P. 1
Isi

Isi

|Views: 59|Likes:
Published by srastiki

More info:

Published by: srastiki on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

1

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

1.2. Rumusan Masalah Pembahasan mengenai unprogrammable line follower robot, dapat

rumuskan sebagai berikut : 1. Bisakah barang bekas dijadikan unprogrammable line follower robot ? 2. Bagaimana cara kerja unprogrammable line follower robot ?

1.3. Tujuan Pada dasarnya sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang selalu mengacu pada tujuan yaitu : 1. Untuk mengetahui cara pembuatan unprogrammable line follower robot dengan barang bekas. 2. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada unprogrammable line follower robot. 3. Untuk menjadikan barang atau mainan bekas menjadi unprogrammable line follower robot. 1.4. Manfaat Penulisan

maka penilis membatasi penelitian ini pada : 1. Untuk menarik minat pelajar dalam bidang robotika khususnya dalam bidang line follower robot. Ruang Lingkup Agar tidak terjadi kesalah pahaman bagi pembaca. Tentang line follower robot. Untuk meningkatkan kreatifitas pelajar dalam pembuatan line folower robot. Cara pembuatan unprogramable linefollower robot.5. 2. .2 Manfaat pembuatan unprogrammable line follower robot : 1. Kelebihan dan kekerangan yang terjadi. 3. 2. 1.

2. Wujud nyata dari aktifitas robotika di Indonesia adalah diadakannya kompetisi – kompetisi robot seperti kontes robot dan kontes robot cerdas Indonesia (KRI/KRCI). robota. ataupun sebaliknya.1. Ada 2 jenis line .2. R. Pengertian Line Follower Robot Line Tracer Robot atau Line Follower Robot adalah robot yang bisa bergerak (mobile) mengikuti jalur panduan garis. untuk jangka waktu ke depan. Prinsip kerja pendeteksian garis pandu dari robot tersebut adalah bahwa tiap – tiap warna permukaan memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang berbeda. yang artinya pekerja. R (Rossum’s Universal Robots). termasuk di Negara Indonesia sendiri yang juga turut berperan dalam bidang robotika.3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Robot adalah mesin hasil rakitan yang bias bekerja tanpa mengenal lelah. 2. Sekilas Tentang Robot Kata robot berasal dari bahasa Czech. Garis pandu yang digunakan dalam hal ini adalah garis hitam yang ditempatkan pada permukaan berwarna putih. Akhir – akhir ini banyak penelitian dibidang robotika. robot diciptakan sebagai pengganti tenaga manusia. Hal tersebutlah yang digunakan untuk mendeteksi garis pandu tersebut. Line Follower Robot 2.1. Namun. robot akan mengambil alih posisi manusia. Kata robot diperkenalkan dalam Bahasa Inggris pada tahun 1921 oleh Wright Karel Capek salam salah satu drama satiriknya. U. Awalnya.

OR. . NOR.4 follower robot yaitu unprogrammable line follower robot dan programmable line follower robot. Komponen pengendali dari unprogrammable line follower robot adalah IC transistor-transistor-logic (TTL) atau juga IC linear yang berisi gerbang – gerbang logika (AND. NAND. XOR. NOT). . Unprogrammable Line Follower Robot Unprogrammable Line Follower Robot merupakan robot yang bisa bergerak mengikuti jalur panduan garis tanpa bahasa pemrograman.

Gunting Gunting berfungsi untuk memotong kabel. Metode Penelitian Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen.1. lempengan seng. 2. Sumber Data 3.3. Pisau Cutter Pisau cutter berfungsi untuk menguliti kabel. 3. Metode eksperimen adalah cara melakukan penelitian dengan melakukan eksperimen atau percobaan langsung untuk membuat unprogrammable line follower robot.1.5 BAB III METODE PENELITIAN 3. 3. Alat-Alat 1. lempengan tembaga.3.2. Alat dan Bahan Pembuatan Line Follower Robot 3. Solder listrik . dan mencekak apel sebelum disisipi lempengan tembaga dan seng.

Multi Tester Alat ini berfungsi untuk mengecek tegangan maupun kuat arus dan untuk membuktikan apel. 2. lempengan tembaga dan seng. Motor DC Merupakan penggerak utama dari LFR yang menggerakkan roda sesuai instruksi yang didapat. 5.3. tetapi memperkuat putaran yang dihasilkan. Chasis Merupakan Body robot tempat dudukan semua bagian-bagian dari . PCB Merupakan papan berlapis tembaga yang berfungsi sebagai sirkuit atau dudukan komponen eletronika. 4. adanya listrik yang dihasilkan rangkaian baterai dari buah 3. Palu Berfungsi untuk memudahkan menancapkan paku. 5. saklar.2. Bahan-Bahan 1. Gear Box Merupakan kombinasi dari beberapa gear yang berfungsi untuk memperlambat putaran motor DC. 4. robot. Ferryclorit(FeCl3) Merupakan zat kimia yang berfungsi untuk melarutkan lempengan tembaga pada papan PCB 3.6 Solder listrik berfungsi untuk mencairkan timah yang akan melekatkan kabel dengan lampu.

3. yang akan menghubungkan komponen elektronika dengan PCB atau dengan kabel. Pada LFR IC ini berfungsi sebagai power supply yang mengatur jumlah tegangan output. 7. Roda Cator/idle wheel Roda yang bergerak ke segala arah sebara bebas sesuai dengan pergerakan robot. Komponen Elektronika 1. Transistor D400 Merupakan transistor yang berfungsi sebagai saklar motor DC. Baut dan Mur Berfungsi Untuk menyatukan semua bagian dari LFR dengan kuat. 3.3.7 6.3. 2. Kabel Kawat Timah Berfungsi sebagai konduktor atau penghantar listrik Logam yang dicairkan dengan menggunakan solder. Diode . 5. agar IC tidak kepanasan saat penyolderan. 4. 8. sesuai dengan output yang diberikan dari IC LM324. 9. IC Regulator 7805 Berfungsi untuk mendapatkan tegangan sebesar 5V yang stabil. Tansistor TIP41 Transistor TIP41 merupakan transistor daya (power) yang biasanya digunakan sebagai driver motor pada robot. IC L324 IC LM324 merupakan IC yan berisi empat buah Operational Amplifier yang akan dimanfaatkan sebagai penguat sensor infra merah yang digunakan sebagai pendeteksi garis. 6. Soket IC Berfungsi sebagai dudukan IC.

dan. Tripod Tripod adalah jenis lain dari resistor. Komponen Elektronika Pembuatan Line Follower Robot . 11. Capacitor 470uF/10V Merupakan jenis kapasitor yang dibuat dari bahan dielektrik dari keramik. 7.8 Merupakan komponen elektronika yang pengubah arus listrik AC menjadi DC atau hanya bias mengalirkan listrik satu arah saja.3. tetapi hambatannya bias diatur sesuai keperluan. Photo Diode Jenis diode yang hambatannya akan mengecil jika kena sinar. film. 8. mika yang berfungsi untuk menampung muatan listrik. Pada LFR komponen ini berfungdi untuk memancarkan sinar yang nantinya akan diterima oleh Photo Diode. Light Emitting Diode (LED) Jenis Diode yang bias memancarkan sinar jika dialiri listrik sesuai tegangannya. 10. 3. 9. Komponen ini hanya bias menghantarkan arus listrik satu arah saja (sama seperti diode). Pada LFR komponen ini berfungsi sebagai pembaca garis sesuai dengan pantulan sinar dari garis yang dipancarkan oleh LED. Resistor Adalah komponen elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah tegangan listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian. Pemasangan kompnen ini tidak boleh terbalik. Diode memiliki 2 kutub positif dan negatif yang ditunjukan pada gelangnya.

Sedangkan metode kuantitatif dilakukan dengan cara merangkum suatu data mengenai unprogrammable line follower robot. BAB IV PEMBAHASAN 4.4. Cara Pembuatan Unprogrammable Line Follower Robot . Selain itu juga teknik deskriptifini memaparkan mengenai follower robot. unprogrammable line follower robot.9 3. Teknik deskriptif dilakukan dilakukan untuk dengan cara mendeskripsikan line cara-cara membuat dan unprogrammable line follower robot. Analisis Data Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif – kuantitatif.1.

6. bilas dengan air hingga bersih. bensin.3. Pembuata Desain PCB Untuk mendapatkan desain yang menarikdan handal. Foto copy hasil prin tersebut ke dalam kertas mika. 9. Hasil Penelitian Tentang Unprogrammable Line Follower Robot . 4. Dinginkan dengan air dan lepas plastic mika perlahan-lahan. 5. 2. dalam pembuatan desain PCB kita akan menggunakan computer dengan software program aplikasi PCB Designer atau atau juga yang lebih canggih. Setrika tinta fotocoopy yang ada pada kertas mika sampai menempel pada papan PCB. Larutkan ferryclorit dengan air panas secukupnya. 4. Rendam PCB yang sudah disablon tadi ke dalam larutan ferryclorit. Print hasil desain dengan menggunakan kertas biasa. Langkah-langkah Pendesainan PCB 1.1. 3. 8. atau minyak tanah. Setelah lapisan tembaga pada papan PCB larut. Desain PCB dengan Komputer yang dilengkapi dengan software PCB desainer. Cara Kerja Unprogrammable Line Follower Robot 4. yakni menggunakan OrCAD atau EAGLE.1. 10.10 4. Tinta yang masih menempel pada papan PC dapat dihilangkan dengan thiner. Potong papan PCB sesuai Ukuran yang diinginkan. 7.2.

3. . Biaya untuk membuat cukup murah.1.  Kelebihan 1. 2. Pergerakan robot tidak dapat dikendalikan.11 4. Mudah dibuat. BAB V PENUTUP 5. Kesimpulan .4. begitu pula robot yang kami buat mempunyai kekurangan dan kelebihan yaitu :  Kekurangan 1. Kekurangan dan Kelebihan Unprogrammable Line Follower Robot Segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan di Bumi ini pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Rancangannya sederhana.

2. Diharapkan kepada pelajar untuk lebih mengembangkan kreatifitasnya dalam bidang robotika khususnya line follower robot. Lomba – lomba seperti ini lebih sering dilakukan agar minat pelajar pada bidang robotika meningkat. Saran-Saran Dari pembahasan ini penulis dapat menyampaikan beberapa saran yaitu : 1. 2.12 5. .

Taufiq Dwi. Yogyakarta : Penerbit Andi. Build your own line follower robot. 2008. .13 DAFTAR PUSTAKA Septian Suyadhi.

14 LAMPIRAN .

15 Baterai dari buah apel yang mampu mengoperasikan sebuah jam digital .

16 Bentuk nyata dari Baterai Baterai alternative dari buah Apel .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->