Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban

kita sebagai rakyat Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. A. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku B. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

HAK DAN KEWAJIBAN BANGSA INDONESIA DALAM UUD 1945. Sebelum kita lanjutkan, coba Anda ingat kembali pengertian hak dan kewajiban! Kita dapat bedakan pengertian hak dan kewajiban yaitu:

Hak adalah:

Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. hak mendapatkan pengajaran, hak mendapatkan nilai dari guru dan Contohnya: sebagainya Kewajiban Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. adalah: melaksanakan tata tertib di sekolah, membayar SPP atau Contohnya: melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaikbaiknya dan sebagainya. Sebagai warga negara yang baik kita wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajiban kita dengan tertib. Hak dan kewajiban warga negara diatur dalam UUD 1945 yang meliputi. a. Hak dan kewajiban dalam bidang politik

Pasal 27 ayat (1) menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemeritahan itu dengan tidak ada kecualinya”. Pasal ini menyatakan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu: 1. Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. 2. Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan.

Pasal 28 menyatakan, bahwa “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”. Arti pesannya adalah: 1. Hak berserikat dan berkumpul. 2. Hak mengeluarkan pikiran (berpendapat).

3. Kewajiban untuk memiliki kemampuan beroganisasi dan melaksanakan aturan-aturan lainnya, di antaranya: Semua organisasi harus berdasarkan Pancasila sebagai azasnya, semua media pers dalam mengeluarkan pikiran (pembuatannya selain bebas harus pula bertanggung jawab dan sebagainya) b. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya
• •

Pasal 31 ayat (1) menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”. Pasal 31 ayat (2) menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional, yang diatur dengan undangundang”. Pasal 32 menyatakan bahwa “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Arti pesan yang terkandung adalah: 1. Hak memperoleh kesempatan pendidikan pada segala tingkat, baik

2. 3. 4. 5. 6.

umum maupun kejuruan. Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah. Kewajiban mematuhi peraturan-peraturan dalam bidang kependidikan. Kewajiban memelihara alat-alat sekolah, kebersihan dan ketertibannya. Kewajiban ikut menanggung biaya pendidikan. Kewajiban memelihara kebudayaan nasional dan daerah.

Selain dinyatakan oleh pasal 31 dan 32, Hak dan Kewajiban warga negara tertuang pula pada pasal 29 ayat (2) yang menyatakan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Arti pesannya adalah: 7. Hak untuk mengembangkan dan menyempurnakan hidup moral keagamaannya, sehingga di samping kehidupan materiil juga kehidupan spiritualnya terpelihara dengan baik. 8. Kewajiban untuk percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. c. Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam

Pasal 30 menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. Arti pesannya:
o

bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pembelaan negara.

d Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi
• •

Pasal 33 ayat (1), menyatakan, bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan”. Pasal 33 ayat (2), menyatakan bahwa “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Pasal 33 ayat (3), menyatakan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat”. Pasal 34 menyatakan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”. Arti pesannya adalah: 1. Hak memperoleh jaminan kesejahteraan ekonomi, misalnya dengan tersedianya barang dan jasa keperluan hidup yang terjangkau oleh daya beli rakyat. 2. Hak dipelihara oleh negara untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar. 3. Kewajiban bekerja keras dan terarah untuk menggali dan mengolah berbagai sumber daya alam.

dan Anda sebagai warga negara wajib melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan . Selamat belajar! Sumber Formal Membina Keserasian Hidup | Nilai Moral yang Termuat dalam Budaya Selaras. Serasi dan Seimbang Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. apakah Anda sudah paham ? Jika Anda ingin lebih paham lagi. setelah selesai cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban pada bagian akhir modul.4. coba. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. tidak merugikan kepentingan orang lain. Anda buka UUD 1945. Anda telah selesai mempelajari kegiatan belajar 2. “Selamat” berarti Anda telah memahami materi kegiatan Belajar 2. Namun jika ada jawaban yang tidak cocok. Kewajiban dalam mengembangkan kehidupan ekonomi yang berazaskan kekeluargaan. 5. tentang “Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai sumber formal membina keserasian hidup”. A. simak baik-baik dan hafalkan pasal-pasal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. Untuk mengukur keberhasilan Anda belajar kerjakan tugas berikut. ulangi kembali untuk mempelajarinya. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Itulah hak dan kewajiban bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945. Nah. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. Bagaimana. Kewajiban membantu negara dalam pembangunan misalnya membayar pajak tepat waktu. terutama hal-hal yang belum Anda pahami. Jika jawaban Anda cocok.

seperti pegawai yang akan menerima gaji di awal bulan ketika sudah mengerjakan pekerjaannya. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. Kewajiban Untuk Mematuhi UUD 1945 Kewajiban untuk mematuhi UUD 1945 merupakan kewajiban yang paling dasar yang harus saya dan seluruh rakyat Indonesia . Contohnya. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. Begitu pula kita. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku B. daripada menuliskan hak apa yang akan saya dapatkan sebagai warga negara adalah karena menurut saya seseorang akan mendapatkan hak-nya ketika seseorang itu telah melaksanakan kewajibannya. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3. a. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. TUGAS KEWIRAAN DOSEN : SUHARSONO RAMA SUGIHARTO ( 06405009 ) FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI JAKARTA 2008 Apakah Hak dan Kewajiban Anda Sebagai Warga Negara Republik Indonesia ? ? Kewajiban Sebagai Warga Negara Alasan saya mengapa menuliskan kewajiban apa yang harus saya lakukan sebagai warga negara lebih dahulu. Setiap warga negara berkewajiban taat. Saya akan menjelaskan kewajiban apa saja yang harus saya lakukan pada Negara ini . Setiap warga negara bebas untuk memilih. khusus-nya saya sebagai warga negara Indonesia mempunyai kewajiban untuk membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini agar tidak terpecah belah. Saya memang masih berstatus sebagai mahasiswa.4. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. namun saya sadar bahwa saya mempunyai kewajiban untuk Negara saya ini. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7.

Bahkan teman saya ada yang sudah tidak hafal lagi Pancasila. Persatuan Indonesia iv. berbelanja di pusat perbelanjaan. Kewajiban Untuk Memahami Pancasila Kewajiban kedua yang harus di laksanakan karena Pancasila merupakan Ideologi bangsa Indonesia yang di cetuskan oleh bung Karno. Kewajiban Untuk Membayar Pajak Kewajiban ketiga yang harus di laksanakan oleh setiap warga Negara adalah kewajiban untuk membayar pajak. mulai dari gaji pegawai. rumah. Itu mungkin di karenakan pesatnya teknologi yang masuk ke Indonesia. Tanpa UUD 1945 Indonesia pasti akan kacau balau bagaikan kapal laut yang hilang arah di tengah lautan.lakukan karena UUD 1945 merupakan dasar dari seluruh peraturan yang ada di Indonesia. bahkan mungkin terkadang kita sering lupa untuk menyebutkan ke lima sila tersebut secara berurutan. tanpa adanya filter yang menyaring sehingga generasi muda lebih tertarik untuk mempelajari teknologi-teknologi baru yang ada di bandingkan mempelajari UUD 1945. Bagaimana jalanan di Indonesia tidak rusak. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Pancasila memang hanya ada 5 sila. pasti nanti lama kelamaan akan lupa dengan pancasila dan UUD 1945. Oleh sebab itu dengan mengikuti matakuliah ini saya ingin mengingat kembali apa isi dan makna yang terkadung di dalam UUD 1945 yang pernah saya pelajari ketika duduk di bangku SMA dulu. b. Oleh karena itu saya ingin mengulang kembali apa-apa saja yang pernah saya dapatkan di SMA mengenai pelajaran tentang Pancasila. Ketuhanan Yang Maha Esa ii. dll. Bagaimana tidak saya sebagai salah satu wajib pajak sudah merasakannya. c. dan sekarang akhirnya saya pun mengerti apa fungsinya. Memahami pancasila sangat penting karena Pancasila merupakan Ideologi Bangsa Indonesia. Saya sangat sadar bahwa penting sekali memahami UUD 1945 untuk menjalani hidup di Indonesia. karena setiap hujan mengguyur Indonesia . kendaraan. Dan ketika sekarang setelah saya sudah ada di bangku perkuliahan dimana sudah tidak wajib lagi untuk mengikuti upacara bendera. alinea ke 4 yang terdiri dari 5 sila. Namun saya akui pada saat sekarang ini banyak generasi muda yang sudah tidak menghiraukan apa isi dan makna yang terkandung di dalam UUD 1945. Jangankan untuk memahami arti dari Pancasila. Namun saat ini saya agak ragu dengan pendistribusian hasil pajak yang tidak transparan dan ada kemungkinan KKN yang terjadi dalam BUMN yang mengurusi masalah perpajakan di Indonesia. yaitu : i. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap iii. listrik. Pajak merupakan salah satu sumber pemasukan Negara yang paling besar jumlahnya. termasuk saya. Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan v. tanah. karena dengan upacara tersebut para peserta upacara dapat selalu mendengar isi dari Pancasila dan UUD 1945 yang pasti selalu di kumandangkan saat upacara bendera. saat ini banyak jalan-jalan raya yang rusak parah padahal seharusnya pemerintah memperhatikan hal yang seperti ini. dan ada yang lebih parah lagi teman saya juga ada yang sudah tidak hafal lagi lagu Indonesia Raya yang “Notabene-nya” merupakan lagu kebangsaan Negara Indonesia. Menurut saya fungsi dari upacara bendera tersebut adalah untuk tetap mengingat jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang tidak di dapat dengan mudah dan fungsi yang paling penting adalah untuk mengingatkan apa isi dari Pancasila dan UUD 1945. Karena setiap hal yang kita lakukan pasti akan di kenai pajak. Dulu waktu SMA saya selalu berfikir apa fungsi dari upacara bendera yang di lakukan setiap hari senin pagi. Tesk Pancasila terdapat di pembukaan UUD 1945. namun untuk memahami arti sebenarnya dari ke lima sila tersebut bukanlah hal yang mudah.

padahal setiap bulannya tagihan listrik selalu di bayar. Karena sebagian besar jalanan di Indonesia di lapisi dengan aspal yang dapat terkikis jika terlalu lama terendam oleh air dan terkena gesekan-gesekan ban kendaraan yang melewati genangan tersebut. Namun tidak mungkin menuliskan semuanya selain sangat banyak. Untuk itu saya sebagai generasi muda akan mempersiapkan mental bila suatu waktu hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di Negara tercinta ini. ? Hak Sebagai Warga Negara Setelah saya menjelaskan kewajiban apa saja yang harus saya lakukan pada Negara ini. Mungkin itu baru sedikit saja dari kewajiban yang seharusnya di lakukan. d. Oleh karena itu kemacetan pun terjadi ketika semua kendaraan itu bertemu ketika jam berangkat dan pulang kantor.hampir dapat di pastikan jalanan di genangi oleh air. tepat-nya di blok Ambalat. Alasan yang sering di berikan dari perusahaan yang mengelola listrik di Indonesia adalah kurangnya pasokan listrik karena pembangkit listrik yang ada sedang rusak. Terakhir pajak yang di ambil dari kendaraan. Seharusnya dari pihak kepolisian membatasi jumlah kendaraan ini. Dan pernah juga adanya perebutan pulau yang berada di perbatasan. Bahkan untuk mempertahankannya waktu itu pihak TNI sampai menurunkan beberapa pesawat tempur-nya untuk berpatroli di atas perairan Ambalat. Belum lagi listrik yang sering padam. Dan menurut saya pengelolaan pajak di Negara ini belum membuat warganya yang sudah membayar menjadi puas karena tidak adanya transparansi. sebaiknya seluruh kewajiban sebagai warga Negara di pahami dan di laksanakan. Pajak yang satu ini seperti pajak yang paling besar pemasukan-nya di Indonesia. Lalu pernah juga kita kehilangan dua pulau yang sebenarnya ada di dalam wilayah Negara kita yaitu pulau Sipadan dan Ligitan. . banyak kesenian dari Indonesia yang di klaim oleh Negara lain kesenian tersebut berasal dari Negara-nya. Namun mungkin sebagai generasi muda amat penting memahami kewajiban yang satu ini. Itulah beberapa dari kewajiban saya sebagai warga Negara yang harus saya lakukan. khusus-nya kendaraan roda dua. maka sebagai generasi muda kita wajib untuk mempertahankan Negara ini sebagaimana yang di lakukan oleh para pahlawan dahulu yang dengan susah payah merebut kemerdekaan dari para penjajah. Kewajiban ini merupakan kewajiban yang mungkin belum sepenuhnya saya lakukan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena jika suatu saat nanti keadaan Negara menjadi tidak terkendali karena adanya ulah campur tangan pihak asing. Seperti yang sering terjadi belakangan ini. Padahal sudah jelas-jelas kesenian itu sudah ada puluhan tahun yang lalu di Indonesia. karena masih ada banyak lagi kewajiban yang harus di lakukan oleh warga Negara untuk Negara-nya. Kewajiban Untuk Mempertahankan Negara / Bela Negara Kewajiban terakhir yang harus di laksanakan oleh setiap warga Negara adalah kewajiban untuk mempertahankan negara / bela negara. padahal harusnya sebagai penyedia jasa perusahaan itu sudah memikirkan alternatif apa yang harus di lakukan jika terjadi kerusakan seperti itu karena sebagai konsumen itu tidak mau mendapatkan alasan apapun karena konsumen telah membayar untuk mendapatkan apa yang telah di bayarkan-nya. Karena potensi wisata yang cukup baik di pulau tersebut maka Negara lain pun tertarik untuk memiliki kedua pulau tersebut dan akhirnya Negara itu pun berhasil mendapatkan kedua pulau tersebut. karena kendaraan di Indonesia khusus-nya di Jakarta sudah melewati batas jumlahanya. Mungkin pada saat ini penjajahan di Indonesia tidak ada lagi namun kita harus waspada setiap waktu.

hanya orang-orang yang mampu saja yang dapat menikmati pendidikan. Contohnya seperti yang terjadi di Irian Jaya (sekarang Papua). Tetapi yang jadi masalah hampir dari setengah lapangan pekerjaan tersebut sudah di tempati oleh pekerja-pekerja asing yang sumber daya manusia (SDM)-nya lebih baik dari pada sumber daya manusia Indonesia. itu di karenakan tambang tersebut di kelola oleh perusahaan asing (Freeport) yang tentunya perusahaan tersebut menggunakan pekerja-pekerja asing yang ahli dalam bidang pertambangan. yang seharusnya pendidikan itu tidak memerlukan biaya. itu karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan berlimpah dengan sumber daya alam. Seluruh anggaran pendidikan sudah di tanggung oleh Negara. namun kenyataan-nya saat ini pendidikan di Indonesia menjadi sesuatu yang sangat mahal. Indonesia saat ini justru menanggung hutang dari luar negeri yang jumlahnya tidak sedikit. Hak Untuk Mendapatkan Pendidikan Yang Layak Hak untuk mendapatkan pendidikan merupakan hak yang paling penting dan yang semestinya paling utama di dapatkan oleh warga suatu Negara. tetapi itu di karenakan pekerja Indonesia tersebut telah menuntut ilmu di luar negeri.sekarang saya akan menjelaskan hak-hak apa saja yang semestinya saya dapatkan sebagai warga Negara Indonesia : a. Tetapi ironis-nya di Indonesia justru tidak seperti itu. di sana terdapat tambang emas yang di klaim terbesar di dunia. b. Memang saya akui SDM pekerja-pekerja dari luar tersebut jauh di atas SDM pekerja-pekerja dari Indonesia. Padahal jika kita dapat mengelola tambang tersebut sendiri bukan tidak mungkin Negara Indonesia ini sudah dapat mensejahterakan warganya. Sedangkan di Negara-negara lain pendidikan sudah di berikan secara cuma-cuma tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. contohnya Negara tetangga kita Malaysia. jangankan untuk menanggung seluruh anggaran pendidikan. tetapi ironisnya hasil dari tambang tersebut tidak bisa di nikmati oleh bangsa Indonesia. namun mungkin itu juga di sebabkan oleh faktor bidang pendidikan di Indonesia yang kurang memadai sehingga SDM pekerjapekerja Indonesia masih berada di bawah SDM pekerja-pekerja asing. yang pada saat ini masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. padahal seharusnya pemerintah memikirkan hal tersebut. Hak Untuk Merasa Nyaman dan Aman Hak ketiga yang harus di berikan Negara kepada warganya setelah dua hak yang telah saya sebutkan di atas adalah hak untuk . Memang ada pekerja Indonesia yang SDM-nya sama dengan SDM pekerja asing. Namun di Negara Indonesia ini hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi warga-nya masih sangat jauh dari kata “Layak”. Hak Untuk Mendapatkan Pekerjaan Hak kedua yang juga harus di penuhi oleh Negara untuk warganya setelah hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak adalah hak untuk mendapatkan pekerjaan. Lalu bagaimana Negara Indonesia ini bisa maju kalau anak-anak bangsanya saja masih kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah. itu pun dengan mengeluarkan biaya yang sangat banyak jika ingin mendapatkan pendidikan yang baik dan tentunya jika ingin mendapatkan pendidikan yang layak maka di perlukan biaya yang lebih banyak lagi untuk mendapatkan hal tersebut. c. Itu di karenakan di Negara Indonesia pendidikan sudah menjadi “komoditi perdagangan”. Di Indonesia sebenarnya banyak terdapat lapangan pekerjaan. Di Malaysia warganya sudah sangat sejahtera. Oleh sebab itu saya berharap ketika lulus nanti saya akan segera dapat mencari pekerjaan dalam bidang yang saya kuasai. dan semoga pada saat itu dunia kerja Indonesia sedang membutuhkan pekerja-pekerja baru untuk menggantikan pekerja-pekerja asing yang sekarang telah menguasai dunia kerja di Indonesia.

mabuk-mabukan. Mungkin masih banyak lagi hal yang semestinya di benahi oleh pemerintah. Bahkan di dekat rumah saya ada jalanan yang terletak di depan kantor pemerintahan yang hancur bagaikan terkena bom atom. Oleh karena itu menurut pendapat saya.merasa nyaman dan aman. halte. terminal. Karena keluar dari rumah saja saya sudah merasakan bagaimana tidak nyamannya berjalan dengan kendaraan karena adanya jalanan yang rusak di mana-mana. yang dapat di akses melalui Internet. Banyak kerusakan di sana-sini yang awalnya hanya rusak sedikit saja karena di biarkan akhirnya jadi rusak semua. kendaraan pribadi bahkan di dalam pusat perbelajaan sekalipun yang dari segi keamanan-nya. Lalu ada lagi kendaraan-kendaraan umum yang seharusnya sudah “Di Museumkan” masih ada saja yang beroperasi. ketika berada di tempat umum terkadang saya sering merasa cemas akan terjadinya tindak kriminal di sekitar saya. dll. Amien. Oleh karena itu saya sangat menyambut gembira dengan sikap pemerintah yang proaktif memblokir segala sesuatu yang negatif. elabuhan. namun itu memang sulit untuk di benahi karena saya saja . hiburan yang dia adakan di panggung-panggung bahkan yang sedang popular sekarang ini adalah media Internet yang sangat sering menyajikan aksi pornografi dan pornoaksi. Contohnya saja. Apa lagi itu di dukung oleh tayangan-tayangan di media elektronik. yaitu dengan melakukan kriminalitas seperti. stasiun. bahkan bandara sekalipun yang menjadi pintu keluar masuk antar Negara yang perawatan-nya sangat tidak mencerminkan suatu Negara berkembang yang ingin maju. Semua itu di lakukan hanya karena alasan untuk “Urusan Perut”. jika saja pendidikan di Indonesia dapat di tingkatkan bukan tidak mungkin kejahatan yang banyak terjadi akhir-akhir ini di Indonesia dapat di tekan bahkan jika mungkin di hilangkan sama sekali dari muka bumi Indonesia. baik itu pendidikan formal maupun pendidikan informal. Namun ada juga orang yang melakukan hal itu hanya untuk bersenang-senang seperti. menodong. merampok. Padahal pajak yang sudah saya bayar selama ini tidak sedikit. yaitu pendidikan dan pekerjaan. dll. media cetak. Hak Untuk Menikmati Infrastruktur Hak yang ke empat adalah Hak Untuk Menikmati Infrastruktur. Tapi mengapa saya masih belum bisa menikmati hasil dari pajak yang saya bayarkan tersebut. Bayangkan saja di manapun tempatnya tindak kriminal dapat terjadi. Di Indonesia sekarang ini sudah sangat tidak nyaman untuk berjalan-jalan. Belum lagi tempat-tempat umum seperti. Tetapi jika orang tersebut sudah putus asa dan lelah untuk mencari pekerjaan maka orang tersebut mungkin akan mengambil jalan pintas. Karena jika sejak dari awal ada orang yang tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya di dapatkan-nya tentu saja dunia kerja tidak akan bisa menerima orang yang tidak memiliki keahlian atau ketrampilan yang hanya bisa di dapat saat orang tersebut mendapatkan pendidikan. Di Indonesia pada saat ini merasa nyaman dan aman adalah hal yang sangat sulit untuk di dapatkan. Mau tidak mau dia harus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya tersebut. baik itu di dalam angkutan umum. terlebih lagi jika seseorang itu telah memiliki keluarga. Apakah itu potret dari Negara Indonesia yang sejak sekolah dasar kita di ajarkan untuk bersih dan rapih karena kebersihan itu sebagian dari iman. Di lihat-nya saja sudah tidak enak apalagi jika di naiki pasti sangat tidak nyaman berada di dalamnya. Ada satu hal lagi yang membuat saya lebih cemas. Yang di sebabkan oleh moral orang-orang Indonesia yang sudah mulai “Bobrok”. banyaknya pelecehan seksual yang akhir-akhir ini terjadi. d. Menurut saya itu semua mempunyai kaitan yang erat dengan dua masalah yang telah saya bahas sebelumnya. Lalu setelah orang tersebut sulit untuk mendapatkan pekerjaan maka orang tersebut akan melakukan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. berjudi.

namun lihatlah sekarang KKN sudah dapat di hilangkan oleh Negara itu. sebelum mereka melakukan tindak kejahatan seperti korupsi. terkadang hukuman di Indonesia sering di rasakan tidak adil. Penjelasan saya di atas merupakan hal-hal yang memang jarang untuk di bicarakan dalam keseharian saya. karena yang di curi-nya sangat jauh lebih banyak dari yang di curi oleh pencuri beras tersebut. karena jika ada masalah baru yang datang kita tidak akan bingung untuk menyelesaikan masalah yang mana terlebih dahulu”. Namun hukuman seperti itu di Indonesia masih sulit di terapkan karena terganjal urusan HAM (Hak Asasi Manusia). seperti yang terjadi pada kasus BLBI (Bantuan Liquiditas Bank Indonesia). “Apakah keadilan sudah sangat sulit di temui di dunia ini?”. membenahi Jakarta saja yang di sebut Ibu Kota Negara Indonesia saja sulit sekali karena banyak-nya masalah yang terjadi. Hal itu sungguh sangat sulit untuk di atasi jika tidak ada hukumannya yang membuat seseorang yang akan melakukan suatu kejahatan merasa jera. Namun saya sangat ingin memahami lagi hak dan terutama kewajiban . Hak Untuk Mendapatkan Keadilan Hukum Hak terakhir yang menurut saya harus di dapatkan oleh warga Negara selain ke-empat hal di atas adalah hak untuk mendapatkan keadilan hukum. dll. Lalu ada lagi hukuman yang di terapkan di Negara Arab Saudi. Jangankan untuk membenahi Indonesia. Apakah itu dapat di katakan adil ? Seharusnya si koruptor di hukum minimal hukuman seumur hidup dan maksimal di hokum dengan hukuman mati. e. Menurut saya pada saat ini hak untuk mendapatkan keadilan di Indonesia sudah sangat sulit untuk di dapatkan. Tetapi coba kita pikirkan lagi. itu di sebabkan oleh bobroknya sistem dan badan-badan hukum yang ada di Indonesia. Mungkin ini pelajaran yang dapat saya ambil dari hal tersebut. kalau bisa di selesaikan sekarang segeralah di selesaikan. Hal-hal seperti ini yang dapat membuat saya menggelengkan kepala dan bertanya. di Negara itu jika seseorang terbukti melakukan suatu tindak kejahatan. Hukuman-hukuman seperti itulah yang seharusnya di terapkan di Indonesia ini agar para pelaku kejahatan merasakan “Efek Jera”. apakah para koruptor sempat memikirkan HAM rakyat-rakyat Indonesia yang lain saat mereka membawa lari uang Negara yang tentu saja itu adalah uang rakyat Indonesia. karena keadilan sangat sulit untuk di dapatkan di dunia ini. Jika seorang koruptor yang mencuri uang rakyat Triliyun-an Rupiah hanya di penjara sekitar kurang lebih 5 sampai dengan 10 tahun tapi mengapa seorang pencuri beras di suatu toko yang mencuri karena hanya ingin memberi makan keluarganya yang kelaparan karena belum makan selama 3 hari bisa di hukum kurang lebih sama seperti si koruptor. Sebagai contoh yang baru saja terjadi. “Jangan pernah menumpuk masalah. seorang Jaksa yang menerima suap dari seorang tersangka korupsi yang telah menggelapkan uang negara yang jumlahnya tidak sedikit. misalnya mencuri.bingung untuk mulai dari mana membenahi Negara Indonesia ini. Satu contoh lagi. menurut saya hukuman seperti itu sahsah saja di terapkan di Indonesia. 12 tahun yang lalu di Negara tersebut praktek KKN bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan. Mungkin hanya tuhan yang dapat memberikan keadilan hukuman di hari akhir nanti. Jadi. Itu di karenakan praktek KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) sudah mendarah daging pada bangsa Indonesia. Contohnya seperti di Negara RRC (Republik Rakyat Cina). pencurian. Maka orang tersebut akan menerima hukuman pancung. Itu semua karena adanya hukuman yang apabila seseorang terbukti melakukan KKN maka orang tersebut akan di hukum gantung dan di saksikan oleh seluruh rakyat.

. Hak merupakan sesuatu yang layak di terima oleh setiap manusia. Untuk memastikan data ada atau tidak silahkan login di download area. Pasal 27. mengeluarkan pikiran dengan lisan. 28. • • click link 4378 clicks Untuk dapat merequest file lengkap yang dilampirkan pada setiap judul. ayat (1). Pasal 28. Hak selalu beriringan dengan kewajiban-kewajiban. Semua Special Member dapat mendownload data yang ada di download area. Terima Kasih. dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. Hak asasi manusia adalah sesuatu yang diberikan oleh Tuhan dari sejak lahir. NB: Ada kemungkinan beberapa data belum ada filenya. dan hak untuk mendapat pengajaran. yaitu sebagai berikut. Pada ayat (2). dan 30. hak memeluk agama. Dan pada ayat (2). 27. ayat (1). karena dikirim oleh member biasa dan masih menunggu konfirmasi dari member yang bersangkutan. taip-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. 1. negara. Pasal 26. syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang. wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. 2. Pemahaman hak dan kewajiban telah dicantumkan dalam UUD 1945 pasal 26. klik Register untuk menjadi free member di Indoskripsi. anda harus menjadi special member. kemerdekaan berserikat dan berkumpul.apa lagi sebagai warga Negara khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang belum saya tuliskan. dan kehidupan sosial. ini merupakan sesuatu yang harus kita lakukan bagi bangsa. 3. segala warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahannya. yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undangsebagai warga negara. Seperti mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Hak dan kewajiban ini adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun . akan tetapi sering terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang. yang menetapkan bahwa hak warga negara dan penduduk untuk berserikat dan berkumpul. Mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan materi daripada memikirkan rakyat. yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. maka tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. Sudah sangat jelas bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Para pejabat dan pemerintah hanya mengobar janji manis kepada rakyat untuk mendapatkan haknya. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi. Semua itu terjadi karena pemerintah dan para pejabat tinggi lebih banyak mendahulukan hak daripada kewajiban. Padahal menjadi seorang pejabat itu tidak cukup hanya memiliki pangkat akan tetapi mereka berkewajiban untuk memikirkan diri sendiri. Dan ayat (2) menyatakan pengaturan lebih lanjut diatur dengan undangundang. sampai saat ini masih banyak rakyat yang belum mendapatkan haknya. Olek karena itu. kita sebagai warga negara yang berdemokrasi harus bangun dari mimpi kita yang buruk ini dan merubahnya untuk mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. akan tetapi pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Karena para pejabat tidak akan pernah merubahnya. hak dan kewajiban di Indonesia ini tidak akan pernah seimbang.4. Jika keadaannya seperti ini. Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Sebagaimana telah ditetapkan dalam UUD 1945 pada pasal 28. Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Pasal 30. Akan tetapi. hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Akan tetapi. Apabila masyarakat tidak bergerak untuk merubahnya. Jika keseimbangan itu tidak ada akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. ayat (1). walaupun rakyat banyak menderita karena hal ini.

dan sebagainya. Setiap warga negara bebas untuk memilih. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali.Ditulis oleh kanguwes | HAM | | & Komentar Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Ilmu PPKn : Pendidikan Kewarganegaraan / PMP : Pendidikan Moral Pancasila Sat. 15/07/2006 . November 21. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. Mari kita katakan pada para pejabat dan pemerintah untuk bersiap-siap hidup setara dengan kita. Yaitu dengan menjalankan hak-hak dan kewajiban dengan seimbang. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia . 2007 . Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4.9:08pm — godam64 Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Pasal ini mebcerminkan bahwa negara Indonesia bersifat demokrasi. Mari kita menjunjung bangsa Indonesia ini kepada kehidupan yang lebih baik dan maju. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku B. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. syarat-syarat akan diatur dalam undang-undang. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6.tulisan. Dengan memperhatikan rakyat-rakyat kecil yang selama ini kurang mendapat kepedulian dan tidak mendapatkan hak-haknya. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. A. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2.

membayar SPP atau Contohnya: melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaikbaiknya dan sebagainya. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. bahwa “Tiap-tiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemeritahan itu dengan tidak ada kecualinya”. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”.1. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik • pmp dan ppkn HAK DAN KEWAJIBAN BANGSA INDONESIA DALAM UUD 1945. adalah: melaksanakan tata tertib di sekolah. hak mendapatkan nilai dari guru dan Contohnya: sebagainya Kewajiban Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Arti pesannya adalah: . Sebagai warga negara yang baik kita wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajiban kita dengan tertib. coba Anda ingat kembali pengertian hak dan kewajiban! Kita dapat bedakan pengertian hak dan kewajiban yaitu: Hak adalah: Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. a. Pasal ini menyatakan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban. 2. Hak dan kewajiban warga negara diatur dalam UUD 1945 yang meliputi. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. yaitu: 1. Hak dan kewajiban dalam bidang politik • Pasal 27 ayat (1) menyatakan. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3. • Pasal 28 menyatakan. bahwa “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. Setiap warga negara berkewajiban taat. hak mendapatkan pengajaran. Sebelum kita lanjutkan. Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan.

Hak memperoleh kesempatan pendidikan pada segala tingkat. Kewajiban untuk percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 2. Kewajiban untuk memiliki kemampuan beroganisasi dan melaksanakan aturan-aturan lainnya. Kewajiban memelihara alat-alat sekolah. di antaranya: Semua organisasi harus berdasarkan Pancasila sebagai azasnya. Hak mengeluarkan pikiran (berpendapat). Kewajiban ikut menanggung biaya pendidikan. 5. Arti pesannya: o bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pembelaan negara. Kewajiban mematuhi peraturan-peraturan dalam bidang kependidikan. kebersihan dan ketertibannya. yang diatur dengan undangundang”. Hak untuk mengembangkan dan menyempurnakan hidup moral keagamaannya. . 4. baik umum maupun kejuruan. Selain dinyatakan oleh pasal 31 dan 32. Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah. 8. 3. Hak dan Kewajiban warga negara tertuang pula pada pasal 29 ayat (2) yang menyatakan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Pasal 32 menyatakan bahwa “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”.1. Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam • Pasal 30 menyatakan. 6. Kewajiban memelihara kebudayaan nasional dan daerah. bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. 3. semua media pers dalam mengeluarkan pikiran (pembuatannya selain bebas harus pula bertanggung jawab dan sebagainya) b. sehingga di samping kehidupan materiil juga kehidupan spiritualnya terpelihara dengan baik. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya • • • Pasal 31 ayat (1) menyatakan. Arti pesan yang terkandung adalah: 1. Pasal 31 ayat (2) menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional. Hak berserikat dan berkumpul. c. 2. Arti pesannya adalah: 7. bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”.

Pasal 33 ayat (2). Hak memperoleh jaminan kesejahteraan ekonomi. 2. Kewajiban membantu negara dalam pembangunan misalnya membayar pajak tepat waktu. Hak dipelihara oleh negara untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar. menyatakan. apakah Anda sudah paham ? Jika Anda ingin lebih paham lagi. Jika jawaban Anda cocok. Pasal 34 menyatakan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”. Itulah hak dan kewajiban bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945. Arti pesannya adalah: 1. bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan”. . Kewajiban bekerja keras dan terarah untuk menggali dan mengolah berbagai sumber daya alam. tidak merugikan kepentingan orang lain. Anda telah selesai mempelajari kegiatan belajar 2. Bagaimana. simak baik-baik dan hafalkan pasal-pasal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara Indonesia. coba. Nah. tentang “Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai sumber formal membina keserasian hidup”. dan Anda sebagai warga negara wajib melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. 4. Anda buka UUD 1945. “Selamat” berarti Anda telah memahami materi kegiatan Belajar 2. menyatakan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat”. Namun jika ada jawaban yang tidak cocok. Kewajiban dalam mengembangkan kehidupan ekonomi yang berazaskan kekeluargaan. setelah selesai cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban pada bagian akhir modul. ulangi kembali untuk mempelajarinya. misalnya dengan tersedianya barang dan jasa keperluan hidup yang terjangkau oleh daya beli rakyat. menyatakan bahwa “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. terutama hal-hal yang belum Anda pahami. Selamat belajar! HAK DAN KEWAJIBAN BANGSA INDONESIA DALAM UUD 1945. 3. 5.d Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi • • • • Pasal 33 ayat (1). Pasal 33 ayat (3). Untuk mengukur keberhasilan Anda belajar kerjakan tugas berikut.

coba Anda ingat kembali pengertian hak dan kewajiban! Kita dapat bedakan pengertian hak dan kewajiban yaitu: Hak adalah: Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Arti pesannya adalah: 1. Kewajiban untuk memiliki kemampuan beroganisasi dan melaksanakan aturan-aturan lainnya. yang diatur dengan undangundang”. membayar SPP atau Contohnya: melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan sebaikbaiknya dan sebagainya. Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan. semua media pers dalam mengeluarkan pikiran (pembuatannya selain bebas harus pula bertanggung jawab dan sebagainya) b. • Pasal 28 menyatakan. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya • • Pasal 31 ayat (1) menyatakan. Hak dan kewajiban warga negara diatur dalam UUD 1945 yang meliputi. adalah: melaksanakan tata tertib di sekolah. bahwa “Tiap-tiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemeritahan itu dengan tidak ada kecualinya”.Sebelum kita lanjutkan. yaitu: 1. . 2. Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. Hak berserikat dan berkumpul. bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”. di antaranya: Semua organisasi harus berdasarkan Pancasila sebagai azasnya. hak mendapatkan nilai dari guru dan Contohnya: sebagainya Kewajiban Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. 2. Sebagai warga negara yang baik kita wajib membina dan melaksanakan hak dan kewajiban kita dengan tertib. 3. a. Pasal ini menyatakan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”. hak mendapatkan pengajaran. bahwa “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. Pasal 31 ayat (2) menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional. Hak dan kewajiban dalam bidang politik • Pasal 27 ayat (1) menyatakan. Hak mengeluarkan pikiran (berpendapat).

menyatakan. Kewajiban memelihara alat-alat sekolah. menyatakan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat”. c. Kewajiban untuk percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Hak memperoleh kesempatan pendidikan pada segala tingkat. d Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi • • • • Pasal 33 ayat (1). kebersihan dan ketertibannya. sehingga di samping kehidupan materiil juga kehidupan spiritualnya terpelihara dengan baik. 4. 3. Kewajiban ikut menanggung biaya pendidikan. 8. Kewajiban memelihara kebudayaan nasional dan daerah. Arti pesannya adalah: 7. baik umum maupun kejuruan. Hak dan Kewajiban warga negara tertuang pula pada pasal 29 ayat (2) yang menyatakan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. menyatakan bahwa “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Pasal 34 menyatakan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”. bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. 5. 6. Hak memperoleh jaminan kesejahteraan ekonomi. Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah. Pasal 33 ayat (2).• Pasal 32 menyatakan bahwa “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Arti pesannya adalah: 1. Pasal 33 ayat (3). 2. Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam • Pasal 30 menyatakan. Arti pesannya: o bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pembelaan negara. Kewajiban mematuhi peraturan-peraturan dalam bidang kependidikan. Arti pesan yang terkandung adalah: 1. bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan”. misalnya dengan tersedianya barang dan jasa keperluan hidup yang terjangkau oleh daya . Selain dinyatakan oleh pasal 31 dan 32. Hak untuk mengembangkan dan menyempurnakan hidup moral keagamaannya.

apakah Anda sudah paham ? Jika Anda ingin lebih paham lagi. 2008 by syadiash. Nah. 5. Hak dipelihara oleh negara untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar. coba. Selamat belajar! Sumber Formal Membina Keserasian Hidup | Nilai Moral yang Termuat dalam Budaya Selaras. tentang “Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai sumber formal membina keserasian hidup”. setelah selesai cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban pada bagian akhir modul. 4. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Untuk mengukur keberhasilan Anda belajar kerjakan tugas berikut. Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Anda buka UUD 1945. Kewajiban dalam mengembangkan kehidupan ekonomi yang berazaskan kekeluargaan. Kewajiban membantu negara dalam pembangunan misalnya membayar pajak tepat waktu. 3. simak baik-baik dan hafalkan pasal-pasal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara Indonesia. tidak merugikan kepentingan orang lain. terutama hal-hal yang belum Anda pahami. dan Anda sebagai warga negara wajib melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. “Selamat” berarti Anda telah memahami materi kegiatan Belajar 2. ulangi kembali untuk mempelajarinya. Serasi dan Seimbang | Hak Dan Kewajiban warga Negara Aug 11th. Namun jika ada jawaban yang tidak cocok. . Anda telah selesai mempelajari kegiatan belajar 2. Jika jawaban Anda cocok.beli rakyat. Itulah hak dan kewajiban bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945. 2. Kewajiban bekerja keras dan terarah untuk menggali dan mengolah berbagai sumber daya alam. Bagaimana.

Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1.org Posted August 27th. Setiap warga negara bebas untuk memilih. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku B. Thank’s for Organisasi. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6. Setiap warga negara berkewajiban taat. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. A. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. 2008 by manamusugi • Kewarganegaraan TUGAS KEWIRAAN DOSEN : SUHARSONO RAMA SUGIHARTO ( 06405009 ) FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI JAKARTA .Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia 1.

seperti pegawai yang akan menerima gaji di awal bulan ketika sudah mengerjakan pekerjaannya. Tesk Pancasila terdapat di pembukaan UUD 1945. Kewajiban Untuk Memahami Pancasila Kewajiban kedua yang harus di laksanakan karena Pancasila merupakan Ideologi bangsa Indonesia yang di cetuskan oleh bung Karno. karena dengan upacara tersebut para peserta upacara dapat selalu mendengar isi dari Pancasila dan UUD 1945 yang pasti selalu di kumandangkan saat upacara bendera. Namun saya akui pada saat sekarang ini banyak generasi muda yang sudah tidak menghiraukan apa isi dan makna yang terkandung di dalam UUD 1945. Kewajiban Untuk Mematuhi UUD 1945 Kewajiban untuk mematuhi UUD 1945 merupakan kewajiban yang paling dasar yang harus saya dan seluruh rakyat Indonesia lakukan karena UUD 1945 merupakan dasar dari seluruh peraturan yang ada di Indonesia. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap iii. yaitu : i. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Pancasila memang hanya ada 5 sila. Dulu waktu SMA saya selalu berfikir apa fungsi dari upacara bendera yang di lakukan setiap hari senin pagi. Contohnya. namun untuk memahami arti sebenarnya dari ke lima sila tersebut bukanlah hal yang mudah. tanpa adanya filter yang menyaring sehingga generasi muda lebih tertarik untuk mempelajari teknologi-teknologi baru yang ada di bandingkan mempelajari UUD 1945. Saya sangat sadar bahwa penting sekali memahami UUD 1945 untuk menjalani hidup di Indonesia. Oleh sebab itu dengan mengikuti matakuliah ini saya ingin mengingat kembali apa isi dan makna yang terkadung di dalam UUD 1945 yang pernah saya pelajari ketika duduk di bangku SMA dulu. Saya akan menjelaskan kewajiban apa saja yang harus saya lakukan pada Negara ini . dan sekarang akhirnya saya pun mengerti apa fungsinya. Itu mungkin di karenakan pesatnya teknologi yang masuk ke Indonesia. Oleh karena itu saya ingin mengulang kembali apa-apa saja yang pernah saya dapatkan di SMA mengenai pelajaran tentang Pancasila. Jangankan untuk memahami arti dari Pancasila. daripada menuliskan hak apa yang akan saya dapatkan sebagai warga negara adalah karena menurut saya seseorang akan mendapatkan hak-nya ketika seseorang itu telah melaksanakan kewajibannya. Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan v. Menurut saya fungsi dari upacara bendera tersebut adalah untuk tetap mengingat jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang tidak di dapat dengan mudah dan fungsi yang paling penting adalah untuk mengingatkan apa isi dari Pancasila dan UUD 1945. Begitu pula kita. Persatuan Indonesia iv.2008 Apakah Hak dan Kewajiban Anda Sebagai Warga Negara Republik Indonesia ? ? Kewajiban Sebagai Warga Negara Alasan saya mengapa menuliskan kewajiban apa yang harus saya lakukan sebagai warga negara lebih dahulu. b. Tanpa UUD 1945 Indonesia pasti akan kacau balau bagaikan kapal laut yang hilang arah di tengah lautan. Saya memang masih berstatus sebagai mahasiswa. termasuk saya. khusus-nya saya sebagai warga negara Indonesia mempunyai kewajiban untuk membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini agar tidak terpecah belah. Ketuhanan Yang Maha Esa ii. pasti nanti lama kelamaan akan lupa dengan . a. Dan ketika sekarang setelah saya sudah ada di bangku perkuliahan dimana sudah tidak wajib lagi untuk mengikuti upacara bendera. bahkan mungkin terkadang kita sering lupa untuk menyebutkan ke lima sila tersebut secara berurutan. alinea ke 4 yang terdiri dari 5 sila. namun saya sadar bahwa saya mempunyai kewajiban untuk Negara saya ini.

tanah. d. Kewajiban Untuk Mempertahankan Negara / Bela Negara Kewajiban terakhir yang harus di laksanakan oleh setiap warga Negara adalah kewajiban untuk mempertahankan negara / bela negara. listrik. Namun mungkin sebagai generasi muda amat penting memahami kewajiban yang satu ini. Lalu pernah juga kita kehilangan dua pulau yang sebenarnya ada di dalam wilayah Negara kita yaitu pulau Sipadan dan Ligitan. rumah. Seharusnya dari pihak kepolisian membatasi jumlah kendaraan ini. Seperti yang sering terjadi belakangan ini. Mungkin pada saat ini penjajahan di Indonesia tidak ada lagi namun kita harus waspada setiap waktu. c. karena kendaraan di Indonesia khusus-nya di Jakarta sudah melewati batas jumlahanya. dan ada yang lebih parah lagi teman saya juga ada yang sudah tidak hafal lagi lagu Indonesia Raya yang “Notabene-nya” merupakan lagu kebangsaan Negara Indonesia. Padahal sudah jelas-jelas kesenian itu sudah ada puluhan tahun yang lalu di Indonesia. Pajak yang satu ini seperti pajak yang paling besar pemasukan-nya di Indonesia. khusus-nya kendaraan roda dua. Terakhir pajak yang di ambil dari kendaraan. Karena jika suatu saat nanti keadaan Negara menjadi tidak terkendali karena adanya ulah campur tangan pihak asing. mulai dari gaji pegawai. Belum lagi listrik yang sering padam. berbelanja di pusat perbelanjaan. Alasan yang sering di berikan dari perusahaan yang mengelola listrik di Indonesia adalah kurangnya pasokan listrik karena pembangkit listrik yang ada sedang rusak. Namun saat ini saya agak ragu dengan pendistribusian hasil pajak yang tidak transparan dan ada kemungkinan KKN yang terjadi dalam BUMN yang mengurusi masalah perpajakan di Indonesia. Bahkan teman saya ada yang sudah tidak hafal lagi Pancasila. Kewajiban ini merupakan kewajiban yang mungkin belum sepenuhnya saya lakukan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena setiap hal yang kita lakukan pasti akan di kenai pajak. Pajak merupakan salah satu sumber pemasukan Negara yang paling besar jumlahnya. Dan menurut saya pengelolaan pajak di Negara ini belum membuat warganya yang sudah membayar menjadi puas karena tidak adanya transparansi. maka sebagai generasi muda kita wajib untuk mempertahankan Negara ini sebagaimana yang di lakukan oleh para pahlawan dahulu yang dengan susah payah merebut kemerdekaan dari para penjajah. Memahami pancasila sangat penting karena Pancasila merupakan Ideologi Bangsa Indonesia. kendaraan. . saat ini banyak jalan-jalan raya yang rusak parah padahal seharusnya pemerintah memperhatikan hal yang seperti ini. Oleh karena itu kemacetan pun terjadi ketika semua kendaraan itu bertemu ketika jam berangkat dan pulang kantor. dll. padahal harusnya sebagai penyedia jasa perusahaan itu sudah memikirkan alternatif apa yang harus di lakukan jika terjadi kerusakan seperti itu karena sebagai konsumen itu tidak mau mendapatkan alasan apapun karena konsumen telah membayar untuk mendapatkan apa yang telah di bayarkan-nya. Bagaimana tidak saya sebagai salah satu wajib pajak sudah merasakannya. Kewajiban Untuk Membayar Pajak Kewajiban ketiga yang harus di laksanakan oleh setiap warga Negara adalah kewajiban untuk membayar pajak. banyak kesenian dari Indonesia yang di klaim oleh Negara lain kesenian tersebut berasal dari Negara-nya. Bagaimana jalanan di Indonesia tidak rusak.pancasila dan UUD 1945. karena setiap hujan mengguyur Indonesia hampir dapat di pastikan jalanan di genangi oleh air. padahal setiap bulannya tagihan listrik selalu di bayar. Karena sebagian besar jalanan di Indonesia di lapisi dengan aspal yang dapat terkikis jika terlalu lama terendam oleh air dan terkena gesekan-gesekan ban kendaraan yang melewati genangan tersebut.

tepat-nya di blok Ambalat. padahal seharusnya pemerintah memikirkan hal tersebut. namun kenyataan-nya saat ini pendidikan di Indonesia menjadi sesuatu yang sangat mahal. contohnya Negara tetangga kita Malaysia. di sana terdapat tambang emas yang di klaim terbesar di dunia. Namun tidak mungkin menuliskan semuanya selain sangat banyak. tetapi ironisnya hasil dari tambang tersebut tidak bisa di nikmati oleh bangsa Indonesia. Di Indonesia sebenarnya banyak terdapat lapangan pekerjaan. karena masih ada banyak lagi kewajiban yang harus di lakukan oleh warga Negara untuk Negara-nya. Mungkin itu baru sedikit saja dari kewajiban yang seharusnya di lakukan. Tetapi yang jadi masalah hampir dari setengah lapangan pekerjaan tersebut sudah di tempati oleh pekerja-pekerja asing yang sumber daya manusia (SDM)-nya lebih baik dari pada sumber daya manusia Indonesia. tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah. Namun di Negara Indonesia ini hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi warga-nya masih sangat jauh dari kata “Layak”. Hak Untuk Mendapatkan Pekerjaan Hak kedua yang juga harus di penuhi oleh Negara untuk warganya setelah hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak adalah hak untuk mendapatkan pekerjaan. b. sebaiknya seluruh kewajiban sebagai warga Negara di pahami dan di laksanakan. Bahkan untuk mempertahankannya waktu itu pihak TNI sampai menurunkan beberapa pesawat tempur-nya untuk berpatroli di atas perairan Ambalat. hanya orang-orang yang mampu saja yang dapat menikmati pendidikan. Dan pernah juga adanya perebutan pulau yang berada di perbatasan. Seluruh anggaran pendidikan sudah di tanggung oleh Negara.Karena potensi wisata yang cukup baik di pulau tersebut maka Negara lain pun tertarik untuk memiliki kedua pulau tersebut dan akhirnya Negara itu pun berhasil mendapatkan kedua pulau tersebut. Sedangkan di Negara-negara lain pendidikan sudah di berikan secara cuma-cuma tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Lalu bagaimana Negara Indonesia ini bisa maju kalau anak-anak bangsanya saja masih kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Hak Untuk Mendapatkan Pendidikan Yang Layak Hak untuk mendapatkan pendidikan merupakan hak yang paling penting dan yang semestinya paling utama di dapatkan oleh warga suatu Negara. Itu di karenakan di Negara Indonesia pendidikan sudah menjadi “komoditi perdagangan”. itu di karenakan tambang tersebut di kelola oleh perusahaan asing (Freeport) yang tentunya perusahaan tersebut . Di Malaysia warganya sudah sangat sejahtera. itu pun dengan mengeluarkan biaya yang sangat banyak jika ingin mendapatkan pendidikan yang baik dan tentunya jika ingin mendapatkan pendidikan yang layak maka di perlukan biaya yang lebih banyak lagi untuk mendapatkan hal tersebut. Tetapi ironis-nya di Indonesia justru tidak seperti itu. ? Hak Sebagai Warga Negara Setelah saya menjelaskan kewajiban apa saja yang harus saya lakukan pada Negara ini. jangankan untuk menanggung seluruh anggaran pendidikan. sekarang saya akan menjelaskan hak-hak apa saja yang semestinya saya dapatkan sebagai warga Negara Indonesia : a. yang seharusnya pendidikan itu tidak memerlukan biaya. Untuk itu saya sebagai generasi muda akan mempersiapkan mental bila suatu waktu hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di Negara tercinta ini. Contohnya seperti yang terjadi di Irian Jaya (sekarang Papua). itu karena Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan berlimpah dengan sumber daya alam. Itulah beberapa dari kewajiban saya sebagai warga Negara yang harus saya lakukan. Indonesia saat ini justru menanggung hutang dari luar negeri yang jumlahnya tidak sedikit.

merampok. Memang saya akui SDM pekerja-pekerja dari luar tersebut jauh di atas SDM pekerja-pekerja dari Indonesia. Tetapi jika orang tersebut sudah putus asa dan lelah untuk mencari pekerjaan maka orang tersebut mungkin akan mengambil jalan pintas. dll. Oleh karena itu saya sangat menyambut gembira dengan sikap pemerintah yang proaktif memblokir segala sesuatu yang negatif. Namun ada juga orang yang melakukan hal itu hanya untuk bersenang-senang seperti. Bayangkan saja di manapun tempatnya tindak kriminal dapat terjadi. Contohnya saja. baik itu pendidikan formal maupun pendidikan informal. banyaknya pelecehan seksual yang akhir-akhir ini terjadi. Di Indonesia sekarang ini sudah sangat tidak nyaman untuk berjalan-jalan.menggunakan pekerja-pekerja asing yang ahli dalam bidang pertambangan. Memang ada pekerja Indonesia yang SDM-nya sama dengan SDM pekerja asing. Yang di sebabkan oleh moral orang-orang Indonesia yang sudah mulai “Bobrok”. dan semoga pada saat itu dunia kerja Indonesia sedang membutuhkan pekerja-pekerja baru untuk menggantikan pekerja-pekerja asing yang sekarang telah menguasai dunia kerja di Indonesia. yaitu pendidikan dan pekerjaan. . mabuk-mabukan. berjudi. Hak Untuk Menikmati Infrastruktur Hak yang ke empat adalah Hak Untuk Menikmati Infrastruktur. menodong. Semua itu di lakukan hanya karena alasan untuk “Urusan Perut”. baik itu di dalam angkutan umum. yang pada saat ini masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. c. yang dapat di akses melalui Internet. Oleh sebab itu saya berharap ketika lulus nanti saya akan segera dapat mencari pekerjaan dalam bidang yang saya kuasai. namun mungkin itu juga di sebabkan oleh faktor bidang pendidikan di Indonesia yang kurang memadai sehingga SDM pekerjapekerja Indonesia masih berada di bawah SDM pekerja-pekerja asing. yaitu dengan melakukan kriminalitas seperti. ketika berada di tempat umum terkadang saya sering merasa cemas akan terjadinya tindak kriminal di sekitar saya. d. Padahal jika kita dapat mengelola tambang tersebut sendiri bukan tidak mungkin Negara Indonesia ini sudah dapat mensejahterakan warganya. terlebih lagi jika seseorang itu telah memiliki keluarga. media cetak. Karena jika sejak dari awal ada orang yang tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya di dapatkan-nya tentu saja dunia kerja tidak akan bisa menerima orang yang tidak memiliki keahlian atau ketrampilan yang hanya bisa di dapat saat orang tersebut mendapatkan pendidikan. Menurut saya itu semua mempunyai kaitan yang erat dengan dua masalah yang telah saya bahas sebelumnya. kendaraan pribadi bahkan di dalam pusat perbelajaan sekalipun yang dari segi keamanan-nya. Amien. hiburan yang dia adakan di panggung-panggung bahkan yang sedang popular sekarang ini adalah media Internet yang sangat sering menyajikan aksi pornografi dan pornoaksi. Lalu setelah orang tersebut sulit untuk mendapatkan pekerjaan maka orang tersebut akan melakukan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu menurut pendapat saya. Ada satu hal lagi yang membuat saya lebih cemas. Hak Untuk Merasa Nyaman dan Aman Hak ketiga yang harus di berikan Negara kepada warganya setelah dua hak yang telah saya sebutkan di atas adalah hak untuk merasa nyaman dan aman. dll. Di Indonesia pada saat ini merasa nyaman dan aman adalah hal yang sangat sulit untuk di dapatkan. Mau tidak mau dia harus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya tersebut. Apa lagi itu di dukung oleh tayangan-tayangan di media elektronik. jika saja pendidikan di Indonesia dapat di tingkatkan bukan tidak mungkin kejahatan yang banyak terjadi akhir-akhir ini di Indonesia dapat di tekan bahkan jika mungkin di hilangkan sama sekali dari muka bumi Indonesia. tetapi itu di karenakan pekerja Indonesia tersebut telah menuntut ilmu di luar negeri.

terkadang hukuman di Indonesia . Jadi. di Negara itu jika seseorang terbukti melakukan suatu tindak kejahatan. “Jangan pernah menumpuk masalah. Mungkin ini pelajaran yang dapat saya ambil dari hal tersebut. menurut saya hukuman seperti itu sahsah saja di terapkan di Indonesia. seorang Jaksa yang menerima suap dari seorang tersangka korupsi yang telah menggelapkan uang negara yang jumlahnya tidak sedikit. Namun hukuman seperti itu di Indonesia masih sulit di terapkan karena terganjal urusan HAM (Hak Asasi Manusia). sebelum mereka melakukan tindak kejahatan seperti korupsi. pencurian. membenahi Jakarta saja yang di sebut Ibu Kota Negara Indonesia saja sulit sekali karena banyak-nya masalah yang terjadi. itu di sebabkan oleh bobroknya sistem dan badan-badan hukum yang ada di Indonesia. Padahal pajak yang sudah saya bayar selama ini tidak sedikit. stasiun. Satu contoh lagi. Banyak kerusakan di sana-sini yang awalnya hanya rusak sedikit saja karena di biarkan akhirnya jadi rusak semua. namun itu memang sulit untuk di benahi karena saya saja bingung untuk mulai dari mana membenahi Negara Indonesia ini. Lalu ada lagi hukuman yang di terapkan di Negara Arab Saudi. misalnya mencuri. bahkan bandara sekalipun yang menjadi pintu keluar masuk antar Negara yang perawatan-nya sangat tidak mencerminkan suatu Negara berkembang yang ingin maju. e. Lalu ada lagi kendaraan-kendaraan umum yang seharusnya sudah “Di Museumkan” masih ada saja yang beroperasi. 12 tahun yang lalu di Negara tersebut praktek KKN bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan. apakah para koruptor sempat memikirkan HAM rakyat-rakyat Indonesia yang lain saat mereka membawa lari uang Negara yang tentu saja itu adalah uang rakyat Indonesia. Belum lagi tempat-tempat umum seperti. Maka orang tersebut akan menerima hukuman pancung. Tetapi coba kita pikirkan lagi. kalau bisa di selesaikan sekarang segeralah di selesaikan. namun lihatlah sekarang KKN sudah dapat di hilangkan oleh Negara itu. Hukuman-hukuman seperti itulah yang seharusnya di terapkan di Indonesia ini agar para pelaku kejahatan merasakan “Efek Jera”. karena jika ada masalah baru yang datang kita tidak akan bingung untuk menyelesaikan masalah yang mana terlebih dahulu”. elabuhan. dll. Jangankan untuk membenahi Indonesia. Sebagai contoh yang baru saja terjadi. Tapi mengapa saya masih belum bisa menikmati hasil dari pajak yang saya bayarkan tersebut. Itu semua karena adanya hukuman yang apabila seseorang terbukti melakukan KKN maka orang tersebut akan di hukum gantung dan di saksikan oleh seluruh rakyat. terminal. Di lihat-nya saja sudah tidak enak apalagi jika di naiki pasti sangat tidak nyaman berada di dalamnya. seperti yang terjadi pada kasus BLBI (Bantuan Liquiditas Bank Indonesia). Mungkin masih banyak lagi hal yang semestinya di benahi oleh pemerintah.Karena keluar dari rumah saja saya sudah merasakan bagaimana tidak nyamannya berjalan dengan kendaraan karena adanya jalanan yang rusak di mana-mana. Bahkan di dekat rumah saya ada jalanan yang terletak di depan kantor pemerintahan yang hancur bagaikan terkena bom atom. Apakah itu potret dari Negara Indonesia yang sejak sekolah dasar kita di ajarkan untuk bersih dan rapih karena kebersihan itu sebagian dari iman. Menurut saya pada saat ini hak untuk mendapatkan keadilan di Indonesia sudah sangat sulit untuk di dapatkan. Contohnya seperti di Negara RRC (Republik Rakyat Cina). Itu di karenakan praktek KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) sudah mendarah daging pada bangsa Indonesia. Hal itu sungguh sangat sulit untuk di atasi jika tidak ada hukumannya yang membuat seseorang yang akan melakukan suatu kejahatan merasa jera. Hak Untuk Mendapatkan Keadilan Hukum Hak terakhir yang menurut saya harus di dapatkan oleh warga Negara selain ke-empat hal di atas adalah hak untuk mendapatkan keadilan hukum. halte.

karena yang di curi-nya sangat jauh lebih banyak dari yang di curi oleh pencuri beras tersebut. saat membuka acara. Namun saya sangat ingin memahami lagi hak dan terutama kewajiban apa lagi sebagai warga Negara khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang belum saya tuliskan. serta dapat mempelajari bagaimana cara membangun tim yang baik dan solid. Jika seorang koruptor yang mencuri uang rakyat Triliyun-an Rupiah hanya di penjara sekitar kurang lebih 5 sampai dengan 10 tahun tapi mengapa seorang pencuri beras di suatu toko yang mencuri karena hanya ingin memberi makan keluarganya yang kelaparan karena belum makan selama 3 hari bisa di hukum kurang lebih sama seperti si koruptor. Apakah itu dapat di katakan adil ? Seharusnya si koruptor di hukum minimal hukuman seumur hidup dan maksimal di hokum dengan hukuman mati. ketua pelaksana pelatihan. karena keadilan sangat sulit untuk di dapatkan di dunia ini. Penjelasan saya di atas merupakan hal-hal yang memang jarang untuk di bicarakan dalam keseharian saya. Terima Kasih. “Apakah keadilan sudah sangat sulit di temui di dunia ini?”. Pelatihan Peta Bakat : Meningkatkan Assessment Diri untuk Membangun Tim yang Solid niken Senin.Dalam rangka rekrutmen anggota baru Batalyon I. ujar Anggit. 12 . 08:50:18 BANDUNG. Mungkin hanya tuhan yang dapat memberikan keadilan hukuman di hari akhir nanti. Minggu(11/5) di Ruang Kuliah B Gedung BSC B lantai 3. Resimen Mahasiswa mengadakan pelatihan "Membangun Tim yang Solid : Menemukan Potensi Bakat dan Kekuatan diri" dengan pembicara Abah Rama Royani.id .Mei .sering di rasakan tidak adil. Pelatihan ini diadakan supaya peserta dapat mengetahui potensi yang terdapat dalam diri masing-masing. Hal-hal seperti ini yang dapat membuat saya menggelengkan kepala dan bertanya. .ac. itb.2008.

peserta mengisi Strength Cluster untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri masing-masing. Trackback . dan mensyukuri bekal yang kita punya dengan cara melatih dan memanfaatkan potensi dalam diri kita. yang disebut sebagai keberhasilan mencapai cita-cita dan keberhasilan mencapai tugas. karena apabila kita memilih jalan yang salah. Acara ditutup dengan presentasi mengenai rekrutmen Resimen Mahasiswa Batalyon I. dan sudah ada pada diri kita sejak awal. sudut pandang. Apabila kita memiliki asumsi yang salah. maka tindakan yang diambil seseorang pun akan salah. cita-cita merupakan keinginan masa mendatang yang ingin dicapai dan diri kita sendiri yang menciptakannya. dimana di dalam satu tim setiap orang memiliki tugas masing-masing sesuai kekuatan dan kemampuannya. lanjut beliau. setiap orang harus punya komitmen dengan potensi yang dimiliki. Acara dilanjutkan dengan simulasi membentuk sebuah tim yang solid. ada jalan dan cara. kita telah diberi bekal untuk oleh Sang Pencipta untuk menjalankan tugas. yang utama adalah memilih jalan yang benar.Abah Rama memulai pembicaraan dengan melemparkan pertanyaan mengenai paradigma. atau asumsi. amanah. dan mencari bakat atau talenta yang sesuai dengan diri masing-masing. Perbedaan dari cita-cita dan tugas adalah." tutur Abah Rama. Sesi berikutnya. Paradigma dapat diartikan sebagai pola pikir. Jalan menuju kesuksesan antara lain dengan mengerjakan segalanya dengan ikhlas. "Intinya dalam tim itu. ujar Abah Rama. akan sulit menemukan kesuksesan itu. Berikutnya disampaikan mengenai kesuksesan. sedangkan tugas adalah alasan keberadaan kita. Sebagai manusia. bekerja keras. Untuk mencapai kesuksesan.

Moment Assesment dan Perenungan Desember 31. Walau begitu kita akan menyeleksi mana ingatan yang memperoleh penekanan dan mana yang tidak. kita sendirilah yang sebenarnya menyekat waktu dalam sekatan-sekatan parsialisme yang dibuat manusia berdasarkan tanda-tanda yang . Otak manusia butuh seleksi memory atas segala kejadian yang terjadi secara terus menerus.itb.• Trackback URI:http://www. sebenarnya kita mengalami pergantian setiap harinya. Jawa. Walau begitu pergantian tahun bukanlah satu-satunya pergantian waktu yang terjadi dalam hidup kita. Cina. Momen dibutuhkan manusia untuk mengingatkan tangga-tangga kehidupan yang dilalui di mana stressing dilakukan oleh otak. dalam hitungan masehi tahun baru kali ini menjadi sebuah penanda bahwa kita telah baru saja melalui 360 hari dan menuju 360 hari yang lain. fase tertentu dalam hidup itu kemudian dikenal sebagai momen.ac. setiap satu menit kita telah mengalami pergantian dari detik pertama ke detik ke-60 lalu kembali ke detik pertama berikutnya. semuanya mengalami pergantian menuju sesuatu yang terus saja membaharu. Otak kita akan merekam apa saja yang pernah berkelebat dan dirasakan oleh indera dan akan terekam dengan kadar tertentu (jadi tidak ada lost memory seperti perkiraan sebagian pihak). Sebuah pergantian yang tak akan pernah surut ke belakang. Momen di mana kita mengganti kalender di rumah kita dan memulainya dari bulan pertama. Tahun baru adalah salah satu momen yang diperingati manusia setiap pergantian tahun. mana yang dianggap penting dan mana yang dianggap sebagai hal yang biasa saja. Arab hingga hitungan Masehi seperti yang banyak dipakai orang saat sekarang ini. Layaknya anak-anak tangga yang membentuk tangga secara utuh maka begitu pula manusia membutuhkan pengingat sebagai anak-anak tangga dalam setiap fase kehidupan yang dijalani. Setiap peradaban manusia mempunyai hitungannya sendiri. Salah satu cara untuk memperoleh penekanan adalah dengan menciptakan momen-momen berdasar perhitungan-perhitungan yang pernah dihasilkan peradaban Indonesia. Mereka mempunyai hitungan tahunnya sendiri dengan kalkulasinya sendiri berdasarkan ukuran dan permulaannya sendiri. Akan tetapi satu yang sering dilupakan oleh orang yaitu kesadaran bahwa waktu adalah sesuatu yang holistik bukan parsial. mulai dari peradaban Mesir kuno.id/news/trackback/20 Tahun Baru. Prosesi tahun baru menandai proses pergantian tahun menuju sebuah hitungan yang baru dimulai dari tanggal satu dan bulan ke satu. Letak momen pergantian tahun baru sebenarnya adalah bagaimana kita memandang pergantian itu sendiri. setiap satu jam kita mengalami pergantian dari menit pertama ke menit ke-60 lalu kembali menghitung dari menit pertama lagi. 2008 · Tinggalkan sebuah Komentar Manusia butuh penanda atas kehidupannya yang mereka sebut fase.

Akan tetapi satu hal yang harus diingat. Bukankah telah disebutkan oleh pepatah. Titik Lecut Tahun baru hendaklah menjadi momen melecut diri sendiri untuk berbuat lebih baik lagi. tiada pula suatu kesalahan jika kita mau memperbaikinya. mereka punya permulaannya sendiri untuk memulai menghitung. Sebuah perenungan yang akan mengantarkan kita pada kebermaknaan hidup. Karena apalah artinya tahun baru jika dengan perayaan yang over. . Tak hal yang mustahil dalam hidup. tidak layak kita puas atas apa yang telah kita lakukan dan berleha diri atasnya.”gajah mati meninggalkan gading. Jika tahun masehi ditandai dengan kelahiran Al-Masih Isa. harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan budi”. sekarang adalah tahun baru tapi tidak demikian halnya dengan mereka yang memakai kalender hijriah. Alam tetaplah alam apa adanya.dilihat pada alam. dan kebernilaian adalah salah satu bentuk kesempurnaan hidup bagi manusia. hendaklah pesta tidaklah diadakan secara berlebihan (over) apalagi melanggar norma-norma kesusilaan sehingga merugikan diri sendiri. selama orang mau berusaha jalan pasti ada. dari itu tidak satupun agama melarang umatnya dari bersenang-senang dalam batas-batas tertentu. di tahun yang baru kita mendapati semua menjadi buruk saat mata terbuka. sedangkan kesempurnaan itu sendiri adalah kebermanfaatan diri kita bagi semua. Bukti akan hal ini adalah bagi kita yang menganut tahun masehi. adapun tahun Cina dimulai sejak ribuah tahun lebih lama daripada kedua kelender yang disebut terlebih dahulu. Momen Perenungan (Muhasabah) Yang tak boleh dilewatkan dari momen tahun baru ini adalah perenungan atas apa yang telah kita perbuat dalam satu tahun yang telah dilalui dan bagaimana seharusnya kita melalui tahun yang baru dengan tekad menjadi lebih baik dan bermakna. maka kalender Hijriah dimulai dengan hijrahnya Nabi Muhammad. Bukankah merugi bagi mereka yang menjalani hari ini sama dengan kemarin. Mereka punya hitunghitungannya sendiri atas tanda yang diberikan alam. kebermanfaatan diri bagi diri. sesama dan lingkungannya. tidak pula mereka yang memakai kelender Jawa ataupun tahun imlek. Tidak peduli bagaimana caranya karena kehidupan akan mengajari kita bagaimana caranya. berjalan sebagaimana ia seharusnya berjalan. celaka bagi yang menjalani hari ini lebih buruk dari kemarin dan orang yang beruntung adalah mereka yang menjalani hari ini lebih baik dari kemarin dan sebelumnya. tanpa kebermaknaan hidup yang kita pegang dan tebarkan pada sesama tentu hidup kita akan jauh dari kebernilaian. Merayakan tahun baru dengan pesta dan bersenang-senang bukanlah hal yang terlarang karena mendekati kesenangan dan menjauhi kesedihan adalah sifat dasar manusia. saat semuanya sudah terjadi sasal tentu tiada arti.

Kategori: Cangkruan · Renungan · pemikiran . Hendaklah hari depan ditatap dengan optimis karena kita telah melihat hari ini dan telah menjalani hari kemarin. lebih bermakna lagi.Pesta dan kesenangan pada momen tahun baru juga hendaklah bukan kebahagiaan sesaat yang saat kita terbangun dari tidur semuanya kembali gelap dan penuh dengan setumpuk masalah yang seakan tak terselesaikan dalam 360 hari ke depan. Tahun baru hendaklah menjadi titik lecut untuk membangun diri lebih baik lagi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful