P. 1
Tugas Makalah Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow Learner Psikologi Pendidikan

Tugas Makalah Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow Learner Psikologi Pendidikan

|Views: 1,560|Likes:
Published by Sumadiyasa
Tugas Makalah Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow Learner Psikologi Pendidikan
Tugas Makalah Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow Learner Psikologi Pendidikan

More info:

Published by: Sumadiyasa on Nov 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

PSIKOLOGI PENDIDIKAN “CARA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SLOW LEARNER” Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Dosen Pengampu : Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Psi

Disusun Oleh : I Made Sumadiyasa ( 1011011103 )

JURUSAN BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2010

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat beliaulah saya selaku penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Berdasarkan mata kuliah yang telah diberikan, saya memberi judul makalah ini Psikologi Pendidikan dengan membahas mengenai anak berkebutuhan khusus, topik yang akan dibahas adalah “Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Slow Learner”. Dalam proses pembelajaran biasanya terdapat seorang anak atau lebih yang memiliki tingkat intelegensi rendah yaitu sedikit dibawah normal dan mereka memiliki keterlambatan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik maupun non-akademik. Demi masa depan mereka, sangat perlu untuk meningkatkan motivasi atau dorongan mereka untuk belajar. Untuk itulah saya susun makalah ini untuk membantu para pembaca sekalian agar memperoleh sedikit informasi mengenai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar para slow learner. Terselesaikannya makalah ini tidak lepas dari bantuan dan dorongan dari pihak-pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses penyusunan dan pembuatan makalah ini. Rasa terimakasih saya sampaikan kepada ibu dosen pembimbing Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Psi yang telah bersedia menuntun dan membantu saya dalam pembuatan makalah ini serta narasumber dan pihak-pihak lainnya yang turut serta membantu demi terselesaikannya makalah ini sesuai dengan apa yang telah diharapkan sebelumnya. Penulis sebagai manusia yang banyak memiliki kekurangan menyadari bahwa apa yang penulis sampaikan dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dalam proses penyampaiannya maupun isi atau hal-hal yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang berbahagia yang bersifat membangun sehingga dapat membantu penulis untuk dapat lebih menyempurnakan lagi makalah ini.

ii

Penulis sangat berharap apa yang telah disajikan dalam makalah ini dapat memberikan manfaat-manfaat yang sedianya dapat berguna pagi pembaca pada umumnya dan para penyelenggara pendidikan pada khususnya sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan di Indonesia serta tujuan Bangsa Indonesia dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Singaraja, 17 November 2010

Penulis,

iii

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.............................................................................. DAFTAR ISI............................................................................................ BAB I PENDAHULUAN........................................................................ Latar Belakang Masalah................................................................ Tujuan............................................................................................ Rumusan Masalah.......................................................................... BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Lamban Belajar ( Slow Learner ).............................................................................. 3 BAB III PENUTUP................................................................................... 5 ii iv 1 1 2 2 3

Kesimpulan..................................................................................... 5 DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 6

iv

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang. Setiap individu yang terlahirkan ke dunia ini memiliki kemampuan yang berbeda terutama dalam bidang akademik yang diakibatkan adanya perbedaan tingkat intelegensi yang dimiliki oleh setiap individu tersebut. Sering kita temui adanya individu atau anak yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi sehingga sering mendominasi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam proses pembelajaran yang biasa disebut anak yang berbakat atau pintar dan terdapat pula yang biasa-biasa saja atau sering disebut dengan anak normal yang memiliki tingkat intelegensi normal dan sering pula ditemukan anak yang memiliki tingkat intelektual sedikit di bawah normal yang mengakibatkan mereka mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik maupun nonakademik. Pada makalah ini akan dibahas mengenai anak yang tergolong slow learner. Anak yang tergolong pada slow learner adalah mereka yang memiliki dorongan atau motivasi yang rendah dalam belajar sehingga memungkinkan mereka tidak lulus suatu mata pelajaran masalah-masalah yang mungkin menjadi penyebab individu menjadi lambat dalam belajar adalah masalah konsentrasi, daya ingat yang lemah, kognisi serta masalah sosial dan emosional. Karakteristik anak lamban belar dapat dilihat dari prestasi belajarnya rata-rata kurang dari 6, lambat dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik dibandingkan dengan temantemannya, memiliki daya tangkap terhadap pelajaran lambat serta pernah tidak naik kelas. Jika seandainya mereka memiliki dorongan yang kuat untuk belajar, mereka dapat meningkatkan tingkat intelektual menjadi normal atau lebih. Melihat hal tersebut, para slow learner perlu memperoleh motivasi untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar yang dapat diberikan oleh pendidik maupun pihak-pihak yang terlibat di dalam pergaulan sosialnya. Pemberian motivasi ini sangat penting dilakukan untuk mencapai peningkatan prestasi akademik maupun non-akademik yang akan sangat berguna baginya guna

1

menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Melihat bahwa slow learner bukan termasuk ke dalam tunagrahita, maka pemberian motivasi melalui pendidikan formal, informal maupun non formal masih dapat dilakukan.

Tujuan. Berdasarkan pada apa yang telah dijelaskan pada bagian latar belakang tersebut, maka tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang bagaimana cara meningkatkan atau menumbuhkan motivasi pada individu atau anak lamban belajar ( slow learner ).

Rumusan Masalah. Sesuai dengan apa yang terdapat di dalam latar belakang dan tujuan, maka yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana cara menumbuhkan motivasi atau dorongan atau minat pada anak yang merupakan anak atau individu yang lamban dalam belajar atau yang sering disebut dengan slow learner ?

2

BAB II PEMBAHASAN

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner). Bagi seorang pendidik yang memiliki peserta didik yang tergolong anak lamban dalam belajar, dapat menggunakan cara-cara berikut yang menurut sumber yang penulis peroleh adalah merupakan cara-cara yang telah terbukti kebenarannya. Berikut cara-cara tersebut : 哦 Sediakan tempat yang tenang untuk bekerja, dimana anak akan lebih mudah teramati dan termotivasi. 哥 Jaga agar sesi pekerjaan rumah tetap pendek. 哤 Sediakan waktu untuk aktivitas sebelum dan selama megerjakan pekerjaan rumah. 哣 Tambahkan berbagai tugas untuk proses pembelajaran bahkan ketika tidak mendapat tugas, seperti melukis gambar dari tugas membaca. 哢 Ijinkan mereka mencapai kesuksesan. 哰 Ajukan pertanyaan mengenai tugas ketika anak sedang mengerjakannya. 唐 Selesaikan pekerjaan rumah sebelum tidur dan sebelum berangkat ke sekolah. 唥 Ajarkan mereka cara menggunakan kalender untuk melacak tugas. 唫 Bacakan untuk anak yang lamban belajar tersebut. 啚 Gunakan bentuk ‘tiga transfer’ pembelajaran, yang mana peserta didik harus memperoleh informasi dan lakukan tiga hal untuk itu disamping belajar. Sebagai contoh bacakan, jelaskan kepada mereka, gambarkan dan buat catatan. 啶 Sabar dan tetap konsisten ( untuk pendidik ). 喂 Jangan berikan hadiah bagi tugas yang belum selesai. 喲 Tantang anak dengan mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu lalu kemudian mengerjakan yang lebih mudah ( sebut saja prinsip pencuci mulut ).

3

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan orang tua kepada anak agar anak tersebut tidak menjadi anak yang tergolong lamban belajar. Hal-hal yang dapat dialakukan antara lain adalah sebagai berikut : 嗪 Jangan bersifat over protektif. Ini menunjukkan bahwa orang tua anak tidak menghargai ataupun tidak mengerti akan berbagai potensi yang dimiliki anak teresbut dimana anak dibatasi dalam melakukan atau mencapi pengembangan dan peningkatan potensi yang dimilikinya. 嗭 Hubungi guru jika ada permasalahan atau mengalami kebingungan. 嘗 Ajak anak anda ke tempat tempat yang menarik dimana mereka dapat melihat bahwa sukses di bidang akademik sangat penting.

4

BAB III PENUTUP

Kesimpulan. Berdasarkan pada uraian di atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa seorang anak yang termasuk ke dalam anak yang lamban dalam belajar perlu mendapatkan motivasi-motivasi atau motivasi mereka untuk belajar perlu ditingkatkan atau ditumbuhkan agar niat mereka untuk melakukan studi tumbuh dan berkembang pada diri mereka masing-masing lebih-lebih meningkatkan prestasi yang melebihi anak normal lainnya. Disamping motivasi mereka perlu untuk di tumbuhkan oleh pendidik, orang tua juga berperan penting dalam membantu anak tersebut untuk belajar dan mencegah anak tersebut menjadi slow learner.

5

DAFTAR PUSTAKA

http://carfamily.wordpress.com/2007/02/20/how-to-help-slow-learners-ideas-andresources/ http://www.reacheverychild.com/feature/slowlearners.html

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->