Masukkan: . Jika bahasa Anda hanya memiliki satu bentuk jamak bentuk menggunakan: nplurals = 2.b..php dan pada baris seperti ini di akhir harus diubah/ditambahkan: $available_languages [] = array ( ’xx_XX’ ./ ● "Paths" (Klik tombol "New Item"): Masukkan: .po 4.

49 .po file dalam editor teks yang umum dan melakukan pencarian & ganti di file tersebut. Daftar berikut akan membantu untuk mengatasi situasi ini.CATATAN ● Ketika mengklik kanan pada sebuah baris. ● Daftar kata-kata / frasa umum di Senayan: – Ini hanyalah sebuah daftar kecil dengan kata-kata / frase terjemahan yang ditemukan dalam menterjemahkan. Anda dapat melihat di mana konteks (kode sumber) string digunakan. Cara lainnya bisa dilakukan dengan membuka messages. anda harus melakukannya satu persatu karena PoEdit tidak mendukung operasi pencarian & menggantikan teks sekaligus. ● Jika pada suatu saat ingin dilakukan mengubah terjemahan yang sama berulang kali. Daftar ini dapat membantu untuk menemukan terjemahan istilah yang paling "menyusahkan" dan menjaga konsistensi penggunaan sinonim dalam menterjemahkan.

add = Are You Sure Want to => Authority Files => Authority Type => bibliographic => cant be empty / can not be empty => Call Number => cancel => circulation => check => checkout (items) Code => Collection Type => confirm => content => copies = items => Credit => data => database backup => Debit => due date => expired => Expiry Date => Export XXX Data To CSV format => fines => Forbidden => frequency => gmd => group => history => holiday => id => image thumbnail => loan => Loan Limit => Location => login => Lookup Files => make makesure => member ID => Member Type => Membership => module Member Type Name => Module => must be set = cant be empty => overdue => (overdue) fines => Override(Overide) => pending => PERMITTED => Place => previous => privileges => promote(ed) => quick return => Real Name => Reborrow => repository => Required => reservation => return => section=> => stock take => Subject => Subject Type => Subscription => .

Beberapa contoh pencetakan barcode: Gambar 14.7 Setting Barcode Untuk mendapatkan hasil pencetakan barcode yang bagus. kecuali (-). minimal karakter barcode adalah 6. yang bisa terdiri dari angka atau huruf. Hindari *&()%$#@!.12: Pencetakan barcode koleksi Gambar 14.13: Pencetakan barcode di menu Systems .Import Data to XXX from CSV file initialize => Inventory Code => item = copies => Item Code => label => Labels=> library automatation (system) => library members => list => supplier => System Users => template => transaction => uncheck => => update=> view => user/user name you => You are going to edit xxx 8.

gambar latar tinggal diganti menggunakan logo dan gambar latar yang Anda inginkan. . Berikut adalah tampilan standar SLiMS Gambar 14. sesuaikan panjang nama anggotanya dan panjang kartu anggota.14: Pencetakan barcode di Kartu anggota *) pada kartu anggota. semuanya terdapat di dalam folder /template/default/media. 115 8. Semua komponen gambar yang ada seperti logo.15: Template Standar SLiMS Isi dari tampilan di atas dapat dilihat di dalam folder /template/default. panjang nama anggota akan mengakibatkan ID.Gambar 14. Gambar-gambar yang berada pada template yang ditampilkan di atas. Untuk mengatasi hal ini. Nama dan Tipe Anggota menjadi turun (merusak tampilan).8 Merubah Template OPAC Untuk mendapatkan tampilan yang berbeda dari tampilan standar OPAC pengguna dapat melakukan perubahan pada template yang telah disediakan di dalam distribusi SLiMS.

pastikan kita sudah berada dalam direktori psenayan. pastikan kita sudah berada dalam direktori psenayan.2 Sebagai contoh.Harap diingat.exe –install Sebagai contoh.exe -k install -n Apache2.css yang folder /template/default. apabila psenayan kita letakkan pada drive D:. tanpa harus mengaktifkan file apache_start. bahwa penamaan file gambar latar atau logo yang baru harus sama dengan nama file gambar latar atau logo sebelumnya. maka perintahnya adalah: D: \psenayan\mysql\bin> mysqld . Untuk menjadikan Apache web server sebagai service. dengan cara membuat kedua file tersebut menjadi service. maka perintahnya adalah: D:\psenayan\apache\bin> httpd..9 Mengaktifkan SLiMS sebagai service di Microsoft Windows Apache web server dan basisdata MySQL pada portable senayan yang digunakan oleh sistem operasi Microsoft Windows dapat dijalankan secara otomatis. Sama seperti proses sebelumnya. gambar latar dan lainnya. Rubah bagian-bagian yang mengindikasikan nama-nama file logo. Bagian tersebut adalah: # set basedir to your installation path . gambar latar dan lainnya. Langkah selanjutnya adalah dengan mengubah beberapa bagian pada file my. 8.bat dan mysql_start.install Perintah di atas telah mengaktifkan MySQL sebagai service. Masukkan perintah: \psenayan\apache\bin\httpd.bat secara manual. apabila psenayan kita letakkan pada drive D:. Kita harus merubah basedir serta datadir yang ada. langkah berikutnya adalah mengatur database MySQL pada portable senayan sebagai service. yang harus Anda lakukan adalah menyunting file style. Setelah Apache web server.2 Perintah di atas menjadikan Apache web server termula secara otomatis ketika Windows dinyalakan.exe .ini yang terletak dalam direktori psenayan\mysql. Kita mulai dengan membuka command prompt pada Windows.exe -k install -n Apache2. Masukkan perintah: <nama direktori>: \psenayan\mysql\bin\mysqld . Apabila Anda tidak melakukan perubahan nama untuk file logo.

basedir=/psenayan/mysql # set datadir to the location of your data directory datadir=/psenayan/mysql/data Yang harus dirubah adalah penambahan direktori tempat psenayan disimpan pada basedir dan datadir. Apabila dalam proses tidak ada kesalahan.bat lagi. Coba. maka jalan keluarnya adalah merubah ulang password admin melalui database mysql. Jika belum dirubah maka databasenya adalah senayandb ● Klik tabel user.10 Jika Kehilangan Password admin pada aplikasi Senayan Jika pustakawan lupa password admin pada aplikasi Senayan. 8. ● Setelah klik tabel user. Maka akan muncul tampilan phpmyadmin. ● Cari database yang anda gunakan di sebelah kiri.bat dan mysql_start. laporkan! .). jika anda menggunakan Psenayan. tabel ini berisi username dan password yang digunakan untuk masuk dalam aplikasi senayan. Nah disinilah tempat dirubahnya password ad-min. . Klik tanda pena (edit) pada username admin (bernilai 1). Karena pada contoh kita menempatkan direktori psenayan pada drive D:. maka psenayan langsung bisa digunakan tanpa harus mengaktifkan file apache_start. Langkahnya adalah sebagai berikut: ● Buka phpmyadmin. maka di sebelah kanan akan muncul daftar username yang dimiliki oleh aplikasi Senayan. ketikkan http:/ /localhost/pma kemudian masuk dengan username root dan password psenayan. maka bentuk perubahannya: set basedir to your installation path base dir=D: /psenayan/mysql set datadir to the location of your data directory datadir= D: /psenayan/mysql/data Simpan dan mula ulang komputer Anda. unduh. Selamat mencoba.

6. Klik (buka) WINISIS.'". yang isinya seperti berikut: 3.v300^a" : "v300^b" .'".mdl.v20^a."<"v110^a">".' '"'v260^b.'".(|<|v650^a|>|).'".'".' '"'.'".">"d700. '"'.' '"''". lakukan setting berikut: 4.v41'". v504.v260^a. dengan struktur data sebagai berikut: 100 Pengarang 245 Judul 260 Penerbit Buat teks format tampilan baru (berkas PFT).'". Bambang Kriscahyo N.'". 5.PFT. v500^a.Langkah-Langkah Migrasi Data Base ISIS ke Senayan TEKNIK KONVERSI DATA CDS/ISIS KE CSV T.' '"'.' '"'."<"v100^a">".(|<|v700^a+|>|).(|<|v999^a|>|).v91^a" "v91^b " "v91^c'".v260^c.v440^a" : "v440^v.v82^a.'".' '"'.v245^a" : "v245^b" / "v245^c.' '"'.'". 1.' '"''". 2.' '"'. Basis data yang akan dikonversi datanya adalah BUKU (B2010) yang berada dalam C:\WINISIS\DATA\B2010).' '"'. "v300^c.'".' '"text".' '"'. .' '"'.'".v250^a.'"'# Simpan berkas ini dalam direktori yang sama dengan berkasberkas basis data BUKU dalam C:\WINISIS\DATA\BUKU\ atau C:\WINISIS\WORK\BUKU\ Buka basis data BUKU yang mau dikonversi Cetak ke berkas (bukan ke printer) cantuman yang mau dikonversi melalui DATABASE >> PRINT Dalam menu pencetakan di WINISIS.' '"'. dan beri nama misalnya UBAH.' '"'.' '"'.' '"'.

”MIZAN” “Nurcholis Madjid”. Ada kalanya ada teks tertentu yang perlu dirapikan sehingga sesuai dengan format diatas. semua (Current Browse set) atau sejumlah cantuman saja (MFN Range) • Ubah Output To ke: ASCII File (Windows-ANSI). • 8. jadi bukan dicetak ke printer. misal Contoh.”ICMI di Era Reformasi”. masuk ke menu Bibliography. • Ubah FORMAT menjadi UBAH atau langsung buat format tampilan pada kotak yang tersedia sesuai dengan teks pada nomor 3 diatas. namun Anda dapat pula menempatkannya di direktori mana saja sesuai keinginan Anda.CSV yang anda simpan tadi dalam direktori C:\WINISIS\WORK\ 10. Jalankan Import. • Klik Print • Beri nama berkas cetakan yang akan dihasilkan. Selanjutnya jalankan aplikasi senayan. maka berkas contoh.”Paramadina” dst… Berkas ini dapat diperiksa menggunakan editor misalnya NOTEPAD atau EDIT DOS.7.CSV. Tentukan cantuman yang mau dikonversi.CSV dapat dilihat isinya misalnya sebagai berikut: “Habibie”. • Klik OK untuk memulai proses pencetakan ke berkas Setelah selesai proses pencetakan. 9. lalu browse CONTOH.”Politik dan Etika”. Berkas ini secara default akan disimpan di dalam direktori WINISIS\WORK. Lalu pilih import now .

6. maka berkas ISISXLS dapat dilihat isinya misalnya sebagai berikut: “Habibie”. Berkas ini secara default akan disimpan di dalam direktori WINISIS\WORK.TEKNIK KONVERSI DATA CDS/ISIS KE EXCEL 1.”ICMI di Era Reformasi”.”Paramadina” dst… 3.’. beri nama misalnya UBAH.’ ” ’.’. dengan struktur data sebagai berikut: 100 Pengarang 245 Judul 260 Penerbit Buat teks format tampilan baru (berkas PFT). yang isinya seperti berikut: ‘ ” ’.311 dan EXCEL 2000.’ ” ’.PFT.’ ” ’/ Simpan berkas ini dalam direktori yang sama dengan berkasberkas basis data BUKU dalam C:\WINISIS\DATA\BUKU\ Buka basis data BUKU yang mau dikonversi Cetak ke berkas (bukan ke printer) cantuman yang mau dikonversi melalui DATABASE>>PRINT Dalam menu pencetakan di WINISIS. 7. 5. . semua (Current Browse set) atau sejumlah cantuman saja (MFN Range) • Ubah Output To ke: ASCII File (Windows-ANSI). namun Anda dapat pula menempatkannya di direktori mana saja sesuai keinginan Anda.”Politik dan Etika”. • Klik OK untuk memulai proses pencetakan ke berkas Setelah selesai proses pencetakan. 4. • Ubah FORMAT menjadi UBAH atau langsung buat format tampilan pada kotak yang tersedia sesuai dengan teks pada nomor 3 diatas. lakukan setting berikut: • Tentukan cantuman yang mau dikonversi. misal ISISXLS. Dalam proses ini akan digunakan program CDS/ISIS versi Windows atau WINISIS 1.’ ” ’. 2.’ ” ’. Misalnya basis data yang akan dikonversi datanya adalah BUKU (yang berada dalam C:\WINISIS\DATA\BUKU\). • Klik Print • Beri nama berkas cetakan yang akan dihasilkan.TXT.’.v260.v245.”MIZAN” “Nurcholis Madjid”.v100. jadi bukan dicetak ke printer.’.

8. Bambang Kriscahyo Nugroho Staff Perpustakaan Unika Widya Mandala Surabaya Tlp.TXT yang biasanya berada dalam direktori C:\WINISIS\WORK\ Lakukan perubahan setting sebagai berikut: • Klik bulatan Delimited • Start import at row 1 • Windows (ANSI) • Klik NEXT • Klik COMMA. 10. 11. Proses konversi data ISIS ke format EXCEL sudah selesai. Selanjutnya jalankan program EXCEL Melalui FILE>>OPEN. proses impor data ke Worksheet EXCEL dimulai Sesuaikan lebar-lebar kolom dan beri judul pada tiap awal kolom. Ada kalanya ada teks tertentu yang perlu dirapikan sehingga sesuai dengan format diatas. Simpan berkas ISISXLS dalam format EXCEL. 9. hilangkan bulatan hitam pada kotak TAB • Text qualifier: “ • NEXT • Klik General • Klik Finish. misalnya ISISXLS.XLS. 12. 031-71745298 . 13. Selamat mencoba …… Sukses Buat Anda !!! Edited by : T. 081336151751. buka berkas ISISXLS. Berkas ini dapat diperiksa menggunakan editor misalnya NOTEPAD atau EDIT DOS.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->