Lalu Apa Makna Hidup Menurut Al Quran?

Sekali lagi, Anda bisa mendalami Al Quran untuk menemukan makna hidup yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa pemahaman inti tentang makna hidup menurut Al Quran. Pertama: Hidup Adalah Ibadah Pada intinya, arti hidup dalam Islam ialah ibadah. Keberadaan kita dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.” (QS Adz Dzaariyaat:56) Kedua: Hidup Adalah Ujian Allah berfirman dalam QS Al Mulk [67] : 2 yang terjemahnya, ”(ALLAH) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” Allah akan menguji manusia melalui hal-hal sebagai berikut sesuai dengan QS Al Baqarah [2]:155-156 sbb, “dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.” Ketiga: Kehidupan di Akhirat Lebih Baik dibanding Kehidupan di Dunia Dalam QS Ali ‘Imran [3]:14, “ dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).“ QS Adh Dhuha [93]:4, “dan sesungguhnya hari kemudian (akhirat) itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).” Keempat: Hidup Adalah Sementara Dalam QS Al Mu’min [40]:39, Allah berfirman, “Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.“ Dalam QS Al Anbiyaa [21]:35, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenarbenarnya) dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.“

Agar Hidup Lebih Bermakna

Setelah Anda memahami makna hidup, maka langkah selanjutnya ialah menyelaraskan hidup dengan makna hidup tersebut. Inilah yang akan menjadikan hidup kita lebih bermakna. Jika kita salah memaknai hidup, maka apa makna yang bisa kita dapatkan dari hidup ini? Menyelaraskan hidup dengan makna hidup diatas diantaranya dengan cara: 1. Jika hidup itu adalah ibadah, maka pastikan semua aktivitas kita adalah ibadah. Caranya ialah pertama selalu meniatkan aktivitas kita untuk ibadah serta memperbaharuinya setiap saat karena bisa berubah. Kedua, pastikan apa yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan (ibadah mahdhah) dan tidak dilarang oleh syariat (ghair mahdhah). 2. Jika hidup itu adalah ujian, maka tidak ada cara lain menyelaraskan hidup kita, yaitu menjalani hidup dengan penuh kesabaran. 3. Jika kehidupan akhirat itu lebih baik, maka kita harus memprioritaskan kehidupan akhirat. Bukan berarti meninggalkan kehidupan dunia, tetapi menjadikan kehidupan dunia sebagai bekal menuju akhirat. 4. Jika hidup ini adalah sementara, maka perlu kesungguhan (ihsan) dalam beramal. Tidak ada lagi santai, mengandai-ngandai, panjangan angan-angan apalagi malas karena kita tidak hidup ini tidak selamanya. Bergeraklah sekarang, bertindaklah sekarang, dan berlomba-lombalah dalam kebaikan. Seungguhnya, apa yang ada dalam Al Quran, tidak diragukan kebenarannya, jika ada kesalahan itu datang dari kesalahan saya pribadi. Mudah-mudahan usaha kita memahami makna hidup menjadikan hidup kita lebih bermakna.

Sabar Adalah Ciri Seorang Mukmin
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Aku kagum dengan ketetapan Allah ‘azza wajalla terhadap orang-orang mukmin. Jika dia mendapatkan kebaikan, dia memuji Rabbnya dan bersyukur, jika mendapatkan musibah dia memuji kepada Rabbnya dan bersabar. Orang mukmin akan diberi pahala pada setiap urusannya sampai suapan makanan yang dia angkat kepada mulut istrinya.” (HR Ahmad No 1405)

Sabar Dalam Pergaulan
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Seorang mukmin yang berbaur dengan manusia dan bersabar atas celaan mereka adalah lebih besar pahalanya dari pada orang mukmin yang tidak membaur dengan manusia dan tidak sabar atas celaan mereka.” Hajjaj menyebutkan, “Lebih baik dari pada orang mukmin yang tidak membaur dengan mereka.” (HR Ahmad No 4780)

Sabar Dalam Kesusahan
Aku pernah bersama Ibnu Umar. Tiba-tiba mantan budak wanitanya menemuinya, menceritakan kondisinya yang serba susah, serta hasratnya untuk pergi meninggalkan Madinah. Lalu Ibnu Umar menasehatinya: “Duduklah sebentar disini, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Tidaklah salah seorang diantara kalian bersabar atas kesusahan dan kesempitan hidup kecuali pada hari kiamat kelak aku menjadi pemberi syafaat (penolong) baginya.” (HR Ahmad No 5665)

kemudian rela dan bersabar kecuali surga.” (HR Ahmad No 8851) Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah ‘azza wajalla berfirman: ‘Tidak ada balasan yang sesuai disisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman. kecuali pasti ia akan masuk ke dalam surga. kecuali Allah akan hapuskan dosa-dosanya pada hari kiamat. -atau beliau menyebutkan.” (HR Ahmad No 10356) Berusahalah untuk Sabar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berusaha untuk sabar maka Allah akan menjadikannya sabar. barangsiapa menjaga diri maka Allah akan memelihara dirinya. di akhirat nanti mendapatkan ucapan selamat dari para malaikat: ‘Salamun ‘alaikum bima shabartum (Keselamatan atas kalian oleh karena kesabaran kalian). lalu ia sabar dan mengharap pahala dari Allah.” (HR Ahmad No 8561) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang mukmin yang tertusuk duri kemudian bersabar dan mengharap pahala dari Allah. bagi yang bersabar atas susah payah dan kerasnya alamnya. dan kelapangan itu (datang) setelah kesempitan serta bahwa kemudahan itu (datang) setelah kesulitan.” (HR Ahmad No 7280) “Tidaklah salah seorang dari kalian ditinggal mati oleh tiga orang anaknya.” (HR Ahmad No 9394) Sabar Bertemu Musuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian berharap bertemu dengan musuh. (HR Ahmad No 2666) Sabar Terhadap Musibah “Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Barang siapa yang Aku hilangkan kedua kekasihnya (kedua matanya) lalu ia bersabar dan berharap pahala (dariKu) maka Aku tidak akan merelakan suatu pahala baginya kecuali syurga. maka jika kalian berjumpa dengan mereka hendaklah kalian bersabar.Sabar Terhadap Hal Yang Dibenci Dan ketahuilah bahwa di dalam kesabaran terhadap hal yang engkau benci terdapat banyak kebaikan. dan aku tidak mendapati untuk kalian rizki yang lebih lapang dari pada sabar.” (HR Ahmad No 9024) Sabar Terhadap Sulitnya Keadaan “Kota Madinah.” (HR Ahmad No 11868) Mudah-mudahan. – akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat.’ . Bahwa pertolongan itu (datang) setelah kesabaran. jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia. maka aku akan menjadi pemberi syafaat.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sabar itu ada pada saat pertama kali terbentur musibah.” Lalu berkatalah seorang wanita dari mereka. barangsiapa berusaha untuk kaya maka Allah akan mengayakannya. “Bagimana jika dua orang saja?” Rasulullah bersabda: “Meskipun dua orang.

Disebut tafakkur karena dalam semua proses itu menggunakan dan menghadirkan pikiran. kemudian mengulang-ulangi perenungannya. masih ada istilah lain yang perlu kita fahami masing-masing agar kita mampu berpikir lebih baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita. Dalam Al Quran.Jadi. Kata Ibrah mengikuti wazan isim haal seperti kata jalsah. wazan istif’al dari kata tabasshur yang berarti jelas dan tersingkapnya sesuatu hal di depan bashirah (mata hati). Namun sayangnya. Dan disebut istibshar. tafahhum. sehingga tidak terhapus dan pudar dari dalam hati secara keseluruhan. Disebut tadabbur karena merupakan perenungan tentang akibat dan akhir suatu perkara. Sejauh mana kita mengetahui cara berpikir? Jika caranya saja kita belum mengerti. bagaimana kita bisa melakukannya? Dan. hal itu pun disebut sebagai ‘ibrah. kenapa harus report memikirkan tentang berpikir? Berpikir adalah menghadirkan dua pengetahuan untuk mendapatkan pengetahuan ketiga. ada banyak kata yang kita artikan berpikir. Kondisi itu melahirkan iradah (kehendak). Baik tadzakkur maupun tafakkur punya faedah masing-masing. Padahal berpikir adalah kunci menuju sukses dan kebahagiaan. Jadi tafakur itu gunanya mencari ilmu dan tadzakkur berguna untuk menjaganya. seperti tajarru’. Jadi. Namun. Tadzakkur berarti hati mengulang-ulang apa yang diketahuinya agar tertanam dengan kuat di dalamnya. bentuknya mengikuti wazan tafaa’ul. Bahkan. disebut tadzakkur karena menghadirkan ilmu yang harus diingat-ingat setelah terlupa dan hilang. rpikir adalah pekerjaan kita sehari-hari. arti mentadaburi suatu kalimat adalah memikirkannya dari bagian awal sampai akhir. Oleh karenanya. disebut i’tibar (wazan ifti’al dari kata ‘ubur yang berarti menyeberangi) karena dia menyeberang dari suatu hal ke hal yang lain. Kebaikan dan kebahagiaan itu tersimpan di dalam sebuah gudang. Oleh karena itu. Apabila dari proses itu kemudian hati memperoleh ilmu. dia menyeberang dari hal yang dipikirkannya menuju ke pengetahuan ketiga. Jadi harus ada tafakkur dan ilmu. Adapun tafakur berarti memperbanyak ilmu dan mencari apa yang belum ada di hati. masih banyak orang yang belum mengerti proses berpikir tersebut. tafakkur dan tadzakkur adalah benih ilmu. rikbah dan qitlah. maka setiap orang yang melakukan suatu hal yang baik atau buruk pasti ada satu kondisi di hatinya yang terwarnai oleh ilmunya. Saling bertanya adalah siramannya. dan tabayyun. Ini untuk menunjukkan bahwa ilmu dan pengetahuan telah menjadi haal (karakter) bagi pemiliknya.Mari kita berusaha untuk sabar. Adapun disebut ta’ammul karena mengulang-ulang pikiran sampai terlihat jelas dan terbuka bagi hatinya. • • • • • • • Dan. Yang disebut dengan pengetahuan ketiga ini adalah tujuan dalam i’tibar itu. Disebut nadhar karena melihat dengan mata hati pada hal yang dipikirkan. . dan iradah melahirkan amal. dan mudzakarah adalah pembuahannya. berpikir tidak hanya disebut dengan istilah tafakur saja. kuncinya adalah tafakkur. Sementara itu. Mengapa banyak? Karena memang masing-masing memiliki makna dan proses yang berbeda. kebanyakan manusia hanya menggunakan sedikit sekali potensi berpikir.

buahnya. Hal itu juga membuktikan bahwa tafakkur tergolong amal hati yang paling utama dan paling bermanfaat bagi hati itu sendiri. dan buah iradah. Meski kita bekerja. “Tafakkur sesaat lebih baik dari ibadah setahun. ilmu adalah titik permulaan dan kunci segala kebaikan. Motivasi Kerja Dalam Islam Cobalah simak beberapa kutipan hadist dibawah ini. puasa. kita tetap wajib melakukan ibadah . sampai dikatakan. Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat. Juga dari penyakit-penyakit syubhat (keraguan) ke sejuknya keyakinan dan tenteramnya dada. Bahkan. (HR. Artinya hukumnya wajib sesudah ibadah lain yang fardhu. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi) Perlu diperhatikan dalam hadist di atas. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah.Sampai di sini ada lima hal: 1. ini lebih dari cukup sebagai motivasi kerja kita sebagai muslim. tidak perlu ibadah-ibadah lainnya. yaitu keadaan yang terwujud bagi hati. (HR. bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya. berpikir. Ini menandakan bagaimana penting mencari rezeki yang halal. motivasi kerja dalam Islam. dikatakan dalam hadits diatas bahwa mencari nafkah adalah seperti mujahid. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Jangan sampai karena merasa sudah bekerja. Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. buah dari keduanya. 3. kita pun berpeluang mendapatkan ampunan dari Allah. Ahmad) Hukumnya Wajib Mencari rezeki yang halal dalam agama Islam hukumnya wajib. ada kata sesudah. buah yang ditimbulkannya. tuli. 2. dan bisu ke nikmat melihat. Hal ini tentu membuktikan keutamaan dan kemuliaan tafakkur. Bekerja untuk mencari nafkah adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam. yaitu iradah. dari penjara dunia ke cakrawala akhirat. dari kebencian kepada cinta. Ahmad) Luar biasa. dari sempitnya kebodohan ke lapangnya ilmu. dll). artinya nilainya sangat besar. Dengan demikian. 5. dan paham tentang Allah.” Hanya berpikir yang dapat mengubah seseorang dari matinya kecerdasan kepada hidupnya kesadaran. yaitu amal. Saya kira. (HR. mendengar. Dengan demikian. yaitu ilmu. 4. dari rakus dan tamak menjadi zuhud dan qana’ah. dari penyakit syahwat dan cinta kehidupan fana ini ke sehatnya taobat kepada Allah dan mengesampingkan dunia. dari musibah buta. Allah suka kepada hambanya yang mau berusah payah mencari nafkah. Anda bisa melihat bagaimana istimewanya bekerja mencari nafkah menurut sabda Nabi saw.

Motivasi kerja dalam Islam bukan semata mencari uang semata. dan sebagainya. Untuk mendapatkan ridha Allah Subhaanahu wa ta’ala. batasan antara laki-laki dan perempuan. sebab amal akan tergantung niat. tidak ada kata malas atau tidak serius bagi seorang Muslim dalam bekerja. maka Anda akan melakukannya dengan sebaik mungkin. dan dakwah. Jangan sampai kita terlena dengan bekerja tetapi lupa dengan kewajiban lainnya. Kemauan Anda untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bisa dijadikan ukuran apakah motivasi kerja Anda untuk ibadah atau bukan. diampuni dosanya oleh Allah SWT. dan tentu saja ini adalah sebuah kewajiban seorang hamba kepada Allah SWT. tetapi serupa dengan seorang mujahid. Profesional dan Ahli Dalam hadits diatas juga disebutkan kata profesional dan ahli. Anda terus belajar dan berlatih agar semakin hari menjadi semakin ahli dalam bekerja. puasa. Jika tidak. Jika waktunya bekerja. jihad. sebab bekerja sebagai ibadah ghair mahdhah. suka bekerja keras. Anda bisa shalat dan istirahat. Langkah pertama agar bekerja menjadi sebuah ibadah ialah harus diawali dengan niat. ‘Adil Dalam Bekerja Salah satu bentuk profesional itu adalah ‘adil. Tidak sepantasnya seorang Muslim memiliki etos kerja yang lemah. Niatkanlah bahwa bekerja sebagai salah satu ibadah kepada Allah. Cara melakukan pekerjaan kita. maka etos kerja seorang Muslim haruslah tinggi. ibadah haji. Untuk itu kita perlu memperhatikan: • • Apa yang dikerjakan? Untuk apa kita bekerja? Apakah kita bekerja untuk sesuatu yang dihalalkan oleh agama? Pastikan kita bekerja untuk sesuatu yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Jika motivasi kerja Anda sebagai ibadah. ada kata-kata “susah payah” dan “kelelahan” yang menandakan etos kerja yang tinggi. tetapi pahala dari Allah. Jika waktunya istirahat atau shalat. yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Apakah cara-cara Anda bekerja sesuai dengan ajaran Islam? Bagaimana dengan pakaian. zakat. kita memiliki kebebasan yang luas untuk bekerja selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam.fardhu seperti shalat. Anda bekerja. Coba perhatikan diatas. Sebab motivasi kerja seorang Muslim bukan hanya harta dan jabatan. dan jauh dari sifat malas. Etos Kerja Seorang Muslim Jika tujuan bekerja begitu agung. Artinya. Memang berbeda dengan ibadah ritual atau ibadah mahdhah. Jika Motivasi Kerja Sebagai Ibadah Jika motivasi kerja kita sebagai ibadah. maka bisa termasuk melakukan hal yang . Anda akan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam bekerja. Langkah kedua ialah pastikan dalam bekerja tidak bertentangan dengan ajaran Islam. dalam kaidah ushul Fiqh. Jadi. tentu yang namanya ibadah ada aturannya.

dia berkata. 5.” (HR Ahmad No 7118) OK. Semoga motivasi kerja kita semua sebagai ibadah dan dibuktikan dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. dan mempelajarinya dengan sesama mereka kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan. 4. 3. Anda bekerja sesuatu tugas. 2. 4. 5.dzalim. dan tanggung jawab yang Anda miliki. Rahasia-rahasia sukses itu ada pada hadist dibawah ini: Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah telah menceritakan kepada kami Al A’masy dan Ibnu Numair telah mengkabarkan kepada kami Al A’masy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah. dilimpahkan kepada mereka rahmat. akan saya rangkumkan dibawah ini. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Barangsiapa meringankan seorang mukmin dari kesulitan di dunia maka Allah akan meringankan baginya kesulitan di hari kiamat. ‘Adil juga berarti. masih ada yang lainnya jika kita mau menggali Al Quran dan hadits lainnya. mereka membaca kitab Allah. wewenang. siapa yang akan mampu menghalanginya? Bukankah ini rahasia sukses yang dahsyat? . dan tidaklah suatu kaum yang berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah. meringankan seorang mukmin dari kesulitan di dunia menutupi aib seorang muslim memudahkan bagi seorang yang kesusahan mau menolong saudaranya menuntut ilmu membaca kitab Allah Tentu saja. Barangsiapa meniti jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga. Dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Dan barangsiapa memudahkan bagi seorang yang kesusahan maka Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat. 2. Apa manfaat dari rahasia sukses diatas? Berikut adalah rangkuman manfaat dari mengaplikasikan keenam rahasia sukses diatas: 1. Allah akan meringankan baginya kesulitan di hari kiamat Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat Allah akan menolong Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga Allah akan memberi rahmat Jika Allah sudah berkehendak. 6. dikelilingi oleh para malaikat dan Allah Azza Wa jalla akan menyebut-nyebut mereka di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya. 3. tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. dan Allah akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong saudaranya. 6. Rahasia sukses itu adalah: 1. Dan barangsiapa diperlambat oleh amalnya maka tidak akan bisa dipercepat oleh nasabnya.

Jika kita masih melihat bahwa untuk meraih keberhasilan itu sangat sulit. Kita memiliki pikiran yang positif tentang meraih keberhasilan dunia. bukan berarti kita harus menjauhi dunia. Semuanya kecil dimata Allah. Sungguh. ada kunci untuk mendapatkan kebesaran Allah ini. Saat kita melihat bahwa dunia ini kecil. Jangan fokus hanya belajar kiat sukses untuk dunia saja. Dunia tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat. Namun jika kita memiliki tujuan dunia (tanpa hanya). Justru harus memberikan motivasi tersendiri bagi kita bahwa untuk mendapatkan dunia itu adalah mudah. Semuanya mudah dimata Allah. artinya kita perlu membenahi pikiran kita. Orang yang berpikiran positif tidak akan pernah mengatkan bahwa untuk meraih keberhasilan dunia ini berat atau sulit. Kita perlu memiliki visi sukses dunia akhirat. Melihat dunia yang “kecil” artinya kita memiliki pikiran yang besar. itu adalah boleh bahkan harus selama dalam rangka meraih tujuan akhirat. Ada dua hal yang perlu kita sadari berkaitan dengan kiat sukses ini.” Tentu saja. penglihatan ini akan menjadi bekal kita dalam meraih sukses dunia akhirat.Kiat Sukses Hakiki Bagaimana mengagungkan Allah akan menjadi kiat sukses kita? Dunia akan terlihat begitu kecil. Katakanlah: Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Saat kita melihat dunia begitu kecil. Bukan dunia yang besar. (QS. Kiat Sukses Bukan Untuk Dunia Saja Pertama. bahwa kita jangan HANYA mencari dunia saja. Jika kita merasa sulit mendapatkan dunia. Orang yang berpikiran positif akan memiliki suatu pola pikir: “Jika Allah yang Mahabesar menghendaki. tetapi diri kita yang terlalu kecil dibanding dunia. Tidak ada lagi yang perlu ditakuti di dunia ini karena semuanya begitu kecil. sebuah kerugian besar jika kita HANYA konsentrasi untuk dunia saja. ditambah lagi dengan kenyataan kalau hidup di dunia ini adalah fana. artinya ada masalah dengan diri kita. Mengapa saya menulis kata “HANYA” dengan huruf besar? Ini sebagai penekanan bahwa yang tidak boleh itu adalah kita HANYA memiliki tujuan dunia saja. Ali Imran: 173) Aplikasi Kiat Sukses Ini . Dunia begitu kecil memberikan peringatan bagi kita. yaitu setelah kita menggantungkan semua pertolongan dan perlindungan kepada Allah semata. Berawal Dari Persepsi Diri Kedua. tidak ada yang tidak mungkin.

kemudian gagal. atau sangat berat dilakukan. sebab sebesar apa pun tujuan Anda adalah kecil bagi Allah. Ini adalah kiat sukses yang terlihat sederhana. semuanya kecil. kenapa harus tidak yakin? Sejauh mana Anda yakin? Bisa dilihat dari sejauh mana Anda berusaha. kita hanya saja belum tahu caranya. dan tawakal. itu adalah kecil di mata Allah. Jangan takut memiliki tujuan besar. Sejauh mana Anda semangat berusaha? Jika Anda masih malas. maka Anda yakin bahwa sebesar-besarnya resiko itu tetaplah kecil dimata Allah. bahkan sepertinya tidak mungkin dicapai. Semuanya kecil bagi Allah. masih berusaha asal-asalan. Berdo’a. Kiat Sukses Pertama: Berani mengambil resiko. Jika Anda yakin bahwa semua menjadi kecil. Berusaha Jika Anda benar-benar menginginkan tercapainya tujuan Anda. maka benarkah Anda yakin bahwa do’a Anda akan dikabulkan? “Yang penting sudah berusaha. berusaha. dan mudah menyerah. Jika Anda menghadapi sesuatu yang sulit. Belumlah dikatakan sempurna sesuatu yang dilakukan sudah selesai. dan Tawakal Saat berbicara tentang kiat sukses. Mulai sekarang. Berdo’a Saat kita yakin. Yang salah adalah jika kita hanya mengatakannya saja tanpa ada implementasi dalam kehidup kita sehari-hari. namun bisa mengubah hidup Anda. 3. Anda akan memiliki keyakinan yang mantap bahwa Anda akan mencapai apa yang Anda inginkan dan akan mengatasi semua masalah yang sedang Anda hadapi. beranilah mengambil resiko baik dalam karir dan bisnis. Sebenarnya. Kiat Sukses Ketiga: Belajarlah. Bukankah semua menjadi kecil? Jadi. Sangat betul.Bagaimana aplikasi kiat sukses ini dalam kehidupan sehari-hari? Kata kuncinya ialah berani. seolah tidak mungkin dilakukan.” Pertanyaanya adalah sejauh mana usaha Anda? Jika Anda sudah berusaha. sering ada orang yang langsung berkata bahwa yang penting itu adalah berdo’a. artinya Anda perlu belajar. Berusaha. tidak ada yang salah dengan perkataan ini. artinya usaha Anda belum selesai. Kiat Sukses Kedua: Berani memiliki tujuan besar. bahwa Allah Maha Besar dan semua yang ada di dunia ini kecil. dan berhenti. maka seharusnya Anda memiliki semangat yang luar biasa saat berusaha. Jika Anda masih sering takut menghadapi sesuatu yang besar. Sukses besar akan selalu berhadapan dengan resiko besar. sebesar-besarnya tujuan Anda. apakah benar Anda yakin dengan kebesaran Allah? 2. “Lalu sampai kapan saya berusaha?” . 1. plus keyakinan akan mantap setelah Anda berdo’a. Berani dalam hal apa saja? Tentu saja berani dalam hal-hal positif yang membawa Anda kepada keberhasilan. maka setelah Anda berdo’a.

Memang ada yang salah. Apakah ada yang salah atau sudah ditakdirkan menjadi orang gagal? Jika Anda menganggap bahwa Anda sudah ditakdirkan menjadi orang yang gagal. Anda harus berusaha untuk berhasil. Belajarlah agar bisa melakukan cara yang benar atau cara yang lebih baik. Thomas Alpha Edison melakukan 10. Jika Anda kembali kepada kayakinan bahwa semua kecil bagi Allah dan Anda sudah menyerahkan semua kepada Allah. artinya Anda sok tahu. harus memotret puluhan bahkan ratusan kali untuk menemukan hasil jepretan yang terbaik. Justru inilah kiat sukses inti yang bisa mengubah hidup Anda jika Anda memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan Anda. Kiat sukses ini memang terlihat sederhana. tetapi bukan kiat sukses sembarangan. Ada yang salah jika sebuah usaha tidak juga memberikan hasil. Mungkin Anda sudah berusaha selama 1 tahun. jika Anda berhenti. Mungkin arah yang Anda tuju salah. bisa jadi Anda harus menunggu 2 tahun agar bisa berhasil. Tawakal Tawakal adalah mewakilkan kepada Allah. mungkin arah langkah Anda keliru. mungkin orang lain yang akan menjadi penemu. tetapi Anda melangkah ke arah selatan. artinya Anda menghadapi yang kecil dengan bantuan Allah. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok. Banyak yang mengatakan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.000 kali untuk berhasil.Jawabannya sampai berhasil. Kemungkinan ketiga adalah arah Anda benar dan cara Anda sudah benar. “Bagaimana jika tidak juga berhasil?” Artinya. Apa kesalahan itu dan siapa yang salah? Kegagalan Datang Karena Anda Kurang Mencoba Anda gagal.000 kali percobaan dalam menemukan bola lampu. berulang kali. . maka Anda tidak akan pernah sampai ke tujuan Anda. hanya saja tujuan Anda masih jauh. justru ini akan membuat Anda semangat luar biasa. Anda bisa mengatakan sudah mencoba 100 kali. hanya Allah Yang Maha Mengetahui. maka bersabarlah. Jika tujuan Anda ada di barat. namun bisa jadi perlu 1. Semuanya perlu percobaan. kenapa kita mendahului-Nya? Jika Anda mengatakan ada yang salah… maka jawaban Anda benar. hidup Anda akan tambah semangat bukan malah loyo atau berhenti. Maka ubahlah cara Anda untuk mencapai tujuan Anda. Sekali lagi. Seorang ahli photografi. sampai Anda berhasil. Kemungkinan kedua ialah Anda melakukan cara yang salah. Dengan tawakal. Masalahnya bagaimana jika Anda mendapatkan kegagalan terus-menerus? Sudah mencoba berkali-kali namun tetap tidak berhasil juga. Anda kurang mencoba. Jika dia mengeluh dan berhenti mencoba setelah dia mencoba 100 kali. periksalah.

ingatkanlah diri Anda: “mungkin tinggal 3 langkah lagi”. tetapi hidup dia belum gagal. Yang perlu perjalanan waktu yang panjang. Sebagai contoh. Banyak orang yang berhasil. bersabar. Saat keberhasilan tidak juga diraih maka mereka berhenti dan memutuskan untuk gagal. Iya. Yang Anda ketahui hanya cara yang salah. Dia yang membatasi diri. meski dia lulusan PTS. Jadi. Dan. Anda tidak akan pernah berhasil. Kegagalan Untuk Mereka Yang Tidak Sabar Karena keberhasilan adalah perjalanan panjang. . dan dia mendapatkan untung pada tahun ke-3 atau lebih. jika caranya salah. Atau kegagalan datang jika Anda berhenti mencoba. artinya Anda memilih gagal. Jika Anda berhenti. SD. SMP. Perbedaan itu bisa dari apa yang Anda lakukan atau cara Anda melakukannya. tidak pernah menyerah dan tidak pernah berhenti.Banyak orang yang membangun bisnis. Belajarlah! Perluas Horizon Anda Kegagalan juga sering terjadi pada orang yang sempit horizonnya atau wawasannya. yang memerlukan percobaan berkalikali. Bukan dengan cara yang sama. jangan persempit keberhasilan hanya dengan mendefinisikannya dengan masuk PTN. belajar. meski Anda sudah mencoba berkali-kali. bahkan ribuan kali. Hal ini disebabkan karena masih banyak yang berharap bahwa sukses itu instan. Banyak kisah seperti ini. Anda akan mengetahui cara-cara lain jika Anda cukup ilmu. Masih banyak peluang berhasil meski tanpa gelas dari PTN. jika saya menuliskannya akan menjadi sebuah buku tersendiri. Memutuskan berhenti sama dengan memutuskan gagal. Mudah-mudahan kegagalan tidak terus menerpa Anda. Jika Anda tidak mengambil pelajaran dari keberhasilan orang lain. bertahun-tahun mengalami kerugian. Kegagalan Untuk Mereka Yang Kurang Ilmu Anda tidak akan pernah berhasil. Jika Anda tidak mengambil hikmah dari kegagalan masa lalu. Bisa saja sukses itu ada 3 langkah lagi dari tempat Anda berdiri saat ini. bahkan SMA. Tetaplah mencoba. katanya. ada yang mengatakan dia telah gagal karena sudah tiga kali mencoba masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Thomas Alpha Edison. Jika Anda tidak mengubahnya. dengan cara yang berbeda.000 kali percobaan. memerlukan waktu yang panjang. Mereka terus melakukan hal yang benar. dia memang gagal masuk PTN. Sukses hanya untuk mereka yang teguh pada jalan yang benar. Intinya ialah. melakukan 10. dan perluas wawasan Anda. bahkan tidak sekolah sekali pun. sering kali untuk meraih keberhasilan. Jika Anda tidak mau belajar dari berbagai sumber. Saat ada keinginan untuk berhenti. maka untuk sukses kita perlu kesabaran. baik membatasi cara mencapai tujuan atau membatasi tujuannya. Tidak ada lagi kesempatan.

tapi sepertinya susah.” dan sebagainya.Penghambat Sukses Itu adalah Manja Ah yang bener? Yup. Mereka suka mengatakan hal-hal seperti ini: “Teorinya sih gampang. “Saya sebenarnya bisa sukses. Sayangnya itu tidak mungkin.” “Nasihat yang bagus. atau mengeluh. Sementara orang yang gagal akan manja. Cobalah periksa kata-kata yang sering keluar dari mulut Anda. So What Gitu Lho? Jika Anda mengatakan sesuatu itu sulit. Ciri-cirinya ialah mereka yang sering mengatakan sulit. Alasan Anda mungkin benar. Lalu? Semua orang menghadapi kesulitan. jika tidak bekerja. Orang yang sukses akan belajar dan mencoba mengatasi kesulitan tersebut. tetapi itu tidak akan mengubah apa pun. Jika itu ada. seandainya …” Saat kata “seandainya” keluar dari mulutnya. Pembenaran-pembenaran ini tidak akan pernah membantu Anda untuk sukses. Anda mungkin berkata itu tidak bohong. atau kondisi selalu mendukung mereka. Mungkin Anda akan berkata bahwa kondisi sulit itu memang benar adanya. Banyak orang yang manja. Jika mengalami kesulitan mereka menuntut. Kesulitan dan tantangan adalah bagian dari hidup. Yang membedakan orang sukses dan tidak adalah bagaimana mereka menyikapi kesulitan tersebut.” “Mau sich. . Mungkin benar. Semua orang menghadapi tantangan. Mereka ingin segalanya mudah atau dimudahkan. Saat menerima nasihat. Periksalah Apakah Perngahambat Sukses Itu Ada Pada diri Anda? Jika Anda mau berhasil. berharap kesulitan tersebut tidak ada. Meski itu datang dari hati saja. artinya Anda termasuk orang yang manja. Anda perlu melakukan muhasabah. Banyak orang yang memiliki alasan tidak bisa bekerja. dia tetap tidak mendapatkan gaji. Alasan itu benar. berarti dia berharap orang lain. Anda mungkin mengatakan bahwa ada alasannya. Mereka tidak mau jika semua itu mempersulit mereka. satu kata yang sering keluar dari mulutnya ialah kata “sulit” atau “susah”. tetapi apakah alasannya menjadikan dia mendapat gaji? Bagaimana pun alasan dia benar dan valid. Periksa komentar-komentar yang Anda tulis. tapi aplikasinya susah. Atau dia mengatakan. Seberapa banyak Anda mengatakan sulit. tapi sulit. atau seandainya. peristiwa. Kesadaran akan hal ini akan membawa perubahan pada diri Anda. lingkungan. merengek. Dan berbagai pembenaran lainnya. Memang Sulit. susah. baik di blog pengembangan diri maupun status di facebook.

dan pertolongan Allah untuk sukses. Kesombongan yang paling utama adalah merasa tidak perlu Allah. kita mengalir saja. Anda (umat Islam) mengakui peran Allah dalam kesuksesan diri kita. Tunjukan kalau kita itu butuh pertolongan Allah. Kita perlu Allah. “Itu sih sudah tahu. Kita. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. belajarlah. Kita dengan mudah mengatakan orang lain sombong. Berdo’a dan bertawakal sebelum bertindak. Saya yakin. Alam Nasyrah:5-6) Seharusnya. Anda yang membaca situs ini tidaklah seperti itu. saat bertindak. Kesulitan itu bagian dari hidup. Yuk. Dia sendiri tidak mau mengikuti orang lain. Memang parah. kita hanya melihat orang lain. Bukan hanya menjauhkan kita dari sukses dunia. bantuan. apakah kita tidak termasuk orang yang sombong? Sering kali. Saat kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi. orang yang memahami ayat ini tidak akan memiliki penghambat sukses ini. Seolah kita tidak perlu Allah. Bahkan banyak yang mengatakan semua yang ada dunia ini adalah hasil pemikiran manusia. Semuanya dikerjakan sendiri. Bentuk kedua kesombongan adalah tidak butuh orang lain atau merasa lebih baik dibandingkan orang lain. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Mungkin tidak sesombong orang lain yang sama sekali tidak mengakui peran Allah. (QS.” Yang menjadi pertanyaan adalah. Ini juga bentuk kesombongan. semua orang tahu kalau kesombongan adalah kunci menuju kegagalan. Kita . kita perlu mewaspadai tindakan tanpa kita sadari dimana kita bertindak seolah kita bisa sukses hasil usaha diri sendiri saja. kita selalu menyertakan Allah dalam setiap tindakan kita. Banyak orang yang “lupa” berdo’a sebelum bertindak. tetapi ajaran seperti perlu kita cermati dalam konsep-konsep pengembangan diri modern saat ini. Tapi. Mereka mengatakan bahwa mereka sukses karena usaha mereka sendiri. Terutama orangorang yang berfahamkan materialis. tetapi tetap saja sombong. Mau sich “kerja sama”. Tidak pernah menyebutkan Siapa yang ada dibalik kesuksesan tersebut. dan setelah selesai bertindak. termasuk diri saya tidak mustahil memiliki sikap sombong yang tidak terasa. juga dari sukses akhirat. Kita hanya ingat Allah saat kita mengalami kegagalan. Tidak percaya orang lain. Mudah-mudahan sejak saat ini. kita perlu ijin. Merasa pekerjaannya yang paling baik. tetapi orang lain yang harus mengikuti dia. dan cobalah. Mudah-mudahan artikel tentang kesombongan ini bisa menjadi bahan instropeksi diri.Berusahalah. Tentu saja. baru ingat Allah. Kenapa tidak dari awal meminta petunjuk Allah bagaimana cara bertindak dengan benar? Inilah bentuk kesombongan. padahal bisa jadi kesombongan sebenarnya begitu melekat dalam diri kita. kita sama-sama instropeksi atau muhasabah diri. “Lupa” meminta pertolongan sebelum kita melakukan sesuatu. Kedua bentuk kesombongan ini jelas akan menggelincirkan kita dari jalan menuju sukses. tidak mau bekerja sama orang lain.

sebab obatnya ternyata ada pada ibadah-ibadah yang biasa dilakukan oleh seorang Muslim. Salah satu penyebab malas beraktifitas ialah karena adanya godaan setan. Bagaimana caranya? Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata. Bukhari) Oh yang.Bukhari) Jadi. Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa berdo’a: “ALLAAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL ‘AJZI WAL KASALI WAL JUBNI WAL HAROMI WA A’UUDZU BIKA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT WA A’UUDZU BIKA MIN ‘ADZAABIL QOBRI” (“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sikap lemah. Jika kemudian dia berwudhu’ maka lepaslah tali yang lainnya dan bila ia mendirikan shalat lepaslah seluruh tali ikatan dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. malas. Mendirikan shalat. Telah bercerita kepada kami Musaddad telah bercerita kepada kami Mu’tamir berkata aku mendengar bapakku berkata aku mendengar Anas bin Malik radliallahu ‘anhu berkata. saya juga sudah menyiapkan audio untuk mengatasi malas. Saat kita tidur. Untuk bisa mengatasi malas kita harus tahu penyebabnya. Jika kita melakukan ibadah seperti biasa. . Berwudlu 3.berlindung kepada Allah. Kita harus bisa melepaskan ikatan tengkuk tersebut. Namun bila dia tidak melakukan seperti itu. Beruntunglah bagi seorang Muslim. jika Anda ingin semangat dipagi hari 1. telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu Az Zanad dari Al A’raj dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan dan syaitan mengikatkannya sedemikian rupa sehingga setiap ikatan diletakkan pada tempatnya lalu (dikatakan) kamu akan melewati malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak. jika tidak maka seharian kita akan malas berkatifitas. sebenarnya kita bisa telepas dari malas yang disebabkan oleh setan ini. Bukankah itu pekerjaan kita sehari-hari? Mari kita semua berdo’a agar terhindari dari kemalasan. Ingatlah Allah 2. seperti dicontohkan oleh Rasulullah saw. agar kita dijauhkan dari kesombongan ini. maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktifitas“. pengecut dan kepikunan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa qubur”). (HR. (HR. setan mengikat tengkuk manusia. Mudah-mudahan kita juga diampuni atas kesombongan kita di masa lalu.

Ini dahsyat. Ini adalah salah satu dari rahasia-rahasia sukses yang bisa kita petik dari Al Quran dan hadits. nikmat Allah tidak pernah habis meski diberikan kepada kita dan juga orang lain. Sesungguhnya perbedaan antara doa untuk umum dan khusus adalah seperti bedanya langit dan bumi. Dan dijamin berhasil. Do’a seorang muslim untuk kawannya yang tidak hadir dikabulkan Allah. Kiat sukses ini dahsyat. Tenang saja. sebab kiat sukses ini diberikan oleh orang yang tidak mungkin salah. kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. Apa lagi? Anda bisa membacanya di ebook gratis saya Merenungi Ayat-ayat Inspirator yang bisa Anda download di member area Zona Sukses. Artinya kita masih memiliki dengki. Ahmad) Ali Ra berkata.. Jika kita mendo’a saudara kita. Al Baqarah:286. kita tidak perlu pelit untuk mendo’akan orang lain.) Apakah hanya ini? Tentu saja tidak. Tidak perlu diminta karena menurut hadist diatas kita berdo’a “tanpa sepengetahuan saudaranya”.Muslim) Bagi orang yang beriman. Ad-Dailami) Jadi. Jika kita bisa melakukan hal ini artinya kita sudah memiliki kebersihan hati dan bebas dari rasa dengki. Jika beliau salah. (QS. Dan jika kita ingin meraih sukses tertentu. Lalu beliau menepuk pundakku seraya berkata. Semua ayat Al Quran memberikan motivasi. (HR. Yah. Setiap ayat memiliki motivasi masing-masing. kita do’akan saudara kita sesuatu dengan apa yang kita ingin. Bebas dari rasa dengki jika ada salah satu rahasia sukses. OK.Kata-kata Motivasi Terdahsyat Saya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Siapa saudara yang dimaksud? Bisa seseorang secara khusus bisa juga kaum muslimin secara umum. Disana saya merenungi berbagai ayat yang membangkitkan saya saat terpuruk. apa itu? Rahasia itu ialah: mendo’akan saudara kita kebaikan yang sama dengan yang kita inginkan tanpa sepengetahuan orang tersebut.” (HR. Nah… untuk motivasi menghadapi kehidupan yang semakin berat dan masalah yang tiada henti. “Berdoalah juga untuk umum (kaum muslimin) dan jangan khusus untuk pribadi. insya Allah kita akan mendapatkan apa yang kita do’akan. (HR. “Rasulullah Saw lewat ketika aku sedang mengucapkan do’a : “Ya Allah. tentu kita meyakini hadits ini. siapa lagi jika bukan baginda Rasulullah saw. “Koq bisa? Berani-beraninya menjamin?” Kenapa saya berani menjamin. . ini luar biasa. sudah dibahas pada artikel Dengki: Merusak Peluang Sukses. rahmatilah aku”. tanpa sepengathuan kita. akan langsung ditegur oleh Allah SWT. Sungguh aneh jika kita tidak mau saudara kita mendapat nikmat seperti yang kita dapatkan. Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya. Allah SWT tidak akan kehabisan nikmat untuk diberikan kepada kita dan juga kepada semua makhluq yang ada di dunia ini. ayat diatas adalah ayat yang paling memberikan motivasi bagi saya. Luar biasa.

bersabda. Kita tidak akan pernah kaya jika kita tidak memiliki wealth consciousness. Saat pikiran kita jauh dari keberlimpahan. sebab Rasulullah saw yang mengatakannya. jika sudah keluar ucapan negatif. kata Imam Al-Ghazali.Berdo’alah untuk saudara kita dan kita akan mendapatkan apa yang kita do’akan tersebut. Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar. wealth consciousness. Kecuali Anda tidak punya malu. apakah kita masih berharap bahwa do’a kita akan terkabul? Percuma kita kerja keras dan kerja cerdas jika Allah tidak mengijinkan kita sukses.” Artinya kredibilitas pedengki tersebut hancur. ‘Tidak ada seorang pun yang menghinakan seorang muslim di satu tempat yang padanya ia dinodai harga dirinya dan dirusak kehormatannya melainkan Allah akan menghinakan orang (yang menghina) itu di tempat yang ia inginkan pertolonganNya. memang ada orang yang senang (samasama pedengki). (Abu Daud). Orang barat bilang. . Jika kebaikan kita sudah terkikis habis. Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat (kerja sama. Sungguh ini adalah sebuah pikiran yang mengingkari keberlimpahan rahmat Allah. Dari Jabir dan Abu Ayyub Al-Anshari. minjam modal. adalah membenci kenikmatan yang diberikan Allah kepada orang lain dan ingin agar orang tersebut kehilangan kenikmatan itu. Dia ingin nikmat orang lain itu pindah kepada dia. Ini yang pertama. Misalnya Anda sudah mengatakan hal negatif: “Cuma segitu aja bangga!” Jelas. dengki mengudang energi negatif. Abu Dawud. maka kita tidak akan pernah bisa mendapatkan manfaat dari orang yang kita dengki. Merusak energi positif yang diperlukan untuk berpikir dan bertindak. Energi negatif sifatnya merusak. Kiat sukses yang dahsyat bukan? Rasulullah saw. dengki bisa meruntuhkan kredibilitas pelakunya. Dan tidak seorang pun yang membela seorang muslim di tempat yang padanya ia dinodai harga dirinya dan dirusak kehormatannya melainkan Allah akan membela orang (yang membela) itu di tempat yang ia menginginkan pembelaan-Nya. Dengki (hasad). dengki akan memakan amal baik kita seperti dijelaskan hadits Rasulullah saw diatas.‘ (Ahmad. perasaan dengki mengeluarkan sinyal bahwa nikmat itu sedikit. Buktinya. seorang pedengki membenci kenikmatan yang didapatkan oleh orang lain. Secara ruhiah. Energi negatif juga merusak bekerja hukum daya tarik/ketertarikan (law of attraction). Saat seseorang mengejek keberhasilan orang lain. setidaknya nikmat yang diberikan kepada orang yang didengkinya hilang agar sama dengan dia yang tidak mendapatkan nikmat. setelah Anda mengatakan hal itu. nasihat. jika tidak. Ath-Thabrani) Yang kedua. Yang kelima. mereka mengatakan bahwa Rasulullah saw. Yang keempat. Dengki seringkali mengarahkan fokus kita kepada kejelekan orang lain. artinya kita sudah tidak memiliki kesadaran orang kaya. dsb) dari orang tersebut. bersabda. Ini pasti berhasil. Terutama jika sudah diiringi kata-kata jelek seperti hinaan atau fitnahan yang biasa mengikuti dengki. Lalu bagaimana dengki bisa merusak peluang sukses? Banyak akibat buruk yang kita dapatkan dari dengki. namun tidak sedikit yang mengatakan “sirik tanda tak mampu. Yang ketiga.

Sementara. Karena kita fokus pada nikmat orang lain. Panjang angan-angan lebih dikaitkan dengan keinginan kosong. Apa bedanya visioner dengan panjang angan-angan? Masih banyak yang tidak bisa membedakan. Dan yang terakhir. artinya ada kekurangan pada diri kita. Yang dimaksud panjang anganangan ialah meletakan harapan dan keinginan seolah akan terjadi masih jauh dan dia tidak memikirkan kapan kematian akan datang. ‘Ini manusia. Mudahmudahan. Dalam riwayat Bukhari. Jika masih ada. lidahnya mengeluarkan sumpah serapah. mukanya akan menjadi tertekuk. ini angan-angannya. ada yang menganggap itu adalah panjang angan-angan.” Orang yang panjang angan-angan akan bersikap santai. tiba-tiba datanglah kepadanya garisnya yang paling dekat. kesal. berdo’alah bukan hanya untuk diri sendiri. sedangkan ini ajalnya. panjang angan-angan juga dikaitkan dengan kematian.Yang keenam. teman. Orang yang percaya kepada seorang peramal dan bertindak sesuatu hasil ramalan bisa dikategorikan panjang angan-angan. Visi membawa kepada kebaikan dan panjang angan-angan membawa kepada keburukan. Dia menganggap kematiannya masih akan lama. Ketika dia sedang berada dalam angan-angan. setiap melihat orang lain yang didengkinya dengan segala kesuksesannya. Jika kita mendapatkan keberhasilan lebih sedikit dibanding orang lain. tidak ada sedikit pun rasa dengki dalam hati kita. kemudian kita berusaha menghilangkan nikmat tersebut. Orang yang panjang angan-angan menganggap akan hidup lama. energi yang kita perlukan untuk sukses terkikis habis. kecewa.’ Maksud dari ‘garisnya yang paling dekat’ adalah ajal kematiannya. “Nabi membuat garis seraya bersabda. curiga. mari kita hapus dengan istighfar dan syukur. tidak ada perbaikan setelah dengki. maka dia melupakan satu hal yang jauh lebih penting. Sehingga. Yang ketujuh ialah membebani diri sendiri. benci. Saat ada orang lain. Sebab saat saya sedang berbicara visi. justru akan mendatangkan nikmat. resah. Dia akan bertindak segera untuk . Hanya sebuah lamunan dan anggapan keliru tentang masa depan. Beban ini bisa memakan energi kita. Anas ra berkata. dan perasaan-perasaan negatif lainnya. dan yang lebih bahaya hatinya semakin penuh dengan dengki. marilah kita berlindung kepada Allah dari sifat dengki ini. 1. orang yang cerdas ialah mereka yang mengingat kematian. bibirnya berat untuk tersenyum. Lalu bagaimana menghilangkan dengki? Para ulama sudah membahasnya. maka bersyukurlah. Dalam sebuah hadits. Hal itu adalah memperbaiki diri sendiri. Saya hanya akan menyampaikan dua cara yang bisa kita aplikasikan sekarang juga. Saat kita berdo’a meraih sukses atau kenikmatan. Bayangkan. Tetapi untuk orang lain juga. Syukur jauh dari dengki. marah. Padahal bedanya seperti bumi dan langit. bahkan saingan mendapatkan nikmat. sibuk menghina dan memfitnah. 2. Dia merasa tidak perlu bertindak segera. Beban yang sebenarnya tidak perlu kita pikul.

Artinya rayap mampu membangun tempat tinggalnya sampai 3. (QS Al Hasyr:18) Memiliki cita-cita. Tahbrany dengan sanad yang hasan) Dalam hadis lain Rasulullah bersabda: Perbanyaklah mengingati mati. Rayap dikenal sebagai hama yang bisa merusak rumah kita.000 kali tinggi badannya. Visi justru akan membuat kita bergerak. Mereka pulang (ke akhirat) dengan ketinggian dunia dan kemuliaan akhirat. Sementara panjang angan-angan akan menjadikan kita santai. Rasulullah saw memiliki visi Islam akan berkembang setelah hijrah. Kekuatan rayap sungguh luar biasa. Bagaimana rayap bisa membangun tempat tinggalnya begitu tinggi? Ada dua hikmah yang bisa kita dapatkan dari rayap: .” (HR. “ya Nabi Allah. rayap pun memiliki kekuatan membangun. Hai orang-orang yang beriman. bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). siapakah orang yang paling pintar dan orang yang paling cerdas otaknya? Rasulullah saw menjawab: “Yang paling cerdas dan paling pintar ialah orang yang palinng banyak mengingat mati. (Beliau sedang berada di tengah-tengah sahabat-sahabat terkemuka). Tiba-tiba salah seorang sahabat ansahr berdiri dan bertanya kepada Rasulullah saw. Inilah yang disebut dengan visi.000 kali tinggi badannya. tujuan. dengan berbagai peralatan dan bahan-bahan yang canggih. Dalam satu riwayat Ibnu Umar ra berkata: “Pada suatu hari aku datang menjumpai Rasulullah saw sebagai orang yang kesepuluh. nda tahu rayap? Rayap adalah binatang kecil yang biasa memakan kayu. yang paling banyak menyiapkan bekal untuk menghadapi kematian. Meskipun berat. Sementara manusia. sebuah bangunan besar bisa hancur oleh binatang kecil ini.masa depannya. bahkan berkali-kali gagal. Sampai saat ini bangunan tertinggi yang sudah dibuat manusia baru sampai ketinggian sekitar 1.000 meter saja. Selain memiliki kekuatan merusak. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. sampai sekarang belum mampu membangun bangunan dengan ketinggian sampai 1. atau visi bukanlah termasuk panjang anganangan. tetapi hijrah tetap dilakukan. sangat berbeda dengan apa yang disebut dengan panjang angan-angan. Dia akan memperhatikan apa-apa yang dia lakukan untuk hari esok. setidaknya bahan rumah kita yang terbuat dari kayu. Mengapa Rasulullah saw hijrah? Sebab ada harapan setelah hijrah. (HR: At Thabrani) Jadi orang yang visioner akan bertindak segera untuk mempersiapkan hari esok. Ingat mati adalah suatu gambaran bahwa kita harus memperhatikan masa depan kita (hari esok). harapan. Ini adalah suatu pencapaian luar biasa sebab tubuh rayap sendiri hanya memiliki tinggi sekitar 3 mm saja. Rayap memiliki kekuatan membangun sarangnya lengkap dengan sistem Air Conditioning-nya plus tata ruang yang apik dengan ketinggian sampai 9 meter. Namun bukan hanya ini saja kekuatannya. dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh.

Kita harus memahami keterbatasan dan kelemahan ini agar kita menyadari akan kelemahan kita dan mampu mengatasi kelemahannya tersebut dan menjadikanya kemuliaan. Amin llah menciptakan manusia dengan segala keterbatasan dan kelemahannya disamping kelebihan dan kekuatannya. 2. manusia diciptakan dengan keterbatasan fisik dan akal. Mereka bekerja sama dalam membangun sarangnya. bahkan juga akal manusia dengan berbagai hasil teknologinya. baik untuk meraih sukses dunia maupun akhirat.” (QS. jika seseorang sudah tidak mau lagi bekerja sama sesama dengan saudaranya. Mereka bekerja dengan mengikuti insting. Apa yang menjadi perbedaan antara percaya diri dan sombong? Apakah orang sombong itu . Bekerja sama membuat mereka memiliki kekuatan yang dahsyat baik dalam menghancurkan maupun membangun. kita semua kembali ke fitrah kita (idul fitri) serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. karena mereka hidup dalam fitrahnya. Fisik manusia tidak akan mampu menggerakan alam semesta ini dengan tenaganya. yang merupakan fitrah yang diberikan Allah kepada makhluq ini. Manusia yang seharusnya memiliki kemampuan yang jauh lebih dahsyat bisa kehilangan kemampuan itu karena disebabkan oleh dua hal. saya hebat. Mereka mampu. Mereka tidak punya ilmu arsitektur. Hikmah kedua. Dengan demikian kita bisa mengembalikan potensi kita yang sebenarnya. Cara hidup itu adalah Al Quran dan Hadits Nabi saw.4:28) Kelemahan manusia lainnya ialah bodoh. Seperti apa yang difirmankan Allah. Mudah-mudahan. Tubuh kecil dan lemah bisa diatasi dengan cara bekerja sama.33:72) Masih ada salah pengertian antara beda makna percaya diri dan sombong. Sebagai makkhluk. Yang pertama. manusia lemah. “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu. Mereka tidak pernah kuliah cara mengawetkan makanan.” (QS. banyak manusia yang sudah jauh dari fitrahnya. Buat apa bekerja sama?” Orang yang berkata seperti ini adalah mereka yang kehilangan banyak potensi keberhasilan dalam hidupnya. “Saya bisa. Cara yang diproduksi oleh akalnya sendiri yang sungguh lemah dan banyak kekurangannya. dan saya mampu.1. “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit. Padahal kita sudah punya cara hidup yang sesuai dengan fitrah manusia karena cara hidup ini dibuat oleh Pencipta kita. dan dipikullah amanat itu oleh manusia. melalui gemblengan bulan Ramadhan ini. Mereka tidak memiliki ilmu dengan pengkondisian udara dan tata ruang. dan manusia dijadikan bersifat lemah. Manusia sangat lemah dihadapan Allah sehingga diperlukan untuk meminta bantuan dan lindungan dari Allah SWT. Kesombongan dan keangkuhan mereka menghalangi untuk bekerja sama sehingga hasil yang diperoleh tidak optimal. maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh. Mereka hidup dengan cara sendiri. bumi dan gununggunung.

Tidak ada makhluq yang lebih mulia di sisi Allah. kepercayaan diri menganut prinsip kesamaan antara kita dengan orang lain. Teknologi NLP sudah banyak menunjukan bahwa kita bisa melakukan apa pun yang kita ingin lakukan. Yang Anda perlukan ialah . Namun disayangkan. Allah menciptakan manusia sama dengan segala potensinya. atau lebih lainnya dengan orang atau makhluq lainnya. Percaya diri lebih berfokus pada kesamaan antara manusia. Merasa memiliki perbedaan. jabatan. yaitu terhadap… Artinya kata sombong bersifat komparatif. Artinya manusia itu sama. sementara rendah diri di hadapan manusia adalah perbuatan tercela. karena justru pikiran kita sendiri. sehingga tidak mendengar apa yang dikatakan oleh para Nabi. Yang seringkali menghambat kita untuk melakukan hal yang sama dengan orang lain. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang berserah diri“. Anda sendiri bisa memiliki cita-cita dan kemampuan untuk meraihnya seperti orang lain. justru akan menimbulkan sikap negatif. Kita tidak perlu merasa rendah diri dihadapan siapa pun.” (HR. Intinya. maka percaya diri justru sebaliknya. sehingga yang menentukan nanti di akhirat hanyalah ketaqwaanya. Jika kita seolah tidak bisa melakukan apa yang dilakukan oleh orang lain. Jika sombong lebih kepada membandingkan dengan orang lain.An Naml:30-31) Dari Iyadl Ibnu Himar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian merendahkan diri. yaitu membandingkan dengan orang (makhluq) lainnya. Sementara orang yang merasa lebih baik disebut sombong. kecuali karena ketaqwaanya. Apa lagi jika sudah ada orang lain yang pernah melakukannya. Bahkan jauh lebih tinggi dibanding keyakinan kita. Mungkin kita baru melakukannya sebagian. jika kita yakin bahwa kita sama dengan orang lain. Justru. Artinya kesombongan bermakna dalam hal merasa lebih tinggi. Orang akan percaya diri jika dia merasa sama dengan orang lain. pendidikan. Jika orang lain bisa melakukan hal yang luar biasa. sehingga tidak ada seorang pun menganiaya orang lain dan tidak ada yang bersikap sombong terhadap orang lain. Sesungguhnya surat itu. sesungguhnya karena kita belum tahu caranya secara akurat. dan harta kekayaan. Anda tidak perlu menyebutnya sombong. Bahkan banyak yang merasa lebih hebat dibanding Nabi. Bukan pangkat. akan muncul suatu sikap percaya diri. Dia merasa lebih hebat daripada orang lain. kita sering terburu-buru mengubur potensi diri kita sendiri. Rendah diri ada yang positif dan ada yang negatif. tetapi bisa meraih manfaat percaya diri. Rendah diri dihadapan Allah adalah rendah diri yang positif. belum sama dengan orang lain. Merasa lebih rendah disebut rendah diri. ada satu kata yang mengikuti kata sombong. lebih baik. (QS. dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. kecuali di hadapan Allah.) Dari ayat dan hadits di atas. Saat ada orang lain yang memiliki cita-cita tinggi. Atau apa yang kita lakukan. maka Anda pun bisa melakukannya.menunjukan kepercayaan diri yang tinggi atau justru lemah? Apakah orang yang memiliki cita-cita melebihi cita-cita kita bisa disebut sombong? Pertanyaan ini perlu dijawab dengan tuntas agar kita terhindar dari sikap sombong.Riwayat Muslim.

Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tentu saja dia adalah orang yang ikhlas. Cara pertama ialah dengan berdo’a seperti yang dijelaskan pada hadits diatas. Siapa yang bisa menghalangi? Takdir Anda ingin berubah? Caranya ialah dengan meminta kepada Allah. diriwayatkan dari Abdullah bin Umar. Dia berprasangka baik kepada Allah. (HR Turmudzi dan Hakim) Cara Mengubah Takdir Mengubah Takdir Dengan Berdo’a. atau tabib hanyalah perantara saja. artinya takdir baru bagi kita. banyak yang menyangka bahwa hukum ketertarikan bekerja seperti sihir. Jadi. tetapi Allah juga berkuasa untuk mengubahnya kembali. saya akan menjelaskan bahwa takdir itu bisa diubah. dokter. Pertama. atau sunatullah yang sudah Allah ciptakan di dunia ini. Allah yang menetapkan takdir kita. Doa. Siapa atau apa yang menyebuhkan Anda? Jawabannya tentu Allah. Allah sudah menciptakan sebuah sunatullah bahwa dalam madu itu terkandun Lalu bagaimana cara kita mengubah takdir? Cara yang benar dan tepat. bisa mengubah takdir. maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. hukum. maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. silahkan simak hadist berikut: Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim. Madu. bahwa takdir bisa diubah. maka Allah memiliki kuasa untuk mengubahnya. Banyak yang mengira. Yang dapat menolak takdir ialah doa dan yang dapat memperpanjang umur yakni kebajikan (amal bakti). Allah yang berhak dan berkuasa mengubah takdir Anda. sistem. Mungkin Allah sudah menetapkan sesuatu. Allah yang menetapkan takdir. . Mengubah takdir artinya Allah menggantinya dengan takdir baru. Bagi Anda yang belum tahu. pertanyaan ini bisa muncul karena kurang fahamnya tentang berpikir positif. Berpikir positif atau law of attraction bekerja mengikuti suatu fenomena. mungkin kitanya yang rendah diri. Begitu juga. Misalnya Anda sakit. berpikir positif itu seperti sulap. sebelum mengatakan orang lain sombong. tentu saja harus bersumber dari Pembuat takdir yang tiada lain Allah SWT melalui Al Quran dan Hadits Nabi saw. kemudian berobat dengan madu sampai Anda sembuh. bahwa Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a. Ath-Thahawi) Lalu apa hubungannya dengan berpikir positif? Hanya orang yang berpikiran positif yang akan berdo’a. Anda berpikir bisa mendapatkan mobil. Tetap. (HR. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a. Mari kita analogikan dengan pengobatan. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Siapa yang bisa mengubah takdir? Tentu saja hanya Allah. Dia bertawakal kepada Allah. dan mobil langsung ada di hadapan Anda. kita menarik (seperti magnet) apa yang kita inginkan.bagaimana memompa pikiran Anda agar memiliki keyakinan yang sama dengan orang lain. Kedua.

maka Allah akan menghilangkan kesedihan itu? Para sahabat menjawab : “Ya. teman sejawat. anak-anak yatim. maka Rasul berkata kepada orang tersebut : “Jika begitu lenyaplah kesedihanmu.R Imam Ahmad AtTabroni) Mereka berta kpdmu (Muhammad) tentang apa yg mereka infakkan. Jawablah. kpd tetangga yg dekat. (H. Rasulullah SAW pernah bersabda : “Silaturrahmi dapat memperpanjang umur dan sedekah dapat merubah taqdir yang mubram” (HR.Cara Kedua adalah bersedekah. Muslim. maha suci Engkau. Ada hadits yang diriwayatkan dari Sa’ad Ibnu Abi Waqosh. Imam Ahmad) Cara Ketiga adalah bertasbih. “Harta yg kamu nafkahkan hendaklah diberikan kpd ibu bapakmu.R. Dan apa saja kebajikan yg kamu peruntuk sesungguh Allah Maha Mengetahui” [Al-Baqarah : 215] Dan sembahlah Allah dan janganlah menyekutukanNya dgn sesuatu. Cara keempat ialah dengan bershalawat ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay Ibnu Ka’ab. sesungguhnya aku termasuk diantara orang-orang yang dholim”). At-Turmudzi dan Al-Hakim). orang-orang miskin dan orang-orang yg sedang dalam perjalanan. Rasul bersabda “Yaitu do’a “Dzun-Nun : “LA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINADH-DHOLIMIN” (Tidak ada Tuhan selain Engkau. kaum kerabat. tetangga yg jauh. “Wahai Rabb-ku saygilah kedua sebagaimana kedua menyaygiku di waktu kecil” [Al-Isra : 24] . Imam Ahmad. wahai Rasululullah. sesungguh Allah tdk menyukai orang-orang yg sombong dan membanggakan dirinya” [An-Nisa : 36] “Arti : Dan Rabb-mu telah memerintahkan kpd manusia janganlah ia beribadah melainkan ha kpdNya dan hendaklah beruntuk baik kpd kedua orang tua dgn sebaikbaiknya. Bukhari. kpd kaum kerabat kpd anak-anak yatim kpd orang-orang miskin. at-Tirmidzi. ibnu sabil dan hamba sahaya. Dan katakanlah. Dan jika salah satu dari kedua atau kedua-dua telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kpd kedua ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya” [AlIsra : 23] “Arti : Dan katakanlah kpd kedua perkataan yg mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap kedua dgn penuh kasih sayg. Rasulullah bersabda : “Maukah kalian Aku beritahu sesuatu do’a. bahwa ada seorang laki-laki telah mendedikasikan semua pahala sholawatnya untuk Rasulullah SAW. dan dosamu akan diampuni” (H. yang jika kalian memanfa’atkan itu ketika ditimpa kesedihan atau bencana. dan beruntuk baiklah kpd kedua ibu bapak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful