P. 1
Tutorial Photoshop 2

Tutorial Photoshop 2

|Views: 1,270|Likes:
Published by Emy Yuliany

More info:

Published by: Emy Yuliany on Nov 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

MANIPULASI FOTO/FOTO EFEK

Menambahkan Tulisan Berefek Komik Pada Foto
Langkah-langkahnya: 1. Jalankan program photoshop. file --> Open atau tekan [ctrl] + [O]. Setelah itu carilah gambar yang akan diubah, misalnya foto berikut ini:

Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop
2. Mulai membuat dialog box caranya: klik Pada Pen tool berbentuk seperti kepala pulpen lalu mulailah membuat garis-garis dengan menggunakan pen tool [tekan mouse sebelah kiri pada gambar/foto dan atur posisinnya] Untuk hasil lebih rapih bisa gunakan Freeform pen tool atau tekan [Alt] + [+] pada keyboard lalu potong dan selanjutnya terserah, mau buat seperti apa, yang lonjong, bullet , atau lancip. Lalu masuk ke menu utama dan pilih Layer --> rasterize --> Shape [hal ini perlu dilakukan karena layer anda masih dalam keadaan mask / bayangan] contoh hasil:

Langkah-Langkahnya:

Untuk mempertegas gunakan Layer --> Layer Style --> stroke...

1. Kita akan mencoba pada gambar yang telah tersedia di atas. 3. Setelah itu lanjut ke Teks tool dan mulai menulis di dalam dialog box tadi, jika ingin memperbesar atau memperkecil dan memutar tulisan tekan [ctrl] + [T] atau atur di properties teks yang terletak di bawah menu utama Hasilnya 2. Buka file gambar yang sudah disediakan Klik pada Healing Brush Tool (dengan otomatis kursor akan berubah menjadi bentuk Lingkaran)

Posisi Healing Brush Tool pada jerawat 3. Atur diameter/besar lingkaran Healing dengan ukuran jerawat (untuk mengganti ukuran anda Klik Kanan pada layar kerja kemudian atur besar Diameternya) Contoh:

Setting Healing Brush Tool 4. Tekan tombol Alt sampai kursor berubah seperti lambang SnapShot kemudian klik pada bagian wajah yang paling bersih atau tanpa jerawat (pilih pada bagian dengan kontras warna yang sama dengan bagian jerawat), lepas tombol Alt kemudian anda tinggal klik pada bagian wajah yang berjerawat hingga bersih.. The Power of Desain Grafis - www.ilmugrafis.com Kulit Lebih Putih tanpa kosmetik

Merubah Foto Berwarna Menjadi Lukisan Kanvas Cat Air
1. Jalankan program photoshop. file --> Open atau tekan [ctrl] + [O]. Setelah itu carilah gambar yang akan diubah, misalnya foto berikut ini:

Jerawat Hilang (dalam 7 menit - With Belajar-Grafis Miracle...) 5. Agar gambar lebih cerah atur contras warna dengan melakukan langkah sbb: = Pilih menu Image > Adjustments > Curves : ganti nilai input dan output Sebagai rekomendasi ganti dengan * input : 99 *out put : 146 atau atur sesuai dengan selera anda.

2. Setelah itu masuk ke Menu Utama, pilih: Filter --> Brush Strokes --> Crosshatch Setting seperti ini:

rekomendasi setting Hasilnya:

[OK] Supaya lebih kelihatan realistis efek cat air maka lakukan double effek, maksudnya lakukan langkah di atas sekali lagi Filter --> Brush Strokes --> Crosshatch Hasilnya:

akan diefek, misalnya foto berikut ini:

2. Buat lembar kerja/ kanvas baru klik file --> New atur seperti ini

hasil double effek Crosshatch 3. kembali ke Menu Utama, pilih: Filter --> Texture --> Texturizer Setting seperti ini:

Lalu tekan "OK" 3. Pindahkan foto tersebut dengan move tool ke lembar kerja baru yang telah dibuat, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat tutorial Menggabungkan Gambar ke Dalam 1 Kanvas 4. Setelah itu kita transform gambar terebut caranya: tekan [ctrl] + [T] sehingga muncul titik transform di sekitar sudut gambar

[OK] Dan Hasilnya...

Wow... Gambarnya menjadi lukisan cat air

Membuat Efek Bayangan Lantai Pada Foto Foto adalah suatu dokumen dan arsip yang merupakan kenangan seseorang, namun foto akan mempunyai nilai lebih jika kita efek dengan photoshop dan sedikit imajinasi. Dalam Tutorial kali ini kita akan belajar photoshop bagaimana cara membuat foto efek dengan efek bayangan lantai, maksudnya kita umpamakan saja lantai tersebut sangat mengkilap sehingga mampu menampilkan bayangan pantulan foto kita. Caranya: 1. Jalankan program photoshop. file --> Open atau tekan [ctrl] + [O] Setelah itu carilah gambar yang setelah selesai tekan [enter] 5. Setelah itu klik kanan layer 1 di sebelah kanan lalu pilih "Duplikate Layer..." Setelah itu muncul kotak dialog Duplicate Layer, kalian "OK" 6. Tekan [ctrl] + [T] untuk mentransform gambar inilah saat yang agak butuh kesabaran karena kita harus memutar gambar searah jarum jam dan mengatur sehingga berbentuk seperti ini

Berikut Caranya : 1. Buka photoshopnya. Setelah itu carilah gambar yang akan dijadikan sketsa pensil. Misalnya gambar

hewan anjing, setelah itu tekan [enter] 7. Sekarang tinggal menambahkan effect pada menu utama pilih effect --> Blur --> Glausian Blur Setelah muncul dialog set dengan pengaturan Radius 2,7 pixels Tekan "OK" Hasilnya: 2. Setelah gambar pertama tertampilkan, langkah selanjutnya yaitu : Arahkan Mouse pada "Layer gambar hewan" dalam hal ini Background

6. Sebetulnya sudah selesai tapi jika ingin memperbagus lagi maka kalian tambahkan saja backgroundnya dengan effect --> render --> Lens Flare dan ubah background menjadi hitam dengan Paint Bucket Tool Hasil:

kemudian klik kanan dan pilih "Duplicated Layer". Namakan As: "Doggy 1" tanpa tanda petik 3. Masih tetap di Layer "Doggy 1" buat Gambar menjadi Hitam putih dengan mengKlik Ctrl + Shift +U Lihat Gambar Kedua ( 2 ) di bawah ini :

Wow Kinclong boooo...!!!

4. Setelah gambar berubah menjadi hitam putih, langkah selanjutnya yaitu :

Merubah Foto Berwarna Menjadi Sketsa Warna Pensil

6. Pada gambar keempat ( 4) jika diperhatikan, gambar tersebut tampak Tidak jelas atau juga memudar. Namun dari gambar tersebutlah yang Menjadikan gambar lebih jelas setelah terjadinya perpindahan warna. Oleh sebab itu, untuk langkah terakhirnya yaitu : Pada Layer "Doggy 2" Set Blending modenya ke "Color Dodge" lihat gambar di bawah ini :

Buatlah duplicated Layer dari "Doggy 1", caranya seperti diatas yaitu klik kanan Layer "Doggy 1" lalu pilih duplicate layer, Lalu beri nama As: "Doggy 2" Nah sekarang kita punya layer bernama Doggy 2 klik Ctrl + i maka gambar di Doggy 2 akan berubah menjadi gambar film Previewnya : Keterangan Pada gambar di bawah ini, ubahlah nama “Normal” menjadi “Color Dodge” Setelah anda mengubah Mode “Normal” menjadi “Color Dodge” maka gambar secara langsung akan berubah menjadi sketsa warna pensil, lihat hasil gambar penyelesaiannya di bawah ini :

Membuat Frame Photo Sederhana
5. Setelah Gambar Ketiga ( 3 ) kita dapatkan, selanjutnya yaitu MengBLUR Layer "Doggy 2" dengan cara Arahkan mouse Pada Filter > Blur > Gaussian Blur maka akan keluar jendela pop_up Gaussian blurnya, setelah itu pada “Radius Pixel” berilah nilai Radius sebesar “5.0” intinya semakin Blur semakin baik cuma harus disesuaikan jangan terlalu Over Blur kemudian Klik Ok. Dan lihatlah hasil gambar keempat ( 4 ) di bawah ini : Membuat Frame Photo merupakan hal tidak sulit, tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 1. Buka Aplikasi Photoshop dan pilih foto yang akan di beri frame contoh:

2. Pada Toolbox sebelah kiri cari icon dengan

gambar pencil atau kuas cat minyak, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar yang saya blok merah.

Baiklah ini langkah-langkahnya: 1. Buka Aplikasi Photoshop dan pilih foto yang akan diputihkan / di make up sebagai, misalnya foto berikut ini

2. Pada Toolbox sebelah kiri kamu cari icon dengan gambar seperti permen gulali lalu [klik kanan] dan pilih dodge tool

3. Setelah melakukan Langkah di atas maka langsung saja letakkan pointer pada wajah dalam foto tersebut sehingga muncul lingkaran batas. Lingkaran batas adalah area yang akan diputihkan. <===== ini adalah toolbox [klik kanan] icon yang saya blok merah dan pilih "History Brush Tool" 3. Setelah melakukan Langkah di atas kalian [klik kanan] panah di dalam icon yang saya blok merah, sehingga muncul diameter master dan contoh brush, setting dengan memilih menjadi gambar daun waru lihat gambar: 4. Klik kiri pada area yang ingin diputihkan dan atur secara merata sehingga gambar tidak menjadi belang. (jika terjadi kesalahan maka kalian undo saja sebelum terlambat = ctrl + alt + z) 5. Setelah foto diputihkan, maka simpan foto tersebut dalam format jpeg dan atur image option quality menjadi 12. Perbandingan Foto: sebelum diedit setelah diedit

(gambar pengaturan Brush) Master Diameter berfungsi untuk menentukan besar frame yang ingin dibuat 4. Setelah semua pengaturan selesai maka blok sisisisi gambar dengan menekan dan tahan [kilk kanan] secara merata di sisi-sisinya 5. Jika kalian tidak suka warnanya maka kalian bisa menggantinya di kotak warna sebelah kiri (ada 2 kotak pilih kotak atas) Hasil Frame Foto Tanpa Frame Dengan Frame 2. Pada Toolbox sebelah kiri cari icon dengan gambar persegi/ lingkaran dengan garis putus-putus, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar yang saya blok merah.

Membuat Effect Sensor Pada Gambar
Baiklah ini langkah-langkahnya: 1. Buka Aplikasi Photoshop dan pilih foto yang akan di sensor misalnya gambar di bawah ini.

Memutihkan Warna Kulit Pada Foto
Ingin Wajah atau kulit kelihatan lebih putih? Selalu ada caranya kok. Mari kita praktekkan dan lihat hasilnya, tanpa pemutih kulit jadi lebih putih.

<===== ini adalah toolbox Kalian [klik kanan] icon yang diblok merah dan pilih "Rectangular Marquee Tool" 3. Setelah melakukan Langkah di atas maka langsung saja letakkan pointer pada bagian yang ingin disensor dengan menahan [klik kanan] hingga terbentuk persegi dengan garis terputus-putus contoh:

ini dia Langkah - langkahnya: 1. Buka File gambar diatas dengan Photoshop:

(terdapat garis putus-putus di daerah sekitar mata) 4. Setelah terseleksi dengan "Rectangular Marquee Tool" maka tinggal memberikan effect Caranya: Pada Menu Utama (Main Menu) di sebelah atas klik Filter >> Pixelate >> Mozaic 5. Atur Cell Size untuk menentukan besarnya kotak sensor, semakin besar angka yang dimasukkan maka kotak-kotak sensor yang akan dihasilkan akan semakin besar. Setelah itu simpan (save) Perbedaan Gambar: setelah tanpa sensor disensor

2. Seleksi bagian rambut pada gambar menggunakan POLYGONAL LASSO TOOL

Gonta Ganti Warna Rambut Sesuka Hati mu

3. Klik pada Menu SELECT > FEATHER (isi Feather Radius : 10 px ) OK 4. Klik Menu IMAGE > ADJUSTMENTS > VARIATIONS

3. Selelah itu klik kanan dan pilih Rasterize Layer... 4. Waktunya memberi efek... Menu - Layer - Layer Style - Blending Options... Centang Drop Shadow dan Inner Shadow tinggal klik pada salah satu warna atau lebih untuk mendapatkan warna yang seseuai…klik ORIGINAL untuk mengembalikan pada warna asli gambar….

Efek Butiran-Butiran Air Membasahi Foto
langkah-langkahnya: 1. Buka Gambar yang akan diedit dengan photoshop misalnya gambar pantai...

dan

2. buat lingkaran dengan Elipse Tool catatan: foreground dan background harus putih

[OK] Lalu pada pallete - ubah ke mode Multiply

Hasilnya:

5. Yup Hasilnya...

3. Setelah itu kita beri effek Film Grain Caranya: Menu Utama pilih Filter - Filter Gallery Film Grain Setting: Hehehe... Tinggal perbanyak aja tetesan airnya... beres dah...

Maka Hasilnya:

Tutorial Foto Kuno dan Efek Tua
Foto jaman sekarang diubah ke model foto jaman perjuangan? Mana bisa? tenang, coba dulu tutorial Adobe photoshop ini dijamin foto kamu yang full colour bisa jadi foto hasil jepretan masa lampau... Langkah - Langkahnya: 1. Pilih dulu gambar misalnya gambar di bawah ini

Texture Gambar menjadi agak kasar 4. Sekarang tinggal sentuhan terakhir yaitu menjadikannya terkesan KUNO Caranya: Menu Utama pilih Image - Adjustment Hue/Saturation Setting:

Tips!! Atau jika anda ingin gambar yang lain bisa mencari foto2 artis idola anda di Google dengan memasukkan kata kunci nama artis idola anda... 2. Buka gambar dengan program photoshop, setelah itu ubah gambar ke mode hitam putih... Caranya: Menu Utama pilih Image - Adjustment Desarture Hasilnya: an............. Hasilnya:

D

Membuat Chrome Frame Dengan Style Photoshop
LANGKAH-LANGKAHNYA: 1. Pilih Foto yang akan diberikan frame:

Lalu pilih Save As (untuk menyimpan ke dalam Komputer / Download ke komputer) 2. Buat Lembar Kerja Baru ( CTRL + N) 4. Gunakan Move Tool lalu Drag / Geser gambar Wanita Cantik yang telah didownload di atas ke Lembar kerja Chromed Frame Setelah itu gunakan Transform ( CTRL + T ) untuk memperkecil atau menyesuaikan ukuran gambar

Lalu OK 3. Buat Gambar Kotak dengan menggunakan Rectangle Tool Lalu pilih Style yang diinginkan, disini penulis memulih Chromed Satin Hasilnya:

Setelah Transform sesuai ukuran maka tekan tombol Enter 5. Ok Tinggal Memberikan Efek, Efek Yang diberikan adalah Caranya: Pilih Pada Menu Utama di bagian atas, LAYER - LAYER STYLE - INNER SHADOW...

OK Kemudian LAYER - LAYER STYLE - STROKE...

OK Hasilnya:

Ket: Background Kotak - Kotak menandakan bahwa background sudah menjadi Transparan ( terpisah ) Langkah 3 Buat Lembar Kerja / Kanvas Baru dengan menekan CTRL + N Kemudian Pindahkan Gambar ke kanvas baru tersebut dengan Move Tool Langkah 4 Pada kanvas baru lihat Pallete Layers maka akan didapatkan seperti ini: Untuk Mengetahui dimana letak Pallete Layers Pelajari dulu Layout Photoshop

Membuat Efek Foto 1000 Bayangan
Tutorial Terkait: (yang harus dibaca dan dipelajari lebih dulu) - Tutorial Memisahkan Gambar dari Background dengan Extract - Cara Cepat Memisahkan Gambar Dari Background - Tutorial Membuat Gradien Background - Menggabungkan Gambar ke Dalam 1 Kanvas Setelah lancar dengan tutorial di atas, mari lanjutkan ke tehnik 1000 bayangan Langkah 1 Cari Gambar yang akan diedit

- Gambar berpindah ke Kanvas Baru

- Tampilan Pallete Layers Langkah 5 Duplikat Layer 1 dengan cara: Pada Menu Utama pilih Layer - Duplicate Layer -

Langkah 2 Pisahkan Gambar dengan Background Hasilnya:

OK (Lakukan Sebanyak 2 Kali)

Untuk menyamakan dengan contoh ini Rename Layer Menjadi Seperti di atas Caranya arahkan pointer ke Block Biru dan Klik Kanan pilih Rename Kemudian gunakan move tool untuk menggerakkan gambar berdasarkan aturan layer dan atur seperti ini

Agar Lebih Cantik tambahkan Gradien Background

Atau Seperti ini

Langkah 6 Klik Layer 1 Copy 2 dan Atur Opacitynya menjadi 50

Hillary Duff jurus 1000 Bayangan Setelah itu Klik Layer 1 Copy 1 Turunkan Opacitynya menjadi 50 dan Fill 50

Membuat Foto dengan Efek Glamour
Tutorial Photoshop kali ini kita akan membuat foto dari biasa menjadi luar biasa, istilahnya klo gak salah make over foto atau ada juga yang bilang retouching foto permak foto, apa aja boleh deh yang penting caranya kan. Sedikit penjelasan tentang efek glamour, efek ini adalah efek untuk menghasilkan nuansa sebuah foto yang lembut, dan membangun densitas cahaya gelap dan terang atau istilah sederhananya (biar gak ribet) yaitu efek foto soft (lembut) hingga enak dipandang mata.

Hasilnya:

Sekarang kita coba Retouching foto wanita inggris ini dengan efek glamour sehingga menjadi wah...

1. Buka Photoshop dan buka foto yang akan diedit CTRL + O

2. Gunakan Healing Brush Tool untuk sedikit memperhalus kulit dan menghilangkan bintik - bintik hitam yang agak berlebihan di daerah hidung dan dahi Caranya: tekan dan tahan ALT pada keyboard dan klik kiri pada kulit yang halus namun warna kulit juga harus sama dengan yang akan diedit sehingga tidak timbul belang nantinya, lalu lepaskan tombol alt dan klik pada kulit yang kusam

4. Kemudian pilih Layer > Layer Mask > Hide All dan anda akan mendapatkan gambar seperti ini

3. Buat duplicat layer dengan menekan CTRL + J Kemudian Klik Filter > Noise > Dust & Scratches kemudian setting radius ke 9 dan threshold ke angka 0

Kemudian klik kiri pada kotak hitam yang ada tulisannya layer 1 pilih standart brush dan mulailah mengusapkan brush ke kulit agar kelihatan glamour langkah - langkahnya sesuai abjad ini

4. Kemudian klik Filter > Blur > Glaussian Blur anda bisa menggunakan radius 2 - 5, untuk contoh disini pilih saja tengah - tengahnya yaitu 3

a. Aktifkan Brush b. set Hardness 0% c. set foreground (putih) background (hitam) d. kuaskan dengan klik - klik kiri ringan ke arah kulit

orang inggris ini Hasilnya: kulit orang inggris ini seperti bercahaya dan lembut (soft)

Nah sekarang tinggal memberi efek lip gloss pada bibirnya, seleksi pada bagian bibir dengan menggunakan Pen Tool. 5. setelah mendapatkan seleksi bibir bagian atas atau bagian bawah atau seleksi keduanya triknya disini tekan CRTL + J untuk menduplikat layer dan tekan CRTL + U

Menambahkan Salju pada Foto
Langkah - Langkahnya: 1. Buka Photoshop pilih gambar yg akan ditambahkan Efek Salju ( file>open atau ctrl+o ), Disini saya menggunakan CS 3 namun bagi yang tidak menggunakan CS3 jangan berkecil hati karena tutorial ini bisa diaplikasikan di semua Photoshop Versi Berapapun

centang COLORIZE Hue : 360 Saturation: 80 Lightness: +5 OOOOK nah sekarang turunkan opacity dan fillnya, pakai feel kita aja ya karena setiap orang beda - beda ada yang suka ngejreng ada yg suka soft

Gambar Contoh Beruang Kutub 2. Buatlah Layer Baru Caranya: Layer > new > layer atau dengan menekan tombol shift+ctrl+N bersamaan 3. Warnai Layer 1 Dengan Paint Bucket Tool (G) Ubah Layer mode ke Mode Screen

Dan hasilnya:

Penasaran cara membuatnya mari ikuti caranya: 1. Buka Photoshop, disini menggunakan Photoshop CS5 klo anda mengikuti tutorial ini disarankan menggunakan minimal CS3 atau versi di atasnya setelah itu download bahan-bahan pembuatan tutorial ini di sini:

4. Tambahkan Efek Graphic Pen Caranya: Klik Filter > sketch > graphic pen

terdiri dari: Brush Rumput, Background Fantasy, Foto Putri Mawar Ukuran 5.31 Mb Masukkan gambar yang telah disediakan ilmugrafis [anda download di atas] ke dalam photoshop caranya: tekan CTRL + O pilih gambar yg akan diedit [telah anda download]

Setelah itu klik OK 5. Setelah itu tambahkan efek Filter BLUR Caranya: Filter > Blur > Glaussian Blur atur Radiusnya disini saya menggunakan Radius 1.0 Pixel Anda bisa mencoba - coba yg penting sesuai saljunya dan kelihatan alami Anda juga bisa menurunkan capacitynya jika terlihat kurang alami / Nyata Hasilnya:

2. Buatlah seleksi dengan menggunakan PEN TOOL untuk menghilangkan background pada gambar wanita fantasy kita, caranya ada disini: Memisahkan dan Menghapus Background (ingat dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam menyeleksi ) sehingga kita dapatkan gambar seperti ini

Efek Taman Fantasy

wanita fantasy tanpa background 3. Masukkan foto wanita tadi ke gambar Taman Fantasy menggunakan Move Tool bagi yang belum tahu caranya silahkan pelajari disini: Menggabungkan Gambar ke Dalam 1 Kanvas Hasilnya: Jangan lupa transform object agar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan caranya: Tekan CRTL + T selengkapnya ada disini Penjelasan dan Penguasaan Teknik Transform

klik pada area masking panah [1], klik brush Tool [2], atur background dan foreground menjadi hitam putih [3], sapukan rounded brush dengan Hardness 0% ke rok Tuan Putri hasilnya kurang lebih seperti ini:

5. Sekarang waktunya menambahkan brush rumput untuk menambah kesan alami pada bagian rok tuan putri cara menambahkan brush photoshop ada disini: Pemasangan dan Penggunaan Brush Photoshop Lengkap setelah terpasang jangan lupa nonaktifkan Color Dynamic pada settingan brush

4. Beri sedikit masking pada bagian Rok Tuan Putri (wanita fantasy)

setelah itu ikuti angka - angka yg ditunjukkan gambar arahan di bawah ini

sekarang mulai klik brush pada bagian rok sehingga rumput tampak mengelilingi rok dan terlihat natural

8. Warnai Backgroundnya tekan CTRL + U

6. Berikutnya menjadikan rambut tampak alami dengan Smudge Tool

sekarang warna backgrond menjadi lebih detil selesai:

dan klik kanan dan tahan mouse pada rambut dari bagian dalam ke bagian luar, sehingga ada efek rambut acak-acakan seperti tertiup angin anda juga bisa menggunakan zoom tekan [Z] untuk memperoleh tampilan/detail lebih besar hasilnya kurang lebih seperti ini:

Efek Taman Fantasy bisa juga ditambahkan efek2 yang lain yang telah kalian pelajari di ilmugrafis maupun web photoshop yang lain, jadi kreatifitas anda nantinya yang akan membuat segalanya jadi beda dan lebih menarik 7. Sekarang warnai Tuan Putri sehingga tampilan warnanya lebih natural tekan CTRL + U

Membuat Karikatur di Photoshop
Seni karikatur dapat kita ciptakan juga dengan photoshop. Langsung saja 1. Buka file foto yang hendak kita edit. File-Open.

foto yang akan diedit sebaiknya jenis foto dengan angle (arah pengambilan foto) dari depan. 2. Kemudian lakukan retouching pada bagian wajah, dengan Clone Stamp Tool kita buat wajah semakin halus.

Kemudian lakukan stretching pada gambar. Potong bagian kening ke atas dengan marquee tool.

Dan tekan control+T, klik kanan dan pilih Distort. Aktifkan Clone stamp tool atau tekan (S). tekan Alt dan klik pada permukaan wajah yang halus dengan daerah komposisi warna yang agak sama. Lepas Alt dan sapukan pada daerah wajah yang berbintikbintik. Lakukan alt dan Klik lagi bila pada daerah dengan komposisi warna yang sudah beda. (cloning pada dearah gelap tidak pada daerah terang)

Lalu enter dan kepalanya jadi agak gede. 4. Sekarang kita pilih Filter- Liquify. Pilih Forward Warp Tool. Dan lakukan tarik menarik pada wajah yang ingin dibentuk.

Kalo hasilnya mukanya terlalu bopeng (rata semua), lakukan Burning dibagian yang terlihat gelap agar mendapatkan kembali bentuk wajah aslinya.

3. Setelah Retouching pada wajah, maka didapatkan wajah yang halus dan terlihat seperti 3D modeling efect (karakter kartun 3D).

Warp tool bisa dicoba satu2, dan bentuk wajah sperti karet. Usahakan tonjolkan pada bagian wajah yang lebih identik. Pada foto ini,saya tonjolkan bentuk muka, mulut dan matanya. 5. Bagi foto menjadi 2 bagian, kepala dan badan. Titik potong pada leher dan lakukan warping/stretching pada 2 bagian tersebut. Pada Leher:

Pastikan texture= Burlap dan centang Invert. (komposisi dapat diatur sesuai selera dan hasil yang diinginkan). 7. Tambahkan pernak-pernik hiasan pada gambar sebagai pemanis. Tambah Shadow pada setiap tepi wajah, biar dapat sentuhan animasinya. Dan bila ingin warna yang lebih pas tekan Ctrl+L atur sesuka hatimu. Lihat hasilnya.

Pada kepala:

Efek Karikatur by Endrytaze Lihat Perubahannya:

Sambungkan kepala dan badan:

Created by: Endritaze® 2010 @ ilmuGrafis

6. Kemudian pilih Filter- Artistic- Dry Brush. Setting komposisi brush size=1, brushdetail=10, texture=2, dan klik icon new effect layer dibagian kanan bawah.

Merubah Wajah Seperti Tokoh Terkenal
Langkah - Langkahnya dengan Photoshop :

Kemudian pilih efek Rough Pastels dengan komposisi

1. Siapkan Foto yang akan kita oplos dan seleksi foto hanya bagian kepalanya saja !!! dan letakkan hasil seleksi di foto osama. * Untuk cara menyeleksi terserah anda menggunakan tool apa saja, disini saya menggunakan opsi path !!

Karena ukuran foto berbeda, maka sesuaikan foto kepala dengan ukuran kepala osama.

2. Samakan warna foto kepala dengan foto osama ! cerahkan foto dengan LEVEL (Ctrl+L)

Gunakan CLONE STAMP TOOL (S) u/ memanjangkan janggut sampai di bawah mulut .. Penggunaan Clone Tool Sudah disinggung di kategori Photoshop Dasar 5. Selesai deh, dan untuk pengaturan warna dan posisi apabila masih kurang pas lakukan penyesuaian dan tambahkan sedikit variasi tulisan atau VARIASI LAIN terserah anda !! Hasilnya:

Menyamakan warna foto Kepala menggunakan COLOR BALANCE

Agenk - Bin Ladden

3. Menempelkan/ menempatkan foto kepala ! Kita GANDAKAN LAYER ( CTRL+J ) foto osama dan beri nama mask. Dan letakkan layer mask di atas layer 1 (gambar kepala). Dan tempatkan foto kepala (layer 1) dikepala osama dan kita hidden (sembunykan layer mask ). Setelah posisi kepala sudah pas kita munculkan kembali layer mask.

PHOTOSHOP DASAR
Mengetahui Kinerja dan Keuntungan Clone Tool
Kali ini kita akan mencoba mengetahui kinerja dan keuntungan Clone Tool. Pada saat menscan gambar mungkin tanpa sengaja gambar hasil scan kita tidak maksimal serta terdapat seperti goresan, namun jangan khawatir... Langkah-Langkahnya: 1. Buka gambar yang ingin diedit dengan Photoshop

contoh gambar yang rusak Langkah selanjutnya kita hapus hanya bagian wajah layer mask dengan opsi Erase (E). 2. Carilah dan pilih Clone tool pada tool box sebelah kiri 3. Tekan dan tahan tombol ALT pada keyboad dan arahkan mouse/pointer pada bagian yang ingin di duplikat... sebaga referensi penulis menempatkan pada gambar hati [love]

penempatan clone tool pada obyek yang akan di clone 4. Setelah itu lepasakan tombol ALT dan klik kanan dan tahan pada bagian yang akan diperbaiki, geser sehingga gambar terclone secara merata... Tidak hanya itu, karena kita menempatkan pada gambar love maka gambar tersebut juga akan terduplikat... itulah kegunaan dari clone tool

Setelah itu apabila warna kurang sesuai samakan lagi sehingga warna semakin menyatu. Untuk cara nya masih sama dengan cara diatas (no.02). 4. Menambah janggut

Hasilnya: - Setelah melalukan semua setting di atas maka tinggal menggunakan ke dalam kanvas dengan menahan klik kiri Sebagai contoh saya menggunakan gambar nada

Gambar yang sebelumnya rusak menjadi bagus kembali...

membuat gambar nada alunan muzik

Mengenal Custom Shape Tool
Kali ini kita akan mengenal dan menguasai Custom Shape Tool. Pada Program Photoshop anda dimanjakan oleh Adobe dengan adanya template template yang bisa langsung kita gunakan, salah satunya yaitu custom shape tool... Custom Shape Tool sama halnya autoshape pada Microsoft World, namun sayangnya pilihan template yang diberikan tidak sebanyak pada Microsoft World. Caranya:

Contoh Shape Tool nada

Penjelasan dan Penguasaan Teknik Transform
Definisinya Teknik Transform adalah teknik yang digunakan untuk merubah bentuk gambar baik memperkecil, membesarkan, maupun menskew/miring gambar. Sebelum kita praktekkan maka kita buka gambar yang akan kita buat percobaan dengan Photoshop atau pakai gambar contoh dari website ini

setelah itu Pada bagian Menu Utama Pilih Layer --> Duplikat Layer...--> [OK] Masuk ke mode menu transform yaitu: Edit --> Transform atau tekan [ctrl] + [T] NB: Selesai transform tekan [enter] Teknik transform ada 5 macam: 1. Teknik Scale Yaitu teknik yang berguna untuk merubah ukuran gambar dalam hal ini memperbesar dan memperkecil gambar Edit --> Transform --> Scale Contoh:

Letak Custom Shape Tool pilh dengan klik kiri Setelah itu masuk ke properties dari custom shape tool yang terdapat di bawah menu utama

berubah menjadi

untuk memunculkan template klik kiri panah sehingga muncul pilihan Untuk mengatur warna dari Custom Shape Tool anda bisa mensetting melalui properties warna Hasil Scale tips: Untuk membuat ukuran gambar yang simetris

tahan tombol [shift] sambil resize objek 2. Teknik Rotate Yaitu teknik yang berguna untuk memutar posisi gambar Edit --> Transform --> Rotate Contoh:

berubah menjadi

berubah menjadi

Hasil Distort 5. Teknik Perspective Yaitu teknik yang digunakan untuk membuat gambar berubah bentuk mengikuti perspektif / bentuk bangun yang dibuat, pada contoh saya membuat gambar mengikuti perspektif trapesium sama kaki Edit --> Transform --> Perspective Contoh:

Hasil Rotate (berputar) 3. Teknik Skew/miring Yaitu teknik yang berguna untuk memiringkan posisi gambar sehingga gambar bisa dimanipulasi efek miring Edit --> Transform --> Rotate Contoh:

berubah menjadi

berubah menjadi

Hasil Perspektif / Perspective Kegunaan: Dengan menguasai teknik transform maka kita akan lebih luas lagi dalam berkreasi dan berimajinasi

Hasil Skew

4. Teknik Distort Yaitu teknik yang berguna untuk memutar memiringkan secara otomatis / bisa dikatakan fungsi kemiringan otomatis dari teknik skew Edit --> Transform --> Distort Contoh:

Mempelajari dan Menguasai Teknik Croping
Tutorial ini memberikan penjelasan untuk mempelajari dan menguasai Teknik Croping. Teknik croping adalah teknik untuk mengambil sebagian dari keseluruhan gambar sehingga kita mendapatkan gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita ingin mengambil salah satu gambar dari foto sekumpulan orang maka kita bisa menggunakan teknik ini.

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Siapkan gambar yang akan di croping misalnya

2. Buka gambar tersebut dengan program photoshop, disini saya menggunakan photoshop 7, namun bagi anda yang sudah menggunakan Photoshop CS caranya sama saja, [klik kanan] gambar > open with "pilih" Photoshop atau Start > All Program > Photoshop 7 > File > Open > cari gambar yang diinginkan 3. Pada Toolbox yang terdapat di sebelah kiri kamu cari icon bergambar seperti ini "Crop Tool" atau tekan tombol [C] 4. Letakkan pointer di kanvas dan cari bagian yang diinginkan untuk di croping Setelah itu tahan [klik kiri] dan geser sehingga terbentuk sebuah kotak crop Lihat Gambar:

Kalo bingung mau kombinasi warna2 yang dipakai biar ga nabrak, skrg pshop udah ada aplikasinya, namanya Kuler ( bukan tukul tp Kuler , wkwkwk Ke Je Dott,.!=]) Menu Windows- Extention- Kuler

Croping Area Terseleksi keterangan: Bagian yang terang adalah bagian yang akan kita ambil gambarnya sedangkan bagian yang redup adalah bagian yang akan kita buang 6. Dan Hasilnya adalah seperti ini

kalo udah dipilih munculnya:

Foto Tercroping Fungsi Tehnik Croping: Untuk menyeleksi gambar dan memilih gambar secara khusus

Color Theme Photoshop CS4
Apapun yang berhubungan dengan grafis pastilah tidak luput dari vector dan warna. Dua hal ini ada point teratas jika memulai sebuah proyek, diikuti proporsional dan kombinasi. Kadang merancang kartu nama aja udah bingung mau pake konsep apa, yang tentunya warna. Jika kita mau konsepnya techno, pastinya warna2 yang kalem n unsur2 teknologi dsb. Layout Katalog Tazewell: warna ( blue, grey, white)

Liat pada Base Color –nya, itu adalah warna pilihan anda dan dengan kuler ini akan ditampilkan warna sinkron-nya atau theme warnanya. Dikuler juga kita bisa men-setting RGBnya atau

CMYK utk masing color setting pada setiap proyeknya. (ada yang terbiasa dengan RGB). Kuler sebenarnya bukannya bisa menentukan warna kombinasi yang cocok untuk kita pakai buat desain apapun. Kuler bisa menentukan titik warna khusus pada setiap grafik warna sesuai dengan koordinat Color Picker. Hasil kombinasi yang di tampilkan pada Kuler ini benar2 membantu kita dalam men-campur adukan warna2. Cara pakainya? Gampang aja,. Pertama tentukan sendiri warna yang anda mau,.kalem?ceria?elegant?warna nabrak tapi keren? Pada Select Rule-nya, anda bebas memilih jenis grafik kombinasi warnanya. Misalnya ingin membuat kartu nama dengan konsep warna ke ijo2an,.maka mesti tentuin dulu Rule-nya. Saya pilih yang Monochromatic. Kombinasi warnanya yang tidak terlalu extrim (namanya juga MONO=satu macam)

cari warna kombinasi khusus MONO warna HIJAU. Cara menggunakan warna hasil pencarian dengan kuler ini, cukup double kilik kotak warna hasil ngeKULER-nya, so dapatlah warnanya pindah ke Foreground Color, atau COPAS (copy-paste) angka Hex-nya ke hex di Color Picker.

Bagaimana kalo mau kombinasi warna lebih dari satu jenis warna? Kita cukup pilih jenis Rule-nya, misalnya pilih yang Triad aja, lebih simple titik2 warnanya,.karna Simple itu yang menarik,.;) Kalo mau warna yang ceria2 atau Colorful, kita bisa mengatur BC-nya (Brightness & Contrast).

Untuk mendapat Base Color-nya bisa kita pilih dengan KLIK n Drag pada color pointnya dengan lingkaran bulat paling BESAR.

Untuk mencari kombinasi warna yang sesuai selera, kita bisa C&D (Click & Drag) pada bulatan base colornya, bulatan tengah yang paling BESAR.

Seleksi dengan Color Range
Setelah sebelumnya kita mempelajari Copy dan Paste Selection maka kali ini kita saya akan menambahkan cara seleksi object photoshop dengan Color Range... 1. Buka Photoshop , disini sy menggunakan photoshop cs4 namun hal ini bukan masalah bagi anda yg masih menggunakan CS , CS2 maupun CS3 karena teknik ini bisa diaplikasikan di photoshop manapun

Akhirnya dapat kombinasi warna ijo2 yang dapat kita pilih sesuai minat dan selera anda. Jadi tidak susah2

2. Open image yang ingin di seleksi (file - Open)

3. Kemudian pada main menu pilih Select >> Color Range Maka akan anda akan mendapatkan hasil gambar seperti di bawah ini

5. Jika sudah , tingal di Inverse saja., SELECT > INVERSE atau tekan pada keyboard tombol -> SHIFT + CTRL + I Hal ini dilakukan untuk membalik proses seleksi sehingga yang sekarang terseleksi adalah gantungan kunci tersebut Jika sudah maka anda akan menemukan area select yang berbeda, tampak seperti gambar di bawah..

4. Setelah itu, klik warna dasar yang ingin di seleksi Disini menggunakan warna dasar putih, klik menggunakan eyedropper yg sudah tertera di color range tersebut. Jika sudah akan didapat hasil seperti gambar di bawah ini. Tahap selanjutnya anda tinngal membuat double layer,Atau tekan “ CTRL + J “ Dan anda akan mendapatkan 2 buah layer, tampak seperti gambar di bawah .

lalu klik OK kemudian anda akan mendapatkan area seleksi seperti gambar di bawah ini. 6. Tahap akhir anda Hide layer Background Daaaaaan… tralaaaa.., anda mempunyai hasil seleksi yg sudah jadi. Tanpa harus melakukan seleksi berulang kali dengann menggunakan Magic Wand Tool. Lebih menghemat waktu :)

Gantungan kunci yang terseleksi (tanpa background)

Copy dan Paste Selection
Tutorial Photoshop kali ini mengenai copy dan paste selection, mungkin ini adalah pelajaran dasar tapi hal ini diperlukan bagi pemula yang baru mengenal photoshop agar lebih paham apa yg dimaksud seleksi dan layer Tutorial ini merupakan kelanjutan dari sekian tutorial dasar yg disuguhkan disini sebagai pengembangan dari proses seleksi dan pengenalan layer Berdasarkan info dan pengalaman dalam menggeluti Photoshop pertama kali memang kesulitan dalam membuat bangun kotak lingkaran maupun bangun lainnya. inilah yg membedakan antara bermain photoshop dan coreldraw , di coreldraw kita bisa dengan mudah membuat bangun bangun vector dengan hanya menggunakan rectangle tool namun di photoshop kita harus pandai - pandai memanfaatkan seleksi (selection). Seleksi (selection) merupakan magic yang harus dikuasai dalam photoshop apapun dan bagaimanapun caranya. Keahlian seorang master photoshop dimulai dari tahap ini. Nah saatnya pengenalan cara pembuatan bangun (kotak) dengan memanfaatkan selection tool 1. Buka Photoshop , disini sy menggunakan photoshop cs4 namun hal ini bukan masalah bagi anda yg masih menggunakan photosohp 7 , CS , CS2 maupun CS3 karena teknik ini bisa diaplikasikan di photoshop manapun 2. Buat lembar kerja baru Caranya: File >> New (CTRL + N) Langsung saja tekan OK menurut default photoshop anda 3. Sekarang Buat NEW LAYER (CTRL + SHIFT + N) nah inilah tadi yg membedakan photoshop dan coreldraw, di corel kita tidak perlu repot membuat layer baru, namun jika di photoshop anda harus membuat layer baru agar gambar yg anda punya tidak tercampur dengan gambar yang lainnya. Contoh: buat seleksi dengan

Klik Fill Tool

Lalu klik seleksi yang anda buat tersebut taraa akhirnya jadi berwarna

tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi / bintik hitam putih tersebut Nah disini kita bisa lihat bahwa kita mempunyai dua buah layer:

yang artinya bangun kotak yang kita buat akan memiliki kebebasan bergerak yang tinggi (FREE) 4. Sekarang sesuai judul tutorial ini maka kita akan membahas mengenai membuat copy (cara mengcopy) dari seleksi agar bangun yang kita buat simetris buat seleksi lagi dengan

Rectangular marquee tool (M) dan taruh pointer ke kanvas ( Lembar kerja anda) Tahan Klik kanan dan terbentuklah seleksi yang ditandai dengan bintik - bintik hitam putih

Rectangular marquee tool (M) kira - kira seperti ini

Cara Pemakaian brush Photoshop: 1. Untuk memakai brush photoshop maka kita harus mengKlik kanan ikon Brush yang bergambar

pada Tool Box Jika masih belum tahu dimana letak tool box maka silahkan lihat Layout Photoshop 2. Lalu setelah itu pilih brush yang diinginkan dengan menekan Lalu Tekan CRTL + C (ini adalah perintah untuk meng COPY) dilanjutkan ke CTRL + V (perintah untuk memPASTE hasil copy) VIOLA

kita dapatkan bangun yang dimetris Dengan teknik diatas anda bisa membuat berbagai hal, contohnya bendera INDONESIA:

panah bawah yang dilingkari hitam, nah akan muncul standart brush yang disediakan photoshop Pemasangan dan Penambahan Brush Pada Photoshop Setelah membaca penjelasan di atas semoga sekarang bisa memahami apa yang dimaksud Brush Standart Photoshop. Namun tenang saja karena Adobe Photoshop bisa menerima Plug-in Brush dari pihak luar dalam hal ini adalah menambahkan Brush yang lain dalam Photoshop anda. Caranya: Sebelum mencoba silahkan download Contoh Brush ( FLOWER BRUSH ) yang akan kita gunakan untuk latihan File Tersebut bisa ilmugrafis.com klik: www.ilmugrafis.com/photoshop_download_tools.php Simpan dalam komputer dan Extract ,

Pemasangan dan Penggunaan Brush Photoshop Lengkap
Tutorial Photoshop kali ini mengenai Pemasangan dan Penggunaan Brush Pada Photoshop. Tutorial ini didasari pada banyaknya pertanyaan bagaimana pemasangan dan penggunaan brush photoshop tersebut. Sebelum mulai mari baca sedikit penjelasan tentang Brush - Adobe Photoshop. Brush adalah Fitur yang juga sangat penting pada photoshop, terutama dalam hal pembuatan ilustrasi suatu gambar ataupun sapuan gambar dengan beraneka ragam bentuk serta mengukir image dan beberapa fungsi vital lainnya. Penjelasan Tentang Brush Standart Photoshop Sebetulnya Adobe PHOTOSHOP telah menyediakan Fitur Brush yang Standart ( bawaan / Default ) namun sebagai seorang desainer Grafis hal tersebut akan sangat membatasi imajinasi dan kreativitas men-Desain dan Berkarya secara maksimal.

nama file Brush tersebut adalah "flower brush-3.abr" ( file Tersebut adalah plug-in Brush untuk menambah koleksi brush photoshop ) Ok sekarang akan saya jelaskan cara pemasangannya hingga Brush tersebut dapat digunakan Caranya: 1. Copy File "flower brush-3.abr" dan Paste pada Direktori Folder Brushes Photoshop Anda Secara Default letaknya ada di: C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS3\Presets\Brushes 2. Buka Photoshop anda dan Brush akan Ter-LOAD / Terpasang secara otomatis Untuk mengecek silahkan pilih Brush Tool dan Cek Koleksi Brush anda, bagian Bawah Sendiri akan terdapat Brush tambahan flower brush

disediakan oleh photoshop seperti

Brush Dengan Tema Bunga - Hipp.. Hippp Horaaayyy ;P Sekarang tinggal bagaimana cara anda berkreasi dengan BRUSH PHOTOSHOP tersebut Contoh Karya Penulis dengan Brush Nah ini dia... ada buat pas foto 2 x 3, 4 x 6 Trus A4, A3, B5... dll Untuk 3 x 4 bisa dibuat sendiri caranya dengan mengutak atik

Width dan Height - ubah dari ukuran pixel ke cm ( centimeter ) trus masukin deh angka 3 dan 4 nya jadi foto 3 x 4 Gunakan move tool dan transform tool untuk memindahkan / mengedit dan mengepaskan ukuran gambar dengan kanvas

Mengatur Ukuran Kanvas atau Lembar Kerja
Banyak Sekali pertanyaan tentang bagaimana membuat pas foto atau bagaimana cara pengaturan agar ukuran gambar sesuai dengan keinginan kita... Caranya simple saja yaitu dengan mengatur page setup layaknya pada microsoft word atau semacamnya... Kuncinya terletak pada setting berikut: 1. Saat kita pertama kali membuat lembar kerja baru atau kanvas baru dalam photoshop ( CTRL + N ) maka akan muncul jendela tampilan seperti ini:

Mengenal Resolusi Photoshop
Pada pembuatan document baru untuk Photoshop secara default adalah color mode, RGB resolusi adalah 72 pixel/inch. Bagi disain pemula mungkin belum begitu mengerti tentang color mode RGB resolusi tsb. karena dengan resolusi 72 pixel/inch akan berakibat image kurang maximal untuk cetak/offset dengan Lpi 150/175. Untuk standar cetak pada umumnya file Photoshop adalah resolusi 300 pixel/inch, bukan per cm untuk pemakaian file 100%.

Ket: No.1 - Name = Adalah nama dari kanvas No. 2 - Preset = Adalah ukuran (standart) yang

Perbandingan Resolusi 72 dpi dengan 300dpi

Memang untuk tampilan di monitor untuk file resolusi 72 dpi atau 300 dpi tidak begitu kelihatan, tapi untuk hasil cetak 150/175 lpi jauh berbeda. Sedangkan untuk color mode RGB dengan CMYK akan menghasilkan warna yang berbeda pada hasil cetaknya. Dengan begitu kalau misalkan anda disain mungkin kalau boleh disarankan untuk file Photoshop color mode CMYK dan Resolusi 300 DPI.

Seleksi Objek pada Photoshop – Select – Deselect - Inverse
Mungkin bagi para desainer grafis yang sudah professional dalam mengolah Photoshop, Coreldraw, dan lainnya telah mengetahui apa yang dimaksud seleksi pada object, Deselect, maupun Inverse. Tapi bagi mereka yang pemula baru belajar dan ingin belajar maka tidak ada ruginya membaca penjelasan ini... 1. Select atau Seleksi pada Objek Select / Seleksi pada object adalah pengambilan area atau bagian tertentu pada objek sesuain dengan yang kita inginkan, Beberapa alat untuk menyeleksi yaitu: Standart Selection (Untuk Objek yang bersudut)

Garis hitam putih tersebut menunjukkan area seleksi jadi kita akan bekerja dengan area seleksi jika mengaktifkan mode seleksi 2. Desellect ( CTRL + D ) Perintah Desellect adalah perintah untuk membatalkan atau mengakhiri proses seleksi Dengan kata lain keluar dari mode seleksi sehingga memungkinkan kita untuk menyeleksi object yang lain Hal ini berkaitan dengan Tutorial: Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna 3. Inverse ( CTRL + Shift + i ) Inverse adalah membalik area seleksi misalkan kita menjalankan inverse setelah menyeleksi gambar ikan lumba - lumba yang ada di tengah maka wilayah seleksi area kita akan berubah tidak lagi pada ikan lumba lumba tersebut melainkan pada gambar di luar area seleksi lumba lumba Gambar:

- Rectangular Marque Tool = Untuk menyeleksi dengan bentuk Kotak - Eliptical Marquee Tool = Untuk Menyeleksi dengan bentuk bidang Lingkaran - Single Row Marquee Tool = Menyeleksi 1 Baris Secara Horisontal - Single Column Marquee Tool = Menyeleksi 1 Kolom Secara Vertical Dinamic Selection (Untuk Objek yang tidak bersudut) Area Seleksi Berubah menjadi di luar area seleksi lumba lumba - Lasso Tool = Menyeleksi bidang layaknya lasso dengan lebih leluasa dan sesuai dengan keinginan - Polygonal Lasso Tool = Menyeleksi dengan menghubungkan garis - garis poligonal - Magnetic Lasso Tool = Seperti halnya Polygonal Lasso Tool namun dengan sedikit kecanggihan dan kemudahan dalam seleksi object yang tidak bersudut Misalkan: Pada gambar ikan di bawah ini kita ingin menyeleksi bagian 2 ikan lumba - lumba di tengah maka yang paling tepat sebaiknya menggunakan Dinamic Selection

Membuat Cap Stamp Logo Watermark
Kali ini kita kembali membahas dasar - dasar photoshop yaitu Opacity dan Fill. Keduanya digunakan untuk membuat efek transparansi gambar sehingga bisa dimanfaatkan menjadi Watermark pada gambar yang kita punya agar gambar yang kita pasang di Website termasuk TOKO ONLINE maupun BLOG kita tidak dibajak orang lain. Sekarang bagaimana kita membuat Stamp Logo atau disebut juga WATERMARK? Watermark adalah tulisan / logo / stempel yang sifatnya transparan untuk melindungi dan mencegah penggunaan kembali gambar tersebut secara tidak sah, atau penggunaan tanpa pesetujuan dari pemilik gambar / foto tersebut. Watermark biasanya berbentuk transparan agar sulit untuk dihilangkan. ikuti langkah-langkah membuatnya:

1. Buka Gambar / Foto yang akan diberi Watermark dengan Photoshop Misal disini saya menggunakan Gambar Apple sebagai Sample

sedikit tambahkan efek Glossy dan tampilannya jadi extreme seperti ini Gambar Apple sebelum di watermark 2. Ketik dengan Teks Tool, kata - kata atau cap atau note yang akan dijadikan Watermark, misal disini menuliskan ILMUGRAFIS[dot]com

gambar Apple + Tulisan Watermark 3. Setelah itu tinggal atur Opacity dan Fill sesuai kebutuhan, pengaturan di bawah ini hanya sebagai contoh saja, anda bisa mengatur sesuai keiginan anda (improvisasi aja)

Tutorial Memisahkan Gambar dari Background dengan Extract
Tutorial ini menjelaskan bagaimana memisahkan gambar dari background. Cara ini efektif bagi gambar dengan tingkat kontras yang tinggi, dengan begitu selalu ada cara untuk berimajinasi... Memang ada cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan Magic Eraser Tool, tapi kelemahan dari cara ini adalah tool ini tidak bisa membedakan tingkat kontras dalam gradien sehingga tidak bisa digunakan bila background terlalu komplek dengan banyak warna. Baiklah,,, untuk mempersingkat waktu, mari kita mulai saja... Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Siapkan gambar yang akan di edit , misalnya gambar berikut

watermark sudah jadi Mudah bukan, anda bisa mengkombinasikan dengan teknik Transform dan menduplikat layer (CTRL + J) sebanyak yang diinginkan sehingga menjadi seperti ini 2. Buka gambar tersebut dengan program photoshop, disini menggunakan photoshop 7, namun bagi anda yang sudah menggunakan Photoshop CS caranya sama saja, [klik kanan] gambar > open with "pilih" Photoshop atau Start > All Program > Photoshop 7 > Open > cari

gambar yang diinginkan 3. Setelah itu kalian lihat menu utama di sebelah atas pilih filter > extract atau kalian bisa menekan (ctrl + alt + x) Maka kalian akan dibawa ke jendela extract 4. Di jendela extact terdapat Toolbox dengan gambar spidol di sebelah kiri atas dan [klik kiri] tool tersebut lalu atur properties di sebelah kanan dengan ketentuan berikut:

(gambar yang telah di fill biru) 5. Jangan menekan [ok], tapi tekan [preview] untuk melihat hasil extract sehingga bisa diperbaiki jika ada kekurangan 6. Ada 2 tool di sebelah kiri untuk memperbaiki hasil extact yaitu Clean up tool & Edge touchup tool Perbedaan: Clean up tool = untuk membersihkan sisa noda dengan menghapus bagian tidak diinginkan Edge touchup tool = untuk memperhalus dengan sentuhan halus / memperhalus object yang telah di extract 7. Jika pengeditan dirasa sudah selesai maka tekan [ok] Hasilnya adalah: Hasil Filter...

5. Setelah selesai dengan pengaturan, buatlah garis dengan spidol tersebut pada bagian perbatasan antara object dengan background tersebut, lihat gambar:

Kegunaan: Dengan menghilangkan Background maka jika anda ingin menggabungkan 2 gambar, gambar tersebut dapat menyatu tanpa terhalang Background tersebut.

(gambar yang telah diblog spidol) Setelah selesai memblok kalian pilih icon seperti gambar cat di sebelah kiri (atau tekan huruf "G" pada keyboard) lalu [klik kiri] di dalam bagian gambar yang di blok sehingga gambar terisi dengan cat biru, lihat gambar:

Cara Cepat Memisahkan Gambar dari Background
Cara cepat memisahkan gambar dari background ada banyak cara. Disini saya akan menjelaskan cara yang menurut saya paling mudah... Namun kelemahan cara ini sulit diterapkan pada background yang bergradien... Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Siapkan gambar yang akan di edit sebagai contoh

saya akan menggunakan gambar Logo UNAIR

1. Jalankan program photoshop. Caranya: Start --> All Program --> Adobe Photoshop 2. Buat Lembar kerja baru Caranya: tekan [Ctrl] + [N] Anda bisa membuat pengaturan anda sendiri, tapi Disini saya atur seperti ini: Name = Gradien preset Sazes = 800 x 600 Width = 800 Height = 600 Resolution = 72 pixels/inch Mode = RGB Color Contents = Transparent (*recommended) Tekan [ok] 2. Setelah itu klik Gradient Tool dengan gambar icon pada tool box sebelah kiri

2. Buka gambar tersebut dengan program photoshop, disini menggunakan photoshop 7, namun bagi anda yang sudah menggunakan Photoshop CS caranya sama saja yaitu: [klik kanan] gambar > open with "pilih" Photoshop atau Start > All Program > Photoshop 7 > Open > cari gambar yang diinginkan 3. Pada Toolbox yang terdapat di sebelah kiri kamu cari icon yang mirip gambar penghapus Setelah itu [klik kanan] icon tersebut dan pilih

Gradien Tool Magic Eraser Tool 4. Jika kalian mendownload gambar dari sini maka gambar yang akan diedit adalah seperti ini : 3. Pada layar sebelah atas terdapat properties dari gradien

Klik kiri pada bagian yang saya beri lingkakaran sehingga muncul kotak dialog

Gambar Logo UNAIR dengan Background putih 5. Pada sisi - sisinya tinggal [klik kiri] aja, hehehe... Gradien Editor

Klik pada bagian yang ditunjuk tanda panah 6. Dan Hasilnya adalah seperti ini

Logo Unair Tanpa Background Kegunaan: Dengan menghilangkan Background maka jika anda ingin menggabungkan 2 gambar, gambar tersebut dapat menyatu tanpa terhalang Background tersebut.

Tutorial Membuat Gradien Background
Tutorial membuat gradien background merupakan tutorial yang menarik. Pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat gradien background namun bikinan sendiri... Tanpa panjang dan lebar serta gak pake lama (GPL) ayo kita buat GRADIEN!!!

4. Sekarang waktunya mengedit gradien yang diinginkan, sebagai contoh membuat gradien "merah - hitam - merah - hitam - merah" Caranya: Ubah Name = merah - hitam - merah - hitam merah Gradien Type = Solid Smoothness = 100%

Selanjutnya

Klik tanda lingkaran dengan no. 1 Lalu ke lingkaran no.2 dan pilih warna merah [OK] Selanjutnya Sama, ubah warna no. 10 menjadi merah Hasilnya:

Sama seperti langkah sebelumnya namun kali ini pada no. 4 kalian pilih warna hitam [OK] Selanjutnya Setelah itu klik tombol new pada dialog Gradien Editor tersebut Dan Jadi deh........ Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan kreatifitas anda Sedikit tambahan Coba dengan mode gradian yang anda buat Ada 5 Macam mode gradien:

Yup masih sama namun kali ini pada no. 6 pilih warna merah Selanjutnya

a. Linear Gradien Gradien searah garis lurus Pada Lembar kerja tahan klik kiri lalu sapukan dari kiri ke kanan, hasilnya:

b. Radial Gradien Gradien seolah-olah muncul dari pusat suatu lingkaran hasilnya:

Sama, ubah warna no. 8 menjadi hitam

c. Angle Gradien Gradien dengan sudut tertentu namun tetap berpusat pada inti Hasilnya:

mouse/gambar 2 (UNAIR) ke gambar 1 sehingga logo tersebut berpindah ke gambar 1 (Gadis Mobil).... Cukup mudah bukan... 5. Tempatkan logo tersebut di tempat yang diinginkan dan atur ukurannya dengan menekan [ctrl + T] ==== Transform 6. Hasilnya

d. Reflected Gradien Sama seperti linear namun dengan effek terbalik

Logo UNAIR menyatu dengan wallpaper gambar Mobil

e. Diamond Gradien Gradien dengan effek belah ketupat / diamond Hasilnya:

Kegunaan: Dengan menguasai teknik gradien maka akan membuat disain anda semakin atraktif dan nyata

Menggabungkan Gambar ke dalam 1 Kanvas
Tutorial ini menjelaskan bagaimana cara menggabungkan 2 Gambar atau lebih ke dalam saru kanvas atau lembar kerja photohop... Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut: 1. Siapkan gambar yang akan diedit sebagai contoh menggunakan gambar Logo UNAIR dan Gambar Gadis Mobil

gambar 1

gambar 2

2. Buka kedua gambar tersebut dengan program photoshop caranya: File - Open - Pilih gambar - Open 3. Pada Logo UNAIR sebaiknya kita hilangkan backgroundnya dengan tehnik yang kamu bisa. Setelah background UNAIR hilang maka... 4. Carilah gambar icon seperti cursor tanda panah pada Toolbox yang terdapat di sebelah kiri, dan [klik kiri] icon tersebut, sorot/ letakkan pada gambar 2 (UNAIR), Tekan dan tahan [klik kiri] dan geser

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->