DEPOSITO BERJANGKA Simpanan masyarakat atau pihak ketiga yang penarikannya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut

perjanjian antara penyimpan dengan bank yang bersangkutan. Jatuh tempo deposito umumnya: • 1 bulan (jangka pendek) • 3 bulan • 6 bulan • 12 bulan (jangka panjang) • 18 bulan • 24 bulan Suku Bunga : Jika bank membutuhkan likuiditas yang relatif besar maka semakin lama jangka waktu deposito bunganya. Sebaliknya dalam kondisi longgar (ekonomi normal) tingkat suku bunga akan semakin kecil untuk deposito dengan jangka waktu semakin lama.
Apl. Akuntansi Perbankan 1

semakin

tinggi

tingkat

suku

Akuntansi Perbankan 2 . Apl. Perpanjangan Deposito Berjangka : 1. Perpanjangan Otomatis (Automatic Roll Over) Dilakukan atas permintaan Deposan yang sudah dbuat melalu pembukaan deposito.Deposito dijamin pemerintah bila suku bunga deposito tidak melebihi dari 150 % dari tingkat bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI). oleh karena itu pada umumnya bank mengenakan pinalty. Bunga Deposito : Nominal x % bunga 12 Penarikan Deposito Berjangka sebelum jatuh perjanjian pada saat tempo dapat mengganggu likuiditas bank. Perpanjangan Biasa Bila ada kesepakan antara Bank dengan Deposan pada saat jatuh tempo. 2.

Akuntansi Perbankan 3 . Jika Pinalty dihitung 20 % dari bunga sebelum pajak dengan pajak sebesar 20 %.000. Jangka waktu 6 bulan. Pinalty dihitung sekian persen tertentu dari nominal deposito. Deposito dibuka pada tanggal 31 Mei 2004.3 jenis pinalty yang umum : 1. Pinalty dihitung sekian persen tertentu dari bunga setelah pajak 3.000 . suku bunga 18 % pa. Berapakah besarnya bunga yang diterima oleh Joy ? Berapa pula besarnya bunga jika Pinalty dihitung 20 % dari bunga setelah pajak ? Dan berapa pula besarnya bunga jika Pinalty dihitung 1 % dari nominal deposito ? Apl. Pinalty dihitung sekian persen tertentu dari bunga sebelum pajak 2. Contoh : Joy memiliki deposito berjangka di Bank Niaga Idol Jakarta dengan nominal Rp 10. kemudian ditarik kembali pada tanggal 30 Juni 2004.

Akuntansi Perbankan 4 . (dapat diperdagangkan oleh masyarakat setelah mendapat ijin dari Bank Indonesia) Bunga sertifikat deposito diperhitungkan dan dibayarkan dimuka. Perbedaan dengan deposito berjangka adalah : Sertifikat deposito diterbitkan atas unjuk (pembawa). Nilai tunai sertifikat deposito : P x 360 --------------360 + ( i x t ) P = Nilai nominal sertifikat deposito i = Tingkat suku bunga sertifikat deposito t = Jangka waktu (dalam hari) Apl.SERTIFIKAT DEPOSITO Simpanan dana pihak ketiga / masyarakat dan terikat oleh jangka waktu (fixed time). sedangkan deposito berjangka diterbitkan atas tunjuk (nama).

Contoh : Tanggal 1 Mei 2004 Delon membeli sertifikat deposito seri A sebanyak 10 lembar @ Rp. dan pajak 20 %. 10.000.000 secara tunai pada bank Mitra Idol Jakarta. Akuntansi Perbankan 5 . Berapakah jumlah yang harus dibayar Delon untuk membuka sertifikat deposito tersebut ? Apl. Jangka waktu 3 bulan dengan suku bunga 20 % pa.