P. 1
Makalah Program Padat Karya

Makalah Program Padat Karya

|Views: 199|Likes:
Published by confined_me

More info:

Published by: confined_me on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

PROGRAM PADAT KARYA SALAH SATU UPAYA MENGATASI PENGANGGURAN

NAMA : Insan Alfath NPM : 18111691 KELAS : 1KA40

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA 2011

Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Makalah : Program Padat Karya Salah Satu Upaya Mengatasi Pengangguran

Kelas : 1KA40 Tanggal Penyerahan Makalah : 24 November 2011 Tanggal Upload Makalah : 25 November 2011

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini, saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 18111691

Nama Lengkap Insan Alfath

Tanda Tangan

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA

i

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan petunjuk dan kekuatan kepada saya untuk dapat menyelesakan makalah ini. Terselesaikannya makalah ini dengan judul “PROGRAM PADAT KARYA SALAH SATU UPAYA MENGATASI PENGANGGURAN” ini merupakan hasil kerja keras yang tidak terlepas dari dukungan, doa, semangat maupun sembangan-sumbangan ide dari semua pihak yang turut membantu terselesaikannya makalah ini. Saya selaku penulis mengucapkan terimakasih kepada : Bapak Muhammad Burhan Amin selaku dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Sosial Dasar,yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan motivasi untuk membuat makalah ini. Orang tua tercinta, yang senantiasa memmberikan kasih sayang dan doa yang senantisa mengiringi langkah, sehingga saya mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Teman-teman atas dukungannya, dan semoga apa yang kita inginkan dapat tercapai. Serta semua pihak yang tak biasa saya sebutkan yang telah membantu terselesaikannya makalah ini. Saya menyadari penulisan dalam makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya harapkankritik dan saran yang membangun dari pembaca. Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambahkan ilmu pengetahuan baru bagi kita semua.

-

-

Bekasi, 24 November 2011

Penulis

ii

DAFTAR ISI
Pernyataan…………………………………………………………………………………i Kata Pengantar...................................................................................................................ii Daftar Isi............................................................................................................................iii Bab I . Pendahuluan 1.1 Latar Belakang................................................................................................1 1.2 Tujuan.............................................................................................................1 1.3 Sasaran............................................................................................................2 Bab II . Permasalahan 2.1 Kekuatan.........................................................................................................3 2.2 Kelemahan.......................................................................................................3 2.3 Peluang............................................................................................................4 2.4 Tantangan........................................................................................................4 Bab III .Kesimpulan dan Rekomendasi 3.1 Kesimpulan.....................................................................................................5 3.2 Rekomendasi...................................................................................................5 3.3 Referensi..........................................................................................................6

iii

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Latar

belekang

PROGRAM

PADAT

KARYA

SALAH

SATU

UPAYA

MENGATASI PENGANGGURAN ini adalah Program padat karya merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran serta dapat memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja penganggur, setengah penganggur, dan pencari nafkah utama keluarga yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jenis-jenis usaha yang dapat dikembangkan dalam kegiatan padat karya produktif lebih berorientasi pada kegiatan usaha yang bersifat ekonomi produktif dan berkelanjutan, Adanya program padat karya ini menjadi salah satu solusi atas Penghentian pengiriman atau moratorium tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dilakukan ke empat negara, yaitu Saudi Arabia, Jordania, Kuwait, dan Malaysia.

1.2. Tujuan

Program padat karya merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan dapat mengurangi pengangguran melalui pembangunan sarana maupun prasarana pendukung untuk memperlancar roda perekonomian, khususnya di daerah pedesaan yang masih tertinggal. Namun demikian kita harus tetap memperhatikan peningkatan produktivitas, agar mampu bersaing sebagai salah satu alternatif pelaksanaan konstruksi, baik dalam keadaan krisis maupun dalam keadaan ekonomi normal. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat produktivitasnya. Serta diharapkan adanya Perwujudan dalam kemandirian dan integrasi transmigran dan masyarakat sekitarnya melalui tahap penyesuaian, pemantapan dan pengembangan di permukiman transmigrasi yang layak huni, layak usaha, layak berkembang dan layak lingkungan, dan dapat Mewujudkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi untuk mengisi kesempatan kerja Dalam dan Luar Negeri.

1

1.3. Sasaran Keluarga Berencana

Sasaran program padat karya adalah tersedianya kesempatan kerja atau usaha dalam bentuk kegiatan usaha ekonomi produktif pedesaan yang berkesinambungan. Juga

terbangunnya fasilitas infrastruktur ekonomi perdesaan dengan jangka waktu tertentu dan berkesinambungan bagi masyarakat setempat . Sasaran untuk mencapai terwujudnya tenaga kerja yang memiliki kompetensi untuk mengisi kesempatan kerja Dalam dan Luar Negeri, mencapai perluasan jejaring informasi lowongan kerja di berbagai media, mencapai terwujudnya pengembangan kesempatan kerja usaha mandiri dan padat karya produktif, meningkatkan perlindungan hak-hak dasar pekerja / buruh dan khususnya bagi pekerja perempuan dan anak, dan mencapai peningkatan sarana dan prasarana pelayanan ketenagakerjaan pada Unit Pelayanan Teknis (UPT),

2

BAB 2 PERMASALAHAN

Analisis SWOT didasarkan pada asumsi bahwa program padat karya adalah sebuah organisasi dan merupakan sebuah wadah bagi masyarakat. Berikut adalah analisa mengenai kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan tantangan eksternal dari program padat karya tersebut.

1. Kekuatan -. Kesempatan Kerja Kemenakertrans melalui Direktorat Perluasan Kesempatan Kerja dan Pengembangan Tenaga Kerja dan Sektor Informal, Ditjen Binapenta telah mengalokasikan bantuan anggaran program Padat Karya Produktif dan Teknologi Tepat Guna untuk masyarakat. -. Kebutuhan Ekonomi Tentunya masyarakat srumbung secara langsung diedukasi dan dilibatkan untuk persiapan ekonomi jangka panjang dan berbadan hukum koperasi -. Keamanan Dengan diadakannya program padat karya,pihak keamanan pun menjadi lebih siaga dan memperketat pengawasan tehadap lingkungan disekitar kawasan padat karya.

2. Kelemahan -. Tempat Tinggal Dengan diadakannya program padat karya,masyarakat sulit mencari tempat tinggal yang dekat dengan diamana tempat dia bekerja atau melakukan akvitas sehari-harinya. -. Dana Program padat karya tidak hanya untuk mengatasi masalah pengangguran di suatu daerah.hal tersebut juga mendorong masyarakat untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan sesuatu agar mereka dapat hidup yang layak.

3

-. Sumber Daya Alam & Manusia Dengan demikian program padat karya pun juga menyerap lapisan masyarakat yang ingin bekerja dan lapangan pekerjaan yang tidak sedikit sehingga banyak didirikan penindustrian di setiap daerah.

3. Peluang -. Kesempatan Kerja Yang Baik Dengan program padat karya ini,kesempatan seseorang untuk mendapatkan kerja semakin banyak dan pegangguran dapat diatasi seminim mungkin. -. Peluang Usaha Yang Menjanjikan Program padat karya juga berdampak pada usaha-usaha kecil menengah dengan bersamaannya kebutuhan masyarakat.sehinng kebutuhan masyarakat tersebut harus terpenuhi secara individu atau pun kelompok. -. Perdagangan Selain itu perdagangan juga menjadi pusat kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.Sehinngga masyarakat mau tidak mau membeli atau mendapatkan ssesuatu untuk memenuhi kebutuhan mereka.Dan sektor perdagangan inilah yang menjadi perenan penting dalam program padat karya.

4. Tantangan/Hambatan -. Penduduk Selain itu,masyarakat juga mengalami pertambahan jumlah penduduk.Sehingga penduduk mengalami OVER Capacity di suatu daerah.

-. Usaha Kecil Padat karya juga berimbas pada usaha-usaha kecil.Yang mengakibatkan usaha-usaha kecil mulai tergeser oleh usaha menengah dan besar.

-. Lahan Kosong Banyak lahan kosong yang dijadikan tempat industri atau lahan perumahan.

4

BAB 3 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. KESIMPULAN Menggerakkan dan memberdayakan seluruh potensi masyarakat dalam program padat karya secara menyeluruh. Dapat melakukan pembinaan secara menyeluruh dan merata di setiap wilayah. Meningkatnya ketahanan dan kesejahteraan pada seluruh lapisan masyarakat. Adannya pengawasan dalam pembinaan tersebut.

2. REKOMENDASI

-

Menimbulkan lahan-lahan yang ada menjadi pusat perdagangan/industri/perumahan. Bahwa progam padat karya dapat mengatasi permasalahan jumlah penduduk Membuat usaha-usaha berkembang dan ada juga yang tersingkir/tergeser. Juga dapat mengurangi angka penganguran di suatu daerah

5

3. REFERENSI

http://regional.kompas.com/read/2011/04/03/22315765/Program.Padat.Karya.Lebih.Member dayakan

http://metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/08/22/134570/Industri-Padat-Karya-SolusiSerap-Pengangguranhttp://berita.liputan6.com/read/138939/dpr_upaya_mengatasi_pengangguran_tak_efektif

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->