PERBEDAAN PANCASILA DAN AGAMA

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila

Disusun oleh: Lina Zaenabu Maria Angelita Maria Wina R. Metha Ryzqha Mutia Febri N. G0109046 G0109047 G0109048 G0109049 G0109050

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2009

Kemudian setelah itu. B. Agama dianut oleh tiap-tiap individu menurut kepercayaannya masing-masing.BAB I PENDAHULUAN A. Namun. Dimana agama itu sendiri merupakan kepercayaan terhadap Tuhan pencipta langit dan bumi. Oleh karena itu melalui makalah ini penulis akan menjelaskan mengenai perbedaan antara pancasila dan agama. TUJUAN . Hal ini tentu erat kaitannya dengan agama. Di dalam pancasila yakni dalam silanya yang pertama berisi tentang hal mengenai Ketuhanan Yang Maha Esa. pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup dan dasar negara. apakah pada kenyataannya pancasila yang dianggap sebagai pandangan hidup tersebut selalu sejalan dengan agama ataukah memiliki beberapa perbedaan. LATAR BELAKANG MASALAH Pada tanggal 1 juni 1945 pancasila lahir melalui pidato Bung Karno di depan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. RUMUSAN MASALAH Apakah pengertian pancasila? Bagaimana Sila Ketuhanan Yang Maha Esa? Bagaimana butir – butir pancasila sila pertama? Apakah pengertian agama? Apakah perbedaan pancasila dengan agama ? C.

BAB II PEMBAHASAN .Mengetahui pengertian pancasila Memahami sila Ketuhanan Yang Maha Esa Memahami butir – butir pancasila sila pertama Mengetahui pengertian agama Memahami perbedaan pancasila dan agama D. Metode Penulisan Pada makalah ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang bersumber dari data-data di internet dan buku-buku yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti.

PENGERTIAN PANCASILA Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu pañca berarti lima dan śila berarti prinsip atau asas. Pandangan hidup merupakan kristalisasi dari nilainilai yang dijunjung tinggi dan dianggap paling baik dan bijaksana untuk dijadikan patokan dan pedoman dalam bertingkah laku. Pancasila juga merupakan dasar negara Republik Indonesia. Namun dua ormas Islam terbesar saat itu dan masih bertahan sampai sekarang yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah menentang penerapan Piagam Jakarta tersebut. yang pada awalnya berbunyi “… dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya” yang sejak saat itu dikenal sebagai Piagam Jakarta. karena dua ormas Islam tersebut menyadari bahwa jika penerapan syariat Islam diterapkan secara tidak langsung namun pasti akan menjadikan Indonesia sebagai negara Islam dan secara “fair” hal tersebut dapat memojokkan umat beragama lain. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab 3. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Yang lebih buruk lagi adalah dapat memicu disintegrasi bangsa terutama bagi provinsi yang . Persatuan Indonesia 4. Itu berarti. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan 5. Pancasila berisi : 1. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia B. Pancasila sendiri yang sebagai dasar negara Indonesia tidak bisa lepas dari pengaruh agama yang tertuang dalam sila pertama yang berbunyi sila “Ketuhanan yang Maha Esa”. SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA Sebagai negara yang bermayoritas penduduk agama islam.A. Pancasila digunakan sebagai pandangan hidup dalam bernegara. segala pelaksanaan aspek berkehidupan dalam suatu negara harus didasarkan atau dilandasi oleh pancasila.

sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Budha dan Hindu sebagai agama resmi negara pada saat itu.BUTIR PANCASILA SILA PERTAMA Atas perubahan bunyi sila pertama menjadi Ketuhanan yang Maha Esa membuat para pemeluk agama lain di luar Islam merasa puas dan merasa dihargai. BUTIR . sila Ketuhanan yang Maha Esa dapat dijabarkan dalam beberapa point penting atau biasa disebut dengan butir-butir Pancasila. maka cara pelaksanaan menyembah Tuhan. − Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. − Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah sampai detik ini bunyi sila pertama adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang berarti bahwa Pancasila mengakui dan menyakralkan keberadaan Agama. iserahkan kepada agama dan kepercayaan masing-masing orang. yaitu bahwa semua manusia wajib dan dituntut harus menghormati dan mentaati Tuhan. terutama yang berkenaan dengan hal-hal yang sifatnya ritual dan sacral. Katolik. memandang Tuhan sebagai Yang Teragung. Diantaranya: − Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.mayoritas beragama nonislam. dan sebagainya. − Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa . Karena pancasila itu bukan agama. beribadah kepada Tuhan. mamuliakan Tuhan. Searah dengan perkembangan. tidak hanya Islam namun termasuk juga Kristen. melakukan yang dikehendaki Tuhan. Selain itu prinsip sila pertama pancasila ini ialah keharusan atau tuntutan untuk bersesuaian dengan hakikat Tuhan. C.

Dalam bahasa Latin  Agama itu hubungan antara manusia dengan manusia super (Servius)  Agama itu pengakuan dan pemuliaan kepada Tuhan (J.Muhammad Ghalib). 2.Kramers Jz) 3. Tidak ada pemaksaan dan saling toleransi antara agama yang satu dengan agama yang lain.  Dalam bahasa Sansekerta artinya tidak beregerak (Arthut Mac Donnell). diantaranya : 1. D. Dalam bahasa Eropa . Dalam bahasa sansekerta  Kata “agama” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “tradisi”. Dari butir-butir tersebut dapat dipahami bahwa setiap rakyat Indonesia wajib memeluk satu agama yang diyakini. PENGERTIAN AGAMA Ada beberapa pendapat mengenai agama. − Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing − Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.  Agama itu kata bahasa Sansekerta (yaitu bahasa agama Brahma pertama yang berkitab Veda) ialah peraturan menurut konsep Veda (Dr.− Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

S. E. Dalam bahasa Arab  Agama dalam bahasa arab ialah din. milah adalah lebih memberikan titik berat pada ketetapan. hukum. E.Muller dan Herebert Spencer)  Agama itu kepercayaan kepada adanya kekuasaan mengatur yang bersifat luar biasa. dan setia. akan tetapi terdapat perbedaan antara keduanya yaitu agama merupakan suatu hubungan antar manusia dengan Tuhan yang mengakibatkan konsekuensi dimana . tata tertib.V Gatenby. Bedanya . PERBEDAAN PANCASILA DAN AGAMA Agama dan Pancasila walaupun nilai yang ada di dalamnya menunjukkan kesesuaian. atau doktrin dari din itu. yang artinya : taat. Hornby. 1997) 5. Sidi Gazalba)  Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut (Kamus Besar Bahasa Indonesia. aturan. paksaan. tekanan. dan Wakefield) 4. Dalam bahasa Indonesia  Agama itu hubungan manusia dengan Yang Maha Suci yang dinyatakan dalam bentuk suci pula dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu (drs. Agama itu sesuatu yang tidak dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja (Mc. penghambaan. yang pencipta dan pengendali dunia. serta telah memberikan kodrat rohani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati (A. dan lainlain. takut. perendahan diri.  Sinonim kata din dalam bahasa arabialah milah.

hanya warga negara Indonesia yang mengakuinya. universal nilai moralnya semua dimana agama mengajarkannya BAB III PENUTUP . Agama ada banyak tetapi yang diyakini benar oleh setiap individu hanya ada satu. sebagai dasar negara dibatasi oleh negara itu. Pancasila merupakan hubungan warga negara tersebut dengan warga negara lainnya atau dengan negara lainnya. yang mengadakan atau menciptakan. hanya satu di dunia. hanya tergantung apa yang mereka percaya. Agama tidak terbatas di satu negara saja.hal ini lebih ke urusan manusia sebagai hamba dan Allah sebagai Tuhan. Perbedaan Agama dan Pancasila Pancasila bahasa Sansekerta Dari Agama bahasa Sansekerta Arti Dari yaitu panca yang berarti yaitu agama yang berarti lima dan sila berarti prinsip tradisi Isi Asal Jumlah Dianut atau diakui Sifat atau asas Semuanya terkandung Ada yang tidak terkandung dalam ajaran agama dalam pancasila Hasil jerih payah sejarah Dari Tuhan Yang Maha Esa Hanya ada satu terdiri dari Ada banyak tapi yang benar lima sila Diakui di Indonesia hanya satu Satu agama bias dianut lebih dari satu Negara Tidak memihak salah satu Memihak agama itu sendiri agama. mengatur dan memberi konsekuensi. Sedangkan pancasila.

akan terjadi ketidaknyamanan bagi rakyat yang memeluk agama di luar agama yang dijadikan ideologi negara tersebut.com . maka perwujudan untuk menuju negara yang aman dan sejahtera pasti akan terwujud. ras dan bahasa. Sehingga jika ideologi Pancasila diganti oleh ideologi yang berlatar belakang agama. suku. DAFTAR PUSTAKA www.google.KESIMPULAN Pancasila adalah ideologi yang sangat baik untuk diterapkan di negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam agamas. Dengan mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. jika melaksanakannya dengan baik.

Surakarta : UNS Press . Pancasila Menggali Kecerdasan Pikir dan Jiwa Bangsa Indonesia sebagai Harta Terpendam. Sunarjo.Wreksosuhardjo. 2005.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful