P. 1
teknologi mekanik II

teknologi mekanik II

|Views: 162|Likes:
Published by Muji Yanda

More info:

Published by: Muji Yanda on Nov 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

Latar belakang Kerja frais disebut juga bekerja pada mesin Milling karena pada pengoperasiannya peserta atau

operator menggunakan mesin Milling dalam pembuatan produk atau benda kerja. Secara definitif kerja frais adalah suatu proses penyayatan benda kerja yang dilakukan pada mesin frais dengan menggunakan alat potong atau pisau frais yang berputar. Mesin frais adalah salah satu perkembangan dari teknologi permesinan yang mana telah banyak memberikan kemudahan dalam pembuatan produk. Perkembangan ini merupakan kemudahan tersendiri bagi para teknisian diseluruh dunia dan juga semua orang yang bergelut dalam bidang teknologi manufaktur. Perkembangan ini pun pula menjadi tantangan bagi kita semua dalam menghadapi persaingan global. Oleh karena itu proses belajar mengajar baik teori maupun praktik harus selalu direvisi guna menambah kualitas penyerapan ilmu. Proses-proses yang dapat dikerjakan pada mesin frais adalah tergantung pada jenis mesin itu sendiri. Sebagai contoh mesin frais horisontal secara umum dapat memroses benda kerja dengan arah horizontal. Dengan adanya alat bantu pencekaman seperti ragum mulai dari yang sederhana sampai pada bentuk universal akan menambah kuantitas jenis bentuk benda kerja yang dapat dikerjakan. Hal tersebut akan lebih kompleks dengan adanya mesin-mesin yang lebih modern seperti mesin CNC. Mesin ini akan sangat menguntungkan bagi institusi-institusi yang khusus memproduksi benda-benda dalam jumlah yang banyak

Secara Khusus Praktikum milling pada semester ini bertujuan untuk : Dapat mengoperasikan mesin Milling Universal dengan baik dan benar. Mengenal dan mampu menggunakan serta mengetahui fungsi masing masing dari peralatan-peralatan pada mesin milling. Mahasiswa dalam hal ini merupakan produk yang dihasilkan oleh institusi tersebut. mengerti dan mampu membuat benda-benda yang umum digunakan diberbagai institusi atau industri. Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya dapat diartikan sebagai fungsi praktikum dari sisi mahasiswa. Dapat membuat roda gigi heliks dan rack Gear dengan baik dan benar. . Mengetahui cara bekerja dengan aman sesuai Prosedur Kerja Standar (PKS) ditandai dengan pemanfaatanenergy analisa dan energy control secara stabil/normal. Sedangkan dari sisi institusi adalah marupakan bahan pembelajaran yang disajikan kepada mahasiswa dalam rangka mangubah mahasiswa menjadi tenaga handal. Tentu saja praktikum tersebut memiliki fungsi baik dari sisi mahasiswa maupun dari sisi institusi. Disamping itu praktikum Milling bertujuan untuk mengikuti prosedur pembelajaran dimana setiap mahasiswa menuntut ilmu. Mampu melakukan perhitungan dan rangkaian roda gigi.Tujuan Praktikum milling bertujuan untuk memperkenalkan dan melibatkan mahasiswa dalam pengoperasian mesin dan lebih dari itu dituntut pula agar mahasiswa mengetahui.

Rack gear atau batang gigi adalah salah satu jenis gear yang dibentuk pada balok dengan dimensi tertentu.A. 2. Meja mesin dapat dimiringkan kearah mendatar dengan sudut hingga 30° A. Putaran yang berasal dari motor diteruskan oleh spindle utama melalui system transmisi roda gigi sehingga cutter berputar. Mesin Frais datar(Horiz onta l) Sumbu utama mesin ini sejajar dengan meja mesin. Mesin Frais tegak(Vertic a l) Sumbu utama mesin ini tegak lurus terhadap meja mesin. Rack gear ini berfungsi sebagai transmisi untuk merubah gerak lurus menjadi gerak berputar atau gerak berputar menjadi gerak lurus. PRINSIP KERJA MESIN FRAIS mesin Frais Universal adalah mesin yang dapat menggunakan kepala spindle vertical yang dapat dimiringkan dengan sudut tertentu dan kepala spindle horizontal sebagai tempat pencekaman Cutter. JENIS – JENIS MESIN FRAIS Menurut sumbu utama. Mesin Frais(Univers a l) Mesin ini memiliki dua sumbu yang dapat diganti – ganti yaitu sumbu horizontalda n vertical sehingga mesin ini dapat berfungsi sebagai mesin Frais datar(Horizonta l) maupun Tegak(vertica l) . A. 3. DEFINISI UMUM Mengefrais adalah suatu proses penyayatan benda kerja yang dilakukan pada mesin frais dengan menggunakan alat potong atau pisau frais yang berputar. mesin frais terdiri dari : 1. Roda gigi heliks adalah salah satu jenis roda gigi dengan alur gigi berbentuk spiral mengikuti bentuk silinder luar benda.

Menurut konstruksi dudukan meja. meja ini pun dapat diputar dengan sudut tertentu dan dapat di naik turunkan. mesin Frais terdiri dari : 1. Mesin Frais Type Knee Mesin ini punya kelebihan karena selain dapat bergerak kearah memanjang dan melintang. 2. Mesin Frais Type Knee Mesin ini cukup sederhana karena meja mesin hanya dapat bergerak kearah memanjang dan melintang saja. Mesin Frais otomatis (CNC) . Mesin Frais semi Otomatis Mesin ini dapat dioperasikan secara otomatis dan dapat pula secara manual. mesin Frais terdiri dari : 1. Menurut cara kerja. Ctt: otomatis mesin tidak seperti halnya otomais pada mesin CNC.

.

.

.

Mesin ini boleh dikatakan cukup canggih karena semua gerakan mesin dikontrol oleh computer (program). . Ctt: program terlebih dahulu disimulasi dalam computer sebelum mengaplikasikan pada mesin untuk mengetahui kesalahan sedini mungkin.

. Mesin Frais Copy Mesin ini digunakan untuk membuat benda – benda dengan bentuk yang relative sulit atau rumit dan atau produk missal dengan menggunakan Pola (mal). Shell and mill cutter. contour cutter. Untuk Pembuatan Roda Gigi dan Rack Gear Pasang kepala pembagi dan kepala lepas. pisau frais hobbing. Kencangkan posisi kepala Pembagi terhadap meja dengan T slot. pisau frais gigi silang) Pisau frais bentuk – Pisau frais sudut. beri gap / celah antara gigi kira-kira setebal kertas. Mesin Frais Roda Gigi (mesin Hobbing) Mesin mesin ini hanya digunakan untuk membuat roda gigi dimana metode yang digunakan adalah metode pemotonga berlanjut atau terus menerus (generating method). Langkah Kerja a. dressinking cutter. JENIS ALAT POTONG/CUTTER PADA MESIN FRAIS Pisau frai berlubang – Plain cutter. periksa kesumbuannya (vertikal dan horizontal) dengan dial.Mesin Frais Khusus terdiri dari : 1. pisau frais ekor burung. – Pisau frais celah (slitting saw. Pisau frais bertangkai (cutter jari) – End mill cutter. Face mill cutter. kencangkan baut-baut penahan roda gigi. pisau frais satu bibir. pisau frais radius. pisau celah cakra. pisau frais celah. 1. Carbide cutter. pisau frais roda gigi (cutter modul). putar engkol kepala pembagi untuk Rack Gear. roughing cutter. ball nose end mill cutter. A. Periksa hasil rangkaian dengan memutar poros transportir untuk Helical Gear. Rangkai roda gigi sesuai hasil perhitungan. Roughing cutter. Untuk Rack Gear dial kesejajaran ragum terhadap meja. kencangkan baut-baut pergerakan vertikal pada kepala lepas.

Ikat Ragum dengan Baut Standar ( T Slot) yang telah disiapkan . Untuk Rack Gear miring bisa ragum yang dimiringkan jika diinginkan Pw = Pn atau meja yang dimiringkan jika diinginkan Pw = Ps. Cekam benda kerja dengan kuat. pastikan sudut – sudut benda kerja telah dikikir . lantai dan alat-alat yang digunakan. Kembalikan posisi meja dan kepala mesin keposisi semula. untuk roda gigi helik.Pasang cutter. Bersihkan mesin. Miringkan meja atau kepala mesin sebesar sudut kemiringan roda gigi. Bersihkan dan kembalikan ketempat semula. Periksa counter dan alat-alat laci mesin. Untuk Facing ( Roughing / Shell end Mill Cutter) Pasang Ragum Mesin . kepala pembagi. kikir bagian sisi yang tajam. b. Dial kesejajarannya apa bila diperlukan. Lepas Benda kerja. Lepaskan ragum. atur rpm dan arah putaran cutter. Angkat dengan Menggunakan crane (kren) . cuter dan roda gigi. kepala lepas. Setting nol untuk kedalaman pemakanan. Lakukan pemakanan secara bertahap.

.

Gunakanlah sistim pemotongan berlawanan arah . Setting nol untuk kedalaman pemakanan. Lakukan pemakanan secara bertahap. Kembalikan posisi meja dan kepala mesin keposisi semula. Atur rpm dan feeding mesin sesuai dengan hasil perhitungan. Gunakan air pendingin yang cukup Setiap kali melepas benda kerja. lantai dan alat-alat yang digunakan. Lepaskan ragum dan cuter . kikir bagian sisi yang tajam agar pencekaman berikutnya akurat dan kuat. Periksa counter dan alat-alat laci mesin. Ikat dengan baut standar yang telah disiapkan . . Bersihkan mesin.Pasang Cutter . bersihkan dan kembalikan ketempat semula.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->