MEDAN - Mantan penderita kusta dan penderita penyakit kusta menuntut perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

(Pemprov Sumut). Mereka mengharapkan bantuan untuk mengentaskan kemiskinan para penderita kusta. “Jika pemerintah tidak peka mengambil solusi, tidak mustahil anak-anak yang lahir dari keluarga penderita kusta akan mengisi daftar pengangguran yang berkepanjangan. Inilah kekhawatiran kami,” kata seorang penderita penyakit kusat saat berdemo di Kantor Gubernur Sumut, hari ini.

Mantan penderita kusta yang tinggal di Komplek Rumah Sakit Kusta (RSK) Pulau Sicanang tersebut meminta Pemprov Sumut memberikan perhatian demi perbaikan masa depan mantan penderita kusta, khususnya dalam pengentasan kemiskinan. Pemprov Sumut diminta memberikan jatah hidup kepada mantan penderita kusta hingga mereka bisa hidup mandiri. Kemudian memberikan bantuan kepada anak-anak mereka yang masih ada di bangku sekolah. Selanjutnya mengembalikan jatah yang selama ini ditahan oleh pihak RSK Pulau Sicanang, diantaranya nasi bungkus dan hiburan setiap 17 Agustus. Harapan lainnya, mereka juga berharap Pemprov Sumut memberikan sebidang lahan untuk berusaha serta program pembinaan pelatihan keterampilan yang pernah mereka terima namun saat ini sudah tidak pernah lagi diberikan lagi. Mereka juga mengklaim kehidupan pasien di Rumah Sakit (RS) Kusta Sicanang Belawan sangat memprihatinkan dengan tidak adanya fasilitas diantaranya sprei, bantal, selimut, handuk, piring, gelas dan sarung. Sementara pemerintah telah mengucurkan dana hingga miliaran rupiah untuk keperluan rumah sakit itu.

. Jakarta . Menurut dia. pemuka agama dan juga PKK dalam melakukan penyuluhan. Sabtu 26 Februari 2011.000. tidak diketahui di mana sangkutnya dana tersebut.329 orang dengan prevalensi 0." kata Endang. tapi hingga kini belum dikucurkan makanya fasilitas untuk penderita kusta tidak terbeli. "Orang jadi tidak mau berobat karena malu masih disebut (penyakit) kutukan. Hambatan lain adalah anggapan masyarakat terhadap para penderita kusta. kesadaran penderita dinilai penting untuk mengambil tindakan pengobatan yang cepat.86 per 10. Seringkali.026 penderita. Untuk itu pemerintah terus berupaya melakukan upaya sosialisasi di tingkat nasional. kusta dapat berakibat cacat permanen. Dana itu diperuntukkan guna keperluan penderita penyakit kusta. dari Dinas Kesehatan Pemprov Sumut anggaran tahun 2009 dan tahun 2011 untuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) RS Kusta Sicanang dan UPT RS Lau Simomo Kabanjahe.636. Informasi hari ini.Kepala Tata Usaha (KTU) RS Kusta Sicanang Belawan. hanya seperti panu. kusta masih dianggap penyakit yang memalukan." ujarnya. Sebab." kata Endang usai seminar sehari bertajuk 'Pencegahan Cacat Akibat Kusta' di kantor Kementerian Kesehatan. Menkes: Tak Semua Orang Sadar Terjangkit Kusta Besar Kecil Normal TEMPO Interaktif.706 penderita dan jumlah kasus terdaftar sebanyak 20. "Pengobatannya juga kadang kurang tepat karena tidak mengetahui penyakitnya. merasa prihatin melihat kondisi para penderita penyakit kusta itu karena mereka terbengkalai.734. Bahkan warga yang berdomisili di sekitar rumah sakit. Begitu juga fasiltas gedung diakuinya sudah rusak parah dan perlu perbaikan menyeluruh.Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan tidak semua orang sadar bahwa dirinya terjangkit penyakit kusta. Sumatera Utara. mengatakan rumah sakit tersebut ada menerima APBD Tahun 2009 dan 2011. namun pengakuan pegawai dan penderita kusta itu benar. Angka itu menurun jika dibandingkan dengan tahun 2009 yang mencatat kasus baru sebanyak 17. senilai Rp7.260 penderita dan kasus terdaftar sebanyak 21. bagi sebagian masyarakat. Karena itu. Saat hal ini mau dikonfirmasi dengan Kepala UPT RS Kusta Sicanang. jika terlambat. "Karena gejala awalnya tidak spesifik. Lindung Siagian. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan. pada tahun 2010 jumlah kasus baru penyakit kusta tercatat sebanyak 10. tidak berhasil dan sejumlah pegawai mengaku kepala UPT jarang masuk kantor tanpa alasan yang jelas.000 penduduk.

15:04:34 WIB  Sopyan. Menyambut Tahun Baru Masih Tetap di Pangkuan Ibunya 26-Des-2007. 02:25:34 WIB  Terapi Bugar Ala Qi Gong di Perguruan Shaolin Sunter 27-Des-2007. Berharap Ada Perbaikan Pada Pelayanan Kesehatan Masyarakat 28-Des-2007. 07:15:37 WIB .

14:52:20 WIB  PAN DKI Sambut Hari Ibu dengan Jalan Sehat 22-Des-2007. 23:06:55 WIB BERITA LAINNYA LOWONGAN KERJA Kepala Gudang Garment 14 Jul 2011 16:00 WIB Dicari Pekerja Salon Langsung Kerja 17 Mar 2011 01:00 WIB HUKUM SBY tak Resah. 15:12:45 WIB  Benarkah Manisan Coklat Membuat Lebih Baik? 23-Des-2007. Muhaimin Disebut 3 Terdakwa 20 Nov 2011 17:30 WIB Kasus Narkotika Dominasi Penghuni Lapas Nunukan 20 Nov 2011 17:24 WIB PUISI Sajak Messi 21 Nov 2011 16:03 WIB Sajak Torres 21 Nov 2011 16:02 WIB . 01:09:27 WIB  Manfaat Musik Klasik bagi Kesehatan 20-Des-2007. 02:03:55 WIB  MUSIK: Nenek Moyang Pengobatan 21-Des-2007. Penemuan Vaksin Bebentuk Bubuk 23-Des-2007. 23:13:26 WIB  Tujuh “Mitos Kesehatan” Terungkap 22-Des-2007.

Pada tahun 1952. terminologi ini digunakan oleh da Silva Lima dari Bahia. sukhapakla. dactylolysis pada jari kaki (paling sering mengenai jari kelima) ditimbulkan oleh trauma. untuk melaporkan kasus pertama yang dipublikasikan. Penyebab Pada true ainhum.PARIWISATA KabarIndonesia Google KESEHATAN Ainhum: Penyakit Ajaib yang Mirip Kusta Oleh : Dr. yang berhubungan dengan berjalan tanpa alas kaki di daerah tropis.Pengantar Asal kata ainhum belum jelas. autoamputation of a digit. Fibrotic band berkembang berkembang dari flexural groove dan menjalar ke seluruh radius jari kaki sehingga terjadi otoamputasi (terlepas sendiri) secara spontan. Wells dan Robinson mengusulkan 4 sumber yang jelas (distinct sources) tentang konstriksi annular pada jari-jemari. Sumber-sumber itu meliputi: . 21:36:59 WIB KabarIndonesia . Dito Anurogo | 11-Des-2007. Pada tahun 1867. Sinonim Dactylolysis spontanea. Brasil. Definisi Otoamputasi jari. bankokerend. Kata ainhum berarti celah (fissure) dalam bahasa suku Nagos di Brasil. hasil dari kerutan jaringan parut dalam bentuk band atau groove. annular constriction of a digit. biasanya jari kelima pada kaki bilateral. Ada kemungkinan terminologi "ainhum" berhubungan dengan kata "ayun" yang berarti "gergaji" dalam bahasa suku Lagos di Nigeria.

tulang menyempit hingga mengalami fraktur dan otoamputasi.Di Amerika Serikat. pengerasan kulit pada jari kaki akibat sepatu sempit (yang disebut corn atau clavus) timbul di daerah medial lipatan plantar pada jari kaki (biasanya jari kelima) yang berkembang menjadi fissure atau groove yang sempit.Akhirnya.Morfea 4. pian. riset terbaru menyatakan tidak ada preferensi jenis kelamin.Penelitian di Nigeria mengungkapkan insiden 2.08 kasus per 1000 wanita. 3.Lepra (kusta) 2. Stadium keempat ditandai dengan otoamputasi tanpa perdarahan (bloodless autoamputation) pada jemari kaki di daerah encircling band.Tanda awal dari fissure yang amat nyeri di bawah jemari kaki terkadang tidak spesifik. 2.annular scaring dari frostbite/cryopathy. dapat disertai peningkatan jaringan fibrosa yang makin lama makin menipis (increasingly slender thread of fibrous tissue). Diagnosis Banding 1. 3. dengan pembengkakan distal.Jemari kaki berputar (rotated).Ainhum dapat timbul pada semua ras.1. Groove ini menjadi dalam dan perlahan melingkari jemari kaki. Stadium kedua terjadi lebih cepat karena pada jemari kaki terbentuk globular distal sampai ke groove. sindrom torniquet) . atau yaws) Permasalahan lain untuk dipertimbangkan 1. namun dominan pada kulit hitam. Diagnosis Pasti Diagnosis pasti ainhum ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik dan manifestasi radiografi yang berupa: Mula-mula tampak band radiolusen menekan dasar jemari kaki yang terkena. "mencakar" (clawed). kira-kira 130 kasus yang telah dilaporkan.Pitiriasis Rubra Pilaris 5. Pada akhirnya. dengan gambaran yang makin menyempit (tapering effect). 5. 2.congenital bands Epidemiologi 1. 4.true ainhum 3. Pada stadium ketiga.Sifilis 7.Patek (framboesia. dan dorsifleksi pada sendi metatarsophalangeal.Trauma (luka bakar. Proses fissure menjadi dalam berhubungan dengan rasa nyeri pada 78% pasien namun rasa nyeri ini kurang hebat jika dibandingkan dengan stadium ketiga. keracunan ergot.constricting bands yang mirip ainhum 4. rata-rata insidennya 0. yang berhubungan dengan penyempitan arteri dan penyerapan (resorption) tulang. Stadium Cole (1965) membagi 4 stadium klinis ainhum: Pada stadium awal. nyeri karena udara dingin/"radang dingin"/frostbite. luka bakar. 2.Progressive constriction di dasar jemari kaki dengan edem distal merupakan diagnostik ainhum. atau trauma.Constricting bands kongenital pada bayi dan anak-anak 2.2% sampai 2%. Proses atau perkembangannya mungkin lambat dan dapat terjadi pada permulaan masa anak-anak. tulang memisah pada persendian disertai hipermotilitas jemari kaki. Pemeriksaan Fisik 1.Porokeratosis 6. sebelum jemari kaki lepas. 4.Di Afrika. Meskipun demikian.Ainhum yang matured biasa terjadi pada mereka yang berusia 30-50 tahun.48 kasus tiap 1000 pria dan 1. Osteolisis berkembang di daerah distal atau pertengahan tulang jari (midphalanx). Rasa nyeri amat hebat.Lupus Eritematosus Diskoid 3.

Penyempitan (constricting). Pembedahan terbaik dengan teknik Z-plasty. porokeratosis Mibelli) 6. penyakit Raynaud.</p> .Pseudoainhum merupakan kondisi mirip ainhum yang terjadi sebagai peristiwa sekunder hasil dari penyakit nonherediter dan herediter tertentu yang menyebabkan konstriksi annular pada jarijari.Endokrin (misalnya: diabetes mellitus) Terapi Pada ainhum stadium dini. Diterapi dengan etretinate Perlu 6 Tindakan Agar Kusta Tak Bikin Cacat Permanen Vera Farah Bararah .Pityriasis rubra pilaris 7. 3.Jika lebih dari dua jemari kaki yang terkena ainhum. mal de Meleda. pengobatan definitive untuk ainhum adalah amputasi pembedahan (jika belum otoamputasi). lepra/Hansen's disease) 5.Pachyonychia kongenital 8. hiperkeratosis akral fokal. Pemisahan (division) fibrous band pada ainhum stadium dini dilaporkan dapat mengurangi nyeri. retakan (fissuring). pengobatan dengan ointment applications asam salisilat dan injeksi steroid intralesi (triamcinolone acetonide suspension 20-40 mg/mL) untuk mengurangi nyeri.Beberapa kasus ainhum ditemukan herediter/familial (dipengaruhi faktor keturunan).Dermatofitosis kompleks 2. yang membebaskan constricting base melalui Z-shaped repair setelah amputasi pembedahan.Celah yang terjadi di bawah kaki seringkali diinterpretasikan sebagai trauma atau infeksi.3.detikHealth <p>Your browser does not support iframes. lupus eritematosus) 4. 4.Penyakit jaringan konektif (misalnya: skleroderma. Jika ditemukan terlambat.Keratoderma (Keratoderma hereditarium mutilans. Catatan 1. maka akan mempengaruhi penderita saat berjalan. sehingga membuat ainhum tetap sulit untuk dikenali (didiagnosis). Komplikasi 1. diskoid. 2.Infeksi (misalnya: sifilis.Infeksi sekunder 3. dan hilangnya jemari dapat juga merupakan manifestasi penyakit kaki lainnya. morfea.

" imbuhnya. Dan masyarakat sebaiknya tidak mengasihani penyandang disabilitas. Jakarta. 5. tapi membantunya agar bisa mandiri sehingga bisa bekerja dan menghidupi diri serta keluarganya. Kusta adalah penyakit menular. 4. Penderita yang mengalami cacat permanen sering terisolasi karena masyarakat takut penyakitnya menular. saraf tepi dan jaringan tubuh lain. . 6. tingkat 1 berupa mati rasa pada telapak tangan atau telapak kaki dan tingkat 2 ada cacat berupa kelopak mata tidak menutup. 3. 2. dikucilkan. Penemuan dini penyakit kusta Melakukan pengobatan yang tepat dan teratur Mendeteksi dini terhadap adanya komplikasi Penanganan Perawatan Rehabilitasi "Jika sudah terjadi cacat umumnya penderita akan dijauhi. jari tangan maupun kaki memendek. Sabtu (26/2/2011) menuturkan ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah kecacatan akibat kusta yaitu: 1. Untuk mencegah kecacatan akibat kusta perlu dilakukan enam tindakan. MPH. DrPH dalam acara pembukaan seminar sehari Pencegahan Cacat Akibat Kusta di gedung Kemenkes. Tingkat kecacatan kusta ini meliputi beberapa tingkat yaitu tingkat 0 yang berarti normal. diabaikan oleh keluarga dan sulit mendapatkan pekerjaan. Menkes dr Endang Rahayu Sedyaningsih.(Foto:thinkstock) Jakarta. Kusta merupakan salah satu penyakit menular yang bisa menyebabkan kecacatan permanen pada penderitanya. sehingga mereka akan sangat tergantung secara fisik dan finansial pada orang lain. "Salah satu target yang ingin dicapai adalah menurunkan cacat tingkat 2 atau cacat yang kelihatan pada penderita kusta. menahun yang disebabkan oleh kuman kusta (mycobacterium leprae) yang menyerang kulit. bengkok dan luka." ungkap Menkes. Jika tidak terdiagnosis dan diobati secara dini akan menimbulkan kecacatan menetap.

Menurut dr Handoko. Rabu (26/5/2010).P. "Sampai saat ini masih ada 14 provinsi dengan proporsi kusta yang tinggi di indonesia. seperti Jawa Timur. takut mendekati orang sehat dan lebih suka berada dalam kelompoknya sendiri. orang tidak mau berobat karena malu sehingga pengobatan menjadi terlambat serta pengobatan yang tidak tepat. Beberapa stigma negatif itu di antaranya adalah: 1. Sampai-sampai muncul ketakutan berlebihan pada kusta atau Leprofobi.271 penderita pada tahun 1990 menjadi 21. Karena perlakuan diskriminatif yang seperti itu.026 penderita tahun 2009. "Ketika penderita kusta dikucilkan. penderita yang memang sakit kusta. dr. Jl Dr Sitanala Tangerang.leprae). Hansen sehingga disebut juga Hansen Disease. Bukan saatnya lagi penderita atau mantan penderita kusta dikucilkan. Tidak bisa disembuhkan Kusta merupakan penyakit kuno yang sudah dikenal di China. dr Handoko yang telah menangani kusta sejak tahun 1980 mengungkapkan sejumlah stigma dan anggapan yang ternyata tidak sesuai dengan fakta ilmiah. penderita kusta menjadi takut diketahui jika menyandang kusta. Subuh menuturkan ada kesan penyakit ini terabaikan serta adanya ketidaktahuan masyarakat dari sisi pengetahuan tentang penyakit kus Tangerang. Kedua. Penyakit ini ditemukan pada tahun 1879 oleh G. maka sebetulnya ada 2 pihak yang sakit. Stigma negatif terhadap penyakit kusta atau lepra seharusnya sudah dibuang jauh-jauh. Mengucilkan orang kusta adalah pertanda masyarakatnya 'sakit'. Masyarakat menjadi takut tertular.A. masyarakat itu sendiri juga sakit. Beberapa penyebabnya karena pengetahuan masyarakat yang kurang dan menganggap kusta sebagai penyakit biasa karena tidak ada gejala yang khas. Meski demikian masih ada kesulitan dalam menemukan kasus kusta baru. Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya terobosan untuk mempercepat eliminasi kusta dengan melaksanakan penemuan penderita secara pasif dan aktif. Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. tidak mau menerima hasil karya dari penderita kusta dan yang lebih parah mengucilkan penderita kusta dari setiap segi kehidupan sosial. Mesir dan India sejak zaman prasejarah. kurangnya informasi yang benar membuat stigma itu tetap terpelihara lama.H. Jawa Tengah. Kusta merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae (M." ujar dr H M Subuh MPH selaku Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes.Menkes mengungkapkan saat ini prevalensi kusta di indonesia menurun sebesar 81 persen dari 107. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan RS Kusta Sitanala Tangerang saat ditemui detikHealth di RS Kusta Sitanala. Handoko Soewono. Sebuah arsip sejarah yang . Penyakit ini banyak disebutkan di berbagai kitab suci maupun arsip sejarah." ungkap dr J. Pertama.

3. serta sensasi baal atau mati rasa pada area yang lebih luas. dr Handoyo mengatakan. . rifampisin dan klofazimin sebagai standard pengobatan kusta masa kini. tangannya tertusuk jarum maupun terbakar puntung rokok. Leprae menular melalui pernapasan dan kontak kulit. bakteri tersebut bisa mencemari udara hingga radius 6 meter dari seorang penderita. Dalam 2x24 jam. Dengan kondisi semacam itu penderita kusta tidak akan sadar ketika kakinya menginjak paku.ditulis tahun 600 SM tercatat sebagai arsip tertua yang menyebutkan penyakit kusta. bakteri M. Luka yang tidak disadari semacam ini umumnya berkembang menjadi infeksi yang parah. atau bahkan tidak punya sama sekali. Baru pada tahun 1981. yakni kulit dan syaraf. Sementara gejala yang lebih parah akan muncul ketika infeksi bakteri telah mencapai saraf yang bersifat permanen." terang dr Handoyo. kelainan semacam itu hanya terjadi pada sekitar 3. cara penularan penyakit kusta memang belum diketahui pasti. Namun ilmu pengetahuan juga mengungkap bahwa infeksi bakteri M. dan tidak mungkin tertular. Menyebabkan cacat fisik Ada 2 lokasi yang diserang oleh penyakit kusta.5 persen manusia sebetulnya kebal terhadap penyakit kusta. penyakit kusta ibarat suratan takdir yang tidak bisa dilawan. penderita akan menghabiskan sisa hidupnya bersama penyakit kronis tersebut dan bahkan kadang-kadang dikucilkan agar tidak menularkan penyakitnya. Mudah menular Hingga kini.5 persen populasi manusia di seluruh dunia. "WHO menjamin kemanjuran MDT. Namun diduga. Padahal bagian tersebut banyak digunakan untuk beraktivitas. Secara keseluruhan. Pengobatan selanjutnya tinggal membersihkan bakteri yang bersembunyi di syaraf. penderita kusta sudah bersih di permukaan dan tidak mungkin menularkan penyakitnya. Leprae hanya terjadi pada orang yang punya kelainan pada sistem kekebalan alami tubuh. Jadi efek cacat tersebut didapat secara tidak langsung. Ini berarti 96. sehingga rentan mengalami luka. Di antaranya adalah kekakuan otot terutama di jemari. WHO merekomendasikan kombinasi dapsone. Seorang bisa tertular kusta jika memiliki sistem imunitas yang tidak sempurna. Kombinasi yang kini dikenal sebagai Multiple Drug Therapy (MDT) ini didistribusikan secara gratis oleh WHO ke seluruh dunia. dan menyebabkan kerusakan atau cacat di bagian tersebut. Pada kulit menyebabkan bercakbercak yang terkadang mirip kudis ataupun panu dan bersifat semntara. Pada masa itu. Karena belum ada obat yang bisa menyembuhkan. Tangan dan kaki merupakan organ yang paling sering mengalami baal atau mati rasa permanen. 2. Bercak tersebut terasa agak baal (kebal atau mati rasa) dibandingkan permukaan kulit yang lain di sekitarnya.

baik dengan obat maupun cara lain. Namun demikian. termasuk pada sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terinfeksi kusta. gizi dan kemiskinan bukan satu-satunya faktor pemicu. . Upaya-upaya semacam itu seringkali mengakibatkan bayi lahir dengan kecacatan. Meski tidak dominan. ada beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan kelainan pada sistem pertahanan tubuh.4. Salah satunya adalah upaya menghentikan kehamilan yang tidak diinginkan. Penyakit orang miskin Kemiskinan erat kaitannya dengan gizi masyarakat. faktor paling dominan yang menyebabkan kelainan sistem kekebalan tubuh pada endemi kusta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful