[Panduan Co-ops/Magang | SI Teknik Mesin STT-PLN

]

PANDUAN MAGANG

PROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESIN SEKOLAH TINGGI TEKNIK-PLN JAKARTA 2011

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN]

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Pengertian Co-ops/Magang Co-ops/Magang adalah suatu kegiatan terstruktur yang dilakukan oleh mahasiswa di lapangan yang harus ditempuh sebagai salah satu persyaratan dalam kurikulum. Kegiatan yang dilakukan meliputi kerja magang di suatu perusahaan, dan pembuatan laporan Co-ops/Magang yang harus dipresentasikan setelah laporan disusun. Penyusunan laporan Co-ops/Magang akan dibimbing oleh 1 (satu) orang pembimbing dari jurusan dan 1 (satu) orang pembimbing dari tempat Co-ops/Magang. 1.2. Tujuan Co-ops/Magang Sesuai persyaratan kurikulum Jurusan S1 Teknik Mesin STT-PLN, semua mahasiswa wajib melakukan Co-ops/Magang. Co-ops/Magang merupakan salah satu persyaratan untuk mengambil Laporan Co-ops/Magang di Jurusan Teknik Mesin STT-PLN. Tujuan umum dari pelaksanaan kerja Co-ops/Magang adalah : a). Untuk memperkenalkan kepada mahasiswa suasana kerja dan turut serta bekerja di perusahaan tempat Co-ops/Magang di lapangan b). Untuk mengembangkan daya nalar dan mengenali penerapan ilmu yang telah diperolehnya dibangku kuliah dibandingkan dengan kenyataan sehari-hari dilapangan atau diperusahaan.

1.3.

Materi Co-ops/Magang Sesuai dengan salah satu tujuan Co-ops/Magang adalah untuk mengetahui

penerapan ilmu di lapangan. Ciri khas dari kurikulum Teknik Mesin STT-PLN adalah konversi energi. Oleh karena itu materi Co-ops/Magang harus ada kaitan langsung dengan mata kuliah konversi energi, atau penerapan ilmu keteknikan di kurikulum Teknik Mesin. Penerapan ilmu pengetahuan dimaksud misalnya materi Co-ops/Magang terkait dengan masalah : (a) PLTU, PLTG, PLTGU, PLTA, PLTP (b) Teknik Pendingin, 2

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] (c) Pompa dan Kompressor, (d) Manajemen Operasi dan Manajemen Pembangkit, (e) Pemeliharaan Pembangkit, (f) maupun materi lain yang terkait langsung dengan materi kuliah.

1.4.

Tempat dan Waktu Co-ops/Magang a). Objek tempat Co-ops/Magang harus merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi atau pabrik yang sifatnya manufaktur, bukan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. b). Jangka waktu pelaksanaan Co-ops/Magang minimal 3 (tiga) bulan hari kerja dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan tempat Co-ops/Magang. c). Waktu pelaksanaan Co-ops/Magang disesuaikan dengan waktu yang disediakan oleh perusahaan. d). Pelaksanaan mata kuliah Co-ops/Magang yang dimulai dari proses pendaftaran hingga presentasi, dan penjilidan laporan dilaksanakan dalam waktu 1 (satu) semester. Bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan dalam jangka waktu 1 (satu) semester maka ketua jurusan menentukan : 1) Co-ops/Magang dilanjutkan semester berikutnya ditempat sama, mahasiswa mendaftar ulang KRS. 2) Co-ops/Magang dilanjutkan dengan mengganti tempat kerja magang dan pembimbing dan proses dilakukan mulai dari awal

.

3

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN]

BAB II PROSEDUR CO-OPS/MAGANG
2.1. Persyaratan Co-ops/Magang Sesuai dengan Buku Pedoman Pendidikan dan Peratuan Kemahasiswaan dan Petunjuk Teknis Program S1 Teknik Mesin, persyaratan Co-ops/Magang terdiri atas persyaratan administrasi dan persyaratan akademik. a. Persyaratan Administrasi : 1). Membayar BPP Pokok dan Biaya Kemahasiswaan semester yang bersangkutan 2). Membayar SKS Co-ops/Magang dan SKS lainnya, bila masih menempuh mata kuliah b. Persyaratan Akademik 1) mata kuliah Co-ops/Magang tercetak pada KRS 2) lulus semua mata kuliah minimal 120 sks 3) Telah lulus semua mata kuliah praktikum. 4) Tidak boleh mengambil mata kuliah teori kecuali skripsi.

2.2.

Bagan Alir Co-ops/Magang Secara garis besar, prosedur pelaksanaan Co-ops/Magang di Jurusan

Teknik Mesin STT-PLN diperlihatkan pada bagan alir pelaksanaan Coops/Magang. Prosedur tersebut terdiri atas dari pendaftaran peserta, pembekalan, pelaksanaan Co-ops/Magang, pembimbingan, dan presentasi ujian laporan Coops/Magang.

4

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 5 .

e) Pengangkatan dosen Dosen Pembimbing Co-ops/Magang dari jurusan beserta mahasiswa yang dibimbing ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Ketua (SK) Ketua STT-PLN atas usul dari Ketua Jurusan. f) Seorang dosen pembimbing dari jurusan.3. Persyaratan Co-ops/Magang 2.1. dalam satu semester diperbolehkan membimbing maksimum 5 (lima) orang mahasiswa.1. Dosen Pembimbing Co-ops/Magang a) Bimbingan Co-ops/Magang merupakan kegiatan institusional antara dosen dengan mahasiswa yang berupa pemberian arahan kepada mahasiswa dalam pelaksanaan Co-ops/Magang mulai dari penentuan lokasi.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 2. dengan mengisi formulir pendaftaran sebagaimana terlampir. materi laporan. g) Tugas-tugas dosen pembimbing Co-ops/Magang adalah : 1) Memberikan pengarahan secara umum kepada mahasiswa tentang ruang lingkup masalah Co-ops/Magang.3. mahasiswa harus memprogram ulang mata kuliah Co-ops/Magang d) Syarat-syarat pendaftaran dimaksud dapat dilihat pada Sub-Bab 2. b) Waktu pendaftaran peserta Co-ops/Magang dilaksanakan setelah mahasiswa mengisi KRS c) Apabila semua persyaratan Co-ops/Magang tidak dipenuhi. Pendataran dan pembekalan 2. d) Dosen pembimbing penyusunan laporan adalah dosen pembimbing dari jurusan yang ditunjuk oleh pimpinan jurusan untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam pembuatan laporan Co-ops/Magang. materi Co-ops/Magang. dan penyusunan naskah laporan Co- ops/Magang b) Mahasiswa yang melaksanakan Co-ops/Magang dibimbing oleh dua orang pembimbing. dan 6 . c) Pembimbing perusahaan lapangan untuk adalah pembimbing dan yang ditunjuk oleh membimbing mengarahkan mahasiswa melaksanakan Co-ops/Magang di lapangan. yaitu pembimbing lapangan dan pembimbing dari jurusan.3.2. Pendaftaran Peserta Co-ops/Magang a) Mahasiswa mendaftar peserta Co-ops/Magang ke jurusan.

b) Jurusan membuat surat permohanan kepada instansi kepada instansi yang dituju setelah mendapatkan rekomendasi atau persetujuan dari dosen pembimbing c) Bila permohonan tempat Co-ops/Magang ditolak oleh instansi yang bersangkutan. Lapangan atau laboratorium yang disesuaikan dengan rencana materi Coops/Magang. 7 .3. Ruang Peraga. Pembekalan a) Setiap mahasiswa yang akan melaksanakan Co-ops/Magang wajib mengikuti kegiatan pembekalan.3. 2.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] hal-hal lain yang dianggap penting pada saat melaksanakan KP di lapangan 2) Memberikan pengarahan dan bimbingan mahasiswa dalam menyusun laporan Co-ops/Magang 2. Hal ini tercatat dalam kartu konsultasi.4. mahasiswa harus memproses ulang dari awal yang berkaitan dengan penentuan lokasi dan materi Co-ops/Magang dengan berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Penentuan Tempat Co-ops/Magang a) Dalam menentukan lokasi tempat Co-ops/Magang dan materi Coops/Magang mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen pembimbing minimal 4 kali. mahasiswa yang bersangkutan harus memberitahukan kepada Ketua Jurusan dengan sepengetahuan dosen pembimbing sesuai format terlampir. b) Pembekalan adalah suatu kegiatan yang berupa pengenalan alat dan peralatan yang berkaitan dengan materi Co-ops/Magang yang nantinya akan dijumpai di lapangan c) Pembekalan dilaksanakan oleh tim yang ditunjuk oleh Ketua yang ditetapkan dengan Surata Keputusan (SK) Ketua STT-PLN d) Pembekalan dilakukan di Operation Room.3. d) Jika mahasiswa peserta Co-ops/Magang belum mendapatkan tempat Co-ops/Magang sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

departemen tempat penempatan. Proses Bimbingan di Lapangan a) Proses bimbingan Co-ops/Magang terdiri atas bimbingan lapangan dan bimbingan penyusunan naskah laporan Co-ops/Magang. e) Semua laporan kegiatan selama Co-ops/Magang di laporkan tersendiri pada bab tersendiri dalam naskah laporan Co-ops/Magang.1. c) Kegiatan proses pembimbingan di lokasi Co-ops/Magang dilaksanakan sekurang-kurangnya 4 (empat) kali. b) Setiap mahasiswa dalam melaksanakan Co-ops/Magang di lapangan wajib mematuhi semua peraturan yang berlaku di perusahaan. sampai dengan akhir kegiatan Co-ops/Magang.2. dan materi bimbingan di catat dalam Kartu Konsultasi dengan format seperti tercantum pada lampiran. Penyusunan Laporan Co-ops/Magang 2.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 2. Pelaksanaan Co-ops/Magang 2.4. 2. b) Mahasiswa peserta Co-ops/Magang wajib mencatat setiap kegiatan proses bimbingan di lokasi Co-ops/Magang mulai dari awal kegiatan. Pelaksanaan Co-ops/magang di Lapangan a) Jangka waktu pelaksanaan Co-ops/Magang minimal 3 (tiga) bulan hari kerja dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan tempat Co-ops/Magang. peserta Co- ops/Magang wajib membuat laporan kegiatan harian mulai dari saat diterima di perusahaan sampai dengan akhir kegiatan Co-ops/Magang d) Dalam laporan kegiatan ini harus memuat informasi tentang hari/tanggal. 8 .1. 2. Kegiatan yang dimaksud untuk dicatat dalam proses pembimbingan adalah kegiatan yang terkait langsung dengan materi laporan Co-ops/Magang.4. c) Dalam pelaksanaan Co-ops/Magang di lapangan.5. Waktu pelaksanaan bimbingan.5. jenis kegiatan dengan menggunakan format sebagaimana terlampir.4. Pelaksanaan Penyusunan Laporan Co-ops/Magang a) Setelah selesai melaksanakan Co-ops/Magang lapangan. untuk lebih jelasnya lihat BAB III. setiap mahasiswa wajib menyusun laporan Co-ops/Magang.

Pembimbing Co-ops/Magang tidak boleh menjadi ketua atau sekretaris sidang. Waktu pelaksanaan bimbingan.6.2. 2.1. 2. Tim Penguji Co-ops/Magang a) Tim pelaksana Co-ops/Magang terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu seorang ketua Sidang. Presentasi Laporan Co-ops/Magang 2. yang ditetapkan dengan surat keputusan (SK) Ketua.6. Proses Bimbingan Penyusunan Laporan Co-ops/Magang a) Dosen pembimbing jurusan bertanggung jawab atas pembimbingan penyusunan naskah Laporan Co-ops/Magang b) Proses bimbingan penyusunan naskah Laporan Co-ops/Magang adalah kegiatan intruksional yang berupa konsultasi antara mahasiswa dan dosen c) Mahasiswa wajib mencatat setiap kegiatan proses bimbingan yang dimulai awal yakni pada saat penentuan lokasi dan materi Coops/Magang sampai dengan akhir kegiatan penyusunan naskah Laporan Co-ops/Magang. d) Kegiatan proses pembimbingan di lokasi Co-ops/Magang dilaksanakan sekurang-kurangnya 4 (empat) kali.6.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] b) Setiap naskah laporan Co-ops/Magang wajib dikonsultasikan dengan dosen pembimbing lapangan dan dosen pembimbing dari jurusan c) Dalam menyusun laporan naskah Laporan Co-ops/Magang mahasiswa harus berpedoman pada format penyusunan laporan pada Bab III. sekretaris sidang dan pembimbing. dan materi bimbingan di catat dalam Kartu Konsultasi dengan format seperti tercantum pada lampiran. 2. Pendaftaran Presentasi Laporan Co-ops/Magang a) Mengisi formulir pendaftaran presentasi laporan Co-ops/Magang sesuai dengan format terlampir. b) Mahasiswa peserta sidang Co-ops/Magang adalah mahasiswa yang namanya tercantum pada jadwal sidang Co-ops/Magang yang sesuai 9 .5.2. b) Mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing c) Menyerahkan buku naskah laporan Co-ops/Magang yang telah dijilid dengan soft cover sebanyak 3 (tiga) buku.

6. Laki-laki berpakaian lengan panjang dan berdasi. dengan alokasi waktu : 1) Presentasi oleh mahasiswa 2) Tanya jawab per penguji 3) Rapat penguji : 10-15 menit : 15-20 menit : 5-10 menit wajib dihadiri oleh mahasiswa peserta d) Tugas pokok mahasiswa peserta sidang Co-ops/Magang adalah : 1) Berpakaian rapi dan sopan.3. c) Waktu pelaksanaan prsentasi Co-ops/Magang sekurang-kurangnya adalah 1 (satu) jam per mahasiswa. e) Hasil sidang Tim penguji Co-ops/Magang berupa nilai rata-rata ketiga orang penguji dicatat dalam berita acara sidang.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] dengan daftar peserta kuliah Co-ops/Magang sesuai semester yang berjalan c) Semua anggota tim Penguji sidang laporan Co-ops/Magang berhak mengajukan pertanyaan. maka ujian sidang dibatalkan 3) Menyampaikan presentasi materi Co-ops/Magang dalam bentuk power point 4) Menjawab semua pertanyaan penguji secara lisan dengan jelas 5) Mencatat semua saran-saran dari penguji 10 . b) Sidang Co-ops/Magang presentasi dan tim penguji. Apabila mahasiswa tersebut belum/tidak hadir sesuai jadwal yang ditentukan. dan perempuan menyesuaikan 2) Peserta presentasi wajib hadir sebelum 30 menit sebelum sidang presentasi dimulai. d) Bilamana perlu dosen pembimbing lapangan akan dihadirkan sebagai penguji tamu. 2. Pelaksanaan Sidang Co-ops/Magang a) Sidang Co-ops/Magang adalah suatu kegiatan instruksional untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami dan menguasai materi naskah Co-ops/Magang yang disusunnya dalam bentuk presentasi laporan Co-ops/Magang.

3) Memberikan nilai 4) Memberikan masukan tentang perbaikan yang harus dilakukan oleh mahasiswa 5) Mengikuti jalannya presentasi sampai selesai g) Tanggung Jawab Pembimbing Co-ops/Magang selama presentasi adalah : 1) Wajib hadir 15 menit sebelum presentasi dimulai dan mendampingi mahasiswa yang dibimbingnya selama mengikuti ujian presentasi Co-ops/Magang sampai dengan selesai 2) Memberikan masukan atau penjelasan kepada tim penguji bilamana dipandang perlu dengan seizin pimpinan sidang. dan dosen pembimbing diperbolehkan melakukan interupsi memberikan penjelasan atau pengarahan secara langsung kepada mahasiswa 11 . dan berpakaian rapi. Dosen penguji lain diperbolehkan melakukan interupsi memberikan pernyataan atau pengarahan secara langsung kepada mahasiswa peserta ujian dengan seizin ketua sidang. membuka dan menutup ujian 3) Bertanya secara lisan kepada mahasiswa peserta sidang tentang materi laporan Co-ops/Magang yang dibuatnya 4) Memberikan nilai 5) Memperhatikan waktu tanya jawab antara dosen penguji dan peserta presentasi 6) Memberikan masukan tentang perbaikan yang harus dilakukan oleh mahasiswa f) Tanggung jawab tim penguji Co-ops/Magang adalah : 1) Hadir minimal 15 menit sebelum presentasi. 2) Bertanya secara lisan kepada mahasiswa peserta sidang tentang materi laporan Co-ops/Magang yang dibuatnya setelah dipersilahkan oleh ketua sidang.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] e) Tanggu Jawab Ketua Tim Penguji Co-ops/Magang adalah : 1) Hadir minimal 15 menit sebelum presentasi dimulai 2) Bertindak sebagai moderator dan mengatur jalannya sidang.

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] peserta sidang pada saat mahasiswa menjawab pertanyaan dosen penguji dengan seizin pimpinan sidang. sebelum dihitung nilai akhirnya para penguji dan pembimbing melakukan musyawarah untuk memperkecil perbedaan nilai tersebut. Penilaian Co-ops/Magang a) Unsur penilaian Co-ops/Magang ditentukan oleh penguasaan materi KP dan presentasi Co-ops/Magang b) Sistem penilaian yang berlaku adalah : 1) Nilai akhir Co-ops/Magang ditentukan dengan cara melalui hasil sidang Tim penguji Co-ops/Magang berupa merata-ratakan bobot tertimbang nilai tertimbang yang diberikan oleh ketiga orang penguji dicatat dalam berita acara sidang 2) Perbendaan nilai antar penguji dan atau pembimbing maksimum adalah 20. Hasil Ujian sidang Co-ops/Magang Hasil pelaksanaan presentasi Co-ops/Magang dituliskan dalam berita acara ujian presentasi Co-ops/Magang.6. Jika ada perbendaan nilai lebih dari 20 antara sesama penguji atau dengan pembimbing.4.6. yang menyatakan bahwa mahasiswa bersangkutan : a) Laporan Co-ops/Magang diterima tanpa perbaikan b) Laporan Co-ops/Magang diterima dengan perbaikan c) Laporan Co-ops/Magang tidak diterima dan harus mengulang presentasi Co-ops/Magang 12 . c) Elemen-elemen yang dinilai oleh penguji dan pembimbing adalah : 1) Sikap dan menjawab pertanyaan dan presentasi dengan bobot 10 % 2) Penguasaan materi dasar dan tinjauan pustaka dengan bobot 20 % 3) Pengusaan materi Co-ops/Magang dengan bobot 30 % 4) Isi Co-ops/Magang dengan bobot 40 % 2.5. 3) Memberikan nilai 4) Mengikuti jalannya presentasi Co-ops/Magang sampai dengan selesai 2.

c) Tanda tangan dosen pembimbing.6. Tugas Mahasiswa Setelah sidang Co-ops/Magang a) Memperbaiki Laporan Co-ops/Magang jika ada sesuai masukan dari tim penguji b) Menyerahkan Laporan Co-ops/Magang dalam bentuk Hard Cover sebanyak 1 (satu) buah ke Sekretariat Jurusan. dosen penguji. d) Buku Laporan Co-ops/Magang dalam bentuk hard cover harus diserahkan ke jurusan paling lambat 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan Co-ops/Magang.6.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 2. 1 (satu) buah ke Perpustakaan STT-PLN. dan 1 (satu) buah CD yang memuat Laporan Co-ops/Magang dalam bentuk PDF secara lengkap. dan Ketua Jurusan pada buku hard cover harus asli. maka nilai Co-ops/Magang tidak akan diproses lebih lanjut. Jika mahasiswa tidak menyerahkan Buku Laporan Co-ops/Magang. 13 .

Pendahuluan 1. kerangka teori dan metodologi yang digunakan. Batasan Penelitian 1.1. Metodologi Penelitian Daftar Pustaka Jadwal Pelaksanaan 3. ruang lingkup penelitian.. Rumusan Masalah 1.5. Judul Judul harus mencerminkan isi dan materi dari magang. Hipotesis 1. Abstrak Memuat uraian singkat yang memuat tentang latar belakang. STRUKTUR PROPOSAL MAGANG Struktur atau format proposal Magang adalah : Halaman judul (Format lihat lampiran) Halaman pengesahan (Format lihat lampiran) Abstrak I.2.1. Tinjauan Pustaka III.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] BAB III PROPOSAL MAGANG 3. judul harus mudah dimengerti dan komunikatif 3. Tujuan dan Manfaat Penelitian II. tujuan.1.3. analisis secara kuantitatif dan hasil yang akan diharapkan pada magang yang akan 14 .1. Latar Belakang 1. judul harus unik artinya tidak serupa dan tidak sama tema lain yang sejenis.1.4.2.

Uraian pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti. Abstraksi dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dilengkapi dengan kata-kata kunci. harap dijelaskan pula ruang lingkup penelitian yang ingin diketahui melalui penelitian. hipotesis atau dugaan yang akan dibuktikan. Penulisan tujuan harus spesifik dan menyatakan sesuatu yang menunjukkan upaya kearah penyelesaian suatu masalah yang terjadi. asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian 3. Dalam perumusan masalah ini dapat dijelaskan definisi. 3. Oleh karena itu.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] dibuat. Perumusan Masalah Perumusan masalah dimulai dari identifikasi masalah yang merupakan masalah pokok yang diduga sebagai penyebab terjadinya masalahmasalah yang dikemukakan pada latar belakang masalah. sehingga memberikan informasi tentang permasalahan yang terjadi. 15 .1. tidak perlu dimulai dari retorika atau teori makro yang umumnya sudah biasa di masyarakat.1.3.1. Uraian atau penjelasan sebaiknya langsung pada objek yang akan diteliti baik secara mikro mauopun makro. Latar Belakang Bagian ini menceritakan apa yang mendorong peneliti untuk mengangkat suatu masalah sebagai obyek yang layak untuk diteliti.5. Penulisan latar belakang harus menggambarkan keadaan yang sesungguhnya yang terjadi di lingkungan tempat penelitian. 3. uraikan beberapa hal yang mendorong atau argumentasi penting yang menyebabkan mahasiswa memilih topik ini.4. Masalah pokok ini umumnya dapat disajikan dalam bentuk satu atau lebih kalimat tanya. Tujuan dan Manfaat Penelitian Uraian secara jelas tujuan dan manfaat penelitian yang hendak dicapai dari peneltian ini. Dalam menyusun perumusan masalah.

Hipotesis ini sangat membantu peneliti agar proses penelitiannya lebih terarah.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Tujuan penelitian harus mampu menjawab secara artificial pokok permasalahan yang akan diteliti. Oleh karena itu jelaskan secara jelas batasan-batasan penelitian yang bersumber dari identifikasi masalah. Oleh karena itu. 3. sehingga bahasa dan susunan kalimat yang termuat sesuai dengan literatur yang digunakan. Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka ini memuat definisi atau pengertian objek dan teori-teori yang akan digunakan untuk memecahkan masalah berdasarkan literatur atau kepustakaan.6. teori. rumus dan data yang diperlukan untuk kegunaan analisis. Hindari penjiplakan teori-teori yang digunakan. Hipotesis Hipotesis merupakan suatu pernyataan sementara akan dugaan jawaban yang paling memungkinkan dari penelitian yang akan dilakukan.8. Rumus-rumus yang digunakan diberi nomor. 16 . Sehingga keterbatasan pengetahuan peneliti dan waktu yang tersedia untuk melaksanakan penelitian merupakan batas masalah. Sebaiknya dalam bab ini memuat secara global rangkuman.1. dan analisisnya hanya dengan mempergunakan teori dan metode tertentu yang dikemukakan. . Batasan Penelitian Magang pada hakekatnya harus dapat diselesaikan dalam satu semester. 3. Perumusan hipotesis biasanya berbentuk kalimat tanya.7. Teori-teori yang mendukung pemecahan masalah adalah teori-teori yang sangat berhubungan dengan pemecahan masalah atau topikk yang akan dibahas.1. tidak semua masalah yang teridentifikasi dalam perumusan masalah dapat dan akan dicarikan solusinya ataupun akan diteliti lebih lanjut.1. 3.

atau paper yang dimuat dalam seminar. 2) Sub bab ditulis dengan huruf besar semua rata tepi kiri.2. kecuali abstrak dengan spasi 1 dan ditulis pada satu halaman. 3) Sub sub bab ditulis dengan huruf besar kecil rata tepi kiri. Dalam menyusun jadwal pelaksanaan.11.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 3. 3. 4) Bagian isi/teks. c) Jenis huruf adalah Times New Roman dengan ukuran huruf 1) Judul ditulis dengan huruf besar semua.1.. FORMAT PROPOSAL MAGANG Format penulisan proposal magang adalah sebagai berikut: a) Ukuran kertas A4 dengan berat minimal 70 gram. 17 .10. Tidak dibenarkan memasukan daftar pustaka yang tidak pernah dibaca.Jadwal Pelaksanaan Bagian ini memuat diagram waktu pelaksanaan magang. 3. 3. Bold. dengan spasi 1. Bold. kanan 3 cm. Cara membuat daftar pustakan lihat pada Bab IV. 12 pt.. ditulis dengan huruf besar kecil rata tepi kiri dan kanan. font 16 pt..Daftar Pustaka Daftar pustaka dapat terdiri atas buku literature. 12 pt. b) Margin : atas 4 cm. Metode penelitian ini sangat terkait dengan materi atau topik dari penelitian. ditengah atas halaman pertama. kiri 4 cm.9..1. Metodologi Penelitian Metodologi penelitian memuat langkah-langkah dan metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi. sebaiknya diupayakan penelitian ini harus dapat diselesaikan dalam satu semester.1. 12 pt.5 . jurnal penelitian. dicetak satu muka. Bold. bawah 3 cm.

3.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] d) Penomoran Bab dan Sub-Bab 1) Nomor BAB menggunakan angka Romawi yaitu : BAB I. contoh: Tabel 1. iii. misalnya : 1. Kedua e) Penomoran halaman 1) Halaman judul tidak diberi nomor halaman 2) Halaman pengesahan dan abstrak ditulis dengan angka romawi kecil (i.1 Sub-sub Bab I. TINJAUAN PUSTAKA. Pertama 1. Judul tabel diletakkan di atas tabel dan diawali dengan huruf kapital tanpa diakhiri tanda titik.2. Judul tabel diletakkan di tengah halaman. Sub-Bab I. Sub-Bab I. 2. ii. 3) Bagian isi proposal. 3) Penempatan tabel Jarak antara teks dengan judul tabel dan tabel adalah sebagai berikut : Teks 3 spasi Nomor dan judul tabel Tabel 3 spasi Teks 18 . BAB III. dst) di bagian tengah bawah. setiap halamannya diberi nomor urut dengan angka Arab (1. dan halaman selanjutnya ditulis di kanan atas. 2) Judul tabel harus merupakan kalimat yang ringkas. dst). PENDAHULUAN. Untuk bab baru nomor halaman ditulis di bawah bagian tengah. Tabel 2. f) Penulisan tabel: 1) Tabel diberi nomor angka yang berupa angka Arab yang menunjukkan urutan tabel pada bagian isi.1. METODOLOGI PENELITIAN 2) Sub-Bab dan Sub-sub bab menggunakan huruf Arab.1. Pertama 1. BAB II. dst.

Nomor rumus ditulis dengan angka Arab yang menunjukkan urutan rumus tersebut ditulis. contoh: Gambar 1. dst 19 . [3]. [2]. Setiap catatan kaki atau kutipan pernyataan atau definisi dari rujukan di Bab I atau Bab II yang berasal dari buku atau jurnal ditulis dengan angka Arab yang diletakkan dalam tanda “kurung kotak” yang menunjukkan urutan rujukan tersebut ditulis. Diagram alir metodologi penelitian 2) Judul gambar harus ringkas. Judul gambar diletakkan di tengah halaman. 3) Penempatan Gambar Jarak antara teks dengan judul gambar dan gambar adalah sebagai berikut: Teks 3 spasi Gambar Nomor dan judul gambar 3 spasi Teks h) Setiap rumus harus diberi nomor.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] g) Penulisan gambar: 1) Gambar diberi nomor yang berupa angka Arab yang menunjukkan urutan gambar pada bagian isi proposal. [1]. Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan diawali oleh huruf kapital diakhiri dengan tanda titik. Contoh : P RT a  v  b Tv 2 (1) h) Catatan Kaki.

90% bersumber dari bahan bakar fosil (energi minyak bumi). (2) tuntutan refrigeran non ODS (Ozon Depleting Substabce).[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Contoh : Menurut International Energy Agency permintaan energi dunia tiap tahunnya tumbuh dengan tidak terelakkan. Kebutuhan energi itu. dan (3) tuntutan refrigerant yang terlepas ke atmosfer yang disebabkan kebocoran mesin refrigerasi atau penggantian oleh reclining refrigerant [2]. Angka [1] [8] diatas menunjukkan nomor daftar pustaka i) Usulan penelitian dijilid rapi dengan plastik transparan di bagian atas dan kertas tebal berwarna biru tua kulit jeruk di bagian bawahnya 20 .7 % per tahun pada tahun 2000-2030. 60 % kebutuhan energi fosil didomunasi dari negara-negara berkembang terutama Asia [1]. Dewasa ini terdapat tiga hal yang mempengaruhi perkembangan mesin refrigerasi siklus kompresi uap saat ini yakni : (1) penghematan enegi. trend pertumbuhannya adalah sebesar 1.

Nama dan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). 4. 21 . yaitu halaman judul dengan bahasa Indonesia dan halaman judul dengan bahasa Inggris. Halaman Judul a) Halaman judul ada dua macam. Bagian akhir adalah Daftar Pustaka dan Lampiran. Bab II Gambaran Umum Perusahaan.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] BAB IV NASKAH LAPORAN CO-OPS/MAGANG Struktur naskah Laporan Co-ops/Magang dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu bagian permulaan. Pendahuluan. Bab V Komentar dan Saran. Judul Laporan Co-ops/Magang sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah Laporan Co-ops/Magang pada jurusan Studi Teknik Mesin Strata 1 (S-1). Bagian Permulaan Bagian permulaan terdiri dari: a) Halaman Judul b) Halaman Pengesahan Dosen Pembimbing c) Halaman Pernyataan Keaslian Co-ops/Magang d) Halaman Ucapan Terima Kasih e) Abstrak f) Kata Pengantar g) Daftar Isi h) Daftar Tabel i) Daftar Gambar j) Daftar Lampiran k) Daftar Istilah/Notasi 4. bagian isi dan bagian akhir. Bab III Penempatan.1.1. STT-PLN dan tahun penyusunan Co-ops/Magang (Lihat lampiran). b) Halaman judul memuat : LAPORAN CO-OPS/MAGANG. Jurusan Teknik Mesin.1. Total jumlah halaman Bagian isi naskah Laporan Co-ops/Magang antara 40-60 halaman. Bab IV Konsep Teori dan Penerapannya. Logo STT-PLN. Bagian isi terdiri dari Bab I.

Contoh format terlampir. tetapi tidak memuat logo STT-PLN b) Halaman pengesahan ini dimaksudkan bahwa naskah Laporan Coops/Magang siap untuk dipresentasikan. Pelanggaran atas pernyataan tersebut dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku di STT-PLN. Dibagian bawah ditulis persetujuan dosen pembimbing dan diketahui oleh Ketua Jurusan pada buku hard cover. e) Kalimat-kalimat yang ditulis dalam halaman judul harus simetri. b) Surat ucapan terima kasih ditanda tangani oleh mahasiswa yang bersangkutan. d) Nama penulis harus lengkap dan jangan disingkat. jurusan dan STT-PLN ditulis dengan huruf kapital. Halaman Pengesahan Dosen Pembimbing a) Halaman ini isinya sama dengan halaman judul berbahasa Indonesia. f) Judul Laporan Co-ops/Magang diharapkan memberikan gambaran mengenai Co-ops/Magang yang dilakukan. 4.2. mengandung unsur-unsur utama yang dibahas.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] c) Judul Laporan Co-ops/Magang dan nama program studi.1.15 kata. 22 . jelas dan setelah disusun dalam bentuk judul harus memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi pembaca. Contoh format surat ucapan terima kasih lihat lampiran. Format contoh halaman judul Lihat Lampiran 4. Ucapan Terima Kasih a) Halaman ini berisi ucapan terima kasih dari mahasiswa kepada dosen pembimbing lapangan dan dosen pembimbing dari jurusan. Contoh format halaman pengesahan lihat lampiran 4. dengan kata lain harus diletakkan ditengah-tengah daerah pengetikan.4. Pernyataan Keaslian Laporan Co-ops/Magang a) Merupakan pernyataan mahasiswa yang bersangkutan bahwa Laporan Co-ops/Magang yang dibuatnya bukan tiruan atau duplikasi baik keseluruhan atau sebagian dari karya orang lain. b) Surat pernyataan keaslian Laporan Co-ops/Magang tersebut harus ditulis pada kertas yang diberi materai dan ditanda tangani oleh mahasiswa yang bersangkutan.1.3. Panjang judul terdiri atas 5 . g) Nomor halaman tidak perlu dicantumkan. Oleh karena itu pilihan katanya harus tepat.1.

gambar. Kata Pengantar Kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang secara langsung membantu dalam pelaksanaan Laporan Co-ops/Magang selain dosen pembimbing seperti pihak-pihak yang membiayai. Abstrak dalam bahasa Inggris isi dan tata cara penulisannya sama dengan abstrak dalam bahasa Indonesia. 4. diletakkan langsung dibawah baris terakhir dari abstrak. Penempatan abstrak dalam bahasa Inggris pada halaman setelah abstrak dalam bahasa Indonesia. Daftar Isi Daftar isi disusun secara teratur urut menurut nomor halaman yang memuat semua isi Laporan KP yang meliputi bagian permulaan.1. Kata kunci terdiri atas beberapa kata. tidak perlu diberi ucapan terima kasih. abstrak atau disiplin ilmu.5 spasi. Abstrak disusun dalam beberapa paragraf dan panjangnya tidak lebih dari 200 kata yang diketik satu spasi. dan tanggapan dan saran.5. Judul Daftar Isi diketik dengan huruf kapital dan ditempatkan ditengah-tengah.6. Susunan daftar isi menyusul 3 spasi dibawahnya. sedangkan antar sub bab dengan 1. Abstrak berisi penjelasan tentang judul. tidak ada pengacuan pada pustaka. konsep teori dan penerapan. Pengetikan antar bab diantara dengan 3 spasi. Judul setiap bab diketik dengan huruf kapital dan judul sub bab hanya huruf pertama setiap kata yang diketik dengan huruf kapital. c) Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. maksimum satu baris. pihak-pihak terkait lainnya seperti tempat kerja praktek. kecuali kata depan dan kata sambung. d) Kata kunci (keywords) diperlukan dalam penelusuran kepustakaan secara cepat.1.7. 23 . Kata kunci dapat diturunkan dari judul. b) Abstrak merupakan tulisan singkat dan jelas tentang isi keseluruhan dari Laporan Co-ops/Magang. Pejabat struktural lainnya dalam kapasitasnya sebagai pejabat. tujuan penulisan laporan. dan tabel. penempatan. Kata “ABSTRAK” ditulis dalam huruf kapital dan diletakkan ditengah. bagian isi dan bagian akhir.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 4. Abstrak a) Abstrak hanya memuat teks. 4.1.

batasan masalah.2. Daftar gambar tidak perlu kecuali terdapat lebih dari dua gambar atau lebih dalam menyusun naskah Laporan Coops/Magang. Latar Belakang Secara garis besar latar belakang telah dijelaskan pada Bab II. 4.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 4. Daftar Gambar Sama seperti daftar tabel.10.1.8. 4.1.2. kecuali bila lebih dari dua tabel dipakai dalam menyusun karya tulis. Daftar Tabel Daftar tabel tidak selalu diperlukan. 3 spasi di bawah “Daftar Tabel”. Judul tabel dalam daftar tersebut harus sama dengan judul tabel dalam teks. 4. 4. Jumlah halaman pada Bab I. Daftar tabel diketik pada halaman tersendiri dengan format seperti daftar isi.1. kerangka pemecahan masalah dan sistematika penulisan. Tata cara pengetikannya sama dengan Daftar Tabel. tujuan dan manfaat penulisan.11.Daftar Istilah/Notasi Halaman ini memuat istilah-istilah atau singkatan atau notasi yang digunakan dalam penulisan naskah Laporan Co-ops/Magang. Nomor urut tabel berbentuk kombinasi antara nomor bab dan nomor urutan tabel. Tata cara pengetikannya sama dengan Daftar Tabel dan Daftar Gambar. Tata cara pengetikannya sama dengan Daftar Tabel dan Daftar Gambar. Daftar lampiran Sama seperti daftar tabel dan gambar. Akhir setiap judul tabel dihubungkan dengan tanda titik-titik dengan nomor halaman sesuai dengan yang dijumpai dalam teks. lampiran tidak perlu dibuat daftarnya bila hanya ada satu dalam karya naskah Laporan Coops/Magang. Nomor diketik tepat pada permulaan batas pinggir kiri. Pada dasarnya sub-bab latar belakang masalah ini harus memuat : 24 .1.9.1. Daftar tabel berisi nomor urut tabel dan nomor urut halaman dimana tabel tersebut berada. 4. antara 5 – 10 halaman. BAB I PENDAHULUAN Secara umum Bab I Pendahuluan memuat beberapa sub bab yang terdiri dari latar belakang.

Sehingga keterbatasan pengetahuan mahasiswa dan waktu yang tersedia untuk melaksanakan Co-ops/Magang merupakan batas masalah.3.2. terutama kaitan antara konsep teori dan penerapannya. 4.2. Penjelasan dilakukan secara deskriptif. Alasan mengapa masalah perlu dibatasi harus dijelaskan dan batasan masalah harus jelas dan masuk akal. Kerangka pemecahan masalah ini adalah kaitannya dengan batasan masalah dan tujuan penulisan Laporan Co-ops/Magang yang akan dibahas pada Sub Bab IV. Batasan Masalah Laporan Co-ops/Magang pada hakekatnya harus dapat diselesaikan dalam satu semester. Pembagian bab dalam 25 . dan kedua tujuan yang terkait dengan batasan masalah atau isi laporan Coops/Magang. alur pembahasannya lebih mudah diikuti.4. Demikian pula manfaat juga harus jelas dan spesifik. b) Penjelasan masalah tersebut dalam kaitannya dengan masalah yang lebih luas.2. bukan dalam bentuk daftar. d) Manfaat atau peranan dari pemecahan masalah tersebut 4. tidak menyebar kemana-mana. 4. Tujuan penyusuan Laporan Co-ops/Magang pada dasarnya dapat dikelompok menjadi dua hal. Batasan masalah yang disusun harus mengacu pada Latar Belakang. Tujuan dan Manfaat Penyusunan Laporan Co-ops/Magang Tujuan adalah hal-hal yang hendak dicapai dari suatu kegiatan. Tujuan penyusunan Laporan Co-ops/Magang harus dinyatakan secara eksplisit sejalan dengan batasan masalah. c) Identifikasi permasalahan. Pembatasan masalah dilakukan agar objek penulisan Laporan Co-ops/Magang lebih terfokus.5. 4.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] a) Uraian singkat yang melatarbelakangi timbulnya masalah yang akan ditulis dalam Laporan Co-ops/Magang. Kerangka Pemecahan Masalah Kerangka pemecahan masalah diperlukan agar supaya masalah yang akan dibahas.2. Sistematika Penulisan Berisi penjelasan isi setiap bab secara ringkas. yakni tujuan yang berkaitan dengan kurikulum.2. dalam penulisan manfaat harap digunakan kata-kata yang terukur.

budaya organisasi b) Sejarah umum perusahaan c) Ruang lingkup kinerja perusahaan d) Tata kelola perusahaan. BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN Bab II. Struktur organisasi yang dilaporkan tidak hanya 26 . dan Organisasi dan Manajemen. yaitu Profil Perusahaan. Profil Perusahaan Profil perusahaan ini memuat hal-hal umum perusahaan. 4. Gambaran Umum Perusahaan biasanya terdiri atas tiga sub bab. Pada subbab ini harus dijelaskan antara lain : a) Visi dan misi perusahan.3. bilamana perlu disertakan gambar atau layout yang bersumber langsung dari perusahaan bukan dari sumber lainnya. Bab IV Konsep Teori dan Penerapannya. Namun dalam buku panduan ini. f) Sumber daya manusia 4. yaitu Bab I Pendahuluan. 4. Pada setiap proses produksi yang penting. jumlah bab dibatasi hanya 5 bab. Pada penjelasan proses produksi.1. tergantung pada materi yang dibahas.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] panduan Laporan Co-ops/Magang tidak selalu sama. Bab II Gambaran Umum Perusahaan. dan Bab V Tanggapan dan Saran. harap dijelaskan jenis mesin yang digunakan. mulai dari hilir sampai dengan hulu. kapasitas produksi. Proses Produksi.2. e) Sistem manajemen mutu yang digunakan.3. Profil perusahaan biasanya sudah tersedia di laporan tahunan dari perusahaan. Organisasi dan Manajemen Perusahaan Pada sub bab ini harap dijelaskan tentang Struktur Organisasi dan Manajemen perusahaan. 4. Bab III Penempatan.3.3.3. Pada bab ini harap dijelaskan proses produksi yang ada di perusahaan. Jumlah halaman pada bab ini antara 10-15 halaman. Proses Produksi Setiap perusahaan manufaktur yang menghasilkan suatu produk pasti mempunyai suatu proses produksi.

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] sebatas diagram stuktur organisasi saja. yang memuat teori dasar yang terkait dengan masalah yang dibahas di Laporan Co-ops/Magang. yang mencerminkan isi dari kegiatan laporan selama 3 (tiga) bulan. yang meliputi tentang : a) Fungsi dan peranan di departemen tersebut b) Jumlah tenaga kerja di departemen tersebut c) Jadwal kegiatan/jam kerja 4. dan jumlah sumber daya yang tersedia pada organisasi 4. BAB IV KONSEP TEORI DAN PENERAPAN Pada bab ini terdapat dua atau tiga sub bab utama. dan yang ketiga analisis dan tanggapan (bilamana dipandang perlu). BAB III PENEMPATAN Pada Bab III Penempatan terdiri atas dua sub-bab yaitu uraian kegiatan dan Sub Bab organisasi manajemen khusus di departemen yang menjadi objek Co-ops/Magang.5.4. departemen atau bagian secara umum. Jumlah halaman pada bab ini antara 5-10 halaman 4. dan uraian kegiatan.4. Jumlah halaman pada sub ini antar 20-25 halaman. 4. Bab ini merupakan inti dari Laporan Coops/Magang.1.1. depertemen. yakni pertama tentang Tinjauan Pustaka.5. tetapi harus disertakan penjelasan tentang fungsi dan tugas dari masing-masing devisi. sejak awal penempatan sampai dengan akhir kegiatan Co-ops/Magang. Untuk lebih memudahkan memahami uraian kegiatan dimaksud. Sub Bab Kedua tentang penerapannya. 4.2. Sub-bab tersebut tergantung dari teori yang digunakan dalam 27 . Bilamana dipandang perlu dapat dilampirkan foto-foto kegiatan yang dimaksud. dibuat dalam bentuk tabel yang memuat informasi tentang hari/tanggal.4. Uraian Kegiatan Pada bagian ini berisi uraian kegiatan harian selama satu bulan. Organisasi dan Manajemen Departemen Tempat Co-ops/Magang Pada bagian ini diuraikan organisasi dan manajemen kegiatan utama di departemen tempat Co-ops/Magang. Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka atau Kerangka Teori biasanya juga terdiri atas beberapa sub-bab.

4. 4.6. dan sesuai tujuan penulisan Laporan Co-ops/Magang. Tanggapan dapat pula ditarik dari hasil analisis sepanjang ada relevansinya. Saran yang baik bila memberikan informasi agar supaya ada tindak lanjut dari hasil Laporan Co-ops/Magang. karena pelaksanaan Co-ops/Magang memiliki keterbatasan-keterbatasan.6. Tinjauan pustaka bertujuan untuk menggali teori. Analisis dan Tanggapan Pada sub bab ini dijelaskan tenatng analisis bilamana diperlukan.5. Bilamana dalam pembahasan Laporan Co-ops/Magang harus mengacu pada standartstandart tertentu.1.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] penelitian. BAB V TANGGAPAN DAN SARAN 4. hukum. Penerapan Kerangka Teori Pada sub bab ini dijelaskan tentang penerapan dari kerangka teori yang digunakan. 4.2. Saran-saran Saran perlu diajukan. Tanggapan Tanggapan ini diperoleh dari hasil analisis yang membandingkan antara konsep teori dasar dan penerapannya.5. Semua rumus dan pernyataan atau teori yang dikemukakan harus ditelusuri dari bahan pustaka. Tanggapan merupakan degerelisasi dari penemuan-penemuan analisis berdasarkan batasan-batasan penulisan yang sesuai dengan konsep teori dasar. serta untuk menghindari adanya duplikasi. Saran yang diajukan harus bersumber pada hasil Laporan Co-ops/Magang. Kerangka teori atau pustaka yang dituliskan disini harus yang benarbenar atau relevan materi Laporan Co-ops/Magang.3. Analisis yang sifatnya membandingkan antara kerangka teori dan fakta penerapan yang digunakan oleh perusahaan. maka standart dimaksud harus disebutkan disini. 28 . metode. Tanggapan harus berhubungan langsung dengan masalah dan tujuan penulisan. atau model yang berhubungan langsung dengan masalah yang akan dipecahkan. rumus. serta tidak keluar dari lingkup pembahasan Co-ops/Magang.6. 4.2. Penerapan kerangka teori ini harus dapat menjawab permasalahan yang dikemukankan pada latar belakang masalah.

ada bagian untuk buku-buku. f) Bila penulis mengutip dari suatu buku. nomor halamannya merupakan lanjutan dari bab tentang kesimpulan dan saran. dan jarak antara masingmasing pustaka adalah dua spasi. hasil wawancara dst) tidak perlu dituliskan dalam daftar pustaka. e) Apabila seorang pengarang menulis dua atau lebih karangan dalam tahun penerbitan yang berbeda.1. BAGIAN AKHIR 4. Daftar Pustaka Daftar Pustaka merupakan daftar bahan pustaka yang dirujuk dalam teks untuk di gunakan dalam penelitian. maka tidak boleh ditulis dalam Daftar Pustaka.7. kamus. Contoh buku yang tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka adalah Buku Petunjuk penulisan Laporan Co-ops/Magang. maka daftar pustaka disusun menurut urutan tahun. daftar pustaka dibagi-bagi dalam beberapa bagian. 29 . Disamping itu referensi yang sifatnya umum atau hanya melengkapi tidak perlu dicantumkan disini. d) Cara menulis nama pengarang dalam daftar pustaka ialah Tata cara mendahulukan nama keluarga (last name/sure name) baru kemudian given name-nya (dan diakhiri dengan middle name bila ada).7. dan buku tersebut mengutip dari buku lain. penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut : a) Daftar pustaka ditulis pada halaman belakang sebelum lampiran dengan judul “DAFTAR PUSTAKA’. buku petunjuk bahasa komputer dan sebagainya. c) Daftar pustaka diberi nomor urut berdasarkan urutan rujukan pada naskah. bagian untuk jurnal. Walaupun pernah dibaca tetapi tidak dirujuk. b) Tiap-tiap pustaka diketik dengan satu spasi. h) Apabila jumlah referensi banyak. g) Bahan-bahan yang tidak diterbitkan dan tidak diperoleh di perpustakaan (misalnya berupa pernyataan lisan seperti keterangan pribadi.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 4. maka yang dicantumkan dalam daftar pustaka adalah buku yang dibaca sendiri. dsb.

1992. 2002 Jika rujukan berupa buku terjemahan. Thermodynamics An Engoneering Approach. Jr.B. & White. Edisi. Terjemahan oleh Nama penterjemah. Refrigerasi dan Pengkondisian Udara. Tahun. Judul buku. Disertasi tidak diterbitkan. Ronald E. E. New York: Macmillan. Judul buku.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Jika rujukan berupa buku. Contoh: [1]. Tahun. Tahun penerbitan buku terjemahan. Michael A. Erlangga. Strunk. Kota terbit: Penerbit. Laporan Co- ops/Magang tidak diterbitkan. Stoecker. Jones. Kota: [5] Pangaribuan T. Edisi Kedua. Jerold W.. Jika rujukan berupa artikel di dalam buku kumpulan artikel. Boles. format: Nama Pengarang. Jakarta: IKIP Malang. Kota terbit: Penerbit.. Kota : Penerbit. The Elements of Style. Judul artikel. format: Nama Penulis. Nama Editor (ed). [4]. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan di LPTK. Yunus A. W. Fourth Edition in SI Units. Judul Laporan Co-ops/Magang. Mac Graw-Hill. halaman. 1988 Jika rujukan berupa Laporan Co-ops/Magang / disertasi. Contoh : [3]. format: Nama Pengarang. Pengantar Statistika. Universitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. format: Nama Pengarang. Edisi ke-3. 30 . Tahun penerbitan. Edisi. Cengel. [2]. Judul Buku. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Wilbert F. Walpole. 1995. terjemahan Supratman Hara. 1997.

PPLH-IPB. New York: McGrawHill. Reading and Language Difficultiesm. Contoh: 31 . hal. 40-48. Pendinginan adsorpsi sebagai pendinginan tambahan untuk penyimpanan sayuran tropis.A. J. Contoh: [7] Sumiharni Batubara. dan Docki Saraswati. USA. Denver CO. Rancangan Sistem Informasi Perencanaan dan pengendalian tools di PT. Sangkwon. ISHPC-0222005. A. 1997. Aep. 135 -156. 2000. format: Nama penulis.(ed). 2005 Jika rujukan dari Internet berupa Karya Individual. Purwanto. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Tahun penerbitan. Volume (nomor). hal. Judul artikel. Jurnal Teknik Industri. [10] Choi. Rofiq. Prosiding Seminar meningkatkan Efisiensi dan produktivitas Industri nasional dengan Menciptakan Sistem Industri tanpa Limbah. Y. dan Saepuluyun. Chabgsoon. Experimental Study the Development of Micro Adsoption Refrigerator. Aris. Jeong.Cikarang presisi. [8]. C. Fransiska Amelia. Nama Jurnal. Jika rujukan dari artikel dalam jurnal. Industri rakyat yang Ramah Lingkungan.R. Abdullah. International Sorption Heat Pump Conferebce. Wilson. 1971. Juni 2003 Jika rujukan dari Prosiding Seminar Contoh: [9] Hamzah Yunusir.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Contoh: [6] Hedley. Jakarta. Universitas Trisakti. Diagnosis of Learning Difficulties. Komaruddin. June. Volume 1 (1). halaman.

Yuli Setyo. S. FORMAT PENULISAN LAPORAN CO-OPS/MAGANG Format penulisan naskah Laporan Co-ops/Magang adalah sebagai berikut : 4. Development of an Advanced Solar-hybrid Adsorption Cooling System for Decentralised Strorage of Agricultural Products in India.. listing program.K.00 WIB) 4. Batasan Margin 32 . output program.8. 2006 15.ac. The Calm before the Storm. Oertel. [12]. Perkembangan Udara (AC). foto-foto alat. V. (Online).beritaiptek.ac. 4.7.soton. [14]. pengolahan data primer dan sekunder.uk/survey.2. India (http://www. Mande.com.V. Penomoran halaman untuk lampiran seperti dijelaskan pada bagian penomoran halaman. diakses 12 Juni 1996: 16. data mentah hasil pengujian. 19. Tata Energy Research Institute. diakses 20 Mei 2007. Refrigerasi/Pengkondisian (http://www.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] [11].00 WIB) Jika rujukan dari Internet artikel dari jurnal. Jilid 5 (4). and Sprengel U.id. Hindari pemuatan data yang tidak perlu.N. Ghosh. atau teks.malang. (http://www.30 WIB).00 WIB). Indratono. Lampiran dapat berupa tabel.ecs. Hitchcock. Ukuran Kertas Ukuran kertas yang digunakan adalah jenis A4 dengan berat 80 gram. Kishore. diakses 15 Juni.org. Lampiran Lampiran ini berupa data-data penunjang misalnya data. Contoh: [13] Kumaidi.html. Pengukuran Bekal Awal belajar dan Pengembangan Tesnya. Terkini Artikel Teknologi Iptek. 1998.diakses 20 Januari 2000: 20. gambar. standart.8. (Online). perhitungan-perhitungan.8. S. 4. dicetak satu muka.inive. P. Jurnal Ilmu pendidikan. (http://journal.2.1. gambar lay out ruangan. Datadata yang dilampirkan biasanya tabel.

16 pt.. margin kanan 3 cm. halaman pengesahan. dan margin bawah 3 cm.. 4. Bold. 12 pt.5 . kecuali abstrak dengan spasi 1 dan ditulis pada satu halaman. Alinea baru diketik menjorok kedalam sebanyak 1 tab. 4. ditengah atas halaman pertama. kecuali halaman judul tidak ditulis nomor halamannya. margin kiri 4 cm. Jenis Huruf Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman.5 spasi dengan baris diatasnya. dimana ukuran huruf. 12 pt. dan jaraknya 1.. ditentukan dengan aturan sebagai berikut : 1) Judul ditulis dengan huruf besar semua. Contoh : 2.3..8.1.4. Visi dan Misi 2. Misalkan : BAB I PENDAHULUAN 2) Sub judul ditulis dengan huruf besar semua rata tepi kiri.1. ditulis dengan huruf besar kecil rata tepi kiri dan kanan..1. Turbin Aksial 5) Bagian isi/teks. Penomoran Halaman 1) Bagian permulaan (halaman judul.ii.. Bold. 33 .[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Batasan marjin penulisan asalah : margin atas 4 cm.1. Bold.. Sejarah Perusahaan 4) Sub sub sub judul ditulis dengan huruf besar-kecil dengan garis bawah rata tepi kiri.dst). 12 pt. Contoh : 1. daftar tabel. 2. ditulis dengan angka romawi kecil (i.x.8. abstrak.2.1. 12 pt..Latar Belakang 3) Sub sub judul ditulis dengan huruf besar kecil rata tepi kiri.ix.1. dengan spasi 1..1. Penulisan nomor halaman di tengah bawah.. sampai daftar notasi).iii.

4) Penempatan tabel Jarak antara teks dengan judul tabel dan tabel adalah sebagai berikut : Teks 3 spasi Nomor dan judul tabel Tabel 3 spasi Teks 34 . maka tabel lanjutan harus diberi kepala tabel dan diberi nomor dan judul sama dengan nomor dan judul tabel bagian pertama. 3. Judul tabel diletakkan di atas tabel dan diawali dengan huruf kapital tanpa diakhiri tanda titik. 2) Judul tabel harus merupakan kalimat yang ringkas. antar bab diberi pembatas yang memuat logo STT-PLN. Angka pertama menunjukkan nomor bab dan angka kedua menunjukkan urutan letak tabel dalam bab yang memuatnya. Untuk bab baru nomor halaman ditulis di bawah bagian tengah. penomoran halamannya diberi nomor urut dengan kombinasi antara angka Romawi dan angka Arab untuk masing-masing halaman dari kelompok lampiran yang bersangkutan (Lampiran I: Struktur Organisasi. Pada setiap halaman tidak perlu adanya footer atau heeder. contoh: Tabel 4. 2.5. Nomor halaman lampiran ini ditulis dikanan atas. artinya tabel pada Bab IV. 4) Antara Bagian Permulaan.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 2) Bagian isi laporan. maka nomor halamannya : LI-1.1. dan halaman selanjutnya ditulis di pojok kanan atas. setiap halamannya diberi nomor urut dengan angka Arab (1. Judul tabel diletakkan di tengah halaman. urutan tabel nomor 1. ini menunjukkan halaman ke 1 dari lampiran Struktur Organisasi). hanya saja pada akhir kalimat pada judul ditambahkan kata “lanjutan” dalam tanda kurung. 4. 3) Halaman lampiran dan daftar indeks (bila ada).8. Penulisan Tabel.”. Nomor halaman diletakkan did pokok kanan atas. Warna pembatas adalah merah muda. 1) Tabel diberi nomor angka dan terdiri dari 2 angka yang dihubungkan dengan tanda “. 3) Apabila tabel harus dilanjutkan pada halaman berikutnya. dst).

Penulisan Gambar 1) Gambar harus diberi normor dan judul 2) Nomor gambar terdiri dari dua angka latin yang dihubungkan dengan tanda titik “. 4) Penempatan Gambar Jarak antara teks dengan judul gambar dan gambar adalah sebagai berikut: Teks 3 spasi gambar Nomor dan judul gambar 3 spasi Teks 4.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 4. Penulisan Rumus 1) Setiap rumus harus diberi nomor. Judul gambar diletakkan di tengah halaman. 2) Nomor rumus ditulis dengan angka latin yang menunjukkan urutan rumus dan bab tersebut ditulis.”.1 Diagram alir metodologi penelitian 3) Judul gambar harus ringkas.6. contoh: Gambar 3. Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan diawali oleh huruf kapital diakhiri dengan tanda titik.8.1) Rumus di Bab II Nomor 1 35 . Angka pertama menunjukkan bab dan angka kedua menunjukkan urutan letak gambar dalam bab yang memuatnya. Contoh : P RT a  v  b Tv 2 (2.7.8.

pita pembatas merah. 90% bersumber dari bahan bakar fosil (energi minyak bumi). dan (3) tuntutan refrigerant yang terlepas ke atmosfer yang disebabkan kebocoran mesin refrigerasi atau penggantian oleh reclining refrigerant [2]. trend pertumbuhannya adalah sebesar 1. NIM. Dewasa ini terdapat tiga hal yang mempengaruhi perkembangan mesin refrigerasi siklus kompresi uap saat ini yakni : (1) penghematan enegi. Logo STT-PLN dan tahun.8. Penjilidan 1) Buku soft cover 2) Buku hard cover : sampul warna biru kulit jeruk. dst Contoh : Menurut International Energy Agency permintaan energi dunia tiap tahunnya tumbuh dengan tidak terelakkan.8.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] 4. 36 . nama. warna tinta hard cover emas. Kebutuhan energi itu.9. warna kerta pembatas antar bab merah. 60 % kebutuhan energi fosil didomunasi dari negara-negara berkembang terutama Asia [1]. Penulisan Catatan Kaki Kutipan pernyataan atau definisi dari rujukan yang berasal dari buku atau jurnal ditulis dengan angka Arab yang diletakkan dalam tanda “kurung kotak” yang menunjukkan urutan rujukan tersebut ditulis. [2]. (2) tuntutan refrigeran non ODS (Ozon Depleting Substabce). punggung buku diberi : judul.8. [3]. : sampul warna biru sinyal. Angka [1] [8] diatas menunjukkan nomor daftar pustaka 4. [1].7 % per tahun pada tahun 2000-2030.

......……………………………………………………………… : ..…………………………………………………………………..................... Sebagai bahan pertimbangan............... terlampir data-data pendukung pengambilan mata kuliah Co-ops/Magang yaitu : Memenuhi Syarat *) Ya 1 2 3 Telah lulus dengan jumlah 120 SKS (transkip untuk ujian Co-ops/Magang terlampir) Jumlah sks yang diambil pada semester ini tidak termasuk skripsi maksimum 12 SKS (Fotocopy KRS terlampir) Telah lulus semua mata kuliah praktikum Tidak No Persyaratan *) Diisi oleh jurusan Jakarta..[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LAMPIRAN A.......... mengajukan permohonan untuk menempuh/mengambil Co-ops/Magang pada semester ganjil/genap tahun akademik 20xx/20yy....1 FORMAT PENDAFTARAN CO-OPS/MAGANG PERMOHONAN PENGAJUAN CO-OPS/MAGANG Dengan ini saya Nama NIM No Telpon – HP Email : : …………………………………………………………………… : ................... tanggal-bulan-tahun Hormat saya (nama mahasiswa) NIM 37 ........ dengan materi Co-ops/Magang dan usulan dosen pembimbing adalah : Usulan Materi Co-ops/Magang Usulan Dosen Pembimbing : …………………………………………… : …………………………………………................ : …....

TAHUN 20XX 38 .2.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LAMPIRAN A. FORMAT HALAMAN JUDUL PROPOSAL CO-OPS/MAGANG PROPOSAL MAGANG USULAN JUDUL MAGANG Diajukan sebagai syarat untuk mengambil Co-Ops/Magang pada jurusan S1 Teknik Mesin STT-PLN Disusun Oleh : Nama : NIM : LOGO STT JURUSAN TEKNIK MESIN SEKOLAH TINGGI TEKNIK-PLN JAKARTA.

.………………………………………………………………….....4 FORMAT HALAMAN JUDUL CO-OPS/MAGANG 39 . tanggal-bulan-tahun Hormat saya (nama mahasiswa) NIM LAMPIRAN A. terlampir data-data pendukung untuk menempuh ujian presentasi Laporan Co-ops/Magang yaitu : Memenuhi syarat *) Ya Tidak No 1 2 Persyaratan Naskah Laporan Co-ops/Magang telah selesai (surat pengesahan dosen pembimbing terlampir) Menyerahkan Buku Soft Cover Laporan Co-ops/Magang sebanyak 3 (tiga) buah *).[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LAMPIRAN A. dengan judul laporan Co-ops/ Magang dan dosen pembimbing adalah : Judul Laporan Co-ops/Magang Dosen pembimbing : ………………………………………………… : ……………………………………………….. : ….……………………………………………………………… : …………………………………………………………………… mengajukan permohonan untuk menempuh sidang Co-ops/Magang pada semester ganjil/genap tahun kademik 20xx/20yy. Sebagai bahan pertimbangan.3 FORMAT PENDAFTARAN SIDANG CO-OPS/MAGANG PERMOHONAN MENGIKUTI SIDANG CO-OPS/MAGANG Dengan ini saya Nama NIM No Telpon – HP Email : : …………………………………………………………………… : . Diisi oleh jurusan Jakarta..

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] JUDUL LAPORAN CO-OPS/MAGANG LAPORAN CO-OPS/MAGANG Diajukan sebagai syarat untuk menempuh mata kuliah Co-ops/Magang pada Jurusan S1 Teknik Mesin STT-PLN Disusun Oleh : Nama : …………………………………………. NIM : ………………………………………….5. 20XX LAMPIRAN A. LOGO STT JURUSAN TEKNIK MESIN SEKOLAH TINGGI TEKNIK-PLN JAKARTA. FORMAT HALAMAN PERSETUJUAN LAPORAN KP 40 .

... Jakarta........ yang diujikan pada periode semester ganjil/genap tahun akademik xxxx/yyyy.) LAMPIRAN A.. Nama Mahasiswa NIM Program Studi : …………………………………………………… : …………………………………………………… : …………………………………..[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LEMBAR PENGESAHAN DOSEN PEMBIMBING LAPORAN CO-OPS/MAGANG Judul Laporan Co-ops/Magang : …………………………………………………… ......6..... tanggal-bulan-tahun Disetujui Pembimbing Pembimbing Lapangan (……………………….) (………………………………) Mengetahui. …………………………………………… ...……………… Telah selesai dan memenuhi persyaratan untuk dapat diujikan pada ujian prsesentasi Laporan Co-ops/Magang pada Jurusan Teknik Mesin S1 STT-PLN. FORMAT HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN CO- OPS/MAGANG 41 ...... Ketua Jurusan Teknik Mesin (……………………………….…………………………………………..

[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN CO-OPS/MAGANG Nama Mahasiswa NIM Program Studi Judul Laporan Co-Ops/Magang : …………………………………………… : …………………………………………… : …………………………………………… :……………………………………………. yang diujikan pada tanggal bulan tahun.) (………………………………) Mengetahui. FORMAT PERNYATAAN KEASLIAN LAPORAN CO- OPS/MAGANG 42 . tanggal-bulan-tahun Disetujui Pembimbing Pembimbing Lapangan (……………………….) LAMPIRAN A. Ketua Jurusan Teknik Mesin (……………………………….7.. Telah disetujui dan diterima untuk memenuhi sebagian dari persyaratan untuk menempuh Mata Kuliah Co-Ops/Magang pada Jurusan S1 Teknik Mesin STTPLN. Jakarta.

: ……………………………………………………. tanggal-bulan-tahun meterai 6000 (Nama Mahasiswa) NIM LAMPIRAN A. : ……………………………………………………. FORMAT UCAPAN TERIMA KASIH UCAPAN TERIMA KASIH 43 . : ……………………………………………………. : ……………………………………………………. saya : Nama Mahasiswa NIM Program Studi Perguruan Tinggi Judul Laporan Co-ops/Magang : ……………………………………………………. menyatakan bahwa laporan Co-ops/Magang ini merupakan karya ilmiah saya sendiri dan bukan merupakan tiruan. serta belum pernah dipublikasikan Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia memikul segala resiko jika ternyata pernyataan diatas tidak benar Jakarta. salinan atau duplikasi dari Co-ops/Magang yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik Mesin baik di lingkungan Sekolah Tinggi Teknik – PLN maupun di perguruan tinggi lain.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] SURAT PERNYATAAN KEASLIAN CO-OPS/MAGANG Yang bertanda tangan ini di bawah ini.8.

....................9......... Dr................................ MT Bapak/Ibu : Prof..... sehingga saya dapat menyelesaikan Co-ops/Magang ini......... Ir... selaku ………............ :............... Menyampaikan ucapan terima kasih kepada : Bapak/Ibu : Prof...... Terima kasih yang sama saya sampaikan kepada Bapak…….............[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Dengan ini saya : Nama NIM Jurusan :................... FORMAT ABSENSI BIMBINGAN LAPORAN CO-OPS/MAGANG SEKOLAH TINGGI TEKNIK – PLN 44 .............. yang telah mengijinkan saya untuk melalukan Co-ops/Magang di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin Jakarta................. MT Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II yang dengan kesabaran dst ……… ……………………………………………………………………………….... Teknik Mesin...................... Ir........... tanggal-bulan-tahun (Nama Mahasiswa) NIM LAMPIRAN A..................................... Mesin Teknik.... :..... Dr.......................……………..........................

Judul Laporan Co-ops/Magang 4. Dosen Pembimbing : …………………………………………… : …………………………………………… : ………………………………………… : …………………………………………… No Hari/Tanggal Catatan Dosen Pembimbing Paraf Pembimbing LAMPIRAN A. FORMAT PENILAIAN UJIAN LAPORAN CO-OPS/MAGANG 45 .[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] JURUSAN TEKNIK MESIN ABSENSI BIMBINGAN LAPORAN CO-OPS/MAGANG 1.10. N I M 3. Nama Mahasiswa 2.

keunikan. N I M 3. : ………………………………………… : ………………………………………… 6. : ………………………………………….[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] LEMBAR PENILAIAN SIDANG LAPORAN CO-OPS/MAGANG 1. Perguruan Tinggi 5. Dosen Pembimbing : …………………………………………… : …………………………………………… No 1 2 3 4 Kriteria Sikap dalam menjawab pertanyaan dan presentasi Penguasaan Teori Dasar Laporan Co-ops/ Magang Penguasan materi Laporan Co-ops/Magang Isi Laporan Co-ops/Magang yang meliputi orisinalitas. Judul Laporan Co-ops/Magang : ……………………………………………. Jurusan 4.11 FORMAT REKAPITULASI PENILAIAN UJIAN REKAPITULASI NILAI PRESENTASI LAPORAN CO-OPS/MAGANG 46 . : ………………………………………. kekinian (mutakhir). dan kerangka teoritis Jumlah Bobot (%) 10 20 30 40 Skor Nilai Hasil Evaluasi Nilai = Bobot x Skor Penilai/Dosen Penguji ----------------------------------- LAMPIRAN A. nilai tambah. Nama Mahasiswa 2. : ………………………………………….

Nama Mahasiswa Nilai Penguji I II Nilai Pembimbing I II Nilai Akhir Angka Nilai Akhir Huruf No NIM Jakarta. tanggal-bulan-tahun Ketua Jurusan Sekretaris Jurusan (…………………………) (……………………………) LAMPIRAN A.12 FORMAT BERITA ACARA PRESENTASI BERITA ACARA PRESENTASI LAPORAN CO-OPS/MAGANG 47 . : ………………………………………………………………….[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Jurusan Tanggal Ujian : ………………………………………………………………….

: …………………………………………………………………. tanggal-bulan-tahun Ketua Jurusan Sekretaris Jurusan (…………………………) (……………………………) 48 . Tim Penguji Sidang Co-ops/Magang. : …………………………………………………………………. Sidang telah memutuskan bahwa hasil presentasi Laporan Co-ops/Magang sebagai berikut : No NIM Nama Mahasiswa Judul Laporan Co-Ops/Magang Nilai Nilai Angka Huruf Jakarta.[PANDUAN CO-OPS/MAGANG | SI TEKNIK MESIN STT-PLN] Telah dilaksanakan Presentasi Laporan Co-ops/Magang pada : Hari Tanggal Jam : ………………………………………………………………….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful