P. 1
Pemetaan

Pemetaan

|Views: 48|Likes:
Published by x_hukum

More info:

Published by: x_hukum on Nov 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2011

pdf

text

original

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK, DAN TAHAPAN BERPIKIR KELAS X Mata Pelajaran : MATEMATIKA

SK(*) KD (**) Tahapan Berpikir Indikator (***) Tahapan Berpikir Materi Pokok Pengembanga n Aturan pangkat, akar dan logaritma Ruang Lingku p Aljabar Alokasi Waktu

1.1 Menggunakan

Mengidentifikasi aturan pangkat, akar dan logaritma. C-3 Mengubah aturan pangkat, akar, dan logaritma Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

C-1

6x45

aturan pangkat, akar, dan logaritma

C-2 C-3 Manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma

1. Memeca hkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma

Aljabar 4x45

1.2Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma

Mengenal manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma C-3 Menjelaskan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma

C-1

C-2

C-3

1

3. C-2 Mengenal fungsi. 6x45 Aljabar 2 . Memeca hkan masalah yang berkaitan dengan fungsi. C-3 Mengenal fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. 2. Mengenal sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. C-1 Aljabar 3x45 2.2. Membedakan konsep fungsi.1Memahami konsep fungsi.Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat C-2 Grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.Menggunakan sifat dan aturan tentang C-3 Memahami fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. C-1 Konsep fungsi Aljabar 1x45 C-2 Memahami konsep fungsi. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. C-2 C-3 C-1 Sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.2. persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksa maan kuadrat 2.

2. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama an kuadrat aturan dan aturan dan C-2 C-3 Manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan Aljabar 4x45 C-3 Mengenal manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan C-1 persamaan dan pertidaksamaan.persamaan dan pertidaksama an kuadrat Memahami sifat dan tentang persamaan pertidaksamaan kuadrat. dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat Memahami manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan. Menggunakan sifat dan tentang persamaan pertidaksamaan kuadrat. C-2 C-3 3 .

5.6. C-2 C-3 C-4 C-5 C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya 2x45 Aljabar 4 . Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat. Menyelesaika n model matematika dari masalah yang berkaitan dengan C-6 Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat. Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat .Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat C-5 Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat. C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat.2. Aljabar 2x45 2.

Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat . 4x45 3. Mengenal sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel. Memecahka n masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan 3. Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat . C-2 C-3 C-4 C-5 C-6 C-1 Sistem persamaan linier dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.1Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan C-3 Aljabar 5 . Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat .persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat .

C-5 C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. Membedakan sistem persamaan linier dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel. Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. kuadrat dalam dua variabel. Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.pertidaksam aan satu variabel. C-2 C-3 C-4 C-5 6 . C-2 C-3 3. Menyelesaikan sistem persamaan linier dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel. Aljabar 2x45 Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

C-1 3. Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya . 4x45 Aljabar 7 . Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.4Menyelesaikan pertidaksama an satu variabel yang melibatkan bentuk C-3 Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear. C-2 C-3 C-4 C-5 C-6 C-1 Pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar. Mengenal pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar. Aljabar 2x45 C-6 Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar. Aljabar 2x45 Menjelaskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. 3. C-2 C-3 C-4 C-5 8 . Menjelaskan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar. C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.pecahan aljabar.5Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksama an satu variabel C-2 C-3 C-5 Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.

Mengenal pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau C-2 C-3 C-4 C-5 C-6 C-1 Pernyataan 2x45 9 . Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya. C-6 Mengenal model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Menggunak 4. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.3.1 Memahami C-2 Menjelaskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel. C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya. Aljabar 2x45 4.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksama an satu variabel dan penafsirannya .

dalam matematika dan ingkaran atau negasi Menjelaskan pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasi. 4. Mengenal pernyataan yang C-2 C-3 C-1 Pernyataan 4x45 10 . Logika 8x45 4. C-1 Nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.an logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasi. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.3. C-2 C-2 C-3 Mengenal nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.2. Membedakan pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasi. Logika negasi.Merumuskan C-5 Menjelaskan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

setara majemk. dengan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk Logika Membedakan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemk. Menguji pernyataan yang setara dengan pernyataan majemk. Logika C-3 Mengenal prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. C-2 C-3 C-4 C-5 4.pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk .4. Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemk. Menentukan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemk. Prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. C-1 6x45 11 .

persamaan. fungsi.Melakukan 5.1.Menjelaskan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan. persamaan dan identitas trigonometri. fungsi. C-1 Manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. Melakukan manipulasi aljabar dalam per hitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan. persamaan dan identitas trigonometri. C-2 C-3 12 . C-3 Mengenal manipulasi aljabar dalam per hitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan. persamaan dan identitas trigonometri. C-2 C-3 5. Menggunak an perbandinga n. fungsi. persamaan dan identitas trigonometri. persamaan dan identitas trigonometri. fungsi. Trigono metri 14x45 Menjelaskan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan. dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah. Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. fungsi.

persamaan dan identitas trigonometri. persamaan dan identitas trigonometri. Mengenal model matematika dari masa lah yang berkaitan dengan perbanding an fungsi. persamaan dan identitas trigonometri. persamaan dan identitas trigonometri. C-1 Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi.5. C-5 Mengenal model matematika dari masa lah yang berkaitan dengan perbanding an fungsi. Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. persamaan dan identitas trigonometri. persamaan dan identitas trigonometri. Memilih model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi.2. Menyelesaikan model C-6 Menjelaskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandinga n fungsi. Trigono metri 6x45 5. persamaan dan identitas trigonometri. persamaan C-2 C-3 C-4 C-5 C-1 Model matematika dari masalah yang 6x45 13 .3.

Menjelaskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. fungsi. persamaan dan identitas trigonometri. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. persamaan dan identitas trigonometri. persamaan dan identitas trigonometri .matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan. persamaan dan identitas trigonometri dan penafsirannya . Membedakan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. persamaan dan identitas trigonometri dan penafsirannya. Memilih model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan fungsi. dan identitas trigonometri. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan C-2 C-3 C-4 C-5 C-6 14 . persamaan dan identitas trigonometri. Trigono metri berkaitan dengan perbandingan fungsi.

Menjelaskan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga. 4x45 Menjelaskan kedudukan titik.1 Menentukan besar sudut kedudukan yang titik. Menetukan kedudukan. garis. Mengenal besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga. garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga. Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga. garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga. Mengenal jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga. garis. C-2 C-3 Jarak dari titik ke garis dan dari titik ke Dimensi bidang dalam Tiga ruang dimensi tiga. C-1 Kedudukan titik. garis.3. dalam ruang dan bidang dimensi tiga. dan 6. Menentukan kedudukan titik. persamaan dan identitas trigonometri dan penafsiran nya. garis. dan Dimensi bidang dalam Tiga ruang dimensi tiga. 6. Menentukan besar sudut antara garis C-3 15 .fungsi. melibatkan dan bidang titik. C-3 Mengidentifikasi kedudukan titik. jarak. C-3 C-1 10x45 C-2 C-3 C-1 Besar sudut antara garis dan Dimensi bidang dalam Tiga 6x45 6. 6. Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga. dalam ruang dimensi tiga.2. dan Bidang dalam ruang dimensi tiga.

dimensi Keterangan : * : Diambil ** : Diambil *** : Diambil *** : Diambil dari dari dari dari SK-KD SK-KD penjabaran SK-KD ke dalam indikator SI Jakarta.150 259 867 Sri Andayani NIP. Drs.dan bidang dalam ruang dimensi tiga Menjelaskan besar garis dan bidang dimensi tiga. Menentukan besar garis dan bidang dimensi tiga.Pd.Teguh Arminto M.131 874 775 16 . 29 April 2009 Kepala MAN 7 Jakarta. Guru Mata Pelajaran. sudut antara dalam ruang sudut antara dalam ruang C-2 C-3 ruang tiga. NIP.

17 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->