Pengaruh Media Tanam pada Perkecambahan Biji Kacang Hijau

21 BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah Proposal ini kami buat untuk memenuhi tugas biologi yang diberikan oleh Bu Suprapti selaku guru biologi di SMA N 1 Lawang.Dengan dibuatnya proposal ini diharapkan dapat berguna bagi siapapun yang membacanya.Dan juga dapat menambah pengetahuan dari para pembaca. Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang bernutrisi tinggi.Didalamnya terkandung protein,Vitamin B,A,dan,E.Selain itu juga bisa untuk melancarkan BAB dan menambah semangat.Dengan dasar-dasar dari atas dapat kita simpulkan bahwa kacang hijau sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sehingga kami memilih kacang hijau sebagai bahan penelitian kami.Kami sangat tertarik untuk melakukan inovasi pada kacang hijau,salah satunya kecambah.Kecambah merupakan salah satu tumbuhan yang multifungsional,selain dapat digunakan sebagai sayuran,juga sebagai makanan tambahan pada masakan nusantara.Dalam penelitian ini kami mencari tahu adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau. B.Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas,rumusan masalahnya adalah “Adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau”. C.Tujuan Penelitian Untuk mengetahui adakah pengaruh media tanam pada pertumbuhan biji kacang hijau. D.Manfaat Penelitian -Untuk membantu produksi kecambah -Mempercepat produksi kecambahan BAB II TINJAUAN PUSTAKA A.Kajian Teori Berdasarkan pengamatan kami selama melaksanakan penelitian di SMP menggunakan biji kacang hijau,pada saat itu kami meneliti tentang pengaruh cahaya pada perkecambahan biji

Media yang kami gunakan pada saat itu adalah kapas.Sasaran Penelitian Menemukan media tanam yang cepat mempengaruhi perkecambahan biji kacang hijau.dilakukan dengan cara biji kacang hijau di kapas dan daun. B.Rancangan Peneltian Perlakuan I : Biji kacang hijau ditanam pada media kapas Perlakuan II : Biji kacang hijau ditanam pada media daun C.suhu ruangan.Sehingga perkecambahan biji kacang hijau dengan menggunakan media kapas merupakan yang tercepat. BAB III METODE PENELITIAN A.rumusan Hipotesis Berdasarkan pengalaman kami. Variabel Respon Perbedaan kecepatan perkecambahan pada biji kacang hijau yang dukur setiap hari.Varibel dan DOV Variabel Manipulasi Menggunakan media tanam yang berbeda. Variabel Kontrol Berupa jenis biji kacang hijau.kacang hijau waktu yang diperlukan pada proses perkecambahan adalah 5 hari. D. Kapas digunakan dalam penelitian tersebut karena dapat menggantikan tanah sebagia media tanamanya.Kapas dapat menahan biji kacang hijau agar tidak sepenuhnya terendam air ketika di beri air.dengan target kurang dari 7 hari.intensitas cahaya yang sama. B.Kapas juga kuat untuk menggantikan tanah sebagai tempat menancapnya bakal akar pada pertumbuhan biji kacang hijau.Alat dan Bahan -9 biji kacang hijau .terjadinya perkecambahan pada biji kacang hijau dengan menggunakan media kapas waktu yang dibutuhkan adalah 5 hari.

Jadwal penelitian Hari ke 1-2 Hari ke 3 : mencari alat dan bahan yang dibutuhkan : mempersiapkan alat dan bahan Hari ke 4-10 : melakukan penelitian Hari ke 11-12: analisis data . 3.Data tersebut akan kami rata-rata sesuai dengan ketentuan.meneliti.-3 tempat media tanam -Daun -Kapas E.Prosedur Pelaksanaan Penelitian Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.Dalam penelitian ini kami menilai.akan kami gunakan untuk menguji hipotesa kami.dan menanggapi tentang pengaruh mdia tanam pada perkecambahan biji kacang hijau.kami akan mempersiapkan media tanam dan biji kacang hijau. G. Menyiapkan alat dan bahan Pada sesi ini kami akan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan kami gunakan dalam penelitian ini. Mencatat Setelah dilakukan pengamatan. 2.Dalaam penelitian ini waktu yang di perlukan adalah 7 hari.selanjutnya adalah pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan dalam kurun waktu 7 hari.Setelah hasil anasilisa keluar.kami mencatat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada biji kacang hijau yang tercantum pada tabel berikut : HARI KE PANJANG KECAMBAH DIAMATI PUKUL F. Pelaksanaan Penelitian Setelah menyiapkan segala sesuatunya.Rencana Analisis Data Data di analisa setelah kurun waktu yang telah di tentukan.

50.Modul Siswa Biologi untuk SMA.Sedangkan.Tabel 1. kapas memiliki struktur kapas yang lembut.21.20 4. Hal itulah .96. Disamping itu aplikasi pemupukan juga berbeda karena pada tanah berpasir pupuk tidak bisa diberikan sekaligus karena akansegera hilang terbawa air atau menguap.2009.70.4.20.30. pemupukan pada tanah bertekstur pasir tentunya berbeda dengan tanah bertekstur lempung atau liat.20. biji dengan media kapas lebih cepat daripada dengan media tanah.60.20 5.37. makin sulit air diserap oleh biji* berbanding terbalik dengan kecepatan penyerapan air Hal ini menyebabkan biji Kacang Hijau akan sulit untuk berkecambah di media tanah. Sehingga.20.31.94.30.2000. terutama jika pupuk diberikanlewat tanah.Jakarta : PT.73 17.19 1.B.10 3.50.4 Biji 4Biji 5Biji 6------0. YUDHA DUT GRAFIKA Drs.70.2-----0.10. dan jugamemiliki persediaan air dalam jangka waktu yang lama.41.Dalam penelitian ini. Uji HipotesisDengan penelitian mengenai pengaruh media tanam terhadap suatu perkecambahan ini. tanah bertekstur pasir memerlukan pupuk lebih besar karenaunsur hara yang tersedia pada tanah berpasir lebih rendah.10 1.11.411.50.Hari ke 13-16: membuat laporan DAFTAR PUSTAKA Drs.81.04.Dalamcmrabu kamis Jum¶at sabtu minggukapas tanah kapas tanah kapas Tanah kapas tanah kapas tanahBiji 1Biji 2Biji 3-----0. dapatdiketahui bahwa daya intermolekul dan tekstur setiap media tanam berbeda.68.44 6.Dzulkarnain.90.Juga.58 9.Berikut ini adalah hasil pengukuran pertumbuhan biji selama jangka waktu 5 hari.18. dan juga memiliki daya serap air yang rendah. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnya lebih cepatkering.30. PENEBAR SWADAYA DATA DAN PEMBAHASAN 4.50.2.Surakarta : PT. terdapat tekstur yang berbeda-beda:Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah.51.42 2.30.22.H.92 5.Gunomo. tanah jenis ini memiliki aerasi (ketersediaanrongga udara) dan drainase yang baik.1. namun memiliki luas permukaan kumulatif yangrelatif kecil.77Tekstur tanah sangat berpengaruh pada proses pemupukan.31.22Liat 0.90. media tanam dengan kapas dapat terjaga kelembabannya.11. Deskripsi DataDalam setiap media tanam.0Dalam penelitian ini.Cara menggunkan TOGA. terdapat daya intermolekul:* merupakan tenaga listrik pada molekul-molekul tanah / media tumbuh : makin rapatmolekul-molekulnya.712.38.71.81. Perbandingan hara yang terdapat dalam jenis tekstur tanahJenis Tekstur P K C a Fe 2 O 3 MgOPasir 0.08 2.02Debu 0.53 2.61.43.50. juga diperoleh gambar yang menunjukkan bahwa perkecambahan bijiKacang Hijau lebih cepat di media kapas.

kesimpulannya adalah media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau.3.apabila daya intermolekul besar maka sebaliknya. Sehingga molekul-molekulnyayang rapat dapat membuat air sulit diserap oleh biji. unsur. moleku-molekulnya renggang sehingga biji dapat menyerap dengan mudah. Mulai dari daya intermolekul.4.. tekstur media tersebut danlain-lain. namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil. C ontoh. rumusan hipotesis diterima karena sesuaidengan hasil penelitian. y Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah. apabilamedia tanam memiliki tektur pasir atau kasar. Apabila media tanam memiliki daya intermolekul yang kecil maka kecepatan perkecambahan juga akan lambat dikarenakan biji sulit dalam menyerap air. setiap media yang berbeda pasti selalu memberikan pengaruh yang berbeda-bedaterhadap suatu perkecambahan. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnyalebih cepat kering. dan yang lainnya berbeda-beda. DAFTAR PUSTAKA Pratiwi. Kesimpulan Jadi. dilihat dari tekstur. setiap media tanam pasti memiliki dayaintermolekul. maka akar akan sulit mendapatkan air dikarenakan tekstur pasir mudah kengalami kekeringan.yangmembuat pengaruh terhadap perkecambahan. Maryati. Sedangkan di kapas. hipotesis ini dapat berlaku dikemudian hari. PembahasanSetelah diteliti. Sedangkan. Sedangkan. tekstur serat atau halusmembuat akar mudah mendapatkan air karena kelembaban akan terjadi dalam jangka waktulama. 2007. & Bambang S. Sehingga. media ini memeliki aerasi (ketersediaanrongga udara) dan drainase yang baik. BI OLOG I untuk SMA Kelas X . D.1. Karena. SaranSaran terhadap penelitian ini adalah: y Lebih baik dilakukan penelitian lebih detail mengenai unsur-unsur yang terkandungdalam media tanam. Kebanyakan siswa memilih kapas sebagai media tanam untuk penelitiankecambahnya. siswa dan insinyur pertanian. Sedangkan insinyur pertanian kebanyakan memeran pentingkan tanah dalam pertaniannya. Sedangkan. y Perlu dilakukan penelitian kembali untuk mengenai faktor-faktor yang mempengaruhikecepatan perkecambahan kacang Hijau. tekstur.5.Hipotesis mengatakan bahwa berbagai media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau. Suharno. kita bisa melakukan pengamatan terhadap media tanam yang dipakai beberapa orang. S.Jadi. Jadi.2. Sehingga dapat menghambat kecepatan pertumbuhan kecambahkarena kurangnya kelembaban. ternyata perkecambahan biji Kacang Hijau lebih cepat di media kapas.A. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara media tanah dan kapasyang kemudian mempengaruhi suatu perkecambahan. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.Alasannya: y Daya intermolekul yang dimiliki oleh tanah kecil. Srikini. Dalam menguji hipotesis.

21.22.20.30.43.18.31.11.ac.11.70.30.ugm.0 .2-----0.50.30.unram.50.edu/bebas/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Biologi/0055%20Bio%2023b.70.doc.712..41.61.id/benihbun/benih/index http://www.50.com/content/view/168/44/ http://e-learning.kebonkemba ng.81.96.go.edu.04.20.ac.68.38.com http://ftp.51.ui.31.94.id/KulJar/BAB%20 I %20PENDAHULUAN/ I %20Pendahuluan.id/files/yeni_wn_ratna/67PHjdvQ/ III perkecambahan.30.37.71.4 Biji 4Biji 5Biji 6------0.60.411.90.htm http://ditjenbun.90.81. Jakarta: Penerbit Erlanggawww.htm http://elisa.htm LAMP I RANHasil Penelitian:Dalamcmrabu kamis Jum¶at sabtu minggukapas tanah kapas tanah kapas Tanah kapas tanah kapas tanahBiji 1Biji 2Biji 3-----0.10.20.deptan.google.50.50.

berukuran dibawah 2 mikron Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah. Biasanya perbedaan warna permukaantanah disebabkan oleh perbedaan kandungan bahan organik. sifat fisik tanah dan apa sajayang terkandung dalam tanah sehingga menyebabkan tanah sering dipakai sebagai mediatanam:1. Tekstur tanahKomponen mineral dalam tanah terdiri dari campuran partikel-partikel yang secara individu berbeda ukurannya. pemupukan pada tanah bertekstur pasir tentunya berbeda dengan tanah bertekstur lempung atau liat. yang kemudian diserap oleh akar tumbuhan.19 1. Meskipun begitu.10 3. dijelaskan terlebih dahulu. Semakin gelap warna semakintinggi kandungan bahan organiknya. Jarang sekali kegiatan pertanian memakai media kapas. protein. Perbandingan hara yang terdapat dalam jenis tekstur tanahJenis Tekstur P K C a Fe 2 O 3 MgOPasir 0. sebagian besar kegiatan pertanian dan pertamanan sampai saat ini masih bergantung kepada tanah. komponen mineral dalam tanah dapatdibedakan menjadi tiga yaitu :1.c. tanah bertekstur pasir memerlukan pupuk lebih besar karenaunsur hara yang tersedia pada tanah berpasir lebih rendah.42 2. dari penampung vertikalnya dapat dilihat gradasiwarna yang membentuk lapisan-lapisan (horison) atau biasa disebut profil tanah.10 1. Umur Berhubungan dengan lama penyimpanan : makin lama disimpan.a Horison A atau top soil adalah lapisan tanah paling atas yang paling sering dan palingmudah dipengaruhi oleh faktor iklim dan faktor biologis. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnya lebih cepat kering. Didaerah yang mempunyai sistem darinase (serapan air) buruk. Sebelumnya.77Tekstur tanah sangat berpengaruh pada proses pemupukan. Liat. terkecuali para siswa yang akan melakukan penelitian biologi. warna tanahnya abu-abukarena ion besi yang terdapat didalam tanah berbentuk Fe 2+3. berukuran 50 mikron ± 2 mm2. tanah memiliki peran yang penting di bidang pertanianmaupun perkebunan. Horizon inimemiliki bahan organik yang lebih sedikit tetapi lebih banyak mengandung unsur yangtercuci daripada horizon A. kandungan air berkurang.02Debu 0. Pada lapisan ini sebagian besar bahan organik terkumpul dan mengalami pembusukan.73 17. Profil tanahJika tanah digali sampai kedalaman tertentu. Warna tanahWarna adalah petunjuk untuk beberapa sifat tanah. Debu.Tingkat kemasakanBerhubungan dengan kandungan air dalam biji : biji makin masak.2. makin sulit menyerap air 2. Teori mengenai Media TanamBanyak media tanam yang bisa dipilih untuk tanaman kita. lemak * kecepatan penyerapan air : protein>karbohidrat>lemak 10.2.44 6. Komposisi kimia* biji tersusun atas karbohidrat. . berukuran 2-50 mikron3.Dalam media tanam / tumbuh. Di tanahhutan yang dusah matang terdapat tiga horison penting yaitu horison A.kecepatan penyerapan air meningkat1. namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil.20 4. Warna tanah dilapisan bawah yang kandungan bahanorganik rendah lebih banyak dipengaruhi oleh jumlah kandungan dan bentuk senyawa besi(Fe).92 5.B Horison B disebutkan juga dengan zona penumpukan ( illuvation zone ). Menurut ukuran partikelnya.53 2. tanah jenis ini memiliki aerasi (ketersediaanrongga udara) dan drainase yang baik. Mahluk-mahluk hidup di dalam tanah membantu memecah materi sisa tumbuhan dan bangkai hewanmenjadi zat hara.22Liat 0. terutama jika pupuk diberikanlewat tanah. Tabel 1.1.20 5. Pasir. B dan C .08 2. Horizon C adalah zona yang terdiri dari batuan terlapuk yang merupakan bagian dari batuan induk.58 9.

perkecambahan dapat terpengaruh oleh dayaintermolekul suatu media tanam. namun memmiliki luas permukaankomulatif yang relatif kecil.3. apabila molekul-molekulnya renggang maka air akanmudah diresap oleh biji tersebut. hipotesis yang menyatakan adanya pengaruhvariabel bebas terhadap variabel terikat. Sehingga. media jenis ini memiliki aerasi(ketersediaan rongga udara) dan drainase yang baik. Sehingga. Sedangkan. media jenis ini memilikiaerasi (ketersediaan rongga udara) dan drainase yang baik. BAB III METODOLOGI PENELITIAN 5. kecambah biji akan sulit bertumbuh karenakekurangan air.1.2. Kajian dan Hasil PenelitianSetiap media tanam selalu memiliki daya intermolekul (tenaga listrik pada molekul-molekulmedia tumbuh) yang berbeda-beda. Sehingga dapat menghambat kecepatan pertumbuhan kecambah karena kurangnya kelembaban. 1 . dan juga memiliki daya serap air yang rendah.Tidak hanya tekstur dan daya intermolekul yang dapat mempengaruhi perkecambahan. Oleh karena itu. 1. mediatanam tersebut bertekstur pasir maka media itu mudah untuk diolah. Jadi. variabel sering diebut faktor ubah atau faktor penentu. Kandungan unsur-unsur itu ada yang dapat mempercepat pertumbuhan dan juga memperhambat pertumbuhan. tetapi juga kandungan-kandungan unsur yang ada dalam media tanam tersebut.Variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini ada 3 macam.2. media tanam dengan kapas dapat terjaga kelembabannya. 1. Apabila. Daya intermolekul * merupakan tenaga listrik pada molekul-molekul tanah / media tumbuh : makin rapat molekulmolekulnya. setiap media tanam selalu memiliki tekstur yang berbeda-beda. kebanyakan unsur-unsurnya dapat membantu biji dalam perkecambahan. molekul-molekulnya rapat maka air akan sulitdiresap oleh biji tersebut. Apabila. namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil.Disamping itu aplikasi pemupukan juga berbeda karena pada tanah berpasir pupuk tidak bisa diberikan sekaligus karena akansegera hilang terbawa air atau menguap.1. dan jugamemiliki persediaan air dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya.1. kapas memiliki struktur kapas yang lembut. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnya lebih cepat kering. Hubungan Media Tanam terhadap Kecepatan PerkecambahanHubungan antara media tanam dengan kecepatan perkecambahan adalah:1. Media tanam bertekstur pasir sangat mudah diolah. yaitu sebagai berikut y V ariabel bebas: Media tanam untuk perkecambahan biji Kacang Hijau y . Variabel dan Definisi Operasional VariabelVariabel merupakan faktor yang berpengaruh dan memiliki nilai (ukuran tertentu) serta dapat berubah atau diubah.3.Hipotesis ini disebut juga hipotesis alternatif.Tapi.Sedangkan. makin sulit air diserap oleh biji * berbanding terbalik dengan kecepatan penyerapan air Hal ini menyebabkan biji Kacng Hijau akan sulit untuk berkecambah. Yang kemudian. daya intermolekul itu berbanding terbalik dengankecepatan penyerapan air. Rumusan HipotesisRumusan hipotesis dari penelitian ini adalah sebagai berikut³Berbagai media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji KacangHijau.´. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah dan mediatersebut lebih cepat kering.

Pada penelitianini. rancangannya adalah sebagai berikut y Kelompok 1 : Perlakuan disimpan di media tanah y Kelompok 2 : Perlakuan disimpan di media kapas K eterangan: Tiap kelompok terdiri dari 6 biji Kacang Hijau.2.3. Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan.yakni: y O perasional variabel bebas Media tanam untuk perkecambahan dibedakan dengan cara melihat struktur / tingkat resapanair media tersebut pada tiap tempat. dan masing-masing ditempatkan dalam gelasaqua yang terpisah. Dalam penelitian ini. volume air. air untuk penyiraman. .5. yaitu:a) 12 biji Kacang Hijau b) Air 50 mlc) harus sama volumenya Tanah secukupnyad) Kapas secukupnyae) 2 buah gelas aqua berukuran sama f) Stopwatch/jamg) Pensil. Jadi.Sedangkan. populasi adalah semua jenis biji kacang-kacangan.1. Operasional variabel yang dijelaskan dalam penelitian ini ada 2 macam. jumlah sampel penelitian adalah 2 × 6 biji Kacang Hijau.5.5. Alat dan Bahan PenelitianAlat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan eksperimen. 5. jenis biji kacangkacangan yang dipakai adalah biji Kacang Hijau. Prosedur Pelaksanaan PenelitianBerikut ini adalah prosedur penelitian pengaruh media tanam untuk biji Kacang Hijauterhadap kecepatan perkecambahan. Rancangan PenelitianRancangan penelitian menggambarkan bagaimana hubungan antara variabel bebas danvariabel terikat yang akan diteliti. Sasaran PenelitianPopulasi ialah seluruh kelompok objek penelitian atau kelompok subjek di mana kesimpulanakan digeneralisasikan. tidak hanya variabel yang ditentukan tetapi operasional variabel juga.4. Operasional variabel ini berguna sebagai penjelasan bagaimana variabel tersebut diukur atau dibedakan. sampel ialah bagian anggota populasi yang mewakili populasi. penggaris5.2. tempat untuk media tanam besertakecambah y V ariabel terikat / respon: Kecepatan perkecambahan biji Kacang HijauDalam sebuah penelitian. y O perasional variabel terikat / respon Kecepatan perkecambahan diukur dengan melihat tinggi kecambah tersebut dalam per hari.V ariabel kontrol: Jenis biji Kacang Hijau. Dalam penelitian ini.

Amati perkecambahan biji dengan interval 24 jam atau sehari sekali. lebih kurang ¼ bagian. Menulis laporanpenelitian xxxxxx BAB IV . 1. Tanam 6 biji Kacang Hijau ke dalam setiap gelas aqua yang berisi tanah dan kapas. 3. 4. C atat hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan. Analisis data xx1. Jadwal PenelitianJadwal penelitian mengenai pengaruh berbagai media tanam terhadap kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau. Pada penelitian ini. adalah sebagai berikut Nama KegiatanMinggu 1 1234567 Minggu 2 1234567 Minggu 3 1234567 1.5.Masukkan tanah ke tempat kelompok 1 dan kapas ke tempat kelompok 2.3. Melakukanpenelitian xxxxx1. Membandingkan hasil antara satu perlakuan dengan perlakuan yang lain. volume darikeduanya harus berjumlah sama.5. Menyusunproposal xxx1. analisis data yang dapat dilakukan adalah:1.6. Rencana Analisis DataAnalisis data adalah cara mengolah data hasil penelitian sehingga membuktikan kebenaranhipotesis yang diajukan. Menyiapkan alatdanbahan xx1.4.5. 2.7. Mencari nilai rata-rata kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau pada tiap perlakuan2. 5.

sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnyalebih cepat kering.94. Uji HipotesisDengan penelitian mengenai pengaruh media tanam terhadap suatu perkecambahan ini. terdapat tekstur yang berbeda-beda:Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah. Perbandingan hara yang terdapat dalam jenis tekstur tanahJenis Tekstur P K C a Fe 2 O 3 MgOPasir 0. dapatdiketahui bahwa daya intermolekul dan tekstur setiap media tanam berbeda.60.77Tekstur tanah sangat berpengaruh pada proses pemupukan.08 2.Dalam penelitian ini.Jadi.4. media tanam dengan kapas dapat terjaga kelembabannya. Disamping itu aplikasi pemupukan juga berbeda karena pada tanah berpasir pupuk tidak bisa diberikan sekaligus karena akansegera hilang terbawa air atau menguap.81.4. Kebanyakan siswa memilih kapas sebagai media tanam untuk penelitiankecambahnya.10. pemupukan pada tanah bertekstur pasir tentunya berbeda dengan tanah bertekstur lempung atau liat.50.20.50.30.Hipotesis mengatakan bahwa berbagai media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau.53 2. tanah bertekstur pasir memerlukan pupuk lebih besar karenaunsur hara yang tersedia pada tanah berpasir lebih rendah. terdapat daya intermolekul:* merupakan tenaga listrik pada molekul-molekul tanah / media tumbuh : makin rapatmolekul-molekulnya.31.Dalamcmrabu kamis Jum¶at sabtu minggukapas tanah kapas tanah kapas Tanah kapas tanah kapas tanahBiji 1Biji 2Biji 3-----0. C ontoh.Alasannya: y Daya intermolekul yang dimiliki oleh tanah kecil. Sehingga.73 17. makin sulit air diserap oleh biji* berbanding terbalik dengan kecepatan penyerapan air Hal ini menyebabkan biji Kacang Hijau akan sulit untuk berkecambah di media tanah.10 1.Juga.43. rumusan hipotesis diterima karena sesuaidengan hasil penelitian.71.68. sehingga kemampuan menyimpan air sangat rendah atau tanahnya lebih cepatkering.18.Sedangkan.712. tanah jenis ini memiliki aerasi (ketersediaanrongga udara) dan drainase yang baik.21.20 5. dan juga memiliki daya serap air yang rendah.11.20.50. juga diperoleh gambar yang menunjukkan bahwa perkecambahan bijiKacang Hijau lebih cepat di media kapas. setiap media yang berbeda pasti selalu memberikan .50.38.70. dan jugamemiliki persediaan air dalam jangka waktu yang lama.51. biji dengan media kapas lebih cepat daripada dengan media tanah.31.1.37. y Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah.92 5. PembahasanSetelah diteliti.22Liat 0.DATA DAN PEMBAHASAN 4. Hal itulah yangmembuat pengaruh terhadap perkecambahan. Sehingga.96. Sedangkan di kapas.44 6.411. kita bisa melakukan pengamatan terhadap media tanam yang dipakai beberapa orang.Tabel 1.41. moleku-molekulnya renggang sehingga biji dapat menyerap dengan mudah. Sehingga dapat menghambat kecepatan pertumbuhan kecambahkarena kurangnya kelembaban. Deskripsi DataDalam setiap media tanam.10 3.30. kapas memiliki struktur kapas yang lembut.22. namun memiliki luas permukaan kumulatif yangrelatif kecil.30.20 4.Berikut ini adalah hasil pengukuran pertumbuhan biji selama jangka waktu 5 hari.11.2-----0.30. ternyata perkecambahan biji Kacang Hijau lebih cepat di media kapas.90.20. Jadi.42 2.61. Dalam menguji hipotesis. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara media tanah dan kapasyang kemudian mempengaruhi suatu perkecambahan.70.02Debu 0.81.19 1.0Dalam penelitian ini.2. siswa dan insinyur pertanian.58 9. hipotesis ini dapat berlaku dikemudian hari.90.3. Sehingga molekul-molekulnyayang rapat dapat membuat air sulit diserap oleh biji.04.50. terutama jika pupuk diberikanlewat tanah. Sedangkan insinyur pertanian kebanyakan memeran pentingkan tanah dalam pertaniannya.4 Biji 4Biji 5Biji 6------0. namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil. media ini memeliki aerasi (ketersediaanrongga udara) dan drainase yang baik.

D. Sedangkan.ui.unram. Maryati. kesimpulannya adalah media tanam dapat berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan biji Kacang Hijau.50.81.5.50. Suharno.edu/bebas/v12/sponsor/SponsorPendamping/Praweda/Biologi/0055%20Bio%202-3b. SaranSaran terhadap penelitian ini adalah: y Lebih baik dilakukan penelitian lebih detail mengenai unsur-unsur yang terkandungdalam media tanam.30. 2007. tekstur media tersebut danlain-lain.18. tekstur.go.htm LAMP I RANHasil Penelitian:Dalamcmrabu kamis Jum¶at sabtu minggukapas tanah kapas tanah kapas Tanah kapas tanah kapas tanahBiji 1Biji 2Biji 3-----0. dilihat dari tekstur. Srikini.deptan.apabila daya intermolekul besar maka sebaliknya. S.com/content/view/168/44/ http://e-learning.38.id/benihbun/benih/index http://www. BI OLOG I untuk SMA Kelas X . BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.kebonkemb ang.pengaruh yang berbeda-bedaterhadap suatu perkecambahan.41. apabilamedia tanam memiliki tektur pasir atau kasar.A. Sedangkan.51.10.70.90.doc.4 .ac.. Karena.712. setiap media tanam pasti memiliki dayaintermolekul.11. Kesimpulan Jadi.22.30. Sedangkan. & Bambang S.ugm.htm http://elisa.ac.411. DAFTAR PUSTAKA Pratiwi. unsur.68.43.04. Jakarta: Penerbit Erlanggawww.google.edu.2.20.81.20. dan yang lainnya berbeda-beda. tekstur serat atau halusmembuat akar mudah mendapatkan air karena kelembaban akan terjadi dalam jangka waktulama.id/KulJar/BAB%20 I %20PENDAHULUAN/ I %20Pendahuluan. Apabila media tanam memiliki daya intermolekul yang kecil maka kecepatan perkecambahan juga akan lambat dikarenakan biji sulit dalam menyerap air.1. maka akar akan sulit mendapatkan air dikarenakan tekstur pasir mudah kengalami kekeringan.id/files/yeni_wn_ratna/67PH jdvQ/ III -perkecambahan. Mulai dari daya intermolekul.50.htm http://ditjenbun. y Perlu dilakukan penelitian kembali untuk mengenai faktor-faktor yang mempengaruhikecepatan perkecambahan kacang Hijau.com http://ftp.

31.61.37.2-----0.60.94.31.90.0 .20.Biji 4Biji 5Biji 6------0.11.70.30.50.30.96.71.50.21.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful