Etika Dan Moral Penggunaan teknologi Informasi Dan Komunikasi

Dalam penggunaan perangkat teknologi/ teknologi informasi saat ini, terutama computer, tidak hanya kemampuan dalam menjalankan program-program computer atau bisa mengutak-atik seluruh system dalam computer, kita juga harus memiliki sikap (etika dan moral). Apalagi kaitan dalam dunia internet yang sekarang sudah semakin “mendunia”. Sebab semua hal dalam internet baik itu gambar, musik, file-file berita atau informasi, kesemuanya itu baik langsung atau pun tidak langsung merupakan hasil karya cipta (kekayaan intelektual) dari seseorang, sekelmpok orang, maupun lembaga yang dilindungi oleh UndangUndang. Beberapa Hal yang menyangkut dalam Etika dan moral dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi : 1. Menghargai Hasil Karya Orang Lain Beberapa perbuatan yang dapat mencerminkan penghargaan kita terhadap hasil karya orang lain: 1. Selalu menggunakan perangkat lunak yang asli, resmi, dan berlisensi dari perusahaan yang mengeluarkan perangkat lunak tersebut. 2. Menghindari penggunaan perangkat lunak bajakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitas dan keasliaannya. 3. Tidak turut serta dalam tindakan membajak, menyalin, mengkopi, maupun menggandakan perangkat lunak atau program computer tanpa seizin dari perusahaan yang menerbitkan perangkat tersebut. 4. Menghindari penyalahgunaan perangkat lunak dalam bentuk apapun yang bersifat negative dan merugikan orang lain. 5. Tidak melakukan tindakan pengubahan, pengurangan, maupun penambahan hasil ciptaan suatu perangkat lunak. 2. Hak Cipta Perangkat Lunak Menurut Pasal 12 Ayat (1) Undang-Undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002, Ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang mencangkup: Buku, program computer, pamflet, lay out karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain; 1. Ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan lain yang sejenis dengan itu;Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan;

2. Lagu atau musik dengan atau tanpa teks; 3. Dram atau drama musical, tari, koreograffi, pewayangan, dan pantomim; 4. Seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, ukir, kaligrafi, pahat, patung, kolase, terapan; 5. Arsitektur; 6. Peta; 7. Seni batik; 8. Fotografi; 9. Sinematografi; 10.Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lain dari hasil pengalihwujudan; Sedangkan untuk ciptaan yang tidak memiliki atau tidak ada Hak Cipta seperti yang dinyatakan dalam pasal 13 Undang-Undang Hak Cipta No.19 tahun 2002 adalah:
    

a. Hasil rapat terbuka kembaga-lembaga Negara; b. Peraturan perundang-undangan; c. Pidato kenegaraan atau pidato pejabat pemerintah; d. Putusan pengadilan atau penetapan hakim; atau e. Keputusan badan arbitrase atau keputusan badan-badan sejenis lainnya.

Undang-undang Hak Cipta yang belaku saat ini adalah Undang-Undang Hak Cipta No.19 tahun 2002 yang merupakan penyempurnaan dari Undang-Undang Hak Cipta No.6 tahun 1982, Undang-Undang Hak Cipta No.7 Tahun 1987, dan Undang-Undang Hak Cipta No.12 tahun 1997. Menurut Pasal 2 Ayat (2) Hak Cipta No.19 tahun 2002, Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersil. 3. Tata Cara Mengutip/Mengkopi Hasil Karya Orang Lain Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam mengutip maupun mengkopi hasil karya cipta orang lain, termasuk tulisan ini pun sesungguhnya tidak murni hasil karya saya, jadi saya pun juga berhati-hati dalam mengutip isi dari artikel sesungguhnya. Hal-hal tersebut antara lain sebagau berikut: Pasal 14 UU Hak Cipta No.19 tah 2002 “Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta: menyatakan bahwa :

atau Pengambilan berita actual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita. Lembaga Penyiaran. Pengumuman dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah. dan surat kabar atau sumber sejenis lain. baik seluruhnya maupun sebagian. Pembuatan salinan cadangan suatu Progam Komputer oleh Pemilik Progam Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri. atau (ii) Pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta. guna keperluan pembelaan di dalam atau di luar Pengadilan. Perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan pelaksanaan teknis atas karya arsitektur. . Pengambilan Ciptaan pihak lain. 3. dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktivitasnya. penulisan karya ilmiah.” 15 UU Hak Cipta No. 5. guna keperluan: (i) Ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan. dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap. penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta. lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan. 2. 7. tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta : 1. kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi. Penggunaan Hak Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan. baik seluruhnya maupun sebagian.   Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli. penelitian. penyusunan laporan. Perbanyakn suatu Ciptaan selain Progam Komputer secara terbatas dengan cara atau alat apapun atau suatu proses yang serupa oleh perpustakaan umum. Pengambilan Ciptaan pihak lain. 4. 6. seperti Ciptaan bangunan. baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak. Perbanyakan suatu Ciptaan bidang ilmu pengetahuan. kecuali jika Perbanyakan itu bersifat komersial.19 tahun 2002 menyatakan bahwa: Pasal Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan. seni dan sastra dalam huruf braile guna keperluan para tunanetra.

11. A..Melalui pembajakan orang-orang yang terlibat telah diuntungkan. pasar Indonesia selama ini dianggap sebagai sarang pembajakan.id 7. Hal ini sudah ditetapkan dalam Pasal 15 UU Hak Cipta No..co. 3. BAB I ETIKA DAN MORAL DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 9.19 tahun 2002 huruf g. maka kita perlu mendapatkan persetujuan dari Pemegang Hak Cipta dengan ketentuan yang sudah diatur oleh undang-undang.19 tahun 2002 diatas. pemerintah Indonesia telah memberlakukan Undang-undang No.Pd... 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. bukan untuk komersialisasi atau mencari keuntungan.. Namun jika tujuannya untuk keperluan diluar yang ditentukan oleh pasal tersebut seperti komersialisasi atau mencari keuntungan. 4. E-mail : padiya68@yahoo. 12. tetapi di sisi lain sekaligus telah merusak sendi. merupakan salah satu produk yang paling banyak dibajak. Produk perangkat lunak dari Microsoft seperti sistemWindows. jika digunakan untuk keperluan sendiri. Setiap pemgambilan atau pengutipan Ciptaan pihak lain sebagian maupunn seluruhnya harus mencantumkan sumbernya jika tujuan pengambilan tersebut untuk keperluan seperti yang disebutkan pada Pasal 15 UU Hak Cipta No. Pemilik suatu Progam Komputer (bukan Pemegang Hak Cipta Progam Komputer ) dibolehkan membuat salinan Progam Komputer yang dimilikinya tersebut untuk dijadikan cadangan. 2. Etika dan Moral dalam Penggunaan Perangkat Lunak 10. Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya.Berdasarkan ketentuan-ketentuan diatas maka tata cara mengutip atau mengkopi hasil karya orang lain antara lain sebagai berikut: 1.. Pemberlakuan Undang-undang ini cenderung meningkat secara drastis dan sudah sangat memprihatinkan. yakni mencapai 88 persen. Komunikasi 6. Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 5. tingkat pembajakan perangkat lunak (software) di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia setelah Cina dan Vietnam.. Akibat lemahnya perlindungan dan penegakkan hukum di bidang Hak Cipta.Pada bulan Juli tahun 2003 .S.Berdasarkan kajian Business Sofware Alliance (BSA).sendi hukum dan kehidupan . 1 8.

kecekatan.Pasa 1 ayat 3 : 29.id 19.Menurut Undang-undang Hak Cipta.Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 17.undangan yang berlaku “ 26.co.2 20.Pasal 1 ayat 14 : 33.Sehingga dengan berlakunya Undang-undang Hak 15.Pd.Pasal 1 ayat 1 : 25. Undang-Undang Hak Cipat (UU No. ketrampilan. atau sastra.generasi khususnya yang berkecimpung dalam bidang 21. maka diharapkan mampu menggairahkan para 16.Komunikasi .Cipta ini.B. 22.Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya. atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi “ 28. Budaya pembajakan di satu sisi telah mengancam kreatifitas masyarakat pencipta dan di sisi lain secara makro telah mengganggu rasa keadilan masyarakat banyak.“ Lisensi adalah ijin yang diberikan oleh pemegang hak cipta atau pemegang hak terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak ciptaanya atau produk hak terkaitnya dengan persyaratan tertentu. 24. karena budaya ini telah meniadakan persaingan sehat (fair competition) dan melahirkan makin maraknya persaingan yang tidak jujur (un 13. imajinasi.“ Ciptaan adalah hasil setiap karya pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan.teknologi informasi supaya lebih giat lagi dalam berkarya.” 34.“ Pencipta adalah seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran. 19 tahun 2002). “ 32. E-mail : padiya68@yahoo.” 30.“ Pemegang Hak Cipta adalah pencipta sebagai pemilik Hak Cipta atau pihak yang menerima hak tersebut dari pencipta atau pihak lain yang menerima lebih lanjut halk dari pihak yang menerima hak tersebut. 23.fair competition).S.Pasal 1 ayat 2 : 27.Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 35. seni. 14.masyarakat itu sendiri.Komunikasi 18.Pasal 1 ayat 4 : 31.“ Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaanya atau memberikan ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundangan.

Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya. 47. dan ciptaan lain yang sejenis 43.Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 60.Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa. pidato. yang mencakup : 41.c.dan pantomim. fotografi. kode. seni dan sastra.36.l. 44. alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan 45. data base. seni patung. 51. dan semua hasil karya tulis lain.i. E-mail : padiya68@yahoo. 65. drama atau drama musikal.C.Pasal 12 ayat 1 : 40. tari.Pasal 1 ayat 8 : 64.Pd. pamflet. bunga rampai. koreografi.ilmu pengetahuan.karya lain dari hasil pengalihwujudan.f. 49. seni pahat. kolase. sinematografi. 54. Ciptaan yang dilindingi. kuliah. seni kaligrafi.dengan itu . pewayangan 48.S.a. Masa Berlaku Hak Cipta. 55.Untuk selanjutnya dalam pembahasan buku ini dibatasi pada 58.co.id 62. perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan. 57. seni ukir.D. yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus. 52. ataupun bentuk lain.Pd. .Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya. saduran.d.4 63.3 38. gambar. 46. terjemahn.ciptaan yang berkaitan dengan program komputer (software).e.b. 39. seni batik.k. dan 56. 59.co. ceramah. termasuk penyiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut. 42. tafsir. buku. 53.S. 50.“ Dalam Undang-undang ini ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan. peta. lagu atau musik dengan atau tanpa teks.id 37. dan seni terapan.h. program komputer. skema.Komunikasi 61.j. arsitektur. E-mail : padiya68@yahoo. seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis.g.

500. Sanksi Pelanggaran Hak Cipta. program komputer.000. penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta. karya hasil pengalih 72. yang termasuk dalam ayat tersebut adalah hak cipta yang meliputi : 67. penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan.Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya.Ayat 3 “ Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.66. atau menjuakl kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana dimaskud pada ayat 1 dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. sinematografi 69.Menurut Pasal 15 Undang-undang Hak Cipta.id 77. seperti tertuang dalam Undang-undang No. 79. penulisan karya ilmiah.Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 75.000.Dengan memperhatikan pasal di atas bahwa masa berlaku hak cipta adalah 50 tahun. .000. 73.F. 74.perbuatan yang dianggap tidak melanggar hak cipta adalah sebagai berikut : 84. penyusunan laporan.Setiap pelanggaran yang terjadi pastilah akan menerima sanksi yang harus diterima baik yang sengaja ataupun tidak sengaja.Pd. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus memiliki ijin (lisensi).S. maka sebelum jangka waktu yang ditentukan tadi secara otomatis jika kita menggunakan ciptaan tersebut kita harus minta ijin kepada penciptanya atau pemegang hak ciptanya.Komunikasi 76.b. tetapi jika tidak minta ijin maka kita akan mendapat sanksi dari pencipta atau pemegang hak cipta tersebut. 70. database.” 81.5 78. 68. 500.c. 82.Masa berlaku undang-undang hak cipta yang beredar di negara kita adalah selama 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.00 (lima ratus juta rupiah). E-mail : padiya68@yahoo.00 (lima ratus juta rupiah). hal ini terdapat dalam Undang-undang Hak Cipta No.a. 19 tahun 2002 pasal 30 ayat 1. memamerkan. fotografi.E.co.Ayat 2 “ Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan. mengedarkan. Perbuatan Yang Tidak Melanggar Hak Cipta.a.000. 83.d. 19 tahun 2002 pasal 72: 80.e. perbuatan. dan 71. penelitian.

Pertunjukkan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta.Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya. lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan.g.85. disamping itu pencipta juga harus menghadapi resiko yang tidak ringan. E-mail : padiya68@yahoo.6 90. 101. perbanyakan suatu ciptaan bidang ilmu pengetahuan. . dan sastra dalam huruf braille guna keperluan para tuna netra. Pengambilan ciptaan hasil pihak lain. dan tenaga yang banyak. atau 95. Setiap hasil karya atau ciptaan pastilah melalui proses yang sulit. perbanyakan suatu ciptaan selain Program Komputer. guna keperluan : 93. G. 96. 99. Dengan dasar hal tersebut diatas . secara terbatas dengan cara atau alat apapun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum. perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan pelaksanaan teknis atas karya arsitektur. Adapun cara menghargai hasil karya orang lain dapat kita lakukan melalui : 102. maka kita perlu menghargai hasil karya atau ciptaan orang lain. kecuali jika perbanyakan itu bersifat komersial.id 89.e.Pd.maupun sebagian. 91. seperti ciptaan bangunan. 86.f. 98. Cara Menghargai Hasil Karya Orang Lain. dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktifitasnya. guna keperluan pembelaan di dalam atau di luar pengadilan. biaya yang tidak sedikit. waktu yang panjang.S. pembuatan salinan cadangan sutau Program Komputer oleh pemilik Program Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri.co.dan ilmu pengetahuan.Pengambilan ciptaan pihak lain. Ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan 94.2).d. baik seluruhnya .sebagian.b. baik seluruhnya maupun 92. seni.1). 100.Komunikasi 88.c.Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 87. 97.

Sebaiknya diatur posisi duduk seperti dalam gambar di bawah ini : 110. Dengan demikian jarak mata ke monitor perlu diatur jangan terlalu dekat atau terlalu jauh. Jika perlu. Oleh karena itu usahakan untuk menatap monitor dalam jarak tertentu yang aman.S. tersebut. Jarak yang dianjurkan adalah sekitar 80 cm. jalan raya. Dengan posisi 111. Ada baiknya setiap 30 atau 45 menit sekali kita berdiri dari tempat duduk dan keluar dari ruangan. Dengan posisi badan yang tegak. 117. . 116. ketinggian tempat duduk diatur sedemikian rupa sehingga lutut sejajr atau sedikit lebih rendah posisinya terhadap pinggul. B. Jika terlalu lama menatap monitor dan tanpa istirahat yang cukup. E-mail : padiya68@yahoo. Komunikasi 113. merah dan berair. 10 115. 109. Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 112. Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya. bagi kesehatan mata. Sedangkan sandaran tempat duduk membentuk sudut 100-110 derajat.co. misal ke arah halaman. 108.id 114. Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar. Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan 104.S. Selanjutnya posisi tangan yang membentuk sudut lebih kurang 100o terhadap badan kita. kita bisa menggunakan alat penurun radiasi yang dileakkan di depan monitor. Lihatlah ke objek atau tempat yang jauh. maka akan menjadi pedas. pikiran pun mulai jenuh. Mata selalu menatap ke monitor. maka jarak pandang antara mata dengan komputer (monitor) tetap terjaga. Komunikasi 105. Telnologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya.Pd. mata perlu disegarkan dengan melihat tempat atau objek yang jauh letaknya.co. merupakan langkah awal yang perlu dilakukan. E-mail : padiya68@yahoo. Anggota tubuh yang berperan penting saat melakukan kegiatan dengan komputer adalah mata. Mengatur posisi duduk dan tempat duduk. Setelah melakukan aktifitas dengan komputer untuk waktu yang cukup lama. atau tempat lain yang memungkinkan mata memandang jauh ke depan. dapat mencegah kelelahan atau rasa nyeri pada jari tangan dan bahu.103. Kita perlu memperhatikan kesehatan mata saat bekerja dengan komputer.id 106. 9 107.Pd. sehingga terhindar dari pengaruh radiasi yang dapat mengganggu kesehatan mata. selain badan mulai lelah. Setelah sekian lama melihat monitor yang jaraknya dekat.

video dan memungkinkan informasi tersebut 132. (Tabell) sebagai berikut: 139. leks. Dalam makalah ini akan 135.000 I 151. 136. 2001 146. 2002 147. ~~~~~~ 141. dapat menciptakan dunia mqya menjadi nyata berada di hadapan kita. grafik. Memijat dengan ringan daerah sekitar kelopak mat 122. SMP dan SMA. 2. 3. interaktif Informasi yang ada sangat beragam dan tidak dibatasi. 4. kejauhan.9g00g. 1998 143. Abstrak 127. 11~.alnya menawarkan kemudahan dalam 131. Etika Penggunaan Teknologi Informasi daD Komunikasi 123.500. dibahas ten tang etika penggunaan llK dalam pendidikan. memberikan informasi dalam berbagai bentuk. htD1]. llK khuJ-usnya dalam dunia pendidikan. Teknologi internet telah berkembang pesat . Universitas Pendidikan Indonesia 126. Perkembangan terkini dari dunia pendt"dikan adalah dibukanya mala pelajaran teknologi informmi dan komunikaJi (I1K) 128. I November 2005 153. animasi. iahun I P~makai 140. dalam Pendidikan 124. Paradigma ini yang harns diperhatikan dalam dunia pendidikan karena dunia 134. 2003 148.gurnan tinggi.~00~0~ 142. gambar. Untuk menjaga kesehatan mata setelah beraktifitas dengan 119. Mengalihkan pandangan dari monitor ke objek yang ada di 121. D Munir 125. Internet miJ. untuk mempelajari TIK mulai dari Sekolah Dasar sampai per. 1999 144. 156.118. Latar Belakang 154. ~ 150. 2000 145. adalah kemudahan mengakses internet. 2004 149. di J-elurnjhe njang pendidikan SD. Ini bermakna memberikan kesempatany ang luas kepada dunia pendidikan 129. komputer kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut : 120. pendidikan memiliki misi dan fungsi untuk menciptakan manusia yang memiliki akhlak dan etika.. di Indonesia menurut data resrni dari APJII 138. S alah SaUl aplikasi yang ditawarkan llK 155.534I 152. oleh karena itu perlu ada suatu etika yang mengatur penggunaan 133. 8. 1. suara. Pvlapun perkeD1banganp engguna ll1teD1et 137. Pejamkan mata barang sejenak.080. Sifat dan kondiJi teknologi informasi dan komunikaJi 130.

179. 171O1f2005 261O1f2005 051O2f2005 151O2f2005 251. UPInet kampus pusat yang merniliki kafasitas 300 184.. j~ 195. mahasiswa perhari dari jam 08. [http:/ /www. To1n7g1Og3of2l005 27103/2005 061O4f2005 161O4/20~ 26104/2005 061O5f2005 197. T abet 1. mudah dicari.300. sebesar 15. dapat di lihat dalam jumlah pengguna internet 167. dunia.O2 f2005 071O3f2005. ]umlah PenggunaIn ternet diUPInet 198. 3i. Ini menunjukkan bahwa 171. . '\!1. MetaG-awler dalam waktu seminggu 202. . 193.720. .2000 orang 186. menunjukkan ketertarikan pengguna mtemet 203. Namun kehadiran mtemet juga perlu 199. 177.200 ~ 1. pelayanan. Graftk 1. ialah seks (Tabel 2).. 1ni berdasarkan sampel 204.0 %. bisa 162. 190.00 187.00 s.805.J umlah Pemakai Internet di 180. diwaspadai dalam dunia pendidikan sebab 200.10"0. 175. (Miniwatts International. perkembangan penggunaan internet di dunia 172. menjadi musetUIl maya.432. lengkap melintasi berbagai disiplin ilmu. internet sebanyak 15. telah dibangun fasilitas internet dengan nama 183. Mahasiswa yang mengak. 24. pasar raJa informasi maya yang paling besar di 159. ~ 191. kebutuhan clan harapan.852. Kecenderungan ini 166. Perkembangan. O:>m/list2. sebanyak 972. berjalan cukup pes at. Di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 182. sebanyak 2. pertanyaan yang diterima sebagai berikut: . kampus daerah). Khusus unt11k ka-sus 173. Ltd. 164. 2005 178. Indonesia 181.2% clan jumlah IP pada Juli 2005 170. dunia Informasi sedunia.0' 192. 161. GNI (Gross National Income) per capita $1.-. unit komputer. interaktif clan cepat dalam memberikan 163.internetworidstats. =0 900' 194.. --~~ ~~~ 196.-. yang diperkirakan sampai November 2005 168. menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh 201.000. clan jumlah IP pada Juli 2005 sebanyak 2. perpustakaan maya clan 158.d. ~1000. .~. Indonesia memiliki perkembangan penggu-naan 174.777. (data ini belum termasuk di Fakultas clan UPI 189.828.157. Internet bagaikan sebuah kamus yang 160.es 185. penetrasi 7. selama enam hari kerja seperti dalam Gambar 1 188.140 176. internet diperkirakan antara 1700. Saat ini internet dijadikan dasar pembangW1an 165.001 pengguna dengan penetrasi 169.

informasi seperti data. Teknologi inforrnasi clan komunikasi agar 217. salah tentang hak clan kewajiban yang dianut oleh 233. gambar. salah. Teknologi informasi bennakna mengabungkan 246. hak clan kewajiban tentang llK yang dianut 253. atau nilai yang berkenaan dengan akhlak. bidang teknologi seperti pengkomputeran. digunakan secara betul. perlindungan terhadap data clan 219. Tabel2: Kesukaan Pengguna mengakses Internet (Sumber: Surory Research Malaysia) 206. Kesadaran dalam rnengetahui kemampuan 214. digunakan ~tuk menangkap (mengumpul). diantaranya: 222. 232. clan penyebaran informasi suara. E-T axation. Digital 224. beretika clan untuk 218. sopan santun) nilai rnengenai benar clan 213. Namun karena 230. dibahasd alama rtikeli ni. 216. clan keterbatasan teknologi informasi clan 215. Consumer. informasi. saran santun) nilai mengenai benar clan 252. telekomunikasi clan elektronik clan bidang 248. dalam pengumpulan. Komputer 240. penggunaan1 1K di jagat raya ini. Beberapa isu yang muncul dalam 221. Pengertian Etika dalam TIK 210. J adi etika llK adalah sekumpulan azas atau 250. oleh suatu golongan atau masyarakat dalam . Etika (ethiq bermakna sektunpulan azas 211. (adat. Privacy. Dispute. diversity. penyinipanan 243. Electronic ID. komunikasi. 226. E-FiI1anceE. Seting. Cybertrime. menampilkan suatu bentukinformasi. semua aspek yang berhubungan dengan mesin 236. (adat. Networks/IPv6. tata cara 251. OJltural 223. Adapun data pengguna internet 207. menyimpan. -ContractiIlg. EBanking/ 225. IPbased 227. berikut: 209. 238. berbagaki eterbatasanm akat idak semuai su akan 231. Broadband. fakta clan proses. merangktuni 235. 249. teks clan 244. Free Speech/Public Moral. yang mengendalikan semua bentuk idea clan 241. divide. nilai yang yang berkenaan dengan akhlak. (komputer clan telekomunikas~ clan teknik yang 237. memanipulasi. Standard 229. Rotection. tata cara 212. 247. Sedangkan llK 234. Market Access.205.Isu-isu Penggunaan TIK 220. 1. Spam dan WIreless. nangka yang berasaskan mikroelektronik 245. Resolution. berdasarkanp rofesi menunjukkan data sebagai 208. pemprosesan. Network Security. D~ital copyright. 2. dalam konteks yang lebih luas. suatu golongan atau masyarakat. menghantar clan 239. Domain names. informasi memainkan peranan yang penting 242. Laundering. Money 228.

manusia: kita sepantasnya menyesuaikan 270. kreativitas. negara 298. informasi dalam aktivitasnya. sehingga tidak dapat dipastikan yurisdiksi 282."Ullakante knologi 263. Pelakunya. oleh itu dalam penggunaante knologi infonI1asi 300. e) 281. b. . 301. (waktu. 271. dalam kejahatan maya atau kejahatan melalui 276. maka 255. tanpa hak atau tidak etis tersebut terjadi 280. 277. yang cenderung lebih besar 292. Isu pertama: Cybercrimes 274. penggunaan internet beserta aplikasinya 295. Seseorang menggunakan atribut orang . " 267.hL: ebih banyak 265. teknologi informasi kepada manusia. diantaranya adalah: 258. hukurn negara mana yang berlaku 283. Perbuatan terse but dilakukan dengan 285. . 266. . Perbuatan tersebut mengakibatkan 288. dengan teknologi informasi. 264. 3. Tujuan teknologi informasi : memberikan 259. bantuan kepada manusia untuk 260. Untuk menerapkan etika llK. kerugian materil maupun immateril 289.dalaho rang yang menguasai 294. diperlukan teflebih dahulu mengenal clan 256. b" . kerahasiaan informasi) 291." . jaringan internet sedunia. Karakteristik Cybercrimes. diantaranya: 278. secara trans nas ionaV melintasi batas 297. terdapat beberapa hat yang harus diperhatikan. a. bem1aknaj ika tanpa mengf. daripada meminta manusia menyesuaikan 272. bisa terhubung dengan internet 287.a. nila4 jasa. 279. toU'" !aitu manus!a 268. dibandingkan kejahatan konvensional 293. menyelesaikan masalah. memaknai prinsip yang terkandung di dalam llK 257. barang. harga 290. 299. terhadapnya 284. di ruang/wilayah maya (ryberJpac. 2. Perbuatan yang dilakukan secara ilegal.254. diri. menghasilkan 261. menggunakan peralatan apapun yang 286. martabat.. 'llK tidak terlepas dari berbagai keterbatasan. Cybercrimes adalah istilah yang digunakan 275. untuk membuat manusia lebih 262. Perbuatan tersebut seringkali dilakukan 296. 273. lbeebrigha pnetunntign g kkeitpaa mdae ntimekbnaonloggkia n taesrpceakn "g hgiighh. . uang. . 1. pendidikan. Prinsip High-tech-high-tou. Sesuaikan teknologi informasi kepada 269. diantaranyaa dalah: 302.

346. 344. baik bilateral. yang diselaraskan dengan konvensi intemasional yang terkait dengan kejahatan tersebut . Meningkatkank esadaranw arga negara mengenai masalah ryber. 304. SSL vs Pcf. dalam upaya penanganan rybermme. 350. 327. focus pada interoperability. 342. bukan security. lain untuk bertransaksbi isnis . 325. c. 322. 349.303. 333. 307. 347. 314. regional maupun multilateral. account ditiru / dipalsukan . 318.'time serra pentingnya mencegah kejahatan tersebut terjadi . antara lain melalui perjanjian ekstraclisi clan mutual aJ'.'time . repudiation. 328. 315. Sistem komputer disusupi."tree atiej" PenyalahgunaaInnt ernet. 339. 309. menyebabkan . 316. 336. 345. 323. 329.iYan. service availability (DDOS).i'i. 320. 343. 351. 319. open network. Network dibanjiri trafik. Melakukan modernisasi hukurn pidana nasional beserta hukurn acaranya. Penanggulangan Cybercrirns . 321. Meningkatkan sistem pengarnanan jaringan komputer nasional sesuai standar intemasional . dalam proporsi yang berbeda. rahasia perusahaatne rbuka . t Lack of technicals tandardsI:E 1F. 352. 334. 335. 331. 340. 337. investigasi clan penuntutan perkara-perkari yang berhubungan dengan ryber. data transmission. 324. Ancaman terhadap keamanan t Ancaman datang dan Internet clan internal networks. 80 . 332. 326. internet server. f. 348. 306. Jalur komunikasi disadap.95% ancaman datang dan internal t Sifat hakiki internet merupakan surnber utama mudahnya serangan. Password dicuri. S1T vs Secure Electronic Payment Protocol (SEPP) t Cotporate network. 317. 313. 330. RF~ S-rmP. diantaranya: . Meningkatkan pernaharnan serra keahlian aparatur penegak hukurn mengenai upaya pence gahan. 311. sistem informasi dibaJak . Meningkatkan :kerjasarna antar negara. 341. 312. 308. 310. 338. 305.

terpisahnya antara hak atas kekayaan intelektual . 390. 356. 393. 376. 370. 395. clan obscenity e. Virus d. . 366. 388. 355. stalking. child pornography. Isu kedua : Privasi llK yang dapb. 359. Keleluasaapnr ibadi. 377.fOr. 375. 399. 357. dlsb yang menggangu kenyamanan 0 Q)okies yang dimaksud dengan barang adalah benda bertubuh (materii4 clan hak adalah benda tak bertubuh (immaterii4. 384. 382. 386.353. hak atas bunga uang. 360. 363. Spam' mmg . 369. hak guna usaha. hak guna bangunan. bulettin boards '. 389. diantaranya: . 364. 367. Dokumen rahasia dipublikasikan via -.t menghantarkan dunia yang tidak bisa dibatasi ~leh ruang clan waktu dapat rnenimbulkan masalah bagi privasi seseorang atau lembaga. Finansial clan E-Commerce EXposures . Privasi . Implikasi sosial: 0 Gangguan sparnrning/junk mail. 391. hak sewa. 373. clan lain sebagainya Konsekuensi dati batasan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) ini adalah. 380. Copyright clan paten dilanggar . 401. 394. hak atas benda berupa jaminan. 402. 362. Persoalany angr nenjadip erhatian: 0 Infom1asi personal apa saja 'Yang dapat diberikan kepada orang lain 0 Apakah pesan informasi pribadi yangd ipertukarkanti dak dilihat oleh pihak lain yang tidak berhak 0 Apakah clan bagailnana dengan peng~ infom1asi pribadi yan~ anorum . Hak atas keka~an intelektual &alahgunakan (dicuri/ ill-copy) . 378. hak atas kekayaan intelektual.d ata!a tributp ribadi . crash . 374. Situs dirusak (cracked) . 392. O>ntoh benda tidak bertubuh yang berupa hak antara lain: hak tagih. 379. 361. Diantara aspek privasi dalam llK adalah: Legal Exposures. 381. 397. 358. 372. 387. Data keuangan di~bah . 354. Dana perusahaan "digelapkan" . 371. Moneyla undering a. 396. 365. Aci{J1t Pornography. Pelanggaran J?engawasan ekspor teknologi (di USA) . 385. Pemalsuauna ng . 400. 383. 398. 368.

Swnber tanda a:t. 452. Hak milik b.. PPeemngaunfmaaptualna n( U(Cseo)ll et't. Informasi pribadi' tidak boleh untuk bisnis selain dari tujuan semula perolehannyaj . 426. dilindungi dengan baik clan secara transparanj . Perlindungan Privasi Universal . 441. 419. 414. 423. 446. 417. 416. 422. pengguna untuk tujuan bisnis harus memberitahukan kepada pemi1ik data tentang tujuan penggunaannya.au. bukan invensi dati hak tersebut a. 437. Model clan Rancang Bangun (utili!) modelJa) tau dalam bahasah ukum Indonesia disebut Paten Sederhana (simple patent) c. 451.d ata) . Penyebaran infom1asi pribadi perlu dibatasi menurut tujuan penggunaannya clan harus diperoleh dari sumber yang sah.i tlg) . Desain industri (industrial design) d. 438. Cookies 2. 413. itu dengan hasil material yang rnenjadi bentuk jelmaannya. 408. 440. 444. 409. 427. 412. 418. NamaJ a sa (Se roi. g. 431.'eM ark) co:. 432. 450. 434. Dalam memperol. Nama Dagang (Trade Names) f. Perlindungan data (Protet1ioonf. 428. 411. Pengelompokan HAKI 1 b. 410. Kepada siapa infomlaSi dipenukarkau (Whom share) '. 421. 448. Hak Milik Perindustrian (IndustriafProperty Ri' ht ) [g S a. Merek Dagang (TradeMark) e. 442. 430. 406. Yang dilindungi dalam kerangka hak atas kekayaan intelektual adalah haknya. Ma~ud pemanfaatan (Purpose) . Lingkup Perlindungan Privasi di Cyberspace . 447.403.o< Ongm) "'. Pengguna informasi untuk tujuan bisnis harus mengarnbil tindakan yang diperlukan untuk melindungi data pribadi clan melakukan pengawasan yang mernadai atas petugas yang memegang data pribadi. 404. 420.sebutan asal (In~i~~tion oj' Source or Appelaiio. 425. 445. 407. Pengiriman melalui e-n1ail{ Sendingv ia E:mai~ . 429. 439. 433. 436. 443. . Hak Gpta (copyri ghts) a . .'. 435. 405. Hak yang berkaitan dengan hak cipta (neighborinrgig hts) c. 424.. 415. berisikan data yang akurat. 449.. Paten b.eh informasi pribadi.

bisnis clan hiburan. . .. Desain T ata Letak Sirkuit T erpadu. pelajaran atau mata kuliah 'ilK.. Merk 491. 481. -. sesuatu "benda" yang berasal dan otak Pasal 499462. . UURI Nomor 3q .. 494.uraiadna lamp asal5 03 KUH Perdata467.clan sesuai 466. ):!l(Jmor 29 tahun 2000 T entang 469. Undang-Und~ HAK~. 480. :. 482. '._r .. p.. Oleh itu.tion ~.elektual ~ hak atas 461. Ada sebuah pemikiran bahwa dalam 472. UU-RI Nomor 32 tahun 2000 Tentang 486.. . UU ~ . UU-RI Nomor 31 tahun 2000 Tentang 484. 479.-.tahun 2000 Tentang 470. .453. -. 483. Rahasia Dagang. oleh. . 454. penyalahgunaan'ilK. Dunia pendidikan tidak bisa terlepas dari 496.Perlindungan Varietas Barn Tanaman. ..-' b. . Hak kekayaan. . dalam penggunaan aplikasi llK setelah dunia 499. UU-RI Nomor 15 tahun 2001 Tentang 490.~-i. akan dikemukakan beberapa isu etika llK dalam 501. yaitu. 489. "'~ngkaian Elektro~ T erpadu 456. . j.468. . UU-RI Nomor 14 tahun 2001 Tentang 488. kurikulum dikembangkan agar pelajar/ mahasiswa 476. 455.tiap hak~ . . memiliki etika clan moral sehingga tidak terjadi 478.(InteJrated Gin-l l~) ~ . imbasnya etika dalam penggunaan llK sebab 497. dapadt ikiIasai 465. Is" Keliga : Hak Kekayaan Intelektual 459. Bagaimana 475. dengan'. dalam artikel ini 500. yang dimaksud dengan benda ialah ti:lp -" tiap 464. dunia pendidikan. . dapat menyadari bahwa dalam penggunaan llK 477. Paten. . "'. Etika TIK dalam Pendidikan 495. Unfair Competition Prote. dunia pendidikan sebagai lembaga kedua terbesar 498. UU-RI Nomor 19 tahun 2002 Tentang 492. penanggulangan terhadap isu ini dunia pendidikan 473. f" 460.. perlu mengemas masalah etika clan moral dalam 474.:: 457. 485..r . hak ri1ilik" Dalam pasal ini -:. ':i. barangc lan tiap . . Hak Gpta 493. fex:~dungan varietas baru tanah1an'. 487. . K UH Perdata: "menurut paham undang "'. " 458.i llJ. ~dang 463. . Desain lndustri. 471.

511. Selama ini akses yang sering dilakukan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh MetaG-awler dalam wdtu seminggu mengemukakan bahw-a ketertarikan utama . 547. Ethical discernment of information problems. . 512. 519. 513. Dunia pendidikan harus mampu memberi contoh yang baik. 530. 537. Skilled in thinking before acting.kec hargea ttitude. mendidik clan mensosialisasikan dalam penggunaan huktJIn clan aturan yang telah ditetapkan serta menghormati HAKI. 521. beretetika. 518. 522. 542. 517. 550. Capable of solving new and more complex problems. 545. 541. 535. menilai clan melaksanakan sistem inforrnasi atau dengan kata lain harus memiliki kernampuan hard skill (penguasaan bahasa pemrograrnan. 507. . 551. 533. . 526. Isu Kedua : Sumber Daya Manusia Dunia pendidikan hams marnpu melahirkan SDM . 506. membangun. 515. 525. 504. 532. Dalam beberapa seminar isu kriteria SDM llK adalah me~unyai kemahiran dalam rekayasa software. 523. . 534. Selain itu profit SDM juga harus unggui dalam: Attitude: . 531. Must be a listener. Good inteIpreter of information. 505. 503. . penguasaan database/DBMS atau softmre midleware.502. 546.yang memiliki kualitas. 510. . 540. . menggunakan. 544. 548. 527. clan pengetahuan jaringan) clan soft sklill (kepemimpinari. Peradaban infomlaSi yang sekarang sedang dialami perlu mendapat sentuhan etika clan moral sebab kesalahan atau penyalahgunaan infomlaSi akan mengakibatkan kerugian yang besar bahkan mungkin lebih besar dibandingkan dengan kerugian materi. 514. 529. Must be a reader. . 549. 516. 524. 538. Competitived. Dalam masalah akses infomlaSi tantangan yang dihadapi dunia pendidikan perlu pandai menyaring {jilter} informasi agar mampu menjamin atau mendapatkan infomlaSi yang berkualitas. 520. komunikas4 metodologi pengembangan sistem clan kerja team). Diplomatic Isu Pertama : Dunia Pendidikan sebagai sumber etika dun penjaga moral Isu pokok etika clan moral dititik beratkan dalam dunia pendidikan karena fungsi clan tugas dunia pendidikan adalah unnlk mengantarkan wnat manusia menuju peradaban yang lebih baik clan maju. Oeative. 508. 539. 509. profesional clan memiliki kernampuan yang handal dalam erainforrnasi ini. 543. . 536. 528.

Persuasivceo mmunication. Knowledge: . 'ilK dapat menjadikan kita lebih bermakna. . Infomlation policy. agarna. 564. InternetS ecuri!fyo r BuJiness. 592. Evaluating estimates of programs proJects and Penutup Dunia pendidikan sangat ~mperha. 593. 565. 574. Willey O:>mputer Publishing. terhadap internet ialah seks (lihat tabe12).. 590. . 571. 588. 559. 585. InterneLt ega!GuideW. ras. 558. Dennis M 2002. . Lack of reliable informaiton. Bernstein. 572. 601. 556. 2002. Lack of organization of inf()rmation. 591. Infomlation marketing. Lilley. Selarna ini inforrnasi yang ada cliclunia 'ryber dikenal clengan berbagai istilah. 555. Managemenot f infomlation resources. 566.tikan sekali terhadap etika peng~an 'ilK. 595.. 570. buclaya clan yang lainn~. oleh itu dunia pendidikan harus mampu memanfaatkan 'ilK untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 569. Oral and written communication. 561. 560. meningkatkan efektifitas clan efesiensi kerja. 600. 583. 577. Oleh itu Clesain Clan konten inforrnasi harus benar. 562.. Drawing of financial reports. Generation of infomlation products and services. . 1996. . 580. 598. 586. 578. 568. Lack of qualifY information. 567. mai~ and InternetG uidelinesto Protect . . Terry et all. 582. . jenis kelamin. 584. 1999. ttackedr( :J' Abused. Skills: . 579. 554. Lack of relevant information. iley. Intelligent handling of infom1ation and communication.552. Daftar Pustaka Isu Ketiga : Desain dan Konten Dengan kernajuan llK rota dapat menikmati infom1asi clengan cepat clan muclah. 589. e-poliry How to Develop ComputerE. 563. 581. 594. ogan page.benar ~perhatikan sebab peng~ llK sangat beragam dilihat clari usia. . 575. 599.H ackedA. 587.D igita! CrimeE xposedK. Capable to negotiate with government ~llth()ritip!. Desain clan konten infom1asi akall mempengaruhi panclangan rota clalam berbagai aktivitas. 557. 576. 553. 596. Overly. 'ilK lahir dan dunia pendidikan clan penelitian. namun manfaatnya lebih besar. cliantaranya : . Michael R. . . Power. Peter. . 573. 597. Walaupun 'ilK dapat menimbulkan berbagai kesalahan clan kejahatan. Too much duplicated information.

624. 623. 630. 605. MACOM Setiyadi.. 618. 633. MKom. . Thomas J. menurut penelitian Morgan & Shade (1994) menyatakan bahwa berbagai paket perangkat lunak untuk pendidikan ~ng aaa di pasaran.Wesley. Catatan kuliah CyberE thicJ"a nd Law. 626. Routledge. C ybercrime: Law Enforcement. 622.25% yang bisa dikategorikan sebagai memenuhi s~t serta layak digimakan untuk keperluan pendidikan. 619. Your ComPanayn dI tJ'A sJ"etsA. 629. 2000. Douglas & Brian Loader. dan UU RIN()mor 19/2002 tentang Hak Cipta. ed. 615. 608. 607. tentangM erck. 620. 627. 604. eds. Munit ada/ah Dosen Jurusan Pendldlkan Matematlka pada Faku/tas Pendldlkan Matematika don I/mu PengetahuanA /am (FPMIPA) UPL Suatu contoh kond~i perangkat lunak untuk pendidikan. Untuk menangani masalah isu ini seluruh disiplin ilmu yang ada dalam dunia pendidikan harus melibatkan diri dalam menyusun desain clan konten perangkat lunak dalam pendidikan agar perangkat lunak tersebut memenuhi kelayai{an aan sesuai dengan kebutuhan pendidikan.. . Security and S u/7Jei!i:Jnce in theI nformationA ge.602. 612. hanya 20 . 617. 609. Penulis : Dr. 610. 621. UURI Nomor 1J/2001 . Addison. Undang . sementara 75-80% paket perangkat lunak yang lain men~elirukan clan susah untUk d~n atau tldak mudah digunakan (userfr iendlY). 606. 603. Mas Wigrantoro R0es. 2004. Online Law.Undang Perlindungan Terhadap Kekayaan Inte!ektua~ meliputi: UU RI :Nomor 14/2001 tentang Paten. 613. 628. 625. 634. 614. 1999. Thomas. 631. Universi~Budi Luhur Smedinghoff. 635. 611. 632. 616.