BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Islam adalah agama komprehensif (kaffah). Ajarannya menyentuh segala aspek kehidupan.

Termasuk di dalamnya tentang kebersihan. Tidak ada agama yang mengajarkan secara detil tentang kehidupan manusia kecuali Islam. Dalam Islam, kebersihan memiliki tempat yang sangat penting dalam ajarannya, hingga Rasulullah saw bersabda “Ath-Thuhur syathrul Iman” (kesucian itu adalah sebagian dari iman). Bahkan dalam kitab-kitab fiqih pun, para ulama selalu menempatkan “Bab Thaharah” (Bab tentang kesucian) pada bab pertama dalam kitab-kitab mereka. Kesucian dan kebersihan yang terdapat dalam islam mempunyai dua sisi; kebersihan fisik dan kebersihan batin. Kebersihan fisik kita dapat dilihat dari bagaimana suatu ibadah yang bercampur najis tidak dianggap sah. Dalam hal wudhu saja, kebersihan fisik menyentuh anggota tubuh yang vital. Sebab dalam wudhu, air akan membasuh lima panca indera manusia yang vital, seperti mata (indera penglihatan), hidung (indera penciuman), telinga (indera pendengaran), mulut dan lidah (indera perasa), dan kulit (indera peneyntuh). Demikian juga kewajiban mandi wajib bagi orang yang junub atau bersih dari haidh dan nifas. Belum lagi perintah sunnah mandi pada moment-moment penting berkumpul dengan manusia, seperti shalat jum’at, shalat id dan lain sebagainya.

B. Perumusan Masalah 1. Apa dan bagaimana hadist tentang kebersihan? 2. Bagaimana mengartikan hadist tentang kebersihan? 3. Bagaimana mepraktekkan prilaku bersih dalam kehidupan?

1

C. Untuk mengetahui cara mempraktekan prilaku bersih dalam kehidupan 2 . Untuk mengartikan hadist tentang kebersihan 3. Tujuan 1. Untuk mengetahui hadist tentang kebersihan 2.

: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci. karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Ia cinta kebersihan (HR Turmudzi) Sesungguhnya Islam itu bersih.Tentang membuang sampah dari jalan Buanglah duri/sampah dari jalan. hendaklah kamu mewujudkan kebersihan karena sesungguhnya tidak akan masuk sorga kecuali orang yang bersih (HR Khatib). Tirmizi)” 3 . Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan.BAB II PEMBAHASAN A. Agar kemampuan membaca siswa dapat meningkat dan lebih merata dalam satu kelas. Sesungguhnya hal demikian itu termasuk dari sidqahmu (sama dengan sidkah) (HR Bukhari). Dia Maha Indah yang menyukai keindahan. dari Rasulullah saw. Hadist tentang kebersihan Ada sejumlah hadist Rasulullah SAW yang menerangkan tentang betapa pentingnya kebersihan dan perlunya usaha mewujudkan kebersihan antara lain:     Kebersihan itu sebagian dari iman (HR Muslim) Agama itu dibangun diatas kebersihan (HR AI-Ghazali) Sesungguhnya Allah itu bersih. maka dalam kegiatan membaca hadits ini dilakukan dengan metode Hadits 1 tutor sebaya dengan tata cara sebagai berikut : Artinya : “Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya. Membaca Hadis Tentang Kebersihan. Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan.

maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat”. Muslim)” Hadits 3 Artinya : “Diriwayatkan Abu Hurairah r.” (HR.Hadits 2 Artinya : “Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata. dan Al Quran adalah pedoman bagimu.a. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan). dan sabar adalah sinar. Rasulullah saw. (HR Bukhari) 4 . dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi. dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita. dia berkata : Rasulullah saw bersabda : Jika aku tidak menjadikan berat umatku.

B. Mengartikan Hadist tentang Kebersihan Hadits 1 Hadits 2 5 .

yakni berpahala. kesucian. Jika kita melakukan sesuatu yang disukai oleh Allah SWT. tentu kita terdorong untuk melakukan hal-hal yang disukai oleh Allah SWT. dan tempat (lingkungannya) akan dapat merasakan hidup nyaman. Bagaimana arahan dari ajaran Islam tentang masalah kebersihan ? Rasulullah saw melalui berbagai haditsnya mengajarkan agar umat Islam menjadi pelopor dalam hal menjaga kebersihan. Baik kebersihan badan. Berikut ini merupakan kandungan hadis-hadis Rasulullah saw tersebut : Hadits 1 : 1.Hadits 3 Memahami Isi/Kandungan hadits tentang kebersihan Kebersihan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. lingkungan yang semrawut dan tidak indah itu tidak disukai oleh Allah SWT. Sebaliknya. Kebersihan. maupun lingkungan. sampah berserakan. Tiga hadis di atas merupakan sebagian dari hadis-hadis Rasulullah saw yang menyoroti masalah kebersihan. jorok. Sebaliknya. pakaian. Kotor. Dengan kata lain. pakaian. kotor dan jorok akan membawa banyak akibat buruk dalam kehidupan. Sebagai hamba yang taat. dan keindahan merupakan sesuatu yang disukai oleh Allah SWT. 6 . tentu mendapatkan nilai di hadapan-Nya. kalau orang menganggap remeh masalah kebersihan. pencemaran air dan banjir. Orang yang dapat menjaga kebersihan badan. maka akan merasa terganggu baik oleh penyakit maupun akibat buruk lain seperti polusi udara.

Dengan kata lain. maupun di lingkungan sekolah. keimanan seseorang akanmenjadi lengkap kalau dia dapat menjaga kebersihan. Rangkaian hadits semacam ini secara tidak langsung juga sebagai isyarat bahwa menjaga kebersihan adalah sangat penting dan utama sebagaimana keutamaan dari zikir.  Berzikit “Subhanallah walhamdulillah” pahalanya memenuhi kolong langit dan bumi. orang yang tidak dapat menjaga kebersihan berarti keimanannya masih belum sempurna. 7 . karena memang menjaga kebersihan gigi merupakan hal yang sangat penting. shadaqah. Secara tidak langsung hadis ini menandaskan bahwa kebersihan bagi umat Islam merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diterapkan. Bila kita dapat mewujudkan kebersihan dan keindahan.  Shalat itu cahaya bagi umat Islam  Shadaqah itu pelita bagi umat Islam  Sabar itu sinar bagi umat Islam  Dan Al Quran merupakan pedoman hidup umat Islam. maka kehidupan kita pasti terasa lebih nyaman. menata ruang kelas sehingga tampak indah dan nyaman. Dalam hadis mengenai kebersihan ini juga dirangkai dengan pernyataan Rasulullah sebagai berikut  Kebersihan sebagian dari iman  Berzikir dengan membaca “Alhamdulillah” itu memenuhi mizan (timbangan) amal baik kelak di hari kiamat. mulai dari membersihkan diri setiap hari. Dalam hadis yang ketiga ini Rasulullah saw sebenarnya ingin mewajibkan umat Islam untuk selalu menggosok gigi setiap hendak shalat. di lingkungan keluarga. membersihkan kelas. Hadits 3 : 1. Dalam hadis yang kedua dinyatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. masyarakat. 2.2. Untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan tersebut dapat dimulai dari diri kita sendiri. Maksudnya adalah. Bentuknya juga sangat bermacam-macam. shalat. dan sabar. Hadits 2 : 1.

Namun beliau khawatir jangan-jangan hal ini akan memberatkan umat Islam. Allah akan kebaikan di dunia dan di akhirat. 2. Cara untuk menjaga dan memelihara kesehatan gigi adalah dengan menggosoknya. Gigi yang kita miliki mempunyai fungsi yang sangat banyak. Nabi mewariskan doa untuk selalu bersih Ya Allah bersihkanlah aku dengan salju dan embun dan dengan air yang sejuk (HR Muslim). kecuali Allah memberikannya kepada orang tersebut (HR Abu Dawud). malaikat yang tidak ada henti-hentinya mendoa. Berkata : Rasulullah SAW telah melarang kencing di dekat pintu masjid (HR Dawud). C. Maka sesungguhnya tidak ada seorang 'abdi (muslim) yang tidur dalam keadaan bersih/suci kecuali tidur bersamanya. Gigi yang tidak sehat dapat mengakibatkan penyakit gigi dan bau mulut yang tidak sedap. Kesehatan gigi sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan. Bagaimana agar tidak terjadi? Tentu dengan rajin menggosok gigi. Orang yang tidak rajin menggosok gigi akan berakibat giginya tidak sehat. Dilarang buang air kecil di air yang tidak mengalir. Kedua hal ini tentu tidak kita inginkan. pada rambut-rambutnya. Tentang bersih sebelum tidur Tidak ada seorang Muslim yang tidur dalam keadaan sucit/bersih kemudian ia bangun (shalat malam) memohon kepada. Memelihara kebersihan ketika buang hajat Dari Makhul ra. Mempraktikan Prilaku Bersih dalam Kehidupan Tentang membersihkan badan Bersihkanlah badan. maka Allah akan membersihkan kamu. Ibnu Hibban). Dari Jubair ra dari Nabi 8 . (HR Thabrani. diantaranya untuk melumatkan makanan dan menjaga penampilan. Ya Allah ampunilah. abdimu ini karena sesungguhnya ia tidur dalam keadaan suci/bersih.

Maka sesungguhnya ia tidak tahu ke mana tangannya itu pada waktu ia tidur(Muttafaqun 'alaihi). (HR Ahmad. 9 . (HR Muslim. Tentang membersihkan masjid Dari A'isyah RA berkata : Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian. Tirmidzi. Karena umumnya azab kubur karena urusan buang air (HR Daruquthni). Ini sebagian kecil dari hadist-hadist Nabi SAW yang mengharuskan umat Islam gemar akan kebersihan dan berusaha mewujudkan kebersihan serta mengajak orang lain agar cinta kebersihan dan berusaha mewujudkan kebersihan.SAW. telah bersabda Rasulullah SAW Bersihkanlah (sesuatu) dari air kencing. Ibn Majah dan Nasai). Membersihkan tangan setelah tidur Dari Abi Huraerah. Dari Abi Huraerah RA 'sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : Seandainya tidak akan merepotkan ummatku. lbn Majah dan Abu Dawud). maka aku akan perintahkan kepada mereka untuk membersihkan gigi pada setiap akan shalat. sesungguhnya Nabi melarang kencing di air yang tidak mengalir. maka janganlah ia memasukkan tangannya kepada wadah (yang ada makanannya) sebelum ia mencucinya tiga kali. Membersihkan gigi Dari Ali bin Abi Thalib RA berkata telah bersabda Rasulullah SAW: Kalau seandainya tidak akan merepotkan ummatku. Rasul bersabda : Apabila salah seorang di antaramu bangun dari tidur. maka aku akan perintahkan kepada mereka membersihkan gigi pada setiap wudhu (HR Thabrani). (HR Bukhari dan Muslim). Perintah membersihkan air kencing Dari Anas RA berkata.

Seseorang akan sehat. pakaian. karena itu ia merupakan amanah yang menjadi kewajiban bagi setiap pribadi untuk menjaganya dengan memelihara kesehatan secara sungguh-sungguh. Islam adalah agama yang mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. pakaiannya bersih dan tempat yang dipakai pun dalam keadaan bersih. termasuk dalam hal ini yang berkaitan dengan kesehatan. Ini belum termasuk kebersihan yang diwajibkan terhadap seluruh badan atau pada anggota badan. Sisi-sisi kehidupan manusia sekecil apapun telah menjadi perhatian Islam. Islam mengajarkan prinsip-prinsip kesehatan. sebab kesehatan jasmani dan rohani menjadi syarat bagi tercapainya suatu kehidupan yang sejahtera di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Unsur kebersihan sangat terlihat ketika kita sedang mendirikan ibadah shalat mulai dari jasad kita (badan). Kesehatan sangat berkaitan erat dengan kebersihan. kebersihan dan kesucian lahir dan batin. Oleh karena itu tidak akan diterima shalatnya seorang muslim sehingga badannya bersih. Kebersihan yang wajib ini dalam Islam dilakukan dengan mandi dan wudhu'. jika selalu hidup bersih. dan tempatnya pun harus suci (bersih) dari najis.BAB III KESIMPULAN Islam sebagai Ad-Dien merupakan pedoman hidup yang mengatur dan membimbing manusia yang berakal untuk kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat. Ia merupakan nikmat dari Allah yang luar biasa nilainya. 10 . Antara kesehatan jasmani dengan kesehatan rohani merupakan kesatuan sistem yang terpadu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful