Judul

KETERANGAN SIM CARD

Mata Pelajaran : TIK Kelas : XI

Penulis: Arief Yuswan.F Kelas: XI IPS 3

kartu SIM menyimpan informasi yang memungkinkan penyedia layanan jaringan untuk mengidentifikasi penelpon. Subscriber Identity Module ini sifatnya sementara. memungkinkan Anda untuk mempertahankan nomor ponsel yang sama bahkan dalam kasus ketika Anda mengganti ponsel anda. pesan teks . . SIM adalah kartu informasi kecil yang berisi informasi berlangganan dan informasi pribadi lainnya. keamanan data dan serta memori untuk menyimpan nomor pribadi. Sebuah chip unik ada dalam kartu SIM di semua ponsel GSM.Kartu SIM Contoh Kartu SIM Kartu SIM (Subscriber Identity Module) adalah sebuah kartu pintar seukuran prangko yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. SIM menyimpan informasi seperti nomor telepon. Ya. benda ini di namakan SIM (Subscriber Identity Module). Definisi Kartu SIM adalah Sebuah papan sirkuit kecil berkode. dan sebagian kecil data pengguna tertentu. sedangkan kartu RUIM popular dalam sistem CDMA. sedangkan kartu RUIM popular dalam sistem CDMA. informasi penagihan identitas.Simcard digunakan dalam sistem GSM. Kartu ni menyimpan informasi dari orang yang berlangganan. Kartu yang mirip dengan SIM dalam UMTS disebut USIM. Dapat dianalogikan seperti hardisk kecil yang dapat mengaktifkan telepon secara otomatis saat ditancapkan pada sebuah perangkat. artinya dapat dipindahkan pada sejumlah telepon seluler. Karena tanpa benda ini anda tidak dapat mengoperasikan secara optimal handphone anda. Kartu SIM harus digunakan dalam sistem GSM. Mengenal Kartu SIM dan cara kerjanya Tentu Anda memiliki benda mungil yang satu ini. yang diintegrasikan ke dalam ponsel GSM ketika kita berlangganan jasa telekomunikasi. Kartu yang mirip dengan SIM dalam UMTS disebut USIM. dan data lain. Kartu SIM seperti kartu memori yang bisa dilepas dan bisa diintegrasikan ke dalam setiap handset GSM. Informasi ini seperti nomor telepon.

Menjadi 25 mm x 15 mm. Teknologi kartu SIM Ada tiga tegangan operasional kartu SIM: 5 V.00 0. 3 V dan 1.76 . Mini-UICC 15. dengan kartu Munich smart Giesecke & Devrient menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan nirkabel Finlandia Radiolinja. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID.98 0.00 0.76 Micro-SIM ETSI TS 102 221 V9. ID-1 85. SEJARAH Kartu SIM pertama di buat pada tahun 1998. Authentication Key). International Mobile Subscriber Identity). Local Area Identity) dan nomor panggilan darurat operator.60 mm x 53. Tegangan operasional dari kartu SIM yang diluncurkan sebelum tahun 1998 adalah 5 V.8 V (ISO/IEC 7816-3 kelas A. B dan C). Kartu SIM yang diproduksi setelahnya memiliki kompatibilitas.SIM card menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. yaitu 3 V dengan 5 V.98 mm x 0. Short Message Service Center).60 53. nama penyedia layanan (SPN. kartu ini semakin dibuat kecil. Ukuran pertama kali sim card adalah (85.00 15. tetapi hanya lebar dan panjangnya saja yang berubah. Memori tambahan dimasukan untuk memberikan fitur seperti pesan singkat yang disimpan pada kartu SIM. DIAGRAM BLOK SUBSCRIBER IDENTITY MODULE (SIM) Diagram ini menunjukan bahwa kartu sim memiliki 8 kontak listrrik. kode area (LAI.76 mm). Integrated Circuit Card ID). karena perkembangan zaman.76 Mini-SIM ISO/IEC 7810:2003. Service Provider Name) dan lainnya. atau 1. kunci authentikasi (Ki. ID-000 25.0.0.00 12. Kartu ini memiliki mikroprosesor yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan data. Ukuran kartu SIM Ukuran kartu SIM Kartu SIM Referensi Standard Panjang (mm) Lebar (mm) Tebal (mm) Full-size ISO/IEC 7810:2003. nomer pengguna internasional (IMSI. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC.8 V dengan 3 V.

kunci authentikasi (Ki. temasuk handphone untuk kartu SIM.]). Short Message Service Center). nomer pengguna internasional (IMSI. IC mulai dibeberapa alat elektronik. kode area (LAI. Tabung Vakum (From : Google) . International Mobile Subscriber Identity). dan nomer panggilan darurat operator. dalam sebuah Java Card. SIM juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC. Ukuran IC yang kecil dapat lebih menghemat listrik dan menggeser penggunaan tabung vakum. dimungkinkan terdapat program yang tidak tergantung piranti kasar dan interoperable.Sistem operasi Sistem operasi kartu SIM terbagi dalam dua tipe: Native dan Java Card. Authentication Key). Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID. Kartu SIM pertama kali dibuat tahun 1998 dengan kartu Munich Smart Giesecke & Devrient yang menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan Nirkabel Finlandia Radiolinja. nama penyedia layanan (SPN. hanya setengah abad setelahnya. Selain itu. dalam artian implementasi berbeda-beda untuk tiap vendor. yaitu sekumpulan instruksi bahasa pemrogramam Java yang khusus dibuat untuk embedded devices. Integrated Circuit Card ID). Local Area Identity). Dengan teknologi ini. Sehingga. Sejarah Chip Kartu SIM merupakan alat yang memanfaatkan tehnologi integrated circuit (IC) atau sirkuit terpadu. Data Kartu SIM menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang digunakan untuk otentifikasi (authentication) dan identifikasi pengguna. Berbeda dengan kartu SIM Java Card yang berdasar pada standard. eksperimen menunjukan bahwa alat semikonduktor dapat melakukan fungsi yang dilakukan tabung vakum. dan lainnya. Service Provider Name). Kartu SIM Native berdasarkan pada perangkat lunak yang proprietary. IC dimulai pada pertengahan abad ke-20 dalam fabrikasi alat semi konduktor.

yang merupakan data digital yang disimpan dalam memori SIM.Removable User Identity Module Kartu RUIM atau Removable User Identity Module adalah kartu pintar (smartcard) yang didesain untuk disisipkan ke dalam telepon tetap nirkabel yang secara unik mengidentifikasi langganan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access) dan yang mengandung data yang terkait dengan pelanggan seperti nomor telepon. SIM Reset.Cara Kerja How Does It Work? Bagaimanakah cara kerjanya? Didalam provider. dikenal pula kartu USIM yang mirip dengannya. Kedua. SIM Clock. seperti ketika akan menggunakan Kartu RUIM sebagai media telekomunikasi dalam melakukan dan menerima panggilan. Dalam PIN kartu SIM terdapat enam PIN. untuk membuat sinyal data ketika mentransfer data.[1] Kartu RUIM atau kartu R-UIM adalah kartu chip yang digunakan oleh perusahaan telekomunikasi yang memiliki basis atau jaringan CDMA. Kemudian. otorisasi dan pelaporan. Kartu RUIM digunakan sebagai identitas bagi user dalam melakukan fungsi otentikasi. V SIM untuk mengaktifkan sirkuit SIM. Penggunaan Kartu RUIM dapat digunakan pada sistem operasi CDMA yang menggunakan teknologi spread spectrum untuk mengedarkan sinyal informasi melalui bandwith yang lebar. biasanya kartu yang populer adalah kartu RUIM. juga merupakan sinyal frequensi yang memicu atau mengatur ulang semua proses sinkronisasi.Ketiga. Serta Ground dan NC untuk voltage ground dan not connected. . rincian layanan dan memori untuk menyimpan pesan. Pertama. Jenis Kartu 1. SIM Data. Kartu RUIM memiliki spesifikasi khusus yang terdiri dari struktur fisik. sistem elektrik dan pensinyalan serta struktur logika. selain kartu SIM. Untuk kkartu CDMA. Didalam dunia telekomunikasi setiap masyarakat hendaknya mengetahui tentang bentuk atau karakteristik teknologi yang akan digunakan. Kartu RUIM memiliki kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan antar operator maupun lintas operator tanpa harus melewati proses aktivasi. serta memberikan fleksibilitas bagi pelanggan.  Karakteristik Kartu RUIM Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendorong setiap elemen masyarakat dan dituntut agar dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara maksimal.

Nomor ICCID Nomor ICCID atau (Integrated Circuit Card Identification) adalah nomor berseri yang berjumlah 19 digit yang terdapat disisi belakang kartu RUIM yang merupakan nomor registrasi fisik Kartu RUIM. Setiap kode yang terdapat dalam nomor ICCID suatu negara terdiri dari 1 hingga 3 digit. sistem memori dan sistem operasi dengan fungsi utamanya sebagai jalur untuk mengakses jaringan. maka jaringan yang digunakan yang memiliki kode PUK tersebut. tanggal produksi. PUK dikendalikan oleh jaringan. Kartu RUIM memiliki ruang memori yang bervariasi antara 32Kb. apabila pengguna mengalami beberapa kali kesalahan dalam memasukan nomor PIN maka kartu RUIM akan terkunci secara otomatis dan hanya dapat dibuka dengan cara memasukan nomor PUK atau Personal Unblocking Key. 128Kb. Dua nomor pertama dari 19 rangkaian nomor ICCID yang terdapat dalam kartu RUIM mewakili sebuah identifikasi industri. Setiap pengguna dianjurkan untuk mengaktifkan PIN pada kartu RUIM agar mencegah penggunaan yang tidak sah. Sistem Keamanan Kartu RUIM Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) atau Personal Identification Number adalah sebuah kode empat digit yang tersimpan pada Kartu RUIM sebagai mekanisme keamanan yang mencegah pihak yang tidak berwenang untuk menggunakannya. Nomor berikutnya ditetapkan ke setiap negara secara global sesuai dengan ketetapan yang disampaikan oleh ITU. . 64Kb. Untuk mengubah nomor PIN dapat disesuaikan dengan petunjuk yang diberikan oleh operator. Nomor berikutnya ditempatkan ke setiap jaringan lisensi dari setiap otoritas regulasi nasional. Kartu RUIM dapat bekerja pada jaringan 2G yang telah memakai sistem digital berupa pesan suara dan pesan singkat. namun setiap pengguna dianjurkan agar mengubah nomor PIN standar untuk alasan keamanan.Kartu RUIM merupakan mikrokomputer yang dapat mengolah informasi data dalam format biner. Pada ruang memori tersebut sebuah Kartu RUIM dapat menyimpan sejumlah 250-500 kontak dan 30-50 pesan singkat. Nomor PIN yang baru dapat dibuat sesuai dengan nomor atau kode tertentu yang mudah untuk diingat. Didalam kartu RUIM terdapat mikroprosesor. Kartu RUIM memiliki nomor PIN standar adalah 1234.[2] Bentuk dan Kapasitas Kartu RUIM Kartu RUIM memiliki bentuk dan ukuran sebesar 86 x 54mm dengan kartu chip yang memiliki ukuran standar sebesar 25 x 15mm. Selain itu Kartu RUIM dapat bekerja pada jaringan 3G yang dapat memanfaatkan jaringan internet sebagai medium. tempat produksi dan informasi lainnya yang diatur standarnya oleh ITU (International Telecommunication Union). Nomor PIN disimpan didalam kartu RUIM sehingga ketika akan menggunakan kartu RUIM tersebut dengan menggunakan telepon genggam yang lainnya. maka akan diperintahkan kembali untuk memasukan nomor PIN yang dimaksud. Nomor ICCID di lekatkan ketika proses manufaktur dan menunjukkan identitas pembuat. Konstruksi nomor ICCID pada setiap kartu RUIM menjamin keunikan dari kode-kode yang tetapkan untuk masing-masing operator.

Sinyal informasi pada transmitter dicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1. RAM digunakan untuk menyimpan alamat file dalam memori UAM (User Application Memory) seperti ukuran file.[5] PT. Dengan teknologi ini Ceria dapat memberikan layanan yang lebih luas sehingga layanan telekomunikasi dapat dinikmati oleh masyarakat yang berada didesa maupun dikota. Ceria merupakan produk dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia adalah operator yang menyediakan layanan telekomunikasi selular menggunakan basis atau jaringan CDMA 2000 1x yang berada di frekuensi 450 Mhz.Mikrosirkit Kartu RUIM     Central Proccessing Unit inti dari mikrosirkit Kartu RUIM adalah mikroprosesor yang disebut CPU yang dapat menjalankan set instruksi 8-bit. kemudian pada sisi receiver dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.[4] StarOne adalah sebuah layanan telekomunikasi suara dan data berbasis jaringan akses nirkabel dengan teknologi CDMA 2000 1x yang menawarkan kombinasi layanan telepon tetap atau PSTN (Public Switched Telephone Network) dan dapat menjangkau 82 kota besar di Indonesia. Mobile-8 Telecom. Telekomunikasi Indonesia. Tbk sebagai telepon bergerak terbatas dalam satu area code dimana setiap user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem. Memori kartu secara permanen juga menyimpan fungsi-fungsi level yang lebih tinggi. TelkomFlexi merupakan salah satu produk dari PT. panjang record dan file dengan proteksi. Tbk dan Smart Telecom adalah perusaahan telekomunikasi yang memiliki basis atau jaringan CDMA 20001X yang telah bersinergi menjadi satu nama yang sama yaitu Smartfren Telecom pada awalnya Mobile-8 Telecom menggunakan jaringan 800Mhz sementara Smart Telecom menggunakan jaringan 1900Mhz dan sekarang telah menggunakan satu jaringan yang sama. nomor record.[3] Penggunaan Kartu RUIM Di Indonesia PenggunaaN kartu RUIM di Indonesia digunakan oleh beberapA perusahaan telekomunikasi yang memiliki basis atau jaringan CDMA 20001X berikut adalah daftar Perusahaan yang dimaksud :      PT. Fungsi-fungsi ini dapat dianggap sebagai sistem operasi kartu pintar atau Smart Card Operating System. data issuer. Erasable Programmable Read Only Memory merupakan sektor memori yang digunakan untuk menyimpan data-data aplikasi spesifik yaitu suatu data yang mengeset pemasukan data user. Bakrie Telecom Tbk dengan salah satu produknya yaitu Esia bekerja dengan menggunakan jaringan 800Mhz sehingga para pengguna jasa telekomunikasi dapat melakukan dan menerima panggilan lokal. dan operasi-operasi dalam kartu.[6] . interlokal maupun internasional.25 MHz (spread spectrum). Read Only memory sebagian besar zone memori dalam kartu berdasarkan pada memori nonvolatil. Memori jenis ini yang akan menyimpan informasi secara permanen. Random Access Memory merupakan memori utama yang menyimpan nama dan parameter dari file yang bekerja saat menggunakan file-file dalam kartu.

meliputi jaringan akses radio ( UMTS Terestrial Radio Network Access . dan 7.2. UMTS menggunakan wideband code division multiple access (W-CDMA) teknologi radio akses untuk menawarkan efisiensi spektral yang lebih besar dan bandwidth untuk operator jaringan mobile. UMTS menentukan sebuah sistem jaringan yang lengkap.6 kbit / s dari sirkuit kesalahan dikoreksi tunggal GSM switched data saluran. Term Evolution 3GPP Panjang rencana proyek untuk pindah UMTS dengan kecepatan 4G 100 Mbit / s ke bawah dan 50 Mbit / s sampai. UMTS adalah komponen dari International Telecommunication Union IMT-2000 menetapkan standar dan membandingkan dengan menetapkan standar untuk jaringan CDMA2000 berdasarkan bersaing cdmaOne teknologi. HSDPA memungkinkan downlink kecepatan transfer hingga 21 Mbit / s. kadang-kadang dikenal sebagai 3. Kecepatan data yang tinggi dari UMTS sekarang paling sering digunakan untuk akses Internet: pengalaman di Jepang dan di tempat lain telah menunjukkan bahwa permintaan pengguna untuk panggilan video tidak tinggi. jaringan UMTS di banyak negara telah atau sedang dalam proses upgrade dengan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA). Pekerjaan ini juga semakin maju pada peningkatan kecepatan transfer uplink dengan Akses Kecepatan Tinggi Uplink Packet (HSUPA). Dikembangkan oleh 3GPP (3rd Generation Partnership Project). beberapa 9. Kecepatan ini jauh lebih cepat dari 9. [2] Pengguna dalam jaringan digunakan dapat mengharapkan transfer rate hingga 384 kbit / s untuk R99 handset.4 kbit / s untuk saluran cdmaOne.2 Mbit / s untuk HSDPA handset di koneksi downlink. Sejak tahun 2006. Nasional pertama konsumen UMTS diluncurkan pada tahun 2002 dengan penekanan berat pada telekomunikasi yang disediakan aplikasi mobile seperti mobile TV dan video calling . Teknologi yang dijelaskan dalam UMTS kadang-kadang juga disebut sebagai Kebebasan Akses Multimedia Mobile (FOMA) atau 3GSM. UMTS membutuhkan BTS baru dan alokasi frekuensi baru.Universal Mobile Telecommuniation System Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) adalah generasi ketiga teknologi seluler mobile untuk jaringan berbasis pada GSM standar. didasarkan pada GSM ) dan CDMA2000 (IMT Multi-Carrier).5G . dan telekomunikasi yang disediakan audio / . [1] Tidak seperti EDGE (IMT Single-Carrier. menggunakan teknologi antarmuka udara generasi berikutnya berdasarkan Orthogonal frequency-division multiplexing .  Fitur UMTS mendukung maksimum teoritis Data kecepatan transfer dari 45 Mbit / s saat HSPA + diimplementasikan dalam jaringan. Jangka panjang.6 kbit / s saluran dalam HSCSD dan 14. Saat ini. atau UTRAN). yang jaringan inti ( Bagian Aplikasi Handphone . atau MAP) dan otentikasi pengguna melalui kartu SIM ( Subscriber Identity Module ).

GSM 's Aplikasi Bagian Handphone (MAP) inti.baik secara langsung pada handset atau terhubung ke komputer melalui Wi-Fi . antarmuka udara UMTS menyediakan beberapa yang berbeda terestrial antarmuka udara . [4] . Sementara mereka hanya menyarankan meliputi metode saluran akses (yaitu varian dari CDMA ). Bluetooth . UMTS Terrestrial Radio disebut Access (UTRA). Dalam varian saat ini paling populer untuk telepon selular. Teknologi Arsitektur Jaringan UMTS UMTS menggabungkan tiga interface udara yang berbeda.video konten telah menurun dalam popularitas dalam mendukung kecepatan tinggi akses ke World Wide Web . W-CDMA (IMT Direct Spread) digunakan. Infrared atau USB . TD-CDMA dan TD-SCDMA yang menyesatkan. dan keluarga GSM codec pidato. Harap dicatat bahwa istilah W-CDMA. mereka sebenarnya nama umum untuk standar antarmuka udara secara keseluruhan. [3] Semua pilihan antarmuka udara adalah bagian dari ITU 's IMT-2000 .

UMTS pemancar di atap gedung W-CDMA menggunakan DS-CDMA metode akses saluran dengan sepasang saluran 5 MHz lebar. bersaing CDMA2000 sistem menggunakan satu atau lebih saluran 1. [ 6] slot waktu ini (TS) dialokasikan dalam persentase tetap untuk downlink dan uplink. memungkinkan penyebaran dalam ketat pita frekuensi . TDCDMA digunakan untuk aliran multipleks dari atau ke beberapa transceiver. W-CDMA merupakan bagian dari IMT-2000 sebagai IMT Penyebaran langsung. tidak perlu pita frekuensi terpisah untuk up-dan hilir. iris masing-masing dibagi menjadi frame 10 ms berisi slot waktu lima belas (1500 per detik). . berarti uplink dan downlink berada dalam band yang sama). sebagai pita 1900 MHz sudah digunakan. Sebaliknya. terutama di AS oleh AT & T Mobility . W-CDMA secara luas dikritik sistem untuk penggunaan spektrum besar mereka. 1710-1755 MHz dan 2110-2155 MHz akan digunakan sebagai pengganti. Spesifik pita frekuensi awalnya didefinisikan oleh standar UMTS 1885-2025 MHz untuk dasar ponsel-ke-(uplink) dan 2110-2200 MHz untuk dasar-untuk-mobile (downlink). yang telah menunda penyebaran di negara-negara yang bertindak relatif lambat dalam mengalokasikan frekuensi baru yang khusus untuk layanan 3G (seperti Amerika Serikat). UTRA-TDD HCR UMTS-TDD antarmuka udara 's yang menggunakan TD-CDMA teknik akses saluran standar UTRA-TDD sebagai HCR. [5] Sementara UMTS2100 adalah band UMTS yang paling banyak digunakan. Tidak seperti W-CDMA. Di AS. Selandia Baru Telecom Selandia Baru pada Jaringan Mobile XT dan di Australia oleh Telstra di G Berikutnya jaringan. beberapa negara 'UMTS operator menggunakan 850 MHz dan / atau 1900 MHz band (secara mandiri.25 MHz yang tersedia untuk setiap arah komunikasi. yang menggunakan penambahan sebesar 5 MHz spektrum.

layanan radio pembawa.28 Mcps Chip Tingkat Rendah) TD-SCDMA menggunakan TDMA saluran metode akses dikombinasikan dengan adaptif CDMA sinkron komponen [7] pada 1. UE ( Peralatan Pengguna ) antarmuka RAN (Radio Access Network) terutama terdiri dari RRC (Radio Sumber Daya Kontrol). Protokol RLC terutama terbagi menjadi tiga Mode . UMTS dan GSM / EDGE dapat berbagi Core Network (CN). mungkin menggunakan standar yang berbeda antarmuka udara terestrial dan band frekuensi. itu dikenal sebagai IMT TDD CDMA dalam IMT-2000. Fungsi TCP entitas PM menyerupai operasi dimana operasi UM UDP menyerupai operasi. Keamanan mencakup dua prosedur: integritas dan pengkodean. RRC dan NAS pesan pergi SRBs. Dalam mode TM. yang terdiri dari beberapa BTS. RLC (Radio Link Control) dan (Media Access Control) MAC protokol. TD-SCDMA bukan bagian dari UMTS dari awal tapi telah ditambahkan di Release 4 dari spesifikasi. Seperti TD-CDMA. keamanan dan serah terima keputusan. Jaringan UMTS sering dikombinasikan dengan GSM / EDGE.Mode Transparan (TM). data akan dikirim ke lapisan bawah tanpa menambahkan judul apapun untuk SDU dari lapisan yang lebih tinggi. Integritas sumber daya memvalidasi pesan dan juga memastikan bahwa tidak ada satu (ketiga / pihak tidak diketahui) pada interface radio yang telah dimodifikasi pesan. Akui Mode (PM). UMTS dan GSM / EDGE 's jaringan radio akses kadangkadang secara kolektif disebut sebagai UTRAN / GERAN. kemudian yang juga merupakan bagian dari IMT-2000. BPR mencakup informasi RLC dan pemetaan BPR. Unacknowledge Mode (UM). Penyandian menjamin bahwa tidak ada . memungkinkan penyebaran dalam pita frekuensi bahkan lebih ketat daripada TD-CDMA. membuat UTRAN akses jaringan radio alternatif untuk GERAN (GSM / EDGE RAN). Namun.6 MHz dari spektrum iris. MAC menangani penjadwalan data pada antarmuka udara tergantung pada lapisan yang lebih tinggi (RRC) parameter dikonfigurasi. insentif utama untuk pengembangan standar ini dikembangkan Cina adalah menghindari atau mengurangi biaya lisensi yang harus dibayarkan kepada non-Cina pemilik paten. Ini set properti memutuskan data maksimum yang diperbolehkan dalam TTI (Transmission Interval Waktu). Karena itu. Pesan pensinyalan dikirim pada pembawa Radio Signaling (SRBs) dan paket data (baik CS atau PS) dikirim pada data BPR. BPR memutuskan pemetaan pemetaan antara RB <-> logical channel <-> transportasi saluran. TD-SCDMA (UTRA-TDD 1.TD-CDMA merupakan bagian dari IMT-2000 CDMA sebagai IMT TDD. RRC protokol menangani pembentukan koneksi. Set properti yang berkaitan dengan transmisi data ini disebut Radio Pembawa (RB). Berbeda dengan antarmuka udara lain. pengukuran. Radio jaringan akses UMTS juga menentukan Terrestrial Radio Access Jaringan Universal (UTRAN). dan memungkinkan (kebanyakan) beralih transparan antara rans sesuai dengan cakupan yang tersedia dan kebutuhan pelayanan.

Antara 2007 dan 2009. semua tiga operator Finlandia mulai menggunakan 900 MHz UMTS dalam susunan bersama dengan stasiun basis GSM sekitarnya 2G untuk cakupan wilayah pedesaan. Di Jerman . biaya memperoleh lisensi spektrum baru dan overlay UMTS di menara yang ada tinggi.yang mendengarkan data Anda pada interface udara. jalur migrasi ke UMTS masih mahal: sementara banyak dari infrastruktur inti dibagi dengan GSM. dua yang kemudian ditinggalkan dan ditulis off oleh pembeli mereka ( Mobilcom dan Sonera / Telefonica konsorsium). Dalam hal apapun. Regulator telah Namun. Ia telah mengemukakan bahwa biaya lisensi yang besar memiliki karakter yang sangat besar pajak dibayar pada pendapatan masa depan yang diharapkan bertahun-tahun di jalan. Inti jaringan Dengan Bagian Aplikasi Mobile. Band 2100 MHz (downlink sekitar 2100 MHz dan 1900 MHz uplink sekitar) yang dialokasikan untuk UMTS di Eropa dan sebagian Asia sudah digunakan di Amerika Utara. Selama beberapa tahun terakhir beberapa operator telah dihapusbukukan sebagian atau seluruh biaya lisensi. Rentang 1900 MHz digunakan untuk 2G ( PCS ) jasa. Operator UMTS di Amerika Utara yang ingin menerapkan gaya Eropa-Asia 2100/1900 MHz sistem akan harus berbagi spektrum dengan layanan 2G yang ada pada pita 1900 MHz. dan 2100 MHz rentang digunakan untuk komunikasi satelit. Cingular menamai dirinya AT & T dan meluncurkan beberapa kota . Di Eropa. proses lisensi terjadi pada ujung ekor dari gelembung teknologi. UMTS (dan GERAN) mencakup tiga lapisan terendah model OSI . terutama di Inggris dan Jerman. bersama dengan range yang berbeda sekitar 1700 MHz untuk uplink. AT & T Wireless meluncurkan layanan UMTS di Amerika Serikat pada akhir tahun 2004 ketat menggunakan spektrum 1900 MHz yang ada dialokasikan untuk layanan 2G PCS. sebuah tren yang diharapkan untuk memperluas atas Eropa dalam 1-3 tahun ke depan. dan mekanisme lelang untuk alokasi didirikan di beberapa negara mengakibatkan beberapa harga yang sangat tinggi yang dibayar untuk lisensi asli 2100 MHz. ISDN . CN dapat dihubungkan ke berbagai backbone jaringan seperti internet . UMTS menggunakan standar jaringan inti yang sama seperti GSM / EDGE. penawar membayar € Total 50800000000 selama enam lisensi. Lapisan jaringan (OSI 3) meliputi Manajemen Sumber Daya Radio protokol (RRM) yang mengelola saluran pembawa antara terminal mobile dan jaringan tetap. Kedua integritas dan pengkodean yang diterapkan untuk SRBs sedangkan Penyandian hanya diterapkan untuk data BPR. Namun. Cingular mengakuisisi AT & T Wireless pada tahun 2004 dan sejak itu diluncurkan di kotakota pilih UMTS AS. Hal ini memungkinkan migrasi sederhana bagi operator GSM yang ada. dibebaskan beberapa kisaran 2100 MHz untuk layanan 3G. termasuk handover. harga tinggi yang dibayar menaruh beberapa operator telekomunikasi Eropa dekat dengan kebangkrutan (terutama KPN ). Alokasi Spektrum Artikel utama: band frekuensi UMTS Lebih dari 130 lisensi telah diberikan kepada operator di seluruh dunia (per Desember 2004). menentukan W-CDMA teknologi akses radio yang dibangun pada GSM .

melalui kepemilikan co-memiliki dan pengadministrasian 3GIS perusahaan. . hampir semua ponsel UMTS UMTS / GSM dual-mode perangkat. T-Mobile 's peluncuran UMTS di AS akan fokus pada 2100/1700 MHz band. Sebagian besar pemegang lisensi UMTS pertimbangkan mana-mana. T-mobile telah diluncurkan sebuah jaringan dalam operasi AS di 1700 MHz (uplink) / 2100 MHz (downlink). beroperasi di 850 MHz band. Di India BSNL telah mulai layanan 3G sejak Oktober 2009 mulai dengan kota-kota besar dan kemudian memperluas ke kota-kota kecil. Selain itu. Di Kanada. jadi jika ponsel UMTS perjalanan luar jangkauan UMTS selama panggilan panggilan dapat transparan diserahkan ke cakupan GSM tersedia. model awal ponsel UMTS ditunjuk untuk Amerika Serikat kemungkinan besar tidak akan beroperasi di tempat lain dan sebaliknya. dan band-band juga sedang diadopsi di tempat lain di Amerika. dan juga pada jaringan UMTS 2100 MHz. Biaya roaming biasanya jauh lebih tinggi daripada biaya penggunaan reguler. Sekarang ada 11 kombinasi frekuensi yang berbeda digunakan di seluruh dunia-termasuk frekuensi sebelumnya digunakan hanya untuk layanan 2G. penyedia baru Angin Handphone . ponsel UMTS biasanya mendukung beberapa frekuensi yang berbeda selain fallback GSM mereka. Untuk mengaktifkan tingkat tinggi interoperabilitas. dan paling cocok untuk daerah daerah di mana jarak yang lebih besar pelanggan yang terpisah dan base station. Mobilicity dan Videotron telah mulai beroperasi di pita 2100/1700 MHz. Telstra saat ini menyediakan layanan UMTS pada jaringan ini. Perusahaan ini juga co-dimiliki oleh Hutchison 3G Australia . Baru-baru ini. Negara yang berbeda mendukung berbagai pita frekuensi UMTS . transparan global yang jelajah isu penting. dicap sebagai NextG . Karena frekuensi yang digunakan. dan 900 MHz band di daerah daerah. Sebuah ponsel UMTS dan jaringan harus mendukung frekuensi umum untuk bekerja sama. Australia telekomunikasi Telstra digantikan CDMA jaringan yang sudah ada dengan jaringan 3G nasional. Optus saat ini meluncurkan sebuah operasi jaringan 3G pada pita 2100 MHz di kota-kota paling besar.Eropa awalnya digunakan 2100 MHz sementara yang paling operator di Amerika Serikat menggunakan 850 MHz dan 1900 MHz. dan ini adalah jaringan utama yang digunakan oleh pelanggan mereka. 850 MHz dan 900 MHz band memberikan cakupan yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan 1700/1900/2100 MHz setara. UMTS cakupan yang disediakan pada 850 MHz dan 1900 MHz band di Rogers dan Bell-Telus jaringan. Vodafone juga membangun jaringan 3G menggunakan band 900 MHz. Interoperabilitas dan roaming global Ponsel UMTS (dan data kartu) sangat portabel-mereka telah dirancang untuk menjelajah dengan mudah ke jaringan UMTS yang lain (jika penyedia memiliki perjanjian roaming di tempat).dengan jaringan UMTS di 850 MHz untuk meningkatkan jaringan yang ada UMTS 1900 MHz dan sekarang menawarkan pelanggan sejumlah dual-band UMTS 850/1900 ponsel. Pada tahun 2008. Bell dan Telus berbagi jaringan. Operator di Amerika Selatan sekarang juga meluncurkan 850 MHz.

yang berarti kartu USIM berdasarkan jelajah adalah mungkin (mentransfer kartu USIM ke dalam ponsel UMTS atau GSM saat bepergian). Kedua NTT DoCoMo dan SoftBank Mobile (3G yang diluncurkan pada bulan Desember 2002) sekarang menggunakan standar UMTS. [8] itu awalnya tidak kompatibel dengan standar UMTS di tingkat radio tetapi menggunakan kartu USIM standar. Ponsel dan modem T-Mobile UMTS PC Card modem The Nokia 6650 . NTT DoCoMo 's FOMA 3G adalah jaringan komersial pertama jaringan UMTS-menggunakan spesifikasi pra-rilis. berarti itu adalah (U) SIM (bukan telepon) yang menentukan nomor telepon telepon dan tagihan untuk panggilan yang dibuat dari telepon. Ini adalah standar global identifikasi. sebuah handset UMTS awal . Jepang merupakan negara pertama yang mengadopsi teknologi 3G. A (U) SIM dapat dipindahkan ke UMTS atau telepon GSM. dan karena mereka tidak menggunakan jaringan GSM sebelumnya mereka tidak perlu membangun kompatibilitas GSM ke dalam handset mereka dan handset 3G mereka lebih kecil daripada yang tersedia di tempat lain.Ponsel UMTS dapat menggunakan Universal Subscriber Identity Module . USIM (berdasarkan GSM SIM ) dan juga bekerja (termasuk layanan UMTS) dengan kartu SIM GSM. dan telepon akan mengambil rincian pengguna dari (U) SIM. dan memungkinkan jaringan untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi (U) SIM di dalam telepon. Ponsel dapat menyimpan data mereka pada memori mereka sendiri atau pada kartu SIM (U) (yang biasanya lebih terbatas dalam informasi buku teleponnya kontak). Selain informasi pengguna dan informasi otentikasi pelanggan. (U) SIM menyediakan ruang penyimpanan untuk kontak buku telepon. Pada tahun 2002. Perjanjian roaming antara jaringan memungkinkan untuk panggilan ke pelanggan untuk diarahkan ke mereka saat roaming dan menentukan jasa (dan harga) yang tersedia untuk pengguna.

salah satu . Artikel pita frekuensi UMTS adalah gambaran dari frekuensi jaringan UMTS di seluruh dunia. beratnya lebih dari 200 gram dan bahkan tampil kamera dilepas untuk mengurangi berat badan ponsel. Isu lain yang signifikan yang terlibat kehandalan panggilan. Namun. beberapa laptop berkemampuan Bluetooth dapat terhubung ke Internet. Apple iPhone 4 berisi chipset operasi quadband 850/900/1900/2100 MHz pada. termasuk Amerika Serikat. Ada ponsel 3G sangat sedikit atau modem yang tersedia mendukung semua frekuensi 3G (UMTS850/900/1700/1900/2100 MHz). sehingga band standar paling umum digunakan untuk UMTS (UMTS2100) belum tersedia. Kanada dan Amerika Serikat memiliki saham biasa frekuensi. karena banyak handset UMTS adalah multi-band UMTS dan mode baik GSM. Kegemukan handset dengan baterai miskin pertama yang tiba di pasar yang sangat sensitif terhadap faktor berat badan dan bentuk. memungkinkan penggunaan di sebagian besar negara di mana UMTS-FDD dikerahkan. Handset 3G awal dan modem lebih spesifik untuk frekuensi yang diperlukan di negara mereka. yang berarti mereka hanya bisa jelajah ke negara lain pada frekuensi 3G yang sama (meskipun mereka dapat jatuh kembali ke standar GSM yang lebih tua). tampaknya seolah-olah UMTS tidak menderita banyak dari masalah kompatibilitas handset band sebagai GSM lakukan. mutlak tidak ada pengetahuan tentang teknologi yang diperlukan untuk mendapatkan secara online di saat-saat. jaringan UMTS awalnya diperlukan kepadatan base station yang lebih tinggi.Semua produsen ponsel 2G utama (yang masih dalam bisnis) kini produsen ponsel 3G. Pelanggan menemukan hubungan mereka yang dijatuhkan sebagai handover yang mungkin hanya dalam satu arah (UMTS → GSM). Dalam jaringan yang paling di seluruh dunia ini tidak lagi menjadi masalah. dan membutuhkan desain dan pembuatan peralatan yang berbeda untuk penggunaan di pasar-pasar. Seperti halnya dengan GSM900 hari ini. Beberapa smartphone juga dapat bertindak sebagai ponsel jalur akses WLAN . pelanggan dapat mengakses layanan broadband 3G. terlepas dari pilihan mereka dari komputer (seperti tablet PC atau PDA ). Quad-band GSM (850. Hari-hari awal UMTS melihat Hitches peluncuran di banyak negara. seperti halnya sebagian besar negara Eropa. PCMCIA atau kartu USB. Untuk yang lengkap UMTS menggabungkan video on demand fitur. Dibandingkan dengan GSM. Beberapa perangkat lunak menginstal sendiri dari modem. Masalah dan isu-isu Beberapa negara. Menggunakan router selular . Nokia baru-baru ini merilis berbagai ponsel yang telah Pentaband cakupan 3G. The Motorola A830. dan 1900 MHz band) dan tri-band UMTS (850. Menggunakan ponsel yang mendukung 3G dan Bluetooth 2. . mencegah interoperabilitas yang ada UMTS-2100 peralatan. dengan handset hanya mengubah kembali ke UMTS setelah menutup telepon. dan 2100 MHz band) handset menjadi lebih umum. 1900.0. standar UMTS 2100 MHz peralatan tidak akan bekerja di pasar tersebut. Ponsel lainnya yang menawarkan lebih dari satu band yang masih memungkinkan jelajah yang luas. sebuah handset debut di 3 jaringan Hutchison. 1800. band alternatif yang digunakan. Di negara-negara. sehingga dalam beberapa kasus. telah mengalokasikan spektrum berbeda dari ITU rekomendasi. termasuk N8 dan E7 . 900. terkait dengan masalah dengan serah terima dari UMTS ke GSM. Sebagai contoh.

Hal ini telah menyebabkan peningkatan peluncuran yang lebih rendah-band jaringan oleh operator sejak tahun 2006.base station perlu mengatur setiap km 1-1. Generasi Evolusi UMTS berlangsung sesuai dengan yang direncanakan rilis. Setiap rilis dirancang untuk memperkenalkan fitur baru dan memperbaiki yang sudah ada. dll HSDPA Release 6      WLAN integrasi Multimedia broadcast dan multicast Perbaikan dalam IMS HSUPA Pecahan DPCH . Apple Inc dikutip [9] UMTS konsumsi daya sebagai alasan bahwa generasi pertama iPhone hanya didukung EDGE . Realease '99      Pembawa layanan 64 kbit / s rangkaian saklar 384 kbit / s packet switched Lokasi layanan Layanan panggilan: kompatibel dengan Global System for Mobile Communications (GSM). Bahkan dengan teknologi saat ini dan rendah-band UMTS. MExE. IP di UTRAN Perbaikan GERAN. telepon dan data melalui UMTS adalah kekuasaan masih lebih intensif dari pada jaringan GSM yang sebanding. Ini adalah kasus ketika hanya pita 2100 MHz telah digunakan. masalah ini berkurang. Produsen lain menunjukkan seumur hidup baterai yang berbeda untuk mode UMTS dibandingkan ke mode GSM juga.62-0.5 (0. Sebagai baterai dan meningkatkan teknologi jaringan. namun dengan meningkatnya penggunaan band frekuensi rendah (seperti 850 dan 900 MHz) ini tidak lagi begitu. berdasarkan Subscriber Identity Module Universal (USIM) Release 4      Ujung radio Pesan multimedia MExE (Lingkungan Eksekusi Mobile) Peningkatan layanan lokasi IP Multimedia Services (IMS) Release 5     IP Multimedia Subsystem (IMS) IPv6 transportasi.93 mil). Pembebasan mereka dari kutipan waktu bicara iPhone 3G pada UMTS sebagai setengah yang tersedia ketika handset diatur untuk menggunakan GSM.

Release 7      L2 ditingkatkan 64 QAM.Fleksibel RLC Release 8   DC-HSPA HSUPA 16QAM .konektivitas paket kontinyu FRLC . MIMO Voice over HSPA BPK .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful