P. 1
Percobaan Fotosintesis

Percobaan Fotosintesis

|Views: 288|Likes:
Published by Nasrul Fahmi
7.29/11.21/2011
7.29/11.21/2011

More info:

Published by: Nasrul Fahmi on Nov 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2015

pdf

text

original

Percobaan Fotosintesis

I. Tujuan :Membuktikan bahwa dalam fotosintesis diperlukan cahaya matahari dan berlangsung pada bagian tumbuhan yang berklorofil, serta dihasilkan amilum.

II.

Alat dan Bahan

:

1. Tanaman berdaun 2. Kertas timah 3. Air mendidih 4. Gelas kimia ukuran besar dan kecil 5. Alcohol 70% 6. Bunsen dan tripod 7. Cawan Petri 8. Larutan yodium atau lugol 9. Air

III.

Cara Kerja 1. Buatlah percobaan seperti gambar di atas! 2. Petiklah dua macam daun dengan ketentuan : a. Daun A ditutup dengan kertas timah selama 48 jam sebelum dipetik b. Daun B tidak ditutup, potong daun tersebut dengan ukuran dan bentuk yang berbeda 3. Masukkan daun-daun itu kedalam air mendidih selama ± 5 menit 4. Angkat dan masukkan kembali kedalam Alkohol dan panaskan hingga klorofil meluruh 5. Angkat daun-daun tersebut, kemudian tetesi dengan larutan lugol atau yodoum. Amati dan catat perubahan yang terjadi dalam table.

IV.

Tabel Pengamatan

Warna daun Jenis daun sebelum dimasukkan kedalam air panas Daun yang ditutup dengan kertas timah hijau

Warna daun setelah dimasukkan kedalam alcohol

Warna daun setelah ditetesi lugol atau yodium

hijau pudar

Pucat

Daun yang tidak ditutup dengan kertas timah hijau hijau pudar biru hitam

V.

Pembahasan Daun yang akan diuji harus ditutupi sebelum matahari terbit sehingga tidak mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesis yang akan kita bandingkan dengan daun yang tidak ditutupi. Untuk daun yang ditutupi jika dimasukkan kedalam air panas maka warnanya hijau sama dengan daun yang tidak ditutupi. Apabila dimasukkan kedaam alcohol baik yang ditutupi maupun yang tidak ditutupi maka warnya akan berubah menjadi hijau pudar. Tujuan daripada daun dimasukkan kedalam alcohol yaitu untuk meluruhkan klorofil-klorofil daun tersebut. Terakhir jika daun ditetesi lugol atau yodium maka daun yang ditutupi hasilnya akan berwarna pucat, berbeda dengan daun yang tidak ditutupi yaitu hasilnya akan berwarna biru hitam.

VI. 1. 2. 3. 4. 5.

Pertanyaan Mengapa daun harus ditutup sebelum matahari terbit? Apakah tujuan merebus daun tersebut? Apakah perubahan yang terjadi pada daun setelah direbus? Apa tujuan daun dimasukkan kedalam alcohol? Apakah ada perbedaan antara daun yang ditutupi dengan kertas timah dengan yang tidak, bila ditetesi lugol setelah direbus?

6.

Apakah kesimpulan kegiatan ini?

VII.

Jawaban

1. Agar daun yang akan ditutup itu sebelumnya tidak mendapatkansinar matahari, sehingga tidakmelakukan fotosintesis 2. Agar klorofil yang ada daun mati 3. Daun tersebut akan menjadi layu 4. Supaya warna hijau daun tersebut meluruh 5. Ada perbedaan

VIII.

Kesimpulan Jadi, hasil dari percobaan kami yaitu apabila daun yang ditutupi pada proses terakhir yaitu jika ditetesi lugol atau yodium maka hasilnya akan berwarna pucat itu karena daun terbeut tidak melakukan fotosintesis. Sedangkan pada daun yang tidak ditutupi jika ditetesi lugol atau yodium maka akan berwarna biru hitam, itu merupakan amilum yangdihasilkan dari proses fotosintesis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->