P. 1
Peran Pemerintah dan Masyarakat

Peran Pemerintah dan Masyarakat

|Views: 769|Likes:
Published by Arif Suharyono

More info:

Published by: Arif Suharyono on Nov 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2014

pdf

text

original

KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN

\

Disusun Oleh : Nama :Arif Suharyono Kelas : 1 ID 06 NPM : 31411146

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin
Tanggal Penyerahan Makalah : 23 November 2011 Tanggal Upload Makalah : 24 November 2011

i

PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun
NPM 31411146 Nama Lengkap ARIF SUHARYONO TANDA TANGAN

PROGRAM SARJANA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS GUNADARMA

II

KATA PENGANTAR
Saya   ucapkan   syukur   kepada   Allah   SWT,   yang   mana   telah   memberikan   saya   kesempatan  sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam  Melestarikan   Kebudayaan”   ini.   Makalah   ini   dibuat   untuk   melengkapi   tugas   Ilmu   Budaya   Dasar,  kemudian   saya   mengucapkan   terimakasih   kepada   teman­teman   yang   telah   membantu   mencarikan  referensi untuk menyelesaikan makalah ini. Pada zaman globalisasi ini, sulit mengelola suatu bangsa yang luas dan besar seperti bangsa  Indonesia , bahkan ancaman dari luar maupun dalam menjadi pengaruh dalam perubahan tingkah laku  maupun   pola  pikir  masyarakat  . Untuk itu  perlu  sekali  setiap  masyarakat  dibekali  ilmu  agar   tidak  terbawa oleh arus globalisasi yang menjurus kepada keburukan, dan mengenalkan masyarat Indonesia  dengan Kebudayaan , dengan mengenal lebih dekat ,kita akan suka kemudian akan mencintainya.  Pemerintah   telah  melakukan  pelestarian   kebudayaan  namun  masih  belum   terealisasi   dengan  baik, karena masih banyak kebudayaan kita yang belum dikenal oleh masyarakat bahkan kebudayaan  kita di klaim oleh negara lain, untuk itu pembaca khususnya Mahasiswa harus mengerti dan memahami  betapa pentingnya arti sebuah budaya. Kita harus merubah dari hal yang kecil seperti pola pikir kita ,  dan perilaku untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.  Tiada gading yang tak retak,tiada manusia yang sempurna , terutama penulis dan makalah ini ,  untuk   itu   saya   mengharapkan   kritik   dan   saran   untuk   mencapai   proses   kesempurnaan   itu.   Bila   ada  penulisan kata yang salah , saya mengucapkan maaf, semoga makalah ini dapat menjadi manfaat bagi  pembaca terutama kepada generus Indonesia.

iii

DAFTAR ISI

Cover...........................................................................................................................................................i Pernyataan..................................................................................................................................................ii Kata Pengantar..........................................................................................................................................iii Daftar Isi...................................................................................................................................................iv Bab I Pendahuluan...............................................................................................................................................1 1.Latar Belakang........................................................................................................................................1 2.Tujuan.....................................................................................................................................................1 3.Sasaran....................................................................................................................................................1 Bab II Permasalahan.............................................................................................................................................2 1.Kekuatan……………………………………………......................................………...........................2 2.Kelemahan…………………………………………....................................…………..........................2 3.Peluang……………………………………………...........………………………….............................3 4.Tantangan/Hambatan………………………………..................……………………………………....3 Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi…………………………………………...………………………....……4 1.Kesimpulan…………………………………….……............………………………............................4 2.Rekomendasi…………………………………………....…………………………...........................…4 3.Referensi……………......…………………………………………………………...............................4

iv

BAB I Pendahuluan

1. Latar Belakang Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki sekitar 17.000 buah pulau­pulau besar dan pulau  kecil dari Sabang di Sumatera sampai Merauke di Papua. Indonesia juga memiliki berbagai macam  suku bangsa dan etnik ,tentu saja berbagai macam kebiasaan dan juga adat istiadatnya. Indonesia   adalah   negara   berpenduduk   terbesar   keempat   di   dunia   dan   negara   yang  berpenduduk  Muslim terbesar di dunia, Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan.  Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, tentunya dapat menarik perhatian negara lain  untuk mengklaim budaya Indonesia. Hal ini perlu perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat  Indonesia, perlu diadakan sosialisasi dalam membentuk persatuan dan penanaman rasa cinta tanah air. Karena budaya adalah suatau kekayaan yang tidak ternilai, diperlukan kerjasama untuk menjaganya,  keberadaan   peninggalan   sejarah   serta   adat   istiadat   budaya   masyarakat   tradisional   perlu   mendapat  perhatian   dari   pemerintah   daerah   untuk   dilestarikan   keberadaannya,   karena   keberadaannya   dapat  dijadikan sumber bagi upaya pengenalan nilai warisan budaya kepada generasi muda saat ini.  Memang upaya untuk melestarikan peninggalan sejarah yang tersebar di banyak situs sejarah  bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan tanpa biaya, karena upaya ke arah situ selalu berbenturan  dengan kepentingan ekonomi sesaat dengan alasan pembangunan. Sehingga tidak heran jika di daerah  lain banyak situs­situs sejarah yang beralih fungsi menjadi kawasan pemukiman atau industri. Hal ini  terjadi karena kurangnya rasa peduli pemerintah, termasuk pemerintah daerah, untuk mempertahankan  dan   melestarikan   keberadaan   situs   sejarah   tersebut.   Mereka   lebih   mengedepankan   kepentingan  ekonomi sesaat dan kepentingan segelintir orang tanpa berfikir untuk jangka panjang bagi generasi  berikutnya. Kebanyakan dari kita lebih mencintai kebudayaan asing dibandingkan kebudayaan sendiri, ini  sebabkan   kurangnya pemahaman  terhadap  kebudayaannya  karena  orang tua  tidak  menjelaskan   dan  menceritakan   kebudayaan   yang   ia   pegang   selama   ini,   peran   orang   tua   pun   harus   ada   dalam  melestarikan kebudayaan ini. 2. Tujuan Tujuan penulisan ini untuk ; • Melengkapi tugas Ilmu Budaya Dasar. • Memahami betapa pentingnya arti kebudayaan. • Mewujudkan rasa cinta terhadap kebudayaan local dibandingkan kebudayaan asing. • Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. • Mewujudkan harapan menjadi negara yang dikenal dan disegani . 3. Sasaran Sasaran   dari   penulisan   ini   adalah   mahasiswa   dan   pembaca   yang   mencoba   untuk   mengenal  kebudayaan dan ingin memahami betapa pentingnya arti sebuah kebudayaan.

1

BAB II PERMASALAHAN Telah beberapa kali kebudayaan kita diklaim oleh Negara lain seperti Malaysia , sehingga  membuat marah sebagian besar masyarakat Indonesia , negeri jiran ini mengklaim dan mematenkan  motif “Parang Rusak” , angklung, wayang kulit hingga rendang . Kemudian Lagu yang sangat mirip  “Rasa Sayang” menjadi soundtrack iklan pariwisata Malaysia yang diambil dari lagu “Rasa Sayange” . Penulis akan melakukan pengamatan dengan menggunakan Analisis SWOT. Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. A. Strength ( Kekuatan ) • Kepeduliah masyarakat terhadap budaya Indonesia Ini dapat dibuktikan dari marahnya masyarakat akan pengklaiman yang dilakukan Malaysia. Sehingga Pemerintah mencoba mengembalikan pengklaiman tersebut. • Adanya rasa kebersamaan menjaga kebudayaan Ini dapat dibuktikan dari situs – situs masyarakat yang berisi tentang kebudayaan dari tiap daerah, sehingga alat globalisasi ini dimanfaatkan dengan baik. • Timbulnya kekuatan keamaan baru Ini dibuktikan dari komentar beberapa situs akan kerelaan masyarakat menjadi pasukan pembela , demi mempertahankan harga diri Indonesia. • Pemanfaatan media yang baik Media Internet dimanfaatkan untuk mengelola budaya nasional menjadi go Internasional, sehingga masyarakat dunia mengetahui bahwa Indonesia itu luas dan beranekaragam. B. Weakness ( Kelemahan ) • Luasnya Wilayah Luas daerah Indonesia menjadi tantangan, sehingga terjadi ketidak merataan dalam mensosialisasikan sesuatu . • Pengetahuan yang kurang Kurangnya pengetahuan ini menyebabkan ketidak pedulian masyarakat indonesia untuk memperhatikan pentingnya sebuah kebudayaan • Kurangnya perhatian didaerah terpencil Tidak terjaganya daerah batas negara, karena tidak ada perhatian dan dukungan dari Pemerintah , karena terlalu memperhatikan dirinya sendiri • Sikap masa bodoh Sikap ini ada disebagian diri masyarakat Indonesia yang kurang peduli terhadap kebudayaannya, ia sadar tapi tidak peduli dengan apa yang terjadi kepada Negaranya. 2

C. Opportunity ( Peluang ) • Rasa Cinta Tanah Air begitu tinggi Dibuktikan dari reaksi masyarakat akan peng klaiman budaya Indonesia, rasa ini harus di manfaatkan oleh pemerintah untuk membantu dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia. • Masyarakat yang cerdas Dibuktikan dengan situs-situs yang dibuat masyarakat untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada Dunia, situs ini harus dilestarikan • Keamanan daerah bertambah. Dibuktikan dari reaksi aparat keamanan daerah untuk menjaga perbatasan, dan memperhatikan kebudayaan yang ada di daerahnya. • Komunitas Pecinta Kebudayaan Menjadi sebuah komunitas yang baik untuk menjaga kebudayaan dan menjaga keamanan daerah. D. Threats ( Tantangan ) • Sumber dana. Sumber dana yang kurang dan disalah gunakan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Ini harus diantisipasi. • Tidak tersosialisasi Daerah yang terpencil dan tidak terjangkau oleh pemerintah , sehingga penduduk tersebut menjadi penduduk yang kurang IPTEK. • Sarana dan prasarana Kurangnya sarana dan prasarana untuk menjangkau daerah terpencil untuk menjelaskan dalam pelestarian daerah. • Kebodohan Ketidak mampuan masyarakat untuk menggunakan internet, dan tidak mampu memanfaatkan internet dengan baik.

3

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI Kesimpulan Untuk menjaga dan melestarikan sebuah kebudayaan diperlukan suatu ilmu , agar tidak terjadi suatu  kekeliruan dalam melaksanakan pelestarian tersebut. Terutama pendidikan harus diutamakan sejak  kecil , sarana dan prasarana adalah penyebab tidak tersosialisasinya pengetahuan . Rekomendasi ­ Untuk Pemerintah Gunakanlah dana yang tersedia untuk setiap daerah dengan baik, dan jangan disalah gunakan, karena  itu akan memperlambat mengenalkan kebudayaan daerah tersebut. Dan system perekonomian nya jauh  sekali dibandingkan perekonomian dikota. Dan berikanlah pendidikan dan perlindungan yang layak  kepada setiap masyarakat. ­Untuk Masyarakat Mulailah mencintai kebudayaan kita sendiri mulai sekarang, tidak ada kata terlambat untuk  memulainya, belajarlah mengenalkan kebudayaan masing­masing dengan menuliskan maupun  memperlihatkannya melalui media yang baik seperti Internet. Referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia http://www.anneahira.com/kebudayaan­daerah.htm http://fikirjernih.blogspot.com/2010/03/pentingnya­pelestarian­nilai­budaya.html http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->